Home » Produk » Panasonic Eluga I5

Harga Panasonic Eluga I5 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.25 GHz

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    5.0 inci

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v7.0

Harga Panasonic Eluga I5 dan Spesifikasi – Panasonic kembali menghadirkan generasi penerus Panasonic I4 yang dirilis pada September lalu yang bernama Panasonic Eluga I5. Seperti pendahulunya, ponsel pintar ini dirilis pertama kali di India. Tidak berbeda jauh dengan Eluga I4, Eluga I5 juga menyasar segmen entry level. Kabarnya, ponsel pintar ini akan menghadirkan beragam fitur yang menarik dan mumpuni di kelasnya. Mulai dari desain, dapur pacu hingga fitur-fitur lain pada Panasonic Eluga I5 tersebut. Sehingga akan memberikan performa yang lebih baik diantara perangkat sekelasnya. Pantas saja jika ponsel pintar asal Jepang tersebut mampu menarik perhatian pengguna smartphone ditambah harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Kehadiran Panasonic Eluga I5 akan melengkapi persaingan industri gadget global pada segmen entry-level yang semakin kuat dan ketat. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika smartphone ini akan mendominasi segmen entry-level. Untuk sementara ini, perangkat ini baru hadir di India dan kemungkinan ponsel ini akan menyusul ke negara-negara lain termasuk di Indonesia. Lalu, fitur-fitur menarik apa saja yang disematkan pada Panasonic Eluga I5?

Panasonic Eluga I5

Panasonic Eluga I5

Demi memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan setia Panasonic, pada Panasonic Eluga I5 ini pabrikan Jepang ini mengembangkan berbagai fitur yang akan memberikan kenyamanan ketika perangkat digunakan. Maka dari itu, Panasonic akan menyematkan fitur-fitur yang berkualitas sehingga performa ponsel pintar tersebut semakin baik. Panasonic Eluga I5 yang merupakan perangkat segmen entry-level bukan berarti menggunakan fitur yang rendahan, justru Panasonic mengupayakan untuk menghadirkan fitur yang mumpuni di kelasnya. Dilihat dari sektor desainnya yang terlihat berkelas karena memiliki garis silver garis horizontal pada bagian atas dan bawah Panasonic Eluga I5. Pantas saja, jika dilihat sekilas ponsel ini hampir mirip dengan perangkat mid-range atau lebih atasnya. Sehingga wajar apabila smartphone pabrikan Jepang tersebut mampu menarik perhatian publik. Terlebih ponsel Panasonic Eluga I5 ini dibekali dengan mesin yang tangguh sehingga mampu menunjang performa semakin baik. Hadirnya smartphone ini pastinya akan memberikan peluang daya saing yang semakin ketat, dan tidak menutup kemungkinan jika smartphone tersebut mampu mendominasi industri gadget global. Penasaran? Simak penjelasan spesifikasi dan harga Panasonic Eluga I5 di bawah ini!

HP Panasonic Eluga I5

Smartphone Panasonic Eluga I5

Review Panasonic Eluga I5

Ponsel Pintar Layar 5 Inci yang Didukung dengan Layar IPS LCD

Membahas smartphone, tidak bisa dilewatkan jika membicarakan tentang desain atau bodi. Begitu pula spesifikasi Panasonic Eluga I5 kali ini yang akan membahas mengenai display, desain dan bodi. Untuk bagian desain, tampilan smartphone ini hampir sama dengan smartphone lainnya. Bagian belakang yang cukup khas membedakan, seperti generasi sebelumnya yang mana terdapat garis horizontal berwarna silver pada bagian bawah dan atas. Sedangkan bagian depan bodi Panasonic Eluga I5 ini terdapat home button yang juga berfungsi sebagai pemindai jari (fingerprint). Ponsel ini mengandalkan layar 5 Inci yang bisa dikatakan sangat pas ketika digenggam oleh penggunanya. Layar pada ponsel terbaru yang mengusung nama Panasonic Eluga I5 ini juga didukung dengan tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel kerapatan ~294 ppi. Tak hanya itu saja, layar tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung layar Asahi Dragontrail Glass, sehingga kamu juga tidak perlu untuk membahkan pelindung layar secara manual pada spesifikasi Panasonic Eluga I5 tersebut.

