Home » Produk » OnePlus X

Harga OnePlus X dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 2.3

  • RAM
    3 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    AMOLED

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android v5.1.1

Spesifikasi dan Harga OnePlus X – Sempat membuat publik penasaran dengan teaser mengena OnePlus X yang sempat beredar beberapa waktu yang lalu, akhirnya OnePlus memperkenalkan secara utuh smartphone terbarunya tersebut. OnePlus memang menepati janjinya untuk membuka tirai penutup smartphone seri X tersebut. Sebelumnya, memang OnePlus X direnacanakan akan diperkenalkan pada akhir Oktober kemudian untuk dipasarkan pada bulan November mendatang. Smartphone ini merupakan produk keempat OnePlus setelah sebelumnya mereka merilis OnePlus 1, OnePlus 2, lalu OnePlus Mini. Secara level, smartphone seri OnePlus X ini akan ditempatkan sejajar dengan seri smartphone lainnya, yakni di segmen menengah ke atas. So, spesifikasi smartphone OnePlus seri X ini pun dipastikan akan memiliki kualitas yang sama atau bahkan melebihi spesifikasi smartphone besutan OnePlus lainnya. Semenjak memulai debut di pasar gadget dunia lewat varian OnePlus generasi pertama, vendor smartphone asal Tiongkok tersebut memang terus berkembang, dan bukti terakhir adalah dengan lahirnya OnePlus X ini. OnePlus mulai bisa bersaing dengan merek-merek lain asal Tiongkok seperti Lenovo dan Xiaomi yang saat ini masih menjadi pesaing terkuat untuk raksasa Samsung. Kehadiran OnePlus X ini pun juga semakin mempertegas kemampuan OnePlus dalam meracik perangkat mobile berkualitas namun dengan banderol harga yang tak terlalu membumbung tinggi.

oneplus x

Berbicara soal kualitas, memang OnePlus sudah cukup teruji dalam mengahdirkan perangkat mobile berkemampuan olah data mumpuni dengan performa stabil. Jika dibandingkan dengan smartphone keluaran OnePlus lainnya, kualitas OnePlus X ini memang tidak memiliki gap yang terlalu jauh. Pada bagian layarnya, OnePlus mengusung layar jenis AMOLED yang memiliki luas bentangan mencapai 5 inci. Layar pada OnePlus X ini memiliki resolusi Full HD dan didukung oleh tingkat kerapatan layar yang juga cukup tinggi. Layar berteknologi tajam dan memiliki tampilan visual yang jernih ini juga semakin meunjukkan bahwa OnePlus memang jago dalam merancang desain visual pada tiap produknya. Beranjak ke bagian ruang permesinan, OnePlus X kali ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan dukungan prosesor Quad-core 2.3 GHz. Kehadiran rangkaian chipset dari produsen chip nomor satu dunia tersebut pastinya juga akan memberikan jaminan kinerja maksimal pada OnePlus X ini. Apalagi, smartphone ini juga sudah didukung oleh RAM berkapasitas 3 GB yang akan membuat performanya semakin maksimal. Selain layar oke dan mesin tangguh, smartphoen ini juga dibekali dengan komponen lini fotografi berkualitas tinggi. Sebagai kamera utamanya, OnePlus X mengusung kamera berkekuatan 13 MP. Kamera yang terletak di bagian belakang tersebut akan bersanding dengan kamera sekunder berukuran 8 MP yang terletak di bagian depan. Sementara untuk dukungan suplai daya, smartphone terbaru buatan OnePlus ini dimanjakan oleh pasokan daya baterai jenis Li-Po berkekuatan 2.525 mAh. Nah, bagaimana sobat Begawei? Spesifikasinya keren kan? Agar kamu mendapatkan gambaran lebih jelas tentang kualitas smartphone ini, simak ulasan Begawei mengenai spesifikasi dan harga OnePlus X pada segmen-segmen di bawah ini!

