Home » Produk » ZTE Blade A1

Harga ZTE Blade A1 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 1.3

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga ZTE Blade A1 – Setelah beberapa seri ZTE Axon yang sukses di pasaran dengan menyasar segmentasi ponsel pintar kelas atas serta premium, kali ini ZTE juga hendak melengkapi koleksi produknya di pasaran dengan menghadirkan produk yang diplot untuk menempati segmen entry level. Setelah kemarin kita membahas seri ZTE Blade A711, kali ini kita kedatangan satu lagi produk ZTE dari Blade Series. Yup! Pada kesempatan kali ini, Begawei akan mengajak sobat semua untuk mengenal lebih jauh sosok ZTE Blade A1 yang merupakan smartphone terbaru buatan vendor asal Tiongkok tersebut. Sesuai dengan segmentasinya yang ditempatkan dalam jajaran ponsel pintar kelas pemula, tentu saja sang pendatang baru dari seri keluarga Blade, yaitu ZTE Blade A1 ini tetap membawakan konsep smartphone murah namun tidak murahan. ZTE sendiri memang sudah dikenal sebagai salah satu produsen smartphone papan atas. Tak hanya jago meracik gadget premium yang super canggih, namun ZTE juga dikenal lihai meracik smartphone low-end dengan spesifikasi tangguh namun tetap dibanderol dengan harga yang bersahabat. Kehadiran seri ZTE Blade A1 ini memang mendapat atensi cukup tinggi di pasar lokal Tiongkok. Bagaimana tidak, meski statusnya hanya merupakan smartphone kelas pemula, namun produk terbaru buatan ZTE ini sudah dibekali dengan teknologi Fingerprint Sensor layaknya smartphone premium. Penggunaan fitur Fingerprint Sensor yang menjadi salah satu kelebihan utama ZTE Blade A1 ini pastinya akan menambah sisi keamanan penggunanya.

zte blade a1

Selain dibekali dengan fitur utama Fingerprint Sensor, ZTE Blade A1 pun juga dibekali dengan spesifikasi teknis yang mumpuni untuk level smartphone pemula. Kehadiran seri Blade A1 sendiri memang mengikuti tren pasar global yang jelang akhir tahun ini dibanjiri produk-produk smartphone murah namun berkualitas. Meski memang komponen-komponen yang dibekalkan pada ZTE Blade A1 tidak semewah gadget premium, namun untuk performa rasanya tak bisa dipandang sebelah mata. ZTE sendiri sengaja meracik seri Blade A1 ini untuk masuk dalam level ponsel pintar berharga murah namun tetap memiliki ketangguhan spesifikasi teknis maupun non teknis. Ponsel pintar terbaru ini hadir dengan mengusung layar berukuran 5 inci yang membawakan resolusi HD. Sementara itu untuk bagian performanya, ZTE Blade A1 mengandalkan kinerja dari prosesor Quad-core 1.3 GHz guna memaksimalkan kinerja. Prosesor tersebut mendapat support oleh RAM berkapasitas 2 GB. Selain memiliki komponen hardware berkualitas pada bagian mesin, smartphone ini juga didukung oleh perangkat fotografi modern, yaitu duet kamera 13 MP dan 8 MP. ZTE Blade A1 pun sudah dibekali dengan opsi Dual SIM Card GSM yang support jaringan data 4G LTE. Nah, ini baru sekilas gambaran tentang smartphone terbaru lansiran ZTE ini. Mau tahu lebih jelas tentang kualitasnya? Simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga ZTE Blade A1 pada segmen-segmen berikut ini!

