Home » Produk » Sony Xperia XZ1

Harga Sony Xperia XZ1 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 2.35 GHz

  • RAM
    4 GB

  • Kapasitas
    64 / 128 GB

  • Layar
    5.2 inci

  • Kamera
    23 MP

  • OS
    Android OS, v8.0

Harga Sony Xperia XZ1 dan Spesifikasi – Vendor asal Jepang, Sony pun tampaknya bakal segera menghadirkan Sony Xperia XZ1 untuk mengisi segmen yang sama. Namun, Xperia XZ1 sepertinya bukan satu-satunya perangkat yang akan diluncurkan oleh Sony dalam waktu dekat. Pasalnya, vendor tersebut juga akan meluncurkan varian lain dari ponsel ini yang diketahui akan membawa nama Sony Xperia XZ1 Compact serta perangkat baru lain bertajuk Sony Xperia X1. Xperia XZ1 dan Xperia XZ1 Compact akan dilepas untuk mengisi segmen premium, sedangkan Xperia X1 akan ditujukan untuk konsumen di kalangan menengah. Beberapa waktu yang lalu, perangkat ini pun telah muncul di salah satu situs benchmark paling populer, Geekbench sehingga meskipun Sony Xperia XZ1 ini belum dirilis secara resmi namun spesifikasi yang dibawanya sudah diketahui oleh publik. Dari bocoran spesifikasi tersebut, terlihat jika perangkat ini akan menawarkan performa yang gahar serta kemampuan fotografi yang begitu top sehingga bakal menjadi incaran para pengguna smartphone yang hobi dengan aktivitas membidik foto. Lantas, apa yang membuat Sony Xperia XZ1 ini istimewa?

Sony Xperia XZ1

Sony Xperia XZ1

Seperti smartphone dengan label flagship pada umumnya, Sony Xperia XZ1 sudah pasti akan hadir dengan spesifikasi tinggi yang akan menawarkan berbagai macam kecanggihan ketika dioperasikan. Ponsel ini dijamin akan menyuguhkan visualisasi yang sangat atraktif dengan layar IPS LCD capacitive touchscreen seluas 5.2 inci dengan resolusi Full HD yang juga telah dilengkapi dengan teknologi Triluminous display sehingga membuat Sony Xperia XZ1 semakin sempurna. Belum lagi proteksi layar Corning Gorilla Glass dan sertifikat IP68 yang menjamin ketangguhan dari perangkat ini. Tak hanya baik dalam urusan visual, perangkat ini juga mampu menghasilkan performa yang gahar sebab ruang teknis ponsel ini telah mengandalkan kinerja prosesor delapan inti yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 4 GB. Selain itu, Sony Xperia XZ1 ini juga membawa kemampuan fotografi yang menakjubkan sebab untuk urusan membidik foto, Sony telah membekalinya dengan kamera utama beresolusi 23 MP. Kira-kira kecanggihan apa lagi ya yang dibawa oleh smartphone ini? Yuk langsung saja kita intip dalam ulasan spesifikasi dan harga Sony Xperia XZ1 dari Begawei berikut ini!

HP Sony Xperia XZ1

Smartphone Sony Xperia XZ1

Review Sony Xperia XZ1

Smartphone 5.2 Inci dengan Desain Klasik Premium Khas Sony

Pada bagian pertama ini kita akan membahas spesifikasi Sony Xperia XZ1 pada sektor fisiknya. Jika dilihat perangkat baru ini membawa desain yang tak terlalu berbeda dengan ponsel flagship Sony yang lain. Bodinya berbentuk persegi panjang dengan potongan yang terlihat tegas dan keempat sudut yang bentuknya tidak membulat seperti kebanyakan smartphone yang ada pada saat ini. Kemewahan desain dari Sony Xperia XZ1 ini juga tak terlepas dari balutan bodi metal yang ditawarkan dalam warna mineral black, platinum, forest blue, dan deep pink. Perangkat yang dimensi dan bobotnya belum diketahui ini juga cukup unik sebab sensor pemindai sidik jarinya diletakkan di bagian samping. Sony Xperia XZ1 juga sangat mumpuni dalam urusan visual sebab telah mengandalkan layar IPS LCD seluas 5.2 inci yang memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 424 ppi. Meski jenis panelnya belum AMOLED, namun tampilan gambar yang disuguhkan sudah pasti bakal kaya warna serta memiliki kontras dan ketajaman yang bagus karena telah memakai teknologi Triluminos display dan X-Reality Engine. Layar Sony Xperia XZ1 ini pun telah didukung multitouch 10 jari sehingga lebih responsif serta proteksi Corning Gorilla Glass yang versinya belum diketahui untuk melindunginya dari berbagai goresan dan benturan. Secara keseluruhan spesifikasi Xperia XZ1 bagian luar ini pun terbilang tangguh karena telah mendapat sertifikat IP68 yang membuatnya tahan debu dan air pada kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.

