Home » Produk » Samsung Galaxy J1 Mini

Harga Samsung Galaxy J1 Mini dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.5

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1 Mini – Setelah sukses dengan penjualan seri Samsung Galaxy J1 dan Galaxy J1 Ace, kemudian dalam beberapa waktu kemarin diteruskan dengan kehadiran Galaxy J2 serta Galaxy J3, tidak lantas membuat Samsung berhenti memberikan varian baru dari keluarga Galaxy J Series. Belum lama ini, raksasa teknologi asal Korea Selatan itu memperkenalkan seri Samsung Galaxy J1 Mini yang merupakan varian terbaru dari seri Galaxy J. Sama seperti seri Galaxy J lainnya, kali ini Samsung menyasar pengguna gadget kelas pemula lewat varian Galaxy J1 Mini ini. Sebelum Galaxu J1 versi Mini, Samsung pun juga cukup sukses dengan seri Galaxy J1 generasi pertama. Seakan ingin mengulangi kesuksesan para pendahulunya, Samsung Galaxy J1 Mini pun disiapkan sedemikian rupa guna menarik perhatian konsumen. Kehadiran versi terbaru dari keluarga Galaxy J ini memang cukup menarik karena semakin menegaskan keseriusan Samsung dalam menggarap pangsa pasar kelas low end atau pemula. Kehadiran Samsung Galaxy J1 Mini pun juga akan melengkapi line-up smartphone buatan Samsung di segmen entry level. Sebagaimana kita tahu, dalam beberapa kesempatan terakhir memang vendor gadget asal Negeri Ginseng itu seakan tak mau kehilangan pangsa pasar smartphone pemula. Hal ini dibuktikan dengan semakin rajinnya Samsung dalam merilis perangkat pintar murah selain tetap concern pada smartphone kelas premium lewat seri Galaxy S6 ke atas. Kembali ke Samsung Galaxy J1 Mini, bila menilik detail spesifikasinya memang smartphone terbaru dari Samsung ini dibekali dengan komponen yang cukup minimalis. Namun meski statusnya hanyalah smartphone entry level, namun Galaxy J1 Mini kali ini tetap mengusung kualitas khas perangkat pintar buatan Samsung.

samsung galaxy j1 mini

Datang sebagai smartphone kelas pemula, namun Samsung Galaxy J1 Mini telah dibekali dengan beberapa fitur yang mumpuni untuk kelasnya. Apalagi mengingat nama besar Samsung sebagai pemegang tahta pasar smartphone global, sudah jelas jika seri Galaxy J1 Mini akan mengusung beberapa spesifikasi yang tidak kalah hebat dengan smartphone entry level lainnya. Dimulai dari layarnya yang masih mengusung bentang layar 4,3 inci identik dengan Samsung Galaxy J1. Namun untuk sektor dapur pacunya, Samsung Galaxy J1 Mini telah terjadi peningkatan di mana untuk chipsetnya mengusung chipset Spreadtrum SC8830 terpadu dengan RAM yang kini menjadi 1 GB. Beralih pada spesifikasi bagian kamera, smartphone seri Galaxy J1 Mini masih disertai dengan duet kamera minimalis namun tetap fungsional lewat kamera primer 5 MP dan kamera depan sebatas VGA saja. Selanjutnya untuk memori internalnya, Samsung Galaxy J1 Mini ini dijejali dengan memori internal sebesar 8GB dan pastinya tersedia slot memori eksternal untuk mengakomodasi ruang penyimpanan menjadi lebih maksimal lagi. Nah itulah beberapa keunggulan dari smartphone ekonomis ini, dimana sebenarnya smartphone Samsung seri Galaxy J1 Mini masih membawa bekal spesifikasi yang lebih banyak lagi. Penasaran kan? Yuk, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J1 Mini pada segmen-segmen di bawah ini!

