Home » Produk » Samsung Galaxy A5 2016

Harga Samsung Galaxy A5 2016 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 1.6

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    Super AMOLED

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A5 2016 – Di penghujung tahun ini, ekspansi yang dilakukan Samsung memang tidak bisa dibendung lagi. Setelah sebelumnya kita mereview dua flagship anyar lansiran perusahaan asal Korea Seletan itu lewat Samsung Galaxy A3 2016 dan juga Samsung Galaxy A7 2016, kali ini Begawei akan mengajak kawan semua untuk membedah smartphone baru Samsung lainnya yang masih memiliki kesamaan platform dengan kedua smartphone sebelumnya. Yup! Pada kesempatan ini, Begawei akan membawakan Samsung Galaxy A5 2016 untuk kita ulas bersama-sama. Sama seperti seri Galaxy A3 dan juga A7 yang juga merupakan versi pembaruan, kali ini seri Galaxy A5 yang akan kita bahas kali ini adalah smartphone edisi lanjutan dari versi lamanya. Sebagai edisi spesial, Samsung Galaxy A5 2016 juga membawa bekal yang cukup matang untuk bertarung di pasaran smartphone dunia, termasuk Indonesi. Mulai dari mewarisi material berkomposisi metal, hingga ketangguhan di sektor visual dan juga performa. Secara segmentasi, Samsung Galaxy A5 2016 in akan ditempatkan di atas segmen Samsung Galaxy A3 2016 yang lebih menyasar kelas menengah. Namun untuk Galaxy A5 2016 sendiri lebih tepat jika dikategorikan sebagai smartphone yang menyasar segmen kelas menengah atas atau high-end.

samsung galaxy a5 2016

Dipasarkan dalam lingkup global, soal spesifikasi teknis dari Samsung Galaxy A5 2016 memang tidak perlu diragukan lagi. Apalagi mengusung brand sebesar Samsung, smartphone seri Galaxy A5 2016 ini dipastikan akan memiliki senjata ampuh untuk bertarung di pasar smartphone high-end. Keunggulan mencolok yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A5 2016 jelas pada desain tampilannya yang kini membawa desain frame full metal yang selain memberikan kesan solid pada bodinya, namun juga sanggup tampilkan desain yang benar-benar mewah. Begitupun soal performa visual, di bagian ini Samsung Galaxy A5 2016 telah dibekali dengan layar Super AMOLED khas generasi Galaxy A dengan bentang 5,2 inci. Pada layarnya pun telah terjadi peningkatan resolusi sehingga sanggup menawarkan grafik visual yang lebih realistis. Kemudian pada bagian ruang mesin, untuk mendukung kinerja operasional lebih cepat dan stabil, Samsung Galaxy A5 2016 mempercayakan otak penggerak berupa prosesor Octa-core yang mampu hasilkan clock speed hingga 1,6 GHz dan dipadukan dengan RAM super berkapasitas 2 GB. Lewat kombinasi komponen yang dimilikinya itu, jelas smartphone seri Galaxy A5 2016 ini akan memiliki kinerja lebih responsif dibanding generasi sebelumnya. Fitur utama lainnya yang terdapat pada smartphone Samsung Galaxy A5 2016 ini adalah pada bagian kameranya. Di mana untuk mengakomodasi kebutuhan fotografi sobat semua, ponsel pintar ini telah disertai dengan duet kamera 13 MP dan 5 MP yang lengkap dengan fitur olah fotografi modern. Terakhir, smartphone ini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE sebagai penyedia koneksi seluler. Cukup menarik bukan? Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A5 2016 yang kami sajikan khusus untuk sobat Begawei semua. Yuk simak bareng-bareng!

