Home » Produk » Xiaomi Mi A1 5X

Harga Xiaomi Mi A1 5X dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz

  • RAM
    4 GB

  • Kapasitas
    64 GB

  • Layar
    5.5 inci

  • Kamera
    Dual 12 MP

  • OS
    Android OS, v7.1.2

Harga Xiaomi Mi A1 5X dan Spesifikasi – Xiaomi akhirnya resmi memperkenalkan perangkat terbarunya, Xiaomi Mi A1 5X di India. Perangkat ini juga dikenal dengan nama Xiaomi Mi 5X untuk negara asalnya, Tiongkok. Sesuai janji yang pernah diungkapkannya beberapa waktu yang lalu, vendor asal Tiongkok tersebut meluncurkan seri terbarunya ini ke pasaran dengan label flagship sehingga spesifikasi yang dibawa Xiaomi Mi A1 5X ini memang terbilang tinggi dan akan menawarkan pengalaman pengoperasian sebuah smartphone yang maksimal. Tak hanya itu, smartphone baru ini mengedepankan lini fotografi sebagai keunggulannya sebab telah dibekali dengan teknologi dual kamera alias kamera ganda yang kini juga banyak digunakan oleh smartphone menengah dan premium. Kamera ganda yang ada pada Xiaomi Mi A1 5X bahkan hadir dengan konfigurasi yang terlihat mirip seperti kepunyaan iPhone 7 Plus sehingga hal ini semakin menambah sisi premium dari ponsel itu sendiri. Mi A1 sendiri menjadi ponsel pertama buatan vendor Tiongkok yang menjalankan Android One, hasil kolaborasi dengan Google. Oleh karena itu, Xiaomi tidak lagi memamakai antramuka MIUI pada smartphone Xiaomi Mi A1 5X tersebut melainkan OS Android murni buatan Google.

Xiaomi Mi A1 5X

Xiaomi Mi A1 5X

Seperti ponsel berlabel flagship pada umumnya, Xiaomi Mi A1 5X pun mengusung spesifikasi tinggi yang sangat bisa diandalkan. Sisi premium bahkan sudah bisa dirasakan semenjak melihat tampilannya. Ditambah lagi, handset ini mengandalkan layar LTPS IPS LCD capacitive touchscreen seluas 5.5 inci beresolusi Full HD yang sudah lengkap dengan proteksi Corning Gorilla Glass. Performa yang dihasilkan oleh Xiaomi Mi A1 5X ini juga sangat powerful dengan dapur pacu yang ditenagai prosesor berinti delapan yang memiliki kecepatan 2.0 GHz dan dukungan RAM berkapasitas 4 GB. Bahkan rencananya, sistem operasi Android Nougat yang kini sedang digunakan akan segera di upgrade ke Android Oreo. Xiaomi Mi A1 5X juga membawa daya tarik utama di lini fotografi. Pasalnya, sektor ini dilengkapi dengan teknologi kamera yang saat ini memang tengah digandrungi oleh konsumen, yakni setup dual kamera. Dengan kamera ganda beresolusi 12 MP yang dibawanya, sudah pasti kualitas foto yang dihasilkan oleh perangkat ini bakal maksimal. Untuk lebih mengenalnya, mari kita simak ulasan spesifikasi dan harga Xiaomi Mi A1 5X dari Begawei berikut ini!

HP Xiaomi Mi A1 5X

Smartphone Xiaomi Mi A1 5X

Review Xiaomi Mi A1 5X

Ponsel 5.5 Inci dengan Desain Slim yang Premium

Pada bagian pembuka dari segmen ini kita akan lebih dahulu membahas spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X pada sektor terluarnya. Jika diperhatikan ponsel ini mengusung desain unibodi yang terlihat premium berkat balutan bodi metal yang hadir dalam pilihan warna black, gold, dan rose gold. Sisi premium dari ponsel berbobot 165 gram ini pun makin terasa dengan kehadiran sensor fingerprint di bagian belakangnya. Untuk dimensinya sendiri, Xiaomi Mi A1 5X memiliki panjang 155.4 mm, lebar 75,8 mm, dan ketebalan 7.3 mm sehingga memang terlihat lebih slim dan ringan. Perangkat ini juga mengandalkan layar berteknologi LTPS IPS LCD berukuran 5.5 inci untuk bagian display. Layar ini telah memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 403 ppi sehingga tampilan gambar yang disuguhkan melalui layar Xiaomi Mi A1 5X tersebut terlihat begitu jernih dan tajam. Dukungan multitouch juga membuat layarnya makin responsif ketika dioperasikan. Apalagi layar perangkat ini juga mampu bertahan dan tidak mudah rusak ketika tergores maupun terbentur karena layar dari spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X tersebut telah diproteksi dengan lapisan Corning Gorilla Glass meski versinya masih belum diketahui.

