Home » Produk » Samsung Galaxy J1 2016

Harga Samsung Galaxy J1 2016 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    4 GB

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    5 MP

  • OS
    Android OS v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1 2016 – Mengawali tahun 2016, raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, juga tak mau ketinggalan untuk ikut serta merilis produk terbarunya ke pasaran. Namun tak seperti banyak vendor yang merilis smartphone seri terbaru, Samsung justru lebih memilih merilis serial generasi penyempurna yaitu, Samsung Galaxy J1 2016 yang merupakan versi lanjutan dari generasi Galaxy J.. Seperti yang jamak kita ketahui, sebelumnya Samsung telah memiliki dua smartphone J-Series yang diluncurkan pada tahun 2015 silam, yaitu Samsung Galaxy J1 Ace dan Samsung Galaxy J1 Mini. Nah satu tahun berselang, Samsung lantas merilis lagi smartphone J-Series-nya. Sama seperti pendahulunya, untuk kali ini segmentasi Samsung Galaxy J1 2016 tetap menyasar pengguna gadget kelas pemula atau entry level. Yup, untuk beberapa waktu terakhir, vendor smartphone ternama ini memang cukup fokus untuk menyempurnakan line-up produksi smartphone mereka di segmen bawah. Kendati pada tahun 2016 ini smartphone premium Samsung juga banyak yang akan dirilis namun, namun Samsung tak lantas meninggalkan segmen smartphone low-end yang kini terus dibombardir pabrikan asal Tiongkok. Oleh karena itulah, Samsung Galaxy J1 2016 ini dihadirkan untuk menjaga eksistensi Samsung di pangsa pasar smartphone kelas pemula.

samsung galaxy j1 2016

Karena menyasar segmentasi perangkat pintar menengah ke bawah, maka secara teknis untuk spesifikasi dari Samsung Galaxy J1 2016 juga tidak ada yang terlalu istimewa. Namun meski begitu, pada beberapa hardware yang dibawanya sudah membawa kualitas jempolan. Itu artinya walaupun nantinya smartphone ini bakal dibanderol murah, namun bukan berarti memiliki kualitas murahan. Untuk layarnya, Samsung Galaxy J1 2016 kali ini mengusung layar berjenis TFT LCD kapasitif berukuran 4,5 inci, namun resolusinya hanya mencakup 540 x 960 piksel. Sementara di bagian sektor mesin, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan generasi terdahulu. Kali ini, Samsung Galaxy J1 2016 hadir dengan bekal chipset Exynos 3475 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1,3 GHz. Dua kombinasi komponen hardware mumpuni ini lantas disempurnakan dengan kedatangan RAM berkapasitas 1 GB yang membuat aktivitas multitasking terasa lebih lancar. Bergerak di sektor kameranya, pada Samsung Galaxy J1 2016 disematkanlah dual kamera yang masing-masing berukuran 5 MP dan 2 MP. Hasil dokumentasi tersebut bisa disimpan dalam memori internal 4 GB atau slot microSD. Sedikit catatan pada spesifikasi di lini konektivitasnya, Samsung Galaxy J1 2016 belum mendukung akses data jaringan 4G LTE layaknya Samsung Galaxy J1 Ace. Lalu apa saja ya kelebihan lainnya dari smartphone ini? Untuk mengetahui kualitas sebenarnya, yuk simak bareng-bareng ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J1 2016 pada segmen-segmen berikut ini!

