Home » Produk » Samsung Z4

Harga Samsung Z4 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.5 GHz

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    4.5 inci

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Tizen 3.0

Harga Samsung Z4 dan Spesifikasi – Beberapa waktu lalu, diketahui kembali bahwa Samsung tengah mempersiapkan ponsel barunya yang bernama Samsung Z4. Terkait dengan hal tersebut, seperti yang telah Begawei lansir dari Android Cruch, anggota baru dari jajaran keluarga Z Series ini sempat memikat perhatian publik setelah smartphone ini muncul di situs FCC dengan nomor model SM-Z400F. Menariknya, dalam laporan situs tersebut diketahui bahwa Samsung Z4 akan menggunakan sistem operasi berbeda, yakni OS Tizen. Sehingga, bisa dikatakan bahwa Z4 ini merupakan salah satu seri yang memang sengaja diluncurkan sebagai salah satu bentuk upaya Samsung dalam memperkenalkan sistem operasi yang bernama Tizen ini. Selain itu, smartphone Samsung Z4 ini pun nantinya akan menjadi salah satu produk ponsel cerdas buatan Samsung yang cukup digemari oleh para konsumen. Pasalnya, diprediksi juga bahwa harga untuk memboyong perangkat pintar ini pun juga bisa dibilang cukup terjangkau dengan sasaran segmentasi pasar yang lebih luas. Lantas, apa saja ya keunggulan yang dimiliki ponsel cerdas yang mengusung nama Samsung Z4 ini?

Samsung Z4

Samsung Z4

Hadir dengan mengusung OS Tizen, tentu saja spesifikasi Samsung Z4 ini pun tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, meski kabar akan peluncuran smartphone baru buatan pabrik asal Korea Selatan ini masih berstatus rumor namun dari beberapa pengamatan yang Begawei lakukan, spesifikasi yang diusungnya sudah banyak tersebar di dunia maya, baik dari sektor desain fisik, performa dapur pacunya bahkan hingga pada fitur-fitur yang nantinya akan dibawa Samsung Z4 ini. Pertama, dari segi tampilan fisiknya sendiri, perangkat ini akan hadir dengan layar yang cukup ideal seluas 4.5 inci yang mampu menghasilkan resolusi 480 x 800 pixels berkerapatan 207 ppi. Meski tak mengandalkan panel IPS atau Super AMOLED namun dengan bekalan teknologi layar tersebut, dipastikan bahwa ponsel Samsung Z4 ini tetap akan mampu menampilkan visualisasi yang cukup menarik. Di sisi lain, ponsel pintar yang dihadirkan di entry level ini pun kabarnya juga akan dipersenjatai dengan komponen cukup handal yang tersusun pada ruang pacunya. Sebut saja seperti prosesor Quad Core yang akan didukung sebuah RAM 1 GB dengan OS Tizen 3.0. Walaupun dapur pacu dari Samsung Z4 ini memang masih terbilang standar namun komponen mesin pacu yang dibawa ponsel tersebut diyakini tetap mampu memberikan performa yang tak mengecewakan. Bahkan, smartphone pemula yang bertajuk Samsung Z4 ini pun juga tetap dilengkapi dengan beberapa dukungan fitur, seperti dukungan jaringan 4G LTE dan lini fotografi yang bersenjatakan dual kamera 5 MP yang mampu menghasilkan hasil foto minimalis namun berkualitas. Nah, selain itu masih ada lagi beberapa kelebihan atau keunggulan yang dimiliki perangkat pintar ini. Apa saja ya itu? Simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Samsung Z4 pada segmen-segmen di bawah ini!

