Home » Produk » ZTE Blade X5

Harga ZTE Blade X5 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga ZTE Blade X5 – Di antara semakin sengitnya persaingan satu negara antara Huawei, Xiaomi, serta Lenovo di dunia gadget internasional, nama ZTE nampaknya tak bisa dikesampingkan. Meski tak segaresif Lenovo atau Huawei, namun ZTE secara konsisten tetap mampu menghadirkan produk-produk terbarunya sekaligus menunjukkan eksistensinya di pasar smartphone dunia. Setelah sukses menggebrak pasar dengan seri ZTE Axon, kini perusahaan asal Tiongkok itu kembali memperkenalkan produk baru yaitu ZTE Blade X5 yang merupakan generasi baru dari keluarga ZTE Blade. Seri ZTE Blade sendiri terakhir memiliki ZTE Blade S7 yang diplot untuk menempati segmen smartphone kelas menengah atas. Nah kali ini, ZTE Blade X5 diplot untuk bermain di pangsa pasar smartphone kelas pemula atau entry level. Kemunculan ZTE di segmen smartphone kelas pemula memang cukup menarik karena sebelumnya perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu lebih serius menggarap pangsa pasar gadget kelas atas. Dengan hadirnya ZTE Blade X5 yang menempati segmen smartphone kelas pemula, ZTE sekaligus ingin menunjukkan bahwa mereka tetap concern untuk menelurkan produk gadget bagi semua kalangan. Salah satu hal yang menarik untuk dicermati dari setiap produk baru ZTE adalah desainya yang unik dan menarik. Begitupun dengan ZTE Blade X5 ini yang tampil dengan corak warna casing yang lebih fresh dan pastinya ciamik.

zte blade x5

Menempati posisi sebagai ponsel low-end pastinya ZTE akan dengan mudah menarik hati konsumen di pasaran. Pasalnya, untuk unit smartphone kelas pemula seperti ZTE Blade X5 ini memang banderol harga juga tak terlalu tinggi dan masih bisa dijangkau oleh semua kalangan. Ponsel pintar yang resmi rilis bulan November ini membawakan jenis layar IPS LCD yang membentang  5.0 inci. Meskipun untuk resolusi masih tergolong rendah, yaitu 720 x 1280 pixels yang mampu menghasilkan kerapatan layar 294 ppi, namun kualitas tampilan visual tetap maksimal dan pastinya juga nyaman di mata. Sementara pada urusan performa, dapur pacu ZTE Blade X5 mengandalkan CPU Quad-core 1.3 GHz yang didukung dengan RAM berkapasitas 1 GB. Meski hanya merupakan perangkat hardware kelas pemula, namun jaminan kinerja maksimal tetap dihadirkan oleh smartphone terbaru dari ZTE ini. Hal lain yang menjadi daya tarik pada ponsel ZTE Blade X5 ini adalah pada lini fotografi. Untuk sektor perangkat kamera, smartphone ZTE seri Blade X5 disemati dengan perangkat kamera utama dan kamera sekunder yang berkualitas tinggi, bahkan nyaris setara dengan ponsel-ponsel kelas atas. Senjata utama ZTE Blade X5 pada lini fotografi adalah duet kamera 13 MP dan 8 MP. Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi keunggulan tersembunyi dari ponsel pintar terbaru ini. Mau tahu? Yuk, ikuti review khas Begawei mengenai spesifikasi dan harga ZTE Blade X5 pada segmen-segmen di bawah ini!

