Home » Produk » Sony Xperia R1 (Plus)

Harga Sony Xperia R1 (Plus) dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 1.5 GHz

  • RAM
    2 / 3 GB

  • Kapasitas
    16 / 32 GB

  • Layar
    5.2 inci

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v7.1.1

Harga Sony Xperia R1 (Plus) dan Spesifikasi – Bakal dirilis pada tanggal 10 November mendatang bersamaan dengan varian Sony Xperia R1, Sony Xperia R1 (Plus) ini cukup memberikan warna baru di jajaran keluarga Xperia terbaru.  Apalagi smartphone ini dipilihkan vendor sebagai smartphone yang masuk jajaran kelas menengah ke bawah dan digadang-gadang sebagai smartphone terbaik di kelas tersebut. Tak ingin kalah dengan para kompetitornya yang mayoritas merupakan produsen smartphone asal Tiongkok, Sony Xperia R1 (Plus) ini pun dipersenjatai dengan spesifikasi mumpuni untuk menghadapi pesaingnya yang membombardir pasar smartphone Indonesia dengan spesifikasi unggulan pula. Meski bersaing di kelas menengah bawah, Sony membekalinya dengan berbagai keunggulan dari lini permesinan, fotografi, dan sebagainya. Hadir dalam dua varian warna yang berbeda, yaitu balck dan silver, Sony Xperia R1 (Plus) ini dapat dijadikan pilihan bagi kamu pecinta Sony Xperia yang menginginkan Xperia dengan harga terjangkau namun tetap dapat menikmati fitur-fitur mumpuni dari smartphone tersebut. lantas, kira-kira apa saja keunggulan dan kelebihan lain yang dibawa oleh perangkat Sony Xperia R1 (Plus) ini ya?

Sony Xperia R1 (Plus)

Sony Xperia R1 (Plus)

Melihat sekilas spesifikasi yang dibawanya, Sony Xperia R1 (Plus) ini dipersenjatai dengan hardware handal yaitu sistem operasi Android 7.1 (Nougat) yang dikolaborasikan dengan chipset terbaik Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dan processor tertinggi Octa-Core 1.5 GHz Cortex-A53 sehingga kinerja dapur pacu dari Sony Xperia R1 (Plus) ini tak akan kalah dengan para pesaingnya yang mayoritas juga megusung hardware serupa bahkan lebih rendah dari hardware yang dibawa oleh perangkat tersebut. Meski biasanya Sony mengusung layar wide angle 5.5 inci, namun nampaknya di Sony Xperia R1 (Plus) ini Sony menginginkan layar yang lebih kecil, yaitu 5.2 inci dengan tipe layar IPS LCD Capacitive Touchscreen sehingga meski layar ini kecil namun tampilan layarnya tetap menarik. selanjutnya dari sisi lini kamera pun tak kalah menarik dengan mengusung kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Menarik bukan ? Tentunya smartphone ini dapat diandalkan di berbagai aktivitasmu.  Ingin tahu lebih detail mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia R1 (Plus) ini ? Simak ulasan Begawei berikut ini!

HP Sony Xperia R1 (Plus)

Smartphone Sony Xperia R1 (Plus)

Review Sony Xperia R1 (Plus)

Mengusung Layar 5.2 inci dengan Resolusi HD

Pertama-tama Begawei akan mengulas dari sisi tampilan bodi fisik dari spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus) tersebut. Ponsel ini memiliki dimensi panjang 146 mm, lebar 73.2 mm, dan tebal 8.9 mm dengan berat 154 g ( 5.43 oz ) sehingga meski ukuran smartphone ini agak lebar namun tetap ringan untuk digenggam kemana pun. Selain itu, jika biasanya Sony mengandalkan layar wide angle 5.5 inci yang menjadi andalannya, kini Sony Xperia R1 (Plus) hanya dibekali dengan ukuran layar 5.2 inci dengan luas 74.5 cm² dan rasio 69.7 % layar ke tubuh smartphone dan dibekali dengan panel IPS LCD Capacitive Touchscreen 16 M Colors. Selanjutnya Sony juga membekali perangkat tersebut dengan resolusi layar HD 720 x 1280 pixels dengan rasio 16 : 9 dan kerapatan 282 ppi yang cukup menawan. Sayangnya Sony Xperia R1 (Plus) ini tidak dibekali dengan proteksi layar sehingga kamu harus memberinya proteksi tersendiri agar tidak terkena goresan ataupun benturan. Hadir dalam varian warna yang berbeda yaitu hitam dan silver, ponsel pintar ini juga dilengkapi dengan sensor fingerprint accelerometer dan proximity. Sehingga dengan demikian sektor terluar dari spesifikasi Xperia R1 (Plus) ini sudah dapat terbilang cukup baik.

