Home » Produk » Sony Xperia X

Harga Sony Xperia X dan Spesifikasi


  • CPU
    TBC

  • RAM
    3 GB

  • Kapasitas
    32/64 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v6.0.1

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia X – Disaat vendor lain sudah mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya dalam merilis produk gadget terbaru, perusahaan asal Jepang, Sony justru santai-santai saja. Tak seperti pabrikan lain, Sony memang terkesan cukup terlambat dalam merilis jagoan barunya di pasar smartphone dunia. Meski cukup terlambat, namun rupanya lewat Sony Xperia X nilah vendor asal Negeri Sakura itu menggebrak. Ya, ‘hilangnya’ Sony dari jagad smartphone dunia rupanya bukan tanpa alasan. Demi generasi Xperia X ini, Sony rela menunda tenggat rilisnya demi sebuah kesempurnaan gadget masa kini. Kemunculan Sony Xperia X ini memang sudah cukup lama dinanti oleh penggemar gadget, khusunya mereka yang fanatik pada produk-produk Sony. Sebagai karya masterpiece Sony pada tahun 2016 ini, seri smartphone Sony Xperia X pun dipastikan sudah dibekali dengan spesifikasi teknis yang mumpuni. Hal ini karena Sony sendiri memang menempatkan seri Xperia X pada pangsa pasar smartphone kelas premium. Sama seperti produk-produk perangkat pintar Sony di kelas premium sebelumnya, Sony Xperia X akan membawa segenap keunggulan yang tak dimiliki oleh produk ponsel pintar lain.

sony xperia x

Jika mendengar produk smartphone besutan Sony, pasti kebanyakan dari kawan Begawei akan membayangkan sebuah perangkat pintar dengan kemampuan fotografi kelas atas. Benar sekali, pada seri Sony Xperia X ini, vendor kenamaan itu tetap mengedepankan sektor fotografi sebagai senjata andalannya. Tak tanggung-tanggung, kali ini Sony mengusung kamera belakang atau kamera utama berkekuatan 23 MP. Tak hanya memiliki kemampuan lensa yang cukup tajam, beragam fitur fotografi modern pun juga sudah dibekalkan pada Sony Xperia X ini, meliputi fitur aperture f/2.0, 24mm, phase detection autofocus, serta LED flash. Dengan kekuatan lensa serta dukungan fitur fotografi modern, pastinya generasi baru Sony Xperia ini akan mampu menghasilkan jepretan foto yang menawan. Apalagi, Sony Xperia X juga didukung oleh kamera depan 13 MP, yang merupakan salah satu kamera sekunder terbaik di kelasnya. Tak hanya mengandalkan sektor fotografi saja, smartphone terbaru seri Sony Xperia X ini juga sudah didukung komponen-komponen hardware berkualitas. Sebut saja, panel layar IPS LCD kapasitif berukuran 5 inci yang mendapat proteksi dari Scratch-resistant glass dab oleophobic coating. Kemudian pada ruang mesinnya, Sony Xperia X mengandalkan chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 yang didukung oleh GPU Adreno 510 serta RAM berkapasitas 3 GB. Dukungan koneksi terbaik berupa jaringan 4G LTE pun juga sudah hadir pada smartphone terbaru dari Sony ini. Nah sampai di sini apakah kawan Begawei sudah terbayang kualitas Xperia X ini? Jika belum, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia X pada segmen-segmen di bawah ini!

hp sony xperia x

Review Sony Xperia X

Tampilan Fisik Elegan Khas Sony Xperia Kelas Atas Didukung Panel Layar IPS 5 Inci

