Home » Produk » iPad Mini 4

Harga iPad Mini 4 dan Spesifikasi


  • CPU
    Dual-core 1.5 GHz

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    16/64/128 GB

  • Layar
    LED-backlit IPS

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    iOS 9

Spesifikasi dan Harga iPad Mini 4 – Masih tentang Apple. Namun kali ini kita akan membahas seri tablet andalan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu. Bersamaan dengan perkenalan iPhone 6S dan juga iPhone 6S Plus, Apple pun turut memperkenalkan seri iPad Mini 4 dan juga iPad Pro yang akan melengkapi deretan gadget baru besutan Apple. Setelah menuai kesuksesan dengan seri iPad Mini 3 tahun 2014 lalu, kini Apple menghadirkan seri iPad Mini 4 dengan membawa beberapa sentuhan baru. Tablet baru yang dihadirkan oleh Apple ini tentunya mambawa spesifikasi yang lebih canggih dari sebelumnya. Hadir dengan ukuran layar yang sama, namun iPad Mini 4 ini mengusung bodi yang lebih slim yang membuatnya terasa semakin nyaman saat digunakan. Perubahan bentuk fisik ini digunakan Apple sebagai salah satu strategi untuk menyesuaikan pasar gadget yang semakin banyak diminati penggemar. iPad Mini 4 ini dihadirkan dengan performa yang berbeda, tentunya agar menarik konsumen.  Tampil dengan ukuran layar 7.9 inci membuat iPad seri terbaru ini memiliki tampilan sekilas sama dengan iPad Mini 3 generasi sebelumnya. Namun terdapat perbedaan pada segi ketebalan bodi karena memang iPad Mini 4 ini hadir lebih ramping dan menarik.

ipad mini 4

Seri terbaru dari Apple iPad ini memang sangat menarik perhatian. Selain bentuk fisik bodinya yang lebih compact dan lebih ramping, iPad Mini 4 ini mengusung beberapa ‘senjata’ baru guna menghadirkan pengalaman seru kepada konsumen setia Apple. Pada sektor dapur pacunya, Apple kali ini mengandalkan CPU Dual-core 1.5 GHz yang dipadukan dengan chipset Apple A8. Berbeda dengan seri handset iPad 6S yang sudah menggunakan chip terbaru A9, kali ini iPad Mini 4 masih mengandalkan chip besutan Apple versi lama. Namun hal ini tak akan mempengaruhi kinerja iPad Mini 4 secara umum karena chip Apple A8 sudah terbukti tangguh. Kemudian, Apple membekali seri iPad terbaru ini dengan sepasang kamera berukuran 8 MP dan 1.2 MP. Penggunaan duel kamera serba minimalis ini bukan tanpa sebab. Selama ini, seri iPad termasuk iPad Mini 4 ini memang dikenal sebagai unit perangkat multifungsi yang memang tak terlalu mengandalkan sektor fotografinya. So, kamera kelas standar tak menurunkan kualitas seri iPad terbaru ini. Nah untuk mengetahui kulitasnya lebih lanjut, Begawei sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga iPad Mini 4 pada segmen-segmen di bawah ini. Simak ya!

