Home » Produk » ZTE Avid Plus

Harga ZTE Avid Plus dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS v5.1

Spesifikasi dan Harga ZTE Avid Plus – Lama bermain di pangsa pasar gadget kelas menengah hingga kelas atas, kini ZTE memulai tahun baru justru dengan memperkenalkan produk terbaru untuk segmen low-end atau pemula. Keputusan vendor asal Tiongkok itu untuk menghadirkan produk di kelas menengah bawah memang bukan tanpa alasan. Melalui smartphone kelas pemula seri ZTE Avid Plus ini, ZTE ingin meneruskan kesuksesan di pangsa pasar kelas menengah. Selama ini, ZTE sendiri memang dikenal sebagai salah satu produsen yang cukup sering merilis gadget-gadget murah namun tetap berkualitas. Dengan pangsa pasar yang cukup besar, seri smartphone ZTE Avid Plus ini diprediksi akan semakin memperkuat brand ZTE di pasar global. Sedianya, smartphone canggih berharga miring ini akan diluncurkan bersama dengan saudaranya, yaitu ZTE Grand X3. Dengan dirilisnya dua smartphone ini untuk pasar global, jelas semakin menunjukkan eksistensi ZTE yang sebelumnya memang dikenal sebagai vendor penghasil smartphone murah berkualitas tinggi. Meski status ZTE Avid Plus hanya merupakan smartphone kelas pemula, namun bukan ZTE namanya jika tak melengkapi jagoan barunya ini dengan komposisi hardware berkualitas.

zte avid plus

Smartphone keren ini hadir dengan corak desain yang khas ZTE. Dimensi fisiknya tak terlalu besar, mengingat ZTE Avid Plus ini mengandalkan layar jenis IPS berukuran 5 inci. Layar tersebut didukung oleh resolusi layar yang cukup bagus, sehingga akan mampu menampilkan kualitas visual yang mumpuni. Apalagi, ZTE pun juga sudah melengkapi layar pada ZTE Avid Plus ini dengan sistem proteksi layar Asahi Dragontrail Glass. Kemudian untuk bagian ruang dapur pacunya, ZTE menyerahkan urusan performa pada chip Qualcomm Snapdragon 210 yang berkekuatan CPU Quad-core 1,1 GHz Cortex-A7. Olah Proses olah data pada smartphone ini pun juga dijamin akan berjalan lancar karena sudah didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB. Sementara untuk kebutuhan fotografi, ZTE Avid Plus mengandalkan duet kamera 5 MP dan 2 MP yang meski minimalis namun tetap mampu menampilkan kualitas foto yang keren abis. Kemudian sebagai pemenuh kebutuhan akses data, ZTE pun mengusung teknologi jaringan data 4G LTE pada smartphone ZTE Avid Plus ini. Dan untuk kebutuhan daya, ZTE menggunakan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.300 mAh sebagai sumber dayanya. Nah itulah tadi sekilas mengenai kualitas yang coba ditawarkan oleh ZTE melalui smartphone terbarunya ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga ZTE Avid Plus pada segmen-segmen di bawah ini!

