Home » Produk » Oppo A30

Harga Oppo A30 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core

  • RAM
    3 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    AMOLED

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v5.1

Spesifikasi dan Harga Oppo A30 – Mengawali awal tahun 2016, Oppo langsung tampil menggebrak. Pada pekan pertama bulan Januari 2016 ini, vendor asal Tiongkok itu langsung memperkenalkan seri smartphone Oppo A30 sebagai jagoan barunya. Jika bicara mengenai pabrikan smartphone dari Tiongkok, kita tentu sepakat jika Oppo merupakan salah satu vendor Tiongkok yang cukup eksis selain Xiaomi. Hal tersebut sangat wajar, mengingat Oppo memang terus menunujukkan manuvernya di jagat pasar smartphone dunia. Bahkan di negeri asalnya, popularitas Oppo tak kalah mentereng dibandingkan raksasa vendor smartphone lainnya seperti Samsung atau Apple. Hadirnya smartphone seri Oppo A30 ini pastinya akan semakin menguatkan pamor Oppo di pangsa pasar gadget kelas menengah hingga atas. Meski baru sebatas rumor, namun smartphone terbaru Oppo ini nampaknya tinggal menunggu waktu perilisan resminya saja. Hal ini karena unit Oppo A30 sudah muncul di laman sertifikasi smartphone Tiongkok TENAA. Biasanya, unit smartphone yang sudah ‘nongol’ di TENAA bakal segara dilepas ke pasaran. Oppo sendiri menempatkan smartphone terbarunya ini di segmen menengah. Itu artinya, ponsel pintar seri Oppo A30 ini mengusung spesifikasi teknis yang pastinya tidak mengecewakan.

oppo a30

Datang untuk menggempur pasar smartphone mid-end, maka sudah pasti jika Oppo A30 wajib dipersenjatai dengan bekal spesifikasi teknis yang berkualitas. Sebab pada klasifikasi pasar tersebut, sudah banyak bercokol smartphone canggih berharga miring. Untuk itu tak heran jika pada smartphone keluaran terbaru dari Oppo ini, kita akan menjumpai ragam spesifikasi yang mumpuni. Mulai dari layarnya, kali ini Oppo A30 mengadopsi layar berukuran 5 inci yang memiliki resolusi 1080p atau full HD. Lalu untuk bagian mesinnya, Oppo mempercayakan komponen berkualitas seperti chipset Snapdragon 810 SoC (System on Chip) yang ditenagai oleh prosesor Octa-core. Kombinasi dua hardware kelas atas ini lantas disempurnakan dengan RAM berukuran 3 GB. So, jika melihat spesifikasi mesinnya, secara performa Oppo A30 jelas tidak bisa dianggap remeh. Beralih ke sektor fotografi, smartphone Oppo seri A30 ini rupanya juga telah mengusung duet kamera 13 MP dan 8 MP yang sangat ideal untuk smartphone level menengah. Terakhir, untuk urusan konektivitas juga telah lengkap dengan dukungan jaringan 4G LTE. Nah itulah sekilas mengenai spesifikasi teknis dari Oppo A30 ini. Nah biar lebih jelasnya, berikut Begawei sudah siapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Oppo A30 pada segmen-segmen di bawah ini. Yuk simak!

