Home » Produk » Samsung Galaxy J5 2016

Harga Samsung Galaxy J5 2016 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.2

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    Super AMOLED

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 2016 – Melanjutkan kesuksesan line-up smartphone versi pembaruan yang mulai diperkenalkan pada tahun 2015 yang lalu, Samsung pun kembali menghadirkan versi pembaruan dari salah satu smartphone andalannya. Mungkin beberapa dari kawan Begawei masih ada yang ingat dengan seri Galaxy J5. Perangkat pintar tersebut memang merupakan salah satu seri ponsel pintar buatan Samsung yang cukup sukses di pasaran. Oleh karena itulah, pabrikan asal Korea Selatan itu menghadirkan seri Samsung Galaxy J5 2016 yang merupakan versi baru dari seri Galaxy J5. Seri Galaxy J5 versi 2016 ini merupakan produk kedua yang diperkenalkan oleh Samsung dalam sepekan. Sebelumnya, Samsung juga sudah memperkenalkan seri Galaxy J1 versi 2016 pada tanggal 17 Januari yang lalu. Sama seperti versi lamanya, kali ini Samsung Galaxy J5 2016 hadir untuk mengisi pangsa pasar smartphone di kelas menengah. Menempati segmen high-end, tentunya smartphone yang satu ini hadir dengan bekal spesifikasi teknis yang cukup berkualitas. Secara fisik, hampir tak ada yang berbeda antara Samsung Galaxy J5 2016 dengan versi lamanya. Hanya saja, pada versi terbarunya ini, Samsung membekali Galaxy J5 dengan ukuran layar yang lebih besar, yaitu 5,2 inci. Panel layar yang digunakan pun masih sama, yaitu panel layar Super AMOLED. Tak hanya bagian layar saja, Samsung Galaxy J5 2016 pun membawa bekal komposisi hardware tangguh di sektor lainnya.

samsung galaxy j5 2016

Menempati pangsa pasar kelas menengah, tentunya Samsung Galaxy J5 2016 harus siap menghadapi persaingan yang cukup ketat. Berniat untuk memberikan jaminan performa tangguh kepada penggunanya, Samsung pun membekali produk smartphone terbarunya ini dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan kekuatan prosesor Quad-core 1,2 GHz. Chipset Snapdragon 410 yang tertanam pada Samsung Galaxy J5 2016 ini menggantikan chipset Exynos buatan Samsung sendiri yang menjadi andalan pada versi lamanya. Dengan peningkatan spesifikasi di ruang dapur pacu ini, jelas bahwa Galaxy J5 versi 2016 ini akan menghadirkan kemampuan olah data yang lebih maksimal dibandingkan dengan generasi lamanya. Kemudian pada lini fotografi, Samsung Galaxy J5 2016 pun juga membawa bekal spesifikasi kamera yang memiliki kualitas cukup bagus, berupa kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP lengkap dengan fitur fotografi masa kini. Kelebihan lain yang coba ditawarkan oleh smartphone ini adalah teknologi jaringan data 4G LTE serta dua slot SIM card yang pastinya akan menjamin komunikasi penggunanya berjalan secara lancar. Sekilas, Samsung Galaxy J5 2016 memang menawarkan komposisi yang pas antara perangkat hardware kelas atas dengan dukungan fitur modern. Hal ini pastinya untuk memberikan kepuasan kepada penggunanya. Nah untuk mengetahui kualitas yang sebenarnya, berikut sudah Begawei siapkan ulasan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J5 2016 khusus untuk kawan Begawei semuanya.

