Home » Produk » Oppo F1

Harga Oppo F1 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 1.7

  • RAM
    3 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    8 MP

Spesifikasi dan Harga Oppo F1 – Oppo melanjutkan gebrakannya di awal tahun 2016 dengan mengusung satu lagu produk smartphone terbarunya. Setelah kemarin kita sempat membahas seri Oppo A30, kali ini kita akan berkenalan dengan Oppo F1 yang merupakan produk ponsel pintar kedua besutan perusahaan asal Tiongkok tersebut. Momen gelaran CES 2016 sepertinya dimanfaatkan betul oleh Oppo. Sebagai salah satu vendor perangkat pintar yang sudah ternama, Oppo memang tak henti memberikan inovasi terkini bagi penggila gadget di seluruh dunia. Tetap membidik segmen menengah, kali ini Oppo F1 dihadirkan sebagai pembuka untuk generasi Oppo F Series. Generasi pertama di luar Oppo A dan juga Oppo R Series ini memang sempat menjadi buah bibir saat teasernya diunggah Oppo melalui akun resmi Weibo milik perusahaan. Diberitakan bahwa Oppo F1 ini akan mengandalkan kemampuan fotografi sebagai nilai jual utamanya. Hal ini memang wajar mengingat para pesaing Oppo macam Huawei atau Lenovo semakin sering mengeluarkan produk smartphone dengan kemampuan fotografi yang cukup bagus. Namun, pastinya Oppo pun juga tak hanya berfokus pada kemampuan fotografi saja. Selain memiliki kemampuan fotografi yang oke punya, Oppo F1 ini pun tentunya juga mengusung beragam spesifikasi teknis yang memiliki kualitas di atas rata-rata.

oppo f1

Hadir pada segmentasi smartphone high-end tentu saja perangkat pintar teranyar buatan Oppo ini harus memenuhi standar. Oppo sendiri memang dikenal sebagai salah satu vendor yang lebih sering bermain di pangsa pasar menengah atas. Itu artinya, spesifikasi teknis pada Oppo F1 jelas tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Smartphone berlayar lebar tetap menjadi konsep utama dari produk terbaru Oppo ini. Hal ini bisa kita lihat dari penggunaan layar berukuran 5 inci yang terpasang pada rangka Oppo F1 yang tergolong cukup bongsor. Layar yang digunakan memang masih jenis IPS, bukan AMOLED. Namun meski begitu, kualitas visual smartphone terbaru dari Oppo ini jelas tak boleh diremehkan karena sudah didukung oleh resolusi dan tingkat kerapatan layar yang cukup tinggi, So, tampilan gambar yang dihasilkan oleh layar pada Oppo F1 pastinya akan sangat tajam dan memanjakan mata. Kemudian beralih pada bagian ruang dapur pacunya, digunakanlah chipset Qualcomm Snapdragon 616 yang memiliki kekuatan prosesor Octa-core 1,7 GHz. Performa Oppo F1 pun akan semakin gahar karena pabrikan juga sudah menyematkan RAM berkapasitas 3 GB serta kartu pengolah grafis GPU Andreno 405. Sebagai fitur andalan, lini fotografi pada smartphone ini pun juga tampil maksimal dengan duet kamera 13 MP dan 8 MP. Dari sekilas pembahasan ini, jelas kita memang tak bisa meremehkan kualitas yang ditawarkan oleh Oppo. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah review lengkap mengenai spesifikasi dan harga Oppo F1 yang sudah kami siapkan untuk sobat Begawei semuanya. Simak ya!

