1. Home
  2. Harga HP Terbaru
  3. Panasonic
  4. Panasonic Eluga I3

Harga Panasonic Eluga I3 dan Spesifikasi

Panasonic Eluga I3
Rp 2.200.000,00

  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    5.5 inci

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v5.1

Harga Panasonic Eluga I3 dan Spesifikasi – Baru-baru ini Panasonic diberitakan telah memperkenalkan seri smartphone terbarunya yaitu Panasonic Eluga I3 . Melalui sebuah sumber, diketahui ponsel yang telah diperkenalkan sejak April kemarin akan mulai rilis bulan ini. Memang benar, kali ini Panasonic telah merilis Panasonic Eluga I3 dengan menempati segmentasi ponsel pintar kelas menengah. Namun, seperti diketahui selama ini meskipun menyasar segmentasi mid-range, Panasonic selalu membawakan spesifikasi terbaik dikelasnya. Panasonic yang memang tidak terlalu agresif untuk menghadirkan produk-produk smartphone barunya ini, terbilang cukup ahli dalam meracik sebuah perangkat elektronik modern. Dari bocoran-bocoran yang muncul, Eluga I3  tersebut akan mengusung segudang spesifikasi modern yang sanggup memberikan kinerja terbaik dari segi visual maupun pengolah data. Meski sejumlah spesifikasi smartphone Panasonic ini memang tak semewah smartphone kelas atas, namun tentu saja performa yang dihasilkan tak akan mengecewakan dan yang pasti harga yang dibanderolkan juga akan sangat bersahabat. So, dapat dipastikan Panasonic Eluga I3 ini akan menjadi salah satu pesaing baru untuk jajaran model smartphone 2016.

panasonic eluga i3

Setelah diperkenalkan, Panasonic Eluga I3  akhirnya telah resmi dirilis. Seperti kita ketahui bahwa Panasonic seri Eluga memang menjadi andalan perusahaan, meskipun Panasonic tak banyak melahirkan produk-produk smartphone. Namun, perusahaan asal Negeri Sakura ini tak pernah sembarangan dalam meracik setiap produknya. Kini, smartphone Panasonic ini telah dihadirkan untuk mengikuti jejak generasi sebelum-sebelumnya. Jika pada bulan Januari lalu, seri Eluga Turbo telah dihadirkan pada jajaran ponsel kelas menengah, kini untuk Eluga I3, Panasonic juga menempatkan pada segmentasi ponsel yang serupa. Berbekal layar IPS LCD 5.5 inchi beresolusi HD, tentu membuat visualisasi tetap nyaman meski terbilang standar. Panasonic Eluga I3  telah dibekali dengan processor Quad-core 1.3 GHz, hanya saja hingga kini masih belum diketahui processor tersebut akan bekerja pada chipset jenis apa. Untuk sektor fotografi, Eluga I3  ini juga menawarkan kualitas terbaik dari kamera 13 MP dan 5 MP. Keunggulan bukan hanya sampai di situ saja. Masih penasaran? Yuk, simak ulasan Begawei mengenai spesifikasi dan harga Panasonic Eluga I3 pada tiap segmen di bawah ini!

hp panasonic eluga i3

Review Panasonic Eluga I3

Desain Manis dengan Balutan Busana Berwarna Menarik

Melihat dari segi fisik, spesifikasi Panasonic Eluga I3  hadir dengan balutan casing berbusana menarik. Pilihan warna rose gold, champagne gold dan Marine blue membuatnya terlihat lebih manis.  Membawakan bodi proporsional, Eluga I3  hadir dengan ukuran dimensi 151 x 77 x 8.2 mm, yang akan memberi kenyamanan saat dioperasikan. Berbicara urusan visual display, Panasonic Eluga I3  mengusung jenis layar IPS LCD yang membentang seluas 5.5 inci. Layar tersebut sanggup menyajikan tampilan dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels 267 ppi. Memang, untuk resolusi masih belum Full HD, namun smartphone Panasonic ini menggunakan sistem antar muka dari FitHomeUI yang membuat tampilan visual menjadi lebih atraktif dan jernih serta nyaman di mata. Namun satu catatan, sayangnya spesifikasi Panasonic Eluga I3 ini masih belum dilengkapi dengan proteksi layar anti gores sehingga harus memasangnya secara manual.

