Home » Produk » Samsung Galaxy On5

Harga Samsung Galaxy On5 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    1.5 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    Android OS, v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy On5  – Setelah sebelumnya Begawei mengulas Samsung Galaxy On7, sekarang saatnya kita membahas kembarannya, yakni Galaxy On5. Ya, antara Samsung Galaxy On5 dengan Galaxy On7 memang merupakan produk satu gen terbaru dari perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan, Samsung. Kedua produk tersebut memang diracik dengan menggunakan basis yang sama. Hal ini bisa dilihat dari bentuk fisik Samsung Galaxy On5 yang sangat identik dengan Samsung Galaxy On7. Mulai dari konsep desainnya, tata letak tombol serta panel-panelnya, hingga material yang digunakan pun sama. Ini memang wajar mengingat antara Galaxy On5 dan Galaxy On7 juga ditempatkan di segmen yang sama, yakni pasar smartphone kelas pemula alias entry-level. Meski merupakan produk satu gen, namun Samsung Galaxy On5 ini memiliki spesifikasi dengan status di bawah Galaxy On7. Ya, bisa dibilang smartphone yang akan segera kita ulas ini kelasnya satu tingkat di bawah Galaxy On7. Namun sobat Begawei jangan kecewa dulu. Meski kelasnya hanya merupakan smartphone pemula, namun tetap saja Samsung Galaxy On5 ini dibekali dengan spesifikasi yang tergolong baik di kelasnya.

samsung galaxy on5

Meski secara konsep desain sama dengan Samsung Galaxy On7, namun varian kedua dari Samsung Galaxy On series ini memiliki perbedaan yang terbilang cukup siginifikan pada masing-masing spesifikasi. Pada bagian layarnya, Samsung Galaxy On5 ini mengusung layar berukuran 5 inci, lebih kecil dari Samsung Galaxy On7 yang menggunakan layar 5.5 inci. Dari ukuran layarnya memang lebih kecil, namun jenis layar uang digunakan pun masih sama, yakni layar kapasitif TFT. Untuk smartphone modern, jelas layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy On5 memang sedikit tertinggal karena banyak merek smartphone lain di kelas yang sama sudah menggunakan layar IPS, bahkan AMOLED. Namun sobat Begawei tak perlu kecewa. Meski spesifikasi layar Samsung Galaxy On5 tergolong rendah, namun dengan ukurannya yang mencapai 5 inci pastinya akan memberikan efek visual yang lega. So, smartphone terbaru dari Samsung ini sangat cocok bagi kamu yang memang menggemari smartphone berlayar lebar. Setelah layar, spesifikasi lain yang cukup diunggulkan pada smartphone ini adalah sistem permesinannya. Sama seperti Galaxy On7, ponsel cerdas Samsung Galaxy On5 yang satu ini masih mengandalkan chipset buatan Samsung sendiri, yakni chipset Exynos 3475 yang mengusung prosesor Quad-core 1.3 GHz. Meski hanya merupakan komponen hardware kelas pemula, namun kehadiran CPU Quad-core berkecepatan 1.3 GHz pastinya sudah mampu menghadirkan kemampuan olah data yang tangguh dan stabil. Apalagi, Samsung Galaxy On5 juga didukung oleh RAM berkapasitas 1.5 GB. Sementara untuk lini fotografinya, smartphone terbaru dari Samsung ini diperkuat oleh sepasang kamera 8 MP dan 5 MP yang meski minimalis namun tetap fungsional. Itulah sekilas spesifikasi dari Galaxy On5 ini. Perbedaan spesifikasi yang diberikan tentunya juga akan memberikan varian harga yang berbeda. Penasaran? Nah untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy On5 pada segmen-segmen berikut ini!

