Home » Produk » Sony Xperia E5

Harga Sony Xperia E5 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz

  • RAM
    1.5 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Harga Sony Xperia E5 dan Spesifikasi – Siapa yang tak tahu Sony? Produk dari vendor ternama yang telah memasuki pemasaran Internasional ini, dikenal dengan produknya yang berkualitas tinggi. Setelah kehadiran produk andalannya dengan membawa embel-embel Xperia, nama Sony kini kian melejit dengan memberikan kualitas yang semakin baik. Kini Sony kembali hadir dengan seri terbarunya yaitu Sony Xperia E5 yang kabarnya akan rilis pada bulan Juni mendatang. Dari generasi-generasi Xperia sebelumnya, ponsel pintar asal negeri Sakura ini memang telah mampu menarik hati pengguna. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, pastinya Sony Xperia E5 ini dibekali dengan spesifikasi unggulan di kelasnya dari perangkat yang handal. Meski masih berada pada segmentasi smartphone kelas menengah, namun seperti biasa Sony selalu menghadirkan performa tangguh pada setiap generasi Xperia. Bahkan, jika dibandingkan, kualitas Sony Xperia ini sekelas dengan produk asal Korea Selatan, Samsung. Bukan itu saja, Sony Xperia E5 juga mengusung perangkat dapur pacu dengan performa kerja yang stabil dan tangguh. Semakin penasarankan dengan kemampuan Sony Xperia E5 ini?

sony xperia e5

Berbicara mengenai Sony Xperia E5 ini, tentunya tak akan lepas dari dikenalnya Sony sebagai sebuah perusahaan gadget dengan kualitas kamera yang dapat diandalkan oleh konsumen. Bahkan hingga kini, Sony juga tetap menjaga keunggulan produknya pada sektor fotografi yang mumpuni untuk produk smartphone-nya. Secara praktis, dapatlah dibayangkan kualitas kamera yang dimiliki Sony Xperia E5 ini. Selain sektor kamera yang menjadi salah satu nilai jual pada ponsel kelas menengah ini, Sony Xperia E5 ini juga memberikan performa dapur pacu yang handal. Dengan processor Quad-core berkecepatan 1.3 GHz, dapat dipastikan bahwa kinerja dari Sony Xperia E5 ini memang cukup tangguh dan handal, processor tersebut terdapat pada chipset MediaTek MT6735. Dengan begitu kinerja ponsel ini tak perlu diragukan lagi. Sony Xperia E5 ini hadir dengan RAM sebesar 1.5 GB akan mendukung performa kerja yang lebih optimal, meski untuk kinerja secara multitasking kemungkinan hanya untuk proses secara wajar saja. Smartphone dengan spesifikasi secanggih itu akan membuat kawan Begawei merasa puas dengan kinerja yang diberikan. Nah, semakin penasarankan dengan spesifikasi dan harga Sony Xperia E5 ini? Simak yuk!

hp sony xperia e5

Review Sony Xperia E5

Ponsel Kelas Menengah dengan Layar Mungil 4,6 Inci

Spesifikasi Sony Xperia E5 ini tak hanya memberikan desain elegan namun juga memberikan kualitas yang terbilang baik. Meski untuk dimensi dan beratnya belum diketahui secara pasti, namun jika melihat dari gambar tampilannya Sony Xperia E5 terlihat cukup proporsional dan tak terlalu besar untuk digenggam. Untuk urusan visual, Sony mempercayakan kualitas visual pada layar tipe IPS LCD capacitive touchscreen berukuran cukup mungil yaitu 4,6 inci dengan resolusi hd 720 x 1280 pixels yang memiliki kerapatan layar hingga 319 ppi. Dengan perangkat visual yang sedemikian, mampu memberikan tampilan visualisasi pada Sony Xperia E5 yang nyaman dan aman di mata. Tentunya hal ini sudah menjadi bagian dari ciri khas Sony yang tak terelakkan. Sayangnya, spesifikasi Xperia E5, Sony belum melengkapinya dengan pelindung layar anti gores, sehingga kawan Begawei dianjurkan untuk memasangnya secara manual.