hp zte blade a1

Review ZTE Blade A1

Smartphone Entry Level dengan Bodi Ramping dan Desain Atraktif

Kita awali pembahasan spesifikasi ZTE Blade A1 dari tampilan luarnya. Kali ini ZTE menghadirkan sebuah smartphone entry level dengan desain fisik yang cukup atraktif. Smartphone ini memiliki bentuk fisik persegi panjang dengan sudut melengkung yang tegas pada keempat ujungnya. Bentuk fisik pada ZTE Blade A1 ini akan membuatnya sangat nyaman ketika digenggam. ZTE pun juga secara cerdik memilih kombinasi warna yang menarik. Hitam untuk bagian depan serta putih bersih pada bagian sisi dan cover belakang. Bila diamati dari sisi depan, kombinasi warna pada ZTE Blade A1 ini akan nampak kontras namun tetap soft dan enak dipandang. Penampilan smartphone ini juga semakin bergaya karena ZTE memilih positioning tombol navigasi utama menyatu di dalam layar. Sementara tombol home screen berbentuk bulat sempurna dengan aksen warna biru ditempatkan di bawah layar. Pada sisi belakang, smartphone ini juga memiliki konsep desain yang keren. Kamera utama ditempatkan di bagian tengah. Lalu di bawah kamera ZTE Blade A1 ada fitur Fingerprint Sensor. Sementara di ujung kiri bawah ada deretan lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai loudspeaker. Secara fisik, smartphone ini memiliki dimensi sebesar 142 x 70.2 x 8.9 mm, sebuah ukuran yang pas untuk di genggam. Sementara untuk kebutuhan visual, ZTE Blade A1 dibekali dengan layar jenis IPS LCD kapasitif berukuran 5 inci yang memiliki resolusi HD sebesar HD 1280 x 720 piksel dengan kerapatan layar 294 ppi. Meski resolusinya masih standar, namun kualitas visual pada smartphone ini sudah cukup baik dan memanjakan mata penggunanya. ZTE Blade A1 sendiri juga dibekali dengan tampilan antar muka atau user interface MiFavor UI yang akan memungkinkan kawan Begawei untuk meng-custom tampilan visual pada smartphone ini. Namun sayangnya, spesifikasi ZTE Blade A1 pada bagian visual ini memiliki satu catatan kekurangan, yakni belum adanya sistem proteksi layar khusus. So, kawan Begawei pastinya harus menambahkan screen guard tambahan sebagai pelindung layarnya.

Kinerja Stabil Berkat Prosesor Quad-core dan RAM Berkapasitas 2 GB

Setelah disuguhi oleh tampilan desain dan display yang cukup baik, lalu seperti apa ya kira-kira spesifikasi ZTE Blade A1 pada bagian ruang dapur pacunya? Nah pada kesempatan kali ini, Begawei akan mengajak kamu semua untuk mengintip lebih dalam ke bagian ruang dapur pacu atau permesinan pada smartphone ini. Seperti yang sudah Begawei sempat singgung pada bagian awal tadi, ZTE sendiri membekali smartphone seri ZTE Blade A1 ini dengan spesifikasi teknis yang cukup baik untuk ukuran ponsel pintar kelas pemula. Pada smartphone terbarunya ini, ZTE mengandalkan chipset MediaTek MT6735 yang berkekuatan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53. Untuk smartphone kelas pemula, kombinasi chipset dengan CPU empat inti ini memang sudah cukup baik guna menghasilkan kinerja olah data yang stabil. Guna meningkatkan stabilitas kerjanya, ZTE Blade A1 pun juga dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB. Keberadaan RAM dengan kapasitas cukup besar ini pastinya akan meningkatkan operasional serta menjamin kebutuhan multitasking menjadi semakin responsif. Sementara untuk pengolahan grafis yang maksimal, ZTE mempercayakannya pada kartu pengolah grafis GPU Mali-T760 yang tentu saja sanggup menyajikan tampilan visual sekelas HD untuk menjalankan aplikasi berupa game ataupun menonton video. Sementara itu, untuk menjalankan seluruh komponen yang tersusun itu, spesifikasi ZTE Blade A1 menyerahkannya pada platform OS Android Lollipop dengan balutan user interface MiFavour 3.2.