Sistem Permesinan Andalkan Chipset Mediatek MT6737 Didukung Prosessor Quad-core

Pembahasan spesifikasi Panasonic Eluga I5 selanjutnya mengacu pada masalah permesinan. Ya, mesin atau dikenal dengan dapur pacu merupakan komponen penting pada smartphone yang menentukan kinerja operasionalnya menjadi lebih responsif. Kali ini, Panasonic mengandalkan mesin dengan chipset asal Taiwan yaitu MediaTek MT6737 untuk disematkan pada Panasonic Eluga I5 ini yang didukung dengan prosessor Quad-core berkecepatan 1.25 GHz Cortex-A53 sehingga performa ponsel ini lebih baik di kelasnya. Selain itu, smartphone ini menggunakan OS Android 7.0 (Nougat) yang akan meringankan kinerja operasional dari Panasonic Eluga I5 ini menjadi lebih cepat dan responsif. Sedangkan untuk membuat grafis semakin tajam, ponsel pintar besutan Panasonic ini mengandalkan GPU Mali-T720MP1. Sayangnya, meskipun dibekali dengan mesin yang cukup mumpuni, perangkat ini hanya dibekali dengan kapasitan RAM 2 GB. Hal tersebut menjadi salah satu batu sandungan bagi spesifikasi Panasonic Eluga I5 tersebut.

Spesifikasi Panasonic Eluga I5

Spesifikasi Panasonic Eluga I5

Ruang Penyimpanan Ditunjang dengan Memori Internal 16 GB dan MicroSD 128 GB

Ruang penyimpanan menjadi salah satu komponen yang sangat penting pada suatu perangkat. Begitu pula fungsinya pada spesifikasi Panasonic Eluga I5 yang tidak kalah pentingnya. Fitur ini sangat dibutuhkan karena mampu membantu pengguna dalam menyimpan beragam file penting seperti gambar, audio, video, dokumen dan lain sebagainya. Mungkin banyak yang mengabaikan fitur ini namun kamu akan merasa kesulitan jika ternyata suatu perangkat hanya memiliki ruang penyimpanan yang minim. Namun berbeda dengan ponsel pabrikan Jepang ini, Panasonic Eluga I5 ini dibekali dengan ruang penyimpanan interior berkapasitas 16 GB. Sehingga sangat memungkinkan kamu untuk menyimpan beragam file. Apabila memori internal kurang cukup untuk menyimpan file yang kamu butuhkan, Panasonic Eluga I5 juga memberikan kesempatan pengguna untuk memanfaatkan slot microSD yang bisa digunakan hingga berkapasitas 128 GB. Belum diketahui apakah jenis slot microSD yang akan digunakannya. Namun yang jelas dengan kapasitas ruang penyimpanan yang lega tersebut menjadi salah satu kelebihan dari spesifikasi Panasonic Eluga I5 ini.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera Beresolusi 16 MP dan 5 MP

Spesifikasi Panasonic Eluga I5 selanjutnya merupakan salah satu fitur yang digemari oleh pengguna smartphone yaitu lini fotografi. Kamera pada smartphone memiliki peran yang penting bagi pengguna karena dengan kamera maka pengguna bisa menangkap momen-momen penting atau sesuatu hal yang hanya ingin dibagikan ke media sosial baik dalam bentuk gambar ataupun video. Kamera yang digunakan pada Panasonic Eluga I5 ini mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. Sebab, pada Eluga I4 hanya mengandalkan kamera utama 8 MP sedangkan untuk varian penerusnya ini sudah meningkatkan resolusinya menjadi 13 MP yang juga dilengkapi dengan autofocus dan LED Flash. Sedangkan untuk kamera depan, Panasonic Eluga I5 ini akan mengandalkan kamera dengan resolusi 5 MP. Pada kamera tersebut juga dilengkapi dengan beragam fitur untuk mempermudah pengguna dalam membidik gambar diantaranya Geo-tagging, touch-focus dan face detection. Di sisi lain, Spesifikasi Panasonic Eluga I5 pada lini fotografi juga bisa digunakan untuk merekam gambar dengan resolusi Full HD.

Spesifikasi HP Panasonic Eluga I5

Spesifikasi Smartphone Panasonic Eluga I5

Konektivitas Manjakan Pengguna dengan Jaringan Super Cepat 4G LTE

Smartphone tidak bisa lepas dari penggunaan jaringan internet karena beragam komponen aplikasi harus dijalankan dengan jaringan tersebut. Spesifikasi Panasonic Eluga I5 pada konektivitas ini juga mengandalkan jaringan tercepat yaitu 4G LTE. Ponsel ini juga sudah menawarkan slot dual SIM card yang bisa digunakan untuk berbagai operator sesuai yang kamu butuhkan. Sedangkan untuk bagian konektivitas lainnya, Panasonic Eluga I5 tersebut dilengkapi jaringan nirkabel diantaranya Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct dan hotspot sehingga akan memudahkan kamu ketika mengakses internet. Selain masalah konektivitas, ponsel ini juga menyematkan Bluetooth v4.0 dan microUSB 2.0 dan USB On-The-GO untuk pemindahan file dari Panasonic Eluga I5 ini ke perangkat lain. Tidak hanya itu saja, untuk menunjang pemetaan lokasi yang cukup akurat, disematkanlah teknologi navigasi A-GPS yang dapat memetakan lokasi dengan cukup baik. Tentunya dengan berbagai fitur dan kemampuan pada sektor ini menjadikan spesifikasi Panasonic Eluga I5 pada konektivitasnya ini dapat terbilang cukup baik.

