Home » Produk » Smartfren Andromax E2

Harga Smartfren Andromax E2 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad Core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS v5.0

Spesifikasi dan Harga Smartfren Andromax E2 – Di tengah kian maraknya smartphone berteknologi jaringan 4G LTE, membuat pabrikan gadget lokal Smartfren juga turut memberikan sajian menarik untuk industri smartphone 4G LTE di bulan ini. Setelah sebelumnya Begawei mengajak sobat semua untuk mengulas secara detail spesifikasi smartphone terbaru Smartfren yang berteknologi Voice Over LTE (VoLTE) yakni Andromax R2, sekarang kita akan membahas mengenai seri Smartfren Andromax E2 yang kebetulan masih mengusung platform yang sama dengan seri Smartfren Andromax R2. Sedianya, dua smartphone ini memang diluncurkan berbarengan dan saling melengkapi untuk menjadi line-up smartphone berteknologi VoLTE pertama dari Smartfren. Namun kendati antara Smartfren Andromax E2 dengan Andromax R2 mengusung teknologi jaringan yang sama, kedua smartphone ini tetap memiliki beberapa diferensiasi. Secara segmentasi pasar, Smartfren Andromax R2 sendiri ditempatkan di atas seri Smartfren Andromax E2, meski sama-sama menyasar segmen smartphone kelas pemula atau entry-level. Smartfren sendiri memang memiliki strategi khusus mengapa kedua produk barunya tersebut ditempatkan pada plot yang berbeda meski sama-sama di kelas pemula. Pabrikan asli Indonesia itu berharap Smartfren Andromax E2 menjadi pilihan bagi pengguna pemula yang baru saja menggunakan perangkat pintar. Sementara seri Andromax R2 ditujukan bagi mereka yang memang sudah terbiasa menggunakan gadget modern dan ingin merasakan fitur baru VoLTE.

smartfren andromax e2

Secara teknis meskipun Smartfren Andromax E2 adalah smartphone modern yang ditujukan untuk pasar low-budget, namun telah dijejali dengan ragam spesifikasi teknis yang menjanjikan. Sebut saja pada desainnya yang terlihat tak murahan dan cukup ergonomis. Sementara pada bagian layarnya, Smartfren Andromax E2 juga terlihat lebih minimalis lewat layar LCD  4,5 inchi dengan resolusi yang digapai adalah 480 x 854 piksel. Lantas untuk menunjang performanya, ponsel pintar seri Andromax E2 membawa bekal chipset berkualitas berupa Qualcom Snapdragon 212 ditenagai prosesor Quad-core 1,3 GHz dan didukung RAM 1 GB sehingga secara performa, Smartfren Andromax E2 masih cukup handal untuk menunjang kinerja bermacam aplikasinya. Kemudian untuk sektor dokumentasi, Andromax E2  juga sudah mengusung duet kamera berkualitas yaitu 5 MP untuk primer dan sekundernya. Terakhir melengkapi spesifikasi pada Smartfren Andromax E2 secara garis besar, selain dijejali kapasitas memori internal yang lapang sebesar 8 GB. Tentunya juga kita tak bisa mengesampingkan teknologi VoLTE yang dibawa oleh Smartfren Andromax E2 ini. Tercatat teknologi VoLTE yang diembannya ini menyimpan banyak keunggulan yang tak dimiliki smartphone lain di kelasnya. Nah penasaran apa keunggulannya? Yuk simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Smartfren Andromax E2 di segmen-segmen berikut ini!