HP Samsung Z4

Smartphone Samsung Z4

Review Samsung Z4

Mengusung Bodi Simple dan Dimensi Ideal dengan Tampilan Visual Modern

Apabila melihat sektor luar atau tampilan fisik dari spesifikasi Samsung Z4 ini, tampaknya bisa dibilang bahwa ponsel ini memang hadir dengan konsep atau gaya desain khas Samsung yang cukup menarik. Kesan sederhana pun tampak jelas dengan aura ponsel bergaya modern juga semakin membuatnya memiliki desain yang sangat menawan. Di sisi lain, apabila melihat dari sisi bentuk bodinya, tampaknya juga dirasa cukup ideal dan pas. Di mana bodi pada ponsel yang bertajuk Samsung Z4 tersebut mengusung dimensi dengan panjang 132.9 mm, lebarnya 69.2 mm, dan memiliki ketebalan hingga 10.3 mm. Meski bentuknya tak seramping dengan beberapa produk premium zaman sekarang namun Samsung Z4 dikenal memiliki bobot yang cukup ringan, yaitu 143 gr. Melihat ukuran dimensi tersebut, tentu pengguna akan mudah dalam mengoperasikan ponsel pintar ini, terutama para konsumen yang menyukai ponsel dengan dimensi yang berukuran sedang. Sementara itu, jika menilik pada sisi visualnya, Samsung Z4 akan mengandalkan layar seluas 4.5 inci di mana pada layar tersebut, perangkat cerdas entry level buatan Samsung ini mampu menampilkan tampilan yang cukup berkualitas dengan resolusi 480 x 800 pixels. Sayangnya, untuk panel layar yang diusung, belum berteknologi IPS LCD sehingga masih mengandalkan tipe touchscreen standar dengan kelengkapan 16 juta warna. Di sisi lain, spesifikasi Samsung Z4 ini juga belum dilengkapi proteksi layar sehingga untuk melindungi sektor layarnya maka pengguna harus memasang screen guard secara manual.

Performa Dapur Pacu Andalkan RAM 1 GB dan OS Tizen

Menginjak pada segmen selanjutnya, kali ini Begawei akan mengajak sobat semua untuk menilik sektor permesinan atau dapur pacu pada spesifikasi Samsung Z4. Dihadirkan sebagai salah satu perangkat pemula, tentu saja secara realisitis, ponsel pintar garapan pabrik asal negeri Ginseng ini pun akan membekali sektor dapur pacunya dengan komponen mesin standar. Namun, meskipun demikian, performa yang dihasilkan dari sektor permesinannya ini juga tak bisa dianggap remeh begitu saja. Pasalnya, Samsung Z4 akan mengandalkan sebuah prosesor Quad Core yang memiliki tingkat kecepatan hingga 1.5 GHz di mana CPU tersebut nantinya akan didukung dengan sokongan RAM berkapasitas 1 GB. Maka, tak heran meski masih dibilang standar namun kinerja operasional yang dihasilkan smartphone ini pun juga tak bakal mengecewakan. Hanya saja, untuk chipset dan GPU apa yang akan dibenamkan pada Samsung Z4 tersebut sampai saat ini masih menjadi misteri yang belum diketahui. Tetapi, yang jelas bahwa smartphone pemula buatan pabrik raksasa asal Negeri Korean Pop ini dipastikan akan mengusung sistem operasi OS Tizen yang dinilai cukup tangguh dalam menjalankan kinerja setiap komponen yang dibawanya. Tentu saja, hal tersebut menjadi salah satu keunggulan tersendiri bagi spesifikasi Samsung Z4 ini.

Spesifikasi Samsung Z4

Spesifikasi Samsung Z4

Berbekal Ruang Penyimpanan Berkapaistas 8 GB

Setelah kita mengetahui sisi eksterior dan sektor ruang pacunya, kali ini kita akan bersama-sama menelisik sektor penyimpanan yang dibawa spesifikasi Samsung Z4. Jika melihat segmentasi pasar, sepertinya smartphone entry level ini akan menyediakan sebuah memory yang dirasa cukup pas. Di mana, perangkat pintar ini akan menawarkan memory internal dengan kapasitas 8 GB. Sehingga, dipastikan Samsung Z4 akan mampu menunjang kebutuhan setiap konsumen dalam aktivitas simpan menyimpan data. Meskipun dibilang kapasitas memory internalnya tak sebesar ponsel mid-range pada umumnya, namun jika melihat kebutuhan dan segmen pasar yang dituju, tampaknya keberadaan memory internal Samsung Z4 dengan kapasitas tersebut dirasa sudah cukup ideal dan sepadan. Tapi, apabila konsumen masih merasa kurang, jangan panik dulu. Sebab, ruang penyimpanan yang dibawa smartphone tersebut masih bisa diperluas kembali hingga 128 GB dengan menggunakan micro SD. Maka, dengan adanya memory eksternal pada Samsung Z4 tersebut, pengguna bisa menyimpan beberapa file berukuran besar, seperti aplikasi, game, maupun foto pribadi atau video. Dengan demikian, dipastikan tak akan memenuhi memory internalnya. Akan tetapi, yang cukup disayangkan bahwa pada sektor memory eksternalnya ini, Samsung hanya menyediakan slot memory hybrid pada spesifikasi Samsung Z4 ini sehingga pengguna harus bijak dalam menggunakannya sesuai pertimbangan matang.

