Home » Produk » Sony Xperia XA1 Plus

Harga Sony Xperia XA1 Plus dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 4x2.3 GHz

  • RAM
    3 / 4 GB

  • Kapasitas
    32 GB

  • Layar
    5.5 inci

  • Kamera
    23 MP

  • OS
    Android OS, v7.0

Harga Sony Xperia XA1 Plus dan Spesifikasi – Tidak butuh waktu lama bagi Sony untuk meluncurkan Sony Xperia XA1 Plus sebagai salah satu pelengkap dari jajaran Xperia XA1 miliknya. Seperti diketahui, pada awal tahun ini Sony memang baru saja mengeluarkan dua produk barunya untuk segmen menengah, yakni Xperia XA1 yang mengusung layar 5 inci dan Xperia XA1 Ultra dengan ukuran layar yang lebih besar, yakni 6 inci. Kehadiran Sony Xperia XA1 Plus ini pun semakin melengkapi seri Xperia XA1 yang memang terkenal dengan spesifikasinya yang berkualitas. Bocoran spesifikasi dari ponsel baru yang berada di antara Xperia XA1 dan Xperia XA1 Ultra ini pun beberapa waktu yang lalu sudah tersebar di dunia maya. Spesifikasi yang dibawa oleh Sony Xperia XA1 Plus pun tak kalah handal dengan kedua saudaranya tersebut. Meski membawa ukuran layar yang berada di antara kedua seri pendahulunya, namun untuk bagian utama dari segi jeroan, handset ini masih mengandalkan komponen yang sama dengan Xperia XA1 dan Xperia XA1 Ultra. Lantas, apa sih yang membuat Sony Xperia XA1 Plus ini berbeda dengan kedua “kakak”nya tersebut.

Sony Xperia XA1 Plus

Sony Xperia XA1 Plus

Seperti kedua saudaranya, Sony Xperia XA1 Plus juga hadir membawa spesifikasi yang berkualitas sehingga sangat bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya. Selain menawarkan desain premium dengan berbagai pilihan warna menarik, perangkat ini juga memiliki kualitas display yang top karena Sony telah membekali Sony Xperia XA1 Plus ini dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen 5.5 inci yang beresolusi Full HD yang sudah lengkap dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5. Performa yang mampu dihasilkan ponsel baru Sony tersebut juga sangat optimal karena sektor dapur pacunya ditenagai dengan prosesor delapan inti yang dipadukan dengan dukungan dua varian RAM berkapasitas 3 atau 4 GB. Apalagi meskipun Sony Xperia XA1 Plus ini telah menjalankan Android Nougat namun pihak Sony menjanjikan akan mengupgradenya agar bisa mendukung sistem operasi terbaru Android Oreo. Salah satu daya tarik utama lain dari perangkat bernama Sony Xperia XA1 Plus tentu saja adalah ketahanannya, sebab Sony membekali ponsel baru ini dengan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 3.430 mAh. Ingin tahu lebih lanjut tentang keunggulan yang ditawarkan seri terbaru Xperia XA1 ini? Langsung saja yuk ikuti Begawei dalam membahas spesifikasi dan harga Sony Xperia XA1 Plus berikut ini!

HP Sony Xperia XA1 Plus

Smartphone Sony Xperia XA1 Plus

Review Sony Xperia XA1 Plus

Ponsel Berdesain Premium dengan Display Lebar

Melihat spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus di bagian terluarnya tentu kita bisa mendapati tampilan yang menarik. Meski tampilannya terbilang identik dengan kedua saudaranya, namun perangkat ini tetap memiliki daya tarik tersendiri berkat desain premium yang tercipta dari balutan material metal dengan pilihan warna hitam, biru, pink, dan emas. Sisi premium dari perangkat Sony Xperia XA1 Plus ini juga makin terasa dengan sensor fingerprint yang diletakkan di bagian samping untuk mempermudah pengguna dalam mengakses smartphone. Ponsel dengan bobot 189 gram ini memiliki panjang 155 mm, lebar 75 mm, dan tebal 8.7 mm. Walaupun secara ukuran perangkat bernama Sony Xperia XA1 Plus ini berada di antara kedua seri Xperia XA1 yang sudah lebih dulu meluncur, namun ponsel ini tetap menawarkan display yang maksimal dengan layar 5.5 inci yang telah mengadopsi teknologi IPS LCD. Layar ini juga memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan 401 sehingga apa saja yang ditampilkan melalui layarnya terlihat jernih. Kualitas display spesifikasi Xperia XA1 Plus ini juga makin lengkap dengan dukungan multitouch dan lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang membuat layarnya aman terhadap goresan dan benturan.