hp smartfren andromax e2

Review Smartfren Andromax E2

Smartphone Berlayar 4,5 Inchi dengan Desain Fisik Kompak yang Ergonomis

Pada segmen pertama ini, Begawei akan mengajak sobat semua untuk membedah spesifikasi yang paling mencolok yaitu desain tampilan. Sebenarnya, secara garis besar desain dari spesifikasi Smartfren Andromax E2 ini masih mewakili jajaran smartphone lokal yang berdesain cenderung minimalis. Dengan model candybar yang diracik kompak, tampilan ponsel pintar terbaru Smartfren seri Andromax E2 sedikit terlihat klasik dengan bulatan tipis di masing-masing sudutnya. Begitupun pada panel homescreen yang diletakkan terpisah membuat Smartfren Andromax E2 terlihat cukup konvensional. Secara dimensional, Andromax E2 juga diracik dengan dimensi yang tak terlalu bongsor sehingga cukup ergonomis. Konsekuensinya untuk mengoperasikan Smartfren Andromax E2 terasa cukup mudah dan rigid di tangan berikut pada saat disimpan di kantong celana. Berkompisisi material plastik yang solid, Andromax E2 dikombinasikan dengan layar TFT LCD berbentang 4,5 inchi. Layar ini mampu suguhkan resolusi sebesar 480 x 854 piksel dengan kepadatan layar 294 ppi. Melihat resolusinya memang masih standar, namun cukup untuk menunjang aspek visualiasi menjadi lebih baik. Spesialnya lagi, pada sektor visual Smartfren Andromax E2 ini juga sudah memiliki tampilan atraktif lewat Smartfren Screen Feature yang bisa mempermudah sobat Begawei dalam membuka aplikasi maupun layar kunci lewat gesture tertentu. Sedikit catatan spesifikasi Smartfren Andromax E2 di bagian layarnya belum disertai proteksi layar bawaan, sehingga sobat wajib memasang screen guard secara terpisah untuk melindungi layar dari resiko goresan.

Performa Optimal dengan Prosesor Quad-core 1,3 GHz dan RAM 1 GB

Selanjutnya, setelah kita mengulas detail tampilan fisik pada spesifikasi Smartfren Andromax E2, kini kita akan membahas ke sektor jeroannya yang tak lain adalah dapur pacunya. Sama seperti spesifikasi di bagian layarnya, pada ruang permesinannya juga turut mengalami downgrade dibandingkan Smartfren Andromax R2. Disesuaikan untuk konsumen low-end, ternyata ponsel pintar yang satu ini juga sudah memiliki bekal yang lumayan mumpuni di sektor dapur pacu. Lini dapur pacu pada Smartfren Andromax E2 kali ini ini mengandalkan chipset Qualcomm MSM8909 v2 Snapdragon 212 yang di dalamnya ditenagai oleh prosesor Quad Core 1.3 GHz Cortex-A7 Untuk smartphone kelas pemula, komponen hardware pada smartphone Andromax E2 ini pastinya sudah terhitung cukup handal. Kombinasi chipset dan juga prosesor yang ada di dalam ruang mesin Smartfren Andromax E2 akan menghasilkan kinerja yang stabil saat mengolah instruksi yang diberikan penggunanya. Selain itu, performa multitasking pada smartphone ini pun sudah mendapat dukungan dari RAM berkapasitas 1 GB. Keberadaan RAM 1 GB pada Andromax E2 dijamin sudah ideal dan telah disesuaikan dengan ragam teknis yang dibawanya. Untuk komponen grafis, Smartfren Andromax E2 dijejali kartu pengolah grafis atau GPU jenis Adreno 304. Keberadaan GPU Adreno 304 tersebut jelas akan membuat tampilan display pada smartphone terbaru racikan Smartfren ini menjadi lebih realistik. Guna melengkapi spesifikasi Smartfren Andromax E2 di bagian permesinanya, ponsel pintar yang satu ini juga sudah berjalan di paltform terbaru Android yaitu OS v5.0 (Lollipop) sehingga dijamin fitur kustomisasi atau pembaruan software bakal lebih komplit.

spesifikasi smartfren andromax e2

Media Penyimpanan Lega dengan ROM Berkapasitas 8 GB dan Slot MicroSD

Selepas membedah spesifikasi Smartfren Andromax E2 pada bagian ruang mesinnya, sekarang saatnya melihat kapasitas memorinya. Sebagai smartphone modern, tentunya wajib dibekali dengan memori internal yang lapang untuk menunjang kinerja operasionalnya menjadi leboh maksimal, sekaligus menopang kebutuhan penyimpanan pengguna yang saat ini semakin kompleks. Untuk level smartphone kelas menengah bawah, kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada ponsel pintar ini ternyata sudah cukup layak dan memadai. Yup, kali ini, Smartfren Andromax E2 mengusung memori internal seluas 8 GB. Ruang seluas 8 GB tersebut akan sanggup menampung kebutuhan penyimpanan file sistem maupun file pribadi penggunanya. Jadi, sobat Begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file berukuran besar dalam jumlah banyak, seperti misalnya file-file aplikasi lain seperti video, audio, foto dan file lainnya ke dalam smartphone Smartfren Andromax E2 ini. Namun jika sobat menghendaki kapasitas yang lebih besar lagi, maka kamu bisa memanfaatkan slot external memory berupa microSD yang telah disediakan oleh Smartfren. Ya tidak salah lagi, spesifikasi teknis Smartfren Andromax E2 di bagian ruang penyimpanan file sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa sobat Begawei gunakan untuk menambah daya tampung memorinya hingga mencapai 32 GB. So, dengan adanya ruang simpan memori eksternal yang ada pada spesifikasi Smartfren Andromax E2 ini, sobat Begawei tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan memori.