hp samsung galaxy j1 mini

Review Samsung Galaxy J1 mini

Tampilan Desain Sederhana Khas Perangkat Low End Buatan Samsung

Pada segmen pertama ini, seperti biasa kita akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini untuk bagian tampilan luarnya. Secara desain fisik, seri Galaxy J1 Mini kali ini masih membawakan konsep desain khas smartphone entry level racikan Samsung sebelumnya. Sekilas smartphone ini justru lebih mirip dengan seri Galaxy J1 Ace karena memiliki desain eksterior yang identik. Desain fisik Samsung Galaxy J1 Mini pada bagian fisik memang memiliki ukuran yang cukup mungil. Dimensi fisik dari smartphone ini bahkan juga lebih kecil dibandingkan dengan Samsung Galaxy J1 dan Samsung Galaxy J1 Ace, meskipun secara dimensional tidak terlalu berbeda jauh. Ukuran seperti itu akan membuat si mungil Samsung Galaxy J1 Mini memiliki bodi yang cukup nyaman untuk dioperasikan dalam satu genggaman. Selain bodi mungil yang cukup kompak, konsep desain Galaxy J1 Mini pun juga terbilang simple dan minimalis. Smartphone ini didesain dengan lekukan tipis pada masing-masing ujungnya, mirip Samsung Galaxy J Series versi lawas. Konsep desain fisik pada Samsung Galaxy J1 Mini ini pun akan membuatnya semakin terasa mantap saat digenggam. Lalu pada bagian visual, smartphone ini mengandalkan layar jenis TFT 16 juta warna berukuran 4.3 inci yang mampu menghasilkan resolusi sebesar 480 X 800 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 217 ppi. Meski resolusi layar pada Samsung Samsung Galaxy J1 Mini ini tergolong rendah, namun sudah cukup layak untuk menunjang kebutuhan visual pengguna secara standar. Secara umum, konsep desain smartphone ini memang masih sangat identik dengan seri Galaxy J lainnya, baik dari komponen maupun konsep bodinya. Sama seperti sebagian besar smartphone kelas pemula lainnya, spesifikasi Galaxy J1 Mini ini belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar sehingga kawan Begawei harus menambahkan screen guard secara manual.

Dapur Pacu Ditenagai oleh Chipset Spreadtrum dan RAM 1 GB

Beralih dari sektor tampilan dan visual, kini Begawei akan membahas spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini untuk bagian ruang mesinnya. Pada bagian ini secara teknis, telah terjadi peningkatan bahkan dibandingkan dengan Samsung Galaxy J1 Ace yang dibanderol dengan harga lebih mahal. Kali ini Samsung Galaxy J1 Mini sudah mengandalkan chipset Spreadtrum SC8830 dipadukan dengan prosesor Quad-core 1.5 GHz yang menjadi otak dari ruang mesin smartphone anyar ini. Meski merupakan komponen mesin kelas low-end, namun racikan hardware yang ada pada Samsung Galaxy J1 Mini ini akan mendukung kemampuan multitasking dan juga juga operasionalnya. Guna semakin meningkatkan performanya, Samsung pun menyematkan RAM berkapasitas 1 GB menggeser RAM 512 MB pada seri Samsung Galaxy J1 lainnya. Untuk ukuran smartphone kelas pemula, memang kapasitas RAM pada Samsung Galaxy J1 Mini ini tergolong ideal dan dirasa masih sanggup mengakomodasi kinerja smartphone dengan cukup baik. Sedangkan untuk komponen pengolah grafisnya, Samsung Galaxy J1 Mini sudah disertai dengan GPU sekelas Mali-400MP2 yang cukup bagus dalam mengolah grafis untuk smartphone. Terakhir, sebagai sajian penutup di sektor dapur pacu, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini di ruang dapur pacu dengan sistem operasi Android versi 5.1 (Lollipop) yang pastinya lebih kaya fitur dan pembaruan aplikasi untuk sobat Begawei semua.

