Home » Produk » Samsung Galaxy Tab E 8

Harga Samsung Galaxy Tab E 8 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    1.5 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Tab E 8 – Di tengah masa penantian publik akan kehadiran smartphone Samsung Galaxy S7 yang dijadwalkan rilis dalam waktu tak lama lagi, Samsung justru lebih dulu meluncurkan tablet terbaru pelengkap seri Galaxy Tab. Tak tanggung-tanggung, kali ini pabrikan raksasa asal Korea Selatan tersebut langsung merilis dua seri tablet sekaligus, yakni Samsung Galaxy Tab E 7 dan juga Samsung Galaxy Tab E8 yang menurut rencana keduanya akan sama-sama akan diluncurkan pada akhir bulan Januari 2016 ini. Kedua tablet ini memang didaulat untuk mengisi line-up Samsung di segmen middle-range tablet. Meski hanya ditampilkan sebagai tablet kelas menengah, namun pastinya tablet seri Samsung Galaxy Tab E 8 ini dibekali dengan ragam spesifikasi yang tentunya cuku berkualitas. Untuk spesifikasi kedua tablet tersebut, bisa dipastikan bahwa tidak ada perbedaan mencolok, kecuali pada dimensi layarnya. Dimana untuk sektor yang satu ini, Samsung Galaxy Tab E8 dijejali dengan layar yang lebih lebar, yakni seluas 8 inci. Sementara Samsung Galaxy Tab E 7 cukup mengusung layar 7 inci saja. Sebenarnya, kabar mengenai kedatangan kedua tablet terbaru dari Samsung ini sudah santer diberitakan sejak tahun lalu. Namun tampaknya vendor memilih awal tahun 2016 sebagai waktu perilisan bagi Samsung Galaxy Tab E 8 dan juga Samsung Galaxy Tab E 7 karena memang momentum tahun ini perang tablet middle-range mulai ramai.

samsung galaxy tab e 8

Hadir untuk pangsa pasar tablet modern kelas menengah, secara teknis Samsung Galaxy Tab E 8 memang bukan tablet spesialisasi profesional layaknya tablet PC premium lainnya. Namun meski begitu, secara kualitas serta spesifikasinya juga cukup ideal di kelasnya. Begitupun untuk layarnya, kali ini Samsung memilih layar TFT LCD 8 inci yang mampu menghasilkan resolusi HD berukuran 1280 x 800 piksel. Memang layarn pada tablet Samsung Galaxy Tab E8 ini belum berteknologi IPS atau AMOLED, namun dengan bentang layar 8 inci pastinya akan mampu memberikan kelegaan visualisasi. Untuk spesifikasi mesinnya, tablet Samsung seri Galaxy Tab E 8 ini membawa bekal chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1.3 GHz 64-bit dan RAM 1,5 GB. Sehingga untuk urusan performa dirasa sudah cukup bisa diandalkan. Kemudian pada bagian kameranya, pada tablet Samsung Galaxy Tab E 8 ini tersedia kamera dengan kekuatan lensa sebesar 5 MP dan 2 MP yang jadi andalan sebagai media fotografi. Terakhir untuk urusan konektivitasnya, tablet Samsung edisi Galaxy Tab E 8 ini akan dibagi menjadi dua varian layaknya tren produk tablet lainnya, yakni versi Wi-Fi only dan juga model 4G LTE yang sudah mendukung fitur seluler. Tentu saja kualitas-kualitas yang ditawarkan oleh generasi baru Galaxy Tab ini tak berhenti sampai di sini. Nah untuk lebih lengkapnya lagi, yuk simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab E 8 pada segmen-segmen berikut ini!

