Home » Produk » Xiaomi Redmi Y1 Lite

Harga Xiaomi Redmi Y1 Lite dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core Cortex-A53

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    5.5 inci

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v7.0

Harga Xiaomi Redmi Y1 Lite dan Spesifikasi – Hari ini Xiaomi mengenalkan dua varian terbaru dari Xiaomi Redmi di India yaitu Xiaomi Redmi Y1 dan Xiaomi Redmi Y1 Lite. Namun, kali ini Begawei tidak akan membahas keduanya, melainkan akan secara khusus mengulas varian Lite-nya. Meskipun sudah diprkenalkan, rencananya perangkat ini baru akan dirilis pada 8 November mendatang. Hadirnya Xiaomi Redmi Y1 Lite sepertinya akan memberikan persaingan yang cukup ketat di pangsa pasar perangkat entry level. Walaupun smartphone ini hadir dengan varian terbaru dari Xiaomi namun jika dilihat secara seksama akan terlihat sangat familiar. Ya, jika dilihat lebih dekat smartphone Xiaomi Redmi Y1 Lite tersebut memiliki kemiripan dengan versi Redmi Note 5A yang rilis September 2017 lalu. Meskipun begitu, Xiaomi mengklaim akan menghadirkan Redmi Y1 Lite dengan berbagai fitur-fitur canggih. Sehingga akan memberikan performa yang maksimal baik secara visualisasi maupun kinerja operasionalnya. Pantas saja jika kehadiran dari Xiaomi Redmi Y1 Lite ini dinanti oleh pecinta Xiaomi atau biasa disebut Mi Fans.

Xiaomi Redmi Y1 Lite

Xiaomi Redmi Y1 Lite

Walaupun baru dikenalkan hari ini, kehadiran dari Xiaomi Redmi Y1 Lite ini mengundang banyak pertanyaan karena memiliki kemiripan dari varian Xiaomi Redmi Note. Tetap saja, meskipun memiliki kemiripan secara penampilan, bisa dilihat dari layarnya yang cukup besar sehingga banyak yang mengira jika Xiaomi Redmi Y1 Lite merupakan varian lain dari Xiaomi Redmi Note. Meskipun memiliki tampilan yang hampir mirip namun spesifikasi lebih lengkapnya cukuplah berbeda. Xiaomi mengklaim jika Redmi Y1 Lite hadir dengan fitur yang lebih canggih. Di mana, kabarnya perangkat ini hadir dengan layar 5.5 inci dengan resolusi HD. Walaupun pangsa pasar Xiaomi Redmi Y1 Lite adalah entry level, namun fitur yang disematkan tidak kalah dengan fitur yang ada pada perangkat diatasnya. Hal ini dibuktikan dari sektor dapur pacunya yang disematkan chipset Snapdragon 425 yang didukung dengan prosessor Quad-core. Selain itu, Xiaomi Redmi Y1 Lite ini juga akan memberikan tampilan grafik yang optimal karena sudah menggunakan GPU Adreno 308. Bahkan untuk sektor lini fotografi, perangkat ini juga menghadirkan resolusi kamera yang baik yaitu 13 MP dan 5 MP. Masih penasaran dengan fitur lain yang dibawanya? Simak ulasan lebih lengkap mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Y1 Lite dibawah ini!

HP Xiaomi Redmi Y1 Lite

Smartphone Xiaomi Redmi Y1 Lite

Review Xiaomi Redmi Y1 Lite

Visual Layar Berukuran 5.5 Inci yang Ideal

Spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite pertama yang menarik untuk dibahas adalah bagian display dan desain. Orang akan melirik pertama kali pada bagian desain karena desain ini menjadi salah satu sektor yang cukup memberikan dampak yang signifikan pada minat konsumen. Untuk bagian bodi, Xiaomi Redmi Y1 Lite ini bisa dikatakan masih sama dengan Redmi series lainnya yang lebih mengandalkan material metal. Untuk memberikan daya tarik pada konsumen, Xiaomi memberikan pilihan beberapa warna seperti Gold, Dark Grey, Silver dan Rose Gold. Dimensi dari smartphone bernama Xiaomi Redmi Y1 Lite ini pun sangat proporsional dengan panjang 152 mm, lebar 76.2 mm dan ketebalan 7.6 mm sehingga akan memberikan kenyamanan ketika digenggam. Terlebih dengan layarnya yang seluas 5.5 Inci yang menggunakan panel IPS LCD beresolusi HD 720×1080 pixel. Selain itu, Xiaomi Redmi Y1 Lite ini mengusung interface MIUI 9.0 sehingga akan menampilkan visual layar semakin menarik. Ditambah layar sudah dilengkapi dengan pelindung layar yaitu Corning Gorilla Glass tipe 3. Namun, yang sangat disayangkan sensor fingerprint untuk sistem pengamanan rupanya belum tersemat pada spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite ini.