Ruang Teknis Gahar dengan Prosesor Octa-core dan RAM 4 GB

Selain memiliki desain yang menarik, ruang teknis juga merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki spesifikasi Sony Xperia XZ1. Pasalnya, bagian paling penting dalam kinerja operasional ini telah mengandalkan chipset terbaru Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835. Chipset ini hadir dengan prosesor Octa-core yang terdiri dari dua cluster, yakni quad-core 2.35 GHz Kryo dan quad-core 1.9 GHz Kryo sehingga membuat Sony Xperia XZ1 ini mampu menghasilkan performa yang gahar. Sektor ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB agar seluruh aktivitas multitasking bisa berjalan mulus tanpa lag. Kartu grafis terbaru Adreno 540 juga memastikan berbagai game dan multimedia terkini bisa dimainkan dalam Sony Xperia XZ1 ini dengan maksimal. Sementara itu, untuk menjalankan seluruh komponen-komponen tersebut, Sony akan mengandalkan sistem operasi Android 8.0 sehingga kinerjanya nanti bakal lebih unggul dibandingkan kebanyakan ponsel flagship yang ada saat ini. Tentu saja hal tersebut membuat spesifikasi Sony Xperia XZ1 pada dapur pacunya menjadi tolak ukur pabrikan lainnya yang masih menggunakan sistem operasi jadul.

Spesifikasi Sony Xperia XZ1

Spesifikasi Sony Xperia XZ1

Storage dengan 2 Varian Memori Internal 64 GB/128 GB yang Bisa Diperluas

Smartphone dengan performa yang gahar memang sudah seharusnya ditunjang dengan storage yang memadai sebab jika tidak maka kinerja operasionalnya bakal terganggu. Spesifikasi Sony Xperia XZ1 pada ruang penyimpanannya sendiri menawarkan dua varian memori internal yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ponsel ini bakal tersedia dengan memori internal berkapasitas 64 GB atau 128 GB. Kedua kapasitas memori internal yang ditawarkan Sony Xperia XZ1 tersebut sudah pasti bakal menyediakan ruangan yang sangat luas untuk menyimpan berbagai macam file milik penggunanya. Sayangnya, rupanya ruang penyimpanan pada perangkat ini masih bisa diperluas dengan menambahkan microSD berkapasitas maksimal 256 GB. Untuk Sony Xperia XZ1 dengan varian dual SIM, penambahan microSD ini nantinya harus mengorbankan slot SIM 2. Namun hal ini tampaknya tidak akan terlalu bermasalah karena memori internal yang tersedia pun sudah sangat memadai sehingga tidak mengurangi kesempurnaan spesifikasi Xperia XZ1 tersebut.

Kemampuan Fotografi Top dengan Duet Kamera 23 MP dan 13 MP

Nah, daya tarik utama dari spesifikasi Sony Xperia XZ1 rupanya bisa ditemukan pada lini fotografinya sebab Sony membekali perangkat barunya itu dengan dua piranti kamera yang memiliki resolusi tinggi. Pada bagian belakang terdapat kamera 23 MP yang memiliki aperture f/2.0 untuk menghasilkan bidikan foto dengan kualitas sempurna karena telah dilengkapi dengan fitur EIS, phase detection dan laser autofocus, serta LED flash. Kehandalan kamera Sony Xperia XZ1 ini juga terlihat karena bisa menghasilkan beberapa jenis video seperti 2160p@30fps, 1080p@30fps, dan 1080p@60fps. Ketiga fitur yang melengkapi kamera utamanya tersebut pun turut diperkaya dengan kehadiran fitur-fitur pendukung seperti 1/2.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama untuk memaksimalkan aktivitas fotografi pada Sony Xperia XZ1 tersebut. Sementara itu di bagian depan, terdapat kamera 13 MP dengan dukungan video 2160p sehingga mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas top serta sangat mumpuni untuk mendukung aktivitas video call. Dengan demikian memang spesifikasi Sony Xperia XZ1 pada lini fotografinya ini tampak begitu sempurna.