Ruang Dapur Pacu Tangguh dengan Processor Quad-core dan RAM 1,5 GB

Untuk performa kerja dapur pacu, mari kita bedah sama-sama apa saja sih perangkat dapur pacu yang ditanam dalam spesifikasi Sony Xperia E5 ini. Pada produk barunya, kali ini Sony memberikan perangkat-perangkat hardware yang sesuai dengan segmentasi ponsel kelas menengah. Memang tak semewah spesifikasi pada ponsel premium, namun tenaga yang dihasilkan oleh Sony Xperia E5  ini akan sanggup melakukan olah data cukup baik. Salah satunya adalah Chipset MediaTek MT6735 yang di dalamnya terdapat processor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53. Dipacu dengan RAM sebesar 1,5 GB, kinerja di dalam sistem juga dapat dilakukan secara multitasking secara normal. Segala kualitas dari spesifikasi Sony Xperia E5 yang super canggih tersebut akan bekerja pada sistem operasi yang tidak kalah canggih yaitu Android Marshmallow v6.0. Pastinya dengan OS terbaru tersebut, kinerja Sony Xperia E5 akan melesat disamping memiliki tampilan yang menarik. Dukungan grafis yang dimilikinyapun juga mendukung aktivitas multimedia dengan tangguh. GPU Mali-T720MP2 disebut-sebut akan melengkapi kecanggihan spesifikasi Sony Xperia E5 ini sehingga mampu memberikan tampilan grafis berkualitas tinggi.

spesifikasi sony xperia e5

Ruang Penyimpanan di Memori Internal Seluas 16 GB

Pembahasan spesifikasi Sony Xperia E5 ini sekarang akan beralih ke ruang penyimpanan atau memori. Xperia seri terbaru ini memberikan kapasitas ruang simpan yang lebih dari cukup untuk menampung ribuan data yang ingin kawan Begawei simpan. Sony Xperia E5 ini, kapasitas memori internal seluas 16 GB membuat kawan Begawei leluasa dalam melakukan segala aktivitas yang memerlukan penyimpanan luas, seperti pembuatan video atau pengambilan foto. Untuk kinerja yang bersinergi antara kamera dengan ruang simpan Sony Xperia E5 ini cukup sepadan dengan produk-produk smartphone kelas menengah lainnya. Bisa dikatakan memori internal 16 GB yang sudah lebih dari cukup, apalagi ditambah dengan slot memori eksternal dengan kapasitas hingga 64 GB yang menambah keleluasaan bagi pengguna. Sehingga secara teknis, memori internal yang ditawarkan oleh spesifikasi Xperia E5 ini mencapati 80 GB. Luar biasa bukan?

separator

Lini Fotografi Andalkan Kamera 13 MP dan 5 MP

Jangan heran apabila spesifikasi Sony Xperia E5 ini memberikan kualitas kamera yang jauh lebih bagus meskipun ukuran lensanya sama dengan produk lain. Dengan kamera utama sebesar 13 MP yang lengkap dengan autofocus serta LED flash. Tidak perlu banyak bicara lagi, bahwa memang kamera dari Sony Xperia E5 sudah terbilang profesional dalam membidik objek. Bukan hanya itu, kualitas yang diberikan pada video juga tidak kalah bagus. Kamera utama Sony Xperia E5 tersebut bisa menghasilkan video dengan kualitas tinggi sebesar 1080p@30fps. Kualitas tersebut tentunya anti patah-patah berkebalikan dengan ponsel low-end yang menawarkan kualitas tinggi namun patah-patah. Sebagai pelengkap spesifikasi Sony Xperia E5 ini, Sony menyematkan kamera berukuran 5 MP sebagai kamera sekunder yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan foto selfie ataupun video call.