Kita awali pembahasan spesifikasi Sony Xperia X dari sisi eksteriornya terlebih dahulu. Sony sendiri sebenarnya menghadirkan seri Xperia X dalam tiga model, yaitu Xperia X, Xperia XA dan Xperia X Performance. Ketiga smartphone ini rencananya akan diperkenalkan secara bersamaan pada ajang MWC 2016 yang akan berlangsung di Barcelona, esok waktu Spanyol. Nah dari ketiga model tersebut, termasuk Sony Xperia X, memang membawa desain yang mirip, bahkan cenderung sama dan hanya berbeda spesifikasi teknis di beberapa sektor saja. Secara kasat mata, smartphone Sony seri Xperia X ini memang membawa konsep desain yang identik dengan smartphone premium khas Sony. Bentuk body-nya persegi panjang dengan sudut-sudut yang tegas. Dimensi fisik 142.7 x 69.4 x 7.9 mm dan bobot hanya sekitar 153 gram membuat nampak begitu slim dan proporsional, sekaligus nyaman saat dioperasikan dalam genggaman. Pada sisi belakang Sony Xperia X, pabrikan memilih menempatkan kamera pada ujung kanan atas, dengan tambahan lampu LED Flash di bawahnya. Desain back-side ini memang terlihat klasik, namun akan menimbulkan kesan elegan. Sony Xperia X hadir dalam pilihan warna casing white, grapith black, lime gold dan rose gold yang sangat elegan. Berlanjut pada layarnya, smartphone Sony seri Xperia X mengusung panel layar jenis IPS LCD capacitive touchscreen berukuran 5 inci, dengan resolusi HD 1080 x 1920 piksel serta kerapatan mencapai 441 piksel per inci. Sony Xperia X pun juga sudah menggunakan teknologi Triluminos display serta X-Reality Engine pada layarnya. Dari spesifikasinya, bisa dipastikan bahwa layar tersebut akan memberikan tampilan visual yang sangat memanjakan mata. Tak hanya visualisasi yang bagus, layar pada spesifikasi Sony Xperia X ini juga terlindungi secara baik berkat sistem proteksi Scratch-resistant glass dan oleophobic coating.

Performa Kelas Tinggi Mengandalkan Chipset Snapdragon 650 Berkekuatan RAM 3 GB

Setelah membahas tampilan luarnya, sekarang kita akan membahas spesifikasi Sony Xperia X di sektor dapur pacunya. Sebagai gadget kelas atas, tentu Sony tak main-main dengan produk barunya. Kali ini, Sony membekali dapur pacu smartphone terbarunya ini dengan komponen-komponen terbaik di kelasnya. Pada bagian inti mesin, Sony Xperia X dibekali dengan chipset generasi baru Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650. Chipset lansiran Qualcomm itu merupakan salah satu generasi chipset kelas atas yang akan menjamin performa serta kinerja olah data yang responsif dan stabil. Meski Sony belum mengumumkan detail CPU atau prosesornya, namun bisa dipastikan bahwa Sony Xperia X akan mengandalkan prosesor terbaik di kelasnya. Kemudian, kemampuan olah data pada smartphone ini juga akan semakin responsif berkat kehadiran RAM 3 GB dan juga kartu pengolah grafis dari Adreno 510. Kehadiran GPU Andreno 510 dengan dukungan RAM berkapasitas sangat besar pada Sony Xperia X ini akan membuat tampilan grafisnya menjadi lebih halus, terutama saat digunakan untuk memainkan game berkualitas HD. Selain tampilan visual dan grafis kelas wahid, interface yang disajikan juga sangat menarik karena spesifikasi Sony Xperia X di sektor dapur pacu juga didukung oleh kehadiran OS Android OS, v6.0.1 (Marshmallow) yang akan memberikan ragam fitur dan update profil menarik.

