1. Home
  2. Harga HP Terbaru
  3. Samsung
  4. Samsung Z2

Harga Samsung Z2 dan Spesifikasi

Samsung Z2
Rp 1.100.000,00

  • CPU
    Quad-core 1.5 GHz

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    4 Inci

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Tizen OS, v2.4

Harga Samsung Z2 dan Spesifikasi – Beberapa waktu lalu, saat meluncurkan Galaxy Note 7 di Afrika, rupanya Samsung juga memperkenalkan produk baru yaitu Samsung Z2. Jika diingat, tahun lalu Samsung telah meluncurkan produk dari proyek Tizen dengan nama Z1. Artinya, smartphone Samsung ini adalah generasi penerus dari produk tersebut. Setelah kehadiran Z1 memang Samsung juga dikabarkan telah meluncurkan Samsung Z3. Namun memang untuk pasaran smartphone dengan OS Tizen ini hanya di pasaran terbatas sehingga bahkan di Indonesia produk ini masih sangat asing. Sistem operasi Tizen sendiri merupakan OS asli buatan Samsung yang ditanamkan pada generasi Z, termasuk Samsung Z2 ini. Seperti yang sering dikatakan bahwa kehadiran OS Tizen sendiri merupakan upaya dari vendor asal Korea Selatan ini untuk mengurangi ketergantungannya pada Android. Meskipun memang pada peluncuran produk Tizen pertama yakni Samsung Z1 bisa dikatakan mengalami sedikit kegagalan, namun hal tersebut tak mengendurkan semangat Samsung untuk menerbitkan Z2 ini. Mengapa kehadiran Samsung Z3 ini malah didahului Z2? Hal tersebut hanyalah perusahaan yang tahu apa alasannya. Yang jelas, kali ini Begawei akan memperkenalkan Samsung Z2 ini untuk kawan Begawei semua.

samsung z2

Menengok Samsung Z2 ini seharusnya Memang tak bisa dilepaskan dari pendahulunya. Pasalnya, pendahulunya dikatakan gagal di pasaran. Bahkan, bisa dikatakan kegagalan produk pertama Tizen untuk Z1 dikarenakan semacam percobaan pertama. Namun, potensi smartphone Samsung ini sebenarnya berada pada OS Tizen buatan Samsung. Berkat keberadaan OS Tizen, jika telah dikembangkan secara sempurna, Samsung yakin akan sukses di pasaran karena menyasar kebutuhan para pebisnis. Pasalnya, OS Tizen ini sendiri diracik dengan sistem keamanan yang lebih bagus ketimbang Android. Nah, kembali pada seri Z2 Samsung juga membekali beberapa komponen hardware yang masih berada pada segmen kelas pemula. Melihat dari layarnya, Samsung Z2 dibekali dengan layar mungil hanya berukuran 3.97 inci. Meski belum diungkap secara detail namun kabarnya Samsung akan menggunakan jenis teknologi layar AMOLED dengan resolusi yang ditawarkan adalah 480 x 800 pixels. Sementara itu, untuk bagian permesinan, Z2 ini mengandalkan chipset Spreadtrum yang berkekuatan processor Quad-core. Seperti yang telah disebutkan bahwa di tengah-tengah gempuran smartphone Android, Samsung berani mendatangkan produk baru yang berjalan pada platform Tizen yang merupakan OS buatannya sendiri. Masih penasaran seperti apa ketangguhan dari ponsel ini? Begawei sudah siapkan beberapa ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Samsung Z2 di bawah ini!

hp samsung z2

Review Samsung Z2

Smartphone Mungil dengan Layar Berukuran 3.97 Inci

Untuk yang pertama, Begawei akan mengulas tampilan fisik yang dibawa oleh spesifikasi Samsung Z2 ini. Dihadirkan sebagai ponsel kelas pemula, tentu saja bukan hal yang mengejutkan jika smartphone Samsung dibekali dengan komponen kelas pemula yang masih terbilang sangat standar. Smartphone ini membawa ukuran bodi yang sangat mungil. Meskipun ukuran dimensinya masih belum diungkap namun Z2 dipastikan akan nyaman dioperasikan bahkan hanya dengan satu tangan. Selain itu, berbalut jubah berwarna Gold, Black, White membuat ponsel ini membawa cita rasa lebih elegan dan berkelas. Meski beberapa spesifikasi seperti resolusinya belum juga diungkap, namun, Begawei telah mendapatkan bocoran spesifikasi dari kualitas display yang dibawakan oleh Samsung Z2 ini. Mengusung layar jenis AMOLED berukuran minimalis yaitu 3.97 inci ponsel ini sanggup menghasilkan resolusi sebesar 480 x 800 pixels. Meskipun untuk resolusinya masih sangat standar namun cukup sanggup memberikan tampilan visual yang cukup nyaman di mata. Sayangnya, ponsel ini masih cukup rentan terhadap goresan karena belum dilengkapi oleh proteksi layar anti gores built-in. Sehingga, untuk melengkapi spesifikasi Samsung Z2 ini, kawan Begawei dianjurkan untuk memasangnya secara manual.