Suplai Daya Cukup Lega 2.500 mAh

Seperti halnya dengan perangkat lainnya, spesifikasi Panasonic Eluga I5 juga membutuhkan baterai guna menjalankan seluruh komponen yang ada pada smartphone tersebut. Kali ini, ponsel pabrikan Jepang ini hanya menyematkan suplai daya dengan jenis Li-Ion dengan kapasitas sekitar 2.500 mAh sebagai jantung operasionalnya. Kapasitas baterai yang dibawa Panasonic Eluga I5 ini dirasa cukup kecil dari generasi sebelumnya yang mengandalkan 3000 mAh. Meskipun lebih kecil dari generasi sebelumnya, suplai daya ini cukup mumpuni untuk menjalankan semua komponen yang ada pada ponsel tersebut. Karena daya baterai Panasonic Eluga I5 yang cukup kecil, maka kamu harus menghematnya dengan cara menggunakan ponsel sewajarnya. Baterai ini bisa bertahan seharian jika kamu menggunakan seperlunya saja. Selain itu, perangkat ini pun tidak dilengkapi dengan teknologi fast battery charging sehingga pengisian daya pada spesifikasi Panasonic Eluga I5 ini akan berlangsung cukup lama.

Kelebihan dan Kekurangan Panasonic Eluga I5

Hadir untuk menyasar segmen pemula, Panasonic Eluga I5 ini memang membawa spesifikasi yang terbilang standar. Namun meskipun standar, spesifikasi yang diusungnya tersebut sudah dapat terbilang memadai untuk digunakan. Bahkan beberapa sektor pun terlihat cukup mumpuni, seperti sektor displaynya yang menggunakan layar 5 inci dengan resolusi HD. Layar tersebut sudah dilengkapi proteksi mumpuni Asahi Dragontail Glass yang tentu membuat layar Panasonic Eluga I5 ini terlindung dari goresan maupun benturan. Tak hanya itu saja, sebagai perangkat pemula sektor keamanan pada perangkat ini juga sudah bisa diacungi jempol. Karena Panasonic telah membekalinya dengan sensor fingerprint yang akan mengamankannya dari tindakkan tidak bertanggung jawab. Sayangnya, dengan beberapa keistimewaan yang dibawa Panasonic Eluga I5 tersebut,  perangkat ini hanya dibekali RAM 2GB yang terbilang standar untuk perangkat masa kini. Hal tersebut tentu membuat aktifitas multi-tasking di dalamnya akan berjalan kurang mulus. Nah, demikian beberapa kelebihan Panasonic Eluga I5 dan kekurangan Panasonic Eluga I5 yang perlu dicatat. Untuk mengetahuinya lebih lengkap, mari kita simak tabel di bawah ini.

Kelebihan Panasonic Eluga I5
  • Support 4G LTE
  • Support Dual SIM
  • Fingerprint
  • Layar 5 Inci
  • Tipe Layar IPS LCD capacitive touchscreen
  • Resolusi Layar HD 720 x 1280 piksel
  • Pelindung layar Asahi Dragontrail Glass
  • OS Andorid v7.0 (Nougat)
  • Chipset MediaTek MT6737
  • Prosessor Quad-core 1.25 GHz Cortex-A53
  • GPU Mali-T720MP1
  • RAM 2GB
  • Memori Internal 16 GB
  • Memori Eksternal 128 GB
  • USB OTG
Kekurangan Panasonic Eluga I5
  • Resolusi Belum Full HD
  • Navigasi masih A-GPS
  • Baterai Non-Removable Li-Ion 2.500 mAh

