Home » Produk » Samsung Galaxy Grand On

Harga Samsung Galaxy Grand On dan Spesifikasi


  • CPU
    Dual-core 1.3

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    8 GB

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    8 MP

  • OS
    OS Android v5.1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Grand On – Status sebagai salah satu raksasa dunia teknologi sekaligus raja di segmen smartphone Android, membuat Samsung selalu mendapat sorotan setiap kali memperkenalkan produk barunya. Sebagai contoh, Samsung Galaxy Grand On yang merupakan produk paling gres besutan vendor asal Korea Selatan itu pun tak lepas dari perhatian publik. Meski diklaim hanya merupakan produk ponsel pintar kelas entry-level, namun nama besar Samsung tetap mampu membuat seri Galaxy Grand On mendapatkan atensi dari penggemar gadget dunia. Sebelum kehadiran Samsung Galaxy Grand On ini, Samsung memang sudah memiliki beberapa produk gadget yang diplot untuk menempati segmen smartphone kelas pemula, salah satunya adalah seri Galaxy J1 Ace yang telah kita bahas beberapa waktu yang lalu. Semakin seringnya Samsung merilis gadget-gadget kelas low-end yang memiliki harga murah, termasuk Samsung Galaxy Grand On ini, menyiratkan bahwa perusahaan asal Negeri Ginseng itu tak hanya berfokus pada pasar ponsel pintar kelas premium. Di tengah-tengah persaingan dengan vendor kelas atas lain macam Apple, HTC, atau Microsoft, Samsung tetap mempertahankan dominasinya di segmen pemula. So, meski labelnya hanya merupakan perangkat kelas menengah ke bawah, Samsung Galaxy Grand On ini dipastikan hadir dengan spesifikasi berkualitas khas gadget buatan Samsung.

samsung galaxy grand on

Hingga detik ini, Samsung sebenarnya belum merilis spesifikasi resmi dari seri Galaxy Grand On ini. Namun, komponen yang akan menjadi penunjang kinerja Samsung Galaxy Grand On sudah sempat dipublikasikan oleh lembaga sertifikasi ponsel pintar asal Tiongkok, TENAA. Dari rilis TENAA tersebut, terkuaklah beberapa bocoran spesifikasi pada Samsung Galaxy Grand On ini. Sekilas, tampilan luar pada seri Galaxy Grand On ini memiliki konsep fisik yang hampir sama dengan seri Samsung Galaxy Prime. Hal tersebut nampak dari bentangan layar, desain bodi, hingga penataan tombol navigasi serta letak kamera belakangnya. Namun tentunya Samsung Galaxy Grand On ini membawa komponen yang berbeda. Sebagai komponen utama pada bagian visual, digunakanlah layar jensi TFT kapasitif yang memiliki ukuran seluas 5.1 inci. Jenis layar yang masih TFT mungkin sedikit mengecewakan. Namun ukurannya yang mencapai 5 inci tentu mampu menutup catatan minus pada layar Samsung Galaxy Grand On tersebut. Kemudian untuk memberikan kinerja olah data maksimal, disematkanlah prosesor buatan Samsung sendiri, yaitu Exynos 3475. Meski secara kualitas prosesor Exynos pada Samsung Galaxy Grand On ini bukan merupakan prosesor kelas dewa, namun patut diperhatikan juga bahwa prosesor tersebut merupakan hasil karya Samsung sendiri. Jadi, Samsung pasti sudah sadar akan ketangguhan dan daya tahan prosesor Exynos tersebut. Sampai di sini, apakah kawan Begawei sudah terbayang kualitas smartphone ini secara keseluruhan? Agar semakin jelas, simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy Grand On pada segmen-segmen di bawah ini!

