Home » Produk » Oppo R9

Harga Oppo R9 dan Spesifikasi


  • CPU
    Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo

  • RAM
    4 GB

  • Kapasitas
    64 GB

  • Layar
    Capacitive touchscreen

  • Kamera
    21 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Harga Oppo R9 dan Spesifikasi – Beberapa waktu lalu penggemar Oppo di Tanah Air diramaikan oleh kehadiran Oppo F1. Produk yang dalam pemasarannya dibintangi oleh pembalap F1 asal Indonesia, Rio Haryanto tersebut memang cukup menarik banyak perhatian khususnya di kalangan anak muda. Menyusul kesuksesan Oppo F1, kini generasi lanjutan dari Oppo R series telah dilahirkan. R7 adalah produk dari R series yang terakhir kali dilahirkan oleh vendor asal Tiongkok tersebut. Oppo R9 rasanya akan menjadi kejutan lanjutan dari Oppo yang rencananya akan dirilis pada bulan April 2016. Seperti biasa, Oppo memang menempatkan generasi R series pada segmentasi smartphone kelas menengah atas hingga premium, sehingga tak heran apabila R series termasuk andalan produk Oppo di pasaran termasuk Oppo R9. Pada umumnya, untuk sebuah generasi baru tentunya dihadirkan dengan spesifikasi yang lebih handal dan mumpuni dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Begitupun yang diberikan pada Oppo R9 yang disenjatai dengan berbagai komponen kelas atas yang tentu saja siap menawarkan performa kerja lebih mumpuni.

oppo r9

Apabila Oppo R7 mengusung layar seluas 5.0 inci, kali ini untuk Oppo R9 yang merupakan sebuah phablet mengusung layar lebih luas yaitu 6.0 inci. Meskipun untuk teknologi layar yang dibawa pada Oppo R9 masih belum super AMOLED seperti generasi sebelumnya, namun berkat keberadaan layar kapasitif touchscreen dengan resolusi Quad HD pada phablet ini cukup mampu memberikan pemandangan visual yang membuat mata tetap nyaman. Untuk ruang dapur pacunya, Oppo R9 mengandalkan kinerja dari mesin berteknologi modern yaitu chipset Qualcomm Snapdragon  820 yang bertenaga processor Quad core. Tak tanggung-tanggung, Oppo juga menyematkan kartu pengolah grafis berkekuatan handal yaitu dengan GPU Adreno 530 yang siap memberikan visualisasi grafis terbaik. Artinya bagi kamu yang gemar bermain game-game kelas tinggi Oppo R9 cocok menjadi incaran. Yang lebih menarik, phablet yang telah berjalan pada platform sistem operasi Android Marshmallow tersebut dibekali dengan fitur fotografi yang sangat canggih. Berkat kekuatan dual kamera 21 MP dan 13 MP, tentu saja menjadikan Oppo R9 sebagai phablet dengan fitur fotografi sekelas profesional. Penasaran dengan segudang kelebihan yang diusung oleh Oppo R9? Nah, yuk simak spesifikasi dan harga Oppo R9 pada segmen-segmen di bawah ini!

hp oppo r9

Review Oppo R9

Phablet Berdesain Mewah dengan Display Menawan

Seperti biasa, pada sektor pembuka begawei terlebih dulu akan mengupas seputar spesifikasi Oppo R9 pada bagian fisik. Untuk Sebuah gadget pendatang baru, tentu saja penampilan fisik juga perlu dimaksimalkan agar saat pertama kali melihat calon konsumen akan tertarik mengenalnya lebih dalam lagi. Meskipun untuk detail dimensinya masih belum diketahui, namun dipastikan Oppo R9 akan tetap nyaman dioperasikan. Hanya saja, mengingat Oppo R9 merupakan sebuah phablet maka ukurannya lebih besar dari smartphone sehingga akan terlalu besar apabila disimpan di dalam saku celana. Untuk penampilannya, Oppo R9 terlihat begitu mewah dan elegan terbalut dalam busana berwarna gold. Beralih ke display, untuk urusan ini Oppo memang masih belum membekali Oppo R9 dengan layar berteknologi super AMOLED seperti yang diberikan pada R7. Namun, berkat keberadaan layar kapasitif dengan resolusi Quad HD, 1440 x 2560 piksel dan kerapatan mencapai 490 ppi, tentu saja akan membuat visualisasi yang diberikan oleh phablet ini akan tetap memanjakan mata kawan begawei. Apalagi Oppo R9  menggunakan Color OS sebagai perangkat antar muka, yang sanggup membuat visualisasi menjadi lebih atraktif. Kualitas layar yang sudah sangat mumpuni tersebut kemudian telah dilengkapi dengan proteksi layar anti gores dari Corning Gorilla Glass 4, sehingga layar phablet akan tetap terlindungi secara maksimal dari berbagai macam jenis goresan. Hal ini tentu menjadi nilai positif terhadap ketahanan yang ada dalam spesifikasi Oppo R9.

