Home » Produk » Samsung Z3

Harga Samsung Z3 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    Super AMOLED

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Tizen OS, v2.3

Spesifikasi dan Harga Samsung Z3 – Masih ingat dengan seri Samsung Z1? Ya, smartphone racikan Samsung tersebut sempat menarik perhatian beberapa waktu yang lalu karena pada saat meluncurkannya Samsung juga mengenalkan sistem operasi buatannya sendiri, yakni OS Tizen. Meski tak terlalu sukses di pasaran, namun keberanian Samsung dalam merilis seri Z1 bisa diacungi jempol. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan lebih dekat mengenal seri lanjutan dari Z1, yakni Samsung Z3 yang merupakan produk berplatform Tizen generasi kedua. Sedikit kegagalan yang menghinggapi seri Z1 ternyata tak membuat Samsung kapok. Samsung pun mengembangkan kembali seri ponsel pintar dengan basis Tizen. Dan hasilnya nampak pada seri Samsung Z3 yang akan segera kita bahas ini. Saat mendengar nama smartphone Samsung seri Z3 mungkin sebagian dari sobat Begawei ada yang mengernyitkan dahi. Kenapa kalau lanjutan Z1 namanya bukan Samsung Z2? Pertanyaan ini memang muncul dari beberapa pemerhati gadget. “Lompatan” yang dilakukan oleh Samsung kepada seri ponsel pintar Samsung Z3 memang menjadi rahasia perusahaan asal Korea Selatan itu. Namun disinyalir bahwa versi lanjutan yang langsung menuju seri ke-3 merupakan tanda bahwa kini Samsung lebih serius dalam mempersiapkan Samsung Z3 ini.

samsung z3

Kala merilis seri smartphone Tizen pendahulu Samsung Z3 dengan nama Samsung Z1 pada awal tahun 2015 yang lalu, Samsung memang terkesan masih coba-coba dalam meraciknya. Sistem operasi Tizen sendiri awalnya adalah sebuah platform bernama Meego yang dikembangkan oleh Nokia dan Intel Mobilin. Karena Nokia ingin berfokus pada OS Windows Phone, sistem operasi yang kelak dipasangkan pada Samsung Z3 tersebut pun ditinggalkan. Lalu, Tizen pun diambil alih oleh Samsung yang dikembangkan lewat kerjasama dengan Linux. Sistem operasi Tizen menawarkan kelebihan dimana penggunanya dapat mengotak-atik sistem nya sesuai dengan kebutuhan ponsel itu sendiri. Nah kelebihan seperti ini jugalah yang bisa kawan Begawei temukan pada Samsung Z3 terbaru ini. Selain menawarkan pengalaman berbeda menggunakan smartphone berbasis Tizen, kawan Begawei pun tentunya juga disuguhi oleh beberapa kelebihan lainnya. Salah satu yang ditawarkan oleh generasi kedua dari Samsung Z series ini adalah sektor visual dimana Samsung Z3 dibekali dengan layar berukuran 5 inci. Sementara itu, bagian permesinan pada smartphone ini juga didukung oleh komponen berkualitas berupa chipset Spreadtrum dan juga RAM berkapasitas 1 GB. Meski memiliki beberapa catatan juga untuk detail spesifikasinya, yang jelas generasi Z3 ini menawarkan kualitas yang lebih baik dari versi Samsung Z1. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Samsung Z3 yang Begawei siapkan khusus untuk sobat semua.

hp samsung z3

Review Samsung Z3

Desain Stylish Didukung Layar Super AMOLED 5.0 Inci

Untuk bagian eskterior pada smartphone ini patut diacungi jempol. Pasalnya, spesifikasi Samsung Z3 memiliki material dan corak casing yang elegan meski menempati segmen mid-end. Desain yang ditawarkanpun sebenarnya masih berada pada pakem desain smartphone buatan Samsung dengan bezel bercorak krom. Secara dimensi, Samsung Z3 memiliki ukuran tubuh yang kompak. Hal itu bisa kita lihat dari ukuran yang dimiliki smartphone terbaru buatan Samsung ini yang berkisar pada 141.6 x 70 x 7.9 mm. Dimensi tersebut sangat pas sebagai sebuah smartphone. Apalagi, bobot Samsung Z3 pun cenderung ringan, hanya seberat 137 gram. Jelas dengan ukuran tubuh dan bobot tersebut membuat smartphone ini sangat nyaman digenggam dan tidak merepotkan ketika ditaruh di saku. Sedangkan untuk penunjang kebutuhan display visual pengguna, Samsung Z3 memiliki keunggulan pada layarnya yang berjenis Super AMOLED Cappacitive Touchscreen dengan corak warna mencapai 16 juta warna. Lewat teknologi tersebut, layar Samsung Z3 sanggup menampilkan gambar dengan resolusi 720 x 1280 piksel dan kerapatan layar mencapai 294 ppi. Hadirnya teknologi Super AMOLED bakal menyuguhkan tampilan visualisasi yang mumpuni dan dijamin dapat memanjakan mata pengguna karena gambar yang dihasilkan akan lebih detail dan jernih. Sayangnya, Samsung masih enggan membekali spesifikasi Samsung Z3 dengan proteksi layar internal sehingga penggunanya harus menyiapkan proteksi layar sendiri untuk mencegah kerusakan pada layar akibat benturan atau goresan.