hp samsung galaxy on5

Review Samsung Galaxy On5

Desain Bodi Khas Smartphone Kelas Atas dengan Dukungan Layar TFT 5 Inci

Jika diamati dari sisi luarnya, sekilas spesifikasi Samsung Galaxy On5 ini memang tak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy On7. Untuk seri kedua dari Galaxy On ini, Samsung tetap mempertahankan desain minimalis namun elegan khas smartphone Samsung kelas atas. Sedikit perbedaan yang ada pada Samsung Galaxy On5 ini sudah barang tentu terletak pada dimensinya. Ya, secara fisik Galaxy On5 memang lebih kecil dari Galaxy On7. Ukuran tubuh Galaxy On5 adalah 142.3 x 72.1 x 8.5 mm. Ukuran bodi Samsung Galaxy On5 ini memang lebih kecil karena luas bentangan layarnya juga berukuran lebih kecil, di mana smartphone ini mengusung layar berukuran 5 inci. Layar pada Galaxy On5 lebih kecil 0.5 inci jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy On7. Meski ukuran layarnya lebih kecil, namun jenis layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy On5 ini tetap sama, yaitu jenis layar TFT kapasitif. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 pixels dengan tingkat kerapatan mencapai 288 ppi pixel density. Secara spesifik, memang kualitas gambar yang ditampilkan oleh Samsung Galaxy On5 tak akan terlalu tajam karena resolusi layarnya tergolong rendah. Namun karena bentangannya mencapai 5 inci, pastinya ini akan memberikan efek lega terhadap penggunanya. So, secara kualitas spesifikasi Galaxy On5 pada bagian layar ini juga tidak jelek-jelek amat.

Dapur Pacu Ditenagai oleh Chipset Exynos dan RAM 1.5 GB

Lepas dari bagian eksterior, sekarang saatnya kita mengupas spesifikasi Samsung Galaxy On5 pada sistem permesinan. Sebenarnya untuk performa dari smartphone ini tak jauh berbeda dengan varian Galaxy On7. Hal ini karena Galaxy On5 mengusung spesifikasi mesin yang tak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy On7. Pada bagian inti mesinnya, Samsung Galaxy On5 tetap mengandalkan chipset Exynos 3475 yang sebelumnya juga sudah terpasang pada Samsung Galaxy On7. Chipset tersebut merupakan rangkaian chipset buatan Samsung sendiri di mana prosesornya menggunakan CPU Quad-core berkecepatan 1.3 GHz. Dengan dukungan chipset Exynos 3475 serta CPU Quad-core 1.3 GHz, tentu saja kinerja smartphone terbaru dari Samsung ini sudah cukup optimal. Apalagi, Samsung pun juga menyematkan RAM berkapasitas 1.5 GB. Spesifikasi hardware pada Samsung Galaxy On5 tersebut tentunya akan memberikan kinerja yang optimal, bahkan untuk proses multitasking yang cukup berat sekalipun. Selain itu, dengan menanamkan mesin yang dibuat sendiri tentu saja Samsung juga telah memperkirakan segala celah yang nantinya akan menjadi kekurangan dari Samsung Galaxy On5, sehingga kawan Begawei tak perlu khawatir akan masalah tersebut. Sementara itu, untuk menjalankan proses kerja dari komponen hardware tersebut, Samsung menanamkan sistem operasi Android Lollipop v5.1 guna melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy On5 di bagian ruang mesin. Kehadiran OS besutan Google ini pastinya juga akan memberikan dukungan kinerja yang lebih maksimal, fitur menarik, serta proses kerja aplikasi yang tergolong ringan.

