Home » Produk » Osmo S50F

Harga Osmo S50F dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.2

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS v4.4

Spesifikasi dan Harga Osmo S50F –  Semakin hari, sepertinya pasar gadget Indonesia tak hanya melulu didominasi oleh pabrikan asing yang produk-produknya membanjiri Tanah Air. Meski masih menyasar pengguna gadget pemula, namun sepak terjang vendor lokal juga patut diperhitungkan. Adalah Osmo yang merupakan brand lokal terbaru yang muncul ke permukaan. Pekan lalu, Osmo memperkenalkan seri smartphone Osmo S50F yang merupakan produk debut merek Osmo. Nama Osmo sendiri merupakan brand smartphone yang diusung oleh PT Trikomsel, yang sebelumnya dikenal sebagai distributor produk-produk telekomunikasi. Dalam menggarap seri smartphone Osmo S50F ini. pihak Trikomsel bekerjasama dengan vendor lokal yang sudah memiliki nama besar, yaitu Advan. ‘Aroma’ smartphone khas Advan memang sangat kuat ada pada ponsel pintar yang satu ini. Mulai dari dimensi fisik hingga spesifikasi teknis, ponsel pintar Osmo S50F ini memiliki kualifikasi yang seimbang dengan produk Advan yang sudah terkenal murah namun berkualitas. Jadi, meski merupakan pendatang baru namun kualitas smartphone dengan nama Osmo S50F ini jelas tak bisa diremehkan.

osmo s50f

Bila dilihat dari desain fisiknya, smartphone Android bernama Osmo S50F ini memang memiliki konsep fisik khas ala Advan. Ukuran fisiknya tak terlalu besar, dan juga bodinya tidak terlalu tebal. Dimensi bodi pada smartphone ini jelas membuatnya terasa sangat nyaman saat digenggam. Pada bagian layarnya, Osmo S50F didukung oleh layar jenis IPS LCD kapasitif yang berukuran 5 inci. Layar berkemampuan multitouch itu sudah menggunakan teknologi OnCell Lumination Display sehingg tampilan gambarnya menjadi lebih oke. Kemudian pada bagian dapur pacunya, Osmo mempercayakan kinerja olah datanya pada prosesor Quad-core berkecepatan 1,2 GHz yang bertandem dengan RAM berkapasitas 2 GB. Berkat kapasitas RAM mencapai 2 GB tersebut, maka kebutuhan multitasking pada smartphone Osmo S50F ini akan berjalan sangat baik. Soal fotografi, pabrikan pun juga mengusung kamera yang bisa difungsikan maksimal. Kali ini Osmo menggunakan kamera dengan kekuatan lensa sama baik untuk kamera depan maupun belakang, yaitu 5 MP. Kemudian guna memberikan ruang yang lega saat pemrosesan data di ruang sistem, Osmo S50F pun dibekali dengan kapasitas memori ROM seluas 16 GB. Daya tampung smartphone ini juga masih ditambah oleh slot memori eksternal yang mampu menampung file hingga kapasitas 32 GB. Berdasarkan gambaran sekilas mengenai spesifikasi teknis Osmo S50F ini, tentu kita tak akan kecewa pada produk debut dari brand Osmo ini. Meski secara kualitas masih standar smartphone lokal, namun kemampuan dan fungsionalitasnya memang sudah cukup bagus. Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai kualitas sebenarnya, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Osmo S50F pada segmen-segmen di bawah ini!