spesifikasi xperia e5

Konektifitas Jaringan Andalkan 4G LTE

Untuk perangkat dasarnya, spesifikasi Sony Xperia E5 ini memang masih membawa slot single Micro-SIM, namun telah menjamin akses internet yang sangat handal. Perangkat ini mendukung untuk jaringan GSM yang antinya akan support dengan jaringan 4G LTE. Dengan kecepatan download sebesar 150 Mbps dan kecepatan upload sebesar 50 Mbps, maka kawan Begawei akan diberikan kecepatan akses yang lebih dari cukup melalui Sony Xperia E5 ini. Apabila berada pada lokasi yang memang tidak masuk cakupan 4G LTE, maka kawan Begawei juga bisa memanfaatkan jaringan 3G atau 2 G, serta bisa juga memanfaatkan jaringan GPRS juga EDGE. Untuk konektifitas jarak dekat, Sony Xperia E5 ini dibekali dengan perangkat WiFi, WiFi Direct dan hotspot yang mampu menerima dan juga membagi jaringan di manapun dan kapanpun. Dengan tambahan perangkat Bluetooth v4.2, A2DP dan apt-X akan membuat sharing data secara nirkabel menjadi lebih cepat. Sony Xperia E5 ini juga dilengkapi dengan microUSB v2.0 yang memungkinkan untuk melakukan debug USB. Untuk navigasi, spesifikasi Xperia E5 menggunakan A-GPS yang meski masih standar namun akan membantu melakukan penguncian lokasi.

Kapasitas Daya Pastikan Sesuai Kebutuhan

Pembahasan selanjutnya dari spesifikasi Sony Xperia E5 ini akan beralih ke sektor suplai daya. Untuk suplai daya sendiri, bisa diperkirakan dari komponen pada sektor lain seperti layar, dapur pacu juga konektivitasnya. Karena spesifikasi, performa kinerja, juga grafis yang bisa dikatakan standar, maka kebutuhan konsumsi daya baterai juga masih standar. Dengan jenis baterai non removable Li-Ion, ponsel Sony Xperia E5 kemungkinan akan membawa kapasitas yang sanggup memenuhi kebutuhan operasional selama seharian. Namun, hingga saat ini kapasitas baterai masih belum diketahui. Kemungkinan masih menjadi pertimbangan dari vendor agar segala kebutuhan akan terpenuhi. Diharapkan kali ini Sony akan sedikit berbaik hati memberikan kapasitas besar untuk Sony Xperia E5 ini. Karena jika melihat yang sudah-sudah kapasitas baterai pada Sony Xperia seri sebelumnya terbilang masih pas-pasan. Menariknya, walaupun terbilang pas-pasan, penggunaan daya dapat dibilang lebih irit dibandingkan dengan ponsel pintar di kelasnya. Hal ini tentunya menjadi kode terhadap konsumsi daya yang akan disusung dalam spesifikasi Sony Xperia E5 ini.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia E5

Untuk pengguna pemula, spesifikasi Sony Xperia E5 ini bisa dibilang banyak lebihnya. Sebagai contoh layar 4.6 inci yang diusungnya memang terlihat mungil. Namun, pengguna pemula biasanya malah akan kagok menerima papan besar sebagai ponsel di tangannya. Tentunya, hal tersebut memang menyangkut masalah teknis penggunaan Sony Xperia E5 semata. Apabila melihat performanya, bisa dibilang ponsel ini lebih dari cukup. Chip Mediatek MT6735 menjadi bukti keganasan ponsel Xperia yang satu ini. Performanyapun masih didorong dengan adanya RAM 1.5 GB. Paduan Chipset dan RAM tersebut disambut oleh OS Android Marshmallow yang akan lembut menghantarkan kegaharan Sony Xperia E5 ini. Sayangnya dari seluruh kelebihan tersebut, ponsel ini hanya mampu menggendong single SIM-card saja. Pasalnya, konsep dual SIM card dibuang jauh-jauh dari pembuatannya. Selain itu, ketiadaan proteksi layar tentunya menjadi catatan kekurangan tersendiri bagi Sony Xperia E5 ini. Namun, supaya lebih mantap, rasanya kawan Begawei perlu untuk menilik table kelebihan Sony Xperia E5 dan kekurangan Sony Xperia E5 di bawah ini.

