Home » Produk » Samsung Galaxy A8 2016

Harga Samsung Galaxy A8 2016 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core

  • RAM
    3 GB

  • Kapasitas
    32 GB

  • Layar
    Super AMOLED

  • Kamera
    16 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A8 2016 – Menjelang tahun 2016, Samsung memang telah mempersiapkan beberapa model smartphone terbarunya. Selain tetap konsisten dengan perangkat pintar seri terbaru, perusahaan asal Korea Selatan itu pun juga menghadirkan beberapa model baru yang merupakan versi pembaruan dari model lamanya. Setelah kemarin kita sudah membahas beberapa versi baru dari Samsung Galaxy A Series, kali ini kita kedatangan Samsung Galaxy A8 2016 yang kebetulan masih dalam satu keluarga Galaxy A. Sama seperti seri lainnya, perangkat pintar Samsung seri Galaxy A8 versi 2016 ini merupakan versi pembaruan dari Galaxy A8 versi lama. Kali ini, perangkat pintar seri Galaxy A8 2016 diplot untuk menempati segmen gadget berlayar lebar, atau phone tablet. Sebagai versi pembaruan, pastinya Samsung Galaxy A8 2016 pun juga dibekali dengan spesifikasi teknis yang mengalami peningkatan dari versi lamanya. Sedikit flashback, sebelumnya Galaxy A8 versi lama memang terhitung cukup sukses di pasaran dengan bekal layar berukuran 5,7 inci. Sebagai seri phablet Android, Galaxy A8 berhasil menjadi pilihan bagi mereka yang menghendaki perangkat berlayar lebar. Dan kini, Samsung Galaxy A8 2016 mencoba mengulang kesuksesan generasi lamanya dengan mengusung beragam pembaruan di masing-masing sektor andalannya.

samsung galaxy a8 2016

Masing mengusung konsep desain fisik versi lamanya, Samsung Galaxy A8 2016 tetap terlihat elegan dan mewah layaknya perangkat pintar buatan Samsung lainnya. Phablet terbaru ini pun masih mengusung layar jenis Super AMOLED yang memiliki ukuran layar seluas 5,7 inci. Bila di bagian luar tak banyak perubahan, maka kita akan menemukan peningkatan kualitas pada ruang dapur pacu yang dibawa oleh Samsung Galaxy A8 2016 ini. Guna meningkatkan kinerjanya, kali ini Samsung menyematkan chipset buatannya sendiri, yakni chipset Exynos 7420 yang ditenagai oleh prosesor Octa-core. Sebagai komponen baru, Samsung pun menggunakan RAM dengan kapasitas lebih besar, yakni 3 GB. Kapasitas RAM pada Samsung Galaxy A8 2016 ini lebih besar dari versi lamanya yang hanya dibekali dengan memori RAM berkapasitas 2 GB. Berkat penggunaan komponen hardware baru ini, pastinya kinerja yang dihasilkan juga akan lebih baik. Selain sektor permesinan, kualitas grafis pada Samsung Galaxy A8 2016 pun juga ikut mendapat revisi. Salah satunya adalah penggunaan kartu pengolah grafis atau GPU seri Mali-T760MP8 yang kini menjadi andalan. Sedangkan untuk lini fotografi, kali ini Samsung mengandalkan duet kamera 16 MP dan juga 5 MP sebagai fitur dokumentasi utama. Phablet ini pun juga sudah didukung kelengkapan teknologi konektivitas terlengkap dan terbaik sehingga kebutuhan komunikasi penggunanya dijamin lancar. Nah, itu baru sekilas saja tentang Samsung Galaxy A8 2016 ini. Mau tahu spesifikasi teknisnya secara lengkap? Temukan jawabannya pada ulasan khusus Begawei mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A8 2016 pada segmen-segmen di bawah ini!

