1. Home
  2. Harga HP Terbaru
  3. Panasonic
  4. Panasonic Eluga I9

Harga Panasonic Eluga I9 dan Spesifikasi

Panasonic Eluga I9
Rp 1.600.000,00

  • CPU
    Quad-core 1.25 GHz

  • RAM
    3 GB

  • Kapasitas
    32 GB

  • Layar
    5.0 inci

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v7.0

Harga Panasonic Eluga I9 dan Spesifikasi – Menginjak awal Desember 2017, salah satu ponsel Android bertajuk Panasonic Eluga I9 pun akhirnya resmi diluncurkan. Ponsel yang siap menyasar di segmen entry level ini hadir dengan membawa segala keunggulan untuk bersaing dengan para kompetitornya. Bahkan, harganya pun juga terbilang cukup terjangkau. Pasalnya, menurut info yang beredar, Panasonic Eluga I9 ini akan dibanderol dengan sangat terjangkau. Dengan begitu maka tak heran apabila smartphone buatan pabrik asal Jepang ini akan menjadi produk yang kian dinanti, terutama para konsumen pemula. Di samping itu, meski di segmen pemula namun perangkat Panasonic Eluga I9 ini sendiri sudah mendukung akses jaringan 4G LTE dan kemampuan fotografi yang sangat canggih layaknya ponsel kelas premium. Maka, sudah barang tentu jika perangkat cerdas garapan Panasonic ini akan menjadi produk smartphone yang laris manis. Tentu, kawan-kawan sudah pada penasaran kan ingin tahu apa saja kelebihan yang ditawarkan Panasonic Eluga I9 ini?

Panasonic Eluga I9

Panasonic Eluga I9

Jangan khawatir kawan, sebab pada pertemuan kali ini Begawei akan mengulas secara detail mengenai keunggulan yang dimiliki Panasonic Eluga I9. Pertama, dari segi fisik bodinya, tampak jelas di mana ponsel canggih buatan Panasonic tersebut hadir dengan mengusung desain simple namun tetap lugas dalam mengedepankan tampilan modern. Bahkan, visualisasinya pun juga tak kalah menawannya dengan smartphone lain mengingat Panasonic Eluga I9 sendiri akan mengusung layar seluas 5 inci HD dan berpanel IPS LCD. Sementara itu, performa yang ditawarkannya juga tak tanggung-tanggung. Sebab, perangkat ini sendiri telah dibekali chipset Mediatek MT6737 Quad Core yang akan didukung RAM 3 GB. Sehingga, jelas sudah performanya akan sangat handal dan pastinya lebih responsif. Sedangkan untuk fotografi dari Panasonic Eluga I9 ini juga tak ketinggalan canggih mengingat perangkat cerdas ini akan mengusung dual kamera bresolusi 13 MP dan 5 MP yang siap memberikan hasil bidikan yang lbih jernih dan atraktif. Nah, untuk mengenal lebih jauh terkait dengan apa saja keunggulannya, yuk kita simak saja ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Panasonic Eluga I9 pada segmen-segmen di bawah ini!

HP Panasonic Eluga I9

Smartphone Panasonic Eluga I9

Review Panasonic Eluga I9

Bodi Simple Namun Terkesan Elegan dengan Visualisasi Atraktif Berkat Layar Seluas 5 Inci HD

Di babak pertama ini, Begawei bakal mengawalinya dengan memperkenalkan sisi eksterior pada spesifikasi Panasonic Eluga I9. Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, memang smartphone buatan pabrik asal Negeri Sakura ini dibangun dengan desain yang cukup simpel namun tetap tampak elegan. Hal itu tak lepas dari struktur bahan material pembuat bodinya yang menggunakan Aluminium Body sehingga membuat Panasonic Eluga I9 ini menjadi semakin elegan. Apalagi, ukuran dimensinya juga cukup ideal dimana memiliki panjang 142.5 mm, lebarnya 70.5 mm, dan berketebalan 7.8 mm. Tentu saja, dengan dimensinya tersebut maka akan membuat para penggunanya dengan mudah mengoperasikan Panasonic Eluga I9 ini hanya dengan satu tangan saja. Di sisi lain, untuk urusan visualisasinya sendiri juga tak bisa diremehkan begitu saja. Sebab, kali ini perangkat ini akan mengusung layar cukup luas sebesar 5 inci dengan kemampuan HD 720 x 1280 pixels. Dengan demikian maka tentu saja tampilan visual Panasonic Eluga I9 tersebut pun menjadi lebih keren. Belum lagi dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen 16M colors yang dipastikan bakal membuat tampilan visualnya menjadi lebih enak dipandang dan terkesan lebih jernih. Sayangnya, pada sektor tampilan fisik dan layar dari spesifikasi Panasonic Eluga I9 ini belum dilengkapi dengan proteksi layar sehingga disarankan untuk memasangnya sendiri secara manual guna melindungi layarnya dari goresan.

