Home » Produk » Samsung Galaxy J3 Prime

Harga Samsung Galaxy J3 Prime dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.4 Ghz

  • RAM
    1.5 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    5.0 inci

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS, v7.0

Harga Samsung Galaxy J3 Prime dan Spesifikasi – Setelah cukup sukses meluncurkan Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus belum lama ini. Samsung dikabarkan memiliki Samsung Galaxy J3 Prime yang akan segera diluncurkan pada tahun ini. Tak seperti Galaxy S8 yang dilepas ke pasaran untuk para konsumen kelas atas dengan membawa berbagai fitur terbaru dan canggih, perangkat terbaru bertajuk Samsung Galaxy J3 Prime yang merupakan sosok anggota baru dari keluarga Galaxy J ini justru akan menjadi senjata Samsung untuk segmen menengah ke bawah. Meski begitu pengguna tetap bisa mengharapkan spesifikasi yang berkualitas sesuai dengan di kelas dimana perangkat ini berada. Smartphone Samsung Galaxy J3 Prime ini sebelumnya telah diperkenalkan secara resmi pada bulan April 2017 lalu dan juga dikenal dengan nama lain, yakni Samsung J3 Prime. Dari berbagai kabar yang berkembang, perangkat ini tampaknya hanya akan dijual untuk pasar Amerika saja. Hal ini karena Samsung Galaxy J3 Prime tersebut rupanya dibawa oleh operator MetroPCS.

Samsung Galaxy J3 Prime

Samsung Galaxy J3 Prime

Sebagai senjata baru Samsung di segmen entry-level, Samsung Galaxy J3 Prime mengusung spesifikasi yang terbilang standar namun sudah menawarkan pengalaman yang lebih dari cukup untuk menikmati berbagai macam konten multimedia dalam pengoperasiannya sehari-hari. Hal ini bisa dilihat dari hadirnya layar berukuran 5.0 inci dengan resolusi HD sehingga apa yang ditampilkan melalui layar Samsung Galaxy J3 Prime ini cukup nyaman untuk pandangan mata pengguna. Kemudian, sektor dapur pacunya mengandalkan kombinasi kinerja dari prosesor empat inti yang memiliki kecepatan 1.4 GHz dan RAM berkapasitas 1.5 GB sehingga performa yang dihasilkan memang cukup handal di kelasnya. Yang membuat spesifikasinya makin menarik adalah berbagai komponen yang ada di dalam Samsung Galaxy J3 Prime ternyata sudah dijalankan di atas sistem operasi Android Nougat sehingga kinerjanya jauh lebih optimal. Ruang penyimpanan yang disediakan oleh perangkat ini pun cukup longgar berkat adanya memori internal sebesar 16 GB yang kapasitasnya masih bisa diperluas dengan penambahan microSD. Masih penasaran dengan ponsel ini? yuk langsung saja kenalan lebih dekat lewat ulasan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 Prime dari Begawei berikut ini!

HP Samsung Galaxy J3 Prime

Smartphone Samsung Galaxy J3 Prime

Review Samsung Galaxy J3 Prime

Ponsel 5.0 Inci dengan Desain Elegan

Seperti biasanya, Begawei akan terlebih dahulu memperkenalkan spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime mulai dari bagian terluarnya. Pada segi desain, bodi smartphone ini masih dibalut dengan material plastik yang tersedia dalam warna hitam. Meski begitu, smartphone tetap memberikan kesan elegan karena bagian punggungnya dipercantik dengan garis horisontal dengan warna yang berbeda. Desain yang diaplikasikan pada Samsung Galaxy J3 Prime ini pun membuatnya cukup nyaman ketika dioperasikan sebab memiliki keempat sudut membulat serta tombol home fisik dan kedua tombol kapasitif di bawah layarnya. Untuk dimensinya, J3 Prime memiliki panjang 140,97 mm, lebar 70,1 mm, dan tebal 8,7 mm. Sedangkan bobotnya hanya 147 gram sehingga terasa ringan ketika digenggam. Untuk sektor depan, Samsung Galaxy J3 Prime dibekali dengan layar TFT kapasitif seluas 5.0 inci. Layar dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel dan memiliki kerapatan 294 ppi tersebut selain menghasilkan tampilan yang cukup jernih juga terbilang responsif karena didukung dengan teknologi multitouch. Namun dengan banderol harga yang cukup terjangkau sepertinya wajar jika spesifikasi Galaxy J3 Prime ini belum dilengkapi dengan proteksi layar dan sensor fingerprint.