hp samsung galaxy a8 2016

Review Samsung Galaxy A8 2016

Phone Tablet Berbodi Ramping dengan Desain Fisik Mewah Khas Samsung

Apabila mendapati sebuah produk gadget terbaru, tentu saja yang pertama akan kita lihat adalah seperti apa desain serta spesifikasi fisik yang dibawakan oleh produk tersebut. Sama halnya dengan spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 ini. Untuk mengawali ulasan, Begawei akan memulainya dari sektor bagian fisik. Hadir sebagai generasi penerus versi lamanya, phablet Galaxy A8 versi 2016 memang tidak mengalami banyak perubahan pada sektor fisiknya. Phablet terbaru buatan Samsung ini masih membawakan desain elegan dan mewah dengan sudut-sudut yang lebar pada setiap ujungnya, persis seperti versi lamanya. Konsep desain eksterior Samsung Galaxy A8 2016 tetap mengandalkan bodi berlapis bezel tipis yang terdapat pada sisi-sisi layar, lalu dipermanis dengan tombol Home yang terdapat pada bagian bawah layar. Phablet ini memang masih membawakan bodi yang slim, meskipun mengalami sedikit peningkatan pada dimensi serta bobotnya. Dimensi fisik Samsung Galaxy A8 2016 ini mengusung ukuran 158 x 76.8 x 6 mm yang memang cukup lebar sehingga kawan Begawei harus menggunakan dua tangan saat mengoperasikannya. Sementara untuk urusan visual, Samsung juga membekalkan teknologi layar canggih seperti pada versi lama dari Galaxy A8, yaitu dengan layar Super AMOLED berukuran 5,7 inci. Layar yang ada pada Samsung Galaxy A8 2016 ini merupakan jenis layar beresolusi Full HD yaitu 1080 x 1920 pixel dengan kerapatan layar sebesar 386 ppi. Dengan spesifikasi layar tersebut, tentu saja tampilan visual yang dihasilkan akan sangat bagus, tajam dan juga nyaman di mata. Seperti yang kita ketahui juga, bahwa layar dengan teknologi Super AMOLED seperti yang ada pada Samsung Galaxy A8 2016 merupakan jenis layar berteknologi canggih yang tetap bagus apabila dilihat dari sudut kemiringan 180 derajat. Sedangkan untuk perangkat screen guard, memang saat ini masih dalam proses konfirmasi, namun nampaknya masih akan membawakan pelapis layar anti gores seperti yang dibawakan oleh versi sebelumnya, yaitu Corning Gorilla Glass 4. Satu hal yang pasti adalah, spesifikasi Galaxy A8 2016 pada bagian fisik ini memang masih tetap keren dan penuh gaya khas perangkat pintar kelas premium buatan Samsung lainnya.

Ruang Dapur Pacu Hasilkan Performa Gahar Berkat Dukungan Chip Exynos 7420 dan RAM 3 GB

Nah setelah sama-sama kita saksikan bahwa desain dari spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 ini, memang ternyata tidak jauh berbeda dengan versi yang lama. Lalu, bagaimanakah dengan komponen pada ruang daur pacunya? Di sinilah letak perbedaan yang lebih mendasar pada generasi pembaruan ini. Untuk urusan dapur pacu, tentu saja Samsung telah memberikan peningkatan hardware menjadi lebih baik. Pada Samsung Galaxy A8 model 2016 ini, Samsung telah membekali chipset yang berbeda, yaitu dengan mengandalkan chipset buatannya sendiri, Exynos 7420. Chipset yang terpasang pada mesin Samsung Galaxy A8 2016 ini merupakan chipset dengan kualifikasi kelas atas dan lebih tinggi dibandingkan dengan Snapdragon 615 seperti yang dibekalkan pada Galaxy A8 versi lama. Dengan mengandalkan tenaga dari prosesor Octa-core, tentu saja untuk performa dapur pacu sudah tak perlu diragukan lagi. Sementara itu, Samsung juga memberikan peningkatan pada kapasitas RAM yang pada versi lama hanya 2 GB, untuk versi Samsung Galaxy A8 2016 ini dibekali dengan RAM berkapasitas 3 GB. Keberadaan kapasitas RAM lebih besar ini pastinya kinerja dapur pacu kan semakin gahar dan lebih maksimal. Lalu, Samsung juga mempercayakan pengolahan grafis pada salah satu produk kartu pengolah grafis dengan kualitas kelas atas, yaitu GPU Mali-T760MP8. Di mana dengan komponen tersebut aktivitas gaming juga menonton video pada Samsung Galaxy A8 2016 menjadi lebih menyenangkan dengan tampilan grafis yang sangat baik. Komponen-komponen berkualitas yang dibekalkan Samsung tersebut, tentu saja akan bekerja secara maksimal dan sempurna dengan platform dari sistem operasi Android v5.1 Lollipop yang disematkan pada spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 di bagian teknis ini.