separator

Sektor Dokumentasi Digawangi Dual Kamera Berkekuatan 5 MP

Pada segmen selanjutnya ini, kita akan mengulas spesifikasi Smartfren Andromax E2 pada bagian fotografinya. Meskipun menyasar segmentasi pasar konsumen pemula, ternyata hal ini tak membuat Smartfren lantas memangkas sektor fotografinya seperti mayoritas vendor lainnya. Sebab Smartfren menyadari bahwa lini fotografi telah menjadi indikator kualitas dari sebuah smartphone. Untuk kamera primer, Smartfren Andromax E2 ini telah mengandalkan kamera berukuran 5 MP yang akan mampu memberikan hasil jepretan foto yang lumayan tajam dengan resolusi 2.592 x 1.944 pixels. Menariknya lagi, kamera utama pada seri Andromax E2 tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur BSI Sensors, Autofocus dan juga LED Flash yang akan memberikan titik fokus dan juga pencahayaan lebih optimal. Bicara soal kualitas bidikan dari Smartfren Andromax E2 ini juga memiliki kualitas foto yang lumayan bagus untuk ukuran smartphone berharga miring. Selain itu, kamera yang terletak pada sisi belakang Andromax E2 itu juga dapat digunakan sebagai media perekam video dengan resolusi rekaman mencapai 720@30fps. Fitur-fitur olah fotografi seperti Geo-tagging, Digital Zoom, Face Detection, Touch Focus, HDR dan juga Panorama juga tak lupa disematkan pada kamera utama Smartfren Andromax E2 ini. Keberadaan fitur-fitur fotografi modern tersebut berguna untuk membantu sobat semua dalam mengelola foto menjadi lebih baik. Kemudian untuk kamera sekunder atau kamera depan, Smartfren Andromax E2 sama seperti kamera primernya, juga telah dibekali dengan piranti kamera berukuran 5 MP yang pastinya akan menjanjikan hasil yang juga cukup bagus dan fungsional sebagai media penunjang video call atau foto selfie sobat Begawei semua. Apalagi layaknya smartphone high-end, kamera depan pada spesifikasi Smartfren Andromax E2 ini juga telah dijejali dengan teknologi Wide Angle, Fixed Focus, LED Flash.

spesifikasi hp smartfren andromax e2

Konektivitas Lengkap dengan Teknologi VoLTE yang Punya Banyak Keunggulan

Mengikuti trend smartphone modern yang kini banyak beredar di pasaran, spesifikasi Smartfren Andromax E2 juga wajib didukung dengan fitur konektivitas yang lengkap agar menjadi pilihan pengguna. Pada segmen kali ini, Begawei akan mengupas spesifikasi di sektor konektivitas untuk smartphone baru andalan Smartfren ini. Sebagai jalur koneksi utamanya, Smartfren Andromax E2 sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE berteknologi VoLTE yang akan membawa pemakainya akan diberikan akses super kencang dan stabil ketika berselancar di dunia maya. Keunggulan VoLTE ini adalah sobat Begawei bisa melakukan panggilan telepon dengan suara jernih (HD), video call lebih stabil ke sesama perangkat VoLTE, dan akses internet yang lebih kencang dan handal. Dimana dengan memanfaatkan jaringan 4G LTE pada Smartfren Andromax E2 ini, sobat Begawei bisa menikmati kualitas download dengan kecepatan maksimal mencapai 150 Mbps. Sedangkan untuk upload, samrtphone ini bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps. Kemudian, bagi sobat Begawei yang areanya belum kompatibel dengan jaringan 4G, Smartfren juga membekali Andromax E2 dengan jaringan non 2G GSM sampai 3G CDMA HSPA sebagai alternatif jaringan seluler. Selain koneksi data seluler yang sangat komplet, smartphone Smartfren Andromax E2 ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur non-seluler yang lengkap lainnya, seperti Bluetooth v4.0, WiFi dan juga fitur microUSB slot. Sedangkan untuk membantu fungsi pemetaan sobat Begawei, spesifikasi teknis Smartfren Andromax E2 di sektor konektivitas juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS yang akan membantu pemakainya dalam menentukan lokasi suatu tempat. Terakhir menutup bahasan spesifikasi Smartfren Andromax E2 di bagian konektivitas, smartphone lansiran vendor lokal ini merupakan ponsel dual SIM sehingga kebutuhan seluler dapat lebih maksimal dengan dua slot kartu (GSM-CDMA) yang bisa digunakan untuk stand-by bersama-sama.