hp zte blade x5

Review ZTE Blade X5

Smartphone Entry Level dengan Desain Stylish dan Corak Warna Casing Cerah

Bila seri smartphone ZTE Axon mampu mencuri perhatian konsumen lewat desain fisik yang cukup mewah, maka kali ini spesifikasi ZTE Blade X5 pada bagian eksterior mengandalkan tampilan casing yang fresh dengan corak warna yang atraktif. Secara fisik, memang smartphone terbaru dari ZTE ini memiliki desain yang sama dengan ponsel pintar pada umumnya. ZTE Blade X5 hadir dengan desain fisik persegi panjang serta memiliki sudut melengkung yang cukup lebar. Penempatan tombol homescreen berbentuk bulat sempurna membuatnya memiliki tampilan yang cukup stylish. ZTE pun membalut bodi ZTE Blade X5 dengan pilihan casing berwarna atraktif, salah satunya adalah warna kuning terang yang terlihat ciamik. Kemudian untuk ukuran bodi, ponsel pintar seri Blade X5 ini memiliki dimensi tubuh yang berukuran 142 x 70.4 x 8.9 mm, dengan bobot 129 gram. Dimensi tersebut membuatnya terlihat ramping sehingga sangat nyaman saat diopresikan. Lalu, ZTE Blade X5 juga termasuk seri gadget yang mampu memberikan tampilan visual yang tergolong cukup baik dengan jenis layar IPS LCD berukuran 5.0 inci. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 pixels yang mampu menciptakan kerapatan layar hingga 294 ppi. Dengan spesifikasi layar tersebut, selain akan mendapatkan ruang kerja yang longgar, pengguna ZTE Blade X5 juga akan disuguhi dengan tampilan visual yang cukup nyaman di mata. Hanya saja, layar jenis multitouch ini masih belum dilengkapi dengan perangkat proteksi layar anti gores, sehingga kawan begawei dianjurkan untuk memasangnya sendiri untuk melindungi dari goresan pada saat pengoperasian. Namun, spesifikasi ZTE Blade X5 ini tetap memberikan keamanan yang maksimal untuk menjaga privasi dari pengguna, yaitu dengan menyematkan fitur fingerprint sensor.

Kinerja Maksimal Berkat Dukungan Chipset MediaTek 6735 dan Prosesor Quad-core 1.3 Ghz

Desain telah cukup memenuhi standar, kemudian kita sekarang coba melongok seperti apa perangkat hardware untuk dapur pacu. Seakan tak mau kalah dengan penampilan fisiknya, spesifikasi ZTE Blade X5 pada bagian ruang mesin pun dibekali dengan komponen-komponen terbaik di kelasnya. Hal ini tentunya untuk memberikan jaminan performa yang handal dan stabil. Pengguna smartphone ini dijamin akan mendapatkan performa mumpuni karena ZTE telah menggunakan chipset MediaTek 6735 sebagai inti mesinya. Apalagi, ZTE Blade X5 pun juga didukung dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz yang pastinya akan memberikan kemampuan olah data maksimal. Kemudian, untuk operasi kerja yang berhubungan dengan data, ZTE memang membekalkan kapasitas RAM sebesar 1 GB pada ZTE Blade X5 ini. Meski hanya merupakan RAM dengan kapasitas standar, namun tetap saja akan mampu mendukung kinerja secara lancar. Komponen hardware pada ruang dapur pacu Blade X5 tersebut akan berjalan pada sistem operasi Android OS Lollipop v5.1. Kombinasi antara hardware tangguh dan juga software canggih ini akan membuat ZTE Blade X5 tak hanya memiliki kinerja stabil, namun juga kaya akan fitur-fitur menarik. Sedangkan untuk urusan grafis, ZTE mempercayakan produk barunya ini kepada kartu pengolah grafis (GPU) Adreno 405. GPU Andreno 405 sendiri merupakan salah satu kartu pengolah grafis terbaik untuk smartphone kelas atas.  Jika melihat spesifikasi ZTE Blade X5 pada bagian ruang permesinan, jelas smartphone ini akan mampu menjalankan semua perintah yang sobat Begawei berikan secara maksimal.