hp osmo s50f

Review Osmo S50F

Smartphone Berlayar 5 Inci dengan Dimensi Fisik Ramping yang Pas di Genggaman

Hadir sebagai pendatang baru, tentu salah satu nilai jual yang ditawarkan oleh spesifikasi Osmo S50F ini adalah bagian fisik atau tampilan luarnya. Nuansa desain khas Advan akan kawan Begawei temukan pada smartphone ini. Bila diamati, corak desain smartphone terbaru dari Osmo ini sekilas mirip dengan seri Advan i45. Model bodinya persegi panjang dengan sudut tegas pada keempat ujungnya. Bezel yang mengapit layar Osmo S50F pun cukup lebar. Aksen krom pada bagian bawah layar pun juga semakin menambah sisi elegan pada smartphone ini. Secara fisik, ukuran tubuh smartphone ini juga sangat kompak. Ukuran bodi Osmo S50F memang tak terlalu besar, sehingga akan sangat nyaman saat digenggam. Lalu pada bagian visualnya, smartphone ini mengandalkan jenis panel layar IPS LCD kapasitif berukuran 5 inci. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 pisel dengan karapatan mencapai 294 piksel per inci. Resolusi tersebut memang tergolong standar untuk, layar berukuran 5 inci. Namun satu hal yang menarik adalah, spesifikasi Osmo S50F pada bagian layar sudah mengusung teknologi OnCell Full Lamination Display yang akan meningkatkan kualitas gambarnya.

Kemampuan Operasional Cukup Baik dengan Dukungan Prosesor Quad-core 1,2 GHz dan RAM 2 GB

Saatnya kita beralih pembahasan spesifikasi Osmo S50F pada bagian jantung dapur pacunya. Sektor permesinan pada smartphone ini memang memiliki pengaruh vital dalam menunjang kinerja secara keseluruhan. Untuk bagian inti dari ruang mesinnya, pihak pabrikan membekali smartphone barunya ini dengan prosesor Quad-core yang mampu menghasilkan clock speed lumayan kencang, yakni 1.2 Ghz. Sayangnya untuk spesifikasinya belum ada informasi apakah Osmo S50F akan menggunakan chipset MediaTek, Qualcomm, atau yang lainnya. Kemungkinan besar memang smartphone dari Osmo in akan tetap menggunakan chipset MediaTek sama seperti seri smartphone dari Advan yang menjadi basis produksinya. Sedangkan untuk menunjang performa multitasking atau menjalankan aplikasi, smartphone Osmo S50F ini dijejali RAM berukuran cukup besar, yakni 2 GB yang menurut Begawei sudah cukup bisa diandalkan. Sedangkan untuk kartu pengolah grafis atau GPU-nya, smartphone ini belum terkonfirmasi akan menggunakan GPU jenis apa. Namun satu hal yang pasti, spesifikasi Osmo S50F pada bagian teknis dan software ini akan berjalan pada platform Android OS versi 4.4 atau dikenal dengan OS Android KitKat. Meski merupakan sistem operasi jenis lama, namun OS tersebut sudah memiliki beragam fitur menarik.

spesifikasi osmo s50f

Memori ROM 16 GB Berikan Daya Tampung File Maksimal

Berbekal spesifikasi pada dapur pacu yang lumayan tangguh, pastinya untuk sektor pendukung seperti ruang penyimpanan juga tak kalah kualitasnya. Nah untuk segmen ketiga ini, Begawei akan membahas mengenai spesifikasi Osmo S50F pada bagian storage atau ruang penyimpanan file. Sektor storage atau memori memang menjadi salah satu bagian yang sangat vital karena secara langsung akan berhubungan dengan performa mesinnya. Guna memberikan akses kinerja yang maksimal, Osmo S50F ini pun dibekali dengan kapasitas internal memory yang cukup lapang di kelasnya. Tercatat, smartphone ini dibekali dengan kapasitas memori internal yang sudah ideal, yakni 16 GB. Kapasitas ini bahkan lebih besar dari kapasitas memori internal pada Advan i5 yang hanya dibekali dengan memori ROM 8 GB. Dengan kapasitas memori internal yang cukup lega tersebut, bisa dipastikan pengguna Osmo S50F bisa menyimpan beragam file mulai aplikasi, multimedia, dokumentasi, dan lain-lainnya dengan lebih leluasa. Keberadaan memori internal atau ROM yang cukup luas pada Osmo S50F ini pastinya akan cukup membantu meningkatkan stabilitas olah data pada ruang mesinnya. Namun jika ternyata memori 8 GB masih dirasa kurang bagi sobat Begawei untuk menyimpan bermacam file yang lebih kompleks, maka tidak perlu khawatir, pasalnya pada spesifikasi Osmo S50F telah dilengkapi dengan slot memori ekseternal berjenis microSD yang bisa diekspansi hingga kapasitas 32 GB.