hp samsung galaxy a5 2016

Review Samsung Galaxy A5 2016

Smartphone dengan Layar Super AMOLED 5,2 Inci dan Bodi Berbalut Metal

Untuk segmen pertama, seperti biasa kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 di bagian tampilannya. Untuk bagian tampilannya sendiri, smartphone Samsung seri Galaxy A5 2016 terlihat jelas aura premiumnya. Apalagi melihat detail komposisi material yang dibawanya, Galaxy A5 versi 2016 ini mengusung material yang mewah lewat frame full metal, serta pada bagian cover belakangnya menggunakan komposisi bahan kaca seperti halnya Galaxy S6. Sedangkan untuk bentuk atau model desainnya, Samsung Galaxy A5 2016 tampak minimalis dan masih mirip seperti Galaxy A5 terdahulu. Didukung dengan material solid, untuk dimensinya juga cukup pas lewat ukuran yang dimilikinya mencakup angka 144.8 × 71 dengan ketebalan 7,3 mm. Bobotnya sendiri mencapai 155g, lebih berat dibanding pendahulunya, namun masih terhitung standar untuk ukuran sebuah smartphone berlayar 5,2 inci. Beranjak pada sektor visualnya, layar pada Samsung Galaxy A5 2016 terbilang mumpuni dengan layar 5,2 inci Super AMOLED. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 1080 x 1920 piksel dengan tingkat kerapatan mencapai 420 piksel per inci. Dengan resolusi dan juga kerapatan yang sangat tinggi, maka tampilan gambar yang dihasilkan oleh layar Samsung Galaxy A5 2016 pun akan sangat tajam dan jernih layaknya smartphone kelas atas. Terakhir menutup keunggulan di bagian visualisasi untuk sobat Begawei semua, spesifikasi Galaxy A5 2016 dikonfirmasi akan menggunakan proteksi layar Corning Gorilla Glass 4 untuk melindungi permukaan layar dari goresan.

Performa Dijamin Tangguh dengan Prosesor Octa-core Dipadukan RAM 2 GB

Setelah melihat spesifikasi perangkat canggih ini pada bagian fisik, kini saatnya Begawei mengajak sobat masuk ke ruang mesin pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 ini. Seperti yang sudah sempat Begawei singgung pada bagian awal tadi, smartphone terbaru dari Samsung ini memang dibekali dengan spesifikasi sektor mesin yang cukup tangguh. Untuk urusan mesin, perangkat pintar Samsung Galaxy A5 2016 ini belum diketahui akan menggunakan chipset jenis apa, namun prediksi Begawei sendiri, Galaxy A5 2016 akan dibekali dengan chipset berkualitas. Banyak kabar yang beredar jika Samsung Galaxy A5 2016 akan mengusung chipset Exynos 7580 demi mendukung kinerjanya. Sedangkan pada bagian otak pemrosesan, smartphone Samsung Galaxy A5 versi 2016 dipastikan bakal ditenagai oleh prosesor Octa-core 1.6 GHz. Secara kemampuan, prosesor pada ruang mesin Samsung Galaxy A5 2016 ini memang sudah cukup bagus dalam menopang kinerja operasional, dan tenaganya juga meningkat dari seri sebelumnya. Apalagi Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini juga sudah didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB untuk hasilkan peforma multitasking lebih lancar. Lalu, untuk menjalankan semua hardware yang ada di dalamnya, layaknya smartphone Android masa kini, spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 juga sudah berjalan di dukungan platform terbaru Android lewat OS Android Lollipop yang menjamin ketersediaan aplikasi dan pembaruan software yang lebih lengkap.