hp oppo a30

Review Oppo A30

Smartphone 5 Inci dengan Desain Minimalis Namun Tetap Elegan

Seperti biasa, pada segmen pertama ini Begawei akan mengajak sobat untuk mengulas detail spesifikasi Oppo A30 dari bagian eksteriornya terlebih dahulu. Yup, untuk segmen pembuka kali ini kita akan membedah sektor tampilan dari smartphone anyar Oppo ini. Secara garis besar, desain fisik smartphone Oppo seri A30 memang cenderung minimalis. Sekilas cukup identik dengan pendahulunya, yakni Oppo A35. Di mana Oppo A30 masih mengusung bentuk bodi yang berbentuk persegi panjang dengan sudut-sudut dibuat tegas. Lalu desain fisik tersebut dikombinasikan dengan bezel yang cukup lebar pada sisi sebelah kiri dan kanan layar. Oppo A30 pun juga tampil dengan konsep simple namun tetap ‘eye catchy’ lewat panel tombol homescreen yang ditempatkan terpisah dengan bagian layarnya. Meskipun memiliki desain minimalis, namun Oppo A30 masih terlihat elegan berkat komposisi material metal yang diusungnya. Secara fisik, dimensi fisik yang dibawa oleh smartphone terbaru dari Oppo ini juga sudah cukup ideal, dengan ukuran tubuh meliputi 140 mm x 69 mm x 6.9 mm. Bobotnyapun tak terlampau berat, sebab Oppo A30 hanya memiliki berat 138 gram. Sehingga secara dimensional, smartphone ini terasa sangat nyaman ketika digenggam atau ditaruh di dalam saku. Beralih di bagian visualisasinya, Oppo mengandalkan panel layar jenis IPS LCD kapasitif berukuran 5 inci yang memiliki resolusi sebesar 1920 x 1080 piksel dan tingkat kerapatan layar mencapai 441 piksel per inci. So, lewat resolusi yang dibawanya, smartphone Oppo A30 ini dijamin memiliki kualitas display visual yang cukup mumpuni. Hanya saja untuk spesifikasi layarnya, smartphone ini belum dibekali dengan proteksi layar internal, sehingga sobat Begawei harus memasang screen guard secara terpisah. Meski memiliki catatan minus pada bagian proteksi, namun secara umum spesifikasi Oppo A30 di bagian fisik dan visual ini sudah cukup bagus.

Didukung Chipset Snapdragon 810 SoC dan RAM 3GB untuk Performa Olah Data Maksimal

Puas dengan desain serta kualitas visual dari spesifikasi Oppo A30 yang ternyata tampil cukup menjanjikan, pastinya tak akan ada artinya jika smartphone ini tidak didukung dengan performa yang dahsyat. Ternyata untuk sektor olah performanya, Oppo sudah membekali smartphone terbaru seri A30 ini dengan bekal komponen hardware yang mumpuni. Seolah ingin mengimbangi kualitas dan kecanggihan layarnya, ruang dapur pacu Oppo A30 juga dijejali dengan komponen hardware kelas atas lewat chipset Qualcomm Snapdragon 810 SoC berkekuatan prosesor delapan inti CPU atau Octa-core. Kombinasi prosesor atau CPU tersebut terdiri dari Quad-core 1,55 GHz Cortex ARM-A53 dan juga Quad-core 2,0 GHz Cortex ARM-A57. Spesifikasi hardware pada ruang dapur pacu Oppo A30 tersebut tentunya akan memberikan kemampuan olah data yang maksimal untuk level smartphone mid-end. Apalagi, guna mendukung kinerja mumpuni yang diberikan oleh hardware berkualitas tinggi tersebut, juga sudah dipadukan dengan besaran RAM berkapasitas 3 GB. Dengan dukungan RAM yang lumayan besar itu dijamin aktivitas multitasking sobat Begawei pada Oppo A30 ini akan berjalan lancar tanpa lag. Kemudian untuk memberikan kualitas grafis berkelas, Oppo mempercayakan GPU jenis Adreno 430 yang sanggup menampilkan performa grafis menjadi lebih detail saat bermain game HD atau menonton film. Dilihat dari spesifikasi teknis ruang mesinnya, memang smartphone ini memiliki kemampuan olah data yang sangat bisa diandalkan. Terakhir demi menyempurnakan spesifikasi Oppo A30 di dapur pacunya, smartphone ini juga sudah berjalan di platform terbaru Android lewat OS 5.1.1 (Lollipop) yang pastinya banyak aplikasi menarik di dalamnya.

spesifikasi oppo a30

Ruang Penyimpanan Andalkan Memori Internal 16 GB yang Bisa Diekspansi Hingga 128 GB