hp samsung galaxy j5 2016

Review Samsung Galaxy J5 2016

Desain Identik Samsung Galaxy J5 Versi Lama dengan Ukuran Layar Lebih Luas

Berbicara soal penampilan fisik, dilihat dengan mata telanjang memang terlihat jelas bahwa desain dan spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 di bagian eksterior memang tidak mengalami banyak perubahan. Meski dimensi pastinya belum diumumkan oleh Samsung, namun sepertinya ukuran tubuh smartphone ini akan lebih bongsor dari generasi lamanya. Hal ini karena Samsung Galaxy J5 2016 sendiri akan mengusung ukuran layar 5,2 inci. Ngomong-ngomong soal layar, kali ini Samsung menggunakan panel layar jenis Super AMOLED kapasitif. Layar jenis ini sudah terkenal mampu menampilkan gambar yang tajam dan mendetail. Hal ini karena resolusi layar pada Samsung Galaxy J5 2016 mencapai 720 x 1280 piksel. Resolusi layar seperti ini termasuk pada resolusi layar HD. Apalagi, tingkat kerapatan layar pada Samsung Galaxy J5 2016 juga cukup bagus, mencapai 282 piksel per inci. Ini pastinya akan membuat kualitas visual pada smartphone ini menjadi lebih keren lagi. Namun sayangnya, sedikit catatan pada Galaxy J5 versi 2016 adalah belum disertakannya sistem proteksi layar bawaan pabrik. Meski tak memiliki proteksi khusus pada layarnya, namun secara umum spesifikasi Galaxy J5 2016 ini sudah cukup oke punya. Apalagi, layar jenis panel Super AMOLED sendiri dikenal memiliki daya tahan yang cukup baik.

Smartphone Menengah dengan Performa Mumpuni Didukung Chipset Snapdragon 410 dan RAM 2 GB

Setelah kita bedah bagian desain da juga layar pada spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016, kini Begawei akan mengajak kamu semua untuk membedah spesifikasi smartphone ini pada sektor jeroannya atau mesinnya. Sama seperti smartphone versi pembaruan lainnya, kecanggihan smartphone Samsung seri Galaxy J5 versi 2016 tidak berhenti pada konsep desain yang begitu menarik. Guna memberikan performa yang handal, dapur pacu pada smartphone Samsung Galaxy J5 2016 ini digerakkan dengan chipset  Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1,5 GHz Cortex-A53. Dengan kombinasi kedua komponen tesebut, Samsung Galaxy J5 2016 menawarkan kinerja cukup responsif di kelasnya. Performa smartphone ini pun juga semakin tangguh berkat kehadiran RAM berkapasitas 2 GB. Kapasitas RAM pada seri Galaxy J5 2016 ini bahkan lebih besar dari seri Galaxy A3 2016. Dengan RAM yang dimilikinya, membuat sobat Begawei bisa menjalankan berbagai macam aplikasi terasa lebih lancar. Begitupun soal kebutuhan multitasking bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Untuk menunjang kebutuhan grafis visual pada Samsung Galaxy J5 2016, pabrikan asal Korea Selatan ini mempercayakan kartu pengolah grafis yang cukup handal lewat GPU Adreno 306. Dengan GPU ini, pastinya bisa menghasilkan kualitas grafis yang ciamik. Kemudian, guna menyempurnakan spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 di bagian otak dapur pacunya, digunakanlah sistem operasi Android versi 5.1 atau Lollipop yang memiliki lebih banyak fitur seru dan pembaruan software.

spesifikasi samsung galaxy j5 2016

Memori Internal 16 GB Pastikan Seluruh File Tertampung Maksimal

Bergerak dari spesifikasi teknis di bagian dapur pacu yang ternyata memiliki komponen-komponen kelas atas, sekarang saatnya kita bedah spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 pada bagian penyimpanan file atau memorinya. Sebagus apapun spesifikasi mesin yang dimiliki, itu tidak ada artinya jika sebuah smartphone tidak dilengkapi dengan kapasitas memori internal yang lapang. Melihat desain Samsung Galaxy J5 2016 yang elegan dan didukung oleh spesifikasi dapur pacu yang mumpuni, tentu saja harus diimbangi dengan ruang penyimpanan yang luas agar seluruh file mampu tercover secara sempurna. Demi mengakomodasi kebutuhan simpan kamu semua, Samsung Galaxy J5 2016 juga dibekali dengan kapasitas ruang simpan yang sangat memadai. Dengan kapasitas memori internal yang dimilikinya dipastkan sudah cukup mengakomodasi penyimpanan  file kamu semua. Untuk kali ini, Samsung Galaxy J5 2016 hadir dengan pilihan memori internal 16 GB yang tentu saja cukup untuk menampung file sistem, file pribadi dan file hiburan sobat Begawei semua. Tetapi jika ternyata kapasitas memori internal Galaxy J5 versi 2016 masih kurang, Samsung juga menyertakan  slot memori eksternal yang bisa dimaksimalkan sampai 128 GB. Dengan adanya slot memori eksternal pada spesifikasi Galaxy J5 2016 ini tentunya kamu tak perlu khawatir lagi akan cepat kehabisan ruang penyimpanan file.