spesifikasi sony xperia x

Tersedia Pilihan Kapasitas Memori Internal 32 GB dan 64 GB

Selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi Sony Xperia X di sektor ruang penyimpanan data. Sektor storage pada ponsel pintar racikan Sony Corporation ini memang menghadirkan kapasitas yang luar biasa besar. Untuk memori internalnya, Sony Xperia X dibekali dengan pilihan opsi kapasitas 32 GB dan 64 GB yang akan memudahkan konsumen dalam menentukan kapasitas memori yang sesuai kebutuhan. Kapasitas sebesar 32 GB atau 64 GB ini pastinya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai file penting milik kawan Begawei, termasuk file sistem. Namun, jika kamu merasa kapasitas bawaan belum cukup menampung semua file penting kamu, storage pada Sony Xperia X juga bisa diekspansi dengan memanfaatkan slot microSD yang tersedia. Tak tanggung-tanggung, slot microSD pada Sony Xperia X ini bisa ditambahkan dengan kartu external memory hingga kapasitas 200 GB. Tentu saja dengan tambahan ruang simpan yang sangat luas, kawan Begawei akan lebih bisa memaksimalkan seluruh data untuk disimpan di dalam ponsel. Kehadiran slot eksternal memori pada spesifikasi Sony Xperia X ini juga merupakan salah satu kelebihan yang dimilikinya karena saat ini gadget kelas premium mulai menggunakan fitur non external memory.

Lini Fotografi Mumpuni dengan Bekal Kamera Belakang 23 MP Lengkap dengan Fitur Canggih

Sekarang saatnya kita masuk pada spesifikasi Sony Xperia X yang memang menjadi unggulan, yaitu sektor fotografi. Seperti kebanyakan smartphone premium buatan Sony lainnya, seri Xperia X ini tetap mengandalkan lini fotografi sebagai andalannya. Hal ini tak lepas dari ragam fitur canggih serta duet kamera berkekuatan lensa mumpuni yang ada pada lini fotografi Sony Xperia X ini. Sebagai kamera utama, Sony mengusung kamera belakang berkekuatan 23 MP lengkap dengan fitur f/2.0, 24mm, phase detection autofocus, dan juga LED flash. Kekuatan kamera belakang pada Sony Xperia X ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. So, hasil jepretan kamera pada smartphone ini sudah barang tentu tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Apalagi, smartphone ini juga sudah didukung dengan teknologi fotografi modern lainnya, macam 1/2.3″ sensor size, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan juga fitur panorama. Untuk perekaman video, Sony Xperia X sanggup digunakan sebagai merekam video dengan hasil rekaman berkualitas [email protected] Terakhir, sebagai penunjang kebutuhan selfie dan video call, kehadiran kamera depan 13 MP juga akan sangat membantu. Kamera depan pada Sony Xperia X tersebut juga sudah dilengkapi fungsi f/2.0, 22mm, 1/3″ sensor size, 1080p, dan juga HDR. Jadi, dengan piranti-piranti canggih pada sektor kamera, tak salah jika sobat Begawei yang memiliki hobi fotografi menjadikan smartphone ini sebagai pilihan, karena spesifiaksi Sony Xperia X pada bagian fotografi memiliki kemampuan yang luar biasa.

spesifikasi hp sony xperia x

Akses Internet Super Cepat Berkat Keberadaan Teknologi Jaringan 4G LTE Cat6

Saatnya berpindah ke spesifikasi Sony Xperia X pada lini konektivitas. Sebagai penunjang kebutuhan gadget modern, sektor konektivitas tentunya menjadi salah satu bagian yang sangat penting. Pada smartphone dual SIM card ini, kita akan disuguhi dengan teknologi-teknologi terbaik yang akan mendukung konektivitasnya. Sony Xperia X ini hadir dengan membawa konektivitas data terbaik saat ini, yaitu jaringan 4G LTE. Lewat dukungan jaringan 4G yang dibawa smartphone Sony seri Xperia X ini, kawan Begawei bisa men-download file dengan kecepatan maksimal mencapai 300 Mbps. Sedangkan untuk aktivitas upload, Sony Xperia X bisa dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal 50 Mbps. Selain jaringan super cepat 4G LTE, smartphone ini juga dilengkapi dengan teknologi 3.5 G HSPA dan juga EDGE. Jadi, bagi kawan Begawei yang daerah tempat tinggalnya belum ter-cover jaringan 4G, tetap bisa menikmati akses internet cepat dengan menggunakan gadget ini. Untuk kebutuhan koneksi jarak dekat, Sony Xperia X ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Wi-Fi, Wi-Fi Direct dan juga Hotspot. Lalu untuk kebutuhan transfer data, Sony pun juga telah menyematkan fitur Bluetooth dan juga microUSB pada phablet barunya ini. Sedangkan untuk keperluan navigasi, spesifikasi Sony Xperia X telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS.