Memiliki senjata lengkap di bagian mesinnya, maka demi menunjang kinerja mesinnya lantas spesifikasi Oppo A30 pun juga tidak lupa disematkan komponen penyimpanan atau memori internal yang lapang. Untuk spesifikasi di bagian penyimpanan ini, Oppo memang memberikan kapasitas penyimpanan yang luas agar kinerja operasional smartphone barunya ini semakin maksimal. Kapasitas memori internal atau ROM memang cukup penting karena akan berpengaruh juga kepada performanya. Untuk level smartphone kelas menengah, kapasitas ruang penyimpanan yang ada pada ponsel Oppo A30 ini sudah sangat pas dan ideal. Ya, kali ini, smartphone terbaru dari Oppo ini telah mengusung memori internal seluas 16 GB. Tentunya ruang seluas 16 GB tersebut akan sanggup menampung kebutuhan penyimpanan file sistem maupun file pribadi sobat Begawei semua. Jadi, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk menyimpan file-file berukuran besar semisal file-file seperti video, audio, foto, aplikasi dan file lainnya ke dalam Oppo A30 ini. Namun jika memori internal seluas 16 GB dirasa masih kurang untuk mengakomodasi penyimpanan, maka kawan Begawei bisa memanfaatkan slot external memory yang telah disediakan oleh vendor. Ya, spesifikasi Oppo A30 pada bagian storage ini sudah dilengkapi dengan slot berjenis microSD yang bisa menampung hingga kapasitas 128 GB. Jadi dengan disematkannnya slot memori eksternal pada smartphone ini, kawan Begawei dijamin tidak akan lagi kehabisan ruang penyimpanan.

Duet Kamera 13 MP dan 8 MP Siap Jadi Andalan pada Lini Fotografi

Sebagai smartphone modern, maka spesifikasi Oppo A30 pun juga wajib dipersenjatai dengan lini fotografi yang mumpuni. Sebab dewasa ini kebutuhan fotografi menggunakan smartphone telah menjadi trend yang tak bisa terelakkan untuk pengguna. Seolah ingin meneruskan tradisi smartphone Oppo yang terkenal akan kemampuan fotografinya, maka smartphone Oppo A30 ini pun dibekali dengan sepasang kamera yang mampu menghasilkan jepretan foto yang optimal. Kekuatan kameranya sendiri sama dengan spesifikasi kamera pada Oppo A35, di mana sebagai andalan, Oppo A30 ini dipersenjatai dengan kamera primer berkekuatan 13 MP. Kamera belakang pada smartphone ini mampu menghasilkan jepretan foto yang cukup baik dan memiliki resolusi tinggi. Apalagi, kamera belakang tersebut juga didukung oleh fitur LED Flash dan juga Autofocus. Tak luput, Oppo A30 juga sudah dilengkapi dengan fitur olah fotografi modern semisal Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan juga HDR. Tak hanya bisa diandalkan untuk membidik foto, kamera primer pada smartphone Oppo A30 ini juga bisa digunakan sebagai media perekam dengan cukup baik. Kualitas rekaman video yang bisa mencapai 1080@30 fps atau FHD ini sudah cukup bagus untuk video dari smartphone. Lantas melengkapi kemampuan smartphone ini pada sektor fotografi, spesifikasi Oppo A30 juga disempurnakan dengan kamera depan berkekuatan 8MP. Lewat kamera depan atau kamera sekunder berlensa 8MP, pastinya akan memudahkan kawan Begawei yang memiliki hobi selfie atau sering melakukan panggilan video call.

spesifikasi hp oppo a30

Akses Internet Dijamin Kencang dengan Dukungan Jaringan 4G LTE

Sama seperti smartphone modern lainnya, untuk sektor konsketivitas pada spesifikasi Oppo A30 ini juga sudah tampil dengan cukup total. Sebab di sektor konekstivitasnya, smartphone ini sudah didukung dengan fitur koneketivitas yang lengkap, baik fitur seluler maupun non-seluler. Hal tersebut bisa kita lihat dari adanya fitur dual slot SIM Card yang bsia digunakan untuk stand-by berbarengan, Tak hanya itu saja, sebagai pilihan koneksi utamanya, smartphone Oppo A30 ini sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE yang akan membawa pemakainya bisa berselancar secara cepat di dunia internet. Dengan menggunakan jaringan 4G LTE pada Oppo A30 ini, sobat Begawei bisa menikmati kualitas download dengan kecepatan maksimal mencapai 150 Mbps. Sedangkan untuk upload, ponsel pintar yang satu ini bisa dipacu hingga kecepatan 50 Mbps. Kemudian, bagi kawan Begawei yang areanya belum tercover oleh jaringan 4G, Oppo A30 juga menawarkan opsi lain, mulai dari jaringan GSM sampai HSUPA. Selain koneksi data seluler yang sangat lengkap tersebut, gadget racikan Oppo ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur koneksi jarak dekat lainnya, antara lain Bluetooth, WiFi dan juga fitur microUSB v 2.0 slot. Spesifikasi Oppo A30 di sektor konektivitas juga turut disempurnakan dengan teknologi navigasi A-GPS sebagai navigator saat sobat Begawei mencari sebuah titik lokasi.

