Home » Produk » Samsung Galaxy J3

Harga Samsung Galaxy J3 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.2

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    Super AMOLED

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J3 – Setelah kemarin kita sudah membahas seri Samsung Galaxy J1 Ace dan juga Samsung Galaxy Active Neo, pada perjumpaan kali ini kita akan membahas satu lagi produk terbaru dari raksasa teknologi Samsung. Bosan dengan perangkat keluaran Samsung? Begawei harap sobat semuanya tidak akan bosan dengan perangkat terbaru dari Samsung karena saat ini mereka memang sedang gencar memberondong pasar gadget dunia dengan produk terbarunya. Kali ini pembahasan kita akan tertuju pada Samsung Galaxy J3 yang merupakan seri terbaru dari keluarga Samsung Galaxy J series. Seperti yang sudah-sudah, Samsung memang selalu meluncurkan berbagai varian dari setiap seri smartphone Galaxy yang identik dengan perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Sebelum Samsung Galaxy J3 ini diperkenalkan, Samsung juga sudah membuka spesifikasi generasi baru Galaxy A series yang diwakili oleh Samsung Galaxy A9. Sedikit flashback, perangkat Samsung Galaxy J series sendiri merupakan seri andalan Samsung di kelas low-end atau menengah bawah. Jadi, Samsung Galaxy J3 kali ini akan tetap mengusung spesifikasi yang berbasis sama dengan seri Galaxy J sebelumnya, seperti contohnya adalah Samsung Galaxy J7.

samsung galaxy j3

Secara resmi, spesifikasi smartphone Samsung Galaxy J3 ini memang belum dirilis. Namun saat ini sudah banyak beredar detail bocoran komponen yang ada di dalamnya. Dengan data yang kami jamin akurat, kami mencoba membedah isi Samsung Galaxy J3 dari masing-masing sektornya. Sedikit berbeda dengan Samsung Galaxy J7, kali ini Galaxy J3 hadir dengan ukuran layar lebih kecil, yakni 4.7 inci saja. Meski ukuran layarnya lebih kecil, bukan berarti kualitas visual smartphone ini rendah. Tampilan display Samsung Galaxy J3 ini tetap terjaga karena layarnya memiliki resolusi yang pas. Kemudian, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh smartphone terbaru dari Samsung ini adalah kapasitas memori internalnya yang mencapai 8 GB. Tak lupa, slot memori eksternal pun juga disematkan pada Samsung Galaxy J3 ini. Sementara itu, pada jantung dapur pacunya, ponsel pintar yang satu ini mengandalkan chipset Snapdragon 410 yang didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB. Lalu, pada lini fotografinya, smartphone terbaru dari Samsung ini dibekali dengan duet kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP. Sampai di sini, mungkin kawan Begawei sudah bisa membayangkan bagaimana kualitas Samsung Galaxy J3 ini. Meski hanya menempati segmen smartphone kelas menengah bawah, namun ternyata produk terbaru dari Samsung ini memiliki kualitas spesifikasi yang cukup baik. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J3 yang kami sajikan khusus untuk sobat Begawei semuanya.

hp samsung galaxy j3

Review Samsung Galaxy J3

Desain Khas Samsung Galaxy dengan Dukungan Layar 4.7 Inci

Sebagai smartphone buatan Samsung, sudah dipastikan bahwa spesifikasi Samsung Galaxy J3 memiliki desain otentik khas vendor asal Korea Selatan tersebut. Ponsel pintar terbaru ini hadir dengan bentuk lengkung pada setiap sudutnya dan tombol home screen yang didesain berbentuk elips. Samsung Galaxy J3 memiliki desain yang khas dengan Samsung tipe J yang didesain kompak, dengan bodi yang tak terlalu tipis maupun tebal. Melihat kebiasaan Samsung dalam mendesain smartphone racikannya, pastinya Samsung seri Galaxy J3 akan nyaman untuk digenggam, apalagi material yang disematkan untuk Samsung Galaxy J3 cukup berkualitas. Selain material yang memiliki kualitas tinggi, smartphone seri Galaxy J3 ini juga sudah mendukung display yang cukup bagus di kelasnya. Hal ini tidak lain karena smartphone terbaru buatan Samsung ini mengusung layar dengan jenis Super AMOLED dengan bentangan mencapai 4.7 inci. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 piksel dengan kerapatan layar mencapai 294 ppi.  Meski hanya memiliki bentang layar sebatas 4.7 inci dengan resolusi yang standar saja, namun Samsung Galaxy J3 sanggup memanjakan kebutuhan visual karena jenis layarnya yang merupakan jenis Super AMOLED. Layar ini merupakan jenis layar bertekstur kristal sehingga membuat smartphone dari Korea Selatan tersebut sanggup menghasilkan tampilan gambar yang lebih halus. Terakhir, sebagai smartphone terbaru keluarga Samsung, di bagian interface juga semakin menarik. Pasalnya tampilan antar muka atau user interface TouchWiz sudah disematkan guna melengkapi spesifikasi Galaxy J3 ini.