Kelebihan Sony Xperia E5
  • Desain elegan
  • Layar mungil IPS LCD 4,6 Inci
  • Chipset MediaTek
  • Android v6.0 Marshmallow
  • Processor Quad core 1,5GHz Cortex-A53
  • GPU Mali-T720MP2
  • Slot memori eksternal 64 GB
  • Memori Internal 16 GB
  • Kamera 13 MP dan 5 MP
  • Jaringan 4G LTE
Kekurangan Sony Xperia E5
  • Belum ada proteksi layar
  • Single SIM card

Harga Sony Xperia E5

Kini saatnya bahasan yang pasti mengundang penasaran kawan Begawei, yakni masalah harga Sony Xperia E5 ini. Kira-kira berapa sih harga dari smartphone dengan spesifikasi kelas premium ini? Menempati segmen kelas menengah, banderol harga Xperia E5 ini tentu masih bersahabat. Walaupun demikian, performa kerja mulai dari kualitas layar berukuran 4,6 inci dan dapur pacu yang masih sama-sama standar mengandalkan chipset MediaTek dan processor Quad-core. Perlu diingat pula, terkadang Sony membuat harga yang cukup overpriced. Tak heran apabila harga Sony Xperia E5 ini nantinya masuk dalam kategori tersebut pula dalam artian spesifikasi standar dibanderol pada kelas menengah. Namun dari gambaran spesifikasi tersebut, coba kita simak, berapa sih harga Sony Xperia E5 yang sebenarnya?

harga sony xperia e5

harga sony xperia e5 terbaru

Sayangnya, hingga saat ini untuk harga Sony Xperia E5 secara resmi memang masih belum diumumkan. Hal ini mengingat untuk rilisnya saja masih menunggu bulan depan. Untuk itu, wajarlah apabila Sony masih merahasiakan harga Xperia E5 ini. Namun, sebagai gambaran saja Begawei akan memperkirakan berapa nominal yang sekiranya harus disiapkan untuk menebus ponsel ini. Jika bercermin pada generasi sebelumnya yaitu Sony Xperia E4 yang dibanderol dengan harga Rp 1,7 jutaan kemungkinan harga Sony Xperia E5 ini tak akan berkisar jauh. Menurut prediksi Begawei, harga Xperia E5 akan dibanderol antara Rp 1,8 juta hingga Rp 2 jutaan. Harga Sony Xperia E5 ini masih terbilang kompetitif dan standar dari sebuah ponsel kelas menengah.

Harga Sony Xperia E5
Sekitar Rp 1.800.000,- s/d Rp. 2.000.000,-

Jika diamati, harga Sony Xperia E5 tersebut memang sesuai dengan kualitas yang diberikan. Bahkan apabila isu overpriced di awal telah dilempar, ternyata tidak berlaku untuk varian yang satu ini. Secara keseluruhan, pertimbangan spesifikasi dan harga Xperia E5 tersebut bisa menjadi solusi bagi kawan Begawei yang mendambakan ponsel berkualitas dan dibanderol dengan harga standar. Meski berada pada kelas pemula, namun ponsel buatan Jepang ini memiliki standar kualitas sekelas Samsung. Alhasil, harga Sony Xperia E5 tersebut memang sepantaran dengan produk-produk Samsung dikelasnya. Rasanya sudah cukup Begawei memberikan ulasan mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia E5 . Tetap ingat, cermatilah segala aspek sebelum membeli. Baca juga Sony Xperia M Ultra dan Sony Xperia X.

Spesifikasi Sony Xperia E5

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Perkiraan Pengumuman Juni 2016
  • Status
    Rumor, Perkiraan Juni 2016
Desain
  • SIM
    Micro-SIM
Layar
  • Tipe
    IPS capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.6 inches
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~319 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset
    Mediatek MT6735
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Mali-T720MP2
  • RAM
    1.5 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 64 GB (dedicated slot)
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP, aptX
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio, RDS
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion

Produk Lainnya dari Sony

Top