Kebutuhan Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 2.620 mAh

Pada segmen terakhir dari pembahasan spesifikasi Sony Xperia X ini, kita akan menilik kapasitas pemasok daya yang ditanamkan oleh Sony pada varian ponsel pintar terbarunya ini. Menyesuaikan dengan komponen mesinnya, pabrikan membekali Sony Xperia X ini dengan kapasitas baterai yang cukup memadai. Perangkat pintar racikan vendor asal Jepang ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2620 mAh. Kapasitas tersebut akan cukup untuk mendukung operasional Sony Xperia X selama sehari penuh, dengan penggunaan normal. Jika melihat spesifikasi teknis yang dibawanya, dimana smartphone ini didukung oleh layar yang cukup luas serta ragam fitur modern yang canggih, sebenarnya kapasitas tersebut sudah cukup pas. Namun, ada sedikit kekurangan pada spesifikasi Sony Xperia X di sektor pemasok daya. Ponsel pintar terbaru dari Sony ini masih menggunakan jenis baterai Lithium-Ion yang kualitasnya tidak sebaik baterai Lithium-Polymer.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia X

Tak bisa dibantah lagi bahwa kelebihan utama yang sangat diandalkan oleh Sony Xperia X ini adalah kemampuan fotogarfinya, yang didukung duet kamera 23 MP dan 13 MP lengkap dengan beragam fungsi dan fitur fotografi modern. Kemudian, keberadaan fitur Fingerprint Sensor serta panel layar IPS LCD 5 inci yang memiliki resolusi sangat bagus juga menjadi catatan plus pada smartphone ini. Namun meski secara keseluruhan memiliki spesifikasi dengan nilai sangat baik, ponsel pintar besutan Sony ini tetap memiliki catatan kekurangan yang perlu diperhatikan. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel kelebihan Sony Xperia X dan kekurangan Sony Xperia X.

Kelebihan Sony Xperia X
  • Layar 5.0 inci IPS LCD
  • Resolusi layar Full HD 1080 x 1920 piksel 441 ppi
  • Dilengkapi finger print sensor
  • Proteksi layar Scratch-resistant glass, olephobic coating, Triliuminos display dan X-Reality Engine
  • OS Android Marshmallow
  • Chipset Snapdragon 650
  • GPU Adreno 510
  • RAM 3 GB
  • Memori internal 32 GB / 64 GB
  • Slot memori eksternal 200 GB
  • Kamera 23 MP dan 13 MP
  • Dual SIM card
  • Konektivitas lengkap
  • Navigasi A-GPS dan GLONNAS
  • Bluetoorh v4.2 A2DP, apt-X
  • Suppoert 4G LTE Cat6
Kekurangan Sony Xperia X
  • Kapasitas baterai standar
  • Baterai masih Li-Ion

