Home » Produk » Samsung Galaxy Tab J

Harga Samsung Galaxy Tab J dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.5 GHz

  • RAM
    1.5 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    PLS capacitive

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS v5.1

Harga Samsung Galaxy Tab J dan Spesifikasi – Jagoan baru dikabarkan akan segera hadir dari vendor ternama asal Korea Selatan, Samsung. Ya, kali ini Samsung kedapatan hendak merilis produk terbaru yang akan melengkapi line up dari populasi jenis Tablet yaitu Samsung Galaxy Tab J. Kali ini, meski produknya belum dirilis baru sekedar diumumkan, namun beberapa bocoran spesifikasi telah muncul di dunia maya. Hal ini tentu saja menjadi salah satu informasi menarik bagi para penggemar Samsung yang menantikan tablet kelas pemula tersebut. Kabarnya, vendor asal Korea Selatan ini, berencana untuk merilis secara resmi Samsung Galaxy Tab J hari ini tanggal 27 Juli 2016 waktu setempat. Sambil menunggu rilis secara resminya, kali ini Begawei hendak memberi gambaran dari spesifikasi yang telah bocor dari Samsung Galaxy Tab J ini, tentunya kawan Begawei juga sudah penasaran, bukan? Apabila menyesuaikan dengan segmentasinya, Samsung Galaxy Tab J ini memang membawakan komponen-komponen yang tidak terlalu mewah tetapi seperti biasa, Samsung selalu menghadirkan kualitas yang tak bisa dianggap remeh meskipun hanya sebatas kelas pemula. Penasaran kan dengan kualitas Samsung Galaxy Tab J ini?

Samsung Galaxy Tab J

Samsung Galaxy Tab J

Secara spesifikasi, Samsung Galaxy Tab J menyasar segmentasi tablet kelas pemula ini mengusung layar dengan panel PLS kapasitif berukuran 7.0 inci. Layar ini tentu akan memberikan ruang kerja yang mantap. Menawarkan resolusi layar sekelas HD, memang terbilang standar namun masih tetap nyaman di mata. Untuk Samsung Galaxy Tab J ini sendiri, dihadirkan dengan menggendong mesin pengolah data dari chipset racikan Spreadtrum SC8830 yang bekerja dengan tenaga processor Quad-core berkecepatan 1.5 GHz. Untuk sektor lain, juga serupa, mengingat segmentasinya yang menyasar kelas pemula Samsung Galaxy Tab J untuk sektor lain seperti kamera, juga masih membawakan spesifikasi standar namun tangguh. Berbekal duet kamera 8 MP dan 2 MP menjadi media fotografi yang cukup sanggup diandalkan. Keberadaan kamera sederhana, memang biasa disematkan pada perangkat tablet. Hal ini karena biasanya tablet lebih banyak difungsikan untuk multimedia. Lalu, bagaimana untuk fitur-fitur modern yang disematkan pada tablet ini? Nah, untuk mengetahui spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab J secara lebih detail simak ulasan lengkap dari segmen-segmen di bawah ini!

Samsung Galaxy Tab J

Samsung Galaxy Tab J

Review Samsung Galaxy Tab J

Tablet 7 Inci dengan Desain Simpel Elegan

Seperti biasanya, untuk membuka segmentasi pertama dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab J ini Begawei akan memulai dari segi tampilan fisik dan juga desain visualnya. Untuk Samsung Galaxy Tab J mengusung desain yang tidak seperti sebuah handset kelas pemula. Maksudnya, tablet ini hadir dengan wajah yang elegan dengan desain atraktif khas produk Samsung. Membawakan sentuhan khas produk Samsung yang sangat kental, Galaxy Tab J dihadirkan dengan bodi yang cukup nyaman dioperasikan dengan dimensi berukuran 186.9 x 108.8 x 8.7 mm dan bobot 289 gram. Sementara itu, pada kualitas visual display, Samsung Galaxy Tab J mengusung layar jenis PLS kapasitif berukuran 7.0 inci dengan resolusi HD berukuran 800 x 1280 pixels berkerapatan layar 216 ppi. Meskipun untuk resolusi layarnya masih sekelas HD namun tetap sanggup menyajikan penampilan visual yang nyaman di mata. Namun, apabila kawan Begawei ingin memberi perlindungan lebih maksimal pada layar multitouch Samsung Galaxy Tab J ini, maka harus memasang proteksi layar anti gores secara manual karena vendor masih belum melengkapinya secara built-in. Nampaknya, kebiasaan para vendor lain yang ogah memberikan pelindung layar diikuti pula dalam pemberian spesifikasi Samsung Galaxy Tab J ini.