Dibekali Baterai Berkapasitas Maksimal Sebagai Unit Suplai Daya

Jika kita amati, untuk spesifikasi Oppo A30 di bagian teknis ini memang dibekali dengan komponen-komponen hardware yang cukup berkualitas. Maka dipastikan bahwa untuk konsumsi dayanya pun juga terbilang cukup besar. Apalagi untuk komponen-komponennya juga cukup berkualitas, sehingga hal ini sedikit-banyak berpengaruh pada tingkat konsumsi dayanya. Nah, pada segmen terakhir ini kita akan mengulas spesifikasi teknis Oppo A30 di bagian suplai daya atau baterai. Memiliki bekal chipset dan prosesor yang berkualitas tinggi, pastinya akan membutuhkan suplai daya maksimal. Belum lagi untuk bagian visualisasinya di mana Oppo A30 memiliki tingkatan visualisasi yang cukup tinggi. Sayangnya untuk besaran kapasitas baterai yang akan dibawa, sejauh ini Oppo sendiri belum mengumumkan kapasitas baterai yang akan disematkan pada smartphone terbarunya ini berikut jenis baterainya. Namun jika melihat spesifikasi teknis yang dibawa oleh Oppo A30, bisa dipastikan bahwa kapasitas baterai yang digunakan akan disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan. Idealnya menurut Begawei, besaran kapasitas baterai yang disematkan pada spesifikasi Oppo A30 ini harus berkapasitas 2.500-3.500 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A30

Sebagai smartphone kelas menengah yang membidik pengguna gadget aktif, smartphone Oppo A30 ini memang menawarkan beberapa kelebihan. Salah satunya adalah kualitas olah data yang diperkuat oleh prosesor Snapdragon 810 dengan dukungan prosesor Octa-core dan juga RAM 2 GB. Kelengkapan lini konektivitas pun juga menjadi andalan smartphone terbaru dari Oppo ini. Meski memiliki spesifikasi teknis yang sangat berkualitas, namun ponsel pintar yang satu ini tetap memiliki beberapa catatan kekurangan. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel perbandingan kelebihan Oppo A30 dan kekurangan Oppo A30.

Kelebihan Oppo A30
  • Desain minmalis namun elegan
  • Layar IPS LCD 5 inchi
  • Resolusi layar cukup bagus
  • OS Android Lollipop
  • Chipset Snapdragon 810 SoC
  • Prosesor Quad-core 2 Ghz
  • GPU Adreno 340
  • RAM 3 GB
  • Dual kamera 13 MP dan 8 MP
  • Memori internal 16GB
  • Tersedia slot memori eksternal
  • Dual SIM card
  • Didukung jaringan 4G LTE
Kekurangan Oppo A30
  • Belum ada proteksi layar internal
  • Tidak ada fitur fingerprint sensors
  • Navigasi standar