Dapur Pacu Mumpuni Andalkan OS Android 7.1 (Nougat) dan Processore Octa-Core 1.5 GHz

Sesi selanjutnya, Begawei akan mengajak kawan-kawan untuk mengenali lebih jauh dapur mesin yang digunakan pada spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus) ini. Terkait dapur permesinannya, smartphone ini andalkan sistem operasi Android 7.1 (Nougat) yang merupakan seri sistem operasi Android terbaik saat ini meski setingkat di bawah sistem operasi Android 8.0 (Oreo). Sistem operasi Android yang digunakan Sony Xperia R1 (Plus) itu pun di duetkan dengan chipset terbaik Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dan processor tertinggi Octa-Core 1.5 GHz Cortex-A53, serta pilihan RAM 3 GB atau 2 GB. Dengan adanya hardware mumpuni tersebut maka pastilah sudah tidak diragukan lagi kecepatan dan responsivitas Sony Xperia R1 (Plus) jika digunakan dalam berbagai aktivitas multitasking yang membutuhkan kinerja lebih dari hardware smartphone tersebut. Apalagi dengan adanya GPU Adreno 505 yang akan membuat kinerja grafisnya mumpuni. Namun, akan lebih baik jika kamu memilih RAM berkapasitas paling besar dari spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus) ini, yaitu kapasitas 3 GB agar kinerja smartphone tersebut lebih baik.

Spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus)

Spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus)

Ruang Penyimpanan Lega dengan Memori Internal 16 GB/ 32 GB dan Eksternal Hingga 256 GB

Sesi berikutnya yaitu Begawei akan menguraikan mengenai ruang restorasi pada spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus). Ponsel pintar besutan vendor ternama ini dibekali dengan ruang penyimpanan internal dalam dua varian, yaitu 16 GB dan 32 GB, sehingga apabila kamu ingin menyimpan files, aplikasi, game, dan sebagainya yang berukuran besar, kamu dapat memilih Sony Xperia R1 (Plus) yang berkapasitas internal 32 GB tersebut. Jika kamu merasa kapasitas tersebut masih kurang untuk menyimpan berbagai kebutuhan kamu sehari-hari, kamu dapat menambahkan memori eksternal atau microSD ke dalam Sony Xperia R1 (Plus) tersebut dengan kapasitas maksimal hingga 256 GB. Belum diketahui apakah slot microSD yang disediakan perangkat ini berjenis dedicated ataukah hybrid slot. Namun yang pasti dengan pilihan dua memori internal dan tambahan slot microSD tersebut sudah dapat membuat spesifikasi Xperia R1 (Plus) pada sektor ini cukup sempurna.

Lini Fotografi Andalkan Kamera 13 MP dan 8 MP

Selanjutnya, pada sesi ini Begawei akan membahas secara detail mengenai lini kamera pada spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus) tersebut. Seperti tak ingin kalah dengan para pesaingnya, smartphone besutan merek ternama ini dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP yang dilengkapi dengan predictive phase detection autofocus dan LED Flash. Untuk kamera depannya, Sony membekali perangkat ini dengan kamera beresolusi 8 MP. Kamera Sony Xperia R1 (Plus) ini juga dibekali pula dengan predictive phase detection autofocus. Menarik bukan untuk kameranya? Meski para pesaingnya telah mengusung dual kamera tetapi untuk urusan fotografi, Sony tidak diragukan lagi kehebatannya yang terkenal dengan hasil fotografi sempurna. Sehingga hasil foto dari kamera Sony Xperia R1 (Plus) tersebut pun tak kalah dengan para pesaingnya yang telah mengusung dual kamera atau pun resolusi yang lebih besar dibandingkan perangkat ini. Terkait perekaman video, tak lupa Sony membekalkan resolusi video Full HD 1080p@30fps yang dapat menghasilkan video dengan kulaitas jernih dan tajam khas Sony. Fitur-fitur pelengkap juga disematkan pada spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus) ini untuk menunjang lini fotografinya yaitu antara lain geo-tagging, touch focus, dan face detection.