Prosesor Snapdragon 410 dengan CPU Quad-core untuk Performa Maksimal

Setelah membahas spesifikasi dari segi tampilan dan dimensi, sekarang saatnya kita berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J3 pada bagian mesinnya. Sebagai smartphone kelas low-end atau pemula, ternyata ponsel pintar yang satu ini memiliki bekal yang sangat mumpuni di sektor dapur pacu. Lini dapur pacu pada Samsung Galaxy J3 ini mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang di dalamnya terdapat Quad-core 1.3 GHz ARM Cortex A-53. Untuk smartphone kelas pemula, komponen hardware pada Samsung Galaxy J3 ini sudah terhitung sangat bagus. Penggunaan prosesor Snapdragon 410 tersebut sekaligus menjadi pembaruan dari seri Galaxy J2 yang menggunakan prosesor Exynos 3475. Kombinasi chipset dan juga prosesor di dalamnya akan menghasilkan kinerja yang stabil saat mengolah perintah yang diberikan penggunanya. Selain itu, performa Samsung Galaxy J3 pun juga akan mendapat dukungan dari RAM berkapasitas 1 GB. Keberadaan RAM 1 GB pada smartphone ini juga akan menjadi keunggulan tersendiri karena biasanya smartphone kelas pemula hanya dibekali dengan RAM berkapasitas di bawah 1 GB. Untuk departemen grafis, Samsung Galaxy J3 diperkuat oleh kartu pengolah grafis atau GPU jenis Andreno 360. Keberadaan GPU Andreno 360 ini akan membuat tampilan grafis pada smartphone ini akan menjadi lebih baik. Lalu untuk menyempurnakan proses kerja semua perangkat keras tadi, spesifikasi Samsung Galaxy J3 di sektor dapur pacu disematkanlah sistem operasi OS Android Lollipop v5.1 yang memiliki beragam fitur seru dan menyenangkan.

spesifikasi samsung galaxy j3

Kapasitas Memori Internal 8 GB Dilengkapi Slot Memori Eksternal

Berbekal spesifikasi mesin yang cukup berkualitas, smartphone terbaru dari Samsung ini pun tentunya juga harus dilengkapi dengan kapasitas ruang simpan internal yang lapang. Nah pada segmen ini, kita akan masuk pada spesifikasi Samsung Galaxy J3 di bagian kapasitas ruang penyimpanan filenya. Untuk level smartphone kelas menengah bawah, kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada ponsel ini sudah cukup memenuhi standar. Kali ini, Samsung Galaxy J3 mengusung memori internal seluas 8 GB. Ruang seluas 8 GB tersebut akan sanggup menampung kebutuhan penyimpanan file sistem maupun file pribadi penggunanya. Jadi, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file berukuran besar semisal file-file aplikasi lain seperti video, audio, foto dan file lainnya ke dalam Samsung Galaxy J3 ini. Namun jika kamu menghendaki kapasitas yang lebih besar lagi, maka kamu bisa memanfaatkan slot external memory yang telah disediakan oleh Samsung. Ya, spesifikasi Galaxy J3 di bagian ruang penyimpanan file sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa sobat Begawei untuk menambah daya tampung memorinya hingga kapasitas maksimal 64 GB.

Duet Kamera 13 MP dan 5 MP Siap Jadi Andalan untuk Kebutuhan Dokumentasi

Fitur kamera pada masa kini sudah menjadi fitur paling populer bagi pengguna, apalagi sejak trend selfie mewabah pengguna perangkat smartphone. Sebagai smartphone modern, tentunya spesifikasi Samsung Galaxy J3 pun juga harus memiliki komponen fotografi yang berkualitas. Kemampuan fotografi pada suatu gadget dewasa ini memang menjadi sesuatu yang sangat penting. Hal ini karena standar suatu smartphone bisa ditentukan olah kualitas lini fotografinya. Nah kali ini, Samsung Galaxy J3 dibekali dengan sepasang kamera barkualitas guna mendukung keperluan fotografinya. Sebagai senjata utamanya, smartphone ini dibekali dengan kamera belakang berukuran 13 MP. Kamera yang terletak di sisi belakang Samsung Galaxy J3 itu pun juga sudah dibekali dengan LED Flash. Keberadaan fitur LED Flash itu akan membantu kawan Begawei untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus meski sedang berada di tempat minim cahaya. Fitur-fitur fotografi standar lainnya seperti Autofocus dan juga Optical Zoom pun juga sudah pada kamera Samsung Galaxy J3 ini. Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik. Kemudian, lini fotografi pada Samsung Galaxy J3 ini pun diperlengkap dengan kehadiran kamera sekunder berukuran 5 MP yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan foto selfie dan juga melakukan panggulan video call. Jika dicermati, spesifikasi Samsung Galaxy J3 pada bagian fotografi memang sama dengan komponen fotografi pada Samsung Galaxy J7, namun lebih baik jika dibandingkan dengan seri Galaxy J2.

