1. Home
  2. Harga HP Terbaru
  3. Samsung
  4. Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy Tab Advanced 2
Rp 3,00

  • CPU
    Octa-core

  • RAM
    3 GB

  • Kapasitas
    32 GB

  • Layar
    10.1 inci

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android 8.1

Harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2 dan Spesifikasi – Meski tak setenar pasar smartphone, Samsung memberanikan diri untuk bermain di segmen pasar tablet dengan meluncurkan perangkat bertajuk Samsung Galaxy Tab Advanced 2. Bocoran mengenai peluncuran tablet tersebut memang sempat mencuri perhatian. Dimana, tablet ini hadir di tengah-tengah gencarnya rumor akan diluncurkannya tablet premium bernama Galaxy Tab S4 yang semakin menunjukkan jika Samsung tak hanya merilis satu perangkat tablet saja. Meski menyasar di segmen pasar yang sama namun keduanya menjurus pada kalangan konsumen berbeda. Jika Galaxy Tab S4 membidik segmen high-end, Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini akan membidik segmen kelas menengah seperti seri Tab A. Tentu saja, hal ini akan menjadi suatu hal menarik mengingat dominasi pasar Samsung akan merambah lebih luas, tak hanya segmen smartphone flagship saja. Namun, kali ini Begawei akan terfokus untuk mengulas sisi keunggulan yang dimiliki Samsung Galaxy Tab Advanced 2.

Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Berkenaan dengan review mengenai Samsung Galaxy Tab Advanced 2, tampaknya memang perangkat ini akan memiliki sejumlah keunggulan yang tak bisa dipandang remeh. Hanya saja, jika dilihat dari gambar render yang muncul dalam laman GizmoChina pada 9 Juli 2018 lalu. Dimana, tampak jelas sebuah gambar yang hanya menampilkan bagian depan perangkat tablet yang diduga Samsung Galaxy Tab Advanced 2. Sekilas memang tidak ada yang istimewa dari tablet tersebut. Apalagi, dengan bezel hitam yang tebal di bagian sisinya, diperkirakan tablet ini memiliki ukuran 10,1 inci seperti kebanyakan jajaran tablet Samsung lainnya. Namun satu hal yang menarik bahwa Samsung Galaxy Tab Advanced 2 tidak memiliki tombol home fisik, padahal hal itu bukan kebiasaan Samsung yang mulai merilis tablet sejak tahun 2014 lalu. Sebab, pabrikan asal Korsel ini diketahui selalu menyertakan tombol home fisik dan dua tombol kapasitif lainnya di bawah layar. Sementara dapur pacunya, tablet ini akan dipersenjatai dengan chipset Exynos 7870 sebagai otak performa dan sistem operasi yang dijalankannya adalah Android 8.0 Oreo. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak bersama saja ulasan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2 pada segmen-segmen di bawah ini!

Tablet Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Review Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Gaya Desain Ala Galaxy Tab Series dengan Layar 10.1 Inci Beresolusi 1200 x 1920 pixels

Daya tarik dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini memang bisa dilihat dari berbagai sektor. Yang mana, salah satunya dari sektor fisik atau tampilan bodi maupun visualisasi pada bagian layarnya. Dimana, kali ini memang pihak Samsung telah membuat perangkat tablet ini dengan gaya desain bodi yang cukup ideal yang mana mengusung dimensi berukuran 254.2 x 155.3 x 8.2 mm. Tentu saja, dengan ukuran bodi tersebut maka tak heran jika Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini menjadi tampak begitu ideal untuk sekelas tablet menengah. Tak sampai di situ saja, dari sisi visualnya sendiri pun juga terbilang juga handal dan modern. Bukan tanpa alasan mengingat kali ini Samsung Galaxy Tab Advanced 2 akan mengusung layar seluas 10.1 inci dengan kemampuan resolusi yang cukup tinggi yaitu hingga 1200 x 1920 pixels 16:10 ratio br=erpanel capacitive touch screen 16 M Colors. Dengan begitu maka jelas jika nantinya tablet ini mampu memberikan tampilan visual yang sangat atraktif dan menyejukkan mata. Tentu saja, hal tersebut merupakan salah satu keunggulan dari spesifikasi Galaxy Tab Advanced 2 yang patut diacungi jempol.