spesifikasi zte blade a1

Memori Internal 16 GB Plus Slot MicroSD Eksternal Berikan Daya Tampung Maksimal

Nah setelah kualitas hardware pada ruang dapur pacu telah kita ketahui, kini saatnya mengintip spesifikasi ZTE Blade A1 pada ruang penyimpanan. Satu hal yang pasti akan dibutuhkan pada perangkat ponsel pintar adalah kapasitas ruang penyimpanan file atau memorinya. Untuk spesifikasi teknis smartphone ZTE seri Blade A1 di sektor ruang penyimpanan data, kali ini perusahaan asal Tiongkok itu membekalinya dengan memori internal yang memiliki kapasitas cukup besar. Kebutuhan memori kawan Begawei pada smartphone ZTE Blade A1 ini akan ditampung oleh memori internal seluas 16 GB. Kapasitas memori internal seluas 16 GB pada smartphone ini tentunya akan membuat kamu leluasa dalam hal penyimpanan file penting, baik itu file sistem, file aplikasi, ataupun juga file hiburan dan file pribadi. Keberadaan memori internal yang cukup luas pada ZTE Blade A1 ini tentunya juga akan mempengaruhi kinerjanya menjadi semakin responsif karena memiliki space yang cukup luas. Kemudian, jika kamu menghendaki kapasitas yang cukup besar, spesifikasi ZTE Blade A1 ini pun dibekali juga dengan slot eksternal memori yang bisa diekspansi menggunakan microSD card hingga mencapai kapasitas 32 GB. Meski kapasitas slot memori eksternal hanya sampai 32 GB, pastinya ini sudah sangat membantu kebutuhan penyimpanan file.

Kebutuhan Dokumentasi Andalkan Duet Kamera 13 MP dan 8 MP

Hadir sebagai pendatang baru di kelas entry level rupanya spesifikasi ZTE Blade A1 tak hanya bagus di bagian desain serta teknologi ruang dapur pacunya. Seperti halnya smartphone modern yang lain, ponsel pintar terbaru keluaran ZTE ini pun juga dibekali dengan perangkat fotografi yang berkualitas. Urusan fotografi memang tak bisa dilepaskan dari gadget edisi terbaru. Menyadari hal ini, spesifikasi teknis ZTE Blade A1 pada lini fotografi pun hadir dengan senjata-senjata terbaiknya. Untuk memberikan kualitas gambar pada hasil jepretannya, ZTE menempatkan kamera utama 13 MP yang terletak pada sisi belakang. Kamera ini secara teknis mengalami peningkatan dari seri ZTE Zmax 2 yang menempati segmen yang sama. Selain dibekali dengan kamera utama berkekuatan kamera cukup besar, kamera pada ZTE Blade A1 ini juga sudah menggunakan fitur LED Flash untuk mendukung kinerja kamera utamanya. Kehadiran LED Flash, serta autofokus, pada smartphone ini akan membantu kawan Begawei untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus meski sedang berada di tempat gelap. Selain bisa menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang smartphone ini juga mampu merekam video dengan kualitas HD beresolusi 1080 pixels. Kemudian, spesifikasi ZTE Blade A1 pada lini fotografi juga telah dibekali dengan kamera sekunder berukuran 8 MP. Secara kualitas, duet kamera yang ada pada smartphone ini bahkan menyamai smartphone ZTE yang menempati segmen menengah ke atas.

spesifikasi hp zte blade a1

Komunikasi Dijamin Lancar dengan Slot Dual SIM Berteknologi Jaringan 4G LTE

Hadir sebagai ponsel pintar di era serba internet, tentunya spesifikasi ZTE Blade A1 juga dituntut untuk memiliki kelengkapan teknologi terbaik di sektor konektivitasnya. Smartphone terbaru buatan ZTE ini merupakan ponsel pintar jenis dual SIM Card, di mana kawan Begawei bisa mengaktifkan dua kartu SIM GSM sekaligus. Kelebihan lainnya, slot dual SIM tersebut tidak menyatu dengan slot microSD seperti pada kebanyakan smartphone kelas atas lainnya. Kemudian, ZTE Blade A1 ini pun juga didukung oleh teknologi jaringan data terbaik, yakni jaringan data 4G LTE yang merupakan jaringan internet terbaik saat ini. Kecepatan teknologi 4G LTE memang sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan teknologi jaringan data terbaik pada ZTE Blade A1 ini, kawan Begawei bisa menikmati akses internet yang cepat dan stabil. Kemudian, jika kawan Begawei berada di area yang belum terjangkau jaringan 4G, ZTE pun membekali gadget barunya ini dengan pilihan jaringan alternatif lainnya yang memiliki kecepatan akses internet yang tak kalah cepatnya. Mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA telah disematkan pada ZTE Blade A1 ini. Sedangkan untuk keperluan koneksi nirkabel jarak dekat, perangkat baru dari ZTE ini juga telah dibekali dengan fitur WiFi yang bisa digunakan untuk mengakses internet secara gratis, serta fitur hotspot theterring yang bisa digunakan untuk berbagi jaringan data. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB untuk keperluan transfer data. Spesifikasi ZTE Blade A1 di sektor konektivitas pun juga semakin lengkap dengan kehadiran teknologi navigasi A-GPS yang akan membantu keperluan pemetaan lokasi penggunanya.