spesifikasi galaxy j3

Jaringan 4G LTE Berikan Jaminan Akses Internet Lebih Cepat

Sebagai perangkat mobile modern, sektor konektivitas turut menjadi perhatian utama Samsung. Selain pada layar dan juga mesinnya, keunggulan yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy J3 adalah lini konektivitas. Seperti halnya ponsel pintar premium, smartphone terbaru racikan Samsung ini dibekali dengan pilihan koneksi yang sangat lengkap. Sebagai koneksi utamanya, Samsung Galaxy J3 sudah dibekali dengan jaringan 4G LTE yang akan membawa pemakainya berselancar secara cepat di dunia internet. Dengan menggunakan jaringan 4G LTE pada Samsung Galaxy J3 ini, kamu bisa menikmati kualitas download dengan kecepatan maksimal mencapai 150 Mbps. Sedangkan untuk upload, ponsel ini bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps. Kemudian, bagi kawan Begawei yang areanya belum ter-cover oleh jaringan 4G, Samsung juga membekali Samsung Galaxy J3 dengan beberapa opsi lain, mulai dari jaringan GSM sampai HSPA. Selain koneksi data seluler yang sangat lengkap tersebut, smartphone terbaru dari Samsung ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi jarak dekat lainnya, antara lain Bluetooth, WiFi dan juga fitur microUSB slot. Spesifikasi Galaxy J3 di sektor konektivitas juga dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan membantu pemakainya dalam menentukan lokasi suatu titik atau tempat.

Suplai Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 2.000 mAh

Akhirnya tibalah pembahasan Begawei di segmen pamungkas, yaitu spesifikasi pada sektor suplai daya. Pada segmen terakhir ini, kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy J3 pada sektor pemasok daya. Guna mendukung kebutuhan operasionalnya, Samsung pun membekali produk barunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Jika melihat spesifikasinya, memang Samsung Galaxy J3 ini tegolong sebagai smartphone yang memiliki tingkat konsumsi daya cukup tinggi. Hal ini karena spesifikasinya mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi. Untuk itu, Samsung Galaxy J3 pun dibekali dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.000 mAh. Untuk ukuran smartphone masa kini, memang kapasitas sebesar 2.000 mAh tersebut tergolong standar. Dengan kapasitas tersebut, ponsel pintar Samsung Galaxy J3 ini akan memiliki waktu bicara selama kurang lebih 18 jam. Namun untuk berjaga-jaga, ada baiknya kawan Begawei selalu menyediakan unit pemasok daya cadangan atau power bank saat membawa smartphone ini beraktivitas di luar rumah, karena baterai yang disediakan oleh spesifikasi Samsung Galaxy J3 ini berkapasitas standar.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3

Lagi-lagi sektor layar lah yang menjadi kelebihan ponsel pintar terbaru dari Samsung ini. Ya, layaknya smartphone kelas atas, Samsung Galaxy J3 ini dibekali dengan layar jenis Super AMOLED. Meski ukuran layarnya tak seluas produk kelas atas dari Samsung, namun dengan adanya layar jenis Super AMOLED tersebut akan menjadi nilai plus bagi ponsel ini. Sementara itu, sektor dapur pacu smartphone ini pun juga menawarkan kualitas yang tak kalah baiknya. Ruang mesin ponsel pintar yang satu ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 410 yang didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB. Untuk kekurangannya, salah satu bagian yang memiliki catatan minus adalah bagian resolusi layarnya yang tergolong rendah, meski jenis layar yang digunakan adalah jenis layar Super AMOLED. Nah agar semakin jelas, berikut ini adalah kelebihan Samsung Galaxy J3 dan kekurangan Samsung Galaxy J3:

Kelebihan Samsung Galaxy J3
  • Layar 4.7 inchi super AMOLED
  • Resolusi layar cukup bagus dengan tekstur layar kristal
  • OS Android Lollipop
  • CPU Quad-core 1,3 Ghz
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 410
  • GPU Adreno 306
  • Kamera primer 8 MP
  • Kamera sekunder 5 MP dengan beragam fitur selfie yang menarik
  • Dual SIM Card
  • Navigasi lengkap dengan A-GPS dan GLONNAS
  • Koneksi lengkap dengan jaringan 4G LTE
Kekurangan Samsung Galaxy J3
  • Belum ada proteksi layar built-in
  • Resolusi layar rendah
  • Baterai kapasitas standar