hp samsung galaxy grand on

Review Samsung Galaxy Grand On

Desain Fisik Terlihat Mewah dengan Dukungan Layar Seluas 5.1 Inci

Pertama kali diperkenalkan sebagai teaser, secara fisik sudah bisa diprediksi jika spesifikasi Samsung Galaxy Grand On akan menjadi penerus Samsung Galaxy Grand Prime. Hal itu karena desain fisik Galaxy Grand On memiliki kemiripan yang cukup signifikan dengan Samsung Galaxy Grand Prime yang lebih dulu meluncur di pasaran. Desainnya pun terbilang kompak, serta warna casing minimalis justru membuat tampilan Samsung Galaxy Grand On terlihat ekslusif. Apalagi materialnya masih didominasi material plastik dengan sedikit aksen metalik pada bagian bezelnya. Smartphone ini cukup nyaman digenggam atau dioperasikan dengan satu tangan karena dimensi yang dimilikinya tidak terlalu bongsor. Samsung Galaxy Grand On ini hadir dengan dimensi tubuh 142 x 71,9 x 8,5 mm dan bobot mencapai 150 gram. Untuk menunjang keperluan display visual, Galaxy Grand On mengusung layar dengan ukuran 5.1 inci. Layarnya yang ada pada smartphone ini berjenis TFT LCD dengan kedalaman 16 juta warna. Layar milik Samsung Galaxy Grand On sanggup menghasilkan resolusi 1280 x 720 piksel dengan kerapatan layar mencapai  294 ppi. Untuk kualitas layar yang dihasilkan oleh smartphone Samsung seri Galaxy Grand On terbilang standar karena layar yang diusungnya masih berjenis TFT, bukan IPS atau AMOLED. Namun secara umum, tampilan layarnya pun terbilang tidak terlalu mengecewakan untuk ukuran smartphone kelas pemula. Apalagi Samsung Galaxy Grand On sudah dilengakpi dengan user interface menarik khas Samsung, yaitu TouchWiz ID yang siap memberikan tampilan layar lebih atraktif. Sayangnya, seperti Samsung Galaxy Grand Prime, spesifikasi Galaxy Grand On pada bagian layarnya belum dibekali dengan proteksi layar built-in sehingga pengguna wajib memasang screen guard tambahan untuk meminimalisir resiko tergores atau benturan pada layar.

Dukungan Prosesor Exynos dan CPU Dual-core untuk Optimalisasi Kinerja

Meskipun Samsung terkesan menutupi mengenai detail spesifikasi Samsung Galaxy Grand On di bagian mesin, namun tampaknya hal tersebut kini sia-sia karena spesifikasinya di bagian jantung dapur pacu sudah lebih dulu bocor di internet. Untuk bagian mesinnya, Samsung Galaxy Grand On akan dibekali dengan dukungan chipset buatan Samsung sendiri, yaitu chipset Exynos 3475. Sedangkan bagian prosesor, sebelumnya smartphone terbaru dari Samsung digadang-gadang akan memakai CPU Quad-core. Namun nyatanya, Samsung lebih memilih CPU Dual-core 1.3 GHz ARM Cortex A-7 sebagai ‘nyawa’ pada sektor mesin Samsung Galaxy Grand On ini. Meski prosesor yang digunakan sedikit diluar prediksi, namun kehadiran chipset Exynos dengan dukungan CPU Dal-core tetap mampu menghasilkan kinerja yang stabil dan optimal. Apalagi, Samsung Galaxy Grand On ini juga dibekali dengan memori RAM berkapasitas 1 GB. Sedangkan pada kartu pengolah grafis, dikabarkan jika smartphone seri Galaxy Grand On akan menggunakan GPU Mali T720MP untuk menghasilkan display atau tampilan grafis lebih menarik. Terakhir sobat Begawei juga bakal disuguhkan fitur smartphone yang lebih lengkap dan menarik lewat dukungan platform Android 5.0 Lollipop yang berjalan sempurna sebagai sistem operasi dari spesifikasi Samsung Galaxy Grand On ini.