Harga Oppo A30

Setelah Begawei mengajak sobat semua mengulas detail spesifikasi di berbagai sektornya, sekarang saatnya kita membicarakan pada segmen yang paling ditunggu-tunggu, yaitu harga. Berbicara soal harga Oppo A30 pastinya kita harus kembali membahas spesifikasi teknis yang dibawanya. Jika kita amati lebih dalam, untuk tiap lini spesifikasi yang diusung oleh smartphone ini hampir kesemuanya memang cukup mumpuni dan sudah ideal untuk menggempur pasar smartphone kelas menengah. Selain berpengaruh pada performa, kualitas spesifikasi teknis tersebut juga berpengaruh pada kisaran harga Oppo A30 di pasaran. Kualitas spesifikasi yang dibawa oleh smartphone ini terlihat pada bagian layarnya yang kali ini mengadopsi layar berukuran 5 inci. Selain ukurannya cukup luas, panel layar jenis IPS LCD tersebut juga memiliki resolusi layar yang cukup bagus. Kemudian di bagian mesinnya, smartphone Oppo A30 ini juga sudah dibekali dengan komponen berkualitas seperti chipset Snapdragon 810 SoC yang ditenagai oleh prosesor Octa-core. Kombinasi dua hardware kelas atas ini lantas disempurnakan dengan RAM berukuran 3 GB. Secara garis besar untuk spesifikasi mesinnya, performa smartphone Oppo seri A30 dijamin bakal maksimal. Apalagi, smartphone ini juga sudah didukung oleh jaringan data 4G LTE dan duet kamera 13 MP serta 8 MP. Nah, dengan bekal teknis yang oke punya tersebut, kira-kira harga Oppo A30 ini berapa ya?

harga oppo a30

harga oppo a30 terbaru

Untuk harga Oppo A30 sendiri secara resmi memang belum diumumkan. Namun dari beberapa sumber yang Begawei dapatkan, banderol harga smartphone terbaru dari Oppo ini memang cukup bersahabat. Banderol harga smartphone terbaru dari Oppo ini diprediksi akan berada pada angka Rp 4-4,5 jutaan. Untuk pasar smartphone kelas menengah, banderol harga Oppo A30 memang masih dalam taraf wajar. Kebanyakan, perangkat pintar jenis smartphone di kelas menengah atas dijual dengan rentan harga antara Rp 4 jutaan hingga 6 jutaan. Bila kita kembali meniliki spesifikasi teknis yang dibawanya, harga jual Oppo A30 yang berada di range Rp 4 jutaan tersebut memang sangat masuk akal. Secara kualitas, smartphone terbaru dari Oppo ini memang sangat bagus. Mulai dari spesifikasi fisik hingga teknologi konektivitasnya hampir semua mengusung komponen-komponen terbaik. Meski ada beberapa catatan minus seperti pada bagian proteksi layar, namun hal itu rasanya tak akan membuat harga Oppo A30 jatuh di pasaran.

Harga Oppo A30
Sekitar Rp 4.000.000,- s/d Rp 4.500.000,-

Namun perlu Begawei ingatkan bahwa nominal harga Oppo A30 di atas memang baru sebatas rumor. Dikabarkan bahwa Oppo akan menghadirkan smartphone terbarunya ini pada kuartal pertama tahun 2016 ini. Keputusan Oppo dalam menghadirkan smartpohone kelas menengah seperti Oppo A30 ini memang sudah sesuai dengan strategi pemasaran vendor asal Tiongkok tersebut. Selama ini, Oppo memang lebih dikenal sering bermain di level menengah atas dengan rajin merilis smartphone berkualitas tinggi, namun tetap dengan banderol harga yang masuk akal. So, bila melihat spesifikasi teknis yang dibawanya, banderol harga Oppo A30 ini memang sudah mencerminkan kemampuan yang dimilikinya. Kehadiran smartphone terbaru dari Oppo ini pastinya akan mempersengit persaingan di pangsa pasar smartphone kelas menengah atas pada awal tahun 2016 ini. Nah buat kawan Begawei yang sudah tak sabar dengan banderol harga resminya, tunggu pengumuman harga Oppo A30 secara resmi beberapa hari ke depan ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Oppo A35 dan Huawei Ascend P7.

Spesifikasi Oppo A30

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSDPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    Speed: 150 Mbps (Downlink), 50 Mbps (Uplink)
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    January 2016
  • Status
    Rumored, Q1 2016
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    4.99 inches
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810
  • CPU
    Quad-core 1.55 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.0 GHz Cortex-A57
  • GPU
    Adreno 430
  • RAM
    3 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    1080p@30fps, 720p@120fps
  • Kamera Depan
    8 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, Wav Ring tones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11, b/g/n
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • Radio
    To be confirmed
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer,Proximity
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    -
  • Daya
    -

Produk Lainnya dari Oppo

Top