Pengolahan Data Andalkan Processor Quad-core 1.3 GHz dan RAM 2 GB

Tergoda dengan penampilan yang ditunjukkan spesifikasi Panasonic Eluga I3  pada sektor visual, kini kawan Begawei akan semakin tergiur telah mengetahui bagian pengolah data yang dibawa oleh ponsel pintar ini. Panasonic Eluga I3 ini hadir dengan komponen-komponen berkualitas yang dibekalkan pada ruang pengolahan data. Untuk menghadirkan performa maksimal, Panasonic mengandalkan kombinasi kerja dari tenaga processor  Quad-core 1.3 GHz. Kolaborasi tangguh komponen Eluga I3 tersebut dilengkapi dengan RAM 2 GB, sehingga untuk kinerja multitasking juga akan berjalan dengan lancar. Kombinasi komponen-komponen tersebut dinilai lebih dari cukup sebagai standar pengolahan data pada ponsel pintar kelas menengah. Selain itu, beberapa komponen pada smartphone Panasonic ini seperti chipset dan GPU masih belum diketahui. Hanya saja, dengan clock rate dan jumlah inti yang tidak terlalu banyak dapat dipastikan chipset sekaligus GPU yang digunakan berada pada tataran middle class. Satu hal yang jelas, seluruh spesifikasi Panasonic Eluga I3 tersebut nantinya akan berjalan pada sistem operasi agak lawas yakni Android Lollipop.

spesifikasi panasonic eluga i3

Storage Maksimal Berkat Memori On-board 16 GB

Membawakan desain dan dapur pacu handal, tentu saja membuat spesifikasi Panasonic Eluga I3  menjadi salah satu produk yang dinanti-nantikan oleh kawan Begawei. Selain kedua sektor tersebut, Panasonic juga membekali ruang penyimpanan file yang maksimal pada ponsel ini. Agar dapat menampung seluruh kebutuhan file secara maksimal, Panasonic Eluga I3 dibekali dengan memori on-board atau memori internal dengan kapasitas sebesar 16 GB. Kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk menampung file-file sistem dan file pribadi seperti hiburan. Untuk sebuah handset kelas menengah, spesifikasi pada sektor ini telah cukup memadai dan sangat leluasa. Apabila kawan Begawei menghendaki ruang penyimpanan yang lebih luas lagi, Eluga I3 tersebut juga menyediakan ruang tambahan dari memori eksternal dengan ekspansi kapasitas maksimal sebesar 32 GB, tanpa harus mengorbankan slot SIM 2. So, dengan spesifikasi Panasonic Eluga I3 tersebut, tentu kawan Begawei tak perlu lagi akan kehabisan ruang penyimpanan.

Media Dokumentasi Terdukung Secara Maksimal Berkat Kamera 13 MP dan 5 MP

Menjadi sebuah produk smartphone yang hadir di era modern, wajib hukumnya bagi spesifikasi Panasonic Eluga I3  untuk tidak meninggalkan fitur-fitur modern. Salah satu yang menjadi kebutuhan bagi pengguna di era ini adalah media dokumentasi. Pasalnya, saat ini tidak jarang pengguna yang mengandalkan aktivitas fotografi dengan menggunakan kamera pada ponselnya. Untuk memenuhi hal tersebut, Panasonic Eluga I3  dibekali dengan dua buah kamera, yaitu kamera utama dan kamera sekunder. Untuk kamera andalan, atau kamera utama Panasonic menyematkan teknologi kamera berukuran 13 MP yang lengkap bersama autofocus dan LED flash. Dengan kamera smartphone Panasonic tersebut, kawan Begawei juga bisa melakukan perekaman video dengan kualitas Full HD 1080p. Selain canggih dan modernnya kamera utama, Panasonic juga membekali ponsel ini dengan kamera sekunder berukuran 5 MP. Walaupun Ukuran kamera sekunder yang ditanamkan pada spesifikasi Panasonic Eluga I3 tersebut tidak mewah, namun cukup sanggup menyajikan hasil yang maksimal untuk berselfie dan melakukan video call.

