Home » Produk » Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.2 GHz

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    TFT capacitive

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS, v6.0

Harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime dan Spesifikasi – Tahun 2016 ini tampaknya memang menjadi tahun milik vendor Negeri Ginseng, Samsung. Ini karena pabrikan smartphone terkemuka tersebut merilis cukup banyak ponsel mulai dari ponsel kelas pemula hingga premium. Bahkan, rumor rilisnya produk baru smartphone entry level baru bertajuk Samsung Galaxy J1 Mini Prime milik perusahaan tersebut tengah menyeruak. Ponsel entry level memang cukup diminati di pasaran terutama untuk keluarga Galaxy J Series. Tak heran jika Samsung membuat kejutan lagi dengan menambahkan Samsung Galaxy J1 Mini Prime sebagai anggota baru pada kelompok smartphone Galaxy J Series Prime. Jika pada beberapa waktu yang lalu perusahaan gadget asal Korea Selatan tersebut telah merilis anggota Galaxy J Prime lainnya yaitu Samsung Galaxy J5 Prime dan Samsung Galaxy J7 Prime, kini Samsung ingin mendulang kesuksesan yang sama dengan varian terbaru prime-nya yang mengusung nama Samsung Galaxy J1 Mini Prime itu. Handphone baru yang merupakan generasi penerus dari Galaxy J1 Mini ini tentu akan membawa sejumlah fitur menarik yang akan memanjakan konsumen ponsel kelas pemula. Semakin penasaran bukan dengan Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini?

Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Samsung Galaxy J1 Mini Prime yang memang didesain untuk mengisi line-up entry level, telah dibekali dengan deretan fitur yang tergolong mumpuni untuk segmennya. Apalagi jika mengingat kiprah Samsung sendiri di pasar gadget, tentu J1 Mini Prime ini akan menyuguhkan spesifikasi yang tak kalah dengan ponsel kelas pemula lainnya yang ada di pasaran. Sesuai dengan embel-embel ‘mini’ yang tersemat pada namanya, Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini mengusung layar 4 inci yang cukup nyaman untuk digunakan. Untuk dapur pacunya sendiri, varian mini prime ini menghadirkan komponen yang tak jauh beda dengan versi regulernya melalui bekalan chipset Spreadtrum SC9830 dan RAM sebesar 1 GB. Hal yang tak jauh beda juga bisa ditemukan pada ruang penyimpanannya yang menghadirkan memori internal sebesar 8 GB. Samsung Galaxy J1 Mini Prime terbaru dari Samsung ini juga akan mengusung duet kamera primer 5 MP dan kamera sekunder VGA seperti pendahulunya tersebut. Tentu sobat Begawei masih penasaran bukan tentang perbedaan smartphone ini dengan pendahulunya? Jadi, langsung simak saja ulasan Begawei mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime di bawah ini!

HP Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Smartphone Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Review Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Samsung Galaxy J1 Mini PrimePonsel Mini Berdesain Simpel Khas Samsung

Pada bagian awal ini, Begawei akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime yang berhubungan dengan desainnya. Jika dilihat sekilas, desain yang dibawa oleh varian Mini Prime ini tak jauh berbeda dengan smartphone kelas pemula bikinan Samsung lainnya. Bahkan, J1 Mini Prime ini terlihat mirip dengan varian J1 Mini. Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini memiliki bodi yang cukup mungil dengan dimensinya yang meliputi panjang 126.6 mm, lebar 63.1 mm, dan tebal 10.8 mm. Bodinya pun sangat ringan ketika digenggam karena bobotnya hanya 123 gram. Ukuran mini dari perangkat ini bisa dilihat dengan jelas melalui layar TFT dengan bentang 4 inci yang dimilikinya. Layar Samsung Galaxy J1 Mini Prime tersebut mampu menghasilkan resolusi 480 x 800 piksel dengan kerapatan 233 ppi. Jika menilik kembali pada harganya tentu wajar jika ponsel yang akan tersedia dalam warna hitam dan emas ini belum dibekali dengan proteksi layar serta sensor fingerprint untuk menunjang keamanan. Walaupun demikian, patutlah tetap dikatakan hal tersebut merupakan nilai kurang dari spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini.