Sepasang Kamera 5 MP Jadi Andalan di Sektor Fotografi

Persaingan smartphone murah memang semakin sengit. Untuk memenuhi standar sebagai sebuah perangkat pintar masa kini, spesifikasi Osmo S50F pun juga harus dibekali dengan kualitas pada lini fotografi. Sama seperti spesifikasi di sektor lain, smartphone ini juga mengusung komponen terbaik pada lini fotografi dan pastinya tetap mengedepankan fungsionalitas. Sebagai kamera utama yang terletak di bagian belakang, Osmo S50F sudah dilengkapi dengan kamera primer berkekuatan 5 MP. Kamera tersebut mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi sebesar 2592 x 1944 pixels. Pada kamera utama Osmo S50F tersebut juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur fotografi penting, seperti fitur LED flash dan juga autofocus. Meski kekuatan kameranya standar, namun keberadaan kamera 5 MP pada sisi belakang Osmo S50F itu pastinya juga sudah sangat membantu kebutuhan dokumentasi setiap saat. Sementara untuk kamera sekunder atau kamera depan, smartphone ini juga dibekali dengan kamera berkekuatan sama, yakni 5 MP juga. Meskipun sebatas 5 MP, nyatanya kamera sekunder tersebut sudah cukup baik untuk melakukan video call, video chat, atau selfie meskipun hasil fotonya tidak setajam kamera primer. Kemudian, selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto maksimal, kamera utama pada Osmo S50F juga bisa diandalkan untuk merekam video dengan hasil cukup bagus untuk kelasnya. Jadi, meskipun secara sekilas untuk sektor fotografi hanya disematkan kamera minimalis, namun ternyata kamera pada spesifikasi Osmo S50F sudah dapat berfungsi secara maksimal untuk menunjang kebutuhan dokumentasi setiap saat.

spesifikasi hp osmo s50f

Smartphone Non 4G Namun Punya Bekal Konektivitas Lengkap

Saatnya kita masuk pada pembahasan spesifikasi Osmo S50F pada teknologi konektivitasnya. Pada sektor yang sebenarnya juga memegang peranan yang cukup vital ini, pihak vendor justru belum mengaplikasikan teknologi konektivitas terbaik saat ini, yaitu jaringan data 4G LTE. Benar sekali, smartphone Osmo S50F ini masih mengandalkan jaringan 3G HSPA sebagai koneksi seluler utamanya. Meski tak mengusung jaringan 4G LTE, namun koneksi setingkat 3G itu sudah mampu menghadirkan akses data yang cukup kencang dan stabil. Untuk keperluan download, smartphone Osmo S50F ini bisa dipacu hingga mencapai 21 Mbps. Sementara untuk keperluan upload, ponsel pintar ini bisa diakses hingga mencapai 5,76 Mbps. Selain didukung jaringan internet yang sudah cukup kencang, smartphone Osmo S50F ini juga sudah memiliki dual slot SIM Card yang akan memudahkan komunikasi kawan Begawei semuanya. Sedangkan untuk fitur penunjang konektivitas lainnya terutama non-seuler juga telah tersedia lengkap di Osmo S50F, mulai dari fitur Wi-Fi, dan hotspot yang bisa digunakan untuk mengakses atau berbagai akses data internet. Lalu untuk kebutuhan transfer data ada fitur Bluetooth v4.0 serta slot kabel data dengan jenis microUSB v2.0. Berpindah untuk fitur navigasinya, sayangnya untuk memenuhi kebutuhan pemetaan pengguna, spesifikasi Osmo S50F hanya didukung dengan navigasi sekelas A-GPS. Meskipun secara teknis A-GPS merupakan sistem navigasi paling standar, namun kehadirannya juga bisa menjadi andalan sobat Begawei untuk menentukan atau mencari titik lokasi suatu tempat.