Dual Kamera 5 MP Hasilkan Foto yang Tak Mengecewakan

Di sisi lain, selain mengetahui ruang penyimpanannya, kini waktunya Begawei untuk mengulas sisi fotografi atau dokumentasi dari spesifikasi Samsung Z4. Pada segmen pemotretan ini, diketahui bahwa Samsung juga akan membekali lini fotografinya tersebut dengan dual kamera. Kedua kamera tersebut pun juga memiliki kemampuan resolusi yang sama, yakni 5 MP. Yang menarik dari sektor dokumentasi dari Samsung Z4 ini, keduanya bakal dilengkapi dengan dukungan flash LED yang dipastikan akan mendukung aktivitas jepret menjepret foto dengan kualitas yang tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi pada kamera belakangnya yang sudah menggunakan dual LED flash, tentu saja sektor kamera pada Samsung Z4 ini akan mampu mengambil gambar dalam kondisi apapun, bahkan di ruang yang minim pencahayaan sekalipun. Sementara itu, lini fotografi yang akan diusung perangkat ini pun juga sudah dilengkapi dengan ragam fitur pendukung yang cukup canggih, antara lain Geo-tagging, face detection, panorama, dan HDR. Tak hanya itu saja lini fotografi pada spesifikasi Samsung Z4 ini pun juga memiliki kemampuan perekaman video dengan kualitas rekaman 720p@30fps.

Spesifikasi HP Samsung Z4

Spesifikasi Smartphone Samsung Z4

Ponsel Entry Level dengan Dukungan Akses Jaringan 4G LTE

Beralih pada segmen ini, waktunya Begawei untuk mengulas sisi konektivitas dan akses jaringan internet yang dibawa spesifikasi Samsung Z4. Tak berbeda dengan beberapa ponsel kelas mid-range maupun premium lainnya, walaupun masih menjadi ponsel kelas pemula namun untuk akses jaringannya tak bisa dianggap sepele. Sebab, perangkat dengan sistem operasi Tizen ini sudah mendukung jaringan internet 4G LTE yang dikenal sebagai jaringan tercepat di Indonesia saat ini. Sehingga, para konsumen Samsung Z4 ini pun nantinya akan menikmati pagelaran dunia maya dengan kecepatan akses yang begitu gesit tanpa lelet. Di sisi lain, untuk menunjang komunikasi, tampaknya juga mendapat perhatian. Di mana, dalam hal ini perangkat akan menyediakan dual slot SIM Card yang keduanya bisa digunakan secara bersamaan sehingga aktivitas komunikasi pada Samsung Z4 pun akan berjalan lebih sempurna. Selain itu, ponsel cerdas buatan Samsung ini pun juga akan menyediakan fitur untuk menunjang konektivitas nirkabel, yakni berupa WiFi dan WiFi Direct yang keduanya bisa digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan sinyal internet secara gratis. Di samping itu, tak ketinggalan pula pada Samsung Z4 disematkan fitur berupa Bluetooth dan micro USB serta USB OTG juga melengkapi kecanggihan ponsel terbaru Samsung ini sebagai media dalam menunjang aktivitas pengguna transfer data antar perangkat. Di sisi lain, untuk memberikan informasi terkait dengan peta lokasi secara lebih akurat, spesifikasi Samsung Z4 pun juga akan mengandalkan sistem navigasi berupa A-GPS dan GLONASS yang siap memberikan data pemetaan lokasi secara akurat dan terpercaya.