Performa Gahar dengan Chipset Snapdragon 820 yang Berjalan di Atas Platform Android Marshmallow

Setelah melihat seperti apa penampilan fisik dari spesifikasi Oppo R9, kini saatnya begawei akan mengajak kalian untuk membedah ‘jeroan’ dari phablet ini. Menawarkan performa olah data yang sangat handal, Oppo R9 dibekali dengan chipset Snapdragon 820 dari Qualcomm MSM8996. Chipset kelas atas tersebut ditenagai dengan processor Quad-core yang terbagi dalam dua buah inti processor yaitu dual-core 2.15 GHz Kryo dan dual-core 1.6 GHz Kryo. Kombinasi komponen tersebut mampu membuat kinerja Oppo R9 sangat cepat dalam menjalankan aplikasi. Namun hal itu saja rupanya masih belum cukup, pada sektor dapur pacu tersebut telah ditandemkan RAM dengan kapasitas 4 GB yang tentu saja siap melibas seluruh operasional termasuk untuk kinerja multitasking bagi aplikasi-aplikasi berkapasitas besar. Untuk kawan begawei yang gemar bermain game atau memutar video berkualitas tinggi, tentu saja Oppo siap memanjakan segala kebutuhan tersebut. Pasalnya, Oppo R9 mengandalkan GPU dari Adreno 530. Kartu pengolah grafis tersebut tergolong dalam perangkat kelas atas dan berkualitas wahid. Sebagai produk yang hadir di tahun 2016 ini, tentu saja Oppo juga tak ingin tertinggal. Oppo R9 hadir untuk sektor dapur pacu berjalan di atas platform sistem operasi Android Marshmallow yang tentu saja siap memberi fitur-fitur lebih menarik juga proses kerja yang lebih ringan. Penggunaan Android M tentu saja melengkapi spesifikasi Oppo R9.

spesifikasi oppo r9

Ruang Penyimpanan Sediakan Kapasitas Ekstra Longgar 64 GB

Spesifikasi Oppo R9 yang ditawarkan pada sektor dapur pacu sudah sangat gahar dan mumpuni, tentu saja hal ini harus diimbangi dengan keberadaan ruang simpan yang mendukung agar kinerja dari Oppo R9 maksimal dari segala sektor. Pada bagian ini, Oppo menyematkan ROM atau memori internal berkapasitas 64 GB dalam Oppo R9 ini. Tentu saja, kapasitas sebesar ini akan lebih dari cukup untuk menyimpan segala kebutuhan file kawan begawei. Baik meliputi file-file internal bawaan aplikasi juga file-file hiburan atau file pribadi yang bersifat eksternal. Segala kebutuhan para pengguna Oppo R9 akan terakomodasi secara maksimal. Sayangnya, untuk Oppo R9 keberadaan slot memori eksternal masih berada dalam satu slot dengan SIM 2, sehingga keduanya tak bisa digunakan secara bersamaan harus mengorbankan salah satu. Namun, apabila melihat kapasitas ruang simpan Oppo R9 pada memori internal yang sudah sangat luas, maka pemanfaatan dari slot memori eksternal yang dapat diekspansi hingga 128 GB rasanya masih tidak terlalu dibutuhkan. Nampaknya spesifikasi Oppo R9 dalam memori internal sengaja dibuat longgar agar slot memori eksternal dapat digunakan sebagai SIM 2.

separator

Lini Fotografi Berstandar Profesional dengan Duet Kamera 21 MP dan 13 MP

Berikutnya adalah sektor fotografi. Mengingat kehadiran Oppo R9 hadir di tengah-tengah teknologi yang semakin modern, tentu saja untuk spesifikasi Oppo R9 dalam bidang fotografi dituntut agar sanggup memenuhi kebutuhan fotografi masa kini. Fenomena aktivitas fotografi saat ini juga meningkat drastis dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Untuk itu, Oppo R9 dibekali dengan perangkat kamera yang siap mendukung pengambilan gambar dengan kualitas tingkat tinggi. Oppo R9 dibekali kamera utama atau kamera belakang yang berkekuatan 21 MP, tentu saja kamera tersebut akan mampu membidik objek dengan detail dan ketajaman yang sangat bagus. Kamera utama pada Oppo R9 juga telah dilengkapi oleh beberapa fitur utama seperti aperture f/2.0, phase detection, autofocus dan LED flash. Selain fitur utama, kamera 21 MP tersebut juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung yang akan membuat hasil jepretan mendapat sentuhan yang lebih modern seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan juga HDR. Seperti yang telah begawei singgung sebelumnya, Oppo R9 juga dibekali dengan kamera depan atau kamera sekunder yang sangat mumpuni. Apabila kebanyakan smartphone atau phablet hanya mengandalkan kemera depan dengan spesifikasi maksimal 8 MP, Oppo R9 siap memanjakan aktivitas berfoto selfie dan video call dengan kamera berukuran 13 MP. So, sektor kamera merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh dalam spesifikasi Oppo R9 ini.