Lini Fotografi Berkualitas Tinggi Mengandalkan Duet Kamera 13 MP dan 5 MP

Hadir sebagai salah satu produk smartphone modern, tentunya nilai jual spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 ini tak hanya sebatas desain layar dan juga mesinnya. Kemampuan fotografi pastinya juga harus diperhatikan mengingat saat ini kualitas fotografi menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih sebuah perangkat pintar. Menempati segmen menengah, kemampuan fotografi smartphone ini pun juga tak bisa diremehkan. Sebagai senjata utamanya, Samsung Galaxy J5 2016 dibekali dengan kamera belakang berukuran 13 MP. Kamera yang terletak di sisi belakang itu pun juga sudah dibekali dengan LED Flash dan Autofocus. Keberadaan fitur LED Flash itu akan membantu kawan Begawei untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus meski sedang berada di tempat minim cahaya. Fitur-fitur fotografi standar lainnya seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama pun juga sudah ada pada kamera Samsung Galaxy J5 2016 ini. Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik dengan ukuran 1080@30 fps. Kemudian, lini fotografi pada smartphone Samsung Galaxy J5 2016 ini pun juga dilengkapi dengan kehadiran kamera sekunder berukuran 5 MP yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan foto selfie dan juga melakukan panggilan video call sobat semua dengan cukup baik. Melihat spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 pada lini fotografinya, jelas kita tak perlu khawatir lagi akan kualitas foto yang dihasilkannya. Meski bukan kamera premium, namun hasil jepretan foto yang dihasilkan smartphone Galaxy J5 2016 ini pastinya tak akan mengecewakan.

spesifikasi galaxy j5 2016

Koneksi Seluler Dual SIM Card GSM dengan Dukungan Jaringan Data 4G LTE

Akan menjadi cukup aneh apabila sebuah smartphone dengan spesifikasi teknis kelas atas seperti Galaxy J5 versi 2016 ini tak dibekali dengan teknologi konektivitas yang memadai. Untuk itulah, spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 ini hadir dengan kelengkapan fitur konektivitas demi memberikan kepuasan kepada penggunanya. Fitur pertama yang hadir pada smartphone ini adalah dua slot SIM Card GSM yang bisa digunakan untuk stand-by secara bersamaan. Kemudian, sebagai jalur koneksi utama, perangkat ini mengandalkan teknologi 4G LTE. Dengan kecepatan LTE yang dimilikinya, Samsung Galaxy J5 2016 bisa melakukan aktivitas downloading hingga mencapai kecepatan 150 Mbps, serta upload speed mencapai 50 Mbps. Sebagai back-up untuk koneksi 4G yang sebarannya memang belum merata di Indonesia, Samsung Galaxy J5 versi 2016  juga dibekali dengan koneksi 2G EDGE dan juga 3G HSDPA. Pada jalur 3G, kawan Begawei akan bisa memanfaatkan kecepatan HSDPA pada Samsung Galaxy J5 2016 yang memiliki download speed mencapai 42.2 Mbps dan upload speed hingga 5.76 Mbps. Sementara itu, sistem navigasi berupa A-GPS, GLONASS dan juga Beidou juga telah ada pada spesifikasi Galaxy J5 2016 ini. Kemudian, koneksi jarak dekat berupa WiFi, Bluetooth, dan juga hotspot juga telah ada menjadi bagian dari fitur konektivitas smartphone ini, melengkapi slot koneksi kabel data berjenis microUSB v 2.0.