Harga Panasonic Eluga I5

Pembahasan menarik pada spesifikasinya tentu akan menimbulkan beragam penasaran mulai dari bentuk aslinya, kenyamanan hingga harga Panasonic Eluga I5 tersebut. Tenang, Begawei akan membahasnya pada segmen ini. Namun, sebelum jauh untuk membahas mengenai nominal harga yang akan dibanderolkan, Begawei akan mengajak kawan semua untuk menilik kembali fitur-fitur yang mampu mempengaruhi harga Panasonic Eluga I5 tersebut. Pertama, pada bagian desainnya yang sudah mengandalkan layar 5 Inci kemudian ditambah dengan sensor fingerprint yang terdapat di bagian muka. Tidak hanya itu, ponsel ini juga sudah memberikan proteksi layar yang cukup nyaman bagi pengguna. Fitur lain yang akan memberikan pengaruh yang cukup tinggi pada harga jual Panasonic Eluga I5 ini adalah dapur pacu yang digunakan. Panasonic menyematkan dapur pacu dengan teknologi yang mumpuni di kelasnya. Pasalnya, ponsel ini menyematkan chipset asal Taiwan yaitu MediaTek MT6737 yang dilengkapi dengan prosesisor Quad-core. Terlebih juga Panasonic Eluga I5 ini sudah disematkan dengan OS yang handal yaitu Android v7.0 (Nougat). Fitur lain yang cukup menarik perhatian adalah lini fotografi yang memberikan visual gambar yang apik. Jika melihat fitur unggul yang disematkan ponsel tersebut, apakah kawan-kawan sudah memprediksi harga Panasonic Eluga I5 yang akan ditawarkan ke pasaran industri gadget global?

Harga Panasonic Eluga I5

Harga Panasonic Eluga I5

Harga Panasonic Eluga I5 Terbaru

Harga Panasonic Eluga I5 Terbaru

Sebagian dari kawan-kawan mungkin masih penasaran dan belum mengetahui harga Panasonic Eluga I5 tersebut. Karena ponsel ini menyasar segmen entry-level, diperkirakan harga yang akan ditawarkan tidak akan mencapai dua juta rupiah. Jika ditelisik lebih mendalam berdasarkan pada perilisan dari perangkat Panasonic Eluga I5 ini di India, harga ponsel tersebut dibanderol dengan harga 6000 INR dan apabila dirupiahkan akan dibanderol sekitar Rp. 1.3 juta. Cukup murah bukan? Menurut Begawei, harga ini sudah dirasa sangat terjangkau bagi pelanggan di Indonesia. Bahkan dengan harga Panasonic Eluga I5 sekitar 1.3 juta rupiah tersebut sudah sangat mumpuni untuk bersaing di tengah ketatnya persaingan perangkat entry-level. Terlebih fitur yang ditawarkan pada perangkat ini sudah sangat unggul dikelasnya. Nah, dengan mengetahui harga Panasonic Eluga I5 tersebut, apakah sudah cukup membuat kawan tertarik untuk mendapatkan smartphone asal Jepang ini?

Harga Panasonic Eluga I5
Sekitar Rp. 1.300.000,- (India)

Jika melihat harga Panasonic Eluga I5 tersebut yang tidak mencapai 5 juta rupiah, bisa dikatakan sangat pas untuk pelanggan Indonesia yang menginginkan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang baik. Namun yang perlu diingat adalah harga yang ditetapkan di atas merupakan harga jual di India, tentunya apabila ponsel ini hadir di Indonesia perlu penyesuaian dengan berbagai hal seperti biaya pajak sehingga memungkinkan juga akan mempengaruhi harga Panasonic Eluga I5 menjadi lebih mahal. Ponsel ini sangat pantas membuat rasa penasaran pengguna smartphone, karena beragam fitur yang ditawarkan bisa dibilang berkualitas. Setelah hadir di India, tentu Panasonic akan menghadirkan ponsel pintarnya tersebut ke berbagai negara. Namun, keberadaan Panasonic Eluga I5 ini di Tanah Air hingga kini belum dapat dipastikan. Mengingat Panasonic Indonesia sendiri belum mengkonfirmasi kedatangan perangkat smartphonenya tersebut. Jadi, kawan-kawan sepertinya harus cukup bersabar untuk bisa mendapatkan ponsel tersebut. Nah, demikian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Panasonic Eluga I5 yang dapat Begawei sampaikan. Jangan lupa baca juga ulasan menarik lainnya mengenai Panasonic Eluga I4 dan Panasonic Eluga I2 Activ.

Spesifikasi Panasonic Eluga I5

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA 21.1/5.76 Mbps, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    November
  • Status
    Segera Dirilis
Desain
  • Dimensi
    143 x 71 x 7.5 mm
  • Berat
    145.5 g
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inci
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~294 ppi density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Asahi Dragontrail Glass
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v7.0 (Nougat)
  • Chipset
    Mediatek MT6737
  • CPU
    Quad-core 1.25 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Mali-T720MP1
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion battery
  • Daya
    2500 mAh

Produk Lainnya dari Panasonic

Top