spesifikasi hp panasonic eluga i3

Akses Internet Lengkap dengan Jaringan Terbaik 4G LTE

Selain sektor fotografi, spesifikasi Panasonic Eluga I3 yang tak penting adalah kebutuhan akses internet. Seperti kita ketahui, bahwa di zaman sekarang ini segala aktivitas tidak bisa terlepas dari kebutuhan internet. Pada sektor ini, Begawei akan mengupas secara tuntas seperti apa spesifikasi yang dibekalkan pada Panasonic Eluga I3 untuk memenuhi segala kebutuhan terkait konektivitas. Untuk konektivitas akses internet pada jalur yang diandalkan adalah penggunaan teknologi jaringan 4G LTE yang sanggup menyajikan kecepatan download hingga 150 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps. Dengan fasilitas kecepatan yang mampu diberikan oleh Eluga I3 tersebut, tentu menjadikan aktivitas berselancar di dunia maya semakin menyenangkan. Selain itu, jika saat ini kawan Begawei masih berada pada lokasi yang belum tercover konektivitas 4G LTE, maka kehandalan smartphone Panasonic ini pada jaringan 3G HSPA juga masih bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kebutuhan akses internet sehari-hari. Selain terpenuhinya konektivitas internet, ponsel dengan slot Dual SIM ini juga dilengkapi dengan fitur konektivitas jarak dekat yang cukup fungsional. Untuk memenuhi kebutuhan seperti koneksi internet gratis atau berbagi file menjadi lebih cepat Eluga I3 ini ditanamkan fitur WiFi, hotspot, Bluetooth dan juga microUSB. Sementara sebagai partner yang mengasyikkan untuk berpetualang, spesifikasi Panasonic Eluga I3 ini dibekali dengan sistem navigasi dari A-GPS. So, untuk segi konektivitas ponsel pintar asal negeri Sakura ini dinilai sudah lengkap.

Pasokan Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 2.700 mAh

Untuk sektor yang terakhir, pembahasan akan berpusat pada spesifikasi Panasonic Eluga I3 pada bidang energi alias kapasitas daya baterai. Mengingat kebutuhan yang cukup besar dari visualisasi, dapur pacu untuk pengolahan data, juga konektivitas yang sudah sangat maksimal maka Panasonic membekali Panasonic Eluga I3 dengan baterai Lithium Ion berkapasitas  2.700 mAh. Kapasitas baterai ini dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan kinerja selama seharian dalam kondisi aktivitas normal. Hanya saja, apabila kawan Begawei hendak melakukan aktivitas outdoor selama berhari-hari dengan membawa smartphone Panasonic ini, maka sebaiknya powerbank jangan sampai tertinggal untuk antisipasi kebutuhan isi ulang apabila berada di lokasi yang minim sumber listrik. Walaupun demikian, secara sederhana spesifikasi Panasonic Eluga I3 tersebut dapat dikatakan sudah masuk dalam kualitas unggulan.

Kelebihan dan Kekurangan Panasonic Eluga I3

Walaupun rilis produknya baru masif belakangan waktu ini, namun bukan berarti Panasonic Eluga I3 termasuk produk uji coba. Pasalnya, keseriusan Panasonic diuji melalui besutan User Interface eksklusif ala Panasonic dengan branding FitHome UI. Logikanya, tak mungkin Panasonic akan menghabiskan biaya riset dan segala macam perlengkapannya hanya untuk sekedar uji coba belaka. Apalagi dari sisi hardware, smartphone Panasonic ini bisa dibilang jempolan dengan RAM 2GB. Konsep ini semakin hangat lantaran memori internal 16 GB siap untuk diisi segala macam file. Sayangnya, dibalik keseriusan itu, Panasonic Eluga I3 ini masih memiliki banyak catatan apabila dibandingkan dnegan produk sekelasnya di pasaran. Contohnya saja masalah pelindung layar yang belum built-in. Memang, ada beberapa pesaing yang juga menerapkan taktik yang sama, namun rasanya kekurangan tersebut ditambah penggunaan single channel GPS menjadikan dua catatan minus untuk Panasonic Eluga I3 ini. Namun, agar lebih objektif, Begawei sudah rangkumkan kelebihan dan kekurangan Panasonic Eluga I3 di bawah ini.

Kelebihan Panasonic Eluga I3
  • Desain anggun dan manis
  • Layar 5.5 inci
  • Tampilan menarik dengan FitHome UI
  • OS Android Lollipop
  • Processor Quad-core 1.3 GHz
  • RAM 2 GB
  • Memori internal 16 GB
  • Memori eksternal 32 GB
  • Kamera 13 MP dan 5 MP
  • Dual SIM card
  • Navigasi A-GPS
  • Baterai 2.700 mAh
Kekurangan Panasonic Eluga I3
  • Resolusi layar masih HD
  • Belum dilengkapi proteksi layar
  • Baterai masih Li-Ion
  • Navigasi masih A-GPS