Hadirkan Pengalaman Berbeda Lewat Prosesor Spreadtrum dan OS Tizen

Hadir sebagai smartphone non Android kedua ciptaan Samsung, spesifikasi Samsung Z3 di bagian ruang dapur pacu pun dipastikan akan dibekali dengan komponen yang lebih baik dari versi lamanya. Seperti yang sudah sempat Begawei ungkapkan tadi, salah satu kelebihan yang coba ditawarkan oleh Samsung Z3 adalah keberadaan sistem operasi Tizen v2.3 di mana penggunanya bebas untuk mengutak-atik OS tersebut. Selain itu, pastinya smartphone terbaru dari Samsung ini juga didukung oleh komponen mesin yang berkualitas. Smartphone Samsung Z3 ini menjamin kinerja optimal lewat chipset anyar Speadtrum yang dipadukan dengan prosesor berkualitas berinti empat, atau lazim disebut dengn CPU Quad-core yang memiliki clock-speed 1.3 GHz. Ditambah lagi, Samsung Z3 juga kehadiran RAM I GB yang siap mengantarkan kebutuhan multitasking pengguna untuk lebih maksimal. Meskipun dengan kapasitas RAM 1 GB pengguna memiliki keterbatasan dalam menjalankan aplikasi secara bersamaan, namun hal itu tak akan mempengaruhi kinerja Samsung Z3 secara keseluruhan. Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya, secara resmi Samsung memang belum mengeluarkan spesifikasi GPU yang akan digunakan untuk seri Z3 ini. Namun dari beberapa informasi yang beredar, smartphone Samsung Z3 ini akan dibenamkan GPU Mali-400MP yang siap menyuguhkan kualitas grafis serta tampilan yang lebih optimal. Jadi, jika dilihat dari bagian ruang dapur pacunya, memang spesifikasi Samsung Z3 ini jauh lebih baik dari Samsung seri Z1 sebelumnya.

spesifikasi samsung z3

Memori Internal Berkapasitas 8 GB dengan Tambahan Slot Memori Eksternal

Dengan dukungan jeroan yang mumpuni, smartphone ini pastinya wajib untuk dibekali dengan kapasitas memori internal yang berkapasitas lega. Nah pada segmen ini, kita akan masuk pada spesifikasi Samsung Z3 di bagian kapasitas ruang penyimpanan filenya. Untuk level smartphone kelas menengah bawah, kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada ponsel ini sudah cukup memenuhi standar. Kali ini, Samsung Z3 mengusung memori internal seluas 8 GB. Ruang seluas 8 GB tersebut akan sanggup menampung kebutuhan penyimpanan file sistem maupun file pribadi penggunanya. Jadi, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file berukuran besar semisal file-file aplikasi lain seperti video, audio, foto dan file lainnya ke dalam Samsung Z3 ini. Namun jika kamu menghendaki kapasitas yang lebih besar lagi, maka kamu bisa memanfaatkan slot external memory yang telah disediakan oleh Samsung. Ya, spesifikasi Samsung Z3 di bagian ruang penyimpanan file sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa digunakan untuk mengekspansi kapasitas memorinya hingga mencapai 128 GB.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Puas dengan spesifikasi layar, mesin dan juga memorinya? Nah pada bagian ini, kita akan menuju lini fotografi pada spesifikasi Samsung Z3 ini. Sebagai smartphone modern, tentunya kemampuan lini fotografi pada ponsel pintar ini juga harus berkualitas guna menjaga daya saingnya dengan produk merek lain. Nah kali ini, Samsung Z3 dibekali dengan sepasang kamera barkualitas guna mendukung keperluan fotografinya. Sebagai senjata utamanya, smartphone ini dibekali dengan kamera belakang berukuran 13 MP. Kamera yang terletak di sisi belakang Samsung Z3 itu pun juga sudah dibekali dengan LED Flash. Keberadaan fitur LED Flash itu akan membantu kawan Begawei untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus meski sedang berada di tempat minim cahaya. Fitur-fitur fotografi standar lainnya seperti Autofocus dan juga Face Detection pun juga sudah pada kamera Samsung Z3 ini. Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik. Kemudian, lini fotografi pada Samsung Z3 ini pun diperlengkap dengan kehadiran kamera sekunder berukuran 5 MP yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan foto selfie dan juga melakukan panggulan video call. Jika dicermati, spesifikasi Samsung Z3 pada bagian fotografi memang lebih baik dari versi Samsung Z1. Jadi, meskipun duet kamera 8 MP dan 5 MP tergolong standar, namun nyatanya dua kamera tersebut sudah sangat fungsional untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi.