Harga Samsung Galaxy J3

Jika sudah puas dengan spesifikasinya, sekarang saatnya kita mengulas mengenai harga Samsung Galaxy J3 ini. Berbicara mengenai harga, tentunya kita harus kembali melihat masing-masing sektor pada spesifikasinya. Detail spesifikasi memang memiliki pengaruh penting karena berpengaruh pada nominal harga Samsung Galaxy J3 di pasaran. Jika dibandingkan dengan seri Galaxy J lainnya memang seri Galaxy J3 ini memiliki spesifikasi yang tergolong paling standar. Pada bagian layarnya, sebenarnya untuk resolusi yang ditampilkan oleh ponsel ini tergolong rendah. Namun rendahnya resolusi layar tersebut mampu ditutupi oleh jenis layarnya yang merupakan jenis layar Super AMOLED. Sektor visual memang menjadi salah satu penentu harga Samsung Galaxy J3 di pasaran. Selain bagian layarnya yang memiliki kualitas cukup baik, sektor lain yang juga cukup membantu mengatrol nilai jual smartphone ini adalah bagian ruang dapur pacunya. Dengan bekal prosesor Snapdragon 410 dan juga CPU Quad-core serta RAM 1 GB, smartphone terbaru dari Samsung ini memang memiliki performa yang cukup bagus. Nah dengan spesifikasi yang tak terlalu mengecewakan ini, lalu berapakah harga Samsung Galaxy J3 selanjutnya?

harga samsung galaxy j3

harga galaxy j3

Banderol harga Samsung Galaxy J3 ini secara resmi memang belum diumumkan. Bahkan, untuk beberapa sektor di bagian spesifikasi memang masih mungkin mengalami perubahan. Hal ini memang dikarenakan Samsung sendiri belum meluncurkan seri Samsung Galaxy J3 ini secara resmi. Menurut kabar yang santer beredar, smartphone terbaru dari Samsung ini akan segera dirilis sebelum akhir tahun 2015 ini. Dari pembahasan spesifikasi di atas, Begawei pun berinisiatif untuk membuat perkiraan harga Samsung Galaxy J3 di pasaran. Jika melihat spesifikasinya, smartphone seri Galaxy J3 ini memang memiliki level yang sama dengan Samsung Galaxy J7, yakni sama-sama menempati segmen gadget kelas menengah bawah. Jika Samsung Galaxy J7 dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 3 jutaan, maka kemungkinan besar harga Samsung Galaxy J3 ini akan berada di bawahnya. Kami memprediksi bahwa harga jual smartphone Samsung seri Galaxy J3 ini akan berada di kisaran harga Rp 2-2,5 jutaan.

Harga Samsung Galaxy J3
Sekitar Rp 2.000.000,- s/d Rp 2.500.000,-

Banderol harga Samsung Galaxy J3 yang berada di bawah harga Samsung Galaxy J7 memang karena spesifikasinya yang juga satu level di bawah seri Galaxy J7. Salah satu aspek yang paling kentara yang membuat harga Galaxy J3 ini berada di bawah Samsung Galaxy J7 adalah bagian layarnya. Tak seperti seri Galaxy J7 yang memiliki ukuran layar cukup luas, maka seri Galaxy J 3 ini hanya dibekali dengan layar berukuran 4.7 inci saja. Dengan perkiraan harga jual Samsung Galaxy J3 yang lebih murah dari tipe sebelumnya, jelas kali ini Samsung menempatkan smartphone ini pada deretan gadget berharga ‘merakyat’. Kehadiran Samsung sri Galaxy J3 ini pun akan semakin mempersengit persaingan smartphone kelas pemula di pasar gadget nasional. Nah, buat kawan Begawei yang menjadikan smartphone ini sebagai incaran utama, tunggu sampai Samsung merilis harga Samsung Galaxy J3 ini secara resmi beberapa pekan ke depan ya! Baca juga review Begawei mengenai Samsung Galaxy J5 dan Samsung Galaxy J7.

Spesifikasi Samsung Galaxy J3

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM : 850/900/1800/1900 MHz
  • 3G bands
    HSDPA : 850/900/1900/2100 MHz
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSDPA / LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, September
  • Status
    Rumored. Exp. release 2015, October
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM GSM
Layar
  • Tipe
    Super AMOLED capacitive toucscreen, 16M
  • Ukuran
    4.7 inches
  • Resolusi
    540 x 960 pixels (~243 ppi)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android : v 5.1 Lollipop
  • Chipset
    Snapdragon 410
  • CPU
    Quad-Core 1.2 GHz
  • GPU
    Andreno 360
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 64 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP autofocus LED flash
  • Fitur
    Yes
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones Loudspeaker
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v2.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    To be confirmed
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML 5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    2000 mAh
Top