Mengusung Baterai Li-Ion 2050 mAh Sebagai Suplai Daya

Beranjak pada ulasan selanjutnya, kali ini kita akan menutup ulasan yang membahas mengenai spesifikasi Samsung Z4 dengan membahas pada sektor baterai. Tak dapat dipungkiri bahwa baterai merupakan salah satu sektor terpenting dalam menunjang aktivitas operasional pada sebuah smartphone, tak terkecuali dengan perangkat ini. Nah, pabrikan Korea Selatan ini akan menghadirkan sebuah baterai dari jenis Li-Ion pada Samsung Z4 ini yang memiliki kapasitas daya sebesar 2050 mAh. Jika melihat kapasitas daya baterai yang diusung perangkat terbarunya tersebut, sepertinya dirasa sudah cukup untuk menunjang kebutuhan daya dari setiap komponen yang tersematkan pada ponsel pintar ini. Bahkan, dengan berbekal baterai tersebut pun akan membuat Samsung Z4 ini bisa bertahan selama seharian penuh, dengan catatan untuk penggunaan normal. Menariknya, baterai yang diusung pada perangkat ini bertipe removable sehingga bisa dilepas kapan pun dengan mudah ketika terjadi kerusakan pada baterai. Pasalnya saat ini memang sudah sangat jarang ponsel yang menggunakan baterai removable. Sehingga hal tersebut tentu akan menjadi daya tarik spesifikasi Samsung Z4 ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z4

Hadir dengan membawa sistem operasi yang cukup asing yakni OS Tizen, Samsung Z4 ini sepertinya memang digunakan Samsung untuk memperkenalkan sistem operasinya tersebut. meskipun tidak menggunakan sistem operasi Android layaknya ponsel-ponsel Samsung lainnya, namun spesifikasi pada dapur pacunya tidak boleh disepelekan. Samsung Z4 membawa bekalan prosesor bertenaga quadcore 1.5 Ghz yang disandingkan dengan RAM 1 GB sehingga performanya memang tidak bisa diremehkan begitu saja. Selain itu, jika menilik pada bagian lini fotografinya, Samsung membekali perangkat Samsung Z4 ini dengan duet kamera yang memiliki resolusi sama antara kamera depan dan belakangnya yakni 5 MP. Menariknya lagi, kedua kamera tersebut telah dibekali dengan LED flash sehingga memungkinkan pengambilan gambar dalam keadaan minim cahaya. Bahkan pada kamera belakangnya Samsung Z4 dibekali dual LED flash, sehingga meskipun resolusinya terbilang kecil namun hal tersebut dapat sedikit tertutupi berkat hadirnya fitur pendukung tersebut. Selain itu, pada sektor suplai dayanya, meskipun spesifikasi yang diusung tidak terlalu mewah, Samsung tetap membekalkan baterai yang memiliki kapasitas cukup besar untuk ponsel pemula yakni 2050 mAh. Menariknya baterai pada ponsel Samsung ini masih menggunakan tipe removable sehingga sobat bisa melepasnya ketika dibutuhkan. Nah, beberapa kelebihan Samsung Z4 dan kekurangan Samsung Z4 di atas merupakan sekelumit yang perlu diperhatikan. Untuk lebih lengkapnya, mari simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Samsung Z4
  • Support jaringan 4G LTE
  • Dual SIM Card
  • Layar seluas 4.5 inci capacitive touchscreen 16 M colors
  • Resolusi 480 x 800 pixels berkerapatan 207 ppi
  • CPU Quad Core 1.5 GHz
  • RAM 1 GB
  • OS Tizen 3.0
  • Memory internal 8 GB up to 128 GB
  • Dual kamera beresolusi 5 MP
  • Sistem navigasi A-GPS dan GLONASS
  • Baterai removable Li-Ion 2050 mAh
Kekurangan Samsung Z4
  • Belum ada proteksi layar
  • Belum menggunakan panel IPS LCD
  • Memory internal masih terlalu standar