Pasokan Daya Ditenagai oleh Baterai Berkapasitas 2.200 mAh

Setelah puas membedah semua sektornya, akhirnya tibalah pembahasan Begawei untuk segmen terakhir dari pembahasan spesifikasi Osmo S50F ini, yaitu sektor suplai daya atau baterainya. Dibekali dengan komponen hardware dengan kualitas cukup bagus, tentunya spesifikasi smartphone ini juga membutuhkan pasokan daya maksimal. Jika dilihat dari spesifikasinya, memang smartphone yang satu ini membutuhkan pasokan daya yang tidak terlalu besar. Hal ini karena memang Osmo S50F hanya dibekali dengan komponen-komponen hardware yang berkualitas rata-rata saja. Karena hanya mengusung spesifikasi teknis yang standar, maka kebutuhan daya pada smartphone Osmo S50F ini pun juga tidak akan terlalu besar. Namun sebagai penunjang kebutuhan operasionalnya, pihak vendor pun tetap membekali smartphone terbarunya ini dengan kapasitas baterai yang memadai, yakni sebesar 2.200 mAh. Dengan bekal baterai sebesar 2.200 mAh ini, Osmo S50F mampu bertahan selama kurang lebih seharian penuh asal dengan penggunaan normal. Namun jika kawan Begawei merupakan pengguna gadget yang aktif, maka kami sarankan untuk selalu membawa power bank sebagai pengisi daya ulang. Meski kapasitas baterainya cukup memadai, namun sayangnya spesifikasi Osmo S50F kali ini masih menggunakan baterai jenis Lithium-Ion, bukan Lithium-Polymer seperti kebanyakan smartphone masa kini.

Kelebihan dan Kekurangan Osmo S50F

Menempati segmen smartphone kelas pemula, sebenarnya ponsel pintar debutan Osmo S50F ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang hampir sama dengan produk satu pabrikannya itu. Smartphone terbaru ini mengandalkan layar IPS berukuran 5 inci yang akan menghasilkan visualisasi yang cukup bagus kepada penggunanya. Selain itu, beberapa komponen hardware berkualitas seperti prosesor Quad-core 1,2 GHz, RAM 2 GB, serta sepasang kamera 5 MP juga turut menjadi andalan smartphone ini. Nah untuk mengetahui kelebihan Osmo S50F dan kekurangan Osmo S50F, berikut adalah tabel perbandingannya.

Kelebihan Osmo S50F
  • Dual sim card
  • Layar luas 5.0 inci
  • Processor Quad-core 1.2 GHz
  • RAM 2 GB
  • Dual kamera 5 MP
  • Memori internal 16 GB
  • Slot memori eksternal 32 GB
  • Dilengkapi fitur OnCell Full lamination display
  • Harga terjangkau
Kekurangan Osmo S50F
  • Resolusi standar
  • Belum ada proteksi layar anti gores
  • Belum 4G LTE
  • OS Android masih versi KitKat
  • Baterai masih Li-Ion

Harga Osmo S50F

Secara umum, spesifikasi teknis yang dibawa oleh smartphone pendatang baru ini sudah cukup bagus. Lantas bagaimanakah dengan harga Osmo S50F ini? Tidak dibekali dengan fitur-fitur mewah juga menjadikan harga jual dari ponsel pintar ini menjadi semakin murah. Pada sektor teknis, ponsel pintar modern yang mengusung layar minimalis 5 inci membawakan teknologi yang serba sederhana. Seperti jenis layar IPS yang belum diberi sistem proteksi khusus, kemudian dapur pacu yang ada pada Osmo S50F pun hanya mengandalkan prosesor Quad-core 1,2 GHz dan RAM 2 GB. Meski hanya merupakan komponen kelas standar, namun keberadaannya ternyata sudah mampu menghasilkan kinerja olah data yang cukup baik. Apalagi, smartphone ini juga dibekali dengan sepasang kamera 5 MP yang pastinya akan menghasilkan kualitas jepretan foto yang bagus, dan akan mempengaruhi harga Osmo S50F di pasaran. Selain perangkat kamera berkualitas, smartphone ini juga telah dibekali dengan teknologi konektivitas yang cukup lengkap. So, dengan bekal spesifikasi mumpuni seperti itu, maka banderol harga Osmo S50F ini berapa ya?