spesifikasi samsung galaxy on5

Memori On-board Berkapasitas 8 GB

Berbekal spesifikasi Samsung Galaxy On5 pada bagian mesin yang cukup berkualitas, tentunya juga harus dilengkapi dengan kapasitas ruang simpan internal yang lapang. Nah pada segmen ini, kita akan masuk pada bagian kapasitas ruang penyimpanan filenya. Untuk level smartphone kelas menengah bawah, kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada ponsel ini sudah cukup memenuhi standar. Kali ini, Samsung Galaxy On5 mengusung memori internal seluas 8 GB. Ruang seluas 8 GB tersebut akan sanggup menampung kebutuhan penyimpanan file sistem maupun file pribadi penggunanya. Jadi, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file berukuran besar semisal file-file aplikasi lain seperti video, audio, foto dan file lainnya ke dalam Samsung Galaxy On5 ini. Namun jika kamu menghendaki kapasitas yang lebih besar lagi, maka kamu bisa memanfaatkan slot external memory yang telah disediakan oleh Samsung. Ya, spesifikasi Galaxy On5 pada bagian ruang penyimpanan file sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa sobat Begawei untuk menambah daya tampung memorinya.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Salah satu sektor yang tak boleh dilupakan pastinya adalah sektor fotografi. Ya, spesifikasi Samsung Galaxy On5 pada bagian fotografi memang menjadi sangat penting mengingat tren yang berkembang saat ini adalah perangkat dengan kekuatan kamera berkualitas. Sebagai smartphone modern, tentunya Samsung Galaxy On5 pun juga harus memiliki komponen fotografi yang bisa memenuhi segala kebutuhan penggunanya. Nah kali ini, Samsung Galaxy On5 dibekali dengan sepasang kamera barkualitas guna mendukung keperluan fotografinya. Sebagai senjata utamanya, smartphone ini dibekali dengan kamera belakang berukuran 8 MP. Kamera yang terletak di sisi belakang Samsung Galaxy On5 itu mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi 3264 x 2448 pixels, dan juga sudah dibekali dengan LED Flash. Keberadaan fitur LED Flash itu akan membantu kawan Begawei untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus meski sedang berada di tempat minim cahaya. Fitur-fitur fotografi standar lainnya seperti Autofocus dan juga Optical Zoom pun juga sudah pada kamera Samsung Galaxy On5 ini. Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik. Kemudian, lini fotografi pada Galaxy On5 ini pun juga dilengkapi dengan kehadiran kamera sekunder berukuran 5 MP yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan foto selfie dan juga melakukan panggulan video call. Spesifikasi Samsung Galaxy On5 pada bagian fotografi ini memang lebih rendah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy On7. Namun jika diadu dengan smartphone merek lain di kelas yang sama, tentunya kualitas fotografi Galaxy On5 tak kalah bagusnya.

spesifikasi galaxy on5

Koneksi Internet Super Kencang dengan Jaringan Data 4G LTE

Selain performa mesin yang sudah bagus, spesifikasi Samsung Galaxy On5 pun juga sudah mengaplikasikan teknologi terbaik pada sektor konektivitasnya. Apalah guna sebuah ponsel pintar apabila tidak didukung dengan konektivitas jaringan yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Sebagai perangkat mobile modern, sektor konektivitas pada Galaxy On5 memang turut menjadi perhatian utama Samsung. Seperti halnya ponsel pintar premium, smartphone terbaru racikan Samsung ini dibekali dengan pilihan koneksi yang sangat lengkap. Sebagai koneksi utamanya, Samsung Galaxy On5 sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE yang akan membawa pemakainya berselancar secara cepat di dunia internet. Dengan menggunakan jaringan 4G LTE pada Samsung Galaxy On5 ini, kamu bisa menikmati kualitas download dengan kecepatan maksimal mencapai 150 Mbps. Sedangkan untuk upload, ponsel ini bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps. Kemudian, bagi kawan Begawei yang areanya belum ter-cover oleh jaringan 4G, Samsung juga membekali Samsung Galaxy On5 dengan beberapa opsi lain, mulai dari jaringan GSM sampai HSPA. Selain koneksi data seluler yang sangat lengkap tersebut, smartphone terbaru dari Samsung ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi jarak dekat lainnya, antara lain Bluetooth, WiFi dan juga fitur microUSB slot. Tak kalah dengan ponsel pintar lainnya, spesifikasi Galaxy On5 di sektor konektivitas juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan membantu kawan begawei dalam pemetaan lokasi.