Harga Samsung Z4

Jika pada segmen-segmen di atas telah kita bahas keunggulan spesifikasinya maka pada sesi terakhir ini, Begawei akan mengulas harga Samsung Z4. Tapi, sebelum lebih lanjut menginjak pada pembicaraan harga dan nominal angka, Begawei ingin mengingatkan kembali bahwa smartphone yang mengusung sistem operasi Tizen ini memang dihadirkan sebagai ponsel pemula yang dibekali keunggulan-keunggulan. Dari segi desain, tampak sudah bodi dari Samsung Z4 yang cukup sederhana dengan balutan aura elegan yang akan mampu menarik hati para konsumen. Sedangkan, untuk layarnya sendiri mengusung layar seluas 4.5 inci beresolusi 480 x 800 pixels. Di sisi lain, dari segi performanya pun juga tak bisa pandang sebelah mata. Pasalnya, dengan harga Samsung Z4 yang cukup terjangkau, perangkat pun juga akan dipersenjatai dengan komponen cukup handal, seperti RAM 1 GB dan OS Tizen 3.0 yang siap memberikan hasil kinerja yang lebih optimal. Selain itu, masih banyak lagi keunggulan lain yang dimiliki ponsel ini, seperti dukungan jaringan 4G LTE. Dengan mengetahui kelebihannya tersebut, bisakah sobat tebak harga Samsung Z4 ini?

Harga Samsung Z4

Harga Samsung Z4

Harga Samsung Z4 Terbaru

Harga Samsung Z4 Terbaru

Harga Samsung Z4 ini diketahui akan dibanderol dengan nominal yang cukup terjangkau. Hal itu disesuaikan dengan segmentasinya yang dituju dan spesifikasi yang diusungnya. Namun, untuk harga secara pasti dari perangkat ini sendiri masih belum diketahui secara resmi. Akan tetapi, jika diperbolehkan, dengan mempertimbangkan keunggulan spesifikasi dari Samsung Z4 maupun segmen pasar yang dituju, Begawei memprediksi bahwa harga untuk memboyong ponsel ini akan menginjak angka pada kisaran Rp 1.5 jutaan. Tentu saja perkiraan tersebut juga atas pertimbangan dari beberapa sumber terpercaya juga. Harga Samsung Z4 yang diperkirakan tidak akan mencapai angka Rp 2 jutaan tersebut tentu terbilang cukup terjangkau untuk ponsel dengan mebel-embel nama Samsung. Apalagi perangkat ini membawa sistem operasi yang anti-mainstream, sehingga jika nanti sistem operasi Tizen ini sudah mampu menyaingi kedigdayaan Android tentu ponsel ini akan cukup memiliki kebanggaan tersendiri. Dengan banderol harga Samsung Z4 yang sangat terjangkau tersebut apakah kira-kira sobat sudah menyiapkan banderolnya?

Harga Samsung Z4
Sekitar Rp 1.500.000,- (Perkiraan)

Tapi yang perlu diingat, harga Samsung Z4 tersebut baru perkirakan semata. Jadi, sangat dimungkinkan sekali adanya perubahan harga setelah resmi diluncurkan nantinya, bisa lebih mahal atau lebih terjangkau. Di sisi lain, sepertinya jika membandingkan antara spesifikasi yang dibawanya dan angka yang disematkan pada banderol harga Samsung Z4 ini memang dirasa sudah sepadan dan cocok walaupun masih berstatus prediksi. Di samping itu, dengan harganya yang dinilai cukup murah dan terjangkau, ponsel pintar entry level ini pun juga akan menawarkan dua pilihan warna yang bisa sobat pilih, yakni Black dan Gold. Kedua warna pada Samsung Z4 tersebut pun juga belum diketahui secara pasti apakah akan berpengaruh pada fluktuasi harga jualnya ataupun tidak. Namun yang pasti pilihan warna tersebut tentu akan menambah menarik tampilan luar perangkat ini. Nah, sampai di sini dulu ulasan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Z4 yang telah Begawei sajikan. Semoga bermanfaat dan baca juga mengenai Samsung Galaxy J1 Mini Prime dan Samsung Z2.

Spesifikasi Samsung Z4

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Desain
  • Dimensi
    132.9 x 69.2 x 10.3 mm
  • Berat
    143 g
  • SIM
    Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.5 inches (~62.7% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    480 x 800 pixels (~207 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Tizen 3.0
  • CPU
    Quad-core 1.5 GHz
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, f/2.2, dual-LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, face detection, panorama, HDR
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP, f/2.2, LED flash
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct
  • Bluetooth
    4.0, A2DP, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Removable Li-Ion
  • Daya
    2050 mAh

Produk Lainnya dari Samsung

Top