spesifikasi samsung galaxy j1 mini

Memori On-board Berkapasitas 8 GB Dilengkapi Slot Eksternal

Berbekal spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini pada bagian mesin yang cukup berkualitas di kelasnya, tentunya juga harus dilengkapi dengan kapasitas ruang simpan internal yang lapang. Nah pada segmen ini, Begawei akan mengajak sobat semua untuk masuk pada bagian kapasitas ruang penyimpanan filenya. Untuk level smartphone kelas pemula, kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada ponsel ini sudah cukup memenuhi standar. Kali ini, Samsung Galaxy J1 Mini sudah mengusung memori internal seluas 8 GB. Ruang seluas 8 GB tersebut akan sanggup menampung kebutuhan penyimpanan file sistem maupun file pribadi penggunanya. Jadi, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file berukuran besar semisal file-file aplikasi lain seperti video, audio, foto dan file lainnya ke dalam Samsung Galaxy J1 Mini ini. Namun jika kamu menginginkan kapasitas yang lebih besar lagi, maka kamu bisa memanfaatkan slot external memory yang telah disediakan oleh Samsung. Ya, sektor ruang penyimpanan file pada Samsung Galaxy J1 Mini sudah dilengkapi dengan slot microSD yang bisa sobat Begawei untuk menambah daya tampung memorinya. Keberadaan slot microSD eksternal pada spesifikasi Galaxy J1 Mini ini pastinya akan sangat membantu kamu apabila memiliki file atau aplikasi dengan kapasitas cukup besar.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera Minimalis Namun Tetap Fungsional

Meski hanya ditempatkan pada pangsa pasar entry level, namun produk terbaru dari Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen standar smartphone masa kini. Salah satunya adalah spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini pada bagian fotografi di mana Samsung menempatkan sepasang kamera minimalis namun tetap fungsional. Keberadaan sepasang kamera ini pastinya sudah bisa diandalkan saat kamu ingin mengabadikan momen-momen berharga kamu setiap saat. Sebagai senjata utamanya, smartphone Samsung Galaxy J1 Mini ini dibekali dengan kamera belakang berukuran 5 MP. Kamera yang terletak di sisi belakang tersebut mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi lumayan bagus, yaitu 2592 x 1944 pixels, dan juga sudah dibekali dengan LED Flash. Keberadaan fitur LED Flash pada kamera belakang Samsung Galaxy J1 Mini tentunya juga akan membantu kawan Begawei untuk tetap bisa menghasilkan bidikan foto yang bagus meski sedang berada di tempat minim cahaya. Fitur-fitur fotografi standar lainnya seperti Autofocus, Geo-tagging, dan HDRpun juga sudah tersedia di kamera belakang Samsung Galaxy J1 Mini ini. Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang biasa saja. Kemudian, lini fotografi pada Samsung Galaxy J1 Mini ini pun juga dilengkapi dengan kehadiran kamera sekunder yang hanya berukuran VGA. Meskipun secara kualitas terhitung kurang menggigit untuk sebuah smartphone masa kini, namun sudah cukup fungsional untuk keperluan foto selfie dan juga melakukan panggulan video call. So, spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini pada lini fotografi ini tak terlalu mengecewakan bukan?

spesifikasi galaxy j1 mini

Smartphone Non-4G dengan Fitur Konektivitas Lengkap

Setelah kita puas membahas spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini dari berbagai segmen, sekarang Beagwei akan mengajak sobat semua untuk membahas kemampuannya di sektor konektivitas. Sektor konektivitas ini sebenarnya menjadi nilai jual utama sebuah perangkat pintar. Nah untuk Samsung Galaxy J1 Mini kali ini, sudah dibekali dengan Dual SIM Card GSM sehingga komunikasi kamu pun dijamin akan berjalan secara lancar karena kamu tak perlu menenteng dua unit telepon seluler lagi. Selain dibekali dengan dua slot SIM Card, smartphone ini juga memiliki kemampuan yang cukup baik untuk keperluan akses internet. Meskipun untuk urusan koneksi internet masih belum menggunakan teknologi 4G LTE layaknya smartphone modern, namun pastinya Samsung Galaxy J1 Mini sudah dibekali dengan jaringan 3G HSPA yang merupakan jaringan handal dan juga cukup stabil. Dengan jaringan 3G HSPA ini, kawan Begawei tetap bisa dimanjakan dengan konektivitas internet terbaik, mengingat jaringan 4G LTE sendiri masih belum tersedia untuk semua daerah. Selain itu Samsung Galaxy J1 Mini juga telah disematkan fitur konektivitas lainnya seperti WiFi dan hotspot untuk mengakses internet gratis. Kemudian ada juga perangkat Bluetooth v4.0 dan microUSB untuk memenuhi kebutuhan berbagi file dengan kecepatan transfer yang lebih cepat. Sementara untuk sistem navigasi, spesifikasi Galaxy J1 Mini ini hanya mengandalkan navigasi standar sekelas A-GPS sebagai piranti pencarian lokasi atau kebutuhan pemetaan lainnya.