hp samsung galaxy j1 2016

Review Samsung Galaxy J1 2016

Desain Fisik Kompak Identik dengan Smartphone Samsung J-Series

Untuk segmen perdana seperti yang sudah-sudah, Begawei akan lebih dulu me-review ke bagian terluarnya. Dilihat dengan mata telanjang, spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 untuk desainnnya masih terlihat kentara dengan smartphone Samsung Galaxy J lainnya dan tidak ada perubahan fisik yang cukup mencolok. Ya, untuk smartphone ini masih memiliki ukuran kompak berdesain minimalis. Dimensi fisik dari smartphone ini tak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy J1 Ace maupun Samsung Galaxy J1 Mini. Dengan ukuran yang mungil tersebut, Samsung Galaxy J1 2016 sangat terasa nyaman saat digunakan baik dengan satu atau dua tangan. Selain bodi mungil yang cukup kompak, konsep desain Samsung Galaxy J1 versi 2016 pun juga cukup atraktif. Smartphone ini memiliki sudut membulat dan tombol homescreen klasik khas seri Galaxy generasi lawas. Konsep desain fisik pada Samsung Galaxy J1 2016 ini pun akan membuatnya mudah dioperasikan. Lalu, pada bagian visual, smartphone ini sayangnya masih mengandalkan layar jenis TFT LCD 16 juta warna berukuran 4.5 inci yang mampu menghasilkan resolusi sebesar 540 x 960 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 241 ppi. Ukurannya sendiri sudah meningkat dibandingkan Samsung Galaxy J1 Mini atau Galaxy J1 Ace. Meski resolusi layar Samsung Galaxy J1 2016 ini terbilang standar karena jenis layarnya merupakan jenis layar TFT LCD, namun kualitas ketahanan layarnya terbilang sudah bagus layaknya smartphone keluaran Samsung lainnya. Ada lagi sedikit catatan dari Begawei, untuk spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 ini belum dibekali dengan sistem proteksi layar, sehingga sobat wajib memasang screen guard secara terpisah untuk meminimalisir resiko cedera pada permukaan layarnya.

Sektor Olah Data Lebih Maksimal dengan Chipset Exynos dan RAM 1 GB

Meski secara teknis, display visual dari spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 tidak lebih baik dibandingkan generasi terdahulunya, terutama dari Galaxy J1 Ace yang sudah mengadopsi layar berpanel AMOLED, namun untuk sektor performanya vendor asal negeri Ginseng tersebut telah menjanjikan peningkatan cukup signifikan. Untuk segmen selanjutnya ini, Begawei akan mengulas detail spesifikasi teknis dari Samsung Galaxy J1 2016 pada bagian olah datanya. Pada bagian inti mesin, Samsung telah menyematkan chipset gahar buatan sendiri, yakni chipset Exynos 3475 yang berkekuatan prosesor Quad-core dengan clock speed mencapai 1,3 GHz Cortex A-7. Seperti kita ketahui, dua komponen di atas merupakan hardware kelas atas untuk kelas smartphone low-end, sehingga menjanjikan performa lebih optimal. Lantas kinerja mesin Samsung Galaxy J1 2016 pun juga didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB, dimana seri sebelumnya hanya menggendong RAM 512 MB saja. Dengan bekal komponen-komponen yang cukup mumpuni tersebut, smartphone ini akan menghadirkan performa yang tangguh dan kinerja optimal untuk kelas smartphone entry level. Sementara untuk sektor grafis, kali ini Samsung mempercayakan GPU sekelas Mali-T720 untuk hadirkan performa grafis menjadi lebih realistik. Terakhir menyempurnakan spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016  di bagian olah datanya, semua komponen hardware pada spesifikasi ini sudah berjalan pada sistem operasi Android OS versi 5.1 atau Lollipop yang memiliki banyak aplikasi terbaru Android di Google Playstore.

spesifikasi samsung galaxy j1 2016

Penyimpanan File Andalkan Memori Internal 4 GB Plus Slot MicroSD

Sejauh ini, untuk spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 pada bagian mesin atau ruang dapur pacu bisa dibilang cukup memuaskan. Tapi meski dijejali dengan ragam spesifikasi komponen hardware berkualitas, namun jika tak didukung dengan memori penyimpanan data yang optimal maka kinerja operasional dipastikan menjadi tersendat. Nah pada spesifikasi di bagian penyimpanannya, Samsung Galaxy J1 2016 tercatat masih mengusung spesifikasi yang sama dengan Galaxy J1 Ace. Dimana Samsung Galaxy J1 versi 2016 ini dibekali dengan memori internal seluas 4 GB. Untuk smartphone kelas pemula, memori internal seluas 4 GB memang sudah banyak digunakan dan dirasa cukup ideal. Ruang simpan seluas 4 GB pada Samsung Galaxy J1 2016 sebenarnya sudah cukup untuk menampung keperluan file dalam sistem serta mampu mengakomodasi file-file pribadi penggunanya. Namun jika sobat Begawei sering menyimpan file atau aplikasi yang berukuran besar, jangan khawatir. Sebab spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 pada ruang memorinya ternyata juga dilengkapi dengan slot microSD yang bisa dupgrade sampai kapasitas 128 GB. So, adanya slot eksternal pada Galaxy J1 versi 2016 ini jelas sangat berguna untuk wadah penyimpanan file yang lebih besar.