Kinerja Ruang Olah Data Andalkan Processor Quad-core 1.5 GHz

Setelah melihat seperti apa penampakan fisik yang diusung oleh spesifikasi Samsung Galaxy Tab J, kini saatnya kita membedah jeroan atau bagian dalam tablet ini yaitu pada spesifikasi secara teknisnya. Untuk urusan pengolah data, kali ini Samsung Galaxy Tab J tidak mengandalkan chipset produksinya sendiri tetapi mengandalkan produk dari Spreadtrum SC8830 yang bekerja dengan tenaga processor Quad-core 1.5 GHz. Kombinasi komponen Samsung Galaxy Tab J tersebut kemudian dimaksimalkan oleh keberadaan RAM 1.5 GB tentu saja pemrosesan akan berjalan lancar sesuai kebutuhan normal dan masih memungkinkan untuk bekerja secara multitasking. Menyesuaikan chipset yang ada, Samsung juga membekali kartu pengolah grafis dari GPU Mali-400MP2 yang sanggup menjalankan game-game sekelas HD. Lalu, sebagai media yang akan menjalankan seluruh komponen hardware yang tersusun, Samsung Galaxy Tab J mempercayakannya pada platform sistem operasi Android Lollipop yang selain pemrosesannya cukup ringan dan hemat energi juga siap menyajikan fitur-fitur dan aplikasi bawaan yang menarik. Sayangnya masih belum diketahui, apakah spesifikasi Samsung Galaxy Tab J ini akan diberikan update terhadap Android Marshmallow atau tidak.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab J

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab J

Ruang Simpan File Leluasa Untuk Penuhi Kebutuhan Storage

Dihadirkan sebagai sebuah gadget yang menempati segmentasi tablet kelas pemula, tentu spesifikasi Samsung Galaxy Tab J yang dibekalkan tidak terlalu mewah. Sama halnya dengan sektor dapur pacu, untuk ruang penyimpanan file dari Samsung Galaxy Tab J juga menghadirkan ruang simpan dari memori internal yang sebetulnya cukup pas-pasan namun masih sanggup mengcover seluruh kebutuhan file sistem dan file eksternal. Samsung Galaxy Tab J ini mengandalkan memori internal berkapasitas 8 GB, memang masih terbilang luas untuk menampung file-file sistem dan file hiburan seperti video, audio dan foto. Namun, kawan Begawei juga tak khawatir apabila ternyata memerlukan ruang simpan yang lebih luas karena Samsung Galaxy Tab J mendukung adanya slot microSD yang akan memaksimalkan ruang simpan hingga ekspansi 256 GB. So, segala file apapun yang dibutuhkan akan sanggup terakomodasi dengan sempurna melalui spesifikasi Samsung Galaxy Tab J ini.

Lini Fotografi Minimalis Fungsional dengan Duet Kamera 8 MP dan 2 MP

Jika melihat fungsi secara umum biasanya sebuah tablet jarang menjadi media dokumentasi fotografi, namun rupanya spesifikasi Samsung Galaxy Tab J dibekali dengan perangkat kamera yang cukup baik dan sesuai dengan standar fotografi pada handset kelas pemula. Tentu, mengusung nama besar Samsung akan menjadi parameter kecantikan kamera yang ada padanya. Berkat kehadiran kamera utama Samsung Galaxy Tab J ini yang berukuran 8 MP dengan autofocus dan LED flash, kamera pada tablet ini akan bisa menghasilkan gambar yang cukup baik dan berkualitas. Kemudian, kamera utama Samsung Galaxy Tab J juga masih bisa memberikan kualitas perekam video sekelas FHD. Sebagaimana sebuah perangkat gadget pintar modern, Samsung juga menyematkan kamera selfie atau kamera depan. Meskipun ukurannya cukup minimalis yaitu 2 MP namun kamera pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab J tersebut masih bisa difungsikan untuk melakukan foto selfie dan panggilan video call.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab J

