Home » Produk » Xiaomi Redmi 5A

Harga Xiaomi Redmi 5A dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.4 GHz

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    5.0 inci

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v7.1.1

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A – Akan rilis bulan ini, varian terbaru Xiaomi yaitu Xiaomi Redmi 5A dipastikan akan bersaing meramaikan jajaran smartphone kelas bawah. Perangkat dengan bodi yang lebar itu bersiap untuk menandingi lawan-lawan dari kelasnya sama besutan vendor lainnya seperti Samsung, Smartfren, dengan mengusung berbagai hardware maupun fitur yang mumpuni. Xiaomi Redmi 5A ini akan dengan sistem operasi Android dan chipset yang tinggi di kelasnya, perangkat besutan vendor Tiongkok ini tak diragukan lagi kinerjanya. Meski berada di segmen low-end, perangkat ini juga dibekali dengan lini fotografi mumpuni yang akan membuat decak kagum. Kamera yang dibawa Xiaomi Redmi 5A ini hampir sama dengan smartphone di jajaran kelas menengah, ditambah dengan berbagai fitur yang mendukungnya. Tak hanya itu saja, ponsel pintar ini juga telah dibekali resolusi video full HD, jaringan 4G LTE, dan juga baterai berkapasitas besar, menjadikan keunggulan tersendiri bagi perangkat Xiaomi Redmi 5A ini. Hadir dengan warna gold, rose gold, dan gray, membuat tampilan luarnya tampak sangat menawan.

Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A

Menilik spesifikasi dari Xiaomi Redmi 5A lebih jauh, smartphone ini dapat kamu jadikan opsi bagi kamu yang menginginkan ponsel dengan harga terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni. Jika kita melihat hardware yang dibawanya, perangkat ini telah menggunakan sistem operasi Androit 7.1 (Nougat) yang merupakan seri tertinggi di bawah sistem operasi Android 8.0 (Oreo). Selain itu, perangkat bernama Xiaomi Redmi 5A ini juga dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang dikolaborasikan dengan processor Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53 dan dengan RAM 2 GB sehingga membuat dapur pacu perangkat ini optimal. Membawa panel lebar 5.0 inchi, perangkat bernama Xiaomi Redmi 5A ini juga telah menggunakan layar IPS LCD Capacitive Touchscreen 16 M colors dan dibekali pula dengan kamera belakang 13 megapixel dan kamera depan 5 megapixel yang akan membuat hasil fotografi sempurna. Keunggulan lainnya, yaitu smartphone bernama Xiaomi Redmi 5A ini telah dibekali pula dengan baterai berkapasitas 3000 mAh yang cukup besar bagi jajaran smartphone di kelasnya. Cukup menarik bukan spesifikasi yang diusungnya? Untuk mengetahui lebih detail spesifikasi dari harga Xiaomi Redmi 5A ini, simak ulasan Begawei di bawah ini !

HP Xiaomi Redmi 5A

Smartphone Xiaomi Redmi 5A

Review Xiaomi Redmi 5A

Mengusung Layar Multitouch 5,0 inchi

Di segmen awal ini Begawei akan memaparkan secara detail mengenai bodi fisik pada spesifikasi Xiaomi Redmi 5A. Smartphone besutan Xiaomi ini memiliki dimensi yang cukup lebar dengan panjang 140.4 mm, lebar 70.1 mm, dan tinggi 8,4 mm (5.53 x 2.76 x 0,33 in) dengan berat mencapai 137 gram (4.83 oz). Dimensi yang lebar tersebut tampaknya tidak terlalu berpengaruh pada beratnya sehingga ponsel bernama Xiaomi Redmi 5A tersebut sangat nyaman untuk digenggam. Mengusung ukuran layar 5.0 inchi (68,9 cm²) dengan rasio 70 %, tipe layar yang digunakannya yaitu IPS LCD Cpacitive Touchscreen 16 M colors yang biasanya juga digunakan untuk jajaran smartphone kelas menengah. Layar tersebut memiliki resolusi HD 720 x 1280 pixels dengan ratio 16 : 9 dan kerapatan 294 ppi, sehingga layar dari Xiaomi Redmi 5A ini cukup jernih. Tak hanya itu, layar tersebut kini juga dapat disetting dengan adanya MIUI terbaru yaitu MIUI 9 yang akan membuat tampilan fitur-fitur di layar dapat disetting sedemikian rupa. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor fingerprint accelerometer dan proximity untuk memberikan keamanan bagi penggunanya. Sayangnya layar dari spesifikasi Xiaomi Redmi 5A tersebut tidak dibekali dengan proteksi sehingga kamu harus membelinya secara terpisah jika ingin layar tersebut terlindungi dari benturan dan goresan.