Memiliki Performa Handal dan Mumpuni Berkat Chipset Exynos 7870 Octa dengan Dukungan RAM 3 GB

Di satu sisi, kehandalan dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini pun juga bisa ditelisik pada sektor jantung pacunya. Pasalnya, memang sektor mesin pacu ini lah yang menjadi salah satu keunggulan dalam soal sistem operasional dari perangkat ini. Dimana, dalam hal ini Samsung Galaxy Tab Advanced 2 sendiri akan mengusung beberapa komponen handal, seperti chipset Exynos 7870 Octa yang bertenaga prosesor Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53). Sehingga, tak heran jika kinerja atau performa yang diusung perangkat ini pun akan lebih handal dan mumpuni serta tak bisa dipandang remeh. Selain itu, tak lupa juga bahwa Samsung akan menggunakan RAM berkapasitas 3 GB untuk memberikan performa tablet ini menjadi lebih responsif dan lebih gesit. Tak sampai di situ saja, bahkan Samsung Galaxy Tab Advanced 2 pun juga telah dibekali kartu grafis yang berupa GPU Mali-T830 MP2 yang siap memberikan tampilan visual grafik yang lebih tajam dan smooth. Di sisi lain, tak lupa juga bahwa pada sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini pun juga akan mengandalkan OS Android Oreo terbaru.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Disediakan Storage Memadai dengan Kapasitas 32 GB

Sementara itu, terkait dengan spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2, kali ini Begawei akan mengulas soal sektor penyimpanan yang diusung perangkat ini. Mengingat, ruang simpan di sini sangat dibutuhkan keberadannya sebagai salah satu media untuk menyimpan berbagai macam file, baik itu file pribadi maupun untuk menyimpan file sistem. Maka dari itu, kali ini Samsung Galaxy Tab Advanced 2 pun hadir dengan menawarkan memory internal berkapasitas 32 GB. Melihat kapasitas yang ditawarkan tersebut maka tak heran jika tablet ini mampu menyimpan cukup banyak file. Tak hanya itu saja, bahkan jika storage yang ditawarkan tersebut masih dirasa kurang, Samsung Galaxy Tab Advanced 2 masih memiliki slot memory eksternal. Dimana, slot tersebut bisa disisipi kartu SD hingga 256 GB sebagai ruang simpan tambahan. Tentu saja, dengan tawaran kemampuan ruang simpan tersebut maka pengguna bisa menyimpan file yang dirasa membutuhkan kapasitas ruang besar pada kartu SD ini, seperti video, aplikasi, maupun foto. Dengan demikian, tak heran apabila sektor penyimpanan yang diusung spesifikasi Galaxy Tab Advanced 2 ini menjadi satu hal yang diandalkan.

Fotografi Berkualitas dengan Kamera Utama 8 MP dan Kamera Depan 2 MP

Nah, beranjak pada sektor berikutnya, Begawei akan mengulas spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2 yang terkait dengan fitur, yaitu pada lini fotografi. Dimana, seperti yang sudah kita tahu bahwa lini pemotretan merupakan salah satu segmen yang sangat dibutuhkan pra konsumen atau pengguna sebagai media pembidik moment pribadi. Meski di segmen tablet namun untuk soal fotografi, Samsung tetap akan mengusung kamera yang tak bisa dianggap sepele. Dimana, Samsung Galaxy Tab Advanced 2 diketahui mengusung kamera utama 8 MP f/1.9, AF, LED flash yang dipastikan bakal mampu memberikan hasil jepretan yang cukup atraktif. Tak sampai di situ saja, bahkan perangkat tablet kelas menengah buatan Samsung ini akan dilengkapi kamera depan dengan resolusi 2 MP. Walaupun terbilang masih minim namun dengan kemampuan resolusi pada kamera depan tersebut, Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini tetap mampu memberikan hasil potret selfie yang cukup atraktif. Di sisi lain, pabrikan asal Korsel tersebut juga turut menyertakan fitur Geo-tagging, panorama, dan touch focus dengan kemampuan rekam video hingga 1080p. Tentu, dengan kecanggihannya tersebut, wajar jika lini foto pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini bakal menjadi salah satu daya tarik tersendiri pada konsumen.

