Home » Produk » Lenovo Yoga Tab 3 8.0

Harga Lenovo Yoga Tab 3 8.0 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    1 GB

Spesifikasi dan Harga Lenovo Yoga Tab 3 8 – Beberapa saat yang lalu, kami pernah mengulas mengenai tablet Lenovo Yoga Tab 3 Pro. Tablet tersebut merupakan salah satu tablet revolusioner yang cukup sukses mencuri perhatian publik pecinta gadget dunia. Nah kali ini, Lenovo menghadirkan versi lain dari tablet Yoga Tab 3 Pro. Produk terbaru dari vendor asal Tiongkok tersebut adalah Lenovo Yoga Tab 3 8 yang merupakan versi downgrade dari tablet Yoga Tab 3 Pro. Mengapa dibilang sebagai versi downgrade? Hal ini karena tablet seri Yoga Tab 3 8 ini mengusung komponen hardware yang levelnya berada di bawah seri Lenovo Yoga Tab 3 Pro. Jadi, secara kualitas tablet Lenovo Yoga Tab 3 8 ini tak akan secanggih saudara tuanya tersebut. Meski kali ini hanya ditempatkan sebagai perangkat kelas pemula, namun secara kualitas tablet Lenovo Yoga Tab 3 8 ini masih bisa diadu dengan perangkat merek lain di kelas yang sama. Jika dilihat dari luar, sekilas memang tablet Lenovo Yoga Tab 3 8 ini memiliki konsep desain yang hampir sama dengan versi premiumnya. Tablet terbaru buatan Lenovo ini memang didesain dengan konsep bodi yang cukup atraktif. Lenovo teta mengandalkan desain ‘out of the box’ di mana tablet Lenovo Yoga Tab 3 8 ini mengusung konsep bodi ramping dengan penambahan tabung audio di bagian sisi sampingnya. Tabung audio tersebut juga berfungsi sebagai penyangga saat tablet ditempatkan dalam keadaan berdiri karena ada piranti penyangga tambahannya.

lenovo yoga tab 3 8

Berbagai perubahan mendasar diberikan Lenovo untuk tablet Lenovo Yoga Tab 3 8 ini. Jika kita lihat secara detail, beberapa perubahan yang dilakukan Lenovo untuk tablet terbarunya ini memang cukup signifikan. Itu artinya, Lenovo memang ‘memangkas’ banyak hal dari seri Lenovo Yoga Tab 3 Pro dan juga Lenovo Yoga Tab 2 8.0 sebelumnya. Salah satu perubahan yang ada pada Lenovo Yoga Tab 3 8 adalah fitur layar IPS LCD 8 inci menghhasilkan resolusi layar 800 x 1280 pixels. Lalu, untuk bagian dapur pacunya sendiri, digunakanlah chipset Snapdragon menggeser chipset Intel Atom yang lebih dulu digunakan di Lenovo Yoga Tab 2 8.0. Chipset tangguh tersebut diperkuat dengan prosesor Quad-core dan RAM berkapasitas 1 GB. Sementara itu, untuk sektor fotografi pada Lenovo Yoga Tab 3 8 pun juga mengalami perubahan. Kali ini, Lenovo menyematkan kamera utama 8 MP yang memiliki fitur rotating lens atau lensa putar. Namun sayangnya, Lenovo tak membekali perangkat tablet terbarunya ini dengan kamera depan atau kamera sekundar. Sedangkan untuk ruang penyimpanan file atau memori, Lenovo Yoga Tab 3 8 dibekali dengan memori internal berkapasitas 16 GB dan masih dilengkapi dengan slot memori eksternal berkapasitas maksimal 128 GB. Jadi, meski kualitas spesifikasinya tak ‘segemerlap’ seri Lenovo Yoga Tab 3 Pro, namun sebenarnya tablet ini tetaplah memiliki komponen-komponen yang cukup bagus. Nah untuk lebih jelasnya, Begawei sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Lenovo Yoga Tab 3 8 pada segmen-segmen di bawah ini.