samsung galaxy tab e8

Review Samsung Galaxy Tab E 8

Tablet dengan Desain Body Kompak dan Nyaman Dioperasikan Didukung Layar 8 Inci

Untuk segmen perdana pada pembahasan spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 8 ini, seperti biasa Beagwei akan mengajak sobat semua untuk mengulas detail tampilan dari tablet ini. Sekilas, apabila melihat tablet Samsung seri Galaxy Tab E 8 ini maka kawan Begawei akan menemukan garis desain yang sama dengan Samsung Galaxy Tab E 7. Layaknya tablet kelas menengah, Samsung Galaxy Tab E 8 hadir dengan balutan casing berkomposisi plastik unibody yang juga dilengkapi tombol homescreen seperti line-up tablet Samsung lainnya. Ukuran fisiknya juga terbilang kompak untuk ukuran sebuah tablet. Dimana secara fisik, tablet ini memiliki dimensi sebesar 212.1 x 126.1 x 8.9 mm. Bobotnya pun tergolong ringan, berkisar 360 gram. Mengingat dimensi bodi tablet ini tergolong cukup ramping, jelas Samsung Galaxy Tab E8 akan terasa sangat nyaman saat digunakan. Pada bagian layar, tablet generasi Galaxy Tab E 8 ini dibekali dengan layar jenis TFT LCD Cappacitive Touchscreen berbentang 8 inci yang memiliki resolusi sebesar 800 x 1280 pixels, dengan tingkat kerapatan mencapai 189 ppi. Tingkat resolusi layar pada Samsung Galaxy Tab E 8 ini termasuk rendah. Namun mengingat tablet ini memiliki ukuran layar hingga 8 inci, setidaknya untuk urusan visual sedikit bisa terbantu dengan kelegaan layarnya. Apalagi Samsung juga sudah membekali perangkat ini dengan user interface terbaru yang atraktif plus fitur khas seperti Multi–User Mode yang siap menambah sisi visualisasi menjadi lebih baik. Sayangnya sedikit catatan untuk spesifikasi Samsung Galaxy Tab E8, tablet ini belum ditanamkan sistem proteksi layar internal, sehingga sobat Begawei harus memasang alternatif secreen guard secara terpisah untuk melindungi layar dari goresan.

Kinerja Mumpuni dengan Bekal Chipset Snapdragon 410 dan RAM 1,5 GB

Setelah kita membedah spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 8 di bagian eksteriornya, kini kita akan menilik spesifikasi tablet terbaru ini di bagian terdalamnya, yakni jeroannya. Sama seperti urusan visualnya, pada bagian permesinannya juga tidak ada spesifikasi mencolok menyesuaikan segmentasinya. Pada jantung dapur pacunya, kali ini Samsung Galaxy Tab E8 dibekali dengan komponen hardware mid-end, yakni chip Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang ditenagai proseor Quad-core 1,3 GHz Cortex-A53. Kompoenen hardware yang dimiliki Galaxy Tab E 8  tersebut merupakan chipset yang sudah teruji pada banyak flagship, serta mampu memberikan kemampuan olah data yang maksimal, kendati bukanlah chipset kelas wahid. Kemudian guna menyempurnakan spesifikasi di bagian jeroannya, Samsung Galaxy Tab E 8 juga sudah dibekali dengan RAM 1,5 GB yang sudah cukup responsif untuk kebutuhan multitasking. Sementara guna menunjang performa grafis agar menjadi lebih baik, tak lupa Samsung juga menyematkan GPU seri Adreno 306 pada Galaxy Tab E 8 ini. Terakhir, sebagai tabet Android, spesifikasi Samsung Galaxy Tab E8 pada bagian dapur pacu ini akan diperkuat oleh sistem operasi terbaru, yakni Android OS v5.1.1 (Lollipop) yang memiliki beragam fitur serta software yang keren di dalamnya.

spesifikasi samsung galaxy tab e 8

Memori ROM 16 GB Plus Slot MicroSD Eksternal Pastikan Daya Tampung File Terpenuhi

Pada segmen selanjutnya kali ini, Begawei akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 8 pada bagian komponen yang tak kalah pentingnya, yaitu bagian ruang penyimpanan data. Untuk bagian penyimpanan datanya, ternyata tablet Samsung seri Galaxy Tab E 8 ini juga tak kalah mentereng jika dibandingkan dengan varian tablet mid-end lainnya. Dimana Samsung sudah menyematkan internal memory berkapasitas 16 GB. Menurut Begawei, ukuran kapasitas memori internal pada tablet Samsung Galaxy Tab E8 tersebut sudah cukup untuk menampung rapi file-file kerja atau file hiburan milik sobat. Namun, jika kawan Begawei masih membutuhkan tempat yang lebih luas untuk mewadahi file-file yang ternyata lebih kompleks, daya tampung pada storage pada Samsung Galaxy Tab E 8 ini masih bisa diupgrade lagi dengan menambahkan kartu external memory berjenis microSD hingga mencapai 128 GB. Dengan adanya slot eksternal memori, dijamin spesifikasi Samsung Galaxy Tab E8 pada ruang penyimpanan data ini akan membuat sobat Begawei bisa menyimpan seluruh file atau aplikasi yang berukuran besar secara lebih leluasa lagi.