apple ipad mini 4

Review iPad Mini 4

Tablet Berbodi Ramping dengan Layar LED-backlit 7.9 Inci

Seperti biasanya, untuk sektor desain Apple selalu memberikan kualitas terbaik pada setiap produknya. Selain untuk menarik perhatian konsumen, hal ini juga untuk memberikan sentuhan mewah pada gadget kelas premium ini. Hal inilah yang membuat spesifikasi iPad Mini 4 tetap mengandalkan desain minimalis namun elegan dan mewah khas gadget lansiran Apple. Meskipun memiliki layar berukuran sama dengan iPad Mini 3, namun untuk dimensi iPad Mini terbaru ini memiliki tubuh yang lebih ramping, yaitu 203.2 x 134.8 x 6.1 mm. Di antara seri-seri iPad sebelumnya, ukuran tubuh iPad Mini 4 ini memang yang paling slim. Hal ini juga didukung dengan bobotnya yang hanya mencapai 299 gram untuk versi WiFi, dan 304 gram untuk versi LTE. Untuk ukuran tablet, bobot iPad Mini 4 ini memang tergolong sedang, tak terlalu berat dan juga tak terlalu ringan. Untuk urusan display, layar dari iPad Mini 4 ini mengandalkan teknologi layar jenis LED-backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen berukuran 7.9 inci. Layar tersebut memiliki resolusi yang cukup besar, yaitu 1536 x 2048 dan juga memiliki kerapatan layar sebesar 324 ppi. Spesifikasi display visual dengan ukuran tersebut akan memberikan visualisasi yang sangat cocok untuk gadget kelas premium. Layar multitouch pada iPad Mini 4 ini telah dilengkapi dengan proteksi layar Scratch-ressistant Glass yang akan melindungi layar dari goresan benda tajam sekalipun. Selain itu, layar iPad Mini 4 ini juga telah dilengkapi dengan proteksi Oleophobic Coating yang akan melindunginya dari tekanan benda cair. Tidak ketinggalan, spesifikasi iPad Mini 4 di bagian fisik ini juga telah dibekali dengan teknologi Fingerprint Sensor yang akan bertindak sebagai sarana pendeteksi sidik jari untuk sistem keamanan.

Chip Apple 8 dan Sistem Operasi iOS 9 Hadirkan Pengalaman Gadget Seru

Setelah mengetahui bagaimana canggihnya teknologi pada bagian display, sekarang kita akan membahas mengenai spesifikasi iPad Mini 4 di bagian ruang dapur pacunya. Guna menjaga kualitas dan juga performanya, kali ini Apple tetap membekali seri iPad terbaru ini dengan komponen hardware yang berkualitas. Sebagai inti dari rangkaian mesinnya, iPad Mini 4 dibekali dengan chipset Apple A8. Meski tak menggunakan chip terbaru Apple A9, namun secara performa tablet ini tak memiliki kekurangan. Performa iPad seri terbaru ini juga diperkuat oleh CPU Dual-core 1.5 GHz dan juga RAM berkapasitas 1 GB. Secara level, sebenarnya kualitas hardware pada iPad Mini 4 ini setara dengan tablet-tablet dari vendor lain di kelas low-end. Namun, lagi-lagi teknologi Apple memegang peran penting di sini. Ya, tak ada yang meragukan teknologi hasil pengembangan Apple, termasuk pada iPad Mini 4 ini. Berpindah ke sektor grafis, untuk meningkatkan tampilan grafisnya, kali ini Apple mempercayakannya pada GPU PowerVR GX6450 yang akan membantu meningkatkan kualitas grafis pada iPad Mini versi baru ini. Terakhir, untuk melengkapi spesifikasi iPad Mini 4 di bagian dapur pacu disematkanlah sistem operasi terbaru iOS 9.

spesifikasi ipad mini 4

Kapasitas Memori Internal Bervariasi

Sekarang saatnya kita berpindah ke spesifikasi iPad Mini 4 di bagian ruang penyimpanan file atau memori. Sama seperti gadget lansiran Apple lainnya, kapasitas memori yang ditanamkan pada iPad Mini 4 ini sayangnya tidak memiliki fasilitas kartu slot dengan kartu Micro SD. Tetapi konsekuensi dari minus tersebut maka pada memori onboard iPad Mini 4 dibuat dengan kapasitas sangat besar dengan tiga varian memori yang memadai, yaitu 16 GB, 64 GB, dan 128 GB. Kapasitas memori pada spesifikasi iPad Mini 4 setelah terpotong oleh sistem operasi masih sangat memadai apabila anda ingin menggunakannya untuk menyimpan file-file multimedia untuk menemani waktu senggang kawan Begawei. Adanya tiga pilihan kapasitas memori ini tentunya akan berpengaruh pada harga yang diberikan Apple pada tablet terbarunya ini. Ya, harga yang dilepas Apple nanti akan berbeda menyesuaikan dengan kapasitas dan spesifikasi iPad Mini 4 ini.

