Home » Produk » Samsung Galaxy J2

Harga Samsung Galaxy J2 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    Super AMOLED

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J2 – Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, seperti tak hentinya berinovasi menghadirkan produk gadget terbarunya. Setelah sebelumnya kita membahas versi downgrade dari Galaxy S6 Plus, kali ini Samsung hadir dengan produk baru, yakni seri Galaxy J2. Kehadiran Samsung Galaxy J2 ini bisa dibilang sedikit terlambat karena Samsung malah merilis seri Galaxy J3 terlebih dahulu. Smartphone Samsung seri Galaxy J2 ini sebenarnya juga sudah diperkenalkan pada bulan September yang lalu, dan kini diwacanakan untuk hadir di Indonesia pada akhir tahun 2015 ini. Sama seperti seri Galaxy J lainnya, Samsung Galaxy J2 ini pun diplot untuk menempati segmen smartphone entry level atau kelas pemula. Meski hanya merupakan perangkat pintar kelas pemula, namun produk terbaru dari Samsung ini jelas tak bisa diremehkan. Hal ini karena Samsung Galaxy J2 sendiri diracik oleh salah satu pabrikan smartphone terbaik dunia. Nama besar Samsung jelas mempengaruhi kualitas Galaxy J2 ini. Mulai dari spesifikasi fisik hingga bagian yang terdalam, hampir semuanya menggunakan komponen-komponen kelas atas serta memiliki kemampuan kelas tinggi. Samsung sendiri juga masih menggunakan platform seri Galaxy J lainnya dalam membangun smartphone seri Samsung Galaxy J2 ini. Itu pula artinya, smartphone terbaru dari Samsung ini dipastikan memiliki kualitas yang tak kalah oke dari seri Galaxy J lainnya.

samsung galaxy j2

Hadir sebagai smartphone entry level, tak membuat Samsung Galaxy J2 lantas membawakan spesifikasi yang sembarangan. Kali ini, Samsung membekalkan teknologi layar yang sangat bagus, yakni layar super AMOLED yang biasanya hanya dimiliki oleh ponsel premium. Sehingga, meski layar pada smartphone seri Galaxy J2 ini memiliki ukuran cukup mini, hanya 4,7 inci saja, namun kualitas visual yang diberikan sudah sangat bagus dan nyaman di mata. Selain itu, pada sektor dapur pacu pun Samsung Galaxy J2 juga dibekali dengan chipset buatan Samsung sendiri, yaitu Exynos 3475, sehingga untuk segala kelebihan dan kekurangannya Samsung telah bisa memperhitungkannya secara matang. Sementara itu bagian untuk storage atau ruang penyimpanan file, smartphone Samsung seri Galaxy J2 ini membawakan kapasitas memori internal yang cukup besar, yaitu 8 GB. Dengan tambahan slot memori eksternal yang dapat diekspansi hingga kapasitas 128 GB, dipastikan bahwa pengguna Samsung Galaxy J2 akan sangat leluasa dalam menyimpan semua file-file pribadinya. Meskipun menempati segmentasi entry level, seperti yang telah Begawei singgung tadi, namun ternyata Galaxy J2 ini masih memiliki banyak kelebihan yang dirasa lebih unggul apabila dibandingkan dengan produk lain yang berada pada segmentasi sekelasnya. Untuk itu, tidaklah heran apabila nantinya kehadiran Samsung Galaxy J2 ini akan menjadi incaran para pecinta gadget Indonesia yang sebagian besar lebih berminat pada gadget kelas pemula. Nah untuk mengetahui segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh smartphone terbaru dari Samsung ini, berikut adalah review lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J2 yang kami sajikan khusus untuk sobat Begawei semuanya.