Baterai Berkapasitas Standar Sebagai Dukungan Suplai Daya

Bergerak dari sektor konektivitas, sekarang Begawei akan mengulas spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini pada bagian pemasok daya atau baterai. Besaran kapasitas baterai pada sebuah smartphone memang merupakan sesuatu hal yang cukup vital. Hal ini karena suplai daya dari baterai akan berpengaruh kepada seluruh kebutuhan untuk kinerja operasional sebuah smartphone. Nah pada  Samsung Galaxy J1 Mini ini, pihak produsen memang belum membocorkan informasi mengenai jenis baterai apa yang akan digunakan. Namun jika melihat spesifikasi yang diberikan, sebenarnya smartphone Samsung seri Galaxy J1 Mini kali ini termasuk perangkat pintar yang hemat konsumsi daya. Hal ini karena memang komponen-komponen yang digunakan membangun Samsung Galaxy J1 Mini hanya merupakan perangkat hardware kelas pemula yang konsumsi dayanya tidak boros-boros amat. Jadi, bisa dipastikan bahwa Samsung akan membakli smartphone terbarunya ini dengan kapasitas baterai yang memadai. Bila melihat tren produk smartphone kelas pemula buatan Samsung sebelum-sebelumnya, kemungkinan besar spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini kali ini akan dibekali dengan baterai berkapasitas di anatara 1800-200 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1 Mini

Bicara soal kelebihan dari Samsung Galaxy J1 Mini, kita bisa menyebut beberapa bagian dari spesifikasinya. Layar jelas menjadi kelebihan utamanya, karena mengusung layar berukuran 4,3 inci. Meski masih merupakan jenis layar TFT namun ukuran yang cukup lapang tersebut akan memberikan efek visual yang lega kepada penggunanya. Selain itu, ponsel pintar yang satu ini juga didukung oleh spesifikasi mesin yang handal, RAM 1 GB serta duet kamera 5 MP dan VGA. Apalagi ada juga memori internal 8 GB yang ditambah dengan slot eksternal memori. Namun karena hanya merupakan smartphone kelas pemula, jelas Galaxy J1 Mini ini memiliki beberapa catatan kekurangan. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya pada tabel kelebihan Samsung Galaxy J1 Mini dan kekurangan Samsung Galaxy J1 Mini di bawah ini!

Kelebihan Samsung Galaxy J1 Mini
  • Ukuran layar 4,3 inci
  • Dual SIM card
  • OS Android Lollipop
  • Prosesor Quad-core 1,5 Ghz
  • Chipset Spreadtrum SC8830
  • RAM 1 GB
  • GPU Mali-400MP2
  • Memori internal 8 GB
  • Dual kamera
  • Harga terjangkau
Kekurangan Samsung Galaxy J1 Mini
  • Layar masih TFT dan belum ada proteksi layar built-in
  • Resolusi layar standar
  • Kamera depan masih VGA
  • Slot memori eksternal masih opsional
  • Belum didukung jaringan 4G LTE