hp oppo f1

Review Oppo F1

Sektor Visual Andalkan Layar IPS 5 Inci dengan Sistem Proteksi Gorilla Glass 4

Seperti biasanya, untuk segmen yang pertama Begawei akan mengawali dengan sektor yang paling kasat mata, yaitu spesifikasi Oppo F1 di bagian desain. Tak dapat dielakkan memang karena pada saat melihat sebuah produk baru yang pertama menjadi penilaian adalah sektor fisik. Setelah tertarik dengan bagian fisik, maka konsumen pastilah akan penasaran dan mencari tahu seperti apa bagian dalam dari ponsel pintar tersebut. Nah untuk urusan desain, Oppo F1 dibekali dengan desain khas ala Oppo yang terlihat semakin elegan dan stylish berkat pilihan corak warna casing berwarna putih dan emas. Pada bagian dimensi, seperti biasa smartphone besutan Oppo memang selalu dibekali dengan desain minimalis dan ramping sehingga pengoperasiannya juga semakin nyaman. Oppo F1 ini mengusung dimensi berukuran 143.5 x 71 x 7.3 mm dengan bobot 134 gram. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang cukup minimalis dan efisien di dalam genggaman satu tangan. Sementara pada bagian visual, Oppo membekali smartphone terbarunya ini dengan jenis layar IPS LCD yang membentang seluas 5.0 inci. Meskipun layar pada Oppo F1 ini masih belum mengusung teknologi Super AMOLED, namun berkat resolusi Full HD yang dibekalkan, smartphone ini tetap sanggup menyajikan tampilan visual yang jernih dan nyaman di mata. Layar tersebut juga terlindungi secara maksimal dengan sistem proteksi Corning Gorilla Glass 4 yang telah terpasang secara built-in pada ponsel pintar ini. Secara umum, spesifikasi Oppo F1 di bagian desain dan layar ini memang sudah cukup oke karena memiliki bekal layar yang lapang didukung teknologi terbaik.

Kinerja Olah Data Maksimal Berkat Prosesor Octa-core 1.7 GHz dan RAM 3 GB

Kagum dengan spesifikasi visualnya? Kawan Begawei pasti akan semakin jatuh cinta pada kualitas spesifikasi Oppo F1 apabila telah mengetahui seperti apa komponen dapur pacu yang ada di dalamnya. Untuk bagian ini, Oppo memang mengandalkan kinerja dari komponen-komponen yang berkualitas. Berkat kombinasi chipset Qualcomm Snapdragon 616 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1.7 GHz, tentu saja aktivitas pengolahan data pada Oppo F1 akan menjadi semakin maksimal dan lancar. Lalu, Oppo juga menyematkan kapasitas RAM 3 GB yang sangat berguna untuk mendukung kinerja lebih optimal terutama untuk kebutuhan kinerja multitasking. Sementara untuk kebutuhan pengolah grafis, Oppo F1 dibekali dengan kartu pengolah grafis GPU Adreno 405, di mana perangkat pengolah grafis tersebut diketahui sanggup menampilkan vusialisasi game sekelas HD atau memutar film dan video dengan pemandangan yang maksimal. Melihat spesifikasi komponen-komponen mesin yang tersusun di ruang dapur pacunya, tentu saja Oppo F1 telah membuktikan bahwa dapur pacunya siap bersaing dengan produk dari vendor lain. Terakhir, untuk menciptakan kinerja dapur pacu yang lebih sempurna, spesifikasi Oppo F1 di bagian software dipercayakan pada platform sistem operasi Android Lollipop atau Android v5.1.1 dengan balutan tampilan antar muka Color OS 2.1 yang akan membawa segudang fitur menarik di dalamnya.

spesifikasi oppo f1

Internal Storage Didukung Kapasitas Ekstra Luas 16 GB

Selain memerlukan dukungan spesifikasi mesin yang mumpuni, kinerja suatu smartphone juga ditentukan oleh seberapa luas ruang penyimpanan yang dimiliki. Dalam hal ini tentunya kita akan membahas luas internal storage atau memory yang ada. Guna semakin meningkatkan kemampuan kerja sistem di dalamnya, spesifikasi Oppo F1 ini pun juga didukung oleh ruang penyimpanan yang cukup luas. Untuk menunjang kebutuhan penyimpanan yang maksimal, Oppo menawarkan memori internal sebesar 16 GB yang akan membuat sobat Begawei leluasa untuk menyimpan berbagai macam file atau aplikasi berukuran besar ke dalam Oppo F1 ini. Dengan kapasitas yang luas tersebut, sobat Begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file penting kamu di dalam satu perangkat gadget saja. Jika melihat kapasitasnya, memori internal pada Oppo F1 ini juga sama dengan kapasitas memori internal seri Oppo R5 atau Oppo A33yang juga memiliki memori seluas 16 GB saja. Namun berbeda dengan Oppo R5, smartphone Oppo seri F1 ini masih didukung oleh slot memori eksternal yang bisa digunakan untuk mengekspansi kapasitas memori menjadi lebih besar. Daya tampung memori eksternal pada spesifikasi Oppo F1 ini juga merupakan salah satu yang terbesar di kelasnya, yakni hingga 128 GB. Namun sedikit catatan, jika kawan Begawei ingin menambahkan microSD Card, maka harus mengorbankan SIM 2, karena slotnya menempati ruang yang sama.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera 13 MP dan 8 MP Lengkap dengan Fitur Canggih