hp zte avid plus

Review ZTE Avid Plus

Desain Minimalis dengan Corak Khas ZTE Didukung Layar IPS 5 Inci

Untuk segmen pembuka ini, Begawei akan mengajak sobat membedah spesifikasi ZTE Avid Plus di bagian tampilannya. Menengok dari segi fisik, spesifikasi smartphone ZTE seri Avid Plus pada bagian eksterior memang masih mempertahankan desain dasar khas ponsel pintar buatan ZTE. Terlihat dari depan, smartphone ini memiliki desain persegi panjang dengan sudut yang dibuat membulat. Smartphone ZTE Avid Plus ini juga sedikit tampil klasik dengan tombol navigasi utama diletakkan secara terpisah di bagian bawah layar. Untuk sektor visual, ponsel pintar yang satu ini dijejali dengan layar jenis IPS kapasitif berukuran 5 inci. Meski ukuran layarnya tak seluas seri ZTE Grand X 3, namun ukuran layarnya sudah pas untuk smartphone entry-level. Kemudian layar dari ZTE Avid Plus ini sanggup menyuguhkan resolusi layar mencapai 480 x 854 piksel dengan tingkat kerapatan layar sebesar 196 piksel per inci. Kualitas dan resolusi yang dimiliki oleh layar ZTE Avid Plus ini bisa dibilang standar saja dan kurang begitu tajam dalam menghasilkan gambar. Terakhir, yang menjadi pembeda dengan smartphone lainnya adalah, spesifikasi pada bagian layarnya kali ini dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang baru. Adapun proteksi layar yang digunakan pada spesifikasi ZTE Avid Plus adalah Asahi Dragontrail Glass. Jadi, dengan disematkannya proteksi layar built-in ini, sobat Begawei tidak perlu repot-repot lagi memasang screen guard secara terpisah.

Spesifikasi Teknis di Ruang Dapur Pacu Andalkan Chip Snapdragon 210 Bertandem dengan RAM 1 GB

Pada segmen yang kedua ini, kita akan mengulas spesifikasi ZTE Avid Plus pada bagian yang lebih mendalam, yaitu di bagian permesinan atau ruang dapur pacunya. Menilik spesifikasi di bagian dapur pacu, smartphone terbaru dari ZTE ini memang dibekali dengan komponen-komponen yang cukup bagus meski statusnya hanya merupakan smartphone kelas pemula. Di mana untuk ruang dapur pacunya, ZTE Avid Plus dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 yang membawa CPU Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7. Kombinasi kedua hardware ini cukup responsif dalam mengolah instruksi dari penggunanya. Apalagi, smartphone ZTE seri Avid Plus ini pun juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas 1 GB yang tentunya akan membuat ponsel ini memiliki performa multitasking cukup menjanjikan. Lalu untuk meningkatkan kemampuan olah grafisnya, ZTE Avid Plus pun dibekali dengan kartu pengolah garfis atau GPU Andreno 304. Meski secara kualitas GPU Andreno 306 ini tergolong sebagai kartu pengolah grafis kelas pemula, namun kehadirannya sudah sangat membantu untuk memberikan display grafis yang lebih baik. Kemudian untuk platform sistem operasi yang menjadi bagian spesifikasi ZTE Avid Plus ini, ternyata sudah mengusung platform Android versi baru, yaitu OS v 5.1 (Lollipop) yang siap menyuguhkan fitur serta tampilan yang menarik dan beragam.

spesifikasi zte avid plus

Daya Tampung Optimal Berkat Memori ROM 8 GB Plus Slot Memori Eksternal

Untuk segmen ketiga, Begawei akan membahas mengenai spesifikasi ZTE Avid Plus pada bagian storage atau ruang penyimpanan file. Sektor storage atau memori memang menjadi salah satu bagian yang sangat vital karena secara langsung akan berhubungan dengan performa mesinnya. Guna memberikan akses kinerja yang maksimal, ZTE Avid Plus ini pun dibekali dengan kapasitas internal memory yang cukup lapang di kelasnya. Tercatat, kali ini ZTE membekali smartphone entry level terbarunya ini dengan kapasitas memori internal yang sudah ideal, yakni 8 GB atau mirip dengan besaran kapasitas memori internal pada seri ZTE Mighty 3C. Dengan kapasitas memori internal yang cukup lega tersebut, bisa dipastikan pengguna ZTE Avid Plus bisa menyimpan beragam file mulai aplikasi, multimedia, dokumentasi, dan lain-lainnya dengan lebih leluasa. Keberadaan memori internal atau ROM yang cukup luas pada ZTE Avid Plus ini pastinya akan cukup membantu meningkatkan stabilitas olah data pada ruang mesinnya. Namun jika ternyata memori 8 GB masih dirasa kurang bagi sobat Begawei untuk menyimpan bermacam file yang lebih kompleks, maka tidak perlu khawatir, pasalnya pada spesifikasi ZTE Avid Plus telah dilengkapi dengan slot memori ekseternal berjenis microSD yang menjamin keleluasan sebagai media penyimpanan yang lebih besar, bahkan mencapai 32 GB.