Harga Samsung Galaxy J1 mini

Setelah kita membahas spesifikasi dengan cukup detail, apakah sobat semua sudah puas dengan ulasan yang sudah Begawei sampaikan pada segmen-segmen di atas? Jika sobat sudah puas dan tidak sabar untuk mengetahui harga Samsung Galaxy J1 Mini ini, maka pada segmen penutup ini Begawei akan membeberkan informasi kisaran harga dari produk ponsel pintar terbaru dari Samsung ini. Namun seperti umumnya, kisaran harga dari Samsung Galaxy J1 Mini akan dipengaruhi oleh detail spesifikasi yang dibawanya. Hadir sebagai smartphone murah Samsung, smartphone seri Galaxy J1 Mini telah dibekali dengan layar 4,3 inci namun masih berjenis TFT bukan AMOLED seperti J-Series lainnya. Tetapi dari sektor performa pada Galaxy J1 Mini telah terjadi peningkatan dengan penggunaan chipset Spreadtrum SC8830 plus RAM 1 GB disempurnakan dengan otak prosesor Quad-core yang memiliki clock speed 1,5 Ghz. Komponen sektor mesin inilah yang sedikit berpengaruh pada harga Samsung Galaxy J1 Mini di pasaran. Tak luput juga duet kamera minimalis 5 MP dan VGA juga telah disematkan pada smartphone low-end terbaru Samsung ini. So, meski bukan smartphone 4G, namun secara kualitas memang ponsel pintar yang satu ini sudah cukup baik untuk bertarung di segmen pemula. Nah dengan bekal spesifikasi di atas, apakah sobat sudah mendapatkan gambaran untuk harga Samsung Galaxy J1 Mini ini?

harga samsung galaxy j1 mini

harga galaxy j1 mini

Seperti yang sudah sempat Begawei singgung pada bagian awal tadi, Samung memang menempatkan seri Galaxy J1 Mini ini pada segmentasi smartphone kelas pemul. Oleh karena itu, banderol harga Samsung Galaxy J1 Mini ini pun diprediksi tak akan semahal smartphone kelas atas lainnya. Namun untuk harga pastinya, hingga kini pihak Samsung sendiri belum mengumumkan banderol resminya. Rencananya, Samsung akan meluncurkan seri Samsung Galaxy J1 Mini ini secara resmi pada bulan Desember mendatang. Berdasarkan beberapa data yang masuk ke meja redaksi Begawei, kabarnya smaryphone terbaru dari Samsung ini akan dibanderol pada angka USD100, atau sekitar Rp 1,3 jutaan. Meski bukanlah harga resmi, namun nominal harga Samsung Galaxy J1 Mini sebesar Rp 1,3 jutaan memang berpotensi menjadi nyata. Hal ini juga terkait dengan nominal harga seri Galaxy J1 lainnya yang rata-rata dibanderol dengan nominal di bawah Rp 2 jutaan dengan harga termahal mendekati Rp 3 jutaan. Kalaupun nanti ada perubahan, kami prediksi harga Samsung Galaxy J1 Mini pun akan tetap berada pada range Rp 1,3 jutaan hingga Rp 2 jutaan.

Harga Samsung Galaxy J1 Mini
Sekitar Rp 1.300.000,-

Untuk pangsa pasar gadget Indonesia, banderol harga Samsung Galaxy J1 Mini di atas memang masuk dalam level murah dan bisa dijangkau semua kalangan. Kehadiran smartphone terbaru dari Samsung ini dipastikan juga akan mempersengit persaingan di segmen pemula mengingat banyak sekali produk baru jelang akhir tahun ini. Meski Samsung Galaxy J1 Mini sendiri memiliki beberapa catatan minor pada spesifikasinya, namun secara umum kualitas smartphone terbaru dari Samsung ini tak perlu diragukan lagi. Nama besar dan kekuatan branding Samsung pastinya menjadi jaminan. Apalagi, dengan harga Galaxy J1 Mini yang tak menguras isi dompet pastinya juga akan semakin menarik minat calon pembeli. Secara umum, smartphone ini memang cocok bagi pengguna gadget pemula, atau bagi sobat Begawei yang membutuhkan perangkat alternatif sebagai alat komunikasi. So, dengan harga Samsung Galaxy J1 Mini yang murah meriah ini apakah kamu tertarik untuk membelinya? Baca juga ulasan Begawei mengenai Samsung Galaxy J1 Ace dan Samsung Galaxy J2.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 Mini

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Exp. announcement 2015, December
  • Status
    Rumored. Exp. release 2015, December
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Optional Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    TFT capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.3 inches
  • Resolusi
    480 x 800 pixels (~217 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Spreadtrum SC8830
  • CPU
    Quad-core 1.5 GHz
  • GPU
    Mali-400MP2
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, 2592 х 1944 pixels, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, HDR
  • Video
  • Kamera Depan
    VGA
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    -
  • Daya
    -

Produk Lainnya dari Samsung

Top