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab J

Komunikasi Single SIM Namun Support 4G LTE

Membahas spesifikasi Samsung Galaxy Tab J selanjutnya akan didasari pada fitur yang paling dicari dari sebuah gadget modern, yakni koneksi internet yang berkekuatan maksimal. Meskipun pada Samsung Galaxy Tab J masih mengandalkan komunikasi seluler dari single SIM card, tetapi untuk koneksi internetnya telah mengandalkan teknologi jaringan 4G LTE. Sebagaimana diketahui bahwa pada jaringan 4G LTE, kecepatan yang disajikan untuk berselancar di dunia internet akan sangat maksimal. Praktis, Samsung Galaxy Tab J ini diklaim mampu memberi kecepatan download sebesar 150 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps tentu saja akan menjadi nilai plus tersendiri pada tablet ini meskipun hanya sebuah gadget kelas pemula. Selain itu, guna memenuhi kebutuhan internet yang lebih maksimal terkadang jaringan 3G HSPA juga masih dibutuhkan apalagi untuk lokasi yang belum tercover jaringan 4G LTE. Fitur-fitur konektivitas jarak dekat pada Samsung Galaxy Tab J juga sangat fungsional seperti untuk melakukan akses internet gratis menggunakan Wifi dan hotspot, kemudian untuk melakukan sharing data atau file non internet dengan menggunakan Bluetooth dan microUSB juga akan sangat membantu untuk sharing data dengan cepat tanpa menguras daya. Meskipun masih menyasar kelas pemula, tetapi rupanya spesifikasi Samsung Galaxy Tab J ini telah menyematkan sistem navigasi yang cukup canggih melalui A-GPS dan GLONNAS.

Suplai Daya Dibekali Kapasitas Baterai 4.000 mAh

Untuk sektor yang terakhir, Begawei akan mengulas seputar pasokan daya yang diberikan pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab J ini. Untuk urusan ini, tentu saja vendor melihat dari kebutuhan dari tiap sektor yang ada. Mulai dari ukuran layar yang terbilang luas dengan resolusi cukup bagus, kemudian juga konektivitas yang berjalan pada tablet ini akan menjad sektor yang membutuhkan konsumsi suplai daya terbanyak pada Samsung Galaxy Tab J ini. Nah, Melihat kebutuhan itu Samsung tentu tak ingin mengecewakan kawan Begawei. Hal ini tentu berdasarkan nama baik Samsung yang selalu memberikan komponen berkualitas untuk pecintanya. Untuk itulah, Samsung Galaxy Tab J dibekali dengan baterai non-removable dari jenis Lithium Ion berkapasitas 4.000 mAh. Kawan Begawei tak perlu khawatir dengan kapasitasnya karena pasokan suplai daya baterai pastinya akan sesuai kebutuhan penggunaan seluruh spesifikasi Samsung Galaxy Tab J tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab J

Bolehlah dicurigai apabila Samsung Galaxy Tab J ini memang ditujukan untuk mengisi segmen J pada kelas tablet PC. Mengingat hak tersebut, nampaknya memang bisa dijadikan alasan pembenar dengan spesifikasi yang ada padanya. Sebut saja, Samsung Galaxy Tab J ini memiliki layar 7 inci dengan CPU 4 inti ber-clock 1.5 GHz tentu menjadikannya tablet yang cenderung sesuai untuk kelas pemula saat ini. Lebih-lebih, RAM nanggung pada Samsung Galaxy Tab J yang sebesar 1.5 GB memang menjadi paket yang menyegarkan di atas kelas umum 1 GB. Sayangnya, untuk mengisi segala kelebihan tersebut nampaknya pelindung layar menjadi fitur premium yang disematkan pada Samsung Galaxy Tab J. Lantaran kelas yang diusung memang bukan kelas premium, tak heran pelindung layar juga ikut diabsenkan dari layar perangkat ini. Namun tentunya, Begawei selalu siap menyajikan kelebihan Samsung Galaxy Tab J dan kekurangan Samsung Galaxy Tab J ini.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab J
  • Layar luas 7.0 inci
  • Resolusi layar HD
  • OS Android Lollipop
  • Processor Quad-core 1.5 GHz
  • RAM 1.5 GB
  • Memori internal 8 GB
  • Slot memori eksternal 256 GB
  • Duet kamera 8 MP dan 5 MP
  • Support jaringan 4G LTE
  • Bluetooth v4.0 A2DP
  • Sistem navigasi A-GPS dan GLONNAS
  • Baterai 4.000 mAh
Kekurangan Samsung Galaxy Tab J
  • Belum ada proteksi layar
  • Resolusi layar standar