Performa Handal dengan Prosesor Quad-core 1.4 GHz dan RAM 1.5 GB

Setelah mengetahui lebih detail mengenai bagian terluarnya, kini saatnya kita membedah spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime di bagian dalam, yakni sektor dapur pacunya. Bagian terpenting dalam operasional ini rupanya mengandalkan chipset Exynos 7 Quad 7570 sebagai otaknya. Yang menarik adalah chipset tersebut membawa processor Quad-core 1.4 GHZ Cortex-A53 yang dihasilkan lewat proses pembuatan 14nm Finfet sehingga selain performa Samsung Galaxy J3 Prime cukup handal juga lebih hemat dalam penggunaan energi dibandingkan dengan prosesor lain di kelasnya. Selain itu, sektor ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 1.5 GB yang meskipun tak terlalu besar namun tetap mampu mendukung aktivitas multitasking Samsung Galaxy J3 Prime dengan cukup baik. Kartu grafis Mali-T720 juga turut disematkan pada sektor ini untuk menyuguhkan konten visual berkualitas untuk game dan multimedia. Bahkan, komponen-komponen pada dapur pacu dari spesifikasi Galaxy J3 Prime ini pun sudah berjalan di atas sistem operasi Android 7.0 Nougat yang menawarkan kinerja lebih mumpuni.

Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime

Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime

Storage Longgar dengan Memori Internal 16 GB dan microSD 256 GB

Selanjutnya kita akan mengetahui seluas apa ruang penyimpanan yang disediakan oleh spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime. Keberadaan storage atau media penyimpanan yang memadai memang sangat penting untuk menunjang kinerja operasionalnya. Untuk itu Samsung membekali perangkat teranyarnya ini dengan memori internal sebesar 16 GB. Kapasitas memori internal yang dimilik oleh Samsung Galaxy J3 Prime ini tentu sudah menyediakan ruangan yang cukup longgar untuk menyimpan berbagai macam file, baik itu file aplikasi bawaan maupun file hiburan koleksi pengguna. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang hobi menyimpan file-file berukuran jumbo atau masih kurang puas dengan space memori yang ada pada Samsung Galaxy J3 Prime ini, ruang penyimpanan pada perangkat ini masih bisa diperluas dengan menambahkan microSD yang memiliki kapasitas maksimal 256 GB. Sehingga dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa sektor penyimpanan pada spesifikasi Galaxy J3 Prime ini memang cukup mumpuni.

Lini Fotografi Minimalis Namun Fungsional

Pada bagian ini kita akan mengetahui seperti apa kemampuan fotografi yang dimiliki oleh spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime. Meski sektor ini belum dibekali dengan komponen-komponen yang canggih, namun Samsung tetap menghadirkan dua piranti kamera yang cukup baik untuk menunjang kebutuhan dokumentasi pengguna. Pada sektor belakang sudah tertanam kamera beresolusi 5 MP lengkap dengan fitur autofocus dan LED flash yang siap menghasilkan foto pada Samsung Galaxy J3 Prime yang cukup detail dan jernih meski diambil dalam kondisi minim cahaya. Selain handal untuk menjepret foto, kamera utamanya tersebut mampu merekam video 720p@30fps. Sementara itu, untuk sektor depan hanya ada kamera beresolusi 2 MP sehingga foto selfie yang dihasilkan Samsung Galaxy J3 Prime kualitasnya memang tidak begitu baik. Akan tetapi, Samsung tetap membuat sektor ini tampak menarik dengan berbagai fitur pendukung fotografi seperti geo-tagging, touch focus, face detection, dan HDR yang semakin melengkapi spesifikasi Galaxy J3 Prime pada lini fotografinya.