spesifikasi zte blade x5

Memori ROM 8 GB Plus Slot MicroSD Eksternal Berikan Ruang Penyimpanan Longgar

Bila melihat spesifikasi ZTE Blade X5 pada ruang mesin, tentu kita akan mendapati komponen-komponen hardware yang cukup mumpuni. Dan untuk semakin meningkatkan kemampuan olah datanya, pasti diperlukan juga ruang memori yang besar. Benar saja, spesifikasi smartphone ini pada sektor ruang penyimpanan pun juga sudah dibekali dengan kapasitas yang memadai. Tercatat, ZTE Blade X5 ini dibekali dengan memori seluas 8 GB. Kapasitas memori seluas 8 GB itu akan menjadi tempat yang sangat luas sebagai wadah untuk semua file, mulai dari file sistem hingga file aplikasi yang berukuran besar. Selain memiliki kapasitas memori yang sangat besar, ZTE Blade X5 ini juga memiliki slot external memory yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas memorinya. Tak seperti seri ZTE Axon Lux yang menggunakan slot SIM Card 2 sebagai tempat memori eksternalnya, kali ini ZTE Blade X5 sudah dibekali dengan slot microSD eksternal secara mandiri. Slot external memory ini mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 128 GB. Dengan adanya slot memori eksternal yang bersifat mandiri pada spesifikasi ZTE Blade X5 tentu saja kawan Begawei tidak perlu mengorbankan slot SIM 2 sebagai tempat untuk kartu microSD eksternal.

Duet Kamera 13 MP dan 5 MP Jadi Andalan di Sektor Fotografi

Spesifikasi fisik oke serta didukung dengan kemampuan olah data yang mumupuni, tentu harus juga diimbangi dengan kemampuan fotografi yang oke punya. Sama seperti spesifikasi ZTE Blade X5 di sektor lain, ZTE pun juga mengusung komponen terbaik pada lini fotografi. Sebagai kamera utama yang terletak di bagian belakang, digunakanlah kamera primer berkekuatan 13 MP. Kamera tersebut mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi sebesar 4128 x 3096 pixels. Pada kamera utama ZTE Blade X5 tersebut juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur fotografi modern, seperti misalnya fitur LED Flash dan juga autofocus. Selain itu ada juga fitur-fitur fotografi tambahan antara lain Geo-tagging, Touch Focus, Panorama, dan juga fitur HDR. Dengan bekal fitur lengkap dan kekuatan kamera yang bagus, maka hasil jepretan menggunakan kamera primer ZTE Blade X5 pun akan menjadi sangat berkualitas. Lalu, selain bisa difungsikan untuk dokumentasi berupa foto, kamera belakang pada ponsel ini juga mampu memberikan dokumentasi berupa video dengan kualitas Full HD [email protected] Kemudian, guna mendukung kemampuan fotografinya, spesifikasi ZTE Blade X5 ini pun juga telah dibekali dengan kamera sekunder atau kamera depan berkekuatan 8 MP. Secara ukuran, kamera depan ini bahkan lebih besar dari kamera pada smartphone lain di kelas yang sama.

spesifikasi hp zte blade x5

Komunikasi Dijamin Lancar dengan Slot Dual SIM dan Teknologi Jaringan 4G LTE

Sekarang kita bahas seberapa hebat spesifikasi ZTE Blade X5 pada sektor konektivitasnya. Untuk smartphone modern, sektor konektivitas merupakan salah satu bagian paling penting. Guna memberikan kemudahan komunikasi kepada penggunanya, smartphone terbaru dari ZTE ini telah dibekali dengan dua slot SIM card yang pastinya bisa digunakan untuk mengaktifkan dua kartu SIM secara bersamaan. Lantas untuk keperluan akses data, ZTE Blade X5 pun juga sudah dibekali dengan pilihan koneksi data yang lengkap. Sebagai pilihan koneksi utama, smartphone terbaru dari ZTE ini mengusung teknologi jaringan 4G LTE. Dengan jaringan super cepat 4G yang ada pada ZTE Blade X5, kawan Begawei bisa menikmati kecepatan download hingga mencapai 150 Mbps. Sementara untuk upload, Blade S7 bisa dipacu dengan kecepatan mencapai 50 Mbps. Sedangkan untuk kawan Begawei yang belum terjangkau jaringan 4G, ZTE Blade X5 ini juga dilengkapi dengan pilihan koneksi data seluler lain yang tak kalah cepatnya, mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Kemudian, jika kawan Begawei ingin mengakses internet secara gratis bisa memanfaatkan fitur WiFi yang tersedia pada ZTE Blade X5 ini. Fitur lain seperti thetering hotspot, Bluetooth, dan juga slot microUSB pun juga tersedia pada smartphone ini. Sebagai pelengkap fitur smartphone modern, spesifikasi ZTE Blade X5 juga dilengkapi dengan teknologi A-GPS yang berguna untuk membantu keperluan navigasi. Meskupin masih sebatas A-GPS, namun sistem navigasi tersebut akan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Pasokan Daya Optimal Andalkan Baterai 2.400 mAh