spesifikasi samsung galaxy grand on

Ruang Penyimpanan Internal 8 GB dengan Tambahan Slot Memori Eksternal

Saatnya kita masuk ke bagian ruang penyimpanan file atau memori. Untuk sektor yang juga tak kalah penting ini, tentunya spesifikasi Samsung Galaxy Grand On ini pun juga dibekali dengan ruang penyimpanan yang berkapasitas ekstra luas. Meski hanya ditempatkan sebagai gadget kelas pemula, namun ternyata Samsung Galaxy Grand On ini tetap dibekali dengan kapasitas memori yang sangat luas. Kali ini, smartphone Samsung seri Galaxy Grand On dibekali dengan memori internal berkapasitas 8 GB. Untuk ukuran smartphone entry-level, kapasitas sebesar 8 GB yang hadir pada Galaxy Grand On sudah merupakan kapasitas yang cukup besar. Pada memori internal Samsung Galaxy Grand On ini, kawan Begawei bisa menyimpan berbagai jenis file, baik itu file audio video, game, atau aplikasi yang membutuhkan space memori yang sangat besar. Tak seperti smartphone merek lain, Samsung Galaxy Grand On ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 64 GB. Kehadiran slot memori eksternal pada spesifikasi Galaxy Grand On ini sangat berguna bagi kawan Begawei yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas.

Lini Fotografi Standar dengan Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Lini fotografi biasanya selalu menjadi perhatian utama bagi Samsung dalam memproduksi smartphone terbarunya. Meski secara segmentasi hanya ditempatkan di kelas low-end smartphone, namun spesifikasi Samsung Galaxy Grand On kali ini tetap dibekali dengan sepasang kamera yang pastinya fungsional. Sebagai kamera utama Samsung Galaxy Grand On, Samsung menjatuhkan pilihan pada kamera beresolusi 8 MP. Kamera yang terletak di bagian belakang tersebut sudah dilengkapi dengan fitur fotografi modern seperti autofocus dan juga LED Flash. Kamera utama Samsung Galaxy Grand On sendiri memiliki kesamaan dengan kamera Samsung Galaxy Grand Prime, di mana kamera tersebut juga sudah dilengkapi juga degan fitur fotografi modern, seperti geo-tagging, touch focus, face/smile detection, dan  juga panorama. Kamera primer Samsung Galaxy Grand On juga sudah layak untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal foto adalah 3264 x 2448 piksel. Sementara untuk perekaman, hasil video menggunakan kamera primer Galaxy Grand On terbilang juga cukup baik dengan kualitas video mencapai [email protected] Kemudian berpindah pada bagian kamera depan dari Samsung Galaxy Grand On ini, disematkanlah kamera depan berkekuatan 5 MP yang terbilang sangat fungsional untuk kebutuhan selfie atau video call. Jadi, meski kedua kamera yang melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy Grand On pada lini fotografi ini terbilang minimalis, namun kehadirannya sudah cukup membantu kamu saat ingin merekam momen-momen berharga setiap saat.

spesifikasi galaxy grand on

Koneksi Internet Lebih Cepat Berkat Jaringan Data 4G LTE

Seperti kebanyakan smartphone masa kini, spesifikasi Samsung Galaxy Grand On pada sektor konektivitas ini juga sudah mengusung teknologi jaringan seluler terbaik. Untuk memberikan jaminan komunikasi dan akses data yang lancar, smartphone terbaru seri Samsung Galaxy A9 ini hadir dengan kemampuan konektivitas yang lengkap dan berteknologi tinggi. Sebagai jalur koneksi utama, perangkat ini mengandalkan teknologi 4G. Dengan kecepatan LTE yang dimilikinya, Samsung Galaxy Grand On bisa melakukan aktivitas downloading hingga mencapai kecepatan 150 Mbps, serta upload speed mencapai 50 Mbps. Sebagai back-up untuk koneksi 4G yang sebarannya memang belum merata di Indonesia, Samsung Galaxy Grand On juga dibekali dengan koneksi 3G. Pada jalur 3G, kawan Begawei akan bisa memanfaatkan kecepatan HSPA yang memiliki download speed mencapai 42.2 Mbps dan upload speed hingga 5.76 Mbps. Sementara itu, sistem navigasi berupa A-GPS dan juga GLONASS juga telah ada pada Samsung Galaxy Grand On ini. Kemudian, koneksi jarak dekat berupa WiFi, Bluetooth dan juga hotspot juga telah ada pada smartphone ini. Dengan bekal fitur dan teknologi yang lengkap, dipastikan bahwa spesifikasi Galaxy Grand On pada sektor konektivitas ini akan memberikan kelancaran komunikasi di mana saja dan kapan saja.