Duet Kamera Minimalis namun Tetap Fungsional

Selanjutnya beralih pada fitur fotografi. Nah pada spesifikasi iPad Mini 4 ini telah diberikan fasilitas kamera yang lebih besar dibanding dengan iPad Mini 3. Jika pada iPad Mini 3 hanya diberikan kamera utama berukuran 5 MP maka pada seri terbaru dari iPad Mini ini diberikan kamera utama berukuran 8 MP yang menghasilkan resolusi gambar hingga 3264 x 2448 pixles. Karena resolusinya lebih besar, maka kualitas foto yang dihasilkan oleh iPad Mini 4 ini juga lebih bagus. Dengan ukuran lensa dan resolusi lebih tinggi, maka hasil gambarnya pun dipastikan akan sangat tajam dan jernih. Aneka fitur-fitur canggih pendukung fotografi juga disematkan pada kamera utama iPad Mini 4 ini, seperti misalnya fitur Geo-tagging, Touch Focus, Face/smile Detection, HDR dan juga fitur Panorama. Fitur-fitur fotografi pada iPad Mini 4 ini tentunya akan memberikan sentuhan profesional pada hasil jepretan foto. Selain untuk berfoto, kamera utama pada tablet ini juga diberikan fasilitas perekam video yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen-momen seru. Seperti halnya gadget lain, iPad Mini 4 juga dibekali dengan kamera sekunder atau kamera depan. Kamera depan pada iPad Mini versi baru ini berukuran 1.2 MP. Meskipun berukuran kecil, namun untuk ukuran perangkat dari Apple kamera ini telah memberikan hasil yang sangat bagus karena sudah dilengkapi fitur yang tak kalah canggih dengan kamera belakang, yaitu fitur Face Detection, HDR, serta fitur Face Time over WiFi or Cellular. Jadi, meski spesifikasi iPad Mini 4 pada lini fotografi hanya mengandalkan komponen kelas standar, namun tetap saja komponen-komponen tersebut bisa diandalkan.

spesifikasi apple ipad mini 4

Akses Internet Lancar dengan Teknologi 4G LTE

Sekarang, kita akan membahas spesifikasi iPad Mini 4 pada sektor konektivitasnya. Sama seperti versi sebelumnya, kali ini Apple juga menghadirkan iPad Mini versi baru ini ke dalam dua varian. Versi pertama adalah versi iPad Mini 4 WiFi Only atau tanpa koneksi seluler. Sedangkan untuk versi kedua, generasi baru iPad Mini hadir dengan teknologi jaringan data 4G LTE. Kehadiran teknologi 4G LTE ini akan memberikan akses internet yang kencang dan stabil. Jika menggunakan jaringan data 4G LTE, kawan Begawei bisa meraih kecepatan download hingga mencapai 150 Mbps. Sedangkan untuk keperluan upload, iPad Mini 4 ini bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 50 Mbps. Selain itu, ada juga jaringan alternatif lain yang juga dapat menjadi andalan saat tidak ada cakupan 4G LTE, yaitu jaringan HSPA. Jaringan 3G pada iPad Mini 4 ini mampu meraih kecepatan download hingga mencapai 42.2 Mbps, dan kecepatan upload hingga 5.76 Mbps. Sektor konektivitas pada iPad terbaru ini juga semakin lengkap dengan adanya fitur tambahan yang fungsional. Sama seperti versi lama iPad pada umumnya, iPad Mini 4 ini sudah dilengkapi dengan WiFi dan juga hotspot yang akan memberikan kemudahan dalam berbagi akses internet gratsi. Sementara untuk keperluan berbagi data dengan perangkat lain,iPad Mini 4 pun juga telah dibekali dengan fitur Bluetoorh v4.1 A2DP yang akan membantu sharing data menjadi lebih cepat. Untuk terhubung dengan perangkat lain secara langsung, tablet dari Apple ini juga telah dibekali dengan microUSB v2.0 dan reversible connector. Kemudian, untuk sistem navigasi pun juga telah dihadirkan untuk melengkapi spesifikasiiPad Mini 4 ini, dimana smartphone ini telah menggunakan teknologi navigasi yang cukup canggih, yaitu A-GPS dan GLONNAS. Tapi, teknologi navigasi tersebut hanya akan ada pada versi LTE saja.