Samsung Galaxy J1 Mini PrimeDapur Pacu Ditenagai Prosesor Quad Core 1.2 GHz dan RAM 1 GB

Dari tampilan visual, kini kita beranjak pada sektor dapur pacu yang diberikan Samsung pada spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini. Pada sektor ini, Samsung membekali suksesor J1 Mini ini dengan komponen yang tak jauh beda dengan pendahulunya namun tetap memberikan sedikit peningkatan sehingga performa dari ponsel tentu lebih baik. Ini bisa dilihat dari chipset Spreadtrum SC9830 yang disematkan pada bagian mesinnya. Sektor Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini juga dibekali dengan prosesor Quad core Cortex-A7 berkecepatan 1.2 GHz lengkap dengan dukungan RAM sebesar 1 GB. Komponen-komponen tersebut memang tergolong sangat standar namun cukup ideal untuk mendukung operasional dan aktivitas multitasking pada golongan handphone kelas low-end. Samsung juga membekali Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini dengan GPU Mali-400MP2 yang memang cukup umum digunakan pada ponsel pemula namun mampu menghasilkan tampilan grafis yang bagus. Salah satu kelebihan dari sektor ini adalah digunakannya sistem Android v6.0 Marshmallow yang pasti menyediakan lebih banyak fitur baru dibandingkan pendahulunya yang masih mengandalkan Android Lollipop. Penggunaan OS yang termasuk baru dalam spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime tersebut, juga menunjukkan keseriusan Samsung menggarap pasar perangkat pemula.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Samsung Galaxy J1 Mini PrimeStorage Sediakan Memori Internal 8 GB dan microSD 256 GB

Pada bagian ini, Begawei akan mengajak sobat semua untuk mengetahui seluas apa ruang penyimpanan yang disediakan oleh spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime. Sebagai ponsel pemula, ruang penyimpanan atau storage yang dimiliki oleh varian Mini Prime ini tergolong cukup lega dan memenuhi standar karena menghadirkan memori internal sebesar 8 GB. Kapasitas Samsung Galaxy J1 Mini Prime tersebut cukup untuk menampung berbagai macam file internal bawaan dan file koleksi milik pengguna. Bagaimana menurut sobat Begawei? Masih kurang luas? Tak perlu khawatir karena ruang penyimpanan Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini masih bisa diekspansi dengan menggunakan microSD card. Slot memori eksternal ini mampu menampung file dengan kapasitas maksimum hingga 256 GB. Meski begitu, yang perlu pengguna perhatikan adalah penggunaan microSD ini harus mengorbankan slot SIM 2. Jadi dari spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime tersebut, sobat Begawei harus benar-benar mempertimbangkan mana yang lebih penting.

Samsung Galaxy J1 Mini PrimeSektor Fotografi Hadirkan Kamera Minimalis Namun Fungsional

Meski didesain untuk menyapa konsumen smartphone kelas bawah, spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini tetap dibekali dengan fitur-fitur berkualitas sesuai dengan segmennya. Ini bisa dilihat pada fitur-fitur yang dibekalkan vendor tersebut pada sektor fotografi produk barunya ini. Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini mengusung kamera utama berkekuatan 5 MP dengan aperture f/2.2 pada bagian belakang bodinya yang juga sudah dilengkapi dengan fitur LED flash untuk hasil foto yang cukup jernih. Kamera Samsung Galaxy J1 Mini Prime tersebut juga mampu merekam video dengan kualitas 720p@30fps. Sementara itu, di bagian depan ponsel pengguna bisa menemukan kamera sekunder VGA yang cukup mendukung untuk kebutuhan selfie. Meski sangat standar tetapi duet kamera dalam spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime tersebut tergolong fungsional, bukan?