Dibekali Chipset Mediatek MT6767 dan RAM 3 GB Hasilkan Performa Handal dan Responsif

Setelah kita tahu sektor bodi fisiknya maka kini Begawei akan beranjak untuk mengulas sektor mesin pacu pada spesifikasi Panasonic Eluga I9. Selain mengusung bodi yang tampak modern, tampaknya pihak pabrikan akan membekali ponsel buatannya ini dengan komponen dapur pacu yang cukup handal. Pasalnya, diketahui bahwa perangkat ini nantinya akan mengusung chipset Mediatek MT6767 yang mana akan disandingkan bersamaan dengan prosesor Quad Core 1.25 GHz Cortex-A53. Sehingga, kinerja operasional yang dimiliki Panasonic Eluga I9 ini pun menjadi lebih maksimal. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan perangkat cerdas ini pun juga telah didukung RAM berkapasitas 3 GB yang mana tentu saja akan membuat performanya menjadi kian gesit dan responsif, terutama ketika digunakan untuk aktivitas multitasking. Sedangkan di sisi lain, untuk kartu grafis atau GPU apa yang kan digunakan oleh Panasonic Eluga I9 ini hingga kini masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, satu hal yang jelas bahwa pada sektor dapur pacu tersebut dipastikan bakal menggunakan OS Android Nougat sebagai platform guna mengoperasikan seluruh komponen yang tersematkan pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Panasonic Eluga I9 ini.

Spesifikasi Panasonic Eluga I9

Spesifikasi Panasonic Eluga I9

Aktivitas Simpan Menyimpan Andalkan Memory Internal 32 GB

Selain itu, tak kalah saing juga bahwa ternyata spesifikasi Panasonic Eluga I9 juga telah dibekali dengan kapasitas memory yang cukup lega. Hal tersebut tentu tak lepas sebagai salah satu upaya Panasonic dalam menyediakan kebutuhan konsumen akan ruang simpan. Dimana, dalam hal ini, Panasonic Eluga I9 diketahui akan menyediakan memory internal dengan ketersediaan kapasitas 32 GB. Tentu saja, jika melihat kapasitas ruang simpan yang ditawarkan tersebut maka pengguna bisa menyimpan banyak file dalam satu ruang memory internal. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan ruang penyimpanan internal yang diusung Panasonic Eluga I9 tersebut juga masih bisa diperbesar kapasitasnya hingga 128 GB dengan menggunakan micro SD. Dengan adanya tambahan ruang simpan atau memory eksternal tersebut maka pengguna bisa menyimpan beberapa fil berkapasitas besar, seperti foto, video, maupun aplikasi tanpa perlu memenuhi ruang simpan internal. Hanya saja, untuk memory eksternal pada Panasonic Eluga I9 tersebut harus berbagi slot micro SD dengan kartu SIM Card 2 sehingga pengguna harus mempertimbangkan matang-matang, apakah slot ini untuk menunjang kartu SIM atau sebagai ruang micro SD untuk menunjang kapasitas penyimpanan. Yang jelas bahwa sektor penyimpanan pada spesifikasi Panasonic Eluga I9 tersebut terbilang sudah cukup memadai sebagai media untuk menyimpan beberapa file.

Dilengkapi Fotografi Canggih Berupa Dual Kamera 13 MP dan 5 MP

Tak cukup hanya raung penyimpanan saja yang memadai, bahkan lini fotografi pada spesifikasi Panasonic Eluga I9 ini pun terbilang cukup canggih untuk sekelas ponsel entry level. Pasalnya, kali ini pihak Panasonic selaku produsen akan melengkapi smartphone garapannya tersebut dengan dual kamera handal. Pertama, yaitu kamera belakang tunggal yang mengusung resolusi tinggi sebesar 13 MP. Tentu saja, dengan resolusi kamera yang sangat tinggi dari Panasonic Eluga I9 tersebut maka tak heran jika hasil bidikannya akan jauh lebih memukau dibanding ponsel entry level lainnya. Apalagi, sektor kamera belakang pada perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pendukung berupa LED flah dan autofocus sebagai media penunjang fotografi. Sementara itu untuk kamera depan, Panasonic Eluga I9 akan mengusung kamera beresolusi 5 MP. Meski terbilang jauh lebih kecil dari kamera utamanya namun tetap sanggup memberikan hasil jepretan foto selfie yang cukup berkualitas. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan sektor pemotretan yang diusung perangkat bertajuk Panasonic Eluga I9 ini pun juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas [email protected] yang mana tentu akan menghasilkan hasil recording yang tak kalah hebatnya dengan beberapa ponsel lain. Di sisi lain, beberapa fitur pendukung fotografi pada spesifikasi Panasonic Eluga I9 ini pun juga turut disertakan, seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama.