tablet lenovo yoga tab 3 8

Review Lenovo Yoga Tab 3 8

Tablet Multimedia Berlayar 8 Inci dengan Desain Bodi Atraktif

Secara sekilas, spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 memiliki aura yang identik dengan tablet yang bongsor dan lapang. Hal ini dibuktikan dengan spesifikasi yang diusung oleh tablet Yoga Tab 3 8 ini pada bagian dimensinya. Secara keseluruhan, material yang digunakan pada  Lenovo Yoga Tab 3 8 sudah cukup bagus dan mampu menghasilkan kesan mewah berkat pilihan warna casing glossy. Secara fisik, tablet terbaru dari Lenovo ini memiliki ukuran bodi sebesar 209.8 x 145.8 x 7 mm dengan bobot mencapai 467.2 g. Ukuran tersebut memang akan membuat Lenovo Yoga Tab 3 8 terasa cukup berat saat dioperasikan. Namun hal itu tak akan mengurangi kenyamanan. Untuk bagian visual, kali ini Lenovo mengandalkan jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen yang memiliki ukuran sebesar 8 inci, lebih kecil dari seri Lenovo Yoga Tab 3 Pro. Layar pada Lenovo Yoga Tab 3 8 kali ini memiliki resolusi sebesar 800 x 1280 piksel dengan tingkat kerapatan layar mencapai 189 ppi. Jika menengok ukuran layarnya yang mencapai 8 inci, jelas resolusi layar tersebut terasa kurang. Jadi tak mengherankan apabila tampilan layar pada Lenovo Yoga Tab 3 8 ini tidak akan setajam tablet kelas premium di atasnya. Selain kualitas display yang standar, salah satu catatan yang ada pada spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 di bagian layar ini adalah tak adanya sistem proteksi layar yang akan menjadi pelindungnya. Jadi, sobat Begawei harus menambahkan screen guard tambahan pada tablet ini.

Kinerja Optimal Berkat Prosesor Snapdragon 210 dan CPU Quad-core

Saatnya kita membedah spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 di bagian mesin untuk melihat komponen-komponen apa saja yang ada pada dapur pacunya. Untuk menjalankan operasional gadget ini, Lenovo menggunakan prosesor Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 yang berkekuatan CPU Quad-core. Meski kualitas prosesor pada Lenovo Yoga Tab 3 8 ini tak setangguh komposisi hardware dapur pacu pada Lenovo Yoga Tab 3 Pro, namun untuk keperluan standar tablet ini masih bisa diandalkan. Prosesor Quad-core tadi bertandem dengan RAM berkapasitas 1 GB. Hasil kolaborasi tersebut memunculkan tenaga yang cukup untuk memacu kerja Lenovo Yoga Tab 3 8 ini dengan kuat walaupun belum bisa disebut sebagai tenaga maksimal. Namun, kehadiran Android v5.1 (Lollipop) sebagai sistem operasi pada Lenovo Yoga Tab 3 8 sudah cukup membantu mesin untuk bekerja lebih baik. Jadi, kawan Begawei pun tak perlu ragu untuk menjalankan beberapa perintah sekaligus karena multitasking dipastikan akan berjalan lancar dengan baik melalui dukungan OS-nya. Masih di sektor dapur pacu, kali ini Lenovo melengkapi spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 di bagian ruang dapur pacu dengan kartu pengolah grafis atau GPU jenis Andreno 304 yang akan membantu meningkatkan kualitas grafisnya.

spesifikasi lenovo yoga tab 3 8

Memori Internal 16 GB yang Bisa Diekspansi Hingga 128 GB

Selanjutnya, sampailah kita pada sektor ruang penyimpanan. Kawan Begawei akan bisa memanfaatkan storage berkapaitas ekstra longgar yang hadir melalui spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 ini. Internal memory yang tersedia pada tablet ini berkapasitas 16 GB. Menurut Begawei, ukuran kapasitas pada tablet Lenovo Yoga Tab 3 8 tersebut sudah cukup untuk menampung rapi file-file kerja atau file hiburan milikmu. Namun, jika kawan Begawei masih membutuhkan tempat yang lebih luas untuk mewadahi file-file tersebut, daya tampung pada storage Lenovo Yoga Tab 3 8 ini masih bisa ditingkatkan lagi dengan menambahkan kartu external memory hingga mencapai 128 GB. Dijamin, spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 pada ruang penyimpanan data ini akan membuat kamu bisa menyimpan file atau aplikasi yang berukuran besar.

Tablet Canggih dengan Kamera Putar untuk Hasil Foto Maksimal

Sebagai fitur andalan, spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 sudah dilengkapi dengan kamera primer yang bisa diputar. Kamera primer yang terdapat tablet ini memiliki kekuatan 8 MP dan sanggup hasilkan foto cukup bagus dengan resolusi 3264 x 2448 piksel. Selain itu, kamera primer 8 MP yang ada pada Lenovo Yoga Tab 3 8 ini juga sudah didukung dengan fitur autofocus. Konsekuensinya, dengan adanya kamera putar maka menjadikan Lenovo Yoga Tab 3 8 tidak memiliki kamera sekunder. Namun sobat Begawei tak perlu khawatir, sebab untuk kebutuhan selfie kamu tinggal memutar kamera belakang menghadap ke depan. Kamera putar yang terdapat pada Lenovo Yoga Tab 3 8 juga bisa dimanfaatkan untuk media perekam gambar. Meski kemungkinan hasil video tergolong standar, namun hasil rekaman videonya tak terlalu mengecewakan. Sayangnya, untuk yang gemar fotografi di malam hari akan sedikit kecewa karena spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 belum didukung oleh fitur LED Flash yang berguna sebagai penerang obyek di area gelap.

