Home » Produk » Sony Xperia XA

Harga Sony Xperia XA dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA – Sony Corporation nampaknya benar-benar memanfaatkan momentum Mobile World Congress (MWC) 2016 sebagai ajang unjuk gigi bagi deretan produk handset terbarunya. Setelah kemarin kita membuka line-up Sony Xperia generasi baru yang diawali oleh Xperia X, maka pada kesempatan kali ini kita akan berjumpa dengan Sony Xperia XA yang merupakan satu dari tiga generasi Xperia X Series. Banyak kalangan menilai bahwa Xperia XA ini akan menempati posisi paling buncit di antara keluarga Xperia X Series lainnya. Itu artinya, baik dari harga maupun kualitas, Sony Xperia XA akan berada pada level di bawah Xperia X atau Xperia X Performance. Namun meski begitu, tentu saja Xperia XA ini tak bisa dianggap remeh. Hal ini karena pihak Sony sudah menjanjikan performa terbaik dari masing-masing Xperia X Series, termasuk seri Sony Xperia XA yang akan segera kita bedah secara menyeluruh pada kesempatan kali ini. Sama seperti seri Xperia X yang sudah kita bahas sebelumnya, generasi Sony Xperia XA ini memang membawa bekal beragam spesifikasi unggulan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

sony xperia xa

Sebagai seri yang menempati level paling bawah di antara seri Xperia X Series lainnya, secara spesifikasi juga pastinya Sony Xperia XA hadir dengan bekal yang tak terlalu mencolok. Kendati demikian, smartphone terbaru lansiran Sony ini tetap menawarkan performa yang apik untuk penggunanya. Hal tersebut dibuktikan dari spesifikasi teknis Xperia XA di bagian layarnya yang kali ini membawa layar IPS LCD berbentang 5 inchi dengan resolusi gambar yang bisa dicapai adalah 720 x 1.280 piksel. Sedangkan pada dapur pacunya, Sony Xperia XA mengusung bekal chipset MediaTek Helio P10 dipadukan prosesor Octa-core 2 GHz. Kombinasi ini sudah cukup menjanjikan dalam menghadirkan kinerja responsif, belum lagi dengan RAM 2 GB siap membawa pengguna lebih lancar dalam menjalankan aplikasi secara bersamaan. Sementara itu, hadir sebagai keluarga Xperia, Sony Xperia XA dipastikan juga dijejali perangkat fotografi mumpuni yaitu kamera 13 MP dan 8 MP lengkap fitur olah fotografi modern. Di sektor yang terakhir, dukungan jaringan 4G LTE kian menambah nilai jual smartphone Sony seri Xperia XA untuk bertarung di pasaran. Nah, itu baru sekilas saja tentang Sony Xperia XA ini. Mau tahu spesifikasi teknisnya secara lengkap? Temukan jawabannya pada ulasan khusus Begawei mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia XA pada segmen-segmen di bawah ini!

hp sony xperia xa

Review Sony Xperia XA

Smartphone 5 Inchi dengan Desain Stylish dan Kompak

Untuk segmen perdana, seperti yang sudah-sudah Begawei akan mengajak sobat untuk mengulas detail tampilan pada spesifikasi Sony Xperia XA secara keseluruhan. Secara konsep desain, ponsel pintar Sony seri Xperia XA ini masih kental sekali aura smartphone Sony versi sebelumnya, terutama Xperia C5 Ultra. Dirancang dengan desain slim dan kompak, Sony Xperia XA terlihat begitu styilish dan eye catchy lewat bezel kanan kiri yng lumayan tipis. Secara dimensional, Xperia XA memiliki ukuran body mencapai 143.6 x 66.8 x 7.9 mm dan bobot 137,4 gram. Dengan ukuran dan bobot tersebut, membuat Sony Xperia XA menawarkan kompabilitas tinggi dan tingkat kenyamanan ekstra saat dioperasikan. Sementara untuk urusan visual, Sony kali ini membekalkan teknologi layar standar yaitu layar IPS LCD berukuran 5 inci. Layar yang ada pada Sony Xperia XA ini memiliki resolusi 720 x 1.280 pixel dengan kerapatan layar sebesar 294 ppi. Dengan spesifikasi layar tersebut, secara tampilan visual yang dihasilkan terbilang standar namun masih nyaman di mata. Sedangkan untuk sistem proteksinya, Sony Xperia XA ini juga sudah mengadopsi pelindung layar berupa Scratch-resistant Glass yang siap memproteksi permukaan layar dari resiko goresan saat pemakaian atau akibat kecelakaan. Meski kualitasnya satu level di bawah seri Xperia X, namun spesifikasi Xperia XA pada bagian desain dan visual ini tentunya sangat mumpuni untuk sebuah smartphone kelas menengah.