spesifikasi samsung galaxy a8 2016

Memori On-board Berkapasitas 32 GB Berikan Daya Tampung File Maksimal

Melihat spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 dari beberapa sektor penting yang tergolong kelas premium, tentu saja untuk bagian penyimpanan juga tak boleh kalah. Sebagai gadget yang menyasar segmen kelas atas, sudah sewajarnya jika Samsung Galaxy A8 versi 2016 ini dibekali dengan kapasitas memori yang sangat luas. Kali ini, phablet Samsung Galaxy A8 2016 dibekali dengan memori internal berkapasitas 32 GB. Untuk ukuran smartphone modern, kapasitas sebesar 32 GB yang hadir pada Galaxy A8 versi 2016 ini merupakan salah satu yang paling luas. Pada memori internal Samsung Galaxy A8 2016 ini, kawan Begawei bisa menyimpan berbagai jenis file, baik itu file audio video, game, atau aplikasi yang membutuhkan space memori yang sangat besar. Tak seperti smartphone merek lain, Samsung Galaxy A8 versi 2016 ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 128 GB. Kehadiran slot memori eksternal pada spesifikasi Galaxy A8 2016 ini sangat berguna bagi kawan Begawei yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas. Selain itu, keberadaan slot microSD eksternal yang mampu menampung memori eksternal sangat luas ini juga merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Galaxy A8 versi baru ini.

Lini Fotografi Berkualitas Andalkan Duet Kamera 16 MP dan 5 MP

Sebagai produk modern dengan segmentasi kelas premium, tentu saja spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 ini pun juga harus dibekali dengan perangkat-perangkat fotografi berkualitas nomor satu. Spesifikasi sektor fotografi pada phablet Samsung seri Galaxy A8 versi 2016 ini sebenarnya masih sama dengan komponen fotografi yang ada pada versi lamanya. Sebagai kamera andalan, digunakanlah kamera utama berukuran 16 MP. Kamera primer yang terletak di sisi belakang Samsung Galaxy A8 2016 ini mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi sebesar 5312 x 2988 pixels. Kamera tersebut juga sudah dibekali dengan fitur LED Flash dan juga Autofocus yang pastinya akan membantu kawan Begawei dalam menghasilkan hasil foto yang berkualitas. Kemudian, untuk mendukung sentuhan yang lebih modern dan profesional, kamera utama pada phablet Samsung Galaxy A8 2016 ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur fotografi kekinian, seperti Geo-tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama dan juga fitur HDR. Untuk kamera depan atau kamera sekunder, Samsung juga ingin memuaskan kawan Begawei dalam melakukan foto selfie maupun video call, yaitu dengan membekalkan kamera depan berukuran 5 MP yang tentu saja sanggup memberikan hasil jepretan foto yang mulus dan tajam. Selain dokumentasi berupa foto, kamera yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 ini juga dapat digunakan sebagai media perekam video dengan hasil maksimal, yaitu resolusi Full HD 1080p baik dari kamera utama maupun kamera sekunder.

spesifikasi galaxy a8 2016

Konektivitas Lengkap Diperkuat Jaringan Data 4G LTE

Mendukung kecanggihan dari sektor-sektor lain, spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 juga telah dibekali dengan konektivitas jaringan terbaik, yaitu jaringan 4G LTE yang terdapat pada salah satu slot dual SIM card yang ada pada phablet ini. Sebagai produk gadget kelas premium, phablet Galaxy A8 versi 2016 pastinya memberikan jaminan akses internet dengan kecepatan sempurna. Untuk kebutuhan download, jaringan 4G LTE pada phablet Samsung Galaxy A8 2016 ini sanggup menyajikan kecepatan hingga 300 Mbps, dan untuk upload kecepatannya bisa mencapai 50 Mbps. Kecepatan tersebut pastinya telah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan internetmu sehari-hari. Lalu, selain jaringan tercanggih dari 4G LTE yang diberikan, Samsung Galaxy A8 2016 juga telah menyediakan pilihan konektivitas handal lainnya, seperti HSPA, EDGE dan juga GSM agar saat kamu berada dalam lokasi yang belum tercover 4G LTE pun tetap bisa menikmati akses internet dengan nyaman. Samsung juga melengkapi phablet terbaru ini dengan fitur-fitur konektivitas lainnya. Untuk kebutuhan koneksi jarak dekat, Samsung Galaxy A8 2016 juga dilengkapi dengan fitur WiFi, hotspot, Bluetooth juga microUSB yang seluruh fiturnya sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan fungsinya. Semakin lengkap dan canggih, spesifikasi Galaxy A8 2016 ini juga dilengkapi dengan sistem navigasi yang cukup canggih, yaitu dari A-GPS yang juga didukung oleh GLONNAS yang tentu saja perangkat tersebut akan sanggup melakukan pemetaan lokasi dengan sangat baik.