spesifikasi samsung galaxy a5 2016

Ruang Penyimpanan Andalkan Memori On-board 16 GB Plus Slot MicroSD Eksternal

Rasanya tak lengkap jika sebagai smartphone modern namun tidak didukung dengan ruang penyimpanan yang maksimal. Untuk sektor yang juga tak kalah penting ini, yaitu bagian ruang penyimpanan atau storage, tentunya spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 ini pun juga dibekali dengan ruang penyimpanan yang berkapasitas ekstra luas. Sebagai gadget kelas atas, sudah sewajarnya jika Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini dibekali dengan kapasitas memori yang sangat luas. Kali ini, smartphone dari Samsung seri Galaxy A ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Untuk ukuran smartphone modern, kapasitas sebesar 16 GB yang hadir pada Samsung Galaxy A5 2016 merupakan kapasitas yang cukup pas. Dengan memori internal seluas 16 GB, kawan Begawei bisa menyimpan berbagai jenis file, baik itu file audio video, game, atau aplikasi yang membutuhkan space memori yang sangat besar. Tak seperti smartphone premium merek lain yang banyak meninggalkan slot memori eksternal, Samsung Galaxy A5 2016 ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 128 GB. Kehadiran slot memori eksternal pada spesifikasi Galaxy A5 2016 ini dipastikan sangat berguna bagi kawan Begawei yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas untuk menyimpan file berukuran besar.

Lini Fotografi Maksimal dengan Dukungan Duet Kamera 13 MP dan 5 MP

Puas dengan bagian performa dan tampilannya yang ternyata cukup meyakinkan, selanjutnya kita akan membedah spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 pada sektor kamera. Kali ini, Samsung tak lupa memberikan komponen fotografi yang sangat berkualitas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fotografi pada Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini. Sebagai kamera utamanya, digunakanlah kamera berukuran 13 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi 4128 x 3096 piksel. Kamera yang terletak pada bagian belakang Samsung Galaxy A5 2016 itu juga sudah dilengkapi dengan fitur modern seperti Autofocus, Optical Image Stabilization dan juga LED Flash. Keberadaan ketiga fitur tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan fotografi smartphone ini. Fitur-fitur fotografi modern seperti Geo-tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama dan juga HDR pun juga tak lupa hadir pada smartphone Samsung Galaxy A5 2016 ini. Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang cukup bagus, kamera utama pada Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil rekaman yang cukup baik pula dengan ukuran video mencapai 1080@30fps. Sebagai pelengkap spesifikasi teknis Samsung Galaxy A5 2016 di bagian fotografinya, Samsung pun menempatkan kamera depan yang berukuran lebih kecil dari kamera utamanya, yakni 5 MP. Keberadaan kamera sekunder 5 MP pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 tersebut sudah cukup bagus, dan pastinya bisa kawan Begawei gunakan untuk berfoto selfie atau melakukan panggilan video call.

spesifikasi galaxy a5 2016

Konektivitas Lengkap dengan Jaringan 4G LTE Sebagai Jalur Utama Akses Internet

Meluncur di akhir tahun 2015 yang marak dengan tren smartphone Android berkoneksi 4G LTE, bisa dipastikan jika Samsung juga tidak mau ketinggalan. Sebagai ponsel kelas atas, spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 ini pun hadir dengan kemampuan terbaik dan sangat lengkap di sektor konektivitas. Selain dukungan dual SIM GSM, smartphone Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini menampilkan teknologi jaringan data 4G LTE sebagai pilihan koneksi utamanya. Dengan kemampuan canggih yang diusung oleh teknologi LTE, ponsel pintar terbaru buatan Samsung ini mampu menjalankan download dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Sementara itu, kecepatan upload pada Samsung Galaxy A5 2016 sanggup berjalan hingga 50 Mbps. Selain itu, daerah-daerah yang belum tersentuh koneksi 4G akan terback-up dengan koneksi 2G dan 3G yang sudah ada pada smartphone Samsung seri Galaxy A5 2016 ini. Selain itu, Samsung Galaxy A5 2016 pun juga menyediakan teknologi WiFi yang membuat kawan Begawei tetap bisa terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan paket data. Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat, smartphone ini juga dibekali dengan fitur NFC, Bluetooth v4.1 dan juga slot microUSB v2.0. Keperluan navigasi pun juga terasa lengkap pada spesifikasi Galaxy A5 2016 ini. Di mana untuk kawan Begawei penghobi traveling atau touring, bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS yang sudah ada pada smartphone ini.