Dapur Pacu Mumpuni Berkat OS Android 7.1 (Nougat)

Di segmen kedua, terkait dengan dapur pacu yang dibawa oleh perangkat ini, Begawei akan mengulas secara detail dapur pacu pada spesifikasi Xiaomi Redmi 5A tersebut. Untuk perangkat kelas low-end pastinya jangan berharap untuk mendapatkan sistem operasi Android terbaru, yaitu OS Android 8.0 (Oreo). Akan tetapi, meski tidak dibekali dengan sistem operasi Android terbaru, tetapi perangkat bernama Xiaomi Redmi 5A ini telah dibekali dengan sistem operasi Android 7.1 (Nougat) yang merupakan OS Android yang tinggi pula. Bahkan, perangkat kelas menengah ke atas pun juga masih sering dibekali dengan OS Android ini, jadi ini merupakan keunggulan tersendiri bagi perangkat bernama Xiaomi Redmi 5A. Chipset handal Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang merupakan chipset tinggi di kelasnya, juga dikolaborasikan dengan yang cukup tinggi, yaitu processor Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53. Bahkan untuk perangkat di tingkat yang lebih tinggi di jajaran kelas low-end pun terkadang masih menggunakan processor Quad-Core 1.2 GHz, sehingga hardware perangkat ini lebih unggul dari jajaran kelas low-end lainnya. Dengan adanya kolaborasi hardware pada Xiaomi Redmi 5A tersebut, ditambah RAM 2 GB, tak dapat dipungkiri kinerja dapur pacunya responsif dan dapat melakukan aktivitas multitasking dengan baik. Apalagi ditambah dengan GPU Adreno 308, maka membuat tampilan grafis dari spesifikasi Xiaomi Redmi 5A juga menawan.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

Ruang Restorasi Cukup Lega dengan Memori Internal 16 GB dan Eksternal Hingga 256 GB

Sesi selanjutnya, Begawei akan mengulas mengenai ruang restorasi atau penyimpanan yang dibawa oleh spesifikasi Xiaomi Redmi 5A. Untuk ruang penyimpananya, pastinya kamu harus ingat bahwa perangkat ini merupakan perangkat low-end sehingga terdapat beberapa kekurangan, salah satunya yaitu memori internal yang hanya 16 GB. Akan tetapi, dengan ruang penyimpanan internal tersebut, kamu dapat menyimpan berbagai files, gambar, musik, video, dengan ukuran yang cukup besar. Jika menginginkan kapasitas yang lebih, pada Xiaomi Redmi 5A ini kamu dapat menyematkan microSD dengan kapasitas hingga 256 GB ke dalam perangkat ini. Sayangnya, slot dari perangkat ini berjenis hybrid dual SIM, sehingga jika kamu ingin menyematkan micro SD, maka kamu akan menggunakan salah satu slot kartu SIM dan kamu harus menanggalkan salah satu kartu SIM di Xiaomi Redmi 5A ini. Tetapi kamu tak perlu khawatir, jika kamu malas menanggalkan salah satu kartu SIM kamu untuk diisi microSD dan kamu memang tidak ingin menyimpan files berkapasitas besar, Begawei yakin kapasitas internal 16 GB dari spesifikasi Xiaomi Redmi 5A tersebut sudah mencukupi.

Fotografi Handal Berkat Resolusi 13 MP dan 8 MP

Nah, berlanjut ke sesi berikutnya, kali ini Begawei akan menguraikan secara jelas mengenai lini fotografi pada spesifikasi Xiaomi Redmi 5A ini. Perangkat besutan vendor Tiongkok tersebut terbilang ingin memanjakan pecinta fotografi maupun selfie, dimana smartphone besutannya dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 megapixel f/2.2 yang dilengkapi dengan autofokus dan LED Flash, sehingga Xiaomi Redmi 5A ini dapat menghasilkan bidikan fotografi yang sempurna. Tak hanya itu, jika kamu menggemari foto selfie, tak perlu khawatir karena smartphone ini dibekali dengan resolusi kamera 5 megapixel yang akan membuat foto selfiemu menawan.  Perangkat Xiaomi Redmi 5A ini juga dilengkapi dengan fitur geo-tagging, touch fokus, face/smile detection, HDR, dan panorama, yang tentunya akan membuat foto-fotomu semakin menarik. sementara itu untuk kemampuan videonya, spesifikasi Xiaomi Redmi 5A ini dibekali dengan video beresolusi full HD 1080p@30fps yang akan menghasilkan video yang jernih dan memukau.

Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 5A

Spesifikasi Smartphone Xiaomi Redmi 5A

Konektivitas Handal dengan Mengusung Jaringan Cepat 4G LTE

Selanjutnya, Begawei akan mengupas mengenai sektor konektivitas dari spesifikasi Xiaomi Redmi 5A tersebut. Untuk konektivitas internetnya, smartphone asal negeri tirai bambu ini dibekali dengan jaringan cepat 4G LTE. Namun sejauh ini belum diketahui Cat berapakah yang digunakan oleh perangkat Xiaomi Redmi 5A tersebut. Biasanya, baik smartphone low-end maupun mid-end, menggunakan jaringan 4G LTE Cat 12 yang dapat menghasilkan kecepatan download 150 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps, sehingga kamu dapat berselancar di internet dengan cepat. Untuk kartu yang digunakannya, Xiaomi Redmi 5A ini menggunakan Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), dimana dapat diisi dengan dua kartu SIM sekaligus, tetapi jika kamu ingin memasukkan miscroSD, kamu harus menanggalkan salah satu slot SIM kamu untuk digunakan oleh microSD tersebut. Dengan jenis kartu Hybrid Dual SIM tersebut pastinya cukup merepotkan, tetapi jika kamu tidak berniat memasukkan files besar ke dalam Xiaomi Redmi 5A tersebut, kamu tidak perlu menanggalkan salah slot kartu SIM untuk diganti dengan microSD. Tak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi pula dengan Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, hotspot, bluetooth 4.1 A2DP, sistem navigasi A-GPS, GLONASS, BDS, port infrared, FM Radio, dan juga port USB microUSB 2.0 yang semakin menyempurnakan spesifikasi Xiaomi Redmi 5A tersebut.

Baterai Handal Berkat Kapasitas 3000 mAh

Sesi terakhir dari ulasan spesifikasi Xiaomi Redmi 5A ini, Begawei akan mengulas sektor daya perangkat besutan vendor Tiongkok tersebut. Perangkat ini dibekali dengan baterai berjenis non-removable Li-ion, yang tentunya kamu tidak dapat mencopotnya sewaktu-waktu. Baterai tersebut berkapasitas besar, yaitu 3000 mAh, sehingga merupakan keunggulan tersendiri bagi Xiaomi Redmi 5A ini. Bagaimana tidak, bahkan untuk smartphone jajaran kelas menengah pun banyak yang masih dibekali dengan kapasitas dibawah 3000 mAh. Dengan baterai berkapasitas besar tersebut, kamu dapat menggunakan Xiaomi Redmi 5A in tanpa harus men-charge berulang-ulang dan tentunya kamu tak perlu membawa charger atau power bank setiap kali bepergian seharian. Sayangnya, baterai berkapasitas besar ini tidak didukung dengan fast charging. Namun demikian, hal tersebut tidak akan terlalu mempengaruhi kinerja spesifikasi Xiaomi Redmi 5A ini secara keseluruhan.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 5A

Sebagai generasi penerus, Xiaomi Redmi 5A ini memang memiliki ekspektasi yang lebih dari pada generasi terdahulunya yakni Redmi 4A. Namun, jika melihat informasi mengenai spesifikasinya dapat dilihat jika perangkat generasi penerus ini tidak terlalu banyak perbedaan dari generasi terdahulu. Di mana pada perangkat Xiaomi Redmi 5A ini perubahan yang paling kentara adalah pada sektor dapur pacunya yang menggunakan sistem operasi Android Nougat. Meskipun bukan sistem operasi terbaru, namun penggunaan Nougat tersebut dinilai sudah cukup untuk menunjang kinerja komponen di dalam Xiaomi Redmi 5A tersebut. Nah, demikian beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 5A dan kekurangan Xiaomi Redmi 5A yang perlu di catat. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, silahkan simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5A
  • Jaringan 4G LTE
  • Layar seluas 5 inchi
  • Resolusi HD 720 x 1280 pixels
  • Panel IPS LCD Capacitive Touchscreen 16 M colors
  • Sensor Accelerometer, Proximity
  • Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • Processor Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU Adreno 308
  • RAM 2 GB
  • Memori Internal 16 GB dan Eksternal Hingga 256 GB
  • Kamera Depan 5 MP dan Belakang 13 MP
  • Resolusi Video Full HD
  • Sistem Navigasi GLONASS
  • Baterai 3000 mAh
Kekurangan Xiaomi Redmi 5A
  • Tidak Ada Proteksi Layar
  • Hybrid Dual SIM
  • Baterai non-removable
  • Tidak Ada Fitur Fast Charging