spesifikasi tablet lenovo yoga tab 3 8

Akses Internet Sebatas Jaringan Wi-Fi

Salah satu yang paling dicari dalam sebuah gadget baru pastinya adalah sisi koneksi. Para pecinta gadget cenderung memilih perangkat yang memiliki koneksi internet yang cepat. Namun sayang sekali, spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 di sektor konektivitas kali ini memang hanya dibekali dengan fitur yang sangat terbatas. Meski labelnya adalah perangkat tablet fungsional, namun ternyata Lenovo Yoga Tab 3 8 ini tidak dibekali dengan koneksi data seluler, alias tak ada SIM Card-nya. Jadi, untuk bisa menggunakan tablet ini untuk berseluncur di dunia internet, kawan Begawei harus terkoneksi dengan wireless internet atau WiFi. Jika sudah terkoneksi dengan jaringan WiFi, barulah kawan Begawei bisa menggunakan Lenovo Yoga Tab 3 8 untuk internetan. Jadi, pastikan bahwa kawan Begawei terkoneksi dengan sambungan internet WiFi agar bisa menjalankan aplikasi yang sifatnya online opada tablet ini. Meski lemah di sektor koneksi data seluler, namun spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8di sektor konektivitas juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur modern. Antara lain, fitur Bluetooth v4.0 serta slot microUSB untuk keperluan transfer data jarak dekat.

Suplai Daya Maksimal dengan Baterai Berkekuatan 6.200 mAh
separator

Untuk bagian terakhir pada spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 ini, kita akan melihat besarnya kapasitas penunjang daya yang disematkan pada tablet terbaru ini. Sebagai gadget kelas menengah ke bawah, ternyata tablet Lenovo Yoga Tab 3 8 ini dibekali dengan kapasitas baterai yang luar biasa besar. Tercatat, kali ini Lenovo menyematkan baterai dengan kapasitas sebesar 6.200 mAh. Dengan kapasitas yang sangat besar tersebut, tablet ini sanggup bertahan hingga 2.280 jam saat digunakan stand-by pada jaringan 3G. Sementara itu, untuk talk time atau waktu biacar, tablet Lenovo Yoga Tab 3 8 ini mampu bertahan hingga kurang lebih 20 jam. Berbekal kapasitas baterai yang sangat besar, tentu kawan Begawei akan bisa mengoperasikan tablet ini secara maksimal. Kapasitas daya yang hadir melalui spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8 ini rasa-rasanya sudah lebih dari cukup untuk menemani aktivitasmu selama seharian penuh dengan penggunaan normal.

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Yoga Tab 3 8

Diplot untuk menempati segmen tablet kelas pemula, Lenovo Yoga Tab 3 8 ini memang menawarkan beberapa sektor andalan pada masing-masing spesifikasinya. Salah satu komponen yang menjadi andalan dari tablet ini adalah layarnya yang berukuran cukup luas, yakni 8 inci. Meski layarnya tak seluas tablet Lenovo Yoga Tab 3 Pro, namun untuk pasar tablet kelas pemula layar berukuran 8 inci sudah termasuk salah satu ‘kemewahan’. Selain itu, tablet ini juga dibekali dengan prosesor Snapdragon 210 dan juga CPU Quad-core yang akan menghasilkan kinerja maksimal. Namun sayangnya, tablet ini tetap memiliki catatan minus. Salah satunya adalah belum adanya sistem proteksi layar yang melindungi layarnya dari resiko goresan. Dan lagi, tablet ini merupakan tablet jenis non seluler. Artinya, tablet ini hanya memiliki koneksi data atau koneksi internet sebatas jaringan Wi-Fi saja. Tentunya hal ini sedikit merugikan penggunanya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan Lenovo Yoga Tab 3 8 dan kekurangan Lenovo Yoga Tab 3 8:

Kelebihan Lenovo Yoga Tab 3 8
  • Desain eksklusif
  • Layar Luas 8,0 Inchi
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon 210
  • CPU Quad-core
  • GPU Adreno 304
  • Memori internal 16 GB
  • Tersedia slot memori eksternal
  • Kamera putar 8 MP
  • Baterai super 6200 mAh
  • Audio berkelas lewat Dolby Atmos
  • RAM 1 GB
Kekurangan Lenovo Yoga Tab 3 8
  • Tanpa koneksi seluler
  • Resolusi dan kerapatan layar rendah
  • Belum tersedia proteksi layar
  • Tidak ada fitur navigasi
  • Tidak ada kamera depan