Performa Optimal dengan Prosesor Octa-core dan 2 Varian RAM Besar

Selain sektor fisik, spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus juga menawarkan keunggulan pada sektor dapur pacu. Meski komponen utama jeroan yang dipakai masih sama dengan kedua saudaranya yakni chipset Mediatek MT6757 Helio P20, namun tetap saja performa yang dihasilkan oleh perangkat ini tak bisa dipandang sebelah mata. Chipset yang digunakan Sony Xperia XA1 Plus ini memiliki prosesor Octa-core yang terdiri dari dua cluster, yakni quad-core 2.3 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.6 GHZ Cortex-A53 sehingga performa yang dihasilkan memang sangat optimal. Apalagi di dalam chipset yang tersemat pada Sony Xperia XA1 Plus tersebut juga terdapat kartu grafis Mali-T880MP2 untuk menyuguhkan konten visual yang mulus ketika digunakan untuk bermain game maupun memutar aplikasi multimedia. Aktivitas multitasking juga dijamin bisa berjalan dengan lancar tanpa lag karena sektor ini dibekali dengan dua varian RAM berkapasitas 3 GB atau 4 GB. Selain itu, dijalankkannya sistem operasi Android 7.0 Nougat pada Sony Xperia XA1 Plus ini juga membuat keseluruhan kinerjanya makin unggul dan stabil. Bahkan Sony telah menjanjikan untuk mengupgrade sistem operasi perangkat ini ke Android Oreo agar kinerjanya nanti semakin mantap. Hal tersebut tentu menjadi nilai lebih pada spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus untuk dapat menarik calon konsumennya.

Spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus

Spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus

Ruang Penyimpanan Luas dengan Memori Internal 32 GB dan MicroSD 256 GB

Kini ulasan kita akan berlanjut ke spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus pada ruang penyimpanannya. Sektor yang satu ini memiliki peran yang tak kalah penting untuk mendukung kelancaran operasional perangkat sehingga semestinya memang hadir dengan kapasitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan file penggunanya. Untuk urusan yang satu ini, Sony menghadirkan smartphone baru Sony Xperia XA1 Plus ini dengan bekalan memori internal sebesar 32 GB. Kapasitas memori internal yang ada pada perangkat terbarunya tersebut tentu sudah menyediakan ruangan yang lumayan luas untuk menampung file sistem maupun file hiburan milik pengguna. Nah, untuk kawan Begawei yang masih merasa kurang dengan space memori internal dari Sony Xperia XA1 Plus ini, kawan Begawei tak perlu khawatir, pasalnya sektor penyimpanannya ini masih bisa diekspansi dengan menambahkan microSD dengan kapasitas maksimal hingga 256 GB agar bisa mengakomodasi lebih banyak file berukuran jumbo. Nah, tentu dengan dimungkinkannya penambahan ruang simpan tersebut membuat spesifikasi Xperia XA1 Plus pada ruang simpannya ini cukup menarik.

Lini Fotografi Premium dengan Duet Kamera 23 MP dan 8 MP

Spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus juga menawarkan kemampuan fotografi yang cukup menakjubkan karena dibekali dengan dua perangkat kamera yang memiliki resolusi tinggi. Dengan begitu, lini fotografinya bakal sangat memanjakan pengguna yang hobi mengabadikan momen. Pasalnya, ponsel Sony Xperia XA1 Plus ini membawa kamera utama 23 MP beraperture f/2.0 yang sudah ditemani dengan fitur phase detection autofocus dan LED flash untuk menghasilkan kualitas foto yang menakjubkan dan tetap jernih meski diambil dalam kondisi low-light. Selain kedua fitur tersebut, Sony juga melengkapi Sony Xperia XA1 Plus ini dengan berbagai fitur-fitur pendukung seperti 1/2.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, dan panorama. Selain itu, kamera utamanya sanggup menghasilkan dua macam video, yakni 1080p@30fps dan HDR. Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera 8 MP dengan bukaan f/2.0 yang siap dipakai aktivitas selfie dan video call karena juga mendukung video 1080p. Spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus pada sektor fotografinya ini memang sepertinya akan menjadi hal yang menarik calon konsumen cukup banyak.