Ruang Olah Data Berjalan Pada OS Tizen

Sebagai smartphone kelas pemula, spesifikasi Samsung Z2 ini sebetulnya sama seperti produk lainnya yang dibekali dengan komponen-komponen yang memiliki kualitas standar. Namun, seperti yang sering terlihat pada kualitas produk Samsung, untuk dapur pacu meski tersusun atas perangkat-perangkat sederhana namun tentu saja sanggup bekerja optimal dan tangguh. Samsung Z2 ini bisa dikatakan tidak terlalu mewah, namun untuk performa kerja tetap sanggup diandalkan dan memenuhi standar atas sebuah gadget modern. Untuk komponen ruang olah data, Samsung mengandalkan chipset Spreadtrum yang bekerja dengan tenaga processor Quad-core. Sementara itu Z2 ini juga ditandem dengan RAM berkapasitas 1 GB juga akan memungkinkan melakukan kinerja multitasking, hanya saja untuk keperluan secara normal. Komponen hardware lainnya seperti kartu pengolah grafis masih belum diungkap oleh Samsung, namun yang pasti smartphone ini berbeda dengan yang selama ini ada di pasaran. Karena Samsung telah mengandalkan OS buatannya sendiri ke dalam spesifikasi Samsung Z2 ini.

spesifikasi samsung z2

Memori On-board Tersedia Kapasitas 8 GB

Dari spesifikasi Samsung Z2 ini, kita sudah tahu seperti apa kekuatan pada ruang dapur pacu meskipun memang untuk spesifikasi secara detail belum semuanya diungkap, namun sebagai gambaran rasanya sudah cukup jelas. Sama seperti pada ruang dapur pacu, kawan Begawei juga akan menemukan bahwa seluruh komponen yang dibekalkan dalam smartphone Samsung ini sangat sederhana. Nah, hal itu berlaku juga pada sektor ruang penyimpanan. Menyesuaikan komponen pada dapur pacu, Samsung Z2 dibekali dengan memori internal yang cukup mampu menampung segala file-file sistem dan file hiburan. Untuk mengcover seluruh kebutuhan Z2 ini dibekali oleh memori internal berkapasitas 8 GB sehingga akan cukup mengakomodasi seluruh file. Hanya saja, apabila kawan Begawei merasa ruang tersebut kurang leluasa untuk menyimpan sekian banyaknya file-file pribadi, kemungkinan Samsung juga akan menyematkan slot memori eksternal pada spesifikasi Samsung Z2 ini. Namun hal tersebut saat ini masih dalam tahap konfirmasi.

Dokumentasi Fotografi Andalkan Kamera Utama 5 MP

Untuk memenuhi standar sebuah ponsel pintar di era modern, tentu saja spesifikasi Samsung Z2 ini juga harus memiliki perangkat kamera yang mumpuni. Menjawab tantangan era modern tersebut, smartphone Samsung ini dibekali dengan perangkat kamera yang cukup sesuai dengan segmentasinya. Untuk kamera andalan atau kamera utama, Samsung menyematkan kamera berukuran 5 MP. Kamera dengan ukuran lensa tersebut akan memenuhi kebutuhan fotografi yang pas. Bahkan, jika kamera Samsung Z2 tersebut dibandingkan dengan kamera pada ponsel lain yang sekelas bisa dikatakan setara. Dengan kamera utama tersebut, dokumentasi berupa fotografi akan menghasilkan jepretan dengan resolusi 4128 x 3096, serta kualitas perekam video berukuran HD yaitu 720p. Selain kebutuhan tersebut, untuk kamera utama Z2 ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung modern. Ponsel ini juga tak meninggalkan teknologi kekinian yaitu kamera sekunder atau kamera depan yang digunakan untuk melakukan foto selfie ataupun video call. Meskipun spesifikasi Samsung Z2 tersebut masih mengandalkan kamera VGA, namun masih fungsional untuk digunakan sesuai fungsinya.