Spesifikasi Galaxy J1 Mini Prime

Spesifikasi Galaxy J1 Mini Prime

Samsung Galaxy J1 Mini PrimeKonektivitas Lengkap Mendukung Dual SIM

Selanjutnya, sobat Begawei akan mengetahui kualitas dari sektor konektivitas yang dimiliki oleh spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime tersebut. Versi J1 Mini Prime ini menyuguhkan konektivitas yang cukup lengkap karena telah mendukung penggunaan dual SIM. Oleh sebab itu, aktivitas komunikasi bisa dilakukan dengan lebih efisien karena tidak perlu membawa dua smartphone dengan SIM card yang berbeda. Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini juga menawarkan akses internet yang cukup baik. Meskipun belum mendukung akses jaringan 4G LTE, tetapi varian terbaru dari Prime ini menghadirkan jaringan GSM dan HSPA untuk aktivitas berselancar di dunia maya. Pengguna Samsung Galaxy J1 Mini Prime pun bisa memanfaatkan fitur Wi-Fi dan hotspot untuk akses internet secara gratis. Untuk memenuhi kebutuhan bertukar file Samsung menawarkan Bluetooth v4.0 A2DP dan microUSB v2.0 pada perangkatnya ini. Salah satu kelebihan dari sektor ini adalah digunakannya A-GPS dan GLONASS pada spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini. Penggunaan sistem tersebut menjadikan pemetaan lokasi bisa dilakukan dengan lebih akurat.

Samsung Galaxy J1 Mini PrimeSuplai daya Dipasok Baterai Berkapasitas Ideal

Untuk menutup spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime kali ini, Begawei akan mengulas mengenai pasokan daya atau baterai yang dipercaya bakal digunakan pada Samsung Galaxy J1 Mini Prime. Baterai merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perangkat elektronik layaknya smartphone karena akan memengaruhi kinerja yang dijalankannya. Menilik lagi pada spesifikasi ponsel yang masih tergolong standar, maka wajar jika suplai daya yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, untuk memenuhi kebutuhan daya pada Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini, Samsung membenamkan baterai Lithium Ion atau Li-Ion berkapasitas 1.500 mAH pada suksesor dari J1 Mini tersebut. Kapasitas baterai ini meski tak terlalu besar tetapi ideal untuk ponsel pemula. Selain itu, jenis baterai yang digunakan dalam spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime adalah removable sehingga bisa diganti jika terjadi kerusakan.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1 mini prime

Samsung Galaxy J1 mini prime memiliki dua hal yang agaknya sulit disatukan. Mini dan Prime. Bagaimana mungkin kedua hal tersebut dapat disatukan padahal saling bertolak belakang? Ternyata, Samsung mampu menghadirkan perangkat dengan dua gabungan tak umum tersebut. Melalui Samsung Galaxy J1 mini prime ini, terbukti kinerja Samsung tak melorot karena kasus Galaxy Note 7. Chipset Spreadtrum memang bukan merupakan kelas chipset premium di antara chipset-chipset yang lain. Namun bukan berarti chipset ini bakal membuat kinerja yang buruk. Terbukti, Samsung mau menggunakannya dalam Samsung Galaxy J1 mini prime ini. Walaupun hanya memiliki 4 inti CPU yang bekerja pada 1.2 GHz, namun nampaknya tidak mengurungkan tingkat kepedean Samsung dalam membesut varian yang satu ini. Bahkan, sebagai teman duet dari chipset tersebut hanya dibenamkan RAM sebesar 1 GB pada Samsung Galaxy J1 mini prime ini. Itu artinya, Samsung benar-benar pede dengan kinerja chipset tersebut. Nah, untuk lebih menggambarkan kelebihan Samsung Galaxy J1 mini prime dan kekurangan Samsung Galaxy J1 mini prime ini, yuk simak bagan di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy J1 mini prime
  • Dual SIM
  • Layar 4 Inci
  • OS Android v6.0 Marshmallow
  • Chipset Spreadtrum SC9830
  • Prosesor Quad core 1.2 GHz Cortex-A7
  • RAM 1 GB
  • GPU Mali-400MP2
  • Memori internal 8 GB
  • microSD 256 GB
  • Dual kamera fungsional
  • Navigasi GLONASS
  • Removable battery
  • Harga terjangkau
Kekurangan Samsung Galaxy J1 mini prime
  • Layar TFT
  • Belum ada proteksi layar
  • Belum ada sensor fingerprint
  • Kamera sekunder VGA
  • Slot microSD menyatu dengan slot SIM 2
  • Belum support jaringan 4G LTE

Harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Setelah mengetahui spesifikasi yang dibawa ponsel secara mendetail, sobat Begawei saat ini pasti penasaran dengan banderol harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini, bukan? Pada segmen ini Begawei memang akan memberikan perkiraan mengenai harga smartphone teranyar dari Samsung tersebut. Berbicara mengenai kisaran harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime  ini tentu tak bisa dilepaskan dengan spesifikasi yang diusungnya. Seri terbaru dari Galaxy J Prime ini merupakan ponsel entry level yang mengusung layar mini 4 inci dengan teknologi TFT. Meski begitu, perangkat ini memiliki dapur pacu yang handal untuk segmennya karena dibekali dengan chipset Spreadtrum CS9830 dengan kombinasi prosesor Quad core 1.2 GHz dan RAM 1 GB. Keunggulan dapur pacu Samsung Galaxy J1 Mini Prime  tersebut, semakin terlihat dengan dijalankannya sistem operasi Android Marshmallow. Ponsel juga menyediakan ruang penyimpanan yang cukup lapang dengan memori internal berkapasitas 8 GB. Melalui spesifikasi tersebut, apakah sobat Begawei sudah bisa memperkirakan harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini?

Harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime Terbaru

Harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime Terbaru

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, perangkat ini memang didesain untuk mengisi line up smartphone entry level. Oleh karena itu, tentu banderol harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini tidak akan setinggi ponsel kelas menengah atau premium. Namun, jika berbicara mengenai harga pastinya, vendor pembuatnya sendiri pun belum memberi pengumuman secara resmi maupun bocoran terhadap harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini. Hal ini terlihat dari status ponsel ini yang sebenarnya masih rumor. Tetapi, jika menilik lagi dari bekalan spesifikasinya yang hampir sama dengan saudaranya, Samsung Galaxy J1 Mini, pasti harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini tak jauh berbeda dengan pendahulunya tersebut, mungkin sedikit lebih mahal karena adanya peningkatan sejumlah komponen. Jika Galaxy J1 Mini ada pada kisaran harga Rp 1,3 jutaan, maka harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime kemungkinan dibanderol pada kisaran Rp 1,5 hingga 2 jutaan.

Harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime
Sekitar Rp 1.500.000,- s/d Rp 2.000.000,- (Perkiraan)

Jika masuk ke pasar Indonesia, tentu nominal harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini tergolong murah dan bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Meluncurnya anggota baru dari keluarga Galaxy J Series ini juga sudah barang tentu akan meningkatkan persaingan di antara ponsel-ponsel kelas pemula. Meski Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini masih mengusung sejumlah spesifikasi yang standar, namun secara keseluruhan kualitasnya cukup bagus untuk banderol harganya yang terjangkau. Kombinasi harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime yang murah serta disematkannya sejumlah komponen unggulan tentu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen sehingga bukan tak mungkin jika varian Mini Prime ini akan menjadi produk favorit untuk ponsel entry level. Jadi, dengan sejumlah keunggulan yang ditawarkannya tersebut, apa sobat Begawei juga berniat untuk memiliki ponsel ini? Sekian penjelasan Begawei mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini. Sampai jumpa. Baca juga Samsung Galaxy J1 Ace dan Samsung Galaxy J1 Mini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 2100
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Belum Diumumkan
  • Status
    Rumor
Desain
  • Dimensi
    126.6 x 63.1 x 10.8 mm
  • Berat
    123 g
  • SIM
    Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    TFT capacitive touchscreen, 256K colors
  • Ukuran
    4.0 inches
  • Resolusi
    480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset
    Spreadtrum SC9830
  • CPU
    Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Mali-400MP2
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, f/2.2, LED flash
  • Fitur
    Ya
  • Video
    720p@30fps
  • Kamera Depan
    VGA
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Removable Li-Ion
  • Daya
    1500 mAh

Produk Lainnya dari Samsung

Top