Suplai Daya Dipasok oleh Baterai Berkapasitas Memadai
separator

Tibalah pembahasan terakhir Begawei untuk segmen spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 ini, yaitu pada bagian suplai daya. Apabila membahas kekuatan suplai daya atau baterainya, tentu kita harus kembali menengok spesifikasi teknis pada masing-masing sektor, mulai dari layar hingga mesinnya. Guna mendukung kebutuhan operasionalnya, Samsung pun membekali produk barunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Jika melihat spesifikasinya, memang Samsung Galaxy J5 2016 ini tergolong sebagai smartphone yang memiliki tingkat konsumsi daya cukup tinggi. Hal ini karena spesifikasinya mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi. Secara teknis, kualitas pada Samsung Galaxy J5 2016 ini memang masih di atas seri Galaxy A3 versi 2016, atau bahkan seri Galaxy J5 generasi awalnya. Namun sayangnya, hingga kini Samsung belum mengkonfirmasi kapasitas baterai yang akan disematkan pada smartphone terbarunya ini. Jika melihat spesifikasi teknis yang dibawanya, pastinya Samsung akan melengkapinya dengan baterai berkapasitas memadai, antara 2.000-3.000 mAh. Hal ini karena spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016 sendiri dibekali dengan komponen-komponen harwdare berkualitas yang memiliki konsumsi daya cukup tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J5 2016

Hadir sebagai penyempurna dari versi lawasnya, Samsung Galaxy J5 2016 memang menawarkan performa dan spesifikasi teknis lebih baik. Hal ini karena kali ini Samsung mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Selain memiliki spesifikasi mesin lebih baik, seri Galaxy J5 versi 2016 ini juga mampu menampilkan kualitas visual yang menawan berkat penggunaan layar jenis Super AMOLED dengan luas bentangan mencapai 5,2 inci. Namun meski secara umum memiliki kualitas istimewa, smartphone terbaru dari Samsung ini tetap memiliki beberapa catatan minor untuk sedikit spesifikasinya. Apa saja itu? Begawei telah merangkumnya dalam tabel kelebihan Samsung Galaxy J5 2016 dan kekurangan Samsung Galaxy J5 2016 di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy J5 2016
  • Dual SIM card
  • Support 4G LTE
  • Layar lebar 5.2 inci
  • Teknologi layar super AMOLED
  • Resolusi HD
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon 410
  • Processor Quad-core 1.2 GHz
  • Gpu Adreno 306
  • RAM 2 GB
  • Memori internal 16 GB
  • Slot memori eksternal 128 GB
  • Kamera 13 MP dan 5 MP
  • Navigasi A-GPS, GLONNAS dan BDS
  • Bluetooth v4.1 A2DP
Kekurangan Samsung Galaxy J5 2016
  • Belum ada proteksi layar
  • Kerapatan layar masih minimalis
  • Kapasitas baterai belum diketahui

Harga Samsung Galaxy J5 2016

Informasi lengkap soal spesifikasi teknis smartphone Samsung seri Galaxy J5 2016 yang Begawei sajikan di atas tentu sudah bisa membuat sobat semua mengetahui kualitasnya. Nah sekarang, saatnya kita berbicara mengenai harga Samsung Galaxy J5 2016 yang menurut rencana akan dirilis pada awal kuartal pertama tahun 2016 ini. Namun seperti biasa, sebelum kita lebih jauh bicara soal harga, ada baiknya Begawei memberikan sedikit kesimpulan dari pembahasan spesifikasi di atas tadi. Secara kualitas, Samsung Galaxy J5 2016 ini memang memiliki spesifikasi teknis yang lebih baik dari seri Galaxy versi lama. Peningkatan kualitas pada Galaxy J5 versi baru ini bisa dilihat dari penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang kali ini didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Dengan dukungan GPU Adreno 306 serta kapasitas memori ROM 16 GB, pastinya performa Galaxy J5 versi baru ini akan lebih baik. Selain meningkatkan performa, spesifikasi baru ini juga berpengaruh pada harga Samsung Galaxy J5 2016 di pasaran. Apalagi, Samsung pun masih memiliki beberapa sektor andalan lain pada Galaxy A3 versi baru, misalnya pada lini fotografi berupa duet kamera 13 MP dan 5 MP. Dari sekilas spesifikasi tersebut, memang kita bisa menyimpulkan bahwa produk terbaru dari Samsung ini memang memiliki kualitas yang cukup baik. Lalu, harga Samsung Galaxy J5 2016 ini berapa ya?