Suplai Daya Standar dengan Baterai 2.800 mAh
separator

Sampailah kita pada pembahasan spesifikasi ZTE Blade A1 pada bagian terakhir. Pada segmen terakhir ini, kita akan melihat seberapa kuat daya tahan dari ponsel pintar yang satu ini. Jika dilihat dari spesifikasinya, memang smartphone yang satu ini membutuhkan pasokan daya yang cukup besar. Hal ini karena memang ZTE Blade A1 mengusung spesifikasi dengan komponen berkualitas yang memiliki konsumsi daya cukup besar. Oleh karena itu, ZTE pun membekali smartphone barunya ini dengan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu sebesar 2.800 mAh. Dengan bekal baterai sebesar 2.800 mAh ini, ZTE Blade A1 mampu bertahan selama kurang lebih seharian penuh, asal dengan penggunaan normal. Namun jika kawan Begawei merupakan pengguna gadget yang aktif, maka kami sarankan untuk selalu membawa power bank sebagai pengisi daya ulang. Meski kapasitas baterainya cukup besar, namun sayangnya pada ZTE Blade A1 kali ini masih menggunakan baterai jenis Lithium-Ion, bukan Lithium-Polymer seperti kebanyakan smartphone masa kini. Meski sedikit tertinggal pada jenis baterainya, namun secara umum kebutuhan daya pada spesifikasi ZTE Blade A1 ini sudah terjamin oleh kapasitas baterai yang memadai.

Kelebihan dan Kekurangan ZTE Blade A1

Menempati segmen smartphone entry level, rupanya ZTE Blade A1 justru dibekali dengan spesifikasi hardware layaknya smartphone kelas menengah atas. Pada layarnya, smartphone keluaran terbaru dari ZTE ini mengandalkan layar jenis IPS LCD kapasitif berukuran 5 inci. Kemudian, pada ruang mesin dan juga sektor fotografi pun juga mengandalkan komponen-komponen berkualitas. Begitupun dengan bagian konektivitasnya. Apalagi, ZTE pun juga sudah menyematkan fitur Fingerprint Sensor. Namun, kelengkapan dan kualitas spesifikasi ini bukannya tanpa celah. Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai kualitasnya, berikut adalah tabel kelebihan ZTE Blade A1 dan kekurangan ZTE Blade A1.

Kelebihan ZTE Blade A1
  • Dual SIM card
  • Support 4G LTE
  • Desain Stylish
  • Layar 5.0 inci
  • Fitur fingerprint sensor
  • Fitur antyar muka MiFavor UI
  • Sistem operasi Android Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6735
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • RAM 2 GB
  • Kamera 13 MP dan 8 MP
  • Memori internal 16 GB dengan slot memori eksternal 128 GB
  • Kapasitas baterai 2.800 mAh
  • Harga Bersahabat
Kekurangan ZTE Blade A1
  • Belum ada proteksi layar internal
  • Baterai masih Li-Ion
  • Resolusi layar masih HD