harga osmo s50f

harga osmo s50f terbaru

Benar saja, banderol harga Osmo S50F ini memang tak semahal smartphone buatan vendor asing yang saat ini semakin membanjiri pangsa pasar smartphone Tanah Air. Menurut informasi yang kami terima, banderol harga yang disematkan pada smartphone Osmo S50F ini adalah Rp 1.200.000,-. Sebuah harga yang cukup terjangkau untuk pengguna gadget di kelas menengah bawah. Kisaran harga jual smartphone debutan ini memang disesuaikan dengan spesifikasi yang dibawanya. Kehadiran smartphone baru dari PT Trikomsel dengan nama Osmo ini juga akan menyaingi ponsel pintar kelas menengah dari vendor lain. Dengan banderol harga Osmo S50F yang cukup terjangkau, Osmo memang menyimpan potensi penjualan yang cukup cerah di segmen gadget pemula. Sebelumnya, pasar gadget kelas menengah juga sudah diramaikan oleh kemunculan produk-produk murah besutan vendor asal luar negeri. Jika melihat peta persaingan pasar smartphone kelas menengah ke bawah hingga pemula, banderol harga Osmo S50F ini memang cukup kompetitif. Hal ini tentunya akan membuat peluangnya di pasar gadget lokal menjadi cukup bagus.

Harga Osmo S50F
Sekitar Rp 1.200.000,-

Nama brand Osmo memang belum banyak yang mengenal. Bahkan smartphone seri S50F ini merupakan produk debutan. Sebagai pendatang baru, nominal harga Osmo S50F pun juga cukup menarik perhatian. Kehadiran smartphone seri Osmo ini pun pastinya akan semakin membuktikan bahwa Advan memang termasuk jago dalam menghadirkan perangkat murah yang tetap memiliki kualitas dan daya saing tinggi. Smartphone Osmo S50F ini memang dibangun dengan menggunakan teknologi dari Advan, sesuai dengan strategi pemasarannya. Ini artinya, kualitas komponen yang digunakan oleh Advan pada smartphone dengan merek Osmo ini memiliki standar yang tinggi. Berbicara lagi soal harga Osmo S50F, banderol smartphone ini pun juga tak berselisih jauh dengan harga jual smartphone merek lain di kelas yang sama. Seperti yang tadi sudah Begawei singgung tadi, harga smartphone ini memang sudah disesuaikan dengan kualitas spesifikasinya. Berbekal spesifikasi yang cukup bagus, Begawei memprediksi bahwa smartphone ini akan memiliki peluang yang cukup besar di pasar gadget kelas pemula di Indonesia. So, meski harga Osmo S50F ini sangat murah, namun ternyata kualitasnya tidak murahan kan? Baca juga review Begawei mengenai Advan Barca S4X dan Oppo A35.

Spesifikasi Osmo S50F

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 2100
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSDPA 21 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    1 Januari 2016
  • Status
    Dirilis, Januari 2016
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD Capacitive touchscreen, 16M Colors
  • Ukuran
    5.0 inches
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android Kitkat v4.4
  • Chipset
    -
  • CPU
    Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A7
  • GPU
    -
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD card up to 32 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP
  • Fitur
    Geo-tagging, face detection, digital zoom, touch focus, panorama
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, Proximity, Ambient light sensor
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    2200 mAh
Top