Lini Dokumentasi Dipersenjatai dengan Duet Kamera Minimalis Fungsional

Selanjutnya kita akan beralih pada pembahasan spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 di bagian dokumentasi. Dewasa ini, kebutuhan fotografi sudah menjadi kebutuhan prioritas oleh pengguna smartphone. Untuk itu, banyak vendor yang berlomba-lomba merilis seri ponsel pintar dengan bekal kamera mumpuni. Di bagian yang satu ini, tampaknya Samsung Galaxy J1 2016 tidak membawa perubahan terlalu signifikan jika dibandingkan pendahulunya. Sama seperti seri Galaxy J1 Ace, sebagai senjata utamanya, smartphone Samsung Galaxy J1 versi 2016 ini dibekali dengan kamera belakang berukuran 5 MP. Kamera yang terletak di sisi belakang tersebut mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi lumayan bagus, yaitu 2592 x 1944 pixels, dan juga sudah dibekali dengan fitur Autofocus dan LED Flash. Keberadaan fitur Autofocus dan LED Flash pada kamera belakang Samsung Galaxy J1 2016 pastinya dapat membantu kawan Begawei untuk bisa menghasilkan bidikan fotoyang fokus meski sedang berada di tempat minim cahaya. Fitur-fitur fotografi standar lainnya seperti Geo-tagging, Touch Focus, dan Face Detection juga sudah tersedia lengkap di kamera belakang Samsung Galaxy J1 2016 ini. Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang pastinya masih standar. Kemudian, melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016  di bagian lini fotografinya, disematkan pula kamera sekunder berkekutan lensa 2 MP yang meskipun minimalis namun masih cukup fungsional untuk digunakan sebagai media selfie atau video call sobat semua.

spesifikasi hp samsung galaxy j1 2016

Fitur Konektivitas Lengkap Meski Tanpa Kehadiran Jaringan 4G LTE

Puas dengan pembahasan spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 di berbagai lininya, rasanya belum lengkap jika tak membedah kekuatan smartphone Samsung ini di bagian konektivitasnya. Seperti yang kita ketahui, saat ini dukungan jaringan 4G LTE sudah menjadi trend baru untuk smartphone, bahkan untuk seri smartphone murah sekalipun. Sayangnya untuk Samsung Galaxy J1 2016 tidak seperti seri Galaxy J1 Ace yang sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE, smartphone ini justru dipangkas sektor konektivitasnya sehingga belum mendukung jaringan 4G LTE. Tetapi meski demikian untuk fitur konektivitas yang lainnya, smartphone asal Korea Selatan ini sudah dijejali fitur melimpah, seperti dual slot SIM Card, sementara untuk keperluan akses internet Samsung Galaxy J1 2016 sudah dibekali dengan jaringan 2G Edge dan 3G HSPA yang merupakan jaringan handal dan juga cukup stabil meskipun untuk kecepatan akses tak sekencang jaringan 4G. Dengan jaringan 3G HSPA ini, sobat Begawei tetap bisa dimanjakan dengan konektivitas internet terbaik, mengingat jaringan 4G LTE sendiri masih belum tersedia untuk semua daerah. Selain itu Samsung Galaxy J1 2016 juga telah disematkan fitur konektivitas lainnya seperti WiFi dan hotspot untuk mengakses internet gratis. Kemudian ada juga perangkat Bluetooth v4.0 dan microUSB untuk memenuhi kebutuhan berbagi file dengan kecepatan transfer yang lebih cepat. Sementara untuk sistem navigasi, spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 juga lebih lengkap dengan kehadiran teknologi A-GPS dan GLONASS yang menawarkan tingkat akurasi lebih baik untuk fungsi pemetaan atau mencari titik lokasi.