Suplai Daya Maksimal dengan Baterai Li-Ion 2.600 mAh

Pada bagian terakhir, kita akan mengulik spesifikasi Samsung Galaxy On5 pada sektor ruang suplai dayanya. Apabila membahas kekuatan suplai daya atau baterainya, tentu kita harus kembali menengok spesifikasi Galaxy On5 pada masing-masing sektor, mulai dari layar hingga mesinnya. Guna mendukung kebutuhan operasionalnya, Samsung pun membekali produk barunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Jika melihat spesifikasinya, memang Samsung Galaxy On5 ini tegolong sebagai smartphone yang memiliki tingkat konsumsi daya cukup tinggi. Hal ini karena spesifikasinya mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi. Untuk itu, Samsung Galaxy On5 pun dibekali dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.600 mAh. Untuk ukuran smartphone masa kini, memang kapasitas sebesar 2.600 mAh tersebut tergolong standar. Dengan kapasitas tersebut, ponsel pintar ini akan memiliki waktu bicara atau talk time selama kurang lebih 11 jam. Namun untuk berjaga-jaga, ada baiknya kawan Begawei selalu menyediakan unit pemasok daya cadangan atau power bank saat membawa smartphone ini beraktivitas di luar rumah, karena baterai yang disediakan oleh spesifikasi Samsung Galaxy On5 ini berkapasitas standar.

Kelebihan dan Kekurang Samsung Galaxy On5

Seperti sudah menjadi kebiasaan Samsung untuk varian smartphone kelas pemula, sektor layar tetap menjadi sektor andalannya. Meski jenis layarnya masih TFT kapasitif, namun ukuran layar Samsung Galaxy On5 yang mencapai 5 inci pastinya akan memberikan efek lega kepada penggunanya. Sementara itu, sektor dapur pacu smartphone ini pun juga menawarkan kualitas yang tak kalah baiknya. Ruang mesin ponsel pintar yang satu ini ditenagai oleh chipset Exynos 3475 yang didukung oleh RAM berkapasitas 1.5 GB. Apalagi, ponsel pintar yang satu ini juga sudah didukung oleh teknologi jaringan data 4G LTE. Untuk kekurangannya, salah satu bagian yang memiliki catatan minus adalah bagian resolusi layarnya yang tergolong rendah. Selain itu, baterai yang digunakan pun masih jenis baterai Lithium-Ion. Nah agar semakin jelas, berikut ini adalah kelebihan Samsung Galaxy On5 dan kekurangan Samsung Galaxy On5:

Kelebihan Samsung Galaxy On5
  • Dual SIM card
  • Support jaringan 4G LTE
  • Layar 5.0 inci
  • OS Android Lollipop
  • CPU Quad-core 1.3 GHz
  • Chipset Exynos 3475
  • RAM 1.5 GB
  • Tersedia memori eksternal
  • Kamera 8 MP DAN 5 MP
  • Desain stylish
  • Baterai 2.600 mAh
Kekurangan Samsung Galaxy On5
  • Layar masih tipe TFT
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar
  • Baterai masih jenis Li-Ion

Harga Samsung Glaxy On5

Hadir di jajaran smartphone kelas entry-level, sudah pasti harga Samsung Galaxy On5 ini tak akan semahal smartphone kelas atas lainnya. Berbicara mengenai harga, tentunya kita harus kembali melihat masing-masing sektor pada spesifikasinya. Detail spesifikasi memang memiliki pengaruh penting karena berpengaruh pada nominal harga Samsung Galaxy On5 di pasaran. Jika dibandingkan dengan seri Samsung Galaxy On7, memang seri Galaxy On5 ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah, namun bukan berarti tak berkualitas. Pada bagian layarnya, sebenarnya untuk resolusi yang ditampilkan oleh ponsel ini tergolong rendah. Namun rendahnya resolusi layar tersebut mampu ditutupi oleh bentangan layarnya yang mencapai 5 inci. Sektor visual memang menjadi salah satu penentu harga jual Samsung Galaxy On5 di pasaran. Selain bagian layarnya yang memiliki kualitas cukup baik, sektor lain yang juga cukup membantu mengatrol nilai jual smartphone ini adalah bagian ruang dapur pacunya. Dengan bekal chipset Exynos 3475 dan juga CPU Quad-core 1.3 GHz, serta RAM 1.5 GB, smartphone terbaru dari Samsung ini memang memiliki performa yang cukup bagus. Apalagi, ponsel pintar terbaru besutan Samsung ini juga didukung oleh duet kamera 8 MP dan 5 MP. Nah dengan bekal spesifikasi yang tak terlalu mengecewakan tersebut, lalu berapakah harga Samsung Galaxy On5 ini?