Performa Powerful dengan Prosesor Octa-core 2.0 GHz dan RAM 4 GB

Dari sektor terluarnya, kini kita akan berlanjut untuk membedah spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X di bagian dalam. Sektor dapur pacu pada handset ini dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 sebagai bagian utama pemrosesannya. Chipset ini terintegrasi dengan prosesor Octa-core Cortex-A53 dengan clock speed 2.0 GHz sehingga mampu menghasilkan performa yang powerful. Chipset yang dipakai Xiaomi Mi A1 5X tersebut juga mengusung kartu grafis Adreno 506 untuk menyuguhkan konten visual untuk berbagai macam game dan multimedia dengan tampilan yang mulus. Sementara itu, kemampuannya dalam urusan multitasking pun tak perlu diragukan lagi sebab sektor mesin pacu pada Xiaomi Mi A1 5X ini dibekali RAM berkapasitas 4 GB. Keseluruhan kinerja perangkat juga akan semakin mantap karena meskipun saat ini telah menjalankan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat, namun Xiaomi berencana untuk meningkatkannya menjadi Android 8.0 Oreo. Tentu hal tersebut menjadi poin tambahan dari spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X tersebut.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X

Penyimpanan File Leluasa dengan Memori Internal 64 GB yang Bisa Diperluas

Setelah mengetahui performa ponsel, maka selanjutnya kita akan mengintip seluas apa ruang penyimpanan yang disediakan oleh spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X. Xiaomi tampaknya paham betul jika bagian yang satu ini memiliki peran yang penting untuk mendukung kelancaran operasional. Sehingga smartphone Android One Xiaomi ini hadir dengan bekalan memori internal sebesar 64 GB. Kapasitas memori internal yang dibawa oleh Xiaomi Mi A1 5X tersebut tentu membuat para penggunanya bisa leluasa dalam menyimpan banyak file. Bahkan, jika kapasitas memori internalnya dirasa masih kurang sobat Begawei bisa menambahnya dengan memakai microSD berkapasitas maksimal 256 GB. Sayangnya, penambahan microSD pada Xiaomi Mi A1 5X ini nantinya akan memakan slot SIM 2 sehingga sobat harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah perluasan memori ini benar-benar dibutuhkan. Namun meskipun demikian, hal tersebut tidak akan mempengaruhi spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X secara keseluruhan.

Lini Fotografi Bersenjata Dual Kamera Utama 12 MP

Seperti kebanyakan ponsel mid-range dan flagship lainnya, spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X pun hadir dengan menawarkan kelebihan pada sektor fotografi melalui setup dual kamera. Dengan begitu kemampuannya dalam mengabadikan momen sudah terbilang cukup canggih. Pada sektor belakang dari perangkat Xiaomi Mi A1 5X ini terdapat dual kamera utama 12 MP dengan aperture f/2.2 dan f/2.6 yang sudah dilengkapi fitur phase detection autofocus, 2x optical zoom, dan dual LED flash untuk menghasilkan bidikan foto dengan level fokus dan kejernihan yang maksimal. Kamera utama ini juga bisa menghasilkan dua jenis video, yakni 2160p@30fps dan 720p@120fps. Belum lagi Xiaomi Mi A1 5X ini juga dibekali dengan berbagai fitur pendukung yang meliputi 1.25 µm/ 1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama. Kemampuan fotografinya pun semakin lengkap dengan lensa beresolusi 5 MP di bagian depan yang siap digunakan untuk selfie dan video call dengan dukungan video berkualitas 1080p. Spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X pada lini fotografinya ini memang menjadi salah satu yang diunggulkannya.