Setelah seluruh sektor kita kupas habis, satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah spesifikasi ZTE Blade X5 pada bagian pemasok dayanya. Dibekali dengan komponen hardware dengan kualitas cukup bagus, tentunya spesifikasi smartphone ini juga membutuhkan pasokan daya maksimal. Jika dilihat dari spesifikasinya, memang smartphone yang satu ini membutuhkan pasokan daya yang tak terlalu besar. Hal ini karena memang ZTE Blade X5 mengusung spesifikasi dengan komponen kelas pemula yang memiliki konsumsi daya sedang-sedang saja. Namun untuk memberikan jaminan performa yang stabil kepada penggunanya, ZTE pun membekali smartphone barunya ini dengan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu sebesar 2.400 mAh. Dengan bekal baterai sebesar 2.400 mAh ini, ZTE Blade X5 mampu bertahan selama kurang lebih seharian penuh asal dengan penggunaan normal. Namun jika kawan Begawei merupakan pengguna gadget yang aktif, maka kami sarankan untuk selalu membawa power bank sebagai pengisi daya ulang. Meski kapasitas baterainya cukup besar, namun sayangnya spesifikasi ZTE Blade X5 kali ini masih menggunakan baterai jenis Lithium-Ion, bukan Lithium-Polymer seperti kebanyakan smartphone masa kini. Namun hal tersebut pastinya tak akan mempengaruhi kualitas smartphone ZTE seri Blade X5 ini secara keseluruhan.

Kelebihan dan Kekurangan ZTE Blade x5

Setelah membahas semua bagian spesifikasinya, tentu kita bisa menarik kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan smartphone terbaru dari ZTE ini. Bicara soal kelebihan yang dimiliki oleh ZTE Blade X5 ini, maka kita bisa menunjuk beberapa sektor yang memang menjadi andalannya. Selain tentunya layar 5 inci yang memiliki resolusi sangat bagus, smartphone ini juga dibekali dengan komponen tangguh pada bagian dapur pacu. Sebut saja prosesor MediaTek yang memiliki CPU Octa-core berkecepatan 1.3 GHz. Kemudian, kelebihan lainnya juga terpampang jelas pada lini fotografi di mana smartphone ini mengusung sepasang kamera berukuran 13 MP. Namun sayangnya, smartphone ini belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar kelas atas seperti Corning Gorilla Glass atau sejenisnya. Agar lebih jelas, berikut ini adalah tabel kelebihan ZTE Blade X5 dan kekurangan ZTE Blade X5:

Kelebihan ZTE Blade X5
  • Dual SIM card
  • Support jaringan 4G LTE
  • Layar memiliki resolusi Full HD
  • Ukuran layar 5.0 inci
  • Dilengkapi Fingerprint sensor
  • Chipset MediaTek
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • Memori internal 8 GB
  • RAM  1 GB
  • Memori eksternal 32 GB
  • Kamera 13 MP dan 8 MP
  • Harga terjangkau
Kekurangan ZTE Blade X5
  • Belum ada proteksi layar
  • Sistem Navigasi A-GPS
  • Baterai masih Li-Ion