Baterai Kapasitas 2.600 mAh Jadi Andalan Sebagai Pemasok Daya

Pada segmen terakhir ini, Begawei akan membahas mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Grand On untuk bagian pemasok daya atau baterai. Rupanya untuk pemasok daya di smartphone terbaru ini masih mengandalkan baterai yang sama dengan Samsung Galaxy Grand Prime generasi pertama, yaitu baterai berkapasitas 2.600 mAh. Tetapi belum diketahui jenis baterai apakah yang akan digunakan Samsung untuk Samsung Galaxy Grand On ini. Berdasarkan perkiraan Begawei, untuk jenis baterai pada smartphone ini akan menggunakan jenis baterai yang sama pula dengan Samsung Galaxy Grand Prime, yaitu baterai jenis Lithium-Ion (Li-Ion). Jika melihat komponen hardware yang ada pada Samsung Galaxy Grand On ini, sebenarnya kapasitas baterai tersebut sudah cukup untuk memasok daya selama seharian penuh, asal dengan catatan penggunaan normal. Namun jika kawan Begawei merupakan penggun gadget aktif, ada baiknya selalu menyediakan unit pemasok daya cadangan meski sebenarnya spesifikasi Samsung Galaxy Grand On sudah dibekali dengan baterai berkapasitas memadai.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Grand On

Hadir di kelas entry-level, sebenarnya Samsung Galaxy Grand On ini memiliki kualitas hardware yang cukup baik. Pada bagian visualnya hadir layar berukuran 5.1 inci. Lalu, pada bagian ruang dapur pacunya ada prosesor Exynos 3475 yang didukung oleh RAM 1 GB. Sementara untuk bagian fotografi, smartphone ini dibekali dengan sepasang kamera berkekuatan 8 MP dan 5 MP. Meski ukuran kameranya hanya standar saja, namun dua unit kamera tersebut pastinya sudah cukup fungsional. Untuk kelemahan pada smartphone ini, kami mencatat beberapa titik kekurangan. Salah satunya adalah layarnya yang masih berjenis TFT dan resolusinya tergolong rendah. Agar kawan Begawei mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kualitasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan Samsung Galaxy Grand On dan kekurangan Samsung Galaxy Grand On:

Kelebihan Samsung Galaxy Grand On
  • Layar 5,1 inchi
  • Desain slim dan kompak
  • OS Android Lollipop
  • CPU Dual-core 1,3 Ghz
  • Chipset Exynos 3475
  • RAM 1 GB
  • Tersedia slot memori eksternal
  • Kamera primer 8 MP
  • Kamera sekunder 5 MP dengan wide-angle
  • Navigasi lengkap dengan A-GPS dan GLONNAS
  • Koneksi lengkap dengan jaringan 4G LTE
  • Baterai 2.600 mAh
Kekurangan Samsung Galaxy Grand On
  • Layar masih berjenis TFT
  • Resolusi layar masih biasa
  • Belum ada proteksi layar built-in

Harga Samsung Galaxy Grand On

Setelah puas membedah spesifikasinya, tak terasa kita telah sampai pada segmen harga yang merupakan segmen terakhir pada rubrik review kali ini. Pada bagian terakhir ini, kita akan membahas harga Samsung Galaxy Grand On yang kabarnya akan dirilis secara resmi pada bulan Oktober 2015 ini. Namun sebelum masuk ke segmen harga Samsung Galaxy Grand On, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai perangkat Samsung terbaru yang satu ini. Sesuai ulasan di atas, smartphone Samsung seri teranyar ini memang memiliki performa yang cukup baik, meski levelnya hanya ponsel pintar kelas pemula. Hal tersebut bisa dilihat dari performa Samsung Galaxy Grand On di mana gadget terbaru racikan Samsung tersebut hadir dengan prosesor Samsung Exynos 3475 serta didukung oleh RAM berkapasitas 1 GB. Selain sektor dapur pacu yang didukung oleh komponen berkualitas tinggi, banderol harga Samsung Galaxy Grand On pun juga ditentukan oleh kualitas yang ada pada bagian layar dan fotografinya. Untuk sektor visual atau layar, smartphone ini didukung oleh layar jenis TFT LCD yang memiliki ukuran sebesar 5.1 inci. Sedangkan untuk sektor fotografi, ponsel Samsung seri Galaxy Grand On ini dibekali dengan kamera utama berukuran 8 MP. Lalu, dengan bekal spesifikasi yang tak terlalu mengecewakan tadi, berapa ya kira-kira harga Samsung Galaxy Grand On ini?