Dapur Pacu Gahar dengan Chipset Snapdragon 425 yang Didukung Prosessor Quad-Core

Pembahasan spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite selanjutnya adalah bagian dapur pacu atau platform yang digunakan. Pastinya dengan platform yang tangguh akan menghasilkan performa smartphone semakin maksimal dan responsif. Begitu pula yang diunggulkan Xiaomi pada perangkat terbarunya ini yang mana mengandalkan platform yang tangguh dikelasnya. Pasalnya Xiaomi Redmi Y1 Lite membawa dapur pacu dengan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang didukung dengan prosessor Quad-core Cortex-A53 yang dipastikan akan menghasilkan performa semakin tangguh. Tidak hanya itu saja, Xiaomi Redmi Y1 Lite ini juga menggunakan operasi sistem Android 7.0 (Nougat) yang akan membantu kinerja operasional semakin optimal. Walaupun mengandalkan platform yang tangguh, namun perangkat ini hanya mengandalkan RAM berkapasitas 2 GB yang dirasa masih kurang optimal. Bahkan spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite ini juga menggunakan GPU Adreno 308 untuk menunjang tampilan grafik ketika digunakan untuk bermain game.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite

Spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite

Memori Internal 16 GB Untuk Menampung File yang Dibutuhkan

Selain desain serta dapur pacu yang handal, spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite juga menghadirkan ruang penyimpanan yang memadai. Sehingga bisa digunakan untuk menyimpan segala file yang kamu butuhkan mulai dari foto, audio, video, data aplikasi dan masih banyak lagi. Xiaomi menyematkan memori internal hingga 16 GB pada Xiaomi Redmi Y1 Lite yang mampu menampung file-file penting kamu. Namun, apabila memori internal ini belum dirasa cukup untuk menampung file, tidak perlu khawatir karena Xiaomi menyematkan microSD hingga 256 GB yang pastinya mampu menyimpan beragam file berukuran besar pada Xiaomi Redmi Y1 Lite ini. Belum diketahui apakah slot memori eksternal tersebut berjenis hybrid ataupun dedicated. Namun jika menilik beberapa perangkat Xiaomi terdahulu, pabrikan tersebut biasanya menggunakan hybrid slot sehingga membuatnya harus berbagi dengan slot SIM 2. Meskipun demikian spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite pada sektor ini tetap terbilang memadai.

Lini Fotografi Didukung dengan Kamera 13 MP dan 5 MP yang Dilengkapi dengan Fitur Canggih

Nah, spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite yang menarik perhatian bagi konsumen adalah bagian lini fotografi yang disuguhkan. Untuk perangkat entry level, perangkat ini cukup menarik perhatian dari sektor desain hingga ruang penyimpanan. Tidak hanya itu, bagian lini fotografi yang dibawanya rupanya juga memberikan daya tarik sendiri karena Xiaomi Redmi Y1 Lite menggunakan resolusi yang cukup mumpuni. Di mana, Xiaomi akan menghadirkan kamera utama dengan resolusi 13 MP yang sudah dilengkapi dengan bukaan lensa f/2.2 sehingga bisa menghasilkan gambar lebih tajam dan menyeluruh. Selain itu, kamera dari Xiaomi Redmi Y1 Lite ini juga dilengkapi dengan phase detection autofocus dan LED Flash. Sedangkan untuk kamera depan mengandalkan resolusi kamera 5 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Baik dengan kamera depan ataupun kamera utama, visual gambar yang dihasilkan jernih dan tajam. Spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite pada sektor ini juga mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080 pixel berkecepatan 30 fps.