Lini Fotografi Standar dengan Duet Kamera 5 MP dan 2 MP

Selanjutnya, kita membahas spesifikasi ZTE Avid Plus untuk bagian fotografinya. Sama seperti spesifikasi di sektor lain, smartphone seri Prestige ini juga mengusung komponen terbaik pada lini fotografi dan pastinya tetap mengedepankan fungsionalitas. Sebagai kamera utama yang terletak di bagian belakang, ZTE Avid Plus sudah dilengkapi dengan kamera primer berkekuatan 5 MP. Kamera tersebut mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi sebesar 2592 x 1944 pixels. Pada kamera utama ZTE Avid Plus tersebut juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur fotografi penting, seperti fitur LED Flash dan juga autofocus. Terdapat pula fitur-fitur penunjang fotografi modern smartphone seperti Geo-tagging, Touch Focus, dan juga fitur Panorama, yang kesemuanya siap diandalkan untuk sobat Begawei yang hobi fotografi. Sementara untuk kamera sekunder atau kamera depan, ZTE Avid Plus dibekali dengan kamera berkekuatan minimalis, yakni 2 MP saja. Meskipun sebatas 2 MP, nyatanya kamera sekunder tersebut sudah cukup baik untuk melakukan video call, video chat, atau selfie meskipun hasil fotonya tidak setajam kamera primer. Kemudian, selain bisa digunakan untuk menghasilkan jepretan foto maksimal, kamera utama pada ZTE Avid Plus juga bisa diandalkan untuk merekam video dengan hasil cukup bagus untuk kelasnya, yaitu berkisar  1280 x 720 (720p HD). Jadi, meskipun secara sekilas untuk sektor fotografi hanya disematkan kamera minimalis, namun ternyata kamera pada spesifikasi ZTE Avid Plus sudah dapat berfungsi secara maksimal untuk menunjang kebutuhan dokumentasi sobat Begawei semuanya.

spesifikasi hp zte avid plus

Akses Internet Dijamin Kencang dan Stabil Berkat Teknologi Jaringan 4G LTE

Pada segmen ini, kita akan menilik bagaimana kualitas smartphone terbaru dari ZTE ini pada sektor teknologi konektivitasny. Sama seperti smartphone masa kini, untuk spesifikasi ZTE Avid Plus juga telah dilengkapi dengan fitur konektivitas lengkap dan modern yang menjadi spesifikasi andalannya. Bagi sobat Begawei yang hoby berselancar di dunia maya juga akan dimanjakan dengan akses internet super kencang dengan dukungan jaringan 4G LTE yang dimiliki ZTE Avid Plus ini. Berkat jaringan 4G LTE yang diusungnya, smartphone ini bahkan mampu memberikan kecepatan akses download hingga 150 Mbps dan juga akses upload yang dapat dipacu sampai 50 Mbps. Lantas selain hanya jaringan 4G LTE, ZTE Avid Plus juga menyediakan koneksi jaringan seluler lainnya untuk kelancaran berkomunikasi lewat jaringan 2G Edge dan juga 3G HSPA. Sedangkan untuk fitur penunjang konektivitas lainnya terutama non-seuler juga telah tersedia lengkap pada ZTE Avid Plus, mulai dari fitur Wi-Fi, dan hotspot yang bisa digunakan untuk mengakses atau berbagai akses data internet. Lalu untuk kebutuhan transfer data ada fitur Bluetooth v4.0 serta slot kabel data dengan jenis microUSB v2.0. Berpindah untuk fitur navigasinya, sayangnya untuk memenuhi kebutuhan pemetaan pengguna, spesifikasi ZTE Avid Plus hanya didukung dengan navigasi sekelas A-GPS. Meskipun secara teknis A-GPS merupakan sistem navigasi paling standar, namun kehadirannya juga bisa menjadi andalan sobat Begawei untuk menentukan atau mencari titik lokasi suatu tempat.