Spesifikasi HP Panasonic Eluga I9

Spesifikasi Smartphone Panasonic Eluga I9

Internetan Ngebut Berkat Dukungan Jaringan 4G LTE

Di sisi lain, pada spesifikasi Panasonic Eluga I9 ini pun juga sudah dilengkapi beberapa fitur konektivitas handal untuk mendukung aktivitas koneksi. Salah satunya yaitu dukungan jaringan 4G LTE yang akan membuat aktivitas pengguna di ruang dunia maya pun menjadi lebih lancar dan nyaman. Selain itu, fitur konektivitas yang diusung Panasonic Eluga I9 ini pun juga meliputi beberapa sambungan WLAN antara lain seperti WiFi, WiFi Direct, dan hotspot. Sementara itu di sisi lain, tak ketinggalan pula Bluetooth, micro USB, dan USB On The Go pun juga turut dihadirkan sebagai pelengkap fitur konektivitas dari Panasonic Eluga I9. Nah, kemudian untuk urusan pemetaan lokasi maka kali ini pihak produsen telah melengkapi ponsel buatannya ini dengan sistem navigasi berupa A-GPS. Tentu saja, dengan keberadaan beberapa fitur yang disematkan pada spesifikasi Panasonic Eluga I9 tersebut pasti akan semakin melengkapi kecanggihannya dalam bersaing bersama dengan para kompetitornya.

Berbekal Baterai Li-Ion 2500 mAh

Di samping memiliki beberapa fitur koneksi, spesifikasi Panasonic Eluga I9 ini pun juga telah dibekali baterai yang cukup handal sebagai suplai sumber tenaga. Tentu saja, pembekalan baterai yang dibawanya tersebut tak lepas dari penyesuaian dengan kebutuhan dari setiap komponennya, terutama pada sektor dapur pacu dan layar Panasonic Eluga I9 tersebut yang cukup luas. Oleh sebab alasan itulah maka untuk menunjang atau memenuhi kebutuhan daya, perangkat ini pun akan hadir dengan berbekal baterai Li-Ion 2500 mAh. Dengan adanya baterai tersebut maka jelas kebutuhan daya dari setiap komponen di dalam Panasonic Eluga I9 ini pun akan tercukupi. Namun, tipe baterai yang diusung oleh perangkat ini berjeniss non-removable atau baterai tanam sehingga tak akan mudah dilepas ketika terjadi kerusakan pada baterai. Nah dengan berbagai komponen pada spesifikasi Panasonic Eluga I9 tersebut, kira-kira berapa harga yang pantas?

Kelebihan dan Kekurangan Panasonic Eluga I9

Panasonic Eluga I9 yang baru saja diperkenalkan ini akan semakin melengkapi jajaran seri Eluga milik Panasonic yang dikenal menyasar segmen entry level. Sesuai segmen yang disasarnya, harga perangkat ini memang akan dibanderol cukup murah. Namun demikian hal tersebut tidak menjadikan spesifikasi yang dibawanya murahan. Pasalnya, seperti yang sudah Begawei paparkan di atas, terungkap jika Panasonic Eluga I9 ini membawa beberapa komponen yang mumpuni. Seperti kamera berkekuatan 13 MP yang dipastikan akan membuat hasil jepretan dan videonya akan tampak begitu menawan. Tak hanya itu saja, pada dapur pacunya juga sudah dibekali dengan RAM yang cukup besar yakni 3 GB sehingga akan membuat aktivitas multi tasking pada Panasonic Eluga I9 ini berjalan dengan lancar. Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu dicatat dari kelebihan Panasonic Eluga I9 dan kekurangan Panasonic Eluga I9. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Panasonic Eluga I9
  • Layar seluas 5 inci
  • Resolusi 728 x 1280 pixels
  • IPS LCD capacitive touchscreen 16M colors
  • Chipset Mediatek MT6767
  • Prosesor Quad Core 1.25 GHz
  • RAM 3 GB
  • OS Android Nougat
  • Memory internal 32 GB up to 128 GB (uses slot SIM Card 2)
  • Dual kamera 13 MP dan 5 MP
  • Sistem navigasi A-GPS
  • Baterai Li-Ion 2500 mAh
Kekurangan Panasonic Eluga I9
  • Belum dilengkapi proteksi layar
  • Memory eksternal harus berbagai dengan slot SIM Card 2
  • Baterai non-removable