Sektor Dokumentasi Dipersenjatai dengan Duet Kamera Minimalis Namun Fungsional

Layaknya produk tablet menengah masa kini, untuk sektor fotografi memang tak dibuat terlalu mencolok, mengingat fungsi tablet sebenarnya bukanlah sebagai media dokumentasi foto. Begitu pula pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 8 di sektr fotografi ini, kita kan menjumpai sepesifikasi piranti kamera yang tidak terlalu istimewa. Namun meski begitu untuk kameranya juga masih fungsional dan ideal. Sebagai kamera utamanya, tablet Samsung Galaxy Tab E8 ini dibekali dengan kamera belakang berukuran 5 MP dan sudah berteknologi Autofokus. Untuk ukuran tablet, kamera utama pada tablet Samsung seri Galaxy Tab E 8 ini termasuk cukup bagus. Selain itu, kamera utama tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur fotografi modern, seperti misalnya Geo-tagging dan f/2.2 sehingga untuk hasil foto dijamin cukup menjanjikan. Bagi yang hobi merekam video, kamera utama pada tablet Samsung Galaxy Tab E 8 ini juga sudah dibekali dengan fitur perekaman video dengan hasil rekaman video beresolusi 720p@30fps. Terakhir, untuk penggemar selfie atau kamu sering melakukan video call, spesifikasi Samsung Galaxy Tab E8 pada lini fotografi ini pun telah dibekali dengan kamera sekunder berkekuatan 2 MP. Meskipun hanya berkekuatan 2 MP, namun kamera depan tersebut sudah didukung dengan apperture f/2.2 sehingga sangat fungsional untuk media foto sobat Begawei semua.

spesifikasi samsung galaxy tab e8

Pilihan Konektivitas Tersedia dalam Dua Varian Wi-Fi Only dan LTE

Pads segmen berikutnya, kali ini saatnya kita mengulas spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 8 pada bagian konektivitasnya. Identik dengan tren peluncuran tablet dewasa ini, tablet seri Galaxy Tab E 8 pun juga terbagi dalam dua varian berbeda, menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Pada varian pertama, tablet ini tak dibekali dengan teknologi jaringan seluler, atau Wi-Fi only. Artinya, Samsung Galaxy Tab E8 versi Wi-Fi hanya bisa digunakan untuk akses internet dengan menggunakan jaringan Wi-Fi saja. Sementara itu, pada tablet Galaxy Tab E 8 varian seluler merupakan tablet dengan single SIM card plus teknologi jaringan data 4G LTE. Jika menggunakan jaringan 4G LTE, tablet ini bisa dipacu untuk mendownload hingga mencapai kecepatan rata-rata 150 Mbps. Sedangkan untuk upload, Samsung Galaxy Tab E 8 bisa dipacu hingga mencapai kecepatan 50 Mbps. Tablet terbaru dari Korea Selatan ini pun juga memiliki dua pilihan konektivitas, yaitu GSM atau CDMA. Menurut Begawei semua tipe Samsung Galaxy Tab E 8 semuanya memiliki keunggulan masing-masing. Selain jaringan data seluler utama 4G LTE, tablet ini juga dibekali dengan pilihan jaringan data alternatif lainnya, mulai dari GSM/CDMA hingga HSPA/EVDO Rev A 3.1. Untuk koneksi internet lainnya, Samsung Galaxy Tab E 8 juga sudah didukung teknologi nirkabel Wi-Fi yang bisa digunakan untuk mengakses internet di Wi-Fi area dan juga tethering hotspot dengan pengguna lain. Sedangkan untuk keperluan transfer data  jarak dekat, Samsung Galaxy Tab E 8 ini juga telah dibekali dengan fitur Bluetooth v4.0 yang berfungsi untuk transfer data menjadi lebih cepat. Terakhir, tablet ini juga sudah dilengkapi dengan kabel data jenis microUSB v 2,0 untuk debugging USB. Sementara untuk bagian pemetaannya, spesifikasi Samsung Galaxy Tab E8 pada pun semakin lengkap dengan adanya teknologi navigasi A-GPS dan juga GLONASS.