spesifikasi hp samsung z2

Konektivitas Semakin Lengkap dengan Teknologi 4G LTE

Meski masih menyasar segmentasi kelas pemula, namun untuk urusan konektivitas spesifikasi Samsung Z2 ini tak bisa dianggap remeh. Samsung juga telah menyematkan jaringan 4G LTE pada salah satu slot dari dual SIM card yang ada. Dengan mengandalkan koneksi internat dari jaringan 4G LTE via smartphone Samsung ini, tentu saja kawan Begawei sudah bisa menikmati aktivitas download super cepat hingga 150 Mbps dan kecepatan upload mencapai 50 Mbps. Dengan kecepatan tersebut, tentu saja aktivitas berinternet menjadi semakin optimal. Selain itu, Samsung Z2 juga dapat memberikan koneksi internet yang cukup handal buat kamu yang masih berada pada lokasi di luar jangkauan 4G LTE, karena smartphone Samsung ini juga masih tetap mempertahankan teknologi jaringan lama yaitu 3G HSPA, dan GSM. So, kamu yang daerahnya belum terjamah 4G LTE juga tak perlu khawatir. Kemudian untuk memenuhi kebutuhan akses internet gratis atau pengiriman data lebih cepat, Z2 juga telah disemati dengan fitur-fitur fungsional untuk kebutuhan tersebut yaitu ada Wifi dan hotspot, Bluetooth dan juga microUSB. Untuk melakukan pemetaan lokasi, spesifikasi Samsung Z2 ini mengandalkan sistem navigasi dari A-GPS.

Suplai Daya Dibekali dengan Kapasitas Standar 1.500 mAh

Setelah mengupas tuntas segala sektor yang dirangkai pada spesifikasi Samsung Z2, kali ini tibalah pada sektor yang terakhir yaitu kapasitas baterai. Melihat spesifikasi yang dibawakan merupakan jenis-jenis komponen berkualitas standar tentu saja kinerja Samsung Z2 ini juga tidak akan mengkonsumsi daya baterai yang terlalu besar. Kebutuhan dari konsumsi baterai yang cukup besar hanya berada pada konektivitas jaringan saja. Apabila kawan Begawei online selama seharian penuh maka kebutuhan baterai juga menjadi semakin banyak karena Z2 ini hanya dibekali oleh baterai Lithium Ion berkapasitas 1.500 mAh sehingga sebisa mungkin kawan Begawei dianjurkan untuk selalu menyediakan perangkat suplai daya cadangan (powerbank). So, kapanpun isi ulang dibutuhkan akan selalu terpenuhi. Satu lagi, perlu diketahui bahwa jenis baterai yang digunakan dalam spesifikasi Samsung Z2 ini adalah removable battery.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Z2

Hadir dengan bawaan OS baru memang menjadi keunggulan Samsung Z2 ini. Pasalnya, beberapa pengguna memang akan segera menemui kebosanan dalam merasakan sensasi yang dihadirkan oleh Google. Di situlah Samsung mulai memainkan celah melalui smartphone Samsung ini. Menariknya, jika Google terbiasa menyasar kelas premium untuk merasakan OS barunya, Samsung tak berbuat demikian. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Samsung Z2 yang menggunakan komponen-komponen kelas pemula sebagai andalannya. Sebagai perangkat kelas pemula, pengguna Z2 ini juga harus cukup bersabar dengan masih adanya kamera VGA di dunia ini. Yup, namun seperti biasa Begawei sudah membuat bagan komparisi mengenai kelebihan Samsung Z2 dan kekurangan Samsung Z2 di bawah ini.

Kelebihan Samsung Z2
  •  Dual SIM card
  •  Support jaringan 4G LTE
  •  Layar minimalis 3,97 inci
  •  Sistem operasi Tizen
  •  Chipset Spreadtrum
  •  RAM 1 GB
  •  Memori internal 8 GB
  •  Kamera Utama 5 MP
  •  Baterai removable
Kekurangan Samsung Z2
  •  Kamera Sekunder masih VGA
  •  Belum ada proteksi layar
  •  Baterai masih Li-Ion 1.500 mAh
  •  Navigasi A-GPS