Harga Xiaomi Redmi 5A

Selesai sudah Begawei mengulas mengenai spesifikasinya, kini saatnya Begawei akan mengulas mengenai harga Xiaomi Redmi 5A besutan salah satu vendor papan atas China tersebut. Terkait dengan harga, pastinya produsen juga mempertimbangkan spesifikasi yang diusung ke dalam perangkat tersebut. Nah, jika kita menilik beberapa sektor spesifikasi ponsel pintar tersebut, maka terdapat sektor-sektor yang mumpuni, diantaranya yaitu hardware Xiaomi Redmi 5A ini yang telah dibekali dengan sistem operasi Android 7.1 (Nougat) dengan kolaborasi chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dan processor Quad-Core 1.4 GHz Cortex-A53 yang akan membuat dapur pacunya optimal. Tak hanya itu, dengan dibekali lini kamera mumpuni yaitu 13 MP dan 5 MP , serta beterai berkapasitas handal 3000 mAh, pastinya kita bisa membayangkan jika harga Xiaomi Redmi 5A lebih mahal dibandingkan dengan perangkat sejenis di kelas bawah. Namun demikian, jika menilik perangkat-perangkat Xiaomi sebelumnya, meskipun spesifikasinya cukup mumpuni namun harganya tidak akan terlalu mahal. Hal tersebut pun terjadi pada generasi terdahulunya yakni Redmi A. Nah, menurut kawan-kawan Begawei berapakah harga smartphone Xiaomi Redmi 5A tersebut?

Harga Xiaomi Redmi 5A

Harga Xiaomi Redmi 5A

Harga Xiaomi Redmi 5A Terbaru

Harga Xiaomi Redmi 5A Terbaru

Berdasarkan informasi yang Begawei dapat, diketahui bahwa harga Xiaomi Redmi 5A tersebut akan dibanderol dengan angka 90 EUR atau jika dirupiahkan harga tersebut akan setara dengan Rp. 1,43 juta. Sangat murah bukan ? Apalagi smartphone ini mengusung beberapa spesifikasi yang mumpuni  seperti hardware, lini kamera, dan juga di sektor dayanya. Tentu dengan harga Xiaomi Redmi 5A yang murah tersebut, tentu akan membuat perangkat ini laris manis diserbu para penggemar produk-produk Xiaomi dari kalangan pemula. Harga yang murah tersebut memang tidak lepas dari segmentasi yang ditujunya yakni entry level, sehingga tidak mengherankan meskipun spesifikasinya terbilang lumayan, namun Xiaomi Redmi 5A ini tetap dibanderol dengan angka yang cukup murah . Jika kawan-kawan menginginkan smartphone harga terjangkau dan spesifikasi yang mumpuni, perangkat ini sangat cocok untuk dimiliki.  Nah, menurut kawan-kawan apakah kisaran banderol dari harga Xiaomi Redmi 5A ini sudah sepadan  dengan spesifikasi yang ditawarkannya?

Harga Xiaomi Redmi 5A
Sekitar Rp 1.430.000,-

Sekali lagi Begawei ingatkan harga Xiaomi Redmi 5A yang murah memang tidak lepas dari segmentasi yang ditujunya yang menyasar segmen entry-level. sehingga meskipun membawa spesifikasi mumpuni di sektor hardware, lini kamera, daya, video, dan juga konektivitasnya, tak dapat dipungkiri jika masih terdapat beberapa kekurangan pada Xiaomi Redmi 5A ini. Kekurangan tersebut antara lain tidak dibekalinya proteksi layar, Hybrid Dual SIM yang cukup merepotkan bagi pengguna jika ingin menggunakan dua kartu sekaligus tetapi terbentur dengan kurangnya kapasitas, dan sebagainya. Oleh karenanya, menurut Begawei, harga Xiaomi Redmi 5A tersebut sudah sepadan dengan spesifikasi yang ditawarkan karena meski membawa spesifikasi mumpuni, terdapat kekurangan di beberapa sektor yang biasa kita temui di smartphone kelas bawah. Nah, demikian ulasan yang dapat Begawei berikan secara lengkap mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi 5A. Jangan lupa baca juga ulasan lain mengenai Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi 5.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5A

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / CDMA / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 | CDMA 800 & TD-SCDMA
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 34(2000), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Oktober
  • Status
    Segera Dirilis
Desain
  • Dimensi
    140.4 x 70.1 x 8.4 mm
  • Berat
    137 g
  • SIM
    Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inci
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~294 ppi density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v7.1 (Nougat)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • CPU
    Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 308
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP, f/2.0
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.1, A2DP, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB 2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion
  • Daya
    3000 mAh

Produk Lainnya dari Xiaomi

Top