Kinerja Operasional Disokong Baterai Berkapasitas 2.300 mAh

Pada segmen pembahasan spesifikasi yang paling akhir ini, Begawei akan mengajak kamu semua untuk mengulas spesifikasi ZTE Avid Plus di bagian suplai dayanya. Bagian baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting, sebab menjadi sumber pemasok daya yang menunjang operasional sebuah smartphone secara keseluruhan. Mengingat ponsel pintar yang satu ini merupakan segmentasi ponsel kelas pemula dengan spesifikasi standar, maka kebutuhan dayanya pun juga tak terlalu besar. Namun bukan berarti ZTE hanya membekali smartphone seri ZTE Avid Plus dengan kapasitas baterai yang minimalis. Karena kali ini, ZTE sudah mengandalkan baterai berkapasitas 2.300 mAh pada smartphone terbarunya ini. Baterai pada smartphone ini merupakan jenis Lithium-Ion atau Li-Ion. Untuk ukuran smartphone kelas pemula seperti ZTE Avid Plus ini, memang kapasitas sebesar 2.300 mAh tersebut tergolong sudah pas, di mana diklaim sanggup bertahan hidup sampai 350 jam di jaringan 3G dan waktu bicara hingga 8 jam. Namun untuk sobat Begawei yang sering menggunakan smartphone dalam aktivitas yang cukup tinggi atau outdoor, ada baiknya berjaga-jaga dengan cara menyediakan unit pemasok daya cadangan atau powerbank, meski sebenarnya spesifikasi ZTE Avid Plus sudah dibekali dengan baterai berkapasitas memadai.

Kelebihan dan Kekurangan ZTE Avid Plus

Menempati segmen smartphone kelas pemula, memang spesifikasi teknis yang dibawa ZTE Avid Plus serba terbatas. Namun smartphone yang satu ini tetap memiliki beberapa sektor yang menjadi kelebihan. Salah satunya adalah jaringan 4G LTE yang menjadi andalannya. Kemudian, ukuran layarnya pun juga tergolong cukup luas. Soal performa memang masih standar, namun sudah bisa diandalkan untuk keperluan normal sehari-hari. Nah untuk gambaran jelasnya, berikut ini Begawei rangkum kelebihan ZTE Avid Plus dan kekurangan ZTE Avid Plus dalam sebuah tabel.

Kelebihan ZTE Avid Plus
  • Layar 5 inci IPS LCD
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon 210
  • Prosesor Quad-core 1,1 Ghz
  • GPU Adreno 304
  • Memori internal 8 GB plus slot memori eksternal
  • Dual kamera
  • Didukung jaringan 4G LTE
  • Sudah tersedia proteksi layar Asahi Dragontrail Glass
  • Harga terjangkau
Kekurangan ZTE Avid Plus
  • Resolusi layar masih rendah
  • RAM minimalis
  • Kamera masih berkekuatan standar

Harga ZTE Avid Plus

Meski hadir untuk pangsa pasar low-end, ZTE memang tak main-main dalam meracik komposisi yang pasa bagi produk barunya ini. Setelah kita puas mengulas spesifikasinya, sekarang pastinya kawan Begawei penasaran dengan harga ZTE Avid Plus ini. Ya, pada segmen terakhir ini kita akan membahas mengenai harga ponsel pintar ZTE seri Avid Plus yang menurut rencana akan dirilis pada awal tahun 2016 ini bersamaan dengan seri Grand X3. Meski levelnya berada satu tingkat di atas seri ZTE Grand X 3, namun secara kualitas seri ZTE Avid Plus ini memang memiliki kemampuan yang hampir sama dengan koleganya tersebut. Dengan bekal layar berukuran 5 inci, maka smartphone ini akan memberikan tampilan visual yang mantap kepada penggunanya. Selain itu, banderol harga ZTE Avid Plus ini juga dipengaruhi oleh kualitas pada bagian ruang dapur pacunya yang diperkuat oleh kehadiran chip Qualcomm Snapdragon 210 berkekuatan CPU Quad-core 1,1 GHz dan juga didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB. Apalagi, smartphone ini juga dibekali dengan sepasang kamera 5 MP dan 2 MP yang pastinya akan menghasilkan kualitas jepretan foto yang bagus. Selain perangkat kamera berkualitas, smartphone ini juga telah dibekali dengan teknologi konektivitas terbaik. So, dengan bekal spesifikasi yang cukup bagus seperti itu, kira-kira banderol harga ZTE Avid Plus ini akan mahal atau tidak ya?