harga samsung galaxy grand on

harga galaxy grand on

Hingga kini, Samsung sendiri memang belum merilis harga Samsung Galaxy Grand On ini secara resmi, karena saat ini smartphone terbaru Samsung itu masih menjalani uji coba di badan sertifikasi smartphone di Tiongkok. Tetapi meski masih merahasiakan detail spesifikasi dan harga secara formal, tetap saja informasi mengenai harga Samsung Galaxy Grand On sudah bocor di internet. Berdasarkan informasi yang berhasil Begawei himpun dari beberapa sumber, untuk kisaran harga untuk Samsung Galaxy Grand On akan berada di rentang USD104, atau setara Rp 1,4 jutaan. Tapi tunggu dulu! Ternyata harga tersebut untuk harga jual di India. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri tentunya bakal terjadi perbedaan harga cukup signifikan. Prediksi Begawei, harga Samsung Galaxy Grand On di Indonesia akan berada di kisaran Rp 2-2,3 jutaan. Harga ini cenderung sama dengan harga Samsung Galaxy Grand Prime di pasar smartphone Tanah Air.

Harga Samsung Galaxy Grand On
Sekitar Rp 2.000.000,- s/d Rp 2.300.000,-

Banderol harga Samsung Galaxy Grand On memang diprediksi akan berada di bawah level harga dari Samsung Galaxy J2, namun berada di atas Samsung Galaxy J Ace. Spesifikasi yang diusung oleh smartphone Samsung seri Galaxy Grand On sebenarnya juga tak terlalu mengecewakan. Sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, Samsung Galaxy Grand On tetap memiliki komponen-komponen yang berkualitas. Melihat kesuksesan Samsung Galaxy Grand Prime yang meledak di pasaran, bisa jadi alasan kuat untuk Samsung memproduksi Galaxy Grand On. Apalagi mengingat nama besar Samsung di pasar smartphone Tanah Air tidak perlu diragukan lagi. Hal itu terbukti lewat banyaknya dukungan layanan purna jual dan servis yang tersedia untuk smartphone garapan Samsung di seluruh Indonesia. Dengan spesifikasi cukup baik serta harga Galaxy Grand On yang diprediksi tak akan mahal, rasanya smartphone ini berpotensi bisa merebut perhatian konsumen Tanah Air. Nah buat sobat Begawei yang berminat dengan smartphone terbaru keluaran Samsung ini, harap sabar menunggu ya! Tunggu hingga beberapa minggu lagi setelah harga Samsung Galaxy Grand On resmi dirilis! Baca juga ulasan Begawei mengenai Samsung Galaxy Active Neo dan Samsung Galaxy J1 Ace.

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand On

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSDPA / LTE
  • 2G bands
    GSM
  • 3G bands
    HSDPA
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSDPA / LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, October
  • Status
    Rumored. Exp. release 2015, October
Desain
  • Dimensi
    142 x 71.9 x 8.5 mm
  • Berat
    140 g
  • SIM
    Yes
Layar
  • Tipe
    TFT HD Capacitive Touchscreen
  • Ukuran
    5.1 inch
  • Resolusi
    1280 x 720 pixels
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    OS Android 5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Samsung Exynos 3475
  • CPU
    Dual-core 1.3 GHz ARM Cortex-A7
  • GPU
    Mali-T720MP
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 64 GB
  • Internal
    8 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    8 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Yes
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones Loudspeaker
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v2.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS and GLONASS
  • Radio
    To be confirmed
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML 5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion
  • Daya
    2600 mAh

Produk Lainnya dari Samsung

Top