Harga ZTE Blade X5

Bagaimana cukup puas dengan review lengkap tadi? Nah sekarang saatnya kita membahas kisaran harga ZTE Blade X5 yang rencananya akan dirilis resmi pada bulan November ini. Namun sebelum terlalu jauh membahas harganya, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai pembahasan spesifikasi tadi. Meski levelnya berada satu tingkat di bawah seri ZTE Axon atau seri ZTE Blade S7 yang menempati segmen kelas atas dan premium, namun secara kualitas seri ZTE Blade X5 ini sebenarnya tak kalah dengan smartphone premium tersebut. Dengan bekal layar berukuran 5 inci, maka smartphone ini akan memberikan tampilan visual yang mantap kepada penggunanya. Selain itu, banderol harga ZTE Blade X5 ini juga dipengaruhi oleh kualitas pada bagian ruang dapur pacunya di mana tenaga yang dihasilkan berasal dari komponen-komponen berkualitas, seperti chipset MediaTek, prosesor Quad-core, serta RAM 1 GB. Apalagi, smartphone ini juga dibekali dengan sepasang kamera 13 MP baik di bagian depan maupun belakang yang pastinya akan menghasilkan kualitas jepretan foto yang bagus. Selain perangkat kamera berkualitas, smartphone ini juga telah dibekali dengan teknologi konektivitas terbaik. So, dengan bekal spesifikasi mumpuni seperti itu, maka banderol harga ZTE Blade X5 ini apakah akan semahal seri Blade S7?

harga zte blade x5

harga zte blade x5 terbaru

Nominal harga ZTE Blade X5 ini secara resmi memang belum diumumkan. Namun dari beberapa informasi yang kami terima, ZTE melepas produk smartphone terbarunya ini ke pasaran dengan harga sekitar USD169, atau setara dengan Rp 2,3 jutaan. Jika dicermati, memang harga ZTE Blade X5 ini masih berada di bawah harga ZTE Blade S7 atau bahkan seri ZTE Axon. Jika memperhatikan detail spesifikasinya, sebenarnya smartphone terbaru dari ZTE ini memang pantas dibanderol dengan harga tinggi. Meskipun memiliki catatan minor pada beberapa sektornya, namun secara umum memang spesifikasi ZTE Blade X5 ini sudah cukup oke punya. Mulai dari bagian eksterior hingga komponen interior, hampir semua yang digunakan oleh ZTE dalam meracik ponsel pintar seri Blade X5 ini merupakan komponen kelas atas. Selain mempengaruhi harga ZTE Blade X5 di pasaran, penggunaan komponen-komponen yang cukup berkualitas tersebut tentunya akan membuat kinerjanya menjadi lebih handal. Jadi, secara kualitas memang smartphone ini sudah sesuai dengan banderol harga jualnya.

Harga ZTE Blade X5
Sekitar Rp 2.300.000,-

Apabila dicermati, memang harga ZTE Blade X5 ini merupakan harga yang standar untuk jenis ponsel pintar kelas menegah. Kawan Begawei bisa membandingkannya dengan ponsel-ponsel yang berada dalam segmentasi yang sama, sehingga akan diketahui bahwa harga tersebut memang tergolong kompetitif. Kehadiran ZTE Blade X5 ini tentu saja akan semakin mempersengit persaingan di pasaran lokal maupun global. Dengan dukungan spesifikasi yang tergolong cukup baik untuk smartphone di kelasnya, serta dengan harga ZTE Blade X5 yang tak terlampau mahal, memang perangkat pintar terbaru dari ZTE ini memiliki potensi untuk hits di pasaran. Apalagi, nama ZTE sendiri juga dikenal sebagai salah satu vendor smartphone yang jago dalam meracik sebuah perangkat pintar. Berbekal spesifikasi bagus, harga ZTE Blade X5 yang kompetitif, serta nama besar ZTE di dunia teknologi yang sudah tak diragukan lagi, Begawei memprediksi bahwa smartphone ini akan memiliki peluang yang cukup besar di pasar gadget kelas menengah atas. Baca juga review lengkap khas Begawei tentang ZTE Prestige dan Samsung Galaxy J2.

Spesifikasi ZTE Blade X5

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 40(2300)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, November
  • Status
    Available. Released 2015, November
Desain
  • Dimensi
    142 x 70.4 x 8.9 mm (5.59 x 2.77 x 0.35 in)
  • Berat
    129 g (4.55 oz)
  • SIM
    Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~68.9% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    MediaTek 6735
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 405
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama
  • Video
  • Kamera Depan
    8 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint, accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    2400 mAh

Produk Lainnya dari ZTE

Top