spesifikasi hp oppo r9

Konektivitas Terlengkap dengan Jalur Akses Internet 4G LTE

Setelah sama-sama kita melihat bagaimana ketangguhan yang ditawarkan oleh sektor kamera, kini waktunya Begawei akan mengulas seputar konektivitas pada spesifikasi Oppo R9 ini. Konektivitas adalah bagian terpenting dari sebuah perangkat pintar. Tanpa adanya dukungan akses internet yang handal, tentu saja sebuah perangkat pintar tidak akan bekerja dengan maksimal. Untuk urusan komunikasi, Oppo R9 telah mendukung akses dual SIM card. Dengan adanya dual SIM card tersebut, tentu akan membuat komunikasi menjadi lebih efisien. Akses jaringan pada Oppo R9 mengandalkan jalur utama dengan teknologi jaringan 4G LTE. Seperti kita ketahui, bahwa 4G LTE adalah jaringan tercepat saat ini dengan kecepatan download mencapai 150 Mbps dan kecepatan upload mencapai 50 Mbps. Tak hanya itu saja, Oppo R9 juga masih mendukung jalur akses internet alternatif yaitu dengan HSPA dan GSM. Kedua jalur alternatif tersebut masih cukup handal untuk dimanfaatkan apabila kawan begawei berada di lokasi yang belum tercover 4G LTE. Oppo R9 ini juga dibekali dengan konektivitas jarak dekat yang sangat lengkap. Untuk kebutuhan akses internet gratis, bisa juga memanfaatkan Wifi dan hotspot. Lalu, untuk transfer file non internet dengan kecepatan maksimal, kawan begawei bisa memanfaatkan Bluetooth dan microUSB dan USB Host. Sayangnya, meski Oppo R9 merupakan salah satu phablet kelas atas yang untuk sistem navigasinya, spesifikasi Oppo R9 masih mengandalkan A-GPS yang merupakan navigasi standar.

Kapasitas Baterai Disuplai Li-Po 2850 mAh

Setelah membedah seluruh sektor teknis spesifikasi Oppo R9, kita telah mengetahui bagaimana kehandalan dari layar, dapur pacu hingga konektivitas yang siap ditawarkan oleh phablet asal negeri Tirai Bambu ini. Nah, pada sektor yang terakhir begawei akan mengulas seberapa besar kekuatan daya yang dibekalkan pada Oppo R9 untuk menopang seluruh operasionalnya. Phablet Oppo R9, hadir dengan layar yang cukup luas dan resolusi yang sangat bagus. Karena masih belum mengusung layar super AMOLED, maka untuk bagian layar dipastikan akan membutuhkan konsumsi dapat baterai yang cukup besar. Selain itu, dapur pacu yang berkekuatan tinggi serta konektivitasnya yang telah support 4G LTE juga akan menjadi faktor konsumsi daya yang besar. Untuk itu, secara keseluruhan Oppo R9 tergolong phablet yang boros energi. Memahami hal tersebut, Oppo kemudian membekali Oppo R9 ini dengan jenis baterai non-removable dari Lithium-Polymer berkapasitas 2850 mAh. Kapasitas baterai tersebut pas untuk mendukung aktivitas selama pengguna Oppo R9 selama seharian. Hanya saja, kawan begawei tetap perlu menyediakan suplai daya cadangan seperti power bank apabila sewaktu-waktu membutuhkan isi ulang di tengah proses operasional. Karena kendati kapasitas baterai dalam spesifikasi Oppo R9 yang ditawarkan cukup besar, kawan Begawai perlu persiapan daya yang sedia setiap saat.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo R9

Apabila mengacu pada spesifikasi yang ditawarkan, kelebihan Oppo R9 ada pada semua lini yang dibutuhkan oleh sebuah ponsel pintar. Mulai dari sector Processor yang merupakan double dual processor dengan clock di atas 1.5 GHz, layar luas dengan resolusi 1440×2560 ditambah RAM 4 GB yang dipacu dengan ROM 64 GB. Terlebih lagi dukungan GPU Adreno 530 memberikan kepastian bahwa Oppo R9 adalah ponsel pintar untuk pecinta games berat android. Sayangnya, ponsel ini kurang cocok untuk pecinta traveling. Karena Oppo R9 hanya dilengkapi dengan navigasi berteknologi A-GPS yang kurang akurat dibandingkan dengan ponsel pintar yang menggunakan navigasi sistem ganda. Sebagai rangkuman, Begawei mencatat kelebihan Oppo R9 dan kekurangan Oppo R9 sebagai berikut:

Kelebihan Oppo R9
  • Dual SIM card
  • Support 4G LTE
  • Layar 6.0 inchi
  • Resolusi layar Quad HD 1440 x 2560 piksel 490 ppi
  • Proteksi layar Corning Gorilla Glass 4
  • Sistem antar muka Color OS
  • Chipset Snapdragon 820
  • Processor (Dual-core 2.15 GHz dan Dual-core 1.6 GHz) Kryo
  • GPU Adreno 530
  • OS Android Marshmallow
  • RAM 4 GB
  • Memori internal 64 GB
  • Slot memori eksternal 128 GB
  • Duet kamera 21 MP dan 13 MP
  • Bluetooth v4.2
  • Baterai memiliki fitur fast battery charging
Kekurangan Oppo R9
  • Slot memori eksternal masih menumpang pada slot SIM 2
  • Navigasi masih A-GPS

Harga Oppo R9

Secara spesifik, komponen yang ada pada seri terbaru Oppo R9 ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan seri R7. Lalu, bagaimana dengan harga Oppo R9 ini ya? Berbicara mengenai harga, tentunya kita harus melihat kembali spesifikasi yang dibawa oleh smartphone terbaru besutan Oppo ini. Oppo R9 memang membawa luas layar yang lebih besar dari R7. Meski layarnya lebih besar dan masih belum mengusung jenis layar super AMOLED, namun kualitasnya tak kalah handal karena resolusi yang dihadirkan sudah Quad HD dengan kerapatan yang cukup besar. Penggunaan layar kelas satu inilah yang akhirnya juga akan memengaruhi banderol harga Oppo R9 di pasaran. Kualitas display memang menjadi andalan Oppo karena banyak produk lain di kelasnya yang kualitas layarnya di bawah produk-produk Oppo. Selain itu, kisaran harga Oppo R9 pun juga ditentukan oleh lini dapur pacu yang mengusung prosesor Quad-core serta RAM berkapasitas 4 GB dan berjalan pada platform Android Marshmallow. Lalu, dengan spesifikasi tersebut, berapa kira-kira harga Oppo R9 ini?

harga oppo r9

harga oppo r9 terbaru

Hingga saat ini, Oppo sendiri belum mengeluarkan rilis resmi harga Oppo R9 ini. Namun dari data yang berhasil Begawei himpun, banderol harga seri smartphone Oppo terbaru ini adalah sekitar Rp 8 hingga Rp 10 jutaan. Penghitungan perkiraan harga Oppo R9 ini adalah berdasarkan kualitas spesifikasi dari masing-masing bagian. Untuk pasar gadget Indonesia, harga jual Oppo R9 yang kami prediksi ini memang masuk dalam level mahal. Jika dibandingkan dengan banderol harga Oppo R7, kali ini harga Oppo R9 yang berada pada level Rp 8 jutaan memang menjadi harga yang cukup pas, sesuai dengan spesifikasinya dan termasuk kompetitif jika dibandingkan dengan produk-produk lain yang berada di kelas yang sama.

Harga Oppo R9
Sekitar Rp 8.000.000,-

Jika kita perhatikan lebih seksama dan kembali mengacu pada spesifikasinya, harga Oppo R9 ini memang pantas berada di level atas. Namun yang perlu kami ingatkan, bahwa banderol harga Oppo R9 di atas masih merupakan harga perkiraan awal saja. Ada kemungkinan besar bahwa harga jual smartphone terbaru dari Oppo ini akan lebih murah atau bahkan lebih mahal dari yang kami perkirakan, terlebih nantinya saat telah masuk ke Indonesia. Dengan segudang teknologi dan fitur canggih yang ada di dalamnya, Oppo R9 akan menambah seru persaingan gadget kelas atas. Bagi sebagian kalangan, harga Oppo R9 ini pastinya dianggap sangat mahal. Namun jika kita bicara kualitas, maka kualitas Oppo R9 termasuk salah satu phablet yang diidamkan para penggemar teknologi kelas atas dan berkualitas. So, kali ini begawei tutup review cukup sampai di sini dulu. Baca juga Oppo R7s dan Samsung Galaxy A5 2016

Spesifikasi Oppo R9

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE Cat6 300/50 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, Maret
  • Status
    Rumor, Rilis April 2016
Desain
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    6.0 inches
  • Resolusi
    1440 x 2560 pixels (~490 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass 4
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
  • CPU
    Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo
  • GPU
    Adreno 530
  • RAM
    4 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Internal
    64 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    21 MP, f/2.0, phase detection autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    2160p@30fps, 1080p@30fps
  • Kamera Depan
    13 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.2
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    Tidak
  • USB
    microUSB v2.0, USB Host
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-Removable Li-Po
  • Daya
    2850 mAh

Produk Lainnya dari Oppo

Top