Spesifikasi Galaxy Tab Advanced 2

Dibekali Fitur Konektivitas Mumpuni dengan Dukungan Jaringan WiFi Mumpuni

Sementara itu di sisi lain, penjelasan mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini akan berlanjut pada sisi konektivitas. Memang, sektor konektivitas yang diusung tablet ini menjadi salah satu titik fokus calon konsumen sebagai bahan pertimbangan. Mengingat, sektor ini berkenaan dengan aktivitas pada perangkat. Pertama, satu hal yang jelas bahwa Samsung Galaxy Tab Advanced 2 akan mendapat dukungan akses jaringan internet 4G LTE. Sehingga, sudah bisa dipastikan jika aktivitas internet menjadi lebih terjamin. Akan tetapi, hanya saja jaringan 4G yang dimaksud pada perangkat tablet ini hanya sebagai media untuk mendapatkan sinyal WiFi saja. Masalahnya, tab;et ini memang tak disiapkan untuk menunjang aktivitas komunikasi sehingga tak disediakan slot SIM Card. Meski demikian, tablet ini tetap bisa digunakan untuk beraktivitas di dunia maya mengingat selain mendapatkan akses jaringan internet mumpuni, Samsung Galaxy Tab Advanced 2 juga sudah dilengkapi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot sebagai fitur konektivitas jarak dekat. Bahkan, soket micro USB tipe C pun juga turut disertakan untuk menunjang aktivitas transfer file melalui USB. Selain itu, tak lupa juga jika pada spesifikasi Galaxy Tab Advanced 2 ini pun juga sudah dilengkapi dengan sistem navigasi berupa A-GPS, GLONASS, dan BDS sebagai media untuk menentukan titik peta lokasi.

Berbekal Baterai Li-Ion 7300 mAh

Beralih pada pokok bahasan berikutnya, kini saatnya Begawei mengulas soal baterai yang dibawa spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2. Sebagai tablet dengan komponen canggih dan layar yang cukup besar maka sudah barang tentu akan membutuhkan sokongan daya baterai yang cukup besar pula. Oleh sebab alasan tersebut maka dalam hal ini Samsung Galaxy Tab Advanced 2 pun akan hadir dengan menawarkan baterai handal berupa Li-Ion (Lithium Ion). Dimana, baterai yang diusung tablet tersebut memiliki kemampuan daya kapasitas sebesar 7300 mAh. Tentu saja, dengan kapasitas daya baterai yang cukup besar tersebut sudah barang tentu dipastikan bakal membuat kebutuhan daya dari tiap komponen menjadi lebih terjamin dan mumpuni. Dengan demikian, jelas jika sektor baterai pada spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini terbilang sudah cukup handal dan mampu memikat para calon konsumen.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Samsung sebagai pemain lama dalam bisnis perangkat genggam tidak mau untuk terus tenggelam bermain di pasar smartphone, dan melupakan pasar tablet pada tahun 2018 ini. Hal ini dibuktikan pada kuartal kedua tahun 2018 ini, Samsung meluncurkan 3 tablet sekaligus, yang salah satunya bernama Samsung Galaxy Tab Advanced 2. Tablet ini mempunyai dimensi layar yang besar untuk ukuran tablet, yaitu mencapai 10.1 inci dengan kerapatan layar mencapai 224 ppi. Dengan menyasar segmen kelas menengah membuat tablet ini mempunyai satu kelemahan utama, yaitu tiadanya fitur konektivitas seluler. Jadi ketika anda menggunakan Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini anda tidak akan bisa menggunakan panggilan telepon maupun SMS, dan untuk koneksi internet mengandalkan Wi-Fi di sekitar anda. Yuk kita lihat secara lebih detail kelebihan Samsung Galaxy Tab Advanced 2 dan kekurangan Samsung Galaxy Tab Advanced 2 pada tabel di bawah ini:

Kelebihan Samsung Galaxy Tab Advanced 2
  • Support jaringan internet 4G LTE
  • Layar seluas 10.1 inci
  • Resolusi 1200 x 1920 pixels
  • Chipset Exynos 7870 Octa
  • Prosesor Octa Core
  • RAM 3 GB
  • GPU Mali-T830 MP2
  • OS Android Oreo 8.1
  • Memory internal 32 GB up to 256 GB
  • Kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP
  • Sistem navigasi A-GPS, GLONASS, dan BDS
  • Baterai Li-Ion 7300 mAh
Kekurangan Samsung Galaxy Tab Advanced 2
  • Baterai non removable
  • Tak dilengkapi slot SIM Card
  • Tak ada Fingerprint
  • Belum ada pelindung layar

Harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Nah, seusai kita mengulas soal spesifikasi, kini waktunya membahas harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2. Namun, sebelum jauh ke sana, sebelumnya Begawei akan sedikit memberikan kesimpulan mengenai ulasan spesifikasi yang dibahas di atas. Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, memang tablet yang satu ini menjadi salah satu perangkat kelas menengah dengan bekalan spesifikasi yang cukup mumpuni. Mulai dari layarnya seluas 10.1 inci dengan resolusi 1200 x 1920 pixels yang akan membuat tampilan visualnya kian tajam. Di samping itu, Samsung Galaxy Tab Advanced 2 pun juga akan dibekali chipset Exynos 7870 Octa dengan sokongan RAM 3 GB sehingga akan membuat performanya kian handal dan responsif. Belum lagi dengan kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP yang sudah dipastikan bakal memberikan hasil bidikan foto yang jauh lebih atraktif dan tajam. Tentu saja, dengan semua kehandalannya tersebut maka akan berpengaruh atau berdampak pada harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2.

Harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Harga Galaxy Tab Advanced 2

Memang, untuk penentuan harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2 ini menyesuaikan atas spesifikasi yang dibawanya. Bahkan, jika melihat segmentasinya yang menyasar di kelas menengah tentu banderol dari perangkat ini kemungkinan memang akan dipatok cukup mahal. Hanya saja, sampai detik ini pun, informasi mengenai berapa harga Galaxy Tab Advanced 2 ini masih menjadi misteri. Wajar, mengingat pihak Samsung belum resmi meluncurkannya. Namun, berdasarkan atas prediksi dari Begawei, diperkirakan bahwa nantinya tablet ini akan dibanderol sekitar Rp 3 jutaan. Sebuah angka yang menurur Begawei sudah cukup memadai jika dibandingkan dengan spesifikasinya. Tentu saja, dengan prediksi harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2 tersebut, teman-teman sudah bisa memiliki gambaran tersendiri berapa banderol kisaran dari tablet ini.

Harga Samsung Galaxy Tab Advanced
Sekitar Rp 3.000.000,-

Sebagaimana yang sudah diutarakan di atas bahwa harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2 tersebut masih berstatus prediksi atau perkiraan semata. Bukan tanpa alasan sebab pihak pabrikan sendiri masih belum meluncurkannya ke publik. Bahkan, sampai saat ini juga masih belum ada kepastian kapan tanggal peluncuran tablet buatan Samsung tersebut. Namun, yang jelas bahwa sangat dimungkinkan jika harga dari perangkat ini tak akan jauh berbeda dari perkiraan harga di atas. Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab Advanced 2.  Baca juga review tablet menarik lainnya dari Samsung seperti Samsung Galaxy Tab A2 10.5 dan Samsung Galaxy Tab S4 10.5.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab Advanced 2

Umum
  • Jenis Perangkat
    Tablet
  • Diumumkan
    Belum Diumumkan
  • Status
    Rumor
  • Harga
    3.000.000
Jaringan
  • Teknologi
    Tidak dilengkapi fitur konektivitas seluler
  • SIM
    Standard SIM
  • Dual SIM
Desain
  • Dimensi
    254.2 x 155.3 x 8.2 mm
  • Warna
    Black, White
Layar
  • Tipe Layar
    Capacitive touchscreen
  • Ukuran
    10.1 inches, 295.8 cm2
  • Resolusi
    1200 x 1920 pixels, 16:10 ratio
  • Warna Layar
    16 juta
  • Kerapatan Layar
    224 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
    Android 8.1 (Oreo)
  • Java
  • Fitur
    - MP4/H.264 player
    - MP3/WAV/eAAC+/Flac player
    - Photo/video editor
    - Document viewer
Hardware
  • Chipset
    Exynos 7870 Octa
  • CPU
    Octa-core (4x1.6 GHz Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53)
  • GPU
    Mali-T830 MP2
  • RAM (memori)
    3 GB
  • Penyimpanan Internal
    32 GB
  • Penyimpanan Eksternal
    microSD, sampai dengan 256 GB (slot tersendiri)
  • Sensor
    Accelerometer
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, f/1.9, AF
  • Video
  • Fitur Kamera
    Geo-tagging, touch focus, panorama
  • Flash
    LED flash
  • Kamera Depan
    2 MP, f/2.2, 1080p
Suara
  • Jenis Peringatan
    MP3, WAV ringtones
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • GPS
    Ya, dengan A-GPS, GLONASS, BDS
  • Radio
    Tidak ada
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Baterai
  • Tipe Baterai
    Li-Ion (Lithium Ion)
  • Dapat Dilepas
    Tidak
  • Kapasitas
    7300 mAh
Top