Pasokan Daya Memadao Didukung Baterai Berkapasitas 2.900 mAh
separator

Tibalah pada segmen terakhir dari pembahasan smartphone terbaru dari Samsung ini. Pada bagian terakhir ini, Begawei akan membedah spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 di bagian pemasok dayanya. Keberadaan baterai sebagai pemasok daya sendiri tidak bisa dikesampingkan, karena percuma jika sebuah smartphone memiliki kinerja mumpuni dan hardware berkualitas namun tidak dilengkapi dengan kapasitas baterai memadai. Pada bagian yang satu ini, sepertinya Samsung sudah menyadari bahwa smartphone seri Samsung Galaxy A5 2016 ini memang memiliki komponen-komponen hardware yang butuh suplai daya cukup besar. Untuk itu, Samsung Galaxy A5 versi 2016 pun dibekali dengan baterai berkapasitas memadai. Tercatat, Samsung menanamkan baterai Li-Ion berkapasitas 2.900 mAh pada ponsel barunya ini. Dengan kapasitas mencapai 2.900 mAh tersebut, Samsung Galaxy A5 2016 akan mampu bertahan hidup selama seharian penuh, jika digunakan secara normal. Sedangkan istimewanya lagi, untuk baterai yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 juga sudah didukung dengan fitur fast battery charging layaknya smartphone kelas atas lainnya yang bisa mengisi daya lebih cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A5 2016

Tampil ke publik sebagai versi pembaruan dari seri Galaxy A5 versi lawas, tentunya Samsung Galaxy A5 2016 ini memiliki bekal spesifikasi teknis yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan layar jenis Super AMOLED dengan luas bentangan layar mencapai 5,2 inci. Selain memiliki kualitas visual yang cukup baik, smartphone ini pun juga dibekali dengan komposisi hardware berkualitas pada ruang dapur pacunya. Apalagi, kehadiran duet kamera 13 MP dan 5 MP pastinya akan sangat memanjakan penggunanya. Namun, di balik spesifikasi yang sudah maksimal tersebut, smartphone yang satu ini tetap memiliki beberapa catatan kekurangan. Nah untuk lebih jelasnya, simak tabel kelebihan Samsung Galaxy A5 2016 dan kekurangan Samsung Galaxy A5 2016 di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A5 2016
  • Desain elegan dengan material metal dan kaca
  • Layar 5,2 inci Super AMOLED
  • Resolusi layar cukup bagus
  • OS Android Lollipop
  • Prosesor Quad-core 1,6 GHz
  • RAM 2 GB
  • Memori internal 16 GB
  • Tersedia slot memori eksternal
  • Duet kamera 13 MP dan 5 MP
  • Dual SIM Card
  • Didukung jaringan 4G LTE
  • Corning Gorilla Glass 4
  • Baterai 2.900 mAh dengan fitur fast battery charging
Kekurangan Samsung Galaxy A5 2016
  • Baterai non-Removable
  • Harga mahal

Harga Samsung Galaxy A5 2016

Setelah Begawei mengajak kamu semua untuk mengupas tuntas spesifikasi teknis dari Samsung Galaxy A5 versi 2016dari berbagai bagiannya, kini saatnya kita akan membicarakan segmen yang paling ditunggu-tunggu, yaitu soal harga. Namun seperti biasa, sebelum berbicara kisaran harga Samsung Galaxy A5 2016 lebih jauh, kita akan menarik kesimpulan mengenai spesifikasi yang sudah kita bahas tadi karena hal ini nantinya akan berimbas pada banderol harganya. Sebagai generasi penerus Samsung Galaxy A5 generasi pertama yang dirilis pada tahun 2014, pastinya Samsung Galaxy A5 versi 2016 sudah mengalami revisi di setiap sektornya mengikuti perkembangan pasar smartphone. Selain menawarkan desain cantik dengan komposisi metal dan kaca, Samsung Galaxy A5 2016 juga menjanjikan performa kelas atas lainnya mulai dari layar 5,2 inci Super AMOLED yang memiliki resolusi bagus dan juga tidak lupa pada bagian mesinnya. Di mana Samsung Galaxy A5 versi 2016 pun juga tampil lebih baik lewat prosesor Quad-core 1,6 GHz dipadukan RAM 2 GB untuk menghasilkan kinerja lebih impresif. Spesifikasi teknis bagian mesin yang berkualitas inilah yang sedikit banyak berpengaruh pada harga Samsung Galaxy A5 2016 di pasaran. Selain spesifikasi mesin yang mumpuni, piranti kamera berkualitas dengan kekuatan duet kamera 13 MP dan 5 MP juga tak lupa disematkan pada gadget ini. Melengkapi semua kualitas yang ada, dukungan jaringan 4G LTE juga bakal menghadirkan akses internet lebih kencang. Jika dilihat garis besar spesifikasinya, banderol harga Samsung Galaxy A5 2016 memang pantas mengisi segmen kelas atas. Lantas harga pastinya berapa ya?