Chipset Helio P10 dan RAM 2 GB Siap Hadirkan Performa Responsif

Selanjutnya, kita akan mengulas spesifikasi Sony Xperia XA di bagian permesinannya yang rupanya sudah cukup handal untukl bertarung di segmen middle-range. Untuk bagian mesinnya, Xperia XA kali ini dibekali dengan dukungan chipset buatan Tiongkok yang sudah teruji di banyak flagship, yaitu chipset Mediatek MT6755 Helio P10. Sedangkan bagian prosesor, Sony memilih menggunakan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 sebagai otak komputasi untuk mengolah segala instruksi. Sedangkan demi menghadirkan performa multitasking lebih responsif, Sony Xperia XA dijejali dengan RAM 2 GB. Kapasitas tersebut tentunya sudah cukup ideal untuk pemrosesan data lebih lanjut. Di bagian kartu pengolah grafisnya, Sony Xperia XA mempercayakannya kepada GPU Mali T860MPW untuk menghasilkan display atau tampilan grafis lebih menarik. Terakhir sobat Begawei juga bakal disuguhkan fitur smartphone yang lebih lengkap dan menarik lewat dukungan platform Android 6.0.1 (Marshmallow) yang berjalan sempurna sebagai sistem operasi dari spesifikasi Sony Xperia XA ini.

spesifikasi sony xperia xa

Sektor Penyimpanan Data Lega Berkat ROM 16 GB Plus Slot MicroSD

Beranjak dari pembahasan spesifikasi Sony Xperia XA di bagian permesinannya, selanjutnya kita akan menuju ke spesifikasi di bagian penyimpanan data. Untuk sektor yang juga tak kalah penting ini, tentunya spesifikasi teknis Xperia XA ini pun juga dibekali dengan ruang penyimpanan yang berkapasitas luas. Meski hanya ditempatkan sebagai gadget kelas menengah, namun ternyata Sony Xperia XA ini tetap dibekali dengan kapasitas memori yang ideal di kelasnya. Kali ini, smartphone Sony seri Xperia XA dibekali dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Untuk ukuran smartphone mid-end, kapasitas sebesar 16 GB yang hadir pada Sony Xperia XA sudah merupakan kapasitas yang paling pas dan prosposional. Pada memori internal Xperia XA ini, sobat Begawei bisa menyimpan berbagai jenis file, baik itu file audio video, game, atau aplikasi yang membutuhkan space memori yang sangat besar. Tak seperti smartphone merek lain, Sony Xperia XA ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 200 GB. Kehadiran slot memori eksternal pada spesifikasi Xperia XA ini sangat berguna bagi kawan Begawei yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas dan bisa menjadi nilai tambah untuk menggempur pasar smartphone middle-range

separator

Lini Fotografi Berkualitas Lewat Duet Kamera 13 MP dan 8 MP

Sebagai salah satu pabrikan smartphone terkemuka, Sony cukup konsisten dalam merilis produk terbarunya yang memiliki bekal kamera mumpuni. Hal ini juga ditularkan Sony pada spesifikasi Sony Xperia XA pada lini fotografinya. Meskipun membidik segmen menengah namun tetap menghadirkan kualitas fotografi kelas atas. Sebagai kamera utama pada Xperia XA, Sony mempersenjatainya dengan kamera beresolusi 13 MP. Kamera yang terletak di bagian belakang Sony Xperia XA tersebut sudah dilengkapi dengan fitur fotografi modern seperti Phase Detection, Autofocus dan juga LED Flash. Sedangkan pada bagian olah fotografinya, kamera tersebut juga sudah dilengkapi juga degan fitur fotografi modern, seperti geo-tagging, touch focus, face/smile detection, dan  juga panorama. Kamera primer Sony Xperia XA ini sudah layak untuk menghasilkan foto dengan resolusi gambar yang cukup tajam. Sementara untuk perekaman, hasil video menggunakan kamera primer Sony Xperia XA terbilang lumayan umntuk ukuran smartphone dengan kualitas video mencapai 1080p@30fps. Kemudian berpindah pada bagian kamera depan, ternyata tak cukup timpang dengan kamera belakangnya, dimana Sony Xperia XA kali dibekali kamera depan berkekuatan 8 MP yang terbilang sangat fungsional untuk kebutuhan selfie atau video call. Kamera depan atau sekunder yang menjadi bagian spesifikasi Sony Xperia XA ini juga sudah dilengkapi fitur olah fotografi modern seperti 1/4″ sensor size, autofocus, 1080p, HDR, sehingga hasilnya tak perlu diragukan lagi.