Kebutuhan Daya Ditopang Baterai Berkapasitas 2.000 mAh

Setelah bersama-sema kita mengupas detail spesifikasi Smartfren Andromax E2 pada bagian teknisnya, sekarang kita menuju segmen pembahasan spesifikasi yang terakhir yaitu suplai daya. Memiliki spesifikasi yang terbilang lengkap dan berkelas, pastinya kehadiran sektor suplai daya yang besar akan sangat dibutuhkan untuk menopang kinerja komponen-komponen yang ada pada Smartfren Andromax E2 ini. Sayangnya untuk mendukung kebutuhan operasionalnya, Smartfren tercatat hanya membekali produk barunya ini dengan kapasitas baterai yang minimalis. Jika melihat spesifikasinya, memang Smartfren Andromax E2 ini termasuk smartphone yang memiliki tingkat konsumsi daya lumayan besar. Hal ini karena spesifikasinya memang mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi. Untuk menunjang kinerja operasional, Smartfren Andromax E2 ini hanya dibekali dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.000 mAh. Sebenarnya untuk kebutuhan standar, baterai ini masih layak untuk menyuplai daya, namun jika sobat Begawei merupakan pengguna gadget yang aktif ada baiknya sobat selalu menyiapkan unit portable charger seperti powerbank sebagai pemasok daya cadangan. Hal tersebut cukup penting, mengingat spesifikasi Smartfren Andromax E2 di bagian suplai dayanya memang hanya dibekali baterai berspesifikasi standar saja.

Kelebihan dan Kekurangan Smartfren Andromax E2

Sama seperti seri Smartfren Andromax R2, kelebihan utama yang dimiliki seri Smartfren Andromax E2 ini adalah dukungan jaringan 4G LTE Advance yang membuat sobat Begawei bisa melakukan panggilan via jaringan LTE (Voice over LTE/VoLTE). Selain itu, smartphone buatan vendor lokal ini juga didukung oleh spesifikasi teknis yang cukup baik di sektor mesin, meskipun kualitasnya masih berada di bawah seri Andromax R2. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel kelebihan Smartfren Andromax E2 dan kekurangan Smartfren Andromax E2.

Kelebihan Smartfren Andromax E2
  • Desain kompak dan nyaman digunakan
  • Layar 4,5 inchi
  • Operasional lebih mudah dan menarik dengan Smart Screen Feature
  • OS Android Lollopop
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 212
  • Prosesor Quad-core 1,3 GHz
  • GPU Adreno 304
  • RAM 1 GB
  • Dual kamera 5 MP plus LED Flash dan fitur menarik lainnya
  • Memori internal 8 GB dilengkapi slot memori eksternal
  • Dual SIM card GSM-CDMA
  • Didukung jaringan 4G dengan teknologi VoLTE
  • Output suara jernih dengan DTS Sound Audio Enhancer
  • Harga relatif terjangkau
Kekurangan Smartfren Andromax E2
  • Kapasitas baterai minimalis
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar internal

Harga Smartfren Andromax E2

Bagaimana sobat Begawei? Apakah sudah cukup puas dengan ulasan lengkap yang kami berikan untuk spesifikasi dari ponsel pintar Smartfren seri Andromax E2 ini? Jika sudah puas, maka saatnya kita menuju segmen yang paling ditunggu-tunggu, yaitu banderol harga Smartfren Andromax E2 ini. Datang menyasar pasar pemula, ternyata untuk spesifikasi teknis Andromax E2 tak lantas murahan. Dimana kali ini Andromax E2 mengemban layar TFT LCD  4,5 inchi dengan resolusi gambar 480 x 854 piksel. Lantas di bagian dapur pacunya, Smartfren Andromax E2 membawa bekal chipset berkualitas berupa Qualcom Snapdragon 212 ditenagai prosesor Quad-core 1,3 GHz dan didukung RAM 1 GB yang cukup handal untuk menunjang kinerja bermacam aplikasinya. Begitu pula pada lini fotografinya yang juga sedikit berpengaruh pada harga Smartfren Andromax E2, juga sudah mengusung duet kamera berkualitas yaitu 5 MP untuk primer dan sekundernya. Terakhir melengkapi spesifikasi teknis Andromax E2, kehadiran teknologi VoLTE yang dibawanya jelas semakin menambah nilai jual smartphone ini di pasaran. Nah dengan banyaknya keunggulan yang dibawanya ini, apakah akan berpengerauh signifikan dengan harga Smartfren Andromax E2 di pasaran ya?