Spesifikasi Xperia XZ1

Spesifikasi Xperia XZ1

Konektivitas Super Kencang berkat Akses Jaringan 4G LTE

Berikutnya kita akan melihat seperti apa spesifikasi Sony Xperia XZ1 pada bagian konektivitasnya. Ponsel ini sendiri tersedia dalam varian single SIM dan dual SIM. Kedua-duanya telah mendukung akses jaringan 4G LTE sehingga mampu menawarkan koneksi internet sangat kencang. Dengan dukungan jaringan ini, aktivitas unduh data pada perangkat Sony Xperia XZ1 ini bisa dilakukan pada kecepatan 150 Mbps dan upload data pada kecepatan 50 Mbps. Sony pun masih menawarkan jaringan GSM dan HSPA untuk opsi alternatif dalam koneksi internet. Tak hanya memiliki koneksi internet yang kencang, Sony Xperia XZ1 ini pun sangat handal untuk urusan koneksi secara nirkabel karena telah dibekali dengan fitur Wi-Fi 802.11, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, dan hotspot. Bertukar data pun menjadi aktivitas yang bisa dilakukan dengan efisien berkat adanya fitur Bluetooth 4.2, A2DP, aptX, LE, USB 3.1, USB Tpe-C 1.0 reversible connector, dan USB host. Kemampuannya dalam menemukan lokasi pun tidak diragukan lagi sebab spesifikasi Xperia XZ1 telah dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS.

Pasokan Daya Andalkan Baterai Li-Ion

Pada bagian terakhir dari segmen ini kita akan membahas tentang spesifikasi Sony Xperia XZ1 pada bagian pemasok dayanya. Seperti smartphone flagship pada umumnya, ponsel ini juga dibekali dengan spesifikasi tinggi sehingga komponen-komponen canggih yang ada di dalamnya sudah pasti membutuhkan daya yang besar untuk menjalankan fungsinya. Sayangnya, kapasitas baterai yang akan ditanamkan pada Sony Xperia XZ1 ini masih belum diketahui. Informasi yang ada hanya menyebut jika perangkat ini akan menggunakan baterai berjenis non-removable Lithium Ion. Meski begitu jika melihat spesifikasi yang dibawanya, ponsel ini kemungkinan akan memakai baterai dengan kapasitas di atas 3.00 0 mAh. Yang lebih menarik adalah sektor daya Sony Xperia XZ1 ini telah dilengkapi dengan fitur fast charging, Quick Charge 3.0 untuk mendukung pengisian daya lebih cepat. Tak mengherankan jika sektor suplay daya yang dibawanya ini menjadi sektor yang cukup diunggulkan dari spesifikasi Sony Xperia XZ1 ini.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia XZ1

Sony nampaknya belum mau beranjak dari segmen flagship dengan meluncurkan Sony Xperia XZ1. Sebagai perangkat flagship spesifikasi yang dibawanya memang tak diragukan lagi. yang paling kentara adalah penggunaan Android 8 yang merupakan sistem operasi paling baru dari Google dan masih sangat jarang digunakan di perangkat-perangkat lainnya. Sony Xperia XZ1 memiliki tampilan yang mewah khas perangkat pabrikan Jepang ini. Dengan bodi metal yang dibawanya, perangkat ini juga telah mendapatkan sertifikasi IP68 sehingga perangkat ini memang tahan debu dan juga air dalam kedelaman tertentu. Tak hanya itu saja, kamera Sony Xperia XZ1 yang mencapai 23 MP pada bagian punggungnya juga seolah membuktikan bahwa Sony masih menjadi perangkat dengan kamera terbaik di tengah berbagai perangkat lain yang berlomba-lomba mengunggulkan kamera. Di sisi lain, layar Xperia XZ1 yang seluas 5.2 inci juga telah dibekali dengan proteksi corning gorilla glass sehingga terlindung dari goresan. Nah, itulah beberapa hal dari kelebihan Sony Xperia XZ1 dan kekurangan Sony Xperia XZ1 yang perlu dicatat. Selebihnya, lihat tabel di bawah ini.

Kelebihan Sony Xperia XZ1
  • Support 4G LTE
  • Support dual SIM
  • Sensor fingerprint
  • Bodi metal
  • Sertifikat IP68
  • Layar 5.2 inci
  • Resolusi layar Full HD
  • Proteksi Corning Gorilla Glass
  • Teknologi Triluminos display & X-Reality Engine
  • OS Android 8.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 635
  • Prosesor Octa-core
  • RAM 4 GB
  • GPU Adreno 540
  • 2 varian ROM 64 GB/ 128 GB
  • MicroSD 256 GB
  • Duet kamera 23 MP dan 13 MP
  • Navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS
  • USB Type-C
  • Fitur fast charging
Kekurangan Sony Xperia XZ1
  • Layar belum AMOLED
  • Slot SIM hybrid (versi dual SIM)
  • Non-removable battery