Spesifikasi Xperia XA1 Plus

Spesifikasi Xperia XA1 Plus

Konektivitas Lengkap Terdukung Akses Jaringan 4G LTE

Berikutnya kita akan membahas spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus di bagian konektivitasnya. Handset ini mendukung penggunaan single SIM maupun dual SIM sehingga pengguna bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan komunikasinya. Selain itu untuk jaringan utamanya, Sony membekali perangkat terbaru bernama Sony Xperia XA1 Plus ini dengan jaringan 4G LTE yang menawarkan koneksi internet kencang serta menawarkan aktivitas download data berkecepatan 150 Mbps dan upload data berkecepatan 50 Mbps. Meski telah memakai jaringan 4G LTE, namun hal ini tak lantas membuat Sony menghilangkan dukungan jaringan GSM dan HSPA untuk kebutuhan koneksi pada Sony Xperia XA1 Plus tersebut. Kebutuhan yang satu ini justru semakin optimal dengan hadirnya fitur Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct dan hotspot sehingga aktivitasnya bisa dilakukan secara wireless. Selain itu, aktivitas berbagi file bisa dilakukan dengan maksimal berkat dukungan fitur Bluetooth 4.2, A2DP, LE, aptX, LE, USB 2.0, USB Host, dan USB Type-C 1.0 reversible connector. Terakhir, pada spesifikasi Xperia XA1 Plus ini juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS yang mampu memetakan lokasi dengan sangat baik.

Baterai Berkapasitas 3.430 mAh

Menginjak ke pembahasan terakhir, yakni spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus di sektor pemasok dayanya. Ponsel ini bisa dikatakan memiliki kebutuhan daya yang lumayan besar sebab telah dibekali dengan spesifikasi khas perangkat mid-range dengan berbagai komponen unggulannya. Untuk itu, Sony membekali perangkat Sony Xperia XA1 Plus ini dengan baterai berjenis non-removable Lithium Ion berkapasitas 3.430 mAh untuk menyuplai kebutuhan dayanya. Selain memadai untuk memenuhi kebutuhan daya dari masing-masing komponennya, kapasitas baterai yang cukup besar ini juga membuat pengguna dari Sony Xperia XA1 Plus tersebut juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas kesukaannya dalam waktu yang lebih lama. Bahkan, Sony telah melengkapi sektor ini dengan fitur fast charging (Pump Express+ 2.0) sehingga memungkinkan baterai untuk diisi daya dalam waktu yang singkat. Dengan kesempurnaan berbagai sektor dari spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus ini, kira-kira berapa banderol harga yang akan disematkan Sony?

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia XA1 Plus

Sony kembali menambah jajaran seri Xperia XA1 yang bernama Sony Xperia XA1 Plus. Dengan embal-embel Plus yang tersemat pada belakang namanya tersebut, tentu saja ada beberapa hal yang membedakan perangkat ini dari kedua saudaranya yakni XA1 dan XA1 Ultra. Meskipun memiliki tampilan bodi luar yang tidak berbeda, namun hal tersebut justru membuatnya tampil sangat menawan dengan bodi metalnya. Apalagi, Sony Xperia XA1 Plus pada layarnya yang seluas 5.5 inci dan beresolusi full HD telah dilengkapi dengan sistem proteksi Corning Gorilla Glass 5 yang membuatnya aman terhadap benturan dan goresan. Di sisi lain yang cukup menarik dari perangkat ini adalah, janji Sony untuk mengupgrade sistem operasi yang digunakan dari Android Nougat ke Android Oreo. Hal tersebut tentu akan cukup menjadi daya tarik dari Sony Xperia XA1 Plus ini. Di sisi lain, satu hal yang cukup mengganjal dari perangkat ini adalah jenis baterainya yang non-removable sehingga tidak bisa dilepas sewaktu-waktu. Nah, demikian beberapa hal dari kelebihan Sony Xperia XA1 Plus dan kekurangan Sony Xperia XA1 Plus. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak tabel yang telah Begawei susun di bawah ini.

Kelebihan Sony Xperia XA1 Plus
  • Support 4G LTE
  • Support dual SIM
  • Sensor fingerprint
  • Bodi metal
  • Layar 5.5 inci
  • Layar berteknologi IPS LCD
  • Resolusi layar Full HD 1080 x 1920 piksel
  • Proteksi layar Corning Gorilla Glass 5
  • OS Android 7.0 Nougat
  • Chipset Mediatek MT6757 Helio P20
  • Prosesor Octa-core
  • 2 varian RAM 3 GB/4 GB
  • GPU Mali-T880MP2
  • Memori internal 32 GB
  • MicroSD 256 GB
  • Duet kamera 23 MP dan 8 MP
  • Navigasi GLONASS
  • USB Type-C
  • Baterai 3.430 mAh
  • Fitur fast charging
Kekurangan Sony Xperia XA1 Plus
  • Non-removable battery