spesifikasi hp sony xperia xa

Jaringan 4G LTE Suguhkan Akses Internet Kencang dan Stabil

Layaknya mayoritas smartphone modern, spesifikasi Sony Xperia XA pada sektor konektivitas ini juga sudah mengusung teknologi jaringan seluler terbaik. Untuk memberikan jaminan komunikasi dan akses data yang lancar, smartphone terbaru seri Xperia XA ini hadir dengan kemampuan konektivitas yang lengkap dan berteknologi tinggi. Sebagai jalur koneksi utama, perangkat ini mengandalkan teknologi 4G. Dengan kecepatan LTE yang dimilikinya, Sony Xperia XA bisa melakukan aktivitas downloading hingga mencapai kecepatan 150 Mbps, serta upload speed mencapai 50 Mbps. Sebagai back-up untuk koneksi 4G yang sebarannya memang belum merata di Indonesia, Sony Xperia XA juga dibekali dengan koneksi 3G. Pada jalur 3G, kawan Begawei akan bisa memanfaatkan kecepatan HSPA yang memiliki download speed dan upload speed cukup stabil. Sementara itu, sistem navigasi berupa A-GPS dan juga GLONASS pun juga sudah tersedia di dalam Sony Xperia XA dan siap menunjang kebutuhan pemetaan sobat Begawei dengan tingkat akurasi yang tinggi. Kemudian piranti konektivitas lainnya seperti WiFi, NFC, Bluetooth dan juga hotspot juga sudah tersedia lengkap pada smartphone terbaru lansiran Sony ini. Dengan bekal fitur dan teknologi yang lengkap, dipastikan bahwa spesifikasi Xperia XA pada sektor konektivitas ini akan memberikan kelancaran komunikasi di mana saja dan kapan saja.

Baterai Li-Ion 2.300 mAh Sebagai Pemasok Daya Utama

Setelah kita membahas spesifikasi Sony Xperia XA di berbagai segmennya secara detail, selanjutnya kita akan menuju ke segmen yang terakhir yaitu spesifikasi di bagian suplai daya atau baterai. Sayangnya meskipun sudah dijejali dengan spesifikasi mesin dan kamera yang mumpuni, namun utnuk suplai dayanya Sony Xperia XA tergolong cukup standar. Yup, kali ini tercatat Xperia XA hanya dibekali dengan baterai berjenis Li-Ion 2.300 mAh non-removable. Sebenarnya jika melihat komponen hardware yang ada pada Sony Xperia XA ini, sebenarnya kapasitas baterai tersebut sudah cukup pas dengan waktu hidup sampai 603 jam di jaringan 3G dan waktu bicara hingga 10 jam. Namun jika sobat Begawei merupakan penggun gadget aktif, ada baiknya selalu menyediakan unit pemasok daya cadangan mengingat spesifikasi Sony Xperia XA di bagian baterai masih terbilang standar. Selain itu, smartphone yang satu ini belum didukung teknologi fast battery charging.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia XA

Menjadi seri yang paling rendah dari keluarga Xperia X Series nyatanya tak membuat Sony Xperia XA kehilangan kualitas. Meski teknologi visualnya tak sebagus Xperia X, namun tampilan gambar pada smartphone yang satu ini dipastikan juga akan cukup bagus. Kemudian, kehadiran sepasang kamera 13 MP dan 8 MP juga pastinya akan menjadi kelebihan tersendiri. Lantas, apakah smartphone Sony seri Xperia XA ini tak memiliki kekurangan? Temukan jawabannya pada tabel kelebihan Sony Xperia XA dan kekurangan Sony Xperia XA di bawah ini!

Kelebihan Sony Xperia XA
  • Desain stylish dan kompak
  • Layar 5 inchi IPS LCD
  • Perlindungan layar Scratch-resistant glass
  • OS Android Marshmallow
  • Chipset MediaTek Helio P10
  • Prosesor Octa-core 2 GHz
  • GPU Mali-T860MP2
  • RAM 2 GB
  • Dual kamera 13 MP dan 8 MP
  • Memori internal 16 GB plus slot eksternal up-to 200 GB
  • Didukung jaringan 4G LTE
Kekurangan Sony Xperia XA
  • Resolusi layar standar
  • Baterai berkapasitas minimalis