hp oneplus x

Review OnePlus X

Smartphone Berdesain Premium dengan Teknologi Layar AMOLED

Pada produk generasi keempatnya ini, OnePlus mengusung beberapa perubahan pada sektor tampilan eksterior. Salah satu nuansa baru yang dibawa oleh OnePlus langsung bisa kita nikmati pada spesifikasi OnePlus X ini. Tak seperti kebanyakan smartphone OnePlus versi lama yang mengusung desain sedikit kaku dengan sudut-sudut tegas, kali ini smartphone seri X tampil dengan desain yang lebih kalem dan nampak lebih elegan. Tetap mempertahankan konsep bodi persegi panjang yang sudah khas, kali ini OnePlus X memiliki ujung sudut yang lebih soft serta ditambah aksen list krom pada bagian sisi pinggir bodi. Sementara itu, tombol navigasi utama diletakkan di bagian bawah terpisah dari layarnya. Secara fisik, OnePlus X ini memiliki ukuran tubuh atau dimensi sebesar 140 x 69 x 6.9 mm dengan bobot mencapai 139 gram. Ukuran tersebut akan membuat OnePlus X tetap nyaman saat digenggam, namun harus menggunakan dua tangan agar genggaman lebih aman. Kali ini OnePlus X juga mengusung dimensi layar yang sama dengan seri OnePlus Mini, yaitu berukuran 5 inci. Layar tersebut merupakan jenis layar kapasitif AMOLED yang memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels yang mampu menciptakan kerapatan layar sebesar 441 ppi. Berkat resolusi dan kerapatan yang cukup tinggi, maka visualisasi OnePlus X pun akan sangat memanjakan mata karena gambarnya jernih dan tajam. Selain memiliki tampilan gambar yang sangat tajam dan jernih, layar smartphone ini juga telah dibekali dengan teknologi tinggi. Yup! Spesifikasi OnePlus X pada bagian display ini sudah diperkuat oleh sistem proteksi layar Gorilla Glass 3 serta fitur tampilan antar muka atau user interface OxygenOS UI.

Jaminan Kinerja Optimal dengan Chipset Snapdragon 801 dan RAM 3 GB

Setelah menyaksikan betapa canggihnya teknologi yang dibekalkan pada sektor fisik, kini saatnya kita membahas spesifikasi OnePlus X pada ruang dapur pacu. Komponen pada ruang dapur pacu memang harus diperhatikan karena ini berhubungan dengan performa serta kemampuan olah data dari smartphone terbaru ini. Demi memuaskan konsumennya, OnePlus pun membekali OnePlus X dengan spesifikasi mesin kelas wahid. Pada bagian inti mesinnya, OnePlus mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 801 yang bekerja dengan prosesor Octa-core 2.3 Ghz. Secara spesifik, kualitas mesin pada OnePlus X ini masih lebih baik dari spesifikasi mesin OnePlus Mini sebelumnya. Kehadiran chipset Snapdragon 801 dengan CPU Octa-core tersebut akan menghadirkan kemampuan olah data dan performa responsif. Apalagi, OnePlus X ini masih mendapat dukungan dari RAM berkapasitas 3 GB serta kartu pengolah grafis atau GPU dari Andreno 330. Keberadaan RAM berkapasitas ekstra besar dan GPU kelas atas tersebut akan menghadirkan kemampuan pengolahan grafis yang halus dan menawan. Jadi, OnePlus X ini tetap akan menampilkan display visual keren saat diajak memainkan game-game kualitas HD terbaru. Segala hardware tersebut juga akan bekerja semakin maksimal karena spesifikasi OnePlus X berjalan pada sistem operasi Android OS versi 5.1.1 Lollipop. Dengan adanya sistem operasi canggih tersebut, segala piranti akan saling bersinergi secara maksimal dalam memberikan kinerja terbaik bagi penggunanya.

spesifikasi oneplus x

Kapasitas Memori Internal 16 GB dilengkapi Slot microSD 128 GB

Pembahasan selanjutnya, kita akan membahas spesifikasi OnePlus X di sektor ruang penyimpanan data. Layaknya smartphone kelas premium lainnya, smartphone ini hadir dengan kapasitas storage yang cukup besar. Ponsel cerdas terbaru racikan OnePlus ini memang membutuhkan ruang sistem yang besar demi menjaga performa terbaiknya. Untuk itu, OnePlus X dibekali dengan memori internal atau ROM yang memiliki kapasitas sangat besar, yakni 16 GB. Dengan ruang memori internal seluas 16 GB tersebut, kawan Begawei bisa menyimpan segala macam jenis file berkapasitas besar, mulai dari file hiburan seperti video, foto dan audio serta file-file berupa game atau aplikasi lainnya. Jika kapasitas tersebut dirasa masih kurang, OnePlus X ini pun juga masih dibekali dengan slot microSD card yang bisa dugunakan untuk mengekspansi ruang memorinya hingga kapasitas 128 GB. Namun sayangnya, jika kawan Begawei ingin menambahkan kartu microSDz, maka kamu harus mengorbankan slot SIM card 2. Meski begitu, keberadaan slot external memory pada spesifikasi OnePlus X ini sudah cukup membantu karena kebanyakan smartphone modern tak dibekali dengan slot microSD lagi.