Sekarang saatnya kita membahas spesifikasi Oppo F1 yang memang menjadi andalannya, yakni pada bagian fotografi. Sebenarnya, kekuatan utama pada lini fotografi smartphone ini bukanlah kekuatan atau ukuran lensanya, namun pada kelengkapan fitur-fitur dan teknologi pendukungnya. Pada bagian belakang, Oppo F1 mengusung kamera utama berkekuatan 13 MP. Kamera belakang pada smartphone ini mampu menghasilkan jepretan foto yang cukup baik dan memiliki resolusi tinggi. Apalagi, kamera belakang tersebut juga didukung oleh fitur apperture f/2.2, LED Flash dan juga Autofocus. Tak ketinggalan, Oppo F1 juga sudah dilengkapi dengan fitur olah fotografi modern semisal Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan juga HDR. Tak hanya bisa diandalkan untuk membidik foto, kamera primer pada smartphone Oppo F1 ini juga bisa digunakan sebagai media perekam dengan cukup baik. Kualitas rekaman video yang bisa mencapai 1080@30 fps atau FHD ini sudah cukup bagus untuk video dari smartphone. Lalu, kemampuan smartphone ini pada sektor fotografi juga disempurnakan dengan penggunaan kamera depan berukuran 8 MP. Dengan adanya kamera depan berukuran 8 MP pada sisi depan Oppo F1 tersebut, pastinya akan memudahkan kawan Begawei yang memiliki hobi selfie atau sering melakukan panggilan video call. Apalagi, kamera depan tersebut juga sudah dibekali dengan fitur screen flash dan juga apperture f/2.0. Jadi, spesifikasi Oppo F1 di bagian fotografi ini tentu akan menghasilkan jepretan foto yang sangat berkualitas.

spesifikasi hp oppo f1

Komunikasi Semakin Lancar Berkat Slot Dual SIM dan Dukungan Jaringan LTE

Saat ini, kelengkapan teknologi konektivitas dan jaringan data memang sudah menjadi syarat mutlak sebuah smartphone masa kini. Akan terasa mubazir bila smartphone dengan spek mesin tangguh namun tak didukung dengan konektivitas terbaik. Layakanya smartphone modern lainnya, spesifikasi Oppo F1 pada sektor ini juga telah didukung oleh pilihan konektivitas yang cukup lengkap. Selain membawakan slot dual SIM card untuk memudahkan komunikasi data seluler, smartphone ini juga telah support dengan konektivitas jaringan 4G LTE. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone menengah di bawah gadget premium, nyatanya Oppo F1 hadir dengan mengusung teknologi jaringan data terbaik. Berbekal jaringan data super cepat 4G LTE, kawan Begawei bisa menikmati akses internet hingga mencapai kecepatan 150 Mbps untuk download. Sementara untuk upload, Oppo F1 bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps. Jika kawan Begawei berada di daerah yang belum tercover oleh jaringan 4G pun tak perlu khawatir karena smartphone ini telah didukung oleh pilihan jaringan alternatif yang lengkap, mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Selain dibekali dengan pilihan mode jaringan seluler yang lengkap, kawan Begawei juga bisa memanfaatkan fitur WiFi dan juga WiFi Direct yang sudah disematkan pada Oppo F1 ini. Jika Begawei ingin berbagi akses data dengan teman-teman, maka kamu pun bisa menggunakan fitur portable hotspot yang ada pada smartphone ini. Sedangkan untuk keperluan transfer data jarak dekat, smartphone ini juga telah memiliki fitur Bluetooth serta slot microUSB. Sementara untuk kamu yang hobbt travelling, kamu bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS yang sudah ada pada spesifikasi Oppo F1 ini. Meski masih sebatas A-GPS biasa, namun keberadaannya pasti sudah sangat membantu kamu yang hobi travelling.

Pasokan Daya Disokong Baterai Berkapasitas 2.500 mAh

Sesudah membedah semua sektor yang ada pada spesifikasi Oppo F1 ini, pastinya satu hal lagi yang tak boleh dilupakan adalah kekuatan suplai dayanya. Kapasitas atau besaran daya pada baterai juga merupakan masalah yang cukup penting. Semakin besar kapasitas baterainya, tentu semakin baik karena semua sistem akan bisa bekerja optimal sepanjang hari. Jika melihat spesifikasinya, Oppo F1 ini memang tergolong smartphone yang memiliki konsumsi daya cukup besar. Hal ini karena komponen-komponen hardware yang ada di dalamnya merupakan komponen berkualitas tinggi. Salah satu contoh bagian yang membutuhkan pasokan daya cukup tinggi adalah dapur pacunya. Selain itu, layar dan sistem koneksi pada Oppo F1 pun juga membutuhkan pasokan daya yang cukup besar. Guna memberikan jaminan kinerja yang maksimal, Oppo pun membekali produk smartphone terbarunya ini dengan baterai berkapasitas memadai, yakni 2.500 mAh. Besaran kapasitas daya baterai yang dibekalkan pada spesifikasi Oppo F1 ini sebenarnya memang sudah cukup memadai. Jadi, berkat dukungan daya yang sudah memadai maka bisa dipastikan bahwa kinerja operasional ponsel pintar yang satu ini akan semakin maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo F1

Menempati pangsa pasar kelas menengah, kelebihan yang ditawarkan oleh Oppo F1 memang cukup beragam. Selain mengandalkan kekuatan fotografi yang sudah banyak kita bahas tadi, smartphone ini juga dibekali dengan spesifikasi teknis yang sangat berkualitas di bagian mesin berupa chipset Snapdragon 616 yang berkekuatan prosesor Octa-core 1,7 GHz. Apalagi, Oppo juga sudah menggunakan RAM 3 GB serta memori internal berkapasitas 16 GB. Namun, meski memiliki bekal spesifikasi yang cukup baik, smartphone ini juga tetap memiliki beberapa catatan kekurangan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah tabel kelebihan Oppo F1 dan kekurangan Oppo F1.

Kelebihan Oppo F1
  • Desain elegan stylish
  • Layar IPS LCD 5.0 inci
  • Resolusi layar Full HD
  • Proteksi layar Corning Gorilla Glass 4
  • Dilengkapi fitur Color OS 2.1
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon 616
  • Processor Octa-core 1.7 GHz
  • GPU Adreno 405
  • RAM 3 GB
  • Memori internal 16 GB
  • MicroSD 128 GB
  • Kamera 13 MP dan 8 MP
  • Bluetooth v4.1 A2DP
  • Kapasitas baterai 2.500 mAh
Kekurangan Oppo F1
  • Kerapatan layar hanya 294 ppi
  • Slot memori eksternal masih menggunakan slot SIM 2
  • Sistem navigasi masih A-GPS
  • Baterai jenis Li-Ion