harga smartfren andromax e2

harga smartfren andromax e2 terbaru

Mengenai kisaran harga Smartfren Andromax E2, seperti yang sudah Begawei sampaikan di atas, harganya sendiri masih cukup bersahabat. Sebab memang Smartfren lebih fokus pada konsumen pemula yang ingin mencicipi performa optimalisasi jaringan 4G lewat VoLTE. Nah diluncurkan tepat pada tanggal 19 Februari 2016 kemarin, Smartfren Andromax E2 yang dirilis berbarengan dengan Andromax R2 ini hanya dibanderol dengan harga tak sampai Rp 1 jutaan. Tepatnya, harga Smartfren Andromax E2 dijual dengan banderol sekitar Rp 899.000. Harga tersebut tentunya adalah harga resmi, dan bisa saja berbeda dengan gerai-gerai Smartfren di tiap daerah. Namun yang jelas, jika kita komparasikan antara spesifikasi teknis dengan banderol harga Smartfren Andromax E2 ini, benderolnya sendiri cukup kompetitif untuk mayoritas konsumen Tanah Air.

Harga Smartfren Andromax E2
Sekitar Rp 899.000,-

Untuk pasar smartphone lokal, banderol harga Smartfren Andromax E2 di atas memang sebuah harga yang sangat bersahabat. Kehadiran produk smartphone Smartfren seri Andromax E2 sendiri di pasaran merupakan wujud komitmen dari Smartfren agar konsumen umum bisa menikmati layanan 4G LTE. Dibanderol dengan harga yang jauh di bawah Smartfren Andromax R2, memang secara nominal harga Smartfren Andromax E2 memiliki pangsa pasar khusus. Nah menurut Begawei sendiri, kedatangan Andromax E2 ini di pasaran berpotensi besar mengubah peta persaingan smartphone murah yang dirilis vendor lokal. Apalagi jika kita menilik sejarah, nama besar Smartfren sudah cukup mentereng lewat seri Andromax lansirannya bahkan sebelum era gadget 4G LTE mewabah seperti sekarang. Selain itu, lewat jaringan VoLTE yang dimiliki Smartfren Andromax E2, bisa menjadi cambuk untuk pabrikan lain dalam menghadirkan teknologi serupa agar tidak terlihat ketinggalan jaman. So, buat sobat Begawei yang sudah tak sabar mencicipi keistimewaan jaringan VoLTE namun dengan budget pas-pasan, pastinya harga Smartfren Andromax E2 adalah pilihan tepat untuk kamu miliki. Nah itulah tadi ulasan lengkap Begawei mengenai produk smartphone terbaru dari Smartfren ini. Jangan lupa baca juga review menarik lainnya mengenai Smartfren Andromax R2 dan Evercoss A7G.

Spesifikasi Smartfren Andromax E2

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / CDMA / LTE
  • 2G bands
    GSM 900 & 1800 & 1900 Mhz
  • 3G bands
    CDMA 2000 1x Evdo Rev.A 800 Mhz
  • 4G bands
    LTE FDD 800, 850, 1800 & 2600Mhz - LTE TDD 2300Mhz
  • Kecepatan
    LTE, EVDO Rev. A up to 3.1 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Februari 2016
  • Status
    Dirilis, Februari 2016
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual Sim (GSM-CDMA)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.5 inche
  • Resolusi
    480 x 854 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.0 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm Snapdragon 212
  • CPU
    Quad Core 1.3 GHz Cortex A7
  • GPU
    Adreno 304
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, Sensor BSI, LED Flash, Autofocus
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    HD 720p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP, Wide Angle, Fixed Focus, LED Flash
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration, MP3, WAV Ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    -
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, Proximity, Ambient light
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    2.000 mAh

Produk Lainnya dari Smartfren

Top