harga samsung galaxy j5 2016

harga galaxy j5 2016

Hadir untuk menempati segmen menengah, pastinya harga Samsung Galaxy J5 2016 tak akan semahal smartphone di kelas premium. Namun yang pasti, harga jual Galaxy J5 versi 2016 akan mengalami peningkatan dari harga versi lamanya. Hal ini karena memang smartphone ini mengusung spesifikasi teknis yang lebih baik dari versi lamanya. Untuk pasar global, harga Samsung Galaxy J5 2016 memang belum dirilis secara resmi. Jika tak ada aral, Samsung memang baru akan merilis seri Galaxy J5 versi 2016 ini pada awal Januari 2016 ini. Namun dari beberapa sumber yang berhasil Begawei gali informasinya, kemungkinan besar harga jual Samsung Galaxy J5 2016 di pasaran akan berkisar pada Rp 3,5-4,5 jutaan. Perkiraan harga ini berdasarkan spesifikasi teknis serta fitur baru yang di bawa oleh seri Galaxy J5 terbaru. Untuk pasar smartphone di Indonesia, perkiraan harga Samsung Galaxy J5 2016 tersebut memang masuk akal. Di pasar Tanah Air, kisaran harga di atas Rp 3,5 juta memang dianggap cukup mahal. Namun dengan peningkatan kualitas, memang seri Galaxy J5 versi 2016 ini berpeluang melampaui kesuksesan versi lamanya, meskipun banderol harganya lebih mahal.

Harga Samsung Galaxy J5 2016
Sekitar Rp 3.500.000,- s/d Rp 4.500.000,-

Menyasar pangsa pasar kelas menengah, memang wajar bila akhirnya harga Samsung Galaxy J5 2016 dibanderol cukup mahal. Namun apabila kita kembali menilik spesifikasi yang dibawanya, memang kualitas smartphone terbaru dari Samsung ini tak perlu diragukan lagi. Sebelum kehadiran Samsung Galaxy J5 2016 ini, kita juga sudah pernah membahas seri Galaxy A7 dan juga Galaxy A3 versi 2016, yang merupakan seri lanjutan dari beberapa smartphone Samsung generasi lama. Hal yang dilakukan oleh Samsung ini memang tak ubahnya seperti langkah yang dilakukan oleh Lenovo atau LG yang juga kerap merilis smartphone dengan label Limited Edition. Soal harga Galaxy J5 2016, memang harga yang Begawei sebutkan di atas tadi masih merupakan harga prediksi awal yang kami susun berdasarkan spesifikasi teknis yang dibawanya. Namun bila melihat tren yang dibawa oleh Samsung juga, kemungkinan besar harga Samsung Galaxy J5 2016 memang akan berada di antara Rp 4 jutaan, mengingat kali ini Samsung membidik segmen menengah. So, untuk lebih jelasnya kita tunggu pengumuman resmi dari Samsung beberapa hari ke depan! Baca juga ulasan Begawei mengenai Samsung Galaxy J1 2016 dan LG Optimus Zone 3.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 2016

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 - J510F, J510G, J510FN
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 40(2300) - J510G
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Exp. announcement 2016, February
  • Status
    Rumored. Exp. release 2016, Q1
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Optional Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.2 inches
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • CPU
    Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 306
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, f/1.9, 28mm, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP, f/2.2, 23mm, LED flash
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS/ BDS (market dependant)
  • Radio
    FM radio with RDS; recording
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    -

Produk Lainnya dari Samsung

Top