Harga Oppo F1

Setelah seluruh sektor terkupas secara tuntas, kini tibalah pada segmen yang terakhir yaitu soal harga Oppo F1 ini. Tentunya kawan Begawei sudah penasaran, bukan? Namun sebelum berlajut pada berapa nominal yang dilabelkan, Begawei akan terlebih dahulu memberi sedikit kesimpulan mengenai detail spesifikasi yang diusung oleh smartphone terbaru dari Oppo ini. Nah, perangkat pintar terbaru besutan vendor asal Tiongkok ini membawakan layar jenis IPS LCD 5 inci yang membawakan resolusi Full HD. Berlapis Corning Gorilla Glass 4 menjadikan layar pada Oppo F1 ini akan terlindungi secara maksimal. Namun dengan adanya perangkat tersebut, tentu saja harga jualnya di pasaran juga akan terpengaruh. Melihat ruang olah data yang tangguh dengan chipset Snapdragon 616 bertenaga prosesor Octa-core 1.7 GHz dan kapasitas RAM 3 GB, tentu saja kinerja menjadi semakin optimal, bahkan untuk keperluan multitasking sekalipun. Komposisi hardware pada ruang dapur pacu ini jugalah yang mempengaruhi harga Oppo F1 di pasaran. Kemudian, ponsel pintar ini juga mendukung ruang simpan yang memadai, lini fotografi canggih, konektivitas maksimal juga kapasitas baterai 2.500 mAh yang sanggup mempertahankan ponsel selama seharian. So, berbekal kualitas tersebut lalu berapakah harga Oppo F1 ini ya?

harga oppo f1

harga oppo f1 terbaru

Untuk harga secara resmi, Oppo memang masih belum mengumumkan secara resmi. Namun, berdasarkan beberapa sumber telah memprediksi harga dari ponsel pintar yang satu ini. Dari sumber yang Begawei dapatkan, diprediksi bahwa harga Oppo F1 akan dilepas ke pasaran dengan nominal antara Rp 4-5 jutaan. Sebuah harga yang cukup mahal memang. Namun bila kita kembali menilik kualitas yang ada pada spesifikasi teknis Oppo F1 ini, harga tersebut memang sudah sesuai dengan apa yang ada di dalamnya. Dengan mengandalkan kekuatan visual yang cukup bagus, komponen dapur pacu yang memiliki performa tangguh, serta lini fotografi berkualitas, jelas bahwa harga Oppo F1 memang pantas dilabeli mahal. Secara umum, ponsel pintar terbaru buatan Oppo ini memang siap bersaing dengan produk dari vendor lain di kelas yang sama. Dengan label harga Oppo F1 yang cukup kompetitif di pangsa pasar smartphone kelas menengah ke atas, pastinya smartphone asal Negeri Tirai Bambu ini akan sangat percaya diri untuk melenggang di pasaran.

Harga Oppo F1
Sekitar Rp 4.000.000,- s/d Rp 5.000.000,-

Namun, perlu diingat bahwa harga Oppo F1 yang Begawei sampaikan masih berupa harga perkiraan. Maka apabila nantinya kawan Begawei menemukan harga yang berbeda dengan perkiraan, maka tak perlu heran. Selama ini, Oppo memang telah dikenal sebagai produsen yang lebih berfokus pada segementasi ponsel kelas menegah hingga kelas atas, sehingga strategi ini bukanlah hal baru bagi Oppo. Dengan konsistensinya memproduksi gadget berklualitas seperti seri Oppo F1 ini, tentu saja membuat namanya memiliki pamor yang cukup baik di pasaran. Maka, dengan kehadiran jagoan barunya ini cukup menjadi senjata perang yang tangguh untuk menatap persaingan di tahun 2016. Soal harga Oppo F1 memang relatif. Ada yang menganggapnya terlalu mahal, ada juga yang beranggapan harganya sudah pas dengan kualitasnya. Sekali lagi, selera konsumen akan sengat menentukan pada pemasaran ponsel pintar terbaru dari Oppo ini. Untuk pengumuman harga Oppo F1 secara resmi, harap bersabar ya! Tunggu rilis resminya beberapa hari ke depan. Baca juga ulasan Begawei mengenai Oppo A30 dan Xiaomi Redmi 3.

Spesifikasi Oppo F1

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2016, January
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2016, January
Desain
  • Dimensi
    143.5 x 71 x 7.3 mm (5.65 x 2.80 x 0.29 in)
  • Berat
    134 g (4.73 oz)
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM/ Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~67.6% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~294 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass 4
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616
  • CPU
    Octa-core 1.7 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 405
  • RAM
    3 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    8 MP, f/2.0, 1080p, screen flash
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Yes
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS
  • Radio
    To be confirmed
  • USB
    microUSB v2.0, USB Host
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion
  • Daya
    2500 mAh

Produk Lainnya dari Oppo

Top