Baterai Li-Po Mampu Bertahan Hingga 10 Jam
separator

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi iPad Mini 4 pada bagian suplai dayanya. Jika melihat spesifikasinya, kita tentu sepakat bahwa iPad versi baru ini membutuhkan suplai daya yang cukup besar. Hal ini karena iPad Mini 4 memiliki layar yang cukup luas. Selain itu, perangkat keras pada bagian mesinnya pun juga membutuhkan pasokan daya yang sangat besar. Tercatat, iPad Mini 4 ini dibekali dengan baterai jenis Lithium-Polymer yang memiliki daya sebesar 7340 mAh. Kapasitas itu sudah terhitung sangat besar. Bahkan, untuk keperluan multimedia, baterai berkapasitas lebih dari 7.000 mAh itu mampu menyuplai daya hingga kurang lebih 10 jam non stop. Jadi, kawan Begawei tak perlu khawatir akan kehabisan daya baterai karena spesifikasi iPad Mini 4 ini dibekali dengan baterai berkapasitas sangat besar.

Kelebihan dan Kekurangan iPad Mini 4

Sebagai versi terbaru dari iPad Mini, seri iPad Mini 4 ini memang memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah layarnya yang sangat lebar, mencapai 7.9 inci. Lalu ada bagian dapur pacu yang menggunakan CPU Dual-core 1.5 GHz. Selain itu, kapasitas memori pada tablet ini juga bervariasi. Hal ini pastinya akan memudahkan penggunanya. Namun sayangnya, tablet ini tak dibekali dengan slot external memory dan masih menggunakan teknologi single SIM Card. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan iPad Mini 4 dan kekurangan iPad Mini 4:

KelebihaniPad Mini 4
  • Layar luas 7.9 inci
  • Jenis layar LED-backlit IPS
  • Resolusi layar tinggi
  • Sudah menggunakan Fingerprint Sensor
  • Proteksi Scratch-resistant Glass dan Oleophobic Coating
  • OS iOS 9
  • CPU Dual-core 1.5 GHz
  • RAM 1 GB
  • Memori internal bervariasi 16/64/128 GB
  • Baterai Li-Po berkapasitas 7340 mAh
Kekurangan iPad Mini 4
  • Single SIM
  • Tidak ada slot memori eksternal

Harga iPad Mini 4

Setelah tadi mengulas spesifikasinya secara lengkap, sekarang kita akan membahas banderol harga iPad Mini 4 ini. Sama seperti seri iPhone 6S, kualitas spesifikasi memang akan mempengaruhi harganya. Secara kualitas, iPad Mini 4 ini bisa dikategorikan sebagai tablet kelas menengah atas. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan layar berukuran 7.9 inci yang memiliki resolusi sangat bagus. Selain itu, iPad Mini versi baru ini juga telah dilengkapi dengan CPU Dual-core 1.5 GHz serta RAM berkapasitas 1 GB. Meski bukanlah komponen kelas atas, namun komponen-komponen tersebut sudah mampu menghadirkan performa yang tangguh. Hal ini juga akan berpengaruh kepada harga iPad Mini 4 di pasaran. Seri iPad ini menurut rencana juga akan dihadirkan pada akhir September 2015 ini. Nah dengan spesifikasi seperti itu, kira-kira harga iPad Mini 4 ini berapa ya?