Lini Fotografi Mumpuni dengan Kamera 13 MP dan 8 MP

Selanjutnya, kita akan mengulas spesifikasi OnePlus X di sektor fotografi. Pada sektor ini, OnePlus juga mengusung teknologi-teknologi terbaiknya. Hadir sebagai smartphone modern yang membawakan dirinya pada segmentasi premium, tentu saja tuntutan teknologi fotografi terbaik juga harus dipenuhi. Untuk kamera utama, OnePlus X dibekali dengan kamera berukuran 13 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi 4128 x 3096 pixels. Dengan resolusi yang cukup besar tersebut, kawan Begawei akan mampu menghasilkan jepretan foto yang tajam dan mendetail. Selain itu, kamera utama pada OnePlus X juga sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus serta Dual LED Flash yang akan membuat smartphone ini tetap bisa menghasilkan foto berkualitas meski digunakan di tempat yang minim cahaya. Kamera primer OnePlus 2 pun juga sudah mengusung teknologi Face Detection serta fitur Panorama yang akan membuat kamu semakin mudah dalam menghasilkan foto-foto berkualitas. Selain fungsi fotografi, kamera belakang pada OnePlus X tersebut juga mampu merekam video dengan kualitas HDR 1080p@30fps dan 720p@120fps. Sebagai pelengkap spesifikasi OnePlus X pada lini fotografi, disematkanlah kamera sekunder berukuran 8 MP yang bisa kamu gunakan untuk berfoto selfie atau melakukan panggilan video call.

spesifikasi hp oneplus x

Akses Internet Lancar dan Stabil dengan Teknologi Jaringan 4G LTE

Sebagai sebuah perangkat mobile masa kini, kemampuan konektivitasnya juga harus terjamin. Lini konektivitas memang sangat penting demi memenuhi kebutuhan serba internet penggunanya. Untuk mendukung hal tersebut, spesifikasi OnePlus X ini pun juga sudah dibekali dengan dua slot SIM card yang bisa digunakan secara bersamaan, namun dengan catatan slot yang ke-2 tak digunakan untuk wadah kartu microSD. Lalu untuk teknologi selulernya, jaringan data utama yang digunakan oleh OnePlus X ini adalah jaringan data 4G LTE yang merupakan jaringan data terbaik saat ini. Kecepatan dan stabilitas jaringan 4G memang tak perlu diragukan lagi. Kawan Begawei bisa men-download file dengan kecepatan mencapai 150 Mbps menggunakan OnePlus X ini. Sementara itu, untuk keperluan upload smartphone ini bisa dipacu hingga mencapai kecepatan maksimal 50 Mbps. Untuk kawan Begawei yang belum ter-cover jaringan 4G, tak perlu khawatir. OnePlus juga membekali OnePlus X ini dengan pilihan jaringan lainnya, seperti jaringan GSM hingga HSPA. Fitur-fitur koneksi jarak dekat seperti Bluetooth dan juga WiFi juga telah ditanamkan pada smartphone ini. Selain itu, spesifikasi OnePlus X juga telah dibekali dengan teknologi A-GPS, GLONASS serta Beidou yang bisa diandalkan untuk membantu pencarian koordinat suatu lokasi.