Suplai Daya Maksimal dengan Baterai Berkapasitas 5.000 mAh

Dipersenjatai dengan spesifikasi dan juga bekal komponen hardware berkualitas, rasanya tak lengkap jika spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 8 tak dilengkapi dengan komponen berkualitas di ruang suplai dayanya. Keberadaan komponen baterai sendiri memiliki peranan penting untuk membuat kinerja operasional menjadi lebih lancar. Nah untuk segmen yang terakhir ini, kita akan mengupas spesifikasi teknis Samsung Galaxy Tab E 8 pada bagian ruang penyuplai dayanya. Jika melihat spesifikasi mesin dan juga layarnya, tentu saja tablet terbaru dari Samsung ini termasuk tablet yang membutuhkan suplai daya yang cukup besar. Hal ini karena Samsung Galaxy Tab E8 diperkuat oleh perangkat-perangkat berkualitas plus layar yang lebar. Pada bagian baterainya, tercatat kali ini Samsung menyematkan baterai jenis Lithium Ion dengan kapasitas sebesar 5.000 mAh. Dengan kapasitas yang sangat besar tersebut, tablet ini memiliki waktu bicara hingga 13 jam saat digunakan stand-by pada jaringan 3G. Sementara itu untuk mendengarkan music, tablet Samsung Galaxy Tab E 8 ini mampu bertahan hingga kurang lebih 117 jam. Berbekal kapasitas baterai yang sangat besar, tentu kawan Begawei akan bisa mengoperasikan tablet ini secara maksimal. Kapasitas daya yang hadir melalui spesifikasi Samsung Galaxy Tab E8 menurut Begawei ini sudah ideal dan cukup menemani aktivitas sobat untuk memenuhi kebutuhan multimedia.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab E 8

Sebagai produk tablet satu gen, sebenarnya kelebihan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Tab E 8 ini secara garis besar masih sama dengan seri Samsung Galaxy Tab E 7 sebelumnya. Namun tablet seri Galaxy Tab E 8 ini memiliki keunggulan pada bagian layar yang ukurannya lebih besar serta tersedia dalam dua varian, yakni WiFi Only dan juga 4G LTE. Dan untuk catatak minusnya, panel layar yang digunakan masih berupa panel layar jenis TFT. Nah agar semakin jelas, berikut adalah tabel kelebihan Samsung Galaxy Tab E 8 dan kekurangan Samsung Galaxy Tab E 8.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab E 8
  • Desain kompak dan slim
  • Layar luas 8 inchi
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon 410
  • CPU Quad-core 1,3 GHz
  • GPU Adreno 306
  • RAM 1,5 GB
  • Memori internal 16 GB plus slot eksternal
  • Dual kamera 5MP dan 2MP
  • Didukung jaringan 4G LTE (versi seluler)
  • Baterai 5.000 mAh
Kekurangan Samsung Galaxy Tab E 8
  • Belum ada proteksi layar internal
  • Resolusi layar rendah
  • Baterai masih Li-Ion dan non removable

Harga Samsung Galaxy Tab E 8

Setelah Begawei mengajak sobat semua untuk mengulas detail spesifikasi tablet terbaru Samsung dari berbagai sektornya, kini waktu yang tepat untuk memberikan informasi mengenai kisaran harga Samsung Galaxy Tab E 8 ini. Diperkenalkan bersamaan dengan Samsung Galaxy Tab E 7, untuk spesifikasinya memang tidak ada perbedaan signifikan kecuali pada bagian layarnya yang kini sudah membawa layar 8 inci TFT LCD. Sementara untuk bagian mesinnya, Samsung Galaxy Tab E 8 masih membawa kompone yang sama lewat chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang kemudian diotaki prosesor Quad-core 1.3 GHz 64bit dan RAM 1,5GB. Dimana kombinasi antara ketiga komponen ini sudah cukup ideal untuk menunjang performa menjadi lebih baik. Kemudian pada bagian kameranya, kali ini Samsung menyematkan dual kamera berkekuatan lensa sebesar 5 MP dan 2 MP yang cukup fungsional. Terakhir untuk urusan konektivitasnya, kisaran harga Samsung Galaxy Tab E8 akan dibedakan menjadi dua sesuai dengan teknologi konektivitasnya, yaitu versi Wi-Fi only dan 4G LTE yang sudah mendukung fitur seluler. Nah, dengan ragam spesifikasi yang dimilikinya, kira-kira berapa ya harga Samsung Galaxy Tab E 8 di pasaran?