Harga Sony Xperia XA1 Plus

Setelah selesai mengupas tuntas mengenai spesifikasi seri terbaru Xperia XA1 tersebut, maka kini saatnya kita untuk mengulas mengenai harga Sony Xperia XA1 Plus. Namun sebelum membicarakan lebih jauh tentang nominalnya, Begawei akan terlebih dahulu menyimpulkan kelebihan dari spesifikasi yang dibawanya. Smartphone terbaru Sony tersebut hadir dengan layar IPS LCD 5,5 inci beresolusi Full HD yang telah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5 sehingga kualitas display yang disuguhkan Sony Xperia XA1 Plus ini memang tak hanya menawan tetapi juga lebih aman. Sektor dapur pacunya sendiri mengandalkan perpaduan kinerja antara prosesor berinti delapan dengan dukungan dua varian RAM berkapasitas 3 GB atau 4 GB untuk agar menghasilkan performa yang optimal. Kedua pilihan RAM tersebut tentu akan mempengaruhi harga Xperia XA1 Plus ini. Selain itu, kehadiran baterai berkapasitas 3.430 mAh membuat smartphone ini bisa mendukung berbagai aktivitas favorit pengguna dalam waktu yang lebih lama. Dengan kemampuan seperti itu, kira -kira berapa banderol harga Sony Xperia XA1 Plus ini?

Harga Sony Xperia XA1 Plus

Harga Sony Xperia XA1 Plus

Harga Xperia XA1 Plus

Harga Xperia XA1 Plus

Jika mempertimbangkan posisinya sendiri yang berada di segmen sama dengan kedua saudaranya yang telah lebih dahulu diluncurkan tentu harga Sony Xperia XA1 Plus ini tidak akan terlalu berbeda jauh dengan kedua perangkat seri Xperia XA1 tersebut. Sayangnya hingga saat ini masih belum ada informasi yang menunjukkan harga resmi dari smartphone ini sehingga pada kesempatan kali ini, harga Xperia XA1 Plus yang Begawei sampaikan merupakan perkiraan saja. Berdasarkan sumber yang Begawei dapatkan, memperkirakan jika harga perangkat terbaru Sony ini akan berada di kisaran USD$ 400 atau jika dirupiahkan maka nominal harga jualnya kemungkinan akan berada di sekitar Rp 5,3 jutaan. Jika prediksi ini benar adanya tentu Sony Xperia XA1 Plus memang pas jika diposisikan antara Xperia XA1 yang masih dibanderol di Rp 4 jutaan dan Xperia XA1 Ultra yang dijual seharga Rp 6 jutaan. Selain itu, dengan kisaran harganya tersebut spesifikasi yang dibawanya juga memang berada di atas Xperia XA1 dan di bawah XA1 Ultra. Nah, apakah prediksi harga Sony Xperia XA1 Plus tersebut sudah cukup menarik perhatian kawan-kawan untuk membelinya?

Harga Sony Xperia XA1 Plus
Sekitar Rp 5.300.000,-  (Perkiraan)

Harga Sony Xperia XA1 Plus memang cukup mahal namun hal ini bisa dikatakan wajar sebab lini Xperia milik Sony memang selalu dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi di pasaran. Meski harus mengeluarkan uang yang banyak namun kawan Begawei dipastikan tidak akan menyesal karena dengan memiliki Sony Xperia XA1 Plus ini, kawan akan mendapatkan pengalaman pengoperasian smartphone yang cukup menakjubkan. Pasalnya, selain bisa menyaksikan kualitas visual dan performa yang mantap, pengguna juga bisa mengabadikan momen dengan foto terbaik melalui kamera utamanya yang memiliki resolusi sangat tinggi. Dengan harga Xperia XA1 Plus yang masih terbilang stanbdar di kelasnya tentu akan menjadi senjata baru Sony untuk bisa mengalahkan lini milik vendor lain tak terkecuali yang mengedepankan keunggulan fotografi. Yang pasti, ponsel ini bisa menjadi pilihan baru bagi kawan-kawan yang menyukai dengan seri Sony Xperia XA1. Cukup sekian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia XA1 Plus yang dapat Begawei berikan. Jangan lupa, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Sony XA1 Ultra dan Sony Xperia XA1 .

Spesifikasi Sony Xperia XA1 Plus

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps or LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Desain
  • Dimensi
    155 x 75 x 8.7 mm
  • Berat
    189 g
  • SIM
    Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.5 inci
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass 5
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v7.0 (Nougat)
  • Chipset
    Mediatek MT6757 Helio P20
  • CPU
    Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU
    Mali-T880MP2
  • RAM
    3 GB & 4 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 256 GB
  • Internal
    32 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    23 MP, f/2.0, 24mm, phase detection autofocus, LED flash
  • Fitur
    1/2.3
  • Video
    1080p@30fps, HDR
  • Kamera Depan
    8 MP, f/2.0, 24mm, autofocus, 1/4
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, aptX, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector; USB Host
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion
  • Daya
    3430 mAh

Produk Lainnya dari Sony

Top