Spesifikasi Galaxy J3 Prime

Spesifikasi Galaxy J3 Prime

Konektivitas Andalkan Akses Jaringan 4G LTE

Berikutnya kita akan mengetahui seperti apa kualitas spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime pada bagian konekstivitas dan jaringannya. Sektor ini mendukung penggunaan single SIM berjenis micro. Meski hal ini sedikit membuatnya terbatas dalam urusan komunikasi, namun kartu SIM yang dipakai oleh Samsung Galaxy J3 Prime sudah mendukung akses jaringan 4G LTE yang mampu menawarkan koneksi internet kencang dengan download data berkecepatan 150 Mbps dan upload data berkecepatan 50 Mbps. Selain 4G LTE, Samsung pun masih mengadopsi jaringan lama GSM dan HSPA. Tak hanya itu, pengguna bisa menikmati koneksi internet secara gratis pada Samsung Galaxy J3 Prime ini lewat hadirnya fitur Wi-Fi 802.11, Wi-Fi direct, dan hotspot. Untuk urusan transfer data sendiri, J3 Prime dibekali dengan fitur Bluetooth 4.2, A2DP, LE, dan microUSB 2.0. Terakhir, sektor ini juga dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS sehingga pencarian lokasi pada spesifikasi Galaxy J3 Prime ini bisa dilakukan dengan sangat akurat.

Suplai Daya Dipasok 2.600 mAh

Nah, untuk menutup segmen ini kita akan mengetahui seberapa tangguh spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime bertahan pada operasionalnya. Jika dilihat memang spesifikasi dari smartphone ini sebagian besar masih diisi dengan komponen-komponen standar khas perangkat menengah ke bawah sehingga kebutuhan daya Samsung Galaxy J3 Prime bisa dikatakan tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, Samsung membenamkan baterai berjenis removable Litium Ion yang memiliki kapasitas 2.600 mAh sebagai pemasok dayanya. Jika dibandingkan dengan spesifikasi yang diusungnya, kapasitas baterai Samsung Galaxy J3 Prime ini terbilang cukup besar sehingga mampu menyuplai kebutuhan daya dari masing-masing komponennya dengan maksimal. Bahkan juga bisa bertahan cukup lama jika dibandingkan dengan perangkat entry-level yang lain. Meski begitu, tak ada salahnya jika sobat Begawei menyediakan suplai daya cadangan seperti powerbank jika memakai perangkat ini secara aktif. Nah, setelah mengetahui spesifikasi Galaxy J3 Prime kira-kira berapa harganya ya?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 Prime

Samsung memang dikenal sebagai produsen yang terpercaya dalam menghasilkan produk-produknya. Seperti pada Samsung Galaxy J3 Prime ini yang meskipun akan menyasar segmen menengah ke bawah, namun spesifikasinya tidak dapat disepelekan. Hal tersebut dapat kita lihat pada dapur pacunya yang sudah dijalankan dengan menggunakan sistem operasi Android Nougat sehingga kinerjanya lebih ringan dan tampilannya lebih menarik. Samsung Galaxy J3 Prime dibekali dengan memori internal yang cukup besar dikelasnya. Pasalnya dengan memori internal 16 GB tentu akan dapat mendukung aktivitas simpan data penggunanya. Apalagi, sektor penyimpanannya juga dapat ditambahkan dengan microDD hingga 256 GB. Namun, Samsung Galaxy J3 Prime memang hanya akan menggunakan material plastik untuk membalut bodinya mengingat kelas yang ditujunya dan harga yang akan dibanderolkan. Layarnya pun masih menggunakan panel TFT yang dinilai sudah cukup ketinggalan, namun hal tersebut tentu sengaja dilakukan untuk menekan harga jual smartphone Samsung ini. Nah, demikian beberapa kelebihan Samsung Galaxy J3 Prime dan kekurangan Samsung Galaxy J3 Prime yang perlu dicatat. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy J3 Prime
  • Support 4G LTE
  • Layar 5.0 inci
  • OS Android 7.0 Nougat
  • Chipset Exynos 7 Quad 7570
  • Prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex- A53
  • GPU Mali-T720
  • Memori internal 16 GB
  • MicroSD 256 GB
  • Kamera utama 5 MP
  • Navigasi GLONASS
  • Baterai 2.600 mAh
  • Removable battery
Kekurangan Samsung Galaxy J3 Prime
  • Single SIM
  • Bodi plastik
  • Belum ada sensor fingerprint
  • Layar masih TFT
  • Belum ada proteksi layar
  • RAM kecil
  • Resolusi kamera depan rendah