Suplai Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 2.525 mAh

Semua komponen kelas wahid yang ada pada spesifikasi OnePlus X tadi tentunya membutuhkan pasokan daya yang maksimal pula. Nah pada segmen terakhir ini, kita akan menengok berapa besaran daya yang ditanamkan oleh OnePlus pada smartphone terbarunya ini. Jika melihat kembali spesifikasi tiap bagian OnePlus X, tentu kawan Begawei sependapat jika smartphone tersebut memang membutuhkan pasokan daya yang cukup besar. Hal ini karena komponen hardware yang digunakan merupakan komponen hardware kelas atas. Namun sayangnya, kali ini OnePlus X hanya dibekali dengan baterai jenis Lithium-Polymer dengan kapasitas standar, hanya 2.525 mAh saja. Bila kita kembali menilik spesifikasi yang ada, jelas baterai tersebut kurang bisa mencukupi daya yang dibutuhkan selama seharian penuh. Konsumsi paling besar pada OnePlus X tentu ada pada bagian layar dan mesinnya. Jadi, untuk penggunaan normal, kemungkinan besar smartphone ini hanya bertahan selama kurang lebih 11 jam saja. Untuk itu, kami menyarankan agar sobat Begawei selalu menyediakan unit pemasok daya cadangan atau power bank karena spesifikasi OnePlus X pada bagian pemasok daya hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar saja.

Kelebihan dan Kekurangan OnePlus X

Selain tentunya bagian layar, kelebihan yang dimiliki oleh OnePlus X ini adalah spesifikasi ruang mesinnya di mana chipset yang digunakan adalah chipset Qualcomm Snapdragon 801 dan didukung oleh CPU Octa-core. Selain itu, kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 16 GB juga menjadi senjata andalan ponsel pintar yang satu ini. Kelebihan lain adalah, kekuatan kamera 13 MP dan 8 MP pada lini fotografinya. Namun sedikit catatan yang ada pada smartphone ini adalah kapasitas baterainya yang masih standar. Selain itu, jika ingin menambahkan kartu microSD harus mengorbankan slot SIM card 2. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan OnePlus X dan kekurangan OnePlus X:

Kelebihan OnePlus X
  • Layar 5.0 inci
  • Resolusi layar Full HD
  • Layar berteknologi AMOLED
  • Corning Gorilla Glass 3
  • OS Android Lollipop
  • Dilengkapi OxygenOS UI
  • CPU Quad-core 2.3 GHz
  • Chipset Snapdragon 801
  • Memori internal 16 GB
  • Slot memori eksternal 128 GB
  • Kamera 13 MP dan 8 MP
  • Dual SIM card
  • Support 4G LTE
  • Navigasi A-GPS, GLONNAS dan Beidou
Kekurangan OnePlus X
  • Baterai non-removable
  • Kapasitas Baterai kecil 2.525 mAh
  • GPU Msih Adreno 330

Harga OnePlus X

Lagi-lagi kita dihadapkan dengan unit smartphone kelas atas yang diusung oleh pabrikan asal Tiongkok, OnePlus. Karena levelnya yang berada pada pangsa pasar kelas menengah ke atas, kisaran harga OnePlus X pun dipastikan akan masuk kategori mahal. Mau tidak mau, OnePlus memang melabeli ponsel pintar terbarunya ini dengan banderol harga selangit karena spesifikasinya memang sangat berkualitas. Kisaran harga OnePlus X ini sedikit banyak dipengaruhi oleh dapur pacunya yang mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 801 yang didukung oleh CPU Octa-core serta RAM berkapasitas 3 GB. Selain mesin yang handal, OnePlus X juga mengandalkan layar jenis AMOLED seluas 5 inci dengan resolusi full HD dan sudah dilindungi oleh sistem proteksi layar Gorilla Glass 3. Kemudian, kita juga tak bisa meremehkan kualitas smartphone ini pada lini fotografi di mana kekuatan kameranya adalah 13 MP dan 8 MP. Meski memiliki sedikit catatan pada bagian suplai daya atau baterainya yang berkapasitas standar saja, namun hal itu tak akan mempengaruhi kualitas smartphone terbaru dari OnePlus ini secara keseluruhan. Kecanggihan komponen ini lah yang mempengaruhi perkiraan harga OnePlus X di pasaran gadget dunia, termasuk Indonesia. Lantas, harga sebenarnya berapa ya?

harga oneplus x

harga oneplus x terbaru

Seperti data resmi yang telah Begawei dapatkan dari laman GSM Arena, banderol harga OnePlus X ini berkisar pada angka 280 euro, atau sekitar Rp 4,2 jutaan. Jika dibandingkan dengan salah satu produk OnePlus sebelumnya, yakni OnePlus 2, nominal harga OnePlus X ini memang masih berada di bawah smartphone OnