Home » Produk » Samsung Galaxy Tab A 7 2016

Harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz

  • RAM
    1.5 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS v5.1.1

Harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 dan Spesifikasi – Samsung merupakan produsen gadget yang tak henti-hentinya selalu memproduksi gadget terbaru, salah satunya Tablet PC.Tak mau ketinggalan dengan produsen lainnya dalam merambah dunia per-gadget-an, Samsung merancang sebuah tablet PC yang cukup membuat penasaran yang masih berada dalam satu varian Samsung Galaxy Tab. Samsung Galaxy Tab A 7 2016 akan menjadi sandi penamaan dari produk terbaru Samsung ini. Tidak mau ketinggalan momen pasar, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 diperkirakan akan segera dirilis pada bulan ini, Maret 2016. Produk tab ini akan memberikan warna tersendiri dalam persaingan ketat dunia gadget. Pasalnya, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini memang sengaja diciptakan untuk kembali menaikkan pamor Samsung di tengah gempuran vendor-vendor negara tetangga.

samsung galaxy tab a 7 2016

Untuk urusan jeroan dari Samsung Galaxy Tab A 7 2016, tentunya produsen dari negeri ginseng tersebut membekali berbagai senjata dan amunisi yang tentu berkualitas khas Samsung. Untuk urusan dimensi, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 memiliki ukuran yang standar pada tablet kelas 7 inci yaitu 186.9 x 108.8 x 8.7 mm (7.36 x 4.28 x 0.34 in) dengan berat 183 g. Selain itu, urusan tampilan masih mengandalkan tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors yang sudah sering kita jumpai pada beberapa varian produk Samsung lain. Untuk urusan resolusi yang dihasilkan, angka 800 x 1280 pixels dan kerapatan 216 ppi menjadi titik kerja layar Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini. Tablet ini menggunakan otak yang masih dipercayakan pada chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410, dengan detil CPU Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 plus Adreno 306 yang akan mendorong kecepatan operasional dan tampilan grafis yang lebih optimal. Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini, masih menggunakan sistem operasi Android OS V.5.1.1 aka Lollipop. Dengan spesifikasi tersebut, dapat diketahui bahwa komponen atau spesifikasi dari produk Tab yang satu ini cukup menarik dan patut diperhitungkan. Dalam segmen kali ini, Begawei akan mengajak sahabat untuk membahas spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016.

samsung galaxy tab a 7

Review Samsung Galaxy Tab A 7 2016

Tablet Dengan Desain Simpel Gaya Premium

Pada awal pembahasan kali ini, Begawei akan mengajak sahabat untuk mengulas lebih lanjut mengenai tampilan secara fisik dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016. Seperti sudah disinggung di atas, Tab yang satu ini memiliki ukuran lebar layar yang standar yaitu 7 inci dan berat 283 gr serta untuk dimensinya berukuran 186.9 x 108.8 x 8.7 mm (7.36 x 4.28 x 0.34 in). Melihat ukurannya, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini cukup ramping dan ringan maka akan sangat mudah untuk dibawa ke mana saja oleh penggunanya. Selain itu, pada bagian layar menggunakan tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Kualitas layar tersebut rasanya wajar untuk disematkan pada produk berkualitas Samsung. Pun untuk masalah ketajaman, resolusi 800 x 1280 pixels akan memberikan kerapatan 216 ppi pada layar 7 inci yang disematkan dalam Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini. Tingkat resolusi layarnya memang tergolong standar dan bisa jadi kawan-kawan Begawei dapat melihat bintik piksel pada layar Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini. Untuk urusan anti terhadap goresan, ternyata dari spesifikasi Galaxy Tab A 7 2016 yang ditawarkan belum didapat secara built-in. Artinya kawan Begawei harus memasangnya sendiri secara manual.

Kemampuan Dapur Pacu Yang Stabil Dari Sokongan RAM 1,5 GB.

Setelah mengenal bagian tampilan fisiknya, berikutnya kita akan membahas kemampuan permesinan yang ada dalam spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016. Untuk urusan dapur sebenarnya tidak terlalu mencolok. Dengan bekal komponen hardware chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang didorong dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53. Komponen hardware yang dibekali dalam sistem Samsung Galaxy Tab A 7 2016 tersebut merupakan salah satu jenis chipset yang sudah teruji pada berbagai flagship dan mampu mengoperasikan olah data secara optimal walaupun bukan merupakan hardware kelas atas. Di samping itu, produk Samsung Galaxy Tab A 7 2016 juga dibekali dengan RAM berkapasitas 1,5 GB yang dirasa cukup untuk memberikan dorongan saat multitasking. RAM sebesar itu rasanya menjadi ciri khas Samsung dalam produknya yang selalu memberikan angka nanggung untuk spesifikasi RAM-nya. Sementara itu untuk performa grafisnya, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini mengandalkan Adreno 306 yang akan memberikan tampilan grafis yang lebih optimal. Sedangkan untuk sistem operasinya, dengan pertimbangan spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016 terrsebut, ternyata vendor asal Korea Selatan tersebut masih menggunakan Android OS, v5.1.1 (Lollipop) yang merupakan sistem operasi yang hampir expired pada tahun ini.

spesifikasi samsung galaxy tab a 7 2016

Memory Internal 8GB Dengan Slot Memory External Up To 200 GB.

Pembahasan selanjutnya, yaitu seputar ruang penyimpanan data yang diberikan dalam spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016. Sebuah Tab umumnya membutuhkan ruang internal yang lebih luas daripada smartphone. Hal ini disebabkan, tujuan penggunaan Tablet PC biasanya digunakan untuk menggantikan fungsi sebuah desktop PC yang boros memori. Untuk ruang penyimpanan data internal, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 diberikan kapasitas super irit sebesar 8 GB. Memang, untuk sebuah Tab, memory dengan ruang penyimpanan seperti itu tergolong rendah plus menjadi hal yang mengherankan ditengah persaingan pasar memori internal telah mencapai angka 16 GB ke atas, ternyata Samsung Galaxy Tab A 7 2016 masih tetap berani bertahan pada angka 8 GB. Namun, bagi para pecinta kulitas produk Samsung nampaknya dapat cukup tenang, karena Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini masih berbaik hati  menyediakan slot memori eksternal berjenis micro SD yang dapat menerima kartu memori hingga 200 GB. Rasanya dengan slot memori yang ditawarkan agaknya spesifikasi Galaxy Tab A 7 2016 dalam urusan memori dapat cukup terobati.

Duet Kamera Minimalis Fungsional

Berikutnya, Begawei akan membahas seputar fotografi dari spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini. Walaupun segmen Tablet PC ditujukan untuk menggantikan penggunaan Desktop PC, rasanya aneh apabila suatu Tablet PC tidak memiliki lensa pengangkap cahaya. Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini sendiri masih berkiblat pada duet dua kamera, depan dan belakang. Untuk kamera depan memiliki resolusi 5MP yang sudah autofocus, jadi kawan Begawei tidak perlu khawatir lagi masalah blur karena lensa tidak fopkus. Sedangkan untuk kamera depan Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini menggunakan kamera dengan resolusi 2MP. Biasa dibilang, untuk masalah spesifikasi kamera di atas kertas, Samsung Galaxy Tab A 7 2016ini masih dikategorikan standar. Tapi toh siapa yang pernah meragukan kualitas kamera yang dibenamkan dalam setiap produk Samsung. Kalaupun masih agak kecewa, Samsung masih menyajikan fitur seperti Geo-tagging, touch focus, panorama yang bisa digunakan untuk melengkapi kebutuhan hobi bidik-membidik kawan Begawei. Selain itu, kedua kamera tersebut memiliki aperture f / 2.2 sehingga sangat cocok untuk menangkap gambar dengan jarak menengah-jauh. Sayangnya, untuk resolusi perekaman video juga masih tergolong rendah yaitu hanya [email protected] Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016 untuk urusan kamera dapat dikatakan baik, kecuali untuk pecinta sinematografi agaknya perlu mempertimbangkan masak-masak dalam meminang tablet ini.

spesifikasi samsung galaxy tab a 7

Konektivitas Support 4 G LTE dan 3 G HSPA.

Setelah kita membahas tentang desain, dapur pacu, dan kamera, selanjutnya Begawei akan mengajak sahabat semua untuk mengenal lebih jauh tentang konektivitas yang dimiliki dalam spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016. Produk Tab yang satu ini dibekali dengan akses jaringan yang mampu menangkap sinyal 4G LTE Cat4 di mana kecepatan downloadnya mencapai 150 Mbps dan untuk kecepatan uploadnya mencapai 50 Mbps. Selain itu, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini juga support akses internet 3G HSPA sehingga Anda tetap bisa berselancar ria di daerah yang belum bisa support 4G LTE. Namun, Tab ini hanya disediakan satu slot Nano SIM Card. Sehingga, untuk komunikasi hanya terbatas pada satu SIM Card saja. Memang, hal tersebut menjadi sedikit kendala khususnya dalam hal komunikasi yang terbatas pada single card. Tetapi, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 juga dilengkapi dengan koneksi jarak dekat yaitu WiFi Direct dan Hotspot. Jadi, pengguna bisa mengakses internet melalui akses WiFi juga. Selain itu, juga ada fitur transfer data melalui Bluetooth v4.0, A2DP dan micro USB v.2.0. Ditambah pula dengan sistem navigasi A-GPS, GLONASS yang memiliki keakuratan tinggi dalam menjadi pamungkas spesifikasi Galaxy Tab A 7 2016 dalam bidang perkoneksian.

Suplai Baterai Maksimal Dengan Kapasitas 4000 mAh.

Segmen kali ini, akan mengajak sahabat Begawei untuk mengulas tentang spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016 urusan penyimpanan daya. Untuk urusan tempat penyimpanan daya, Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini menggunakan baterai yang dengan kapasitas sebesar 4000 mAh dengan jenis baterai Lithium Ion. Sebuah kapasitas baterai yang dirasa cukup standar untuk sebuah Tablet PC. Jika melihat pada komponen dan spesifikasinya, suplai baterai akan tahan lebih lama sebab spesifikasi dan komponen yang digunakan pun belum termasuk pemangsa energi yang rakus. Rasanya hanya urusan jaringan 4G saja yang menjadi kendala penghisap energi bagi Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini. Walaupun demikian, Tablet PC ini diklaim mampu digunakan tanpa berhenti selama 11 jam. Namun, tidak salah juga sebagai antisipasi jika Anda sedang melakukan traveling atau perjalanan jauh sedia power bank agar seluruh spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016 yang ditawarkan tidak menjadi sia-sia karena “baterai lemah”.

Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab A 7 2016

Apabila dibandingkan dengan spesifikasi di atas kertas, rasanya Merk Samsung selalu kalah dengan produk sejenis di kelasnya. Hanya saja, hal ini terobati dengan feedback positif yang selalu dirasakan oleh pengguna Samsung. Oleh karena itu, adilnya Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini dibandingkan dengan tolak ukur ke-Samsung-an. Bisa dibilang dengan ukurannya yang 7 inci, tablet ini dapat memnuhi seluruh kebutuhan Tablet PC secara standar. Hal ini didukung dengan Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang bekerja melalui duet Quad-Core 1.3 GHz dan Adreno 306 plus RAM 1.5 GB. Walaupun demikian, bagi kawan Begawei yang akan meminang Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini, harus senantiasa menjaga kebersihan tangan dari debu-debu yang tajam. Karena Tablet PC Samsung yang satu ini masih belum memiliki pelindung layar. Untuk versi singkatnya, silahkan kawan Begawei menengok kelebihan Samsung Galaxy Tab A 7 2016 dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A 7 2016 yang Begawei sajikan di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab A 7 2016
  • Desain simpel, ramping, dan ringan
  • Layar 7  inci
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • CPU Quad-Core 1,3 GHz Cortex A53
  • GPU Adreno 306
  • RAM 1,5 GB
  • Memory Internal 8 GB dan slot memory external up to 200 GB
  • Dual kamera 5MP dan 2 MP
  • Akses jaringan 4G LTE
Kekurangan Samsung Galaxy Tab A 7 2016
  • Belum dilengkapi dengan proteksi layar
  • Resolusi layar yang rendah
  • Baterai LI-Ion dan non removable

Harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016

Setelah semua komponen dan spesifikasi selesai kita bahas, kini saatnya waktu yang tepat untuk memberikan informasi tentang kisaran harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016. Namun sebelumnya, Begawei ingin sedikit memberikan kesimpulan tentang ulasan spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab A 7 2016. Dengan ukuran lebar layar 7 inci dan didukung dengan ukuran dimensi 186.9 x 108.8 x 8.7 mm (7.36 x 4.28 x 0.34 in), Tab ini akan lebih terlihat ramping dan praktis jika dibawa kemana-mana. Apabila hanya dilihat pada sektor ini saja, rasanya harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 akan tidak terlalu mahal. Sedangkan untuk urusan dapur pacunya pun juga cukup bagus. Dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan didorong dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53 akan menambah daya dobrak yang lumayan cepat. Selain itu, juga didukung dengan RAM yang berkapasitas standar sebesar 1,5 GB yang akan membantu Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini dalam kinerja multitasking serta GPU Adreno 306 sebagai pengolah grafis yang menampilkan grafis yang cukup optimal. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur dual kamera 5 MP dan 2 MP serta sudah support dengan akses 4 G LTE. Nah, dengan spesifikasi yang sudah kita kenal di atas, kira-kira berapa ya kisaran harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini?

harga samsung galaxy tab a 7 2016

harga samsung galaxy tab a 7

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, dengan spesifikasi yang tergolong standar maka harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 tidak lah terlalu mahal. Hal ini merupakan tujuan dari Samsung sendiri untuk menjangkau pasar golongan menengah ke bawah yang membutuhkan Tab murah berkualitas bagus. Sejak pertama kali dirilis, harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini sebesar 160 EUR atau Rp 2.300.000,-. Sebuah harga yang relatif cukup murah untuk segala spesifikasi yang ditawarkan dalam Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini. Harga tersebut merupakan harga perkiraan secara global. Jika sudah diluncurkan dan dipasarkan di Indonesia maka selisihnya tidak akan jauh dari harga global tersebut. Jadi, kemungkinan besar harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini masih berada di bawah angka Rp 2,5 juta.

Harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016
Sekitar Rp. 2.300.000,-

Dengan mengetahui nominal tersebut, rasanya harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 memang ditujukan untuk menjangkau pasar menengah ke bawah. Hal ini sepertinya layak dilakukan oleh Samsung agar tidak kehilangan pasar tersebut yang selama ini dikuasai oleh vendor Tiongkok dan lokal. Terlepas dari itu dengan merk premium Samsung, rasanya harga Galaxy Tab A 7 2016 juga bukan penghambat untuk kawan Begawei yang berkantong tebal untuk sekedar menjajal produk terbaru Samsung. Toh dengan spesifikasi yang ditawarkan Samsung Galaxy Tab A 7 2016, Tablet PC ini tidak akan menjadi gadget yang memalukan untuk di ajak dalam pertemuan-pertemuan bisnis kelas atas. Rasanya pembahasan mengenai harga Samsung Galaxy Tab A 7 2016 ini menjadi penutup dalam ulasan Begawei kali ini. Kalau kawan Begawei masih butuh referensi, silahkan baca Samsung Galaxy S7 Mini dan Lenovo Zuk Z1 Mini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A 7 2016

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Maret 2016
  • Status
    Diperkirakan Rilis Maret 2016
Desain
  • Dimensi
    186.9 x 108.8 x 8.7 mm (7.36 x 4.28 x 0.34 in)
  • Berat
    283 g (9.98 oz)
  • SIM
    Nano-SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    7.0 inches (~69.9% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    800 x 1280 pixels (~216 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 306
  • RAM
    1.5 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 200 GB (dedicated slot)
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, f/2.2, autofocus
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, panorama
  • Video
  • Kamera Depan
    2 MP, f/2.2
Suara
  • Jenis Alert
    MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion
  • Daya
    4000 mAh
Top