spesifikasi hp samsung z3

Koneksi Internet Masih Bertumpu pada Jaringan 3G HSPA

Dewasa ini, kebutuhan pengguna gadget akan akses internet yang cepat dan stabil memang semakin meningkat. Hal itulah yang membuat semua vendor menghadirkan teknologi konektivitas terbaik. Meski begitu, tak sedikit juga yang masih mengandalkan teknologi lama sebagai andalannya, salah satunya adalah spesifikasi Samsung Z3 di bagian konektivitas ini. Tak seperti smartphone lainnya yang mengusung jaringan seluler 4G LTE, kali ini smartphone terbaru dari Samsung ini masih mengandalkan teknologi jaringan data 3G HSPA sebagai koneksi internetnya. Meski tak secepat 4G LTE, namun jaringan 3G HSPA pada Samsung Z3 ini tentu masih bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan akses data penggunanya. Apalagi, smartphone yang satu ini juga dilengkapi dengan dua slot SIM card yang bisa aktif secara bersamaan. Itu artinya, komunikasi kawan Begawei menggunakan Samsung Z3 ini dijamin lancar. Selain koneksi data seluler yang sangat membantu tersebut, smartphone terbaru dari Samsung ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi jarak dekat lainnya, antara lain Bluetooth, WiFi dan juga fitur microUSB slot. Spesifikasi Samsung Z3 di sektor konektivitas juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS yang akan membantu pemakainya dalam menentukan lokasi suatu titik atau tempat.

Suplai Daya Ditenagai oleh Baterai Berkapasitas 2.600 mAh
separator

Akhirnya tibalah pembahasan Begawei di segmen pamungkas, yaitu spesifikasi Samsung Z3 pada sektor suplai daya. Guna mendukung kebutuhan operasionalnya, Samsung pun membekali produk barunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Jika melihat spesifikasinya, memang Samsung Z3 ini tegolong sebagai smartphone yang memiliki tingkat konsumsi daya cukup tinggi. Hal ini karena spesifikasinya mengusung komponen-komponen yang cukup berkualitas. Untuk itu, Samsung Z3 pun dibekali dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.600 mAh. Untuk ukuran smartphone masa kini, memang kapasitas sebesar 2.600 mAh tersebut termasuk kapasitas uang cukup besar. Dengan kapasitas tersebut, penggunaan Samsung Z3 pun akan dipastikan optimal. Kapasitas baterai yang ada pada smartphone Samsung seri Z3 ini pun bahkan lebih besar dari kapasitas baterai smartphone kelas pemula lainnya. So, semua sektor pada spesifikasi Samsung Z3 ini pun disempurnakan oleh kapasitas baterai yang sangat memadai.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z3

Tak seperti seri Z1 yang seperti masih “setengah jadi” kali ini Samsung Z3 nampak lebih “matang”. Kelebihan pertama yang coba ditawarkan smartphone berbasis OS Tizen v2.3 ini adalah luas layarnya yang mencapai 5 inci. Selain berukuran cukup luas, resolusi dan kerapatannya pun cukup tinggi. Sementara itu, di bagian dapur pacu, ponsel pintar yang satu ini pun juga dibekali dengan prosesor Spreadtrum dan juga CPU Quad-core. Namun, generasi kedua dari Samsung Tizen ini pun juga masih memiliki beberapa catatan kekurangan, antara lain adalah belum adanya sistem proteksi layar yang mumpuni. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini sudah kami rangkum kelebihan Samsung Z3 dan kekurangan Samsung Z3:

Kelebihan Samsung Z3
  • Desain eksklusif
  • Layar 5 inchi Mengusung teknologi Super AMOLED
  • OS Tizen v 2.3
  • Chipset Speadtrum
  • CPU Quad-core 1.3 GHz
  • RAM 1 GB
  • Tersedia slot memori eksternal
  • Kamera primer 8 MP
  • Kamera sekunder 5 MP
  • Dual SIM Card
  • Navigasi lengkap dengan teknologi A-GPS dan GLONNAS
  • Baterai 2.600 mAh
Kekurangan Samsung Z3
  • Belum ada proteksi layar built-in
  • Resolusi layar standar
  • Belum didukung jaringan 4G LTE