harga samsung galaxy tab e 8

harga samsung galaxy tab e8

Seperti yang sudah Begawei singgung pada paragraf di atas tadi, mengenai kisaran harga Samsung Galaxy Tab E 8 memang tidak akan terlampau mahal. Lantaran selain membawa bekal spesifikasi kelas dua, tablet ini juga murni menyasar segmen kelas menengah yang menginginkan tablet murah berkualitas tinggi. Pertama kali dirilis untuk pasar Amerika Serikat dan Taiwan, banderol harga Samsung Galaxy Tab E8 adalah sebsar 300 euro, atau setara dengan sekitar Rp 4,5 jutaan saja. Harga tersebut merupakan harga global dari tablet Samsung seri Galaxy Tab E 8 ini. Apabila melihat harganya, nominal tersebut memang membuat Samsung Galaxy Tab E 8 cukup ideal jika disebut sebagai tablet mid-end. Sementara di Indonesia, kemungkinan harganya bisa saja berbeda. Namun mengingat harga untuk pasar global sudah ditetapkan, maka selisihnya diprediksi tidak akan jauh. So, kemungkinan besar memang harga Samsung Galaxy Tab E 8 di Indonesia tetap akan berada di bawah Rp 5 jutaan.

Harga Samsung Galaxy Tab E 8
Sekitar Rp 4.500.000,-

Itulah informasi mengenai harga Samsung Galaxy Tab E 8 yang berhasil Begawei himpun untuk sobat semua. Melihat harga yang ditawarkannya, tablet ini sangat cocok untuk dipasarkan di Indonesia. Selain itu langkah Samsung untuk merilis banyak varian tablet pada tahun 2016 merupakan langkah strategis, mengingat sebelumnya banyak vendor yang turut meramaikan segmen serupa, baik vendor lokal maupun pendatang. Nah dengan dirilisnya tablet Samsung Galaxy Tab E 8 ke pasaran, jelas semakin menambah sengit persaingan segmen tablet 8 inchi. Seperti yang kita tahu, beberapa waktu terakhir tablet berlayar 8 inci telah menjadi tren baru di segmen tablet PC. So, dengan hadirnya tablet Samsung seri Galaxy Tab E 8 yang dijadwalkan rilis di Indonesia sebentar lagi, tentu bisa menjadi alternatf pilihan menarik bagi sobat yang sedang mengidamkan tablet berkualitas tinggi namun berharga miring. Dengan banderol harga Samsung Galaxy Tab E8 yang masih wajar, tentu tablet ini memiliki potensi untuk bisa mengikuti jejak kesuksesan tablet Samsung lainnya. Nah itulah tadi review Begawei mengenai produk tablet terbaru dari Samsung ini, lengkap mulai dari spesifikasi teknis hingga kisaran harga Samsung Galaxy Tab E 8 di pasaran. Jangan lupa baca juga review Begawei lainnya mengenai Xiaomi Mi Pad 2 dan Huawei MediaPad M2 10.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab E 8

Jaringan
  • Teknologi
    CDMA / HSPA / EVDO / LTE
  • 2G bands
    CDMA 800 / 1900 - T377P, T377R
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 - T377
  • 4G bands
    LTE band 3(1800), 7(2600), 8(900), 28(700), 38(2600) - T377
  • Kecepatan
    HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps, EV-DO Rev.A 3.1 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2016, January
  • Status
    Available. Released 2016, January
Desain
  • Dimensi
    212.1 x 126.1 x 8.9 mm (8.35 x 4.96 x 0.35 in)
  • Berat
    360 g (12.70 oz)
  • SIM
    Nano-SIM
Layar
  • Tipe
    TFT capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    8.0 inches (~69.4% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    800 x 1280 pixels (~189 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 306
  • RAM
    1.5 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, f/2.2, autofocus
  • Fitur
    Geo-tagging
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    2 MP, f/2.2
Suara
  • Jenis Alert
    MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    -
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    5000 mAh

Produk Lainnya dari Samsung

Top