harga samsung galaxy on5

harga galaxy on5

Menurut informasi resmi yang dilansir dari laman GSM Arena, harga Samsung Galaxy On5 ini adalah 140 euro, atau setara dengan sekitar Rp 2,1 jutaan. Untuk standar pasar ponsel kelas pemula, memang harga tersebut tergolong masih murah. Jika kita kembali menilik spesifikasinya, sebenarnya untuk kualitas yang dibawa oleh smartphone terbaru dari Samsung ini memang termasuk kelas standar, hal ini lah yang akhirnya berpengaruh pada harga Samsung Galaxy On5 di pasaran. Harga yang tak sampai Rp 3 juta tersebut memang cukup terjangkau. Selain itu, jika dibandingkan dengan produk-produk baru di kelas yang sama, harga jual Samsung Galaxy On5 ini memang masih sangat kompetitif. Kehadiran seri kedua dari keluarga Samsung Galaxy On ini pastinya akan menambah sengit persaingan di pasar smartphone kelas low-end. Saat ini, pasar gadget kelas pemula memang masih didominasi oleh pabrikan asal Tiongkok. Dengan hadirnya produk Samsung di kelas tersebut, tentunya persaingan akan kembali semarak. Berbekal harga Samsung Galaxy On5 yang cukup kompetitif, Samsung memang bisa berharap lebih pada produk terbarunya ini.

Harga Samsung Galaxy On5
Sekitar Rp 2.100.000,-

Bila diperhatikan, banderol harga Samsung Galaxy On5 ini memang masih di bawah harga Samsung Galaxy On7 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,7 jutaan. Salah satu aspek yang paling kentara yang membuat harga Galaxy On5 ini berada di bawah Samsung Galaxy On7 adalah bagian layarnya. Tak seperti seri Galaxy On7 yang memiliki ukuran layar cukup luas, maka seri Galaxy On5 ini hanya dibekali dengan layar berukuran 5 inci saja. Dengan perkiraan harga Samsung Galaxy On5 yang lebih murah dari tipe sebelumnya, jelas kali ini Samsung menempatkan smartphone ini pada deretan gadget berlabel ‘murah meriah’. Kehadiran Samsung seri Galaxy On5 ini pun akan semakin mempersengit persaingan smartphone kelas pemula. Jika diperhatikan lagi, harga Galaxy On5 ini juga masih sangat kompetitif bila dibandingkan dengan merek lain di kelas yang sama. Dengan kekuatan branding Samsung yang sudah tidak diragukan lagi, serta harga Samsung Galaxy On5 yang tak terlalu mahal, maka smartphone ini bisa menjadi opsi menarik bagi sobat Begawei yang membutuhkan partner smartphone berlayar lebar dengan desain ala gadget kelas premium. Bagaimana? Tertarik menebusnya? Baca juga ulasan Begawei mengenai Samsung Galaxy On7 dan Meizu Metal.

Spesifikasi Samsung Galaxy On5

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Exp. announcement 2015, October
  • Status
    Rumored. Exp. release 2015, November
Desain
  • Dimensi
    142.3 x 72.1 x 8.5 mm (5.60 x 2.84 x 0.33 in)
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    TFT capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~70.0% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~288 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Exynos 3475
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU
    -
  • RAM
    1.5 GB
Memori
  • Card slot
    microSD
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    To be confirmed
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion mAh battery
  • Daya
    2600

Produk Lainnya dari Samsung

Top