Harga Sony Xperia XA

Akhirnya setelah bersama-sama kita membahas spesifikasi teknis dari produk ponsel pintar terbaru Sony seri Xperia XA dari segmen satu ke segmen lainnya, sekarang waktunya Begawei mengajak sobat semua untuk menilik kisaran harga Xperia XA yang dipasarkan di negara kita. Secara segmentasi pasar, banderol harga Sony Xperia XA kali ini memang sudah disesuaikan dengan target menyasar segmen mid-end. So, bisa dipastikan memang seri Xperia XA ini kemungkinan besar akan dibanderol dengan harga paling murah di antara seri Xperia X Series lainnya. Bicara soal teknis, smartphone yang satu ini hadir dengan bekal layar IPS LCD berukuran 5 inchi dengan resolusi gambar yang bisa dicapai adalah 720 x 1.280 piksel. Sementara untuk bagian permesinannya, harga Sony Xperia XA akan banyak dipengaruhi oleh bekal chipset MediaTek Helio P10 dipadukan prosesor Octa-core 2 GHz. Duet kedua komponen tersebut sudah cukup menjanjikan dalam menghadirkan kinerja responsif, belum lagi dengan RAM 2 GB siap membawa pengguna lebih lancar dalam menjalankan aplikasi secara bersamaan. Lantas, hadir sebagai keluarga Xperia, Sony Xperia XA dipastikan juga dijejali perangkat fotografi kelas atas lewat kamera 13 MP dan 8 MP lengkap fitur olah fotografi modern. Terakhir kehadiran jaringan 4G LTE siap membawa sobat Begawei merasakan sensasi berinternet yang cepat dan stabil. Nah dengan spesifikasi yang memang kelas menengah ini, berapa ya kira-kira harga Sony Xperia XA di pasaran?

harga sony xperia xa

harga sony xperia xa terbaru

Pada ajang MWC 2016 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol ini, Sony secara resmi memeperkenalkan Xperia XA ke publik, sekaligus mengumumkan harganya. Dari informasi yang dilansir oleh laman GSM Arena per Februari 2016, banderol harga Sony Xperia XA ini berkisar pada angka 300 euro, atau sekitar Rp 4,4 jutaan. Apabila dibandingkan dengan seri Sony Xperia X, memang seri harga Xperia XA ini memiliki banderol harga yang terpaut cukup jauh di bawahnya. Hal ini karena memang ponsel pintar yang satu ini kualitasnya tidak setinggi Sony Xperia X. Namun meski begitu, banyak pengamat yang menilai bahwa banderol harga Sony Xperia XA ini memang sudah sesuai dengan tingkat spesifikasi teknis yang dibawanya. Jika Sony Xperia X dan Sony Xperia X Performance menyasar para konsumen premium lewat kualitas kelas atas, maka Xperia XA ini dijadikan alternatif pilihan gadget berkualitas di segmen menengah. Jika melihat harga yang ditawarkan oleh Sony Xperia XA di pasaran, memang secara segmentasi, vendor asal Jepang tersebut memilih menempatkannya di kelas menengah ke atas. Dengan bekal spesifikasi teknis yang tergolong cukup mumpuni, kisaran harga Sony Xperia XA ini memang dirasa sudah pas untuk bertarung di pangsa pasar handset middle-range.

Harga Sony Xperia XA
Sekitar Rp 4.400.000,-

Dengan rilisnya seri Xperia XA ini, bisa menjadi momentum kebangkitan Sony di jagad industri smartphone global. Apalagi menimbang nama besar seri Xperia di pasaran sebelumnya, pastinya dengan kisaran harga Sony Xperia XA yang cukup kompetitif di kelas menengah, pastinya smartphone ini memiliki potensi untuk menjadi tulang punggung penjualan Sony selanjutnya. Meskipun memutuskan bertarung di pasar smartphone mid-end bukanlah perkara mudah, tetapi melihat kualitas yang selalu ditawarkan Sony pada tiap produknya, tentu Sony Xperia XA memiliki keunggulan yang tak terelakkan. Mengusung konsep desain mewah yang berpadu dengan selfie sentris, patut ditunggu apakah dengan harga Sony Xperia XA yang tak terlalu mahal ini bakal booming saat dipasarkan. Namun sayangnya untuk jadwal pemasarannya, sampai saat ini Sony belum memberikan jadwal rilisnya kecuali di Jerman. So, buat kamu yang sudah tak sabar berselfie dengan Xperia XA, harap bersabar dulu ya! Kita nantikan rilis resmi soal harga Sony Xperia XA ini di Indonesia dalam waktu dekat. Jangan lupa baca juga ulasan Begawei mengenai Sony Xperia X dan HTC Desire 630.

Spesifikasi Sony Xperia XA

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 - F3111, F3115
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800) - F3111
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2016, February
  • Status
    Coming soon
Desain
  • Dimensi
    143.6 x 66.8 x 7.9 mm (5.65 x 2.63 x 0.31 in)
  • Berat
    137.4 g (4.83 oz)
  • SIM
    Nano-SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~71.8% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Scratch-resistant glass
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
  • Chipset
    Mediatek MT6755 Helio P10
  • CPU
    Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Mali-T860MP2
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 200 GB (dedicated slot)
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, phase detection autofocus, LED flash
  • Fitur
    1/3
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    8 MP, 1/4
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP, LE, apt-X
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio with RDS
  • USB
    microUSB v2.0, USB Host
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    2300 mAh

Produk Lainnya dari Sony

  • Feny Andi

    ahhhh.. naksir berat sama handphonenyaaa

Top