hp samsung galaxy j2

Review Samsung Galaxy J2

Smartphone Entry Level dengan Dukungan Visual Canggih Berupa Layar AMOLED

Kawan Begawei pastinya sudah tak asing lagi dengan vendor Samsung yang namanya telah mendunia. Jadi, tentu saja untuk spesifikasi Samsung Galaxy J2 pada bagian fisik ini cukup familiar di mata konsumen. Karena pada dasarnya, Samsung selalu membawakan desain khasnya untuk setiap produk baru yang dikeluarkan. Sama seperti smartphone buatan Samsung lainnya, Galaxy J2 ini masih mengusung bentuk bodi memanjang dengan keempat sudut melengkung yang dilengkapi dengan tombol home screen berbentuk elips. Secara fisik juga, Samsung Galaxy J2 ini membawakan bodi yang cukup proporsional. Artinya, tidak terlalu tipis atau tidak terlalu tebal sehingga membuat ponsel pintar ini nyaman untuk dioperasikan. Dengan bodi yang berdimensi 136.5 mm x 69 mm x 8.4 mm dengan bobot 129 gram, menjadikan Samsung Galaxy J2 lebih efisien untuk disimpan di dalam saku. Berbicara soal display, ponsel ini mengusung jenis layar yang tidak kalah dengan ponsel-ponsel kelas premium, yaitu dengan layar super AMOLED berukuran 4.7 inci. Meskipun untuk resolusi sendiri hanya 540 x 960 pixels dengaan kerapatan layar 234 ppi, di mana resolusi tersebut  tergolong  cukup rendah, namun berkat ukuran layar yang tidak terlalu lebar dan teknologi canggih super AMOLED pada ponsel Samsung Galaxy J2 ini akan menampilkan display visual yang bagus dan nyaman di mata. Sayangnya, teknologi canggih pada layar ini memiliki keamanan yang masih rentan karena belum dilapisi dengan sistem proteksi layar anti gores untuk melindungi pada saat pengoperasian. Jadi, kawan Begawei dianjurkan untuk memasang screen guard secara manual agar layar tetap aman karena memang spesifikasi Galaxy J2 pada bagian visual belum dilengkapi sistem proteksi layar.

Dapur Pacu Tangguh Andalkan Chipset Exynos 3475 dan Prosesor Quad-core

Setelah kita mengetahui seperti apa kualitas visualnya, kini saatnya kita masuk ke bagian dalam guna menilik kualitas bagian permesinan atau dapur pacunya. Untuk sektor mesin, kali ini spesifikasi Samsung Galaxy J2 mengusung komponen buatan Samsung sendiri. Sebagai bagian inti pada ruang dapur pacunya, digunakanlah chipset Exynos 3475 yang merupakan chipset hasil produksi Samsung sendiri. Chipset Exynos 3475 pada Samsung Galaxy J2 ini memiliki kekuatan prosesor Quad-core 1.3 GHz ARM Cortex-A7. Dengan dukungan chipset Exynos 3475 serta CPU Quad-core 1.3 GHz, tentu saja kinerja smartphone terbaru dari Samsung ini sudah cukup optimal. Seperti yang sudah sempat Begawei singgung di bagian awal tadi, keputusan Samsung untuk menanamkan chipset Exynos pada ponsel pintar seri Samsung Galaxy J2 pun juga sudah melalui pertimbangan yang matang. Dengan menggunakan komponen buatan sendiri, segala macam kelemahan pada mesin Galaxy J2 pastinya telah dipertimbangkan dengan sangat matang oleh Samsung sendiri. Guna semakin meningkatkan kinarjanya, Samsung pun membekali smartphone Samsung Galaxy J2 dengan RAM berkapasitas 1 GB. Kehadiran RAM berkapasitas menengah tersebut akan memberikan kemampuan multitasking yang cukup baik. Sementara untuk menciptakan tampilan grafis yang maksimal, Samsung mengandalkan GPU Mali-T720 sebagai kartu pengolah grafis yang akan menyajikan visualisasi grafis dengan kualitas yang cukup baik untuk menjalankan game atau menonton video. Dan untuk menjalankan seluruh hardware yang ada, spesifikasi Samsung Galaxy J2 akan bekerja pada platform Android Lollipop v5.1 yang akan memberikan fitur-fitur menarik kepada penggunanya.