Kapasitas Baterai Dipastikan Sesuai Kebutuhan Daya
separator

Tibalah kita pada pembahasan spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 di bagian yang terakhir, yaitu suplai daya. Dimana baterai merupakan piranti penting yang bisa menunjang kinerja operasional secara keseluruhan. Sayangnya sampai saat ini, belum diketahui Samsung Galaxy J1 versi 2016 ini bakal membawa baterai berukuran berapa. Namun yang pasti, smartphone ini masih mengandalkan jenis baterai Lithium-Ion. Jika melihat spesifikasinya, Samsung Galaxy J1 2016 ini memang tergolong smartphone yang memiliki konsumsi daya cukup rendah. Hal ini karena komponen-komponen hardware yang ada di dalamnya tidak memiliki spesifikasi tinggi. Selain itu, layar dan sistem koneksi pada Galaxy J1 2016 pun juga tidak begitu membutuhkan pasokan daya yang cukup besar. Jika melihat tren yang dibawa Samsung, kemungkinan besar memang Samsung Galaxy J1 2016 ini akan membawa baterai dengan kapasitas yang tidak terlalu mencolok dibandingkan Galaxy J1 Series terdahulu. Menurut perkiraan Begawei, Galaxy J1 2016 berpotensi mengusung baterai Li-Ion berkapasitas antara 1.800-2.500 mAh saja. Kapasitas tersebut merupakan kapasitas yang ideal untuk smartphone bersegmen low-end. Pastinya, spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016 ini akan dibekali dengan kapasitas baterai yang sesuai dengan kebutuhan dayanya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J1 2016

Sama seperti seri Galaxy J1 lainnya, edisi Samsung Galaxy J1 2016 ini memang membawa spesifikasi yang serba minimalis. Meski begitu, bukan berarti smartphone terbaru lansiran Samsung ini tak memiliki kelebihan. Sebagai kelebihan utamanya, tentu adalah pilihan dimensi yang kompak dan nyaman saat digenggam. Kemudian, secara performa pun sebenarnya ponsel pintar yang satu ini memiliki kemampuan olah data yang cukup bagus untuk smartphone kelas pemula. Namun karena hanya merupakan perangkat pintar kelas entry level, tentunya juga memiliki beberapa catatan. Nah untuk lebih jelasnya, berikut adalah tabel perbandingan kelebihan Samsung Galaxy J1 2016 dan kekurangan Samsung Galaxy J1 2016.

Kelebihan Samsung Galaxy J1 2016
  • Desain simpel dan nyaman digunakan
  • Layar 4,5 Inchi
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Exynos 3475
  • Prosesor Quad-core 1,3 GHz
  • GPU Mali-T720
  • RAM 1 GB
  • Dual kamera
  • Memori internal 4 GB plus slot eksternal
  • Fitur konektivitas lengkap
  • Dual SIM card
  • Harga kompetitif
Kekurangan Samsung Galaxy J1 2016
  • Masih menggunakan layar berjenis TFT LCD
  • Belum ada proteksi layar built-in
  • Belum didukung jaringan 4G LTE
  • Kamera minimalis