Baterai Li-Ion 3.050 mAh Pastikan Pasokan Daya Terpenuhi

Selain spesifikasi teknis yang berkualitas dan teknologi komunikasi yang kengkap, tentunya sektor suplai daya juga merupakan satu hal yang tak boleh dilupakan. Nah pada bagian yang terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 pada bagian ruang suplai dayanya. Jika melihat spesifikasi pada masing-masing sektornya, maka kita bisa memperkirakan bahwa smartphone terbaru buatan Samsung ini pastinya membutuhkan suplai daya yang cukup besar. Hal ini karena Samsung Galaxy A8 2016 dibekali dengan komponen-komponen berkualitas tinggi. Konsumsi daya yang paling besar tentunya adalah bagian layarnya yang sangat luas. Selain pada layarnya, sektor lonektivitas pada phablet ini juga membutuhkan suplai daya yang cukup besar. Hal ini mengingat Samsung Galaxy A8 2016 dibekali dengan dua slot SIM Card dan juga teknologi jaringan data 4G LTE. Untuk memenuhi kebutuhan daya yang cukup besar, Samsung pun menyematkan baterai dengan kapasitas cukup besar. Tercatat, spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016 pada bagian suplai daya ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.050 mAh. Kapasitas lebih dari 3.000 mAh ini pastinya akan cukup memberikan pasokan daya selama seharian penuh pada phablet ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 2016

Dihadirkan sebagai penyempurna dari versi lamanya, keunggulan utama yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A8 2016 ini adalah bagian dapur pacunya. Dengan komponen andalan prosesor Exynos 7420 yang didukung oleh RAM 3 GB, maka kualitas performanya sudah tak bisa diragukan lagi. Selain bagian mesin, kelebihan lain yang dimiliki oleh smartphone ini adalah layarnya yang sangat luas. Selain itu, jenis layarnya juga merupakan jenis layar Super AMOLED. Meski memiliki spesifikasi yang hampir sempurna, namun smartphone terbaru dari Samsung ini juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah bobotnya yang cukup berat dan ukurannya yang cukup besar sehingga harus menggunakan dua tangan agar pengoperasiannya lebih maksimal. Nah agar lebih jelas, berikut ini adalah detail kelebihan Samsung Galaxy A8 2016 dan kekurangan Samsung Galaxy A8 2016:

Kelebihan Samsung Galaxy A8 2016
  • Dual SIM card
  • Support jaringan 4G LTE
  • Bodi Tipis
  • Memiliki sensor Fingerprint
  • Ukuran layar lebar 5.7 inci
  • Layar berteknologi AMOLED
  • Resolusi layar Full HD
  • Sistem operasi Android Lollipop
  • Chipset Exynos 7420
  • Processor Octa-core
  • GPU Mali-T760MP8
  • Memori internal 32 GB
  • Slot memori eksternal 128 GB
  • Kamera 16 MP dan 5 MP
  • Navigasi A-GPS dan GLONNAS
  • Kapasitas baterai 3050 mAh
Kekurangan Samsung Galaxy A8 2016
  • Bobot lumayan berat
  • Baterai masih jenis lama Li-Ion
  • Harga mahal

Harga Samsung Galaxy A8 2016

Nah, itulah tadi ulasan lengkap mengenai spesifikasi Galaxy A8 versi 2016 dari berbagai sisinya. Tak terasa kita telah sampai pada segmen harga yang merupakan segmen terakhir pada rubrik review kali ini. Seperti biasa, sebelum kita masuk ke nominal harga Samsung Galaxy A8 2016 ini, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan dari pembahasan spesifikasi tadi. Menghadirkan anggota baru untuk mengisi jajaran Galaxy A Series, Samsung mendatangkan versi pembaruan dari Galaxy A8 untuk model 2016. Apabila memperhatikan spesifikasinya yang cukup tinggi, nampaknya harga untuk Samsung Galaxy A8 2016 ini juga akan sangat fantastis. Hal ini memang telah sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan untuk layar dengan jenis AMOLED berukuran 5,7 inci yang memiliki resolusi Full DH. Kemudian, sektor dapur pacu pada phablet ini pun juga mengalami peningkatan kualitas di mana kali ini Samsung mengandalkan chipset Exynos 7420 dengan dukungan prosesor Octa-core dan kapasitas RAM 3 GB. Keberadaan spesifikasi berkualitas ini tentu saja menjadi nilai ukur harga Samsung Galaxy A8 2016 di pasaran. Selain itu, phablet ini juga dibekali dengan perangkat kamera dan konektivitas jaringan yang berspesifikasi tingkat tinggi. Sehingga dapat dipastikan harga jual phablet Galaxy A8 versi 2016 ini akan lebih mahal dari versi lamanya. Hmmm, kira-kira harga Samsung Galaxy A8 2016 ini berapa ya?