Harga Sony Xperia X

Hadir sebagai produk premium dan sebagai versi terbaru dari jajaran seri Xperia , pastinya banderol harga Sony Xperia X pun akan sangat mahal. Jika berkaca pada spesifikasi yang dibawanya, kemungkinan besar memang smartphone Sony seri Xperia X ini akan dibanderol dengan harga yang sangat tinggi, bahkan menjadi yang paling tinggi dari jajatan Sony Xperia Series. Namun, sebelum kita membahas harga  Sony Xperia X lebih jauh, Begawei punya sedikit kesimpulan dari apa yang telah kita bahas tadi. Hadir dengan ukuran layar lebih luas, yakni 5.0 inci, pastinya tampilan visual smartphone ini akan lebih mantap. Selain itu, resolusi dan kerapatan layar  Sony Xperia X juga sudah sangat bagus. Kemudian, kapasitas memori internal smartphone ini pun juga lebih besar, yakni tersedia dalam dua varian yaitu 32 GB dan 64 GB yang tentu saja akan menjadi pengaruh bagi harga Sony Xperia X di pasaran. Ponsel pintar ini juga membawa perangkat kamera berkualitas, yaitu berupa duet kamera 23 MP dan 13 MP. Nah bagaimana? Apakah kawan Begawei sudah terbayang harganya?

harga sony xperia x

harga sony xperia x terbaru

Untuk harga Sony Xperia X secara resmi, pihak Sony memang belum mengumumkannya. Namun apabila berkaca dari spesifikasi yang dibawakan, tentu harga jualnya tidaklah murah. Jika melihat kisaran harga dari ponsel Xperia yang telah beredar, maka dengan spesifikasi demikian rupa bisa Begawei prediksikan untuk Sony Xperia X kemungkinan akan dibanderol dengan kisaran mencapai Rp 8-10 jutaan. Banderol harga Xperia X tersebut memang terhitung sangat mahal, apalagi jika nanti masuk ke Indonesia. Jika nanti hadir di Indonesia, harga Sony Xperia X ini ada kemungkinan juga akan disesuaikan. Namun Sony tentunya memiliki pertimbangan tersendiri kenapa ponsel pintar terbarunya ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Ya, nominal harga Sony Xperia X ini memang disesuaikan dengan spesifikainya yang mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi.

Harga Sony Xperia X
Sekitar Rp 8.000.000,- s/d Rp 10.000.000,-

Hadir dengan membawa kelebihan pada sektor fotografinya, memang banderol harga Sony Xperia X bisa menjadi yang tertinggi di antara smartphone khusus fotografi lainnya. Namun hal ini pastinya karena produk baru dari Sony ini sudah dibekali dengan beragam komponen fotografi yang sangat berkualitas, yaitu duet kamera 23 MP dan 13 MP. Secara kualitas, memang Sony Xperia X memiliki potensi untuk menjadi salah satu smartphone terbaik yang pernah dihasilkan oleh Sony. Sebagai salah satu jagoan segmen premium, wajar jika akhirnya harga Sony Xperia X melambung tinggi. Namun perlu diingat, harga Xperia X di atas masih berupa prediksi. Dan untuk harga resminya, nantikan hingga produk ini dirilis secara resmi. Itulah tadi ulasan menyeluruh Begawei mengenai spesifikasi teknis dan juga perkiraan harga Sony Xperia X di pasaran. Bagaimana? Tertarik untuk membelinya? Jangan lupa baca juga review menarik lainnya mengenai Sony Xperia Z5 Premium Dual dan Samsung Galaxy S6 Plus.

Spesifikasi Sony Xperia X

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2016, February
  • Status
    Coming soon
Desain
  • Dimensi
    142.7 x 69.4 x 7.9 mm (5.62 x 2.73 x 0.31 in)
  • Berat
    153 g (5.40 oz)
  • SIM
    Optional Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~69.6% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Scratch-resistant glass, oleophobic coating
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0.1 (Marshmallow)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
  • CPU
    To be confirmed
  • GPU
    Adreno 510
  • RAM
    3 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 200 GB (dedicated slot)
  • Internal
    32/64 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    23 MP, f/2.0, 24mm, phase detection autofocus, LED flash
  • Fitur
    1/2.3
  • Video
  • Kamera Depan
    13 MP, f/2.0, 22mm, 1/3
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    v4.2, A2DP, apt-X
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio with RDS
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    2620 mAh

Produk Lainnya dari Sony

Top