spesifikasi samsung galaxy j2

Kebutuhan Penyimpanan File Terpenuhi Maksimal Berkat Memori Internal 8 GB

Dibekali dengan spesifikasi mesin pada dapur pacu yang memberikan performa kerja handal, keluarga baru dari Samsung ini tentunya juga memenuhi kebutuhan ruang penyimpanan yang cukup memadai. Untuk itulah, spesifikasi Samsung Galaxy J2 pada sektor ruang penyimpanan pun juga dibekali dengan komponen yang tak kalah maksimal. Guna mendukung kinerja yang lebih optimal, Samsung menyediakan kapasitas ruang penyimpanan yang lapang, yaitu memori internal berkapasitas 8 GB. Kapasitas internal memory pada Samsung Galaxy J2 tersebut dirasa masih lebih dari cukup untuk mengcover kebutuhan ruang simpan bagi file-file sistem maupun file pribadi yang meliputi foto, video, audio, bahkan game-game eksternal. Jadi, dapat dipastikan bahwa seluruh file akan tersimpan dengan rapi di dalam Samsung Galaxy J2 ini. Selain itu, apabila kawan Begawei menghendaki ruang simpan yang lebih luas lagi, Samsung juga menyediakan slot memori eksternal dengan kemampuan ekspansi maksimal hingga 128 GB. Keberadaan slot microSD eksternal pada spesifikasi Galaxy J2 ini dapat diamanfaatkan sebagai memori tambahan untuk menyimpan file-file eksternal agar ruang memori internal tetap longgar untuk mengakomodasi file sistem saja.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera 5 MP dan 2 MP

Perangkat kamera pada smartphone modern, memang sudah menjadi kebutuhan yang tak dapat terlepaskan dari era serba gadget seperti saat ini. Kemampuan fotografi pun kini menjadi indikator kualitas sebuah perangkat pintar. Begitupun dengan spesifikasi Samsung Galaxy J2 pada lini fotografi ini. Bagian utama pada sektor fotografinya dimotori oleh kamera belakang berkekuatan 5 MP yang bersanding dengan teknologi LED Flash dan juga autofocus. Dalam rilisnya, Samsung menulis bahwa kamera utama pada Samsung Galaxy J2 tersebut mampu membuat kawan Begawei menikmati hasil jepretan foto dan rekaman video dengan detail keindahan yang maksimal. Kualitas fotografi pada Galaxy J2 tak lepas dari resolusi kamera utamanya yang mencapai 2592 х 1944 pixels. Meski kemampuan kamera utamanya termasuk yang paling lemah di antara seri Galaxy J lainnya, namun kawan Begawei tak perlu khawatir. Dengan dukungan LED Flash serta autofocus yang sudah ada pada kamera utama Samsung Galaxy J2, kawan Begawei tetap akan mendapatkan hasil jepretan gambar terbaik. Kemudian, fitur-fitur fotografi modern seperti Geo-tagging, touch focus, dan juga fitur face detection pun juga sudah hadir pada kamera utama smartphone ini. Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone Samsung Galaxy J2 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik. Sedangkan untuk kebutuhan selfie, smartphone terbaru dari Samsung ini mengandalkan kamera sekunder berkekuatan 2 MP yang terletak pada sisi depannya. Meskipun untuk kamera sekunder atau kamera depan yang melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J2 masih mengusung kamera berukuran 2 MP, namun pastinya kemampuan fotografi kamera sekundernya sudah bisa dimanfaatkan secara maksimal.

spesifikasi galaxy j2

Koneksi Internet Dijamin Lancar Berkat Teknologi 4G LTE

Sebagai  ponsel yang hadir di era modern, tentu saja harus memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan zamannya. Mengingat di era ini kebutuhan manusia tidak terlepas dari dunia internet, untuk perangkat-perangkat mobile juga harus mendukung koneksi internet dengan maksimal. Untuk itulah, spesifikasi Samsung Galaxy J2 pada bagian konektivitas ini hadir dengan kemampuan terbaik. Smartphone ini merupakan tipe ponsel dual SIM, di mana penggunanya bisa menggunakan dua kartu seluler untuk aktif secara bersamaan. Asyiknya lagi, pada Samsung Galaxy J2 ini slot SIM 2 terpisah dengan slot microSD, jadi sobat Begawei dipastikan tak akan terganggu lagi. Lalu untuk kelengkapan koneksi datanya, smartphone ini hadir dengan pilihan jaringan seluler terbaik dan terlengkap. Sama seperti smartphone generasi masa kini, Samsung Galaxy J2 ini pun juga sudah mengusung teknologi terbaik yang ada saat ini. Dengan smartphone Samsung seri Galaxy J2 ini, kawan Begawei akan merasakan akses internet super kencang via jaringan data 4G LTE. Untuk keperluan download, smartphone ini bisa meraih kecepatan hingga 150 Mbps. Sementara untuk upload, Samsung Galaxy J2 bisa dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal 50 Mbps. Tempat kamu belum tercover jaringan 4G LTE? Tak usah khawatir! Samsung juga melengkapi smartphone barunya ini dengan teknologi jaringan data lainnya, mulai dari EDGE hingga HSPA. Kawan Begawei juga bisa menikmati akses internet gratis melalui fitur WiFi yang telah ada pada Samsung Galaxy J2 ini. Sedangkan untuk keperluan transfer data jarak dekat, Samsung pun melengkapi ponsel barunya ini dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB. Spesifikasi Galaxy J2 di sektor teknologi konektivitas juga dibekali dengan fitur navigasi A-GPS dan juga GLONASS yang pastinya akan banyak membantu kebutuhan navigasi kamu saat kamu sedang travelling atau ingin menemukan letak suatu tempat.