harga samsung galaxy a8 2016

harga samsung galaxy a8 2016 terbaru

Untuk nominal harga pastinya, hingga detik ini banderol harga Samsung Galaxy A8 2016 sendiri secara resmi memang belum diumumkan. Menurut rencana, Samsung memang baru akan mengumumkan harga resmi untuk seri Galaxy A8 versi 2016 pada pertengahan atau akhir bulan Desember 2015 ini. Namun jika kita kembali menengok spesifikasi yang dibawanya, sudah pasti jika harga jual generasi baru phablet Galaxy A8 ini akan berada pada level yang sangat tinggi, sesuai dengan segmentasi Samsung Galaxy A8 2016 yang menyasar pengguna gadget kelas premium. Sedikit menengok ke belakang, Samsung Galaxy A8 yang merupakan versi lawas dibanderol dengan harga sekitar Rp 8 jutaan. Dengan bekal spesifikasi yang lebih tinggi, ada kemungkinan bahwa banderol harga Samsung Galaxy A8 2016 akan lebih mahal dari seri pendahulunya. Dari beberapa data yang masuk ke redaksi Begawei, kemungkinan besar harga phablet Galaxy A8 versi 2016 ini akan menyentuh harga Rp 9-10 jutaan. Sebuah harga yang sangat mahal memang. Diprediksi juga, harga jual Galaxy A8 versi 2016 ini akan setara dengan banderol harga smartphone Samsung Galaxy A9 yang kabarnya juga akan hadir pada akhir tahun 2015 ini. Perkiraan harga Samsung Galaxy A8 2016 ini memang jatuhnya akan sangat mahal. Hal ini karena memang spesifikasi yang dibawanya juga sangat berkualitas.

Harga Samsung Galaxy A8 2016
Sekitar Rp 9.000.000,- s/d Rp 10.000.000,-

Untuk pasar gadget di Indonesia, harga Samsung Galaxy A8 2016 ini memang akan menempati klasifikasi gadget kelas premium. Diperkirakan, phablet Galaxy A8 versi 2016 ini akan menempati plot yang sama dengan smartphone Samsung Galaxy A9. Sebagai informasi, smartphone seri Galaxy A9 sendiri juga diklaim sebagai generasi penerus Galaxy A9, namun dengan opsi layar berukuran lebih kecil, yakni 5,5 inci. Nah kali ini, Samsung Galaxy A8 2016 dihadirkan untuk benar-benar menggantikan peran Galaxy A8 versi lama di pasaran. Secara spesifikasi, memang versi terbaru ini menjanikan performa yang lebih ciamik dari versi lamanya. Peningkatan kualitas spesifikasi memang akhirnya berimbas pada harga Galaxy A8 2016 yang akan menjadi sangat mahal. Untuk Indonesia sendiri, kemungkinan besar phablet terbaru dari Samsung ini baru akan masuk pada awal tahun 2016 mendatang. So, buat kawan Begawei yang tertarik menebus harga Samsung Galaxy A8 2016 yang selangit ini, kamu masih punya waktu untuk menabung terlebih dahulu. Baca juga ulasan Begawei mengenai Samsung Galaxy A7 2016 dan LG G Vista 2.

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 2016

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800)
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Exp. announcement 2015, December
  • Status
    Rumored. Exp. release 2015, December
Desain
  • Dimensi
    158 x 76.8 x 6 mm (6.22 x 3.02 x 0.24 in)
  • Berat
    -
  • SIM
    Optional Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.7 inches (~73.8% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~386 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    (To be confirmed)
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Exynos 7420
  • CPU
    Quad-core Cortex-A53 & Quad-core Cortex-A57
  • GPU
    Mali-T760MP8
  • RAM
    3 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    32 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    16 MP, 5312 x 2988 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP, 1080p
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.2, A2DP, EDR, LE
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS/ BDS (market dependant)
  • Radio
    FM radio with RDS; recording
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery Stand-by
  • Daya
    3050 mAh

Produk Lainnya dari Samsung

Top