Spesifikasi HP Xiaomi Mi A1 5X

Spesifikasi Smartphone Xiaomi Mi A1 5X

Koneksi Super Kencang Terdukung Akses Jaringan 4G LTE

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X di bagian konektivitasnya pun tak kalah premium dengan sektor-sektor yang lain. Pasalnya, bagian ini telah dilengkapi fitur dual SIM hybrid untuk kemudahan komunikasi. Dukungan akses jaringan 4G LTE dengan koneksi internet super kencang juga telah diberikan agar pengguna bisa mengunduh data menggunakan Xiaomi Mi A1 5X ini pada kecepatan 150 Mbps dan unggah data pada kecepatan 50 Mbps. Pengguna pun masih bisa mengandalkan jaringan GSM dan HSPA sebagai opsi alternatif. Selain itu, fitur konektivitas jarak dekat seperti Wi-Fi 802.11, dual-band, WiFi direct, dan hotspot juga turut melengkapi Xiaomi Mi A1 5X ini. Bahkan, kebutuhan bertukar data pun juga sanggup terpenuhi dengan maksimal berkat hadirnya fitur Bluetooth 4.2, A2DP, LE, USB 2.0, dan USB Type-C 1.0 reversible connector. Tak cukup sampai disitu, pemetaan lokasi pada spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X pun memiliki akurasi yang tinggi berkat teknologi navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS.

Baterai Berkapasitas 3.080 mAh

Sebagai bagian penutup, kita akan membahas spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X pada sektor pemasok dayanya. Terkait dengan suplai daya, komponen-komponen yang ada di dalam perangkat ini tentu bakal membutuhkan pasokan daya yang besar karena berbagai komponen yang ada sudah memiliki kualitas yang sangat baik. Untuk itu, Xiaomi membekali Xiaomi Mi A1 5X ini dengan baterai berjenis non-removable Lithium Ion dengan kapasitas sebesar 3.080 mAh sebagai pemasok dayanya. Baterai ini tak hanya sanggup menyuplai masing-masing kebutuhan daya komponennya dengan optimal namun juga bisa membuat Xiaomi Mi A1 5X ini bertahan hidup dalam waktu yang lama. Selain itu, dukungan fitur fast charging yang ada pada sektor ini bakal membantu pengguna untuk mengisi daya dalam waktu yang lebih singkat. Nah, tentu segala kesempurnaan yang dibekalkan oleh Xiaomi pada spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X ini tentu akan mempengaruhi harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Mi A1 5X

Xiaomi akhirnya resmi merilis salah satu perangkat flagshipnya yang bernama Xiaomi Mi A1 5X. Dengan label flagship yang dibawanya, memang tidak mengherankan jika spesifikasi yang dibawanya memang menjadi salah satu yang terbaik. Hal tersebut dapat kita lihat bahkan dari bagian terluarnya yang membawa desain menawan dan premium dengan balutan material metal di bodinya. Di sisi lain, Xiaomi Mi A1 5X ini membawa bekalan kamera yang sangat memadai. Di mana, dengan dual kamera 12 MP di bagian punggungnya, membuat perangkat ini terlihat sangat premium dan elegan. Tak cukup sampai di situ saja. Pada dapur pacunya yang dibekali RAM 4 GB dan prosesor octa-core 2.0 GHz juga dipastikan membuat performanya tangguh dan lincah. Sayangnya, Xiaomi Mi A1 5X ini masih belum menggunakan panel AMOLED pada layarnya sehingga hal tersebut mungkin akan menjadi salah satu kelemahannya. Nah, demikian beberapa hal penting dari kelebihan Xiaomi Mi A1 5X dan kekurangan Xiaomi Mi A1 5X. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Xiaomi Mi A1 5X
  • Support 4G LTE
  • Support dual SIM
  • Sensor fingerprint
  • Bodi metal
  • Layar 5.5 inci
  • Resolusi layar Full HD 1080 x 1920 piksel
  • Proteksi layar Corning Gorilla Glass
  • OS Android 7.1.2 Nougat
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 625
  • Prosesor Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • RAM 4 GB
  • GPU Adreno 506
  • Memori internal 64 GB
  • MicroSD 256 GB
  • Dual kamera utama 12 MP
  • Kamera selfie 5 MP
  • Navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS
  • USB Type-C
  • Baterai 3.080 mAh
  • Fitur fast charging
Kekurangan Xiaomi Mi A1 5X
  • Layar belum AMOLED
  • Slot microSD menumpang slot SIM 2
  • Non-removable battery