Pasokan Daya Berkekuatan Baterai 2000 mAh

Untuk pembahasan sektor yang terakhir dan tak kalah penting, kita akan menengok spesifikasi Samsung Galaxy J2 pada bagian ruang suplai daya guna melihat berapa kapasitas baterai yang disematkan oleh Samsung pada produk barunya ini. Mengingat spesifikasi yang dibawanya cukup mumpuni, terutama pada layar, dapur pacu juga konektivitas, tentu saja konsumsi daya baterai pada Samsung Galaxy J2 juga akan terhitung besar. Untuk itulah, Samsung membekalkan baterai Lithium Ion berkapasitas 2.000 mAh pada Galaxy J2 ini. Bila melihat spesifikasi yang dibawa oleh Samsung Galaxy J2, memang kapasitas baterai tersebut masih sangat cukup untuk mempertahankan ponsel agar tetap hidup selama seharian, hanya saja untuk penggunaan wajar. Namun apabila kawan Begawei hendak menggunakannya untuk kebutuhan yang cukup ekstrim, maka sebaiknya sediakan selalu suplai daya cadangan dari perangkat powerbank untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu dibutuhkan isi ulang meskipun sebenarnya spesifikasi Samsung Galaxy J2 ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas memadai.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J2

Sama seperti seri Galaxy J lainnya, Samsung Galaxy J2 ini memang hanya dibekali dengan spesifikasi serba minimalis khas smartphone kelas pemula. Namun meski hanya dibekali dengan komponen hardware kelas pemula, tetap saja smartphone terbaru dari Samsung ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah layar jenis Super AMOLED yang memiliki kualitas visual cukup bagus. Apalagi, smartphone yang satu ini juga dibekali dengan spesifikasi mesin dan konektivitas terbaik di kelasnya. Namun, sebagai semartphone kelas entry level, tetap saja Galaxy J2 ini memiliki beberapa catatan kekurangan. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel kelebihan Samsung Galaxy J2 dan kekurangan Samsung Galaxy J2:

Kelebihan Samsung Galaxy J2
  • Layar Minimalis 4.7 inci
  • Layar berteknologi super AMOLED
  • Dual SIM card
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Exynos 3475
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • GPU Mali-T720
  • Memori Internal 8 GB
  • Slot memori eksternal 128 GB
  • Kamera 5 MP dan 2 MP
  • Konektivitas lengkap 4G LTE
  • Navigasi lengkap dengan A-GPS dan GLONNAS
Kekurangan Samsung Galaxy J2
  • Belum ada proteksi layar
  • Resolusi layar rendah
  • Kapasitas baterai standar