harga ipad mini 4

spesifikasi apple ipad mini 4

Untuk informasi mengenai harga iPad Mini 4 sendiri memang belum ada pengumuman secara resmi. Namun santer dikabarkan bahwa Apple akan menjual iPad Mini versi baru ini dengan harga sekitar USD399, atau setara dengan sekitar Rp 5,7 jutaan. Untuk pasar gadget Indonesia, harga iPad Mini 4 tersebut memang masuk dalam kategori mahal. Namun bagi pecinta gadget Apple, banderol harga yang dilabelkan oleh Apple pada iPad Mini 4 ini masih terasa wajar. Hal ini karena memang Apple sendiri terkenal dengan eksklusivitasnya pada setiap produk-produk gadgetnya. Menurut Begawei sendiri, banderol harga iPad Mini 4 ini memang sudah standar jika dibandingkan dengan harga-harga gadget besutan Apple lainnya. Meski secara spesifikasi masih banyak tablet lain yang memiliki komponen lebih baik namun berharga lebih murah, kekuatan branding Apple memegang peran penting di sini.

Harga iPad Mini 4
Sekitar Rp 5.700.000,-

Jika dibandingkan dengan harga iPad Mini 3, maka banderol harga iPad Mini 4 memang masih seimbang. Satu lagi, karena seri iPad Mini 4 ini ada tiga tipe yang dibedakan oleh kapasitas memorinya, maka hal ini akan berpengaruh pada harga masing-masing tipenya. Untuk harga iPad Mini 4 dengan kapasitas 16 GB, kemungkinan besar harganya akan ada pada level Rp 5 jutaan. Namun untuk seri iPad dengan memori 128 GB, tentunya harganya akan lebih mahal. Namun, banderol harga iPad Mini 4 yang Begawei ungkapkan di atas merupakan harga perkiraan awal. Dengan sedikit peningkatan spesifikasi, ada kemungkinan memang harga iPad Mini seri ke-4 ini akan lebih mahal dari iPad Mini 3. So, untuk kepastiannya kita tunggu sampai rilis resmi paling lambat akhir September ini ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Ipad Mini 3 dan iPad Pro.

Spesifikasi iPad Mini 4

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
  • 2G bands
    GSM / CDMA
  • 3G bands
    HSDPA / CDMA2000 1xEV-DO
  • 4G bands
    LTE band 1 / Cellular version only
  • Kecepatan
    SPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps, EV-DO Rev.A 3.1 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, September
  • Status
    Available. Released 2015, September
Desain
  • Dimensi
    203.2 x 134.8 x 6.1 mm (8.0 x 5.31 x 0.24 in)
  • Berat
    299 g (Wi-Fi) / 304 g (3G/LTE) (10.55 oz)
  • SIM
    Nano-SIM/ Apple SIM (US & UK)
Layar
  • Tipe
    LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    7.9 inches (~70.6% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1536 x 2048 pixels (~324 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Scratch-resistant glass, oleophobic coating
Dapur Pacu
  • OS
    iOS 9
  • Chipset
    Apple A8
  • CPU
    Dual-core 1.5 GHz
  • GPU
    PowerVR GX6450
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    No
  • Internal
    16/64/128 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus
  • Fitur
    1.12µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR (photo/panorama)
  • Video
    1080p@30fps, 720p@120fps, HDR, stereo sound rec.
  • Kamera Depan
    1.2 MP, 720p@30fps, face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
Suara
  • Jenis Alert
    N/A
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP, EDR
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS (3G/LTE model only)
  • Radio
    No
  • USB
    v2.0, reversible connector
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, compass, barometer
  • Pesan
    iMessage, Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML5 (Safari)
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Po
  • Daya
    7340 mAh

Produk Lainnya dari Apple

  • almira rahmawatie

    jelek

Top