Harga Samsung Z2

Sebelum membahas harga Samsung Z2 ini, tentu kawan Begawei kudu menyadari bahwa melihat dari seluruh spesifikasi yang dibekalkan pada ponsel ini, memang segala kesederhanaan berada di sana. Tidak dibekali dengan fitur-fitur mewah juga menjadikan harga jual dari smartphone Samsung ini menjadi semakin murah. Namun, sebelum mengulas terlalu jauh pada nominal harga, Begawei akan lebih dulu memberikan sedikit kesimpulan sebagai pertimbangan yang lebih mudah untuk membandingkan dengan harga nantinya. Ponsel pintar modern yang mengusung layar minimalis 3.97 inci membawakan teknologi yang serba sederhana. Pertanyaannya tentu apakah dengan kesederhanaannya tersebut banderol harga Samsung Z2 ini menjadi lebih murah? Pasalnya jika menilik pada bagian dapur pacu yang juga masih minimalis dengan chipset Spreadtrum yang bertenaga processor Quad-core ponsel ini ditandem dengan RAM 1 GB memang bisa dikatakan khas kelas pemula. Kemudian ruang penyimpanan yang standar yaitu memori internal 8 GB juga tak kalah sederhananya. Kamera yang disematkan dalam Z2 ini juga masih minimalis, yaitu 5 MP untuk kamera utama dan VGA untuk kamera sekunder. Hanya saja, satu hal yang spesial pada ponsel ini adalah, konektivitas jaringan lebih lengkap berkat 4G LTE. Untuk spesifikasi tersebut, berapa ya harga Samsung Z2 ini?

harga samsung z2

harga samsung z2 terbaru

Dari informasi yang Begawei dapatkan melalui halaman GSM Arena, harga Samsung Z2 ini hanya mencapai 80 EURO. Jika dilakukan konversi menurut kurs yang berlaku saat ini, maka harga Z2 ini hanya setara dengan Rp1,1 jutaan. Harga yang sangat bersahabat dan terjangkau untuk semua kalangan. Apabila dibandingkan dengan produk lain, harga ini termasuk masih kompetitif. Harga Samsung Z2 yang lebih murah ini selain karena spesifikasinya yang memang masih standar. So, melihat spesifikasi yang dibawakan tentu saja menjadikan harga Samsung Z2 ini bisa menjadi salah satu daftar pilihan ponsel murah dan tangguh.

Harga Samsung Z2
Sekitar Rp 1.100.000,-

Mencermati harga Samsung Z2 dan spesifikasi yang ada, memang perangkat ini termasuk sangat kompetitif. Meskipun memang untuk pasarannya masih berada pada lingkup terbatas saja. Dengan komitmen Samsung yang menghadirkan inovasi baru, tentu rilisnya smartphone Samsung ini nantinya menjadi bukti bahwa Samsung memang berniat mengurangi penggunaannya terhadap OS Android. Produsen teknologi nomor satu dunia ini menghadirkan sesuatu yang berbeda. Tentu saja hal ini mengundang penasaran publik, seperti apa kinerja dari OS buatan Samsung ini. Jika dilihat secara umum, penggunaan OS non Android memang menjadi salah satu faktor turunnya harga Samsung Z2 ini.  Nah, buat kawan Begawei yang penasaran dengan Z2 ini mungkin sementara hanya bisa melihatnya melalui gambar karena Samsung nampaknya belum berniat memasarkan Z2 di Indonesia. Tapi setidaknya, jika Samsung kelak berubah pikiran, kawan Begawei sudah punya gambaran mengenai spesifikasi dan harga Samsung Z2 ini kan? So, sekarang waktunya Begawei tutup review untuk pertemuan kali ini. Baca juga Samsung Z3 Corporate Edition dan Samsung Z3.

Spesifikasi Samsung Z2

Umum
  • Jenis Perangkat
    Smartphone
  • Status
    Dirilis
  • Harga
    1100000
Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G Network
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G Network
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • SIM
    Micro SIM
  • Dual SIM
Desain
  • Dimensi
    121.5 x 63 x 10.8 mm
  • Berat
    127 g
  • Bahan
    Plastic body
  • Warna
    Gold, Black, Red
Layar
  • Tipe Layar
    TFT Capacitive touchscreen
  • Ukuran
    4 Inci
  • Resolusi
    480 x 800 pixels
  • Warna Layar
    65K colors
  • Kerapatan Layar
    233 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
    Tizen OS, v2.4
  • Java
  • Fitur
    - MP4/H.264 player
    - MP3/WAV/AAC/Flac player
    - Photo viewer
    - Document viewer
Hardware
  • Chipset
    Spreadtrum SC9830
  • CPU
    Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Mali-400 MP2
  • RAM (memori)
    1 GB
  • Penyimpanan Internal
    8 GB
  • Penyimpanan Eksternal
    microSD, up to 200 GB (dedicated slot)
  • Sensor
    Accelerometer
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, f/2.2
  • Video
  • Fitur Kamera
    Ya
  • Flash
    LED flash
  • Kamera Depan
    VGA, F/2.4
Suara
  • Jenis Peringatan
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
    4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Baterai
  • Tipe Baterai
    Li-Ion (Lithium Ion)
  • Dapat Dilepas
    Ya
  • Kapasitas
    1500 mAh
Top