harga zte avid plus

harga zte avid plus terbaru

Meskipun sudah diperkenalkan kepada publik, namun smartphone ini masih menunggu waktu peluncurannya secara resmi untuk pasar global. Soal kisaran harga ZTE Avid Plus ini, seperti yang sudah Begawei singgung di atas tadi, harganya memang tidak akan terlalu mahal. Hal ini karena secara segmentasi smartphone baru asal Tiongkok ini murni menyasar segmen entry level, atau konsumen Android kelas pemula yang baru beralih dari feature phone ke ponsel pintar. Dari informasi yang Begawei dapatkan, kisaran harga ZTE Avid Plus ini berada pada level 110 euro, atau sama dengan sekitar Rp 1,6 jutaan. Namun tentunya harga itu merupakan harga untuk pasar lokal di Tiongkok. Bila nanti dihadirkan di Indonesia, kami memprediksi bahwa harga jual ZTE Avid Plus ini akan berada pada level Rp 2 jutaan. Harga di angka Rp 2 jutaan memang masih masuk pada kategori smartphone kelas pemula. Jika melihat peta persaingan pasar smartphone kelas menengah ke bawah, banderol harga ZTE Avid Plus ini memang cukup kompetitif. Hal ini tentunya akan membuat peluangnya di pasar gadget lokal menjadi cukup bagus.

Harga ZTE Avid Plus
Sekitar Rp 2.000.000,-

Jika kita komparasikan antara banderol harga ZTE Avid Plus dengan kualitas spesifikasi teknisnya, memang bisa dibilang sudah seimbang. Meski dalam beberapa kesempatan terakhir nama ZTE seperti tenggelam di tengah agresivitas vendor lain seperti Lenovo atau Huawei, namun pabrikan teknologi besar asal Tiongkok itu terbukti mampu mempertahankan kualitasnya. Kehadiran ZTE Avid Plus ini pun pastinya akan semakin membuktikan bahwa ZTE memang termasuk jago dalam menghadirkan perangkat murah yang berkualitas. Apalagi sejauh ini, ZTE jarang mendapat keluhan konsumen terkait dengan kualitasnya. Ini artinya, kualitas komponen yang digunakan oleh ZTE memiliki standar yang tinggi. Dengan kisaran harga ZTE Avid Plus yang masuk dalam level terjangkau, hal ini pastinya akan sangat memudahkan konsumen. Meski pada akhir tahun lalu tren smartphone flagship kelas premium sempat menanjak, namun dengan pergantian tahun pastinya akan membawa nuansa baru di pasar gadget dunia. So, harga ZTE Avid Plus yang pas di kantong ini memang sangat cocok bagi kamu yang ingin membeli ponsel baru di suasana awal tahun ini. Bagaimana? Tertarik membelinya? Jangan lupa baca juga ulasan lengkap Begawei mengenai ZTE Blade A1 dan LG K7.

Spesifikasi ZTE Avid Plus

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 1700(AWS) / 1900
  • 4G bands
    LTE band 2(1900), 4(1700/2100), 12(700)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2016, January
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2016, January 20
Desain
  • Dimensi
    144.8 x 72.9 x 10.9 mm (5.70 x 2.87 x 0.43 in)
  • Berat
    164.4 g (5.78 oz)
  • SIM
    Yes
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~65.3% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    480 x 854 pixels (~196 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Asahi Dragontrail Glass
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210
  • CPU
    Quad-core 1.1 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Adreno 304
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    -
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    2300 mAh

Produk Lainnya dari ZTE

Top