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi Y1 Lite

Spesifikasi Smartphone Xiaomi Redmi Y1 Lite

Akses Internet Kencang dengan Mengandalkan Jaringan 4G LTE

Smartphone sepertinya tidak akan berjalan baik jika tidak menggunakan jaringan internet yang mendukung. Dan kali ini, Begawei akan mengulasi spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite dari sektor konektivitas. Xiaomi sendiri telah menyematkan jaringan internet 4G LTE yang mampu mengakses internet tercepat saat ini. Tidak hanya itu, untuk menunjang efisiensi dari pengguna, perangkat bernama Xiaomi Redmi Y1 Lite ini telah mengandalkan dual SIM yang bisa kamu gunakan untuk segala jenis operator. Untuk mendukung konektivitas lainnya, maka Xiaomi juga memberikan fasilitas konektivitas seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct dan hotspot. Sementara itu, untuk kebutuhan tukar data, Xiaomi Redmi Y1 Lite ini dibekali dengan fitur bluetooth v4.2 dan microUSB 2.0. Tak hanya sampai disitu saja, teknologi navigasi A-GPS GLONASS yang akan menunjang pemetaan lokasi juga turut melengkapi spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite ini.

Mengandalkan Suplai Daya Besar 3080 mAh

Spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite terakhir adalah bagian suplai daya atau baterai. Ya, keberadaan baterai ini sangat penting bagi suatu perangkat karena aktivitas smartphone bisa berjalan jika menggunakan baterai. Meskipun perangkat ini akan menyasar segmen entry level namun Xiaomi sudah membekali Xiaomi Redmi Y1 Lite  ini dengan suplai daya yang besar yaitu 3080 mAh. Daya baterai yang besar ini dirasa sangat cukup untuk menjalankan segala komponen bahkan aktivitas operasionalnya pun akan berjalan dengan baik. Dengan kapasitas daya yang besar tersebut, maka dapat dipastikan Xiaomi Redmi Y1 Lite tersebut mampu bertahan lebih lama hingga seharian penuh jika digunakan secara normal. Meskipun baterai yang digunakan tersebut cukup besar, sangat disayangkan fitur fast battery charging rupanya belum turut melengkapi spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite pada sektor ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Y1 Lite

Hadir dengan membawa embel-embel Lite pada belakang namanya, perangkat Xiaomi Redmi Y1 Lite ini memang membawa spesifikasi yang lebih rendah dari versi standarnya. Namun demikian, perangkat ini tetap dapat dikatakan cukup mumpuni untuk sekelas perangkat entry level. Pertama dari segi desainnya yang tampil begitu elegan berkat material metal yang juga membuatnya tangguh dan kuat. Selain itu, layar Xiaomi Redmi Y1 Lite ini pun cukup menarik karena telah dilengkapi dengan sistem proteksi mumpuni corning gorilla glass versi 3. Dengan proteksi tersebut tentu pengguna akan merasa aman ketika layar ponselnya tergores atau terbentur. Di sisi lain, meskipun sudah dilengkapi proteksi, namun layar tersebut sayangnya masih menggunakan resolusi standar yakni HD sehingga membuat visualisasi Xiaomi Redmi Y1 Lite ini memang kalah dengan perangkat yang membawa resolusi full HD. Nah, demikian beberapa kelebihan Xiaomi Redmi Y1 Lite dan kekurangan Xiaomi Redmi Y1 Lite yang perlu dicatat. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Xiaomi Redmi Y1 Lite
  • Jaringan 4G LTE
  • Support Dual SIM
  • Layar 5.5 Inci
  • Tipe Layar IPS LCD capacitive touchscreen
  • Interface MIUI 9.0
  • Dilengkapi Pelindung Layar Corning Gorilla Glass 3
  • OS Adroid v7.0 (Nougat)
  • Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • Prosessor Quad-core Cortex-A53
  • GPU Adreno 308
  • Memori Internal 16 GB
  • Memori Eksternal 256
  • Kamera 13 MP dan 5 MP
  • Navigasi A-GPS GLONASS
  • Baterai 3080 mAh
Kekurangan Xiaomi Redmi Y1 Lite
  • Resolusi layar masih HD
  • Tidak dilengkapi sensor fingerprint
  • RAM 2GB
  • Baterai Non-Removable
  • Tidak dilengkapi Fast Battery Charging