harga samsung galaxy a5 2016

harga samsung galaxy a5 2016 terbaru

Mengenai nominal harga Samsung Galaxy A5 2016 secara pasti, pihak Samsung memang belum memberikan informasi secara resmi. Menurut rencana, smartphone Samsung seri Galaxy A5 2016 ini baru akan dirilis secara resmi pada pertengahan Desember 2015 ini, namun untuk pasar internasional terlebih dahulu. Namun dari beberapa sumber yang beredar, nominal harga Samsung Galaxy A5 2016 ini kabarnya akan diplot pada angka Rp 5-5,5 jutaan. Sebuah harga yang cukup mahal memang. Namun bila kita kembali menilik spesifikasi teknis yang ada, sebenarnya nominal harga tersebut memang sudah cocok untuk sebuah smartphone dengan kualitas seperti Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini. Secara spesifik, kualitas yang dibawa oleh Samsung Galaxy A5 2016 ini memang lebih baik dari versi lawasnya. Hal ini bisa kita lihat dari sektor layar hingga teknologi konektivitas yang kesemuanya sudah mengusung perangkat-perangkat kelas atas. Meski memiliki sedikit catatan kekurangan pada beberapa bagian teknisnya, namun hal ini tak akan mengurangi kualitas Galaxy A5 versi 2016 secara umum. So, wajar bila akhirnya harga Samsung Galaxy A5 2016 ini dibanderol sangat mahal.

Harga Samsung Galaxy A5 2016
Sekitar Rp 5.500.000,-

Bila harga Samsung Galaxy A5 2016 untuk pasar global kemungkinan besar akan diumumkan pada pertengahan Desember ini, maka untuk pasar Indonesia bisa jadi akan diumumkan pada awal tahun 2016 mendatang. Berbicara soal harga, menurut Begawei harga yang dipatok untuk smartphone terbaru dari Samsung ini memang sudah sangat kompetitif, meski sebenarnya harga Galaxy A5 2016 masih terhitung cukup mahal. Kualitas dan nama besar Samsung memang tak bisa dilepaskan dari smartphone yang satu ini. Dengan spesifikasi teknis yang lebih baik dari versi lawasnya, smartphone seri Samsung Galaxy A5 2016 ini memang berpotensi untuk menjadi primadona di segmen perangkat pintar kelas atas hingga premium. Apalagi, sebelumnya pun Samsung Galaxy A5 versi lama juga sudah cukup sukses di pasaran. Jadi, meski harga Samsung Galaxy A5 2016 akan mengalami peningkatan dari versi lawasnya, tentu saja hal ini seiring dengan peningkatan kualitasnya juga. Sampai di sini dulu perjumpaan kita pada kesempatan review kali ini. Jangan lupa baca juga review lainnya mengenai Samsung Galaxy A3 2016 dan LG Zero.

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800)
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, December
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, December
Desain
  • Dimensi
    144.8 x 71 x 7.3 mm (5.70 x 2.80 x 0.29 in)
  • Berat
    155 g (5.47 oz)
  • SIM
    Optional Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.2 inches (~72.5% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass 4 (To be confirmed)
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Chipset
    -
  • CPU
    Octa-core 1.6 GHz
  • GPU
    -
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, 4128 x 3096 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP, EDR, LE
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS/ BDS (market dependant)
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    2900 mAh
Top