Spesifikasi Xperia R1 (Plus)

Spesifikasi Xperia R1 (Plus)

Konektivitas Handal Berkat Jaringan 4G LTE

Di sesi ini Begawei akan membahas mengenai konektivitas pada spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus) tersebut. Mengusung jenis kartu dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by), smartphone ini telah dibekali dengan konektivitas atau jaringan internat cepat 4G LTE. Akan tetapi sejauh ini belum diketahui apakah Sony Xperia R1 (Plus) akan menggunakan jaringan 4G LTE Cat 12 atau bahkan dibawahnya. Standarnya seharusnya smartphone ini sudah menggunakan Cat 12 karena merupakan smartphone kelas menengah. Apabila memang benar menggunakan Cat 12 maka merupakan keberuntungan bagi pengguna karena jaringan yang disematkan pada Sony Xperia R1 (Plus) tersebut sudah sangat cepat digunakan untuk berselancar di internet. Berbagai fitur konektivas juga disematkan di Sony pada perangkat terbarunya, antara lain Wi-Fi 802.11, hotspot, bluetooth 4.2, A2DP, LE, sistem navigasi A-GPS, GLONASS, FM Radio, dan Port USB Type-C 1.0 reversible connector. Sehingga dengan demikian spesifikasi Xperia R1 (Plus) pada bagian konektivitasnya ini sudah dapat dibilang memadai.

Baterai Cukup Handal Berkat Kapasitas 2620 mAh

Sesi terakhir ini Begawei akan mengulas mengenai sisi pemasok daya pada spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus). Keluarga Xperia ini membawa baterai non-removable Li-ion berkapasitas 2620 mAh. Kapasitas tersebut menurut Begawei sudah mencukupi untuk menunjang kebutuhan spesifikasinya yang juga terbilang tidak terlalu tinggi namun tetap memadai. Meskipun Sony Xperia R1 (Plus) hanya menggunakan baterai berkapasitas di bawah 3000 mAh, tidak membuat perangkat ini ciut nyali untuk bersaing dengan kompetitornya asal Tiongkok yang telah berani membekali smartphone lansirannya dengan baterai 3000 mAh hingga 4000 mAh di kelas menengah. Namun, meskipun Sony Xperia R1 (Plus) hanya membawa baterai yang mungil, kamu tak perlu khawatir karena smartphone Xperia terkenal tidak boros baterai dan sudah teruji selama ini dibandingkan dengan smartphone asal Tiongkok. Berbagai mode hemat daya pun juga telah dibekalkan pada spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus) sehingga kamu dapat mensettingnya sesuai kebutuhan kamu.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia R1 (Plus)

Sony memang lebih dikenal dengan berbagai perangkat kelas atas buatannya yang tidak diragukan kualitasnya. Menggunakan Sony Xperia R1 (Plus), Sony nampaknya berusaha untuk menyasar segmen yang lebih rendah yakni segmen menengah ke bawah. Namun, meskipun dibuat untuk menyasar segmen menengah ke bawah, Sony tetap memberikan spesifikasi unggulan pada perangkat ini. Salah satunya pada bagian dapur pacu Sony Xperia R1 (Plus) ini yang telah dibekali dengan komponen mumpuni. Diantaranya adalah prosesor octa-core 1.5 GHz serta pilihan dua varian RAM yakni 2 & 3 GB serta penggunaan sistem operasi Android Nougat. Dengan komponen tersebut, performa yang mampu dicapai perangkat ini pun dapat dibilang cukup baik. Di sisi lain, Sony Xperia R1 (Plus) ini pun telah dibekali dengan sektor fotografi yang terbilang cukup baik. Yakni kamera 13 MP untuk bagian belakangnya dan kamera 8 MP. Meskipun belum menggunakan dual kamera utama, namun hal tersebut tidak mempengaruhi kualitas kameranya yang sangat baik. Nah, demikian kelebihan Sony Xperia R1 (Plus) dan kekurangan Sony Xperia R1 (Plus) yang dapat Begawei sampaikan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Sony Xperia R1 (Plus)
  • Jaringan 4G LTE
  • Dual SIM
  • Layar Seluas 5.2 inchi
  • Tipe Layar IPS LCD Capacitive Touchscreen 16 M Colors
  • Sensor Accelerometer dan Proximity
  • Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • Processor Octa-Core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU Adreno 505
  • RAM 2/3 GB
  • OS Android 7.1 (Nougat)
  • Memori Internal 16 GB/32 GB dan Eksternal Hingga 256 GB
  • Kamera Belakang 13 MP dan Kamera Depan 8 MP
  • Resolusi Video Full HD
  • Sistem Navigasi A-GPS
  • Baterai 2620 mAh
Kekurangan Sony Xperia R1 (Plus)
  • Resolusi Layar Tidak Full HD
  • Tidak Ada Proteksi Layar