Harga Samsung Z3

Setelah berbagai segmen sudah Begawei ulas mulai dari tampilan luar hingga jeroan, kini tiba saatnya untuk membahas mengenai harga Samsung Z3 yang rencananya mulai dipasarkan mulai tanggal 21 Oktober mendatang. Berbicara mengenai harga, tentunya kita harus kembali melihat masing-masing sektor pada spesifikasinya. Detail spesifikasi memang memiliki pengaruh penting karena berpengaruh pada nominal harga Samsung Z3 di pasaran. Jika dibandingkan dengan seri Samsung Z1 sebelumnya, memang generasi kedua ponsel buatan Samsung dengan platform Tizen ini memang tampil dengan bekal spesifikasi lebih baik. Pada bagian layarnya, Samsung Z3 dibekali dengan layar jenis Super AMOLED berukuran 5 inci. Ini merupakan peningkatan dari seri Z1 yang kala itu masih menggunakan layar jenis TFT. Selain bagian layarnya yang memiliki kualitas cukup baik, sektor lain yang juga cukup membantu mengatrol nilai jual smartphone ini adalah bagian ruang dapur pacunya. Dengan bekal prosesor Spreadtrum dan juga CPU Quad-core serta RAM 1 GB, smartphone terbaru dari Samsung ini memang memiliki performa yang cukup bagus. Nah dengan spesifikasi yang tak terlalu mengecewakan ini, lalu berapakah harga Samsung Z3 selanjutnya?

harga samsung z3

harga samsung z3 terbaru

Sama seperti seri Z1, harga Samsung Z3 ini memang dipatok pada harga di kelas entry-level. Itu artinya, nominal harga seri Z3 ini tetap akan terjangkau, alias tak akan mahal-mahal amat. Menurut informasi yang Begawei lansir dari laman GSM Arena, banderol harga Samsung Z3 ini adalah senilai 110 euro. Jika dikonversikan ke mata uang Rupiah, harga tersebut senilai dengan kurang lebih Rp 1,6 jutaan. Cukup murah bukan? Namun sedikit konfirmasi, bahwa harga tersebut adalah harga jual Samsung Z3 untuk pasar internasional. Jika hadir di Indonesia, kami memprediksi bahwa akan terjadi perubahan harga. Perubahan nominal harga Samsung Z3 ini kemungkinan besar akan tetap berada pada kisaran Rp 1,6 juta hingga Rp 2 jutaan. Untuk pasar gadget Tanah Air, range harga di bawah Rp 2 jutaan memang masih dianggap murah. Dengan bekal peningkatan spesifikasi dari versi lamanya, kemungkinan smartphone Samsung seri Z3 ini akan memiliki porsi pasar yang lebih baik dari seri Samsung Z1.

Harga Samsung Z3
Sekitar Rp 1.600.000,- s/d Rp 2.000.000,-

Saat pertama kali mengeluarkan seri Samsung Z1, kendala utama yang dihadapi oleh Samsung adalah belum akrabnya pengguna gadget dunia dengan platform OS Tizen. Nah dengan spesifikasi yang lebih baik, serta harga Samsung Z3 yang juga masih sangat kompetitif, Samsung pun pantas berharap bahwa nasib Z3 akan lebih baik dari seri Z1. Iming-iming berupa kemudahan dan keseruan dalam paket sistem operasi Tizen v2.3 yang bebas di-custom suka-suka, pastinya akan menjadi nilai jual yang dibawa olah Samsung Z3 ini. Smartphone terbaru besutan Samsung ini memang sangat cocok bagi kawan Begawei yang merupakan gadget-freak, alias penggemar berat otak-atik perangkat atau gadget. Dengan harga Samsung Z3 yang tak terlalu menguras kantong, pastinya juga hal tersebut akan semakin menguatkan nilai jualnya. Dengan beberapa pengguna gadget sudah mengetahui sekilas tentang OS Tizen dari seri Samsung Z1, maka bisa dibilang peran seri Z3 ini tinggal melanjutkan tugas dari saudara tuanya tersebut. Bagaimana? Tertarik mencoba sesuatu yang baru dengan smartphone ini? Siap-siap menebus harga Samsung Z3 ini kalau begitu! Baca juga ulasan Begawei mengenai Samsung Z1 dan Huawei Enjoy 5.

Spesifikasi Samsung Z3

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSPA
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, October
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, October 21
Desain
  • Dimensi
    141.6 x 70 x 7.9 mm (5.57 x 2.76 x 0.31 in)
  • Berat
    137 g (4.83 oz)
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~69.5% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Yes
Dapur Pacu
  • OS
    Tizen OS, v2.3
  • Chipset
    Spreadtrum
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz
  • GPU
    -
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, 3264 x 2448 pixels, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, face detection
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP, LE
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    2600 mAh
Top