Harga Panasonic Eluga I3

Kini akhirnya Begawei tiba pada segmen harga Panasonic Eluga I3 ini. Mungkin apabila kawan Begawei melihat spesifikasi yang ada, kemungkinan besar telah banyak yang memrediksi harga ponsel ini berkisar kepala 2. Namun, sebentar dulu, Begawei akan beri sedikit kesimpulan dari sektor-sektor yang ada. Panasonic Eluga I3 ini menghadirkan layar IPS LCD 5.5 inci yang beresolusi HD. Berbekal tampilan antar muka FitHome UI kekurangan pada sektor resolusi tersebut menjadi sedikit terkatrol karena penampilan menjadi lebih menarik. Sebagaimana tadi telah dibahas, pembuatan UI eksklusif memerlukan biaya riset yang tidak sedikit. Tentunya, hal ini seecara logis mampu mendongkrak harga smartphone Panasonic ini. Terlepas dari itu, pengolahan data ponsel Panasonic ini mengandalkan processor Quad-core dan RAM 2 GB menjadikan dapur pacu ponsel ini berkekuatan tangguh. Sektor lain seperti ruang penyimpanan juga maksimal. Kamera dan konektivitas yang dibekalkan pada Eluga I3 ini juga tak kalah modern, kapasitas baterai 2.700 mAh juga turut menjadi pengaruh kinerja ponsel menjadi semakin maksimal. Lalu, untuk menebus spesifikasi tersebut berapa harga Panasonic Eluga I3 yang dibentangkan oleh Panasonic ya?

harga panasonic eluga i3

harga panasonic eluga i3 terbaru

Mengulik nominal harga Panasonic Eluga I3  yang dilansir dari halaman GSM Arena, Begawei mendapatkan harga yang cukup bagus. Rupanya, dugaan kita tepat sekali, harga smartphone Panasonic ini ternyata sangat kompetitif yaitu pada angka 150 Euro. Apabila dirupiahkan dengan mengacu pada kurs yang berlaku sekarang maka harga Panasonic Eluga I3  ini akan berhenti pada angka Rp 2,2 jutaan. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, namun apabila melihat dari harga Panasonic Eluga I3 tersebut, rasanya sudah sangat wajar.

Harga Panasonic Eluga I3
Sekitar Rp 2.200.000,-

Jika diperhatikan, untuk pasaran Indonesia, harga Panasonic Eluga I3 tersebut termasuk pas karena juga sanggup dijangkau oleh semua kalangan. Harga dan spesifikasi yang dibawakan sudah sangat kompetitif dan kemungkinan besar dengan bekal tersebut, Eluga I3  akan dengan mudah memasuki dunia persaingan dengan porsi besar. Nah, buat kawan Begawei yang mengidamkan ponsel pintar modern berkualitas, dirunut melalui spesifikasi dan harga smartphone Panasonic tersebut, rasanya ponsel ini bisa menjadi salah satu solusinya. Untuk urusan kualitsa? Jangan ditanya lagi. Pasalnya, nama besar Panasonic tidak mungkin membuat ponsel pintar yang berkualitas buruk. So, tunggu hingga masuk ke pasaran Tanah Air! So, dengan berakhirnya segmen harga Panasonic Eluga I3 , maka selesai sudah tugas Begawei mereview Spesifikasi dan Harga Panasonic Eluga I3  ini. Baca juga Panasonic T50 dan Panasonic Eluga Turbo.

Spesifikasi Panasonic Eluga I3

Umum
  • Jenis Perangkat
    Smartphone
  • Status
    Dirilis
  • Harga
    2200000
Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G Network
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G Network
    HSDPA 900 / 2100
  • 4G Network
    LTE band 3(1800), 5(850), 40(2300)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
  • SIM
    Standard SIM
  • Dual SIM
Desain
  • Dimensi
    151 x 77 x 8.2 mm
  • Warna
    Rose Gold, Champagne Gold, Marine Blue
Layar
  • Tipe Layar
    IPS LCD capacitive touchscreen
  • Ukuran
    5.5 inci
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels
  • Warna Layar
    16 juta
  • Kerapatan Layar
    267 ppi
  • Layar Sentuh
Software
  • Sistem Operasi
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Java
  • Fitur
    - MP4/H.264 player
    - MP3/WAV/eAAC+ player
    - Photo/video editor
    - Document viewer
Hardware
  • CPU
    Quad-core 1.3 GHz
  • RAM (memori)
    2 GB
  • Penyimpanan Internal
    16 GB
  • Penyimpanan Eksternal
    microSD, up to 32 GB
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, autofocus
  • Video
  • Fitur Kamera
    Ya
  • Flash
    LED flash
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Peringatan
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Pengeras Suara
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • Wi-fi
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct
  • Wi-fi Hotspot
  • Bluetooth
    4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    FM radio, RDS
  • USB
    microUSB v2.0
Baterai
  • Tipe Baterai
    Li-Ion (Lithium Ion)
  • Kapasitas
    2700 mAh
Top