Harga Samsung Galaxy J3 Prime

Setelah puas membedah spesifikasi pada masing-masing sektornya, pada segmen ini kita akan beralih untuk membahas mengenai harga Samsung Galaxy J3 Prime tersebut. Jika dilihat sekali lagi, g Galaxy J3 Prime memang membawa spesifikasi khas entry-level seperti layar berteknologi TFT seluas 5.0 inci dengan resolusi HD sehingga visualisasi yang disuguhkan oleh layarnya cukup nyaman di mata. Performanya pun cukup handal karena sektor dapur pacu Samsung Galaxy J3 Prime ini ditenagai dengan prosesor empat inti berkecepatan 1.4 GHz yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 1.5 GB. Kapasitas RAM yang dinilai cukup kecil ini lah yang disebut-sebut menjadi kode bahwa harga Galaxy J3 Prime cukup murah. Meskipun begitu, ruang penyimpanannya cukup mumpuni untuk menyimpan berbagai macam file karena menghadirkan memori internal 16 GB yang masih bisa diekspansi dengan tambahan memori hingga 256 GB. Dengan bekalan spesifikasi tersebut, berapa banderol harga Samsung Galaxy J3 Prime ini?

Harga Samsung Galaxy J3 Prime

Harga Samsung Galaxy J3 Prime

Harga Galaxy J3 Prime Terbaru

Harga Galaxy J3 Prime Terbaru

Harga Samsung Galaxy J3 Prime ini memang sepertinya akan dijual dengan harga yang cukup murah, hal ini tentu dengan mempertimbangan produk smartphone lain yang ada di segmen menengah ke bawah yang dibanderol dengan harga lumayan murah. Untuk harga pastinya, menurut sumber yang Begawei dapatkan, Samsung akan memasarkan perangkat Samsung Galaxy J3 Prime ini pada angka USD$ 150 di India. Jika dikonversikan ke dalam rupiah maka nominal harganya akan setara dengan Rp 2 jutaan. Harga Galaxy J3 Prime tersebut tentunya masih cukup terjangkau untuk sebagian besar konsumen smartphone di pasaran. Bahkan, harganya pun masih tergolong murah jika nantinya ponsel ini akan ikut meramaikan produk-produk smartphone di pasar Indonesia. Nah, sayangnya dengan harga Samsung Galaxy J3 Prime yang cukup ramah kantong tersebut, perangkat ini hanya akan meluncur di Negeri Paman Sam.

Harga Samsung Galaxy J3 Prime
Sekitar Rp 2.000.000,-

Harga Samsung Galaxy J3 Prime yang lumayan murah itu tentu bisa dijawab dengan kata wajar sebab perangkat ini masih membawa komponen-komponen yang sederhana dan belum dibekali dengan sejumlah fitur yang biasanya ada pada handset di atasnya. Meski begitu, spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy J3 Prime ini tetap bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan hiburan, operasional, dan internet bagi penggunanya. Kehadiran J3 Prime ini di pasaran sudah pasti bakal memperkaya pilihan bagi para pengguna smartphone pemula, apalagi dengan kisaran banderol harga Samsung Galaxy J3 Prime yang cukup ramah. Namun, tak ada salahnya jika nanti perangkat ini diluncurkan di Tanah Air sobat Begawei menjadikannya sebagai pilihan untuk handset murah dengan spesifikasi cukup berkualitas. Nah demikian beberapa hal yang telah Begawei sampaikan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 Prime. Jangan lupa baca juga mengenai Samsung Galaxy J3 2017 dan Samsung Galaxy J2 Ace.

Spesifikasi Samsung Galaxy J3 Prime

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Desain
  • Dimensi
    140.97 x 70.1 x 8.7 mm
  • Berat
    147 gram
  • SIM
    Micro-SIM
Layar
  • Tipe
    TFT Capacitive touchscreen, 16M
  • Ukuran
    5.0 inci
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v7.0 (Nougat)
  • Chipset
    Exynos 7 Quad 7570
  • CPU
    Quad-core 1.4 Ghz Cortex-A53
  • GPU
    Mali-T720
  • RAM
    1.5 GB
Memori
  • Card slot
    up to 256 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 Megapixel, Autofocus, LED Flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    2 Megapixel
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • USB
    microUSB 2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, Light, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Removable Li-Ion battery
  • Daya
    2.600 mAh

Produk Lainnya dari Samsung

Top