Harga Samsung Galaxy J2

Bagaimana, cukup puas dengan spesifikasi yang Begawei sampaikan? Penasaran dengan harganya? Sekarang saatnya kita membahas harga ponsel pintar terbaru dari Samsung ini. Hadir di antara serbuan smartphone kelas atas dan premium, seri Galaxy J2 memang sedikit luput dari perhatian. Samsung sendiri menghadirkan ponsel ini dengan konsep minimalis fungsional. Menempati segmen smartphone kelas pemula, harga Samsung Galaxy J2 ini pun dipastikan tak akan semahal ponsel Samsung yang menempati segmen kelas atas atau bahkan premium. Berbicara soal harga, pastinya kita harus melihat spesifikasi hardware yang dibawa oleh Galaxy J2 ini. Pada bagian layarnya, Samsung Galaxy J2 mengusung layar jenis Super AMOLED dengan bentangan mencapai 4.7 inci. Tentunya sobat Begawei sudah tak perlu ragu lagi akan kualitas layar jenis ini. Sektor visual atau layar inilah yang juga menjadi salah satu kelebihan Galaxy J2. Selain sektor layarnya, harga Samsung Galaxy J2 ini pun juga dipengaruhi oleh sektor-sektor lainnya. Salah satunya adalah kapasitas memorinya yang cukup luas. yakni 8 GB, dan dilengkapi dengan slot eksternal memori. Lalu, bagian mesinnya pun juga dibekali chipset Exynos 3475 dengan CPU Quad-core 1.3 GHz yang meski standar namun tetap mampu menghasilkan kinerja maksimal. Berbekal spesifikasi yang lumayan baik itu, banderol harga Samsung Galaxy J2 pun juga ikut sedikit lebih mahal dari smartphone kelas pemula dari merek lain. Nah, semakin penasaran dengan harganya?

harga samsung galaxy j2

harga galaxy j2

Seperti yang sudah sempat Begawei singgung pada bagian awal tadi, banderol harga Samsung Galaxy J2 ini memang tak akan semahal smartphone Samsung kelas atas lainnya. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari laman GSM Arena, harga smartphone terbaru dari Samsung ini dipatok pada angka 150 euro, atau sekitar Rp 2,2 jutaan. Untuk pasaran Indonesia, nominal harga Samsung Galaxy J2 ini memang masih tergolong harga menengah dan masih dapat dijangkau oleh semua kalangan. Dengan harga yang cukup terjangkau ini pula rasanya bukanlah hal yang sulit bagi Samsung Galaxy J2 untuk bisa berbuat banyak di pasar gadget dunia, termasuk Indonesia. Harga yang cukup standar untuk spesifikasi yang mumpuni memang akan berdampak positif bagi penjualan Galaxy J2 di pasaran. Dengan bekal kualitas mumpuni serta harga Samsung Galaxy J2 yang tak menguras kocek, tentunya publik akan mendapatkan satu produk yang berkualitas, namun dengan harga bersahabat.

Harga Samsung Galaxy J2
Sekitar Rp 2.200.000,-

Strategi Samsung untuk melepas harga Samsung Galaxy J2 di kelas menengah ke bawah memang menjadi hal yang cukup menarik. Kehadiran seri ponsel pintar Galaxy J2 ini sepertinya menjadi jawaban Samsung untuk serbuan vendor lain di segmen smartphone pemula. Dalam beberapa kesempatan terakhir, Samsung memang cukup serius menggarap pangsa pasar smartphone kelas pemula, termasuk dengan seri smartphone Samsung Galaxy J2 ini. Meski Samsung juga tetap menjaga eksistensi di segmen premium, namun kehadiran line-up ponsel pintar kelas pemula tentunya akan semakin memperkuat brand Samsung sebagai merek smartphone nomor satu dunia. Meski memiliki beberapa catatan minus di sejumlah sektornya, namun dengan harga Galaxy J2 yang cukup bersahabat, tentunya hal tersebut tak akan menjadi masalah berarti. Dengan didukung oleh branding Samsung yang sangat kuat, smartphone ini diharapkan mampu menjaga persaingan Samsung di kelas entry-level. Nah, untuk kamu yang sudah berancang-ancang untuk menebus harga Samsung Galaxy J2 ini, tunggu sampai rilis resminya paling lambat akhir tahun 2015 ini ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Samsung Galaxy J3 dan Lenovo Vibe X3.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 - J200G, J200GU, J200F, J200Y / HSDPA 850 / 900 / 2100 - J200H
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800) - J200F
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, September
  • Status
    Available. Released 2015, Q3
Desain
  • Dimensi
    136.5 x 69 x 8.4 mm (5.37 x 2.72 x 0.33 in)
  • Berat
    129 g (4.55 oz)
  • SIM
    Optional Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.7 inches (~64.7% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    540 x 960 pixels (~234 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Exynos 3475
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Mali-T720
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    8 GB, 1 GB RAM
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio with RDS; recording
  • USB
    microUSB v2.0, USB On-The-Go
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    2000 mAh
Top