Harga Sony Xperia XZ1

Bagaimana kawan spesifikasi ponsel flagship terbaru Sony di atas? Sangat menarik, bukan? Nah, pada segmen ini kita akan berfokus untuk membicarakan harga Sony Xperia XZ1. Namun, sebelum lebih jauh membahas tentang nominalnya, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan dari keunggulan perangkat. Dengan membawa panel layar IPS LCD dengan bentang 5.2 inci yang memiliki resolusi Full HD membuat tampilan visual Sony Xperia XZ1 ini tampak menawan. Layar yang telah didukung dengan teknologi Triluminos display tersebut juga telah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass. Performa kinerja yang disuguhkan perangkat ini pun tak kalah tinggi dengan harga Xperia XZ1 tersebut, karena ruang teknisnya ditenagai prosesor delapan inti yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 4 GB. Kehadiran kamera utama 23 MP pada lini fotografinya pun dipastikan bakal sangat memanjakan para pecinta fotografi. Dengan segala keunggulan yang ditawarkannya tersebut, berapa sebenarnya harga Sony Xperia XZ1 ini?

Harga Sony Xperia XZ1

Harga Sony Xperia XZ1

Harga Xperia XZ1

Harga Xperia XZ1

Melihat berbagai macam smartphone dengan label flagship saat ini, tentu kita sepakat jika banderol harga Sony Xperia XZ1 ini akan sangat tinggi. Hal ini tak lepas dari perangkat ini yang berada di segmen premium yang akan membuat banderol harga jualnya tak jauh berbeda dengan smartphone-smartphone flagship lainnya. Sumber yang Begawei dapatkan menyebutkan jika Sony akan membanderol Sony Xperia XZ1 ini di pasaran dengan harga 600 Euro. Jika dikonversikan ke dalam rupiah maka nominal harganya setara dengan Rp 9,3 jutaan. Harga tersebut tentu sangat mahal sehingga tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan konsumen. Kendati demikian, dengan harga Xperia XZ1 yang cukup tinggi tersebut, Sony tampaknya memang mengincar pasar tertentu melalui perangkat barunya ini. Dengan harga tersebut sudah dapat diterka bahwa perangkat ini nantinya akan bersaing ketat dengan Samsung S8 ataupun iPhone 7 dengan harga yang tidak jauh berbeda. Nah, dengan harga Sony Xperia XZ1 yang mahal tersebut, berminatkah kawan-kawan memilikinya?

Harga Sony Xperia XZ1
Sekitar Rp 9.300.000,-  (Perkiraan)

Harga Sony Xperia XZ1 yang mahal ini tentu sangat pas dengan label flagship yang dibawanya. Pasalnya, selain membawa spesifikasi tinggi yang sangat bisa diandalkan untuk mendukung berbagai aktivitas keseharian, ponsel ini juga telah dibekali dengan berbagi fitur canggih yang beberapa di antara fitur Sony Xperia XZ1 tersebut bahkan belum banyak digunakan oleh kebanyakan smartphone saat ini. Bahkan smartphone ini juga memiliki resolusi kamera yang sangat tinggi dan disebut-sebut bakal menggunakan sistem operasi baru Android 8.0 yang saat ini bahkan belum diluncurkan. Dengan harga Xperia XZ1 yang tinggi tersebut, perangkat ini memang pas jika disebut sebagai rival tangguh untuk ponsel flagship terbaru Apple maupun Samsung. Nah, bagi kawan Begawei yang menginginkan smartphone Android premium dengan segudang fitur canggih, perangkat ini bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia XZ1. Semoga bermanfaat dan baca juga mengenai Sony Xperia XZ Compact dan Sony Xperia XZ Premium.

Spesifikasi Sony Xperia XZ1

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
  • 3G bands
    HSDPA 800 / 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100 - F8341, F8342
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 12(700), 13(700), 17(700), 19(800), 20(800), 26(850), 28(700), 29(700), 32(1500), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) - F8341, F8342
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (4CA) Cat12 600/150 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Belum Diumumkan
  • Status
    Rumor
Desain
  • SIM
    Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.2 inci
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass (unspecified version)
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v8.0
  • Chipset
    Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835
  • CPU
    Octa-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo)
  • GPU
    Adreno 540
  • RAM
    4 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 256 GB (dedicated slot) - single SIM | microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot) - dual SIM
  • Internal
    64/128 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    23 MP, f/2.0, 24mm, EIS (gyro), phase detection and laser autofocus, LED flash
  • Fitur
    1/2.3
  • Video
    2160p@30fps, 1080p@30fps, 1080p@60fps
  • Kamera Depan
    13 MP, 2160p, HDR
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, aptX, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • USB
    3.1, Type-C 1.0 reversible connector; USB Host
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass, color spectrum
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery

Produk Lainnya dari Sony

Top