Harga ZTE Blade A1

Bagamana? Cukup menarik, bukan? Spesifikasi dari mulai desain tampilan hingga spesifikasi teknis smartphone ini memang standar, namun performanya cukup handal dan memenuhi syarat untuk sebuah ponsel masa kini. Apabila sudah puas dengan ulasan spesifikasi di atas, kini saatnya kita beberkan berapa harga ZTE Blade A1 yang kabarnya akan segera hadir pada pertengahan Desember 2015 in. Namun sebelum berbicara lebih jauh soal harga, tentu saja kita juga harus melirik kembali pada spesifikasi yang dibawakan agar nantinya akan lebih mudah membandingkan kualitas teknis ZTE Blade A1 dengan nominal harganya. Sebagai smartphone kelas pemula, ZTE seri Blade A1 ini memang memiliki bekal yang cukup bagus untuk bersaing dengan produk lainnya. Harga ZTE Blade A1 dipengaruhi beberapa sektor andalannya. Misalnya pada bagian layar yang berukuran 5 inci. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan teknologi jaringan data 4G LTE, Fingerprint Sensor, RAM 2 GB serta duet kamera 13 MP dan juga 8 MP. Kehadiran baterai 2.800 mAh pun juga akan menjadi kelebihan smartphone terbaru dari ZTE ini. So, dengan bekal spesifikasi seperti ini, kira-kira harga ZTE Blade A1 ini berapa ya?

harga zte blade a1

harga zte blade a1 terbaru

Seperti yang sudah Begawei singgung di bagian awal tadi, banderol harga ZTE Blade A1 ini memang dipatok tak akan semahal smartphone lain di kelas menengah atas. Berdasarkan informasi yang Begawei himpun dari berbagai sumber, nominal harga untuk smartphone seri ZTE Blade A1 ini adalah sekitar USD93, atau setara dengan kurang lebih Rp 1,2 jutaan. Untuk pangsa pasar gadget Indonesia, harga smartphone ini memang masuk kategori entry level atau pemula. Jika kita kembali menengok spesifikasinya, banderol harga smartphone ini memang sudah sesuai dengan apa yang ada di dalamnya. Bahkan harga ZTE Blade A1 ini diluar perkiraan karena sebenarnya kualitas yang dibawanya sudah setingkat dengan smartphone kelas menengah. Dengan bekal keunggulan di sektor layar, dapur pacu serta keberadaan fitur Fingerprint Sensor, ponsel pintar ini akan menghadirkan pengalaman seru menggunakan gadget berkualitas, namun tetap dengan harga yang tak terlalu menguras kantong. Terjangkaunya nominal harga ZTE Blade A1 ini pastinya juga akan menambah persaingan di segmen gadget kelas menengah bawah atau pemula.

Harga ZTE Blade A1
Sekitar Rp 1.200.000,-

Berbekal spesifikasi yang cukup baik dan harga yang bersahabat, nampaknya kehadiran smartphone terbaru dari ZTE ini akan sangat diperhitungkan oleh para kompetitornya. Jika dihitung lagi, harga ZTE Blade A1 di atas juga tergolong masih umum dan memang masih bisa dijangkau oleh kebanyakan pengguna gadget di Indonesia. Meski masih banyak produk lain yang kualitasnya berada setara dengan ZTE Blade A1 namun harganya lebih murah, tentunya kekuatan branding ZTE juga mengambil peran besar di sini. Tak bisa dipungkiri, bahwa ZTE saat ini masih dianggap sebagai salah satu vendor smartphone yang selalu menghadirkan perangkat-perangkat berkualitas. Dengan nominal harga ZTE Blade A1 yang cukup terjangkau tadi, kawan Begawei pun akan disuguhi dengan sederet kualitas yang dimilikinya. Baik secara performa maupun fitur-fiturnya, smartphone ini memang sangat berkualitas. So, banderol harga ZTE Blade A1 yang tak terlalu mahal ini tentunya akan menjadi referensi yang bagus buat kawan Begawei yang sedang mencari partner gadget berkualitas, namun harganya tak menguras kantong. Jangan lupa baca juga ulasan Begawei mengenai ZTE Blade A711 dan Infinix Note 2.

Spesifikasi ZTE Blade A1

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSDPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
  • Kecepatan
    HSDPA / LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, December
  • Status
    Available. Released 2015, December
Desain
  • Dimensi
    142 x 70.2 x 8.9 mm
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 Inch
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    MediaTek MT6735
  • CPU
    1.3 GHz octa-core Cortex-A53
  • GPU
    -
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD up to 32 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    8 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0, USB-OTG
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint, accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    2.800 mAh

Produk Lainnya dari ZTE

Top