Harga Samsung Galaxy Tab J

Nah, pada segmen ini Begawei akan mengupas berapa kisaran harga Samsung Galaxy Tab J yang dibanderol oleh Samsung sendiri. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang harus Begawei simpulkan untuk mempermudah kawan Begawei dalam mempertimbangkan nominal yang nantinya dibanderolkan pada Samsung Galaxy Tab J ini. Tablet dengan layar berukuran 7.0 inci ini, menawarkan resolusi layar HD 800 x 1280 Pixels dan kerapatan layar 216 ppi. Selain sektor layar, pada ruang olah data juga dibekali dengan komponen sederhana yang tentunya akan mejadi indikasi kesederhanaan harga Samsung Galaxy Tab J ini. Katakanlah pada sisi chipset yang ada masih menggunakan chipset Spreadtrum dengan tenaga processor Quad-core 1.5 GHz yang dimaksimalkan oleh RAM 1.5 GB. Sektor lain juga sama sederhananya, seperti kamera yang dibekali dengan kualitas standar dari perangkat kamera berukuran 8 MP dan 2 MP. Namun, untuk konektivitas, Samsung Galaxy Tab J ini termasuk sangat handal karena meskipun hanya mengandalkan komunikasi single SIM namun koneksi internetnya menggunakan jalur utama dari jaringan 4G LTE. So, dari segala kualitas yang ada, berapa Samsung akan mengkatrol harga Samsung Galaxy Tab J ini ke pasaran?

Harga Samsung Galaxy Tab J

Harga Samsung Galaxy Tab J

Harga Samsung Galaxy Tab J Terbaru

Harga Samsung Galaxy Tab J Terbaru

Melihat spesifikasi tersebut, nampaknya harga Samsung Galaxy Tab J ini akan dihadirkan untuk kalangan pemula, seperti pelajar dan pengguna-pengguna pemula lainnya. Jadi tak heran apabila spesifikasi Samsung Galaxy Tab J yang dibekalkan juga tidak terlalu mewah. Untuk harga Samsung Galaxy Tab J secara resmi, Samsung masih belum mengumumkannya karena Samsung Galaxy Tab J baru akan dirilis. Namun dari bocoran yang beredar, Begawei mendapati bahwa harga Samsung Galaxy Tab J ini bakal dijual di pasar internasional seharga $185 atau setara dengan Rp2,4 jutaan. Harga Samsung Galaxy Tab J tersebut masih cukup terjangkau dan sesuai dengan segmentasi yang ada, bukan?

Harga Samsung Galaxy Tab J
Sekitar Rp 2.400.000,- (Perkiraan)

Namun, perlu diingat bahwa harga Samsung Galaxy Tab J tersebut merupakan harga jual secara internasional. Jadi, jika masuk Indonesia nantinya, kemungkinan besar harganya akan berubah, semakin naik tentu saja. Nah, apabila diperhatikan perkiraan harga Samsung Galaxy Tab J tersebut juga sangat sesuai dengan spesifikasi yang ada dan termasuk kompetitif dengan para kompetitornya. Apalagi dengan bekal nama Samsung yang begitu populer, kemungkinan besar Samsung Galaxy Tab J akan menjadi incaran ketika nanti turun ke pasaran. So, kawan Begawei tertarik? Begawei rasa review spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab J kali ini sudah cukup dan waktunya Begawei undur diri. Baca juga Samsung Galaxy J Max dan Samsung Galaxy Tab A 10.1 2016.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab J

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Juli 2016
  • Status
    Segera Hadir, Perkiraan Rilis Agustus 2016
Desain
  • Dimensi
    186.9 x 108.8 x 8.7 mm
  • Berat
    289 g
  • SIM
    Ya
Layar
  • Tipe
    PLS capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    7.0 inches
  • Resolusi
    800 x 1280 pixels (~216 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Spreadtrum SC8830
  • CPU
    Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Mali-400MP2
  • RAM
    1.5 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, f/1.9, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    2 MP, f/2.2
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio, RDS
  • USB
    microUSB v2.0, USB On-The-Go
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion
  • Daya
    4000 mAh

Produk Lainnya dari Samsung

Top