Harga Sony Xperia R1 (Plus)

Usai sudah kita membahas mengenai spesifikasi perangkat terbaru Sony ini. Selanjutnya, Begawei akan mengulas mengenai harga Sony Xperia R1 (Plus) tersebut. Menilik spesifikasi yang dibawanya, smartphone ini mengusung hardware handal yang tak kalah dengan para pesaingnya, yaitu OS Android 7.1 (Nougat) yang dikolaborasikan dengan  chipset terbaik Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dan processor tertinggi Octa-Core 1.5 GHz Cortex-A53, serta pilihan RAM 3 GB atau 2 GB. Hal ini tentunya akan mempengaruhi harga Xperia R1 (Plus) itu. Tak hanya itu, dibekali dengan lini kamera mumpuni yaitu kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP, tentunya juga semakin membuat brand smartphone yang telah berjaya di awal tahun 2000an tersebut mahal. Meskipun kamera yang digunakan Sony Xperia R1 (Plus) tersebut belum menggunakan dual kamera utama seperti yang banyak digunakan perangkat asal Tiongkok di kelas yang sama. Di sisi lain, tampilan desainnya yang menawan juga dipastikan akan cukup mempengaruhi harganya. Lalu menurut kawan-kawan berapakah harga Sony Xperia R1 (Plus) tersebut ?

Harga Sony Xperia R1 (Plus)

Harga Sony Xperia R1 (Plus)

Harga Xperia R1 (Plus)

Harga Xperia R1 (Plus)

Bersaing di kelas menengah ke bawah, seharusnya harga Sony Xperia R1 (Plus) tersebut murah. Namun, berdasarkan informasi yang begawei dapatkan dari para intelejen Begawei, perangkat terbaru Sony tersebut dibanderol dengan harga 14000 INR atau setara dengan Rp. 2.928.000,-. Banderol harga Xperia R1 (Plus) tersebut terbilang cukup mahal bukan, apalagi jika kita lihat beberapa kompetitornya di kelas sejenis asal Tiongkok, untuk smartphone kelas menengah ke bawah telah dibekali dengan spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan dengan smartphone Sony Xperia R1 (Plus). Sedangkan jika kita melihat kembali spesifikasi yang dibawanya, perangkat tersebut hanya unggul di lini hardaware dan lini kameranya. Lalu apakah menurut kawan-kawan kisaran banderol yang disematkan pada harga Sony Xperia R1 (Plus) tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan?

Harga Sony Xperia R1 (Plus)
Sekitar Rp. 2.928.000,-

Dengan harga Sony Xperia R1 (Plus) tersebut yang cukup mahal, namun hal tersebut rupanya tidak lepas dari nama besar Sony yang sudah sejak lama dikenal sebagai pabrikan berkualitas. Oleh karenanya, meski mengusung spesifikasi yang kurang mumpuni dibandingkan dengan smartphone lansiran Tiongkok seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, dan sebagainya harga Xperia R1 (Plus) tetap dibanderol cukup mahal. Namun demikian, meski dibanderol dengan harga yang cukup mahal untuk smartphone di kelas menengah ke bawah, menurut Begawei harga tersebut sudah sepadan dengan kualitas yang dibawa oleh Sony Xperia R1 (Plus) ini.  Yang jelas, untuk dapat bersaing dengan para kompetitornya asal China, Sony tentu telah memiliki strategi tersendiri yang akan digunakan untuk dapat memasarkan perangkat terbarunya ini. Nah, demikian ulasan yang dapat Begawei berikan mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia R1 (Plus). Jangan lupa baca juga ulasan menarik lain mengenai Sony Xperia XZ1 dan Sony Xperia XZs.

Spesifikasi Sony Xperia R1 (Plus)

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Oktober
  • Status
    Segera Dirilis
Desain
  • Dimensi
    146 x 73.2 x 8.9 mm
  • Berat
    154 g
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.2 inci
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~282 ppi density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v7.1 (Nougat)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • CPU
    Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 505
  • RAM
    2 GB & 3 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 256 GB
  • Internal
    16 GB & 32 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, predictive phase detection autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    8 MP, predictive phase detection autofocus
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    Type-C 1.0 reversible connector
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    2620 mAh

Produk Lainnya dari Sony

Top