Harga Lenovo Yoga Tab 3 8

Bagaimana, kawan Begawei puas dengan ulasan mengenai spesifikasi tablet terbaru dari Lenovo di atas? Sebelum Begawei informasikan mengenai kisaran harga Lenovo Yoga Tab 3 8, seperti biasa, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai gadget terbaru racikan Samsung ini. Mengandalkan panel layar IPS LCD, tablet Lenovo seri Yoga Tab 3 8 memiliki kemampuan respon yang cepat terhadap sentuhan. Sementara itu, dapur pacu Lenovo Yoga Tab 3 8 dimotori oleh RAM dengan kapasitas 1 GB yang berpadu dengan prosesor berinti empat atau Quad-core. Hadir juga sistem operasi Android OS, v5.1 Lollipop, yang membuat kinerja mesinnya menjadi lebih baik. Nah, komposisi mesin inilah yang akan menentukan harga Lenovo Yoga Tab 3 8 di pasaran. Di sektor ruang penyimpanan file, Lenovo membekali jagoan barunya ini dengan internal memory sebesar 16 GB. Pada sektor fotografi, ada kamera belakang berukuran 8 MP. Sayangnya, tablet ini tak memiliki koneksi seluler yang artinya kebutuhan koneksi penggunanya akan sedikit terhambat. Dengan perpaduan mesin cukup bagus serta sedikit catatan di bagian konektivitas tersebut, kira-kira berapa ya harga Lenovo Yoga Tab 3 8 di Indonesia?

harga lenovo yoga tab 3 8

harga lenovo yoga tab 3 8 terbaru

Hadir sebagai gadget kelas menengah ke bawah, kisaran harga Lenovo Yoga Tab 3 8 diprediksi tidak akan semahal seri Lenovo Yoga Tab 3 Pro yang memiliki banderol harga sangat tinggi. Menurut informasi yang kami terima, tablet terbaru dari Lenovo ini dibanderol dengan harga sekitar 160 euro, atau setara dengan sekitar Rp 2,4 jutaan. Untuk pasar gadget di Indonesia, banderol harga Lenovo Yoga Tab 3 8 tersebut memang masuk dalam level harga terjangkau. Namun, karena tablet ini merupakan seri tablet non seluler, maka harga jual Lenovo Yoga Tab 3 8 yang lebih dari Rp 2 jutaan tersebut akan terasa cukup mahal. Bagaimana pun juga, salah satu faktor utama yang dijadikan sebagai patokan dalam memilih gadget adalah koneksinya. Karena tanpa koneksi seluler yang mendukung aktivitas akses internet penggunanya, wajar jika beberapa konsumen akan mencap bahwa harga Lenovo Yoga Tab 3 8 ini terlalu mahal.

Harga Lenovo Yoga Tab 3 8
Sekitar Rp 2.400.000,-

Harga Lenovo Yoga Tab 3 8 di atas memang memiliki dua arti. Untuk pasar gadget pada umumnya, memang harga tersebut tergolong tidak terlalu mahal. Namun apabila kita sedikit mengesampingkan kekurangan pada sektor konektivitas yang menjadi kekurangan paling mencolok pada Lenovo Yoga Tab 3 8 ini, sebenarnya tablet terbaru keluaran Lenovo ini memiliki kualitas yang cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari spesifikasi mesinnya. Jika memperhatikan spesifikasi yang ada di dalamnya, tablet ini memang cocok untuk kebutuhan hiburan dan pekerjaan. Dengan harga Lenovo Yoga Tab 3 8 yang tak terlalu mahal, kawan Begawei akan mendapatkan perangkat berlayar lebar dengan kemampuan olah data yang cukup oke. Kombinasi mesin berkualitas racikan Lenovo, layar lega dengan dimensi yang pas, dan dukungan memori internal yang luas serta nominal harga Lenovo Yoga Tab 3 8 yang bersahabat di kantong bisa menjadi jawaban bagi kamu yang sedang mencari gadget berlayar lebar dengan harga murah. Tertarik membawanya pulang? Baca juga review menarik khas Begawei tentang Acer Iconia Tab 10 A3-A30 dan Lenovo Yoga Tab 3 Pro.

Spesifikasi Lenovo Yoga Tab 3 8.0

Jaringan
  • Teknologi
    No cellular connectivity
  • 2G bands
    N/A
  • 3G bands
    No
  • 4G bands
    No
  • Kecepatan
    No
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, October
  • Status
    Available. Released 2015, October
Desain
  • Dimensi
    209.8 x 145.8 x 7 mm (8.26 x 5.74 x 0.28 in)
  • Berat
    467.2 g (1.03 lb)
  • SIM
    No
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    8.0 inches (~60.7% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    800 x 1280 pixels (~189 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
  • CPU
    Quad-core
  • GPU
    Adreno 304
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus
  • Fitur
    Rotating lens
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    No
Suara
  • Jenis Alert
    Yes
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth
    v4.0
  • GPS
    -
  • Radio
    No
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    6200 mAh

Produk Lainnya dari Lenovo

Top