Harga Samsung Galaxy J1 2016

Setelah sebelumnya kita membahas detail spesifikasinya, sekarang waktunya kita berbicara mengenai kisaran harga smartphone kompak dari Samsung ini. Bicara soal harga Samsung Galaxy J1 2016, hal tersebut pastinya dipertimbangkan dengan spesifikasi yang dibawanya dan juga segmentasi pasar yang ditujunya. Menyasar segmen kelas low-end, kali ini Galaxy J1 2016 masih mengusung layar berjenis TFT LCD 4,5 inchi, resolusinya juga terbilang standar dan tidak istimewa. Sementara untuk bagian olah performanya, Samsung Galaxy J1 2016 telah mengusung peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan generasi lawasanya lewat chipset Exynos 3475 ditenagai prosesor Quad-core 1,3 GHz. Dua kombinasi komponen hardware di atas lalu disempuranakan dengan RAM berkapasitas 1 GB yang membuat kinerja operasional menjadi lebih responsif. Bergerak di sektor kameranya, pada Galaxy J1 2016 disematkan dual kamera yang masing-masing berukuran 5 MP dan 2 MP. Keberadaan duet kamera minimalis namun fungsional ini juga sedikit mengatrol harga Samsung Galaxy J1 2016 di pasaran. Namun sayangnya, untuk spesifikasi di bagian konektivitasnya, Galaxy J1 2016 belum mendukung akses data jaringan 4G LTE. Dengan bekal spesifikasi yang dibawanya, kira-kira harga Samsung Galaxy J1 2016 ini berapa ya?

harga samsung galaxy j1 2016

harga samsung galaxy j1 2016 terbaru

Meskipun belum dirilis secara resmi untuk pasaran Asia, namun pihak Samsung sendiri telah mengumumkan harga Samsung Galaxy J1 2016 yang kali ini memang murni membidik konsumen pemula. Dari rilis harga yang kami terima, untuk harga Galaxy J1 2016 memang dipatok dengan nominal cukup bersahabat. Untuk pasar global, Samsung Galaxy J1 2016 akan dijual dengan harga mulai dari 110 euro, atau setara dengan kurang lebih Rp 1,6 jutaan. Nah melihat harga Samsung Galaxy J1 2016 yang ditawarkan oleh Samsung tersebut tentunya sudah pas untuk pasar smartphone kelas menengah ke bawah. Apalagi jika bicara soal spesifikasinya, Galaxy J1 2016 sudah memiliki spesifikasi ideal untuk konsumen kelas low budget. Untuk pasarannya, Samsung memang menargetkan smartphone terbarunya ini menyasar pengguna gadget yang ingin beralih dari feature phone ke perangkat pintar yang memiliki harga kompetitif. Maka dari itulah, banderol harga Samsung Galaxy J1 2016 ini pun tidak terlampau mahal.

Harga Samsung Galaxy J1 2016
Sekitar Rp 1.600.000,-

Smartphone Samsung seri Galaxy J1 versi 2016 ini sendiri mengawali debutnya di Dubai, Uni Emirat Arab pada awal pekan lalu. Jika melihat banderol harga Samsung Galaxy J1 2016, memang jelas bahwa kali ini Samsung ingin menguatkan porsi pasarnya di segmen pemula. Dalam beberapa tahun terakhir, pangsa pasar Samsung di segmen pemula memang sedikit goyah akibat semakin agresifnya vendor lain yang lebih concern menyasar segmen entry level. Lewat Samsung Galaxy J1 2016 ini, Samsung pun ingin mengembalikan nama besar mereka yang sempat tergerus pabrikan lain, terutama dari Tiongkok. Dengan banderol harga Samsung Galaxy J1 2016 yang cukup bersahabat, Samsung pun bisa berharap banyak pada produk barunya ini. Apalagi, kita tentu tak bisa meragukan lagi nama besar Samsung di kancah teknologi, terutama di pasar smartphone. Nah buat kawan Begawei yang sudah siap menebus harga Samsung Galaxy J1 2016 ini, harap sedikit bersabar lagi ya. Tunggu sampai smartphone ini diboyong Samsung ke Indonesia. Baca juga review Begawei mengenai Samsung Galaxy J1 Mini dan Samsung Galaxy J1 Ace.

Spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (optional)
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Exp. announcement 2016, January
  • Status
    Rumored. Exp. release 2016, February
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Optional Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    TFT capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.5 inches (~63.5% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    540 x 960 pixels (~245 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Exynos 3475
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
  • GPU
    Mali-T720
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    4 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    5 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    2 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio with RDS; recording
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    -

Produk Lainnya dari Samsung

Top