Harga Xiaomi Redmi Y1 Lite

Tidak terasa lengkap jika pada kesempatan kali ini Begawei hanya mengulasi spesifikasinya saja tanpa mencantumkan harga Xiaomi Redmi Y1 Lite ini. Namun, sebelum Begawei mengulas lebih mendetail mengenai nominal harga dari smartphone ini, Begawei akan mengajak kawan-kawan membahas kembali beragam fitur yang mempengaruhi harga jualnya. Apa saja fitur-fitur tersebut? Nah, sebenarnya fitur yang cukup berpengaruh pada harga Xiaomi Redmi Y1 Lite tersebut sudah nampak pada kelebihan yang dihadirkan pada perangkat ini. Di mana salah satunya ada pada sektor dapur pacunya yang sudah cukup mumpuni. Untuk perangkat entry level, dapur pacu yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Y1 Lite tersebut sudah terbilang cangggih meskipun masih menggunakan RAM standar 2 GB. Bahkan pada lini fotografi dan videografinya juga sangat mumpuni untuk mengabadikan momen-momen penting kamu. Nah, dengan berbagai fitur canggih dan mumpuni tersebut, kira-kira berapa harga Xiaomi Redmi Y1 Lite ini ya?

Harga Xiaomi Redmi Y1 Lite

Harga Xiaomi Redmi Y1 Lite

Harga Xiaomi Redmi Y1 Lite Terbaru

Harga Xiaomi Redmi Y1 Lite Terbaru

Jika melihat fitur yang dibawanya, kemungkinan harga Xiaomi Redmi Y1 Lite ini akan jauh lebih mahal dari perangkat entry level lainnya dan mendekati harga jual dari perangkat mid-range. Namun, jika dilihat dari pangsa pasar perangkat entry level, harga yang mahal pastinya tidak sesuai dengan target yang diinginkan. Maka dari itu, Begawei bisa menyimpulkan jika harga Xiaomi Redmi Y1 Lite tidak akan sampai Rp. 1,7 juta. Di mana, berdasarkan informasi dari intelejen Begawei, mengungkapkan jika perangkat ini akan dibanderol sekisaran harga 90 Euro atau Rp. 1,4 juta. Harga tersebut memang tidak terlalu mengherankan. Pasalnya, jika melihat perangkat entry level Xiaomi lain, harganya memang dibanderol pada kisaran harga jual Xiaomi Redmi Y1 Lite tersebut. sebut saja Xiaomi Redmi 4A yang saat pertama kali diluncurkan dibanderol dengan harga pada kisaran tersebut. sehingga, dengan demikian Begawei rasa dengan angka yang masih berada di bawa Rp 1,5 jutaan tersebut menjadi angka yang sangat cocok untuk disematkan pada banderol harga Xiaomi Redmi Y1 Lite ini.

Harga Xiaomi Redmi Y1 Lite
Sekitar Rp 1.400.000,- (Perkiraan)

Kisaran harga Xiaomi Redmi Y1 Lite tersebut memang menjadi topik hangat yang diperbincangkan, pasalnya harga tersebut cukup murah jika melihat fitur-fitur canggih yang dihadirkan, mulai dari desain, dapur pacu hingga lini fotografinya. Bahkan jika nantinya perangkat tersebut dijual di Indonesia pun harga Xiaomi Redmi Y1 Lite tersebut masih tergolong sangat terjangkau dan mencangkup seluruh kalangan. Dengan harga yang murah dan spesifikasi yang canggih, perangkat ini dirasa sangat kompetitif di kelasnya. Apalagi dengan beragam fitur canggih dan mumpuni yang disematkan Xiaomi pada Xiaomi Redmi Y1 Lite ini tentu akan membuat para Mi Fans menanti-nantinya. Nah, untuk kawan-kawan yang sudah menantikannya sepertinya harus sedikit bersabar. Mengingat perangkat ini baru akan diluncrukan di India pada pekan depan. Sementara itu, kedatangannya di Indonesia pun belum diketahui. Nah demikian ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi Y1 Lite yang dapat Begawei berikan. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Xiaomi Redmi 5A dan Xiaomi Redmi Note 5A.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Y1 Lite

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 38(2600), 40(2300)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    November
  • Status
    Segera Dirilis
Desain
  • Dimensi
    153 x 76.2 x 7.6 mm
  • Berat
    150 g
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.5 inci
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~267 ppi density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass 3
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v7.0 (Nougat)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • CPU
    Quad-core Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 308
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    MicroSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP, f/2.0
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB 2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    3080 mAh

Produk Lainnya dari Xiaomi

Top