Harga Xiaomi Mi A1 5X

Puas membedah spesifikasi ponsel terbaru Xiaomi tersebut, maka kini saatnya kita untuk membahas harga Xiaomi Mi A1 5X yang tentu sudah sobat semua tunggu sejak tadi. Berbicara tentang harga jual tentu sangat berkaitan erat dengan spesifikasinya yang dibawanya. Mi A1 5X sendiri memiliki display yang berkualitas dengan panel LTPS IPS LCD 5.5 inci beresolusi Full HD yang telah dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass. Performa yang dimiliki Xiaomi Mi A1 5X ini pun tak kalah tangguh karena telah ditenagai dengan prosesor delapan inti berkecepatan 2.0 GHz yang dipadukan RAM berkapasitas 4 GB. Bahkan, Xiaomi telah berjanji untuk mengupgrade sistem operasi perangkat ini menjadi Android Oreo. Meskipun demikian hal tersebut tidak membuat harga Xiaomi Mi A1 5X ini menjadi semahal perangkat flagship dari pabrikan lainnya. Selain itu, perangkat ini juga memiliki kemampuan fotografi yang mantap karena sektor fotofgrafinya dibekali dual kamera utama berkekuatan 12 MP. Dengan digunakannya komponen-komponen tersebut, berapakah sebenarnya harga Xiaomi Mi A1 5X ini?

Harga Xiaomi Mi A1 5X

Harga Xiaomi Mi A1 5X

Harga Xiaomi Mi A1 5X Terbaru

Harga Xiaomi Mi A1 5X Terbaru

Mempertimbangkan posisi smartphone baru Xiaomi ini yang berada di segmen flagship, tentu banyak yang memperkirakan jika harga Xiaomi Mi A1 5X ini akan dibanderol sangat tinggi seperti perangkat-perangkat lain di kelasnya. Namun, sumber yang Begawei dapatkan menyebutkan jika Xiaomi akan membanderol seri terbarunya ini seharga 240 Euro. Jika dikonversikan ke dalam rupiah maka nominal harganya akan berada di kisaran Rp 3,8 jutaan. Harga Xiaomi Mi A1 5X yang berada di bawah Rp 4 jutaan ini bisa dikatakan lumayan terjangkau untuk kategori perangkat yang hadir dengan membawa label flagship. Dengan banderol yang bahkan masih lebih murah dari perangkat menengah atas milik Samsung, Xiaomi Mi A1 5X ini memang terbilang sangat terjangkau karena kebanyakan ponsel flagship biasanya dibanderol pada kisaran Rp 5 jutaan ke atas. Namun demikian, seperti yang dapat kawan Begawei ketahui di atas, spesifikasi yang dibawanya tidak main-main meskipun harga Xiaomi Mi A1 5X tersebut memang sangat murah di kelasnya.

Harga Xiaomi Mi A1 5X
Sekitar Rp 3.800.000,-

Harga Xiaomi Mi A1 5X yang dibanderol sangat murah di kelasnya ini, memang sepertinya menjadi salah satu strategi Xiaomi untuk dapat tetap mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu vendor smartphone berkualitas dengan harga terjangkau. Namun harganya yang lebih rendah dibandingkan dengan smartphone flagship pada umumnya ini juga kemungkinan dipengaruhi dari penggunaan OS Android murni bikinan Google pada perangkat ini. Di sisi lain, harga Xiaomi Mi A1 5X yang terjangkau ini juga bisa dikatakan wajar dan tidak mengherankan, sebab Xiaomi sendiri selama ini dikenal sebagai vendor yang rajin mengeluarkan smartphone-smartphone berkualitas namun dibanderol dengan harga bersahabat. Meski begitu, secara keseluruhan spesifikasi yang dibawa Xiaomi Mi A1 5X tersebut memang tergolong premium sehingga tetap mampu bersaing dengan perangkat-perangkat lain sekelasnya. Bagi sobat Begawei yang penasaran dengan smartphone flagship murah, maka perangkat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Demikian beberapa ulasan mengenai spesifikasi dan harga Xiaomi Mi A1 5X yang dapat Begawei berikan. Jangan lupa baca juga informasi menarik lainnya terkait dengan Xiaomi Mi 6c dan Xiaomi Mi Mix 2.

Spesifikasi Xiaomi Mi A1 5X

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 38(2600), 40(2300)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Desain
  • Dimensi
    155.4 x 75.8 x 7.3 mm
  • Berat
    165 g
  • SIM
    Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.5 inci (~70.1% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass (unspecified version)
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS v.7.1.2 (Nougat), planned upgrade to Android OS v.8.0 (Oreo)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 506
  • RAM
    4 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Internal
    64 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    Dual 12 MP (26mm, f/2.2; 50mm, f/2.6), phase detection autofocus, 2x optical zoom, dual-LED (dual tone) flash
  • Fitur
    1.25 µm/ 1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    2160p@30fps, 720p@120fps
  • Kamera Depan
    5 MP, 1080p
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    3080 mAh

Produk Lainnya dari Xiaomi

Top