Home » Produk » Samsung Galaxy A5 2018

Harga Samsung Galaxy A5 2018 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 1.9 GHz

  • RAM
    4 GB

  • Kapasitas
    32 GB

  • Layar
    5.5 inci

  • Kamera
    16 MP

  • OS
    Android OS, v8.0

Samsung Galaxy C8 dan SpesifikasiHarga Samsung Galaxy A5 (2018) dan Spesifikasi – Dikabarkan akan hadir pada tahun 2018, Samsung kembali akan mengeluarkan perangkat high-end nya yang dinamai Samsung Galaxy A5 (2018). Muncul pertama kali di laman Geekbench, perangkat ini dikabarkan memiliki spesifikasi yang mumpuni yang bakal menarik perhatian pecinta smartphone Samsung.  Meramaikan persaingan di jajaran ponsel kelas menengah atas, ponsel pintar Samsung Galaxy A5 (2018) ini dibekali dengan dengan berbagai hardware yang mumpuni. Sebut saja di area permesinannya, ponsel pintar ini telah mengusung sistem operasi android terbaru dan paling canggih saat ini. Tak hanya itu, ponsel yang hadir dengan berbagai varian warna tersebut juga mengusung layar wide angle dengan layar andalan Samsung yaitu layar super AMOLED dan dilengkapi dengan proteksi terbaik. Dari sektor kamera, Samsung Galaxy A5 (2018) ini juga dibekali dengan kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi tinggi, sehingga akan mampu menarik perhatian kalangan anak muda penggemar fotografi. Berbagai fitur yang mumpuni juga disematkan dalam Samsung Galaxy A5 (2018) ini sehingga akan membuat perangkat besutan vendor Korea Selatan tersebut cukup sempurna.

Samsung Galaxy A5 2018

Samsung Galaxy A5 2018

Seperti yang telah Begawei sebutkan di atas, jika kita menilik Samsung Galaxy A5 (2018) ini tentunya kawan-kawan akan berdecak kagum dengan spesifikasi yang ditawarkan. Bagaimana tidak, dengan dibekali sistem operasi android terbaru, yakni Android 8.0 (Oreo) yang merupakan sistem operasi android terbaru dan tercanggih saat ini, tentunya dapur pacu yang dimiliki Samsung Galaxy A5 (2018) tak bisa dibilang remeh. Apalagi ditambah dengan disematkannya chipset Exynos 7880 Octa yang berkolaborasi dengan processor Octa-Core 1.9 GHz Cortex-A53 dan berukuran besar 4GB, tak perlu diragukan lagi kualitas kinerja permesinannya. Selain itu, Samsung Galaxy A5 (2018) yang mengusung layar 5.5 inchi Full HD dengan ditambah layar andalan Samsung, yakni super AMOLED dan ditambah proteksi Corning Gorilla Glass, membuat layarnya begitu memukau dan tahan banting. Di lini fotografinya, perangkat ini dibekali dengan kamera depan dan belakang 16 megapiksel, yang akan menampilkan hasil foto menawan. Penasaran dengan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A5 (2018) ini? Mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

HP Samsung Galaxy A5 2018

Smartphone Samsung Galaxy A5 2018

Review Samsung Galaxy A5 (2018)

Layar Wide Angle 5.5 inchi dengan Panel Super AMOLED dan Proteksi Corning Gorillas Glass

Di sesi pertama ini, Begawei akan mengulas mengenai bodi fisik pada smartphone Samsung Galaxy A5 (2018) ini. Sejauh ini belum diketahui berapa dimensi dan bobot perangkat tersebut. Akan tetapi, jika kita melihat ukuran layarnya yakni 5.5 inchi, tentunya kita dapat membayangkan bodi ponsel pintar ini sangat lebar. Layar yang digunakan Samsung Galaxy A5 (2018) tersebut mengusung Super AMOLED capacitive touchscreen 16 M colors dengan resolusi full HD 1080 x 2160 pixels, dengan kerapatan 439 ppi. Dapat dibayangkankan betapa memukaunya layar ini, apalagi panel Super AMOLED ini merupakan layar andalan Samsung dan merupakan layar terbaik garapannya. Yang tak kalah menarik, panel memukau pada Samsung Galaxy A5 (2018) ini dibekali dengan Corning Gorilla Glass yang akan melindungi panel tersebut dari berbagai benturan maupun goresan. Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan IP68 certified yang mampu menahan ponsel dari air dan debu. Smartphone ini dapat bertahan di kedalaman air 1,5 meter selama 30 menit. Luar biasa bukan? Tak cukup disitu, spesifikasi Galaxy A5 (2018) ini juga disematkan sensor fingerprint yang akan menambah keamanan perangkat.

Dapur Pacu Handal Berkat OS Android Oreo dan Processor Octa-Core 1.9 GHz Cortex-A53

Sesi selanjutnya, Begawei akan mengulas mengenai ruang permesinan dari spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2018). Tampaknya pihak vendor dalam hal ini tak mau main-main dalam memberikan hardware yang mumpuni demi kinerja terbaik perangkat ini. Betapa tidak, mengusung sistem operasi Android paling baru, yakni sistem operasi Android 8.0 (Oreo), yang saat ini kebanyakan hanya dipakai di perangkat kelas atas, Samsung Galaxy A5 (2018) ini tentunya akan memiliki kinerja yang optimal. Apalagi perangkat ini mengusung chipset Exynos 7880 Octa, yang merupakan salah satu chipset terbaik, dan  dikolaborasikan dengan processor Octa-Core 1.9 GHz Cortex-A53 dan RAM berkapasitas 4GB, maka tak perlu ditanyakan lagi setangguh apa ruang pacu Samsung Galaxy A5 (2018) ini. Untuk soal grafis, perangkat ini dibekali dengan GPU Mali-T830MP3, yang juga merupakan GPU yang mumpuni di kelasnya, sehingga kawan-kawan tak perlu khawatir dengan tampilan grafisnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2018) pada ruang pacunya ini memang cukup tangguh.

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2018

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2018

Ruang Restorasi Besar dengan Memori Internal 32 GB dan Eksternal Hingga 256 GB

Di sesi ini Begawei akan melanjutkan mengulas mengenai ruang restorasi atau ruang penyimpanan Samsung Galaxy A5 (2018) tersebut. Perangkat buatan Negeri Ginseng ini memiliki ruang penyimpanan yang sangat lega dengan penyimpanan internal sebesar 32 GB yang dapat membuat nyaman untuk menyimpan berbagai files, mengunduh aplikasi, game, gambar, musik, yang berukuran cukup besar. Apabila kawan-kawan penguna Samsung Galaxy A5 (2018) ini ingin memasukkan file dan berbagai aplikasi yang berat lainnya, kawan-kawan cukup menambahkan microSD yang berkapasitas hingga 256 GB. Dengan kapasitas eksternal tersebut, kawan-kawan tak perlu khawatir lagi untuk menyimpan film maupun game pada Samsung Galaxy A5 (2018) ini.  Begawei kira kapasitas penyimpanan tersebut sudah sangat mencukupi untuk menyimpan berbagai kebutuhan dalam smartphone. Namun demikian belum diketahui apakah slot microSD yang digunakan pada spesifikasi Galaxy A5 (2018) ini berjenis dedicated slot ataupun hybrid slot.

Fotografi Andal dengan Kamera Depan dan Belakang 16 MP

Selanjutnya, Begawei akan membahas mengenai lini fotografi yang diusung oleh spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2018). Begawei yakin pasti kawan-kawan semua sudah tak sabar dengan segmen yang satu ini. Untuk menghasilkan foto yang berkualitas, meskipun perangkat ini tidak dibekali dengan resolusi foto besar hingga angka 20 MP an lebih, akan tetapi perangkat ini telah dibekali dengan kamera depan dan belakang 16 megapixel f/1.8 yang dijamin tetap bakal membuat Samsung Galaxy A5 (2018) ini dapat memberikan hasil bidikan yang berkualitas kamera ini juga dilengkapi dengan autofokus dan LED yang akan membuat hasil foto maksimal. Selain itu, dilengkapi pula dengan berbagai fitur seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR, akan membuat lini fotografi Samsung Galaxy A5 (2018) tersebut semakin menarik. Untuk urusan videografi, perangkat ini dibekali dengan kemampuan merekam video full HD 1080p@30 fps yang akan membuat video kawan-kawan memukau, baik ketika menangkap dengan kamera depan maupun belakang. Tak bisa dipungkiri, meskipun tidak sebesar S8 ataupun S8+, namun fotografi dari spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2018) ini sudah bisa dibilang cukup memadai.

Spesifikasi Galaxy A5 2018

Spesifikasi Galaxy A5 2018

Mengusung Jaringan Cepat 4G LTE

Di segmen ini Begawei akan mengupas lebih lanjut spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2018) dari sektor konektivitas atau jaringan internet yang dibawanya. Jenis kartu pada ponsel pintar ini yakni dual SIM, yang dapat kawan-kawan ganti kapan pun menginginkannya. Dengan adanya dual SIM tersebut, smartphone bernama Samsung Galaxy A5 (2018) ini dibekali dengan jaringan super cepat 4G LTE. Sayangnya sampai saat ini Begawei belum mengetahui apakah jaringan cepat 4G LTE tersebut memakai Cat 12 atau 16. Tapi kawan-kawan tak perlu khawatir, karena biasanya untuk jajaran ponsel kelas atas, mengusung jaringan cepat 4G LTE Cat 12. Jika ternyata yang diusung Samsung Galaxy A5 (2018) adalah Cat 16 (Cat tertinggi), maka ini merupakan kelebihan tersendiri dan tentunya keberuntungan bagi kawan-kawan. Dilengkapi pula dengan konektivitas bluetooth 4.2, sistem navigasi A GPS GLONASS BDS, NFC, FM Radio, akan menambah daya tarik ponsel kelas atas tersebut. Apalagi spesifikasi Galaxy A5 (2018) ini juga dilengkapi dengan port USB 2.0 type-C 1.0 reversible connector, manambah daftar keunggulan perangkat ini.

Baterai Handal dengan Kapasitas 3300 mAh

Di sesi ini Begawei akan mengulas lebih lanjut mengenai sektor daya pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2018). Perangkat ini dibekali dengan baterai tanam (non-removable) berjenis Li-ion, yang tidak dapat teman-teman ganti sewaktu-waktu. Namun, kawan-kawan tak perlu risau, karena meskipun menggunakan baterai tanam, perangkat Samsung Galaxy A5 (2018) ini dibekali daya sebesar 3300 mAh yang mumpuni. Daya tersebut merupakan besaran daya yang umum digunakan di smartphone kelas atas. Dengan daya yang besar tersebut tentunya kawan-kawan tak perlu repot-repot membawa pengisi daya seperti powerbank maupun charger untuk aktivitas sehari-hari. jika kawan-kawan mengisi daya baterai Samsung Galaxy A5 (2018) ini full, pastinya perangkat akan dapat bertahan hingga seharian. Sayangnya dengan daya yang sangat besar tersebut Samsung tidak membekali fitur fast-charging selayaknya smartphone kelas atas lainnya. Sehingga proses pengisian ulang daya akan berlangsung cukup lama. Namun demikian, hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2018) secara keseluruhan.

Keunggulan dan Kekurangan Samsung Galaxy A5 (2018)

Meskipun masih sebatas rumor, namun kehadiran Samsung Galaxy A5 (2018) ini patut ditunggu-tunggu. Pasalnya, perangkat yang akan menjadi penerus generasi A5 ini membawa desain yang begitu ciamik. Desainnya tersebut bahkan hampir mirip dengan Galaxy S8 yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Sejalan dengan desainnya yang menarik, Samsung Galaxy A5 (2018) juga membawa fitur-fitur yang tak kalah menarik. Diantaranya adalah layar super AMOLED yang membuat tampilan visualnya tampak begitu menawan. Selain itu, perangkat ini juga telah mendapatkan sertifikasi IP68 yang memastikan perangkat ini tahan terhadap air dan debu. Selain itu, Samsung Galaxy A5 (2018) juga memiliki bekalan baterai yang cukup besar untuk menunjang kinerjanya yakni 3300 mAh. Sayangnya, baterai tersebut belum dibekali dengan fitur fast charging, sehingg proses pengisian daya dari perangkat akan cukup lama. Nah, demikian beberapa kelebihan Samsung Galaxy A5 (2018) dan kekurangan Samsung Galaxy A5 (2018) yang perlu dicatat. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A5 (2018)
  • Jaringan 4G LTE
  • Dual SIM
  • Sensor Fingerprint
  • Dust and Waterproof
  • Sertifikat IP68
  • Layar Wide Angle 5.5 inchi
  • Tipe Layar Super AMOLED
  • Resolusi Layar Full HD
  • Proteksi Layar Corning Gorillas Glass
  • OS Android 8.0 (Oreo)
  • Chipset Exynos 7880 Octa
  • Processor Octa-Core 1.9 GHz Cortex-A53
  • RAM 4GB
  • Memori Internal 32 GB
  • MicroSD uo to 256 GB
  • Kamera Depan dan Belakang 16 MP
  • Resolusi Video Full HD
  • Sistem Navigasi GLONASS
  • Port USB 2.0 type-C 1.0 Reversible Connector
  • Baterai 3300 mAh
Kekurangan Samsung Galaxy A5 (2018)
  • Baterai non-removable
  • Tidak Ada Fitur Fast Charging

Harga Samsung Galaxy A5 (2018)

Setelah membahas spesifikasinya, kini saatnya Begawei beralih membahas mengenai harga Samsung Galaxy A5 (2018) tersebut. Sebelum membahas mengenai harga, ada baiknya jika kita menilik kembali spesifikasi yang ditawarkan oleh salah satu vendor papan atas tersebut. Tak dapat dipungkiri jika harga yang ditawarkan ini pastinya mempertimbangkan spesifikasi yang diusungnya. Mengusung spesifikasi premium, tentunya pangsa pasar Samsung Galaxy A5 (2018) ini adalah menyasar kelas premium. Untuk berada di jajaran kelas premium, sang vendor pun pastinya akan membekali perangkat ini dengan spesifikasi handal. Seperti yang Begawei sebutkan di atas, perangkat ini dibekali dengan OS Android terbaru 8.0 (Oreo) sehingga harga Galaxy A5 (2018) pastinya mahal. Apalagi dengan sertifikat IP68 yang membuktikan kemampuan perangkat dalam menahan air dan debu, serta proteksi Corning Gorilla Glass, tentunya akan menjadi pertimbangan tersendiri untuk membanderol dengan harga mahal. Selain itu, dengan mengusung kamera depan dan belakang 16 MP, turut menambah daftar keunggulan ponsel ini. Nah kira-kira berapa harga Samsung Galaxy A5 (2018) ini?

Harga Samsung Galaxy A5 2018

Harga Samsung Galaxy A5 2018

Harga Galaxy A5 2018

Harga Galaxy A5 2018

Seperti yang Begawei perkirakan di atas, harga Samsung Galaxy A5 (2018) ini akan dibanderol dengan angka yang mahal, melihat spesifikasi unggulan yang dibawanya. Memang, sejauh ini belum diketahui berapa harga pasti perangkat terbaru ini. Namun, sejumlah pihak telah menyebutkan bahwa perangkat Samsung Galaxy A5 (2018) ini  akan dibanderol dengan harga sekitar Rp 5,1 juta. Cukup fantastis bukan ? Harga ini dirasa sangat wajar mengingat berbagai fitur andalan yang ditawarkannya, apalagi perangkat ini mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1,5 m selama 30 menit. Dengan harga Galaxy A5 (2018) tersebut, pastinya kawan-kawan harus menyiapkan kocek banyak untuk memiliki ponsel besutan Samsung ini. Tetapi kawan-kawan harus bersabar, karena Samsung belum mengeluarkan informasi harga resminya. Nah, apakah menurut kawan-kawan harga Samsung Galaxy A5 (2018) tersebut sudah sepadan dengan berbagai fitur yang disuguhkan ?

Harga Samsung Galaxy A5 (2018)
Sekitar Rp 5.100.000,- (perkiraan)

Perlu kawan-kawan ingat, bahwa harga Samsung Galaxy A5 (2018) di atas masih perkiraan semata, sehingga harganya bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari itu ketika nanti resmi meluncur. Pastinya sang vendor sudah mempertimbangkan banderol harganya meskipun sampai saat ini belum keluar karena belum dirilis. Apalagi Samsung Galaxy A5 (2018) ini membawa spesifikasi unggulan yang mampu bersaing dengan perangkat dari vendor lain di segmen yang sama. Selain itu, ponsel ini ditujukan di segmen pasar kelas atas, sehingga menurut Begawei kisaran banderol harga Galaxy A5 (2018) tersebut sudah sangat sepadan dengan fitur yang disuguhkan. Nah apakah kawan-kawan tertarik untuk memilikinya? Pastinya kawan-kawan harus bersabar sampai beberapa bulan ke depan untuk bisa menggenggamnya. Tak ada salahnya bukan untuk mempersiapkan koceknya terlebih dahulu? Demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A5 (2018) yang dapat Begawei sampaikan. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Samsung Galaxy C8 dan Samsung Galaxy J7 Plus.

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2018

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 17(700), 20(800), 28(700), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Belum Diumumkan
  • Status
    Rumor
Desain
  • SIM
    Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.5 inci
  • Resolusi
    1080 x 2160 pixels (~439 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass (unspecified version)
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v8.0 (Oreo)
  • Chipset
    Exynos 7880 Octa
  • CPU
    Octa-core 1.9 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Mali-T830MP3
  • RAM
    4 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Internal
    32 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    16 MP, f/1.8, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    16 MP, f/1.8, 1080p
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, EDR, LE
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    3300 mAh
Top