Harga Panasonic Eluga I9

Langkah demi langkah terkait pembahasan mengenai spesifikasi pun telah kita lewati dan menginjak pada segmen ini, Begawei akan memberikan informasi seputar harga Panasonic Eluga I9. Nah, kaitannya dengan banderol dari ponsel pintar garapan Panasonic ini, sebelumnya perlu dipahami kembali bahwa smartphone yang satu ini memang dihadirkan untuk menyasar segmen entity level. Meskipun demikian, spesifikasi yang diusung Panasonic Eluga I9 pun juga tak bisa dipandang remeh, mulai dari desainnya yang tampil modern, dapur pacu handal berkat RAM 3 GB dan OS Android serta dul kamera 13 MP+5MP yang semakin melengkapi kecanggihannya. Tentu beberapa komponen tersebut dipastikan akan memperngaruhi harga Panasonic Eluga I9 tersebut. Lantas, kira-kira berapa harga yang cocok untuk membanderol perangkat ini ke pasaran? Rasanya dengan beberapa spesifikasi dan komponen tersebut, sudah layak bagi Panasonic untuk membanderol harga Panasonic Eluga I9 ini pada kisaran menengah.

Harga Panasonic Eluga I9

Harga Panasonic Eluga I9

Harga Panasonic Eluga I9 Terbaru

Harga Panasonic Eluga I9 Terbaru

Mengingat sebagai ponsel yang menyasar di segmen pemula maka harga Panasonic Eluga I9 pun tak akan dibanderol tinggi. Bukan tanpa alasan, mengingat berdasarkan atas informasi yang telah didapatkan dari para intelijen Begawei, diketahui bahwa harga dari perangkat terbaru Panasonic ini bakal dipatok senilai EUR 100. Di mana, apabila harga Panasonic Eluga I9 tersebut dikonversikan ke nilai rupiah maka banderolnya akan mencapai angka Rp 1.6 jutaan. Cukup terjangkau bukan? Tentu saja, dengan banderol harga Panasonic Eluga I9 yang begitu kompetitif tersebut akan membuat banyak konsumen tergoda untuk membelinya. Nah, apakah kawan-kawan menjadi salah satu yang tergoda untuk membelinya? Tentu kawan-kawan layak untuk menanti hingga perangkat ini meluncur di Indonesia. Dengan harga Panasonic Eluga I9 tersebut memang layak jika perangkat ini menyasar segmen pemula.

Harga Panasonic Eluga I9
Sekitar Rp. 1.600.000,-

Tak hanya itu saja, di satu sisi apabila kita membandingkan antara harga Panasonic Eluga I9 spesifikasi yang dibawanya, tampaknya nominal yang tak mencapai angka 2 juta tersebut dirasa sangat terjangkau sekali. Apalagi, ketika kita melihat bahwa Panasonic Eluga I9 ini telah membawa RAM 3 GB dan dual kamera 13 MP+5MP yang dirasa setara dengan ponsel mid-range. Di samping itu, ponsel ini juga akan hadir dengan beberapa pilihan warna menarik yang bisa dipilih, antara lain Space grey, Champagne Gold, Blue. Di sisi lain, harga Panasonic Eluga I9 ini sepertinya tidak akan terpengaruh dari pilihan warna yang ditawarkan Panasonic tersebut. Pasalnya, jika menengok ke belakang perangka-perangkat Panasonic memang tidak pernah mendiskriminasi perangkatnya berdasarkan warna kulit.  Nah, sekiranya itulah tadi ulasan mengenai spesifikasi dan harga Panasonic Eluga I9. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lain mengenai Panasonic Eluga C dan Panasonic Eluga I5.

Spesifikasi Panasonic Eluga I9

Umum
Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G Network
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G Network
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 40(2300), 41(2500)
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • SIM
    Micro SIM
  • Dual SIM
Desain
  • Dimensi
    142.5 x 70.5 x 7.8 mm
  • Berat
    143 g
  • Bahan
    Aluminum body
  • Warna
    Space grey, Champagne Gold, Blue
Layar
  • Tipe Layar
    IPS LCD capacitive touchscreen
  • Ukuran
    5.0 inches, 68.9 cm2 (~68.6% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels
  • Warna Layar
    16 Juta
  • Kerapatan Layar
    294 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
    Android OS, v7.0 (Nougat)
  • Java
  • Fitur
    - MP4/H.264 player
    - MP3/WAV/eAAC+ player
    - Photo/video editor
    - Document viewer
Hardware
  • Chipset
    Mediatek MT6737
  • CPU
    Quad-core 1.25 GHz Cortex-A53
  • RAM (memori)
    3 GB
  • Penyimpanan Internal
    32 GB
  • Penyimpanan Eksternal
    microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, f/2.2, autofocus
  • Video
  • Fitur Kamera
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Flash
    LED flash
  • Kamera Depan
    5 MP, f/2.4
Suara
  • Jenis Peringatan
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
    4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio with RDS
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go
Baterai
  • Tipe Baterai
    Li-Ion (Lithium Ion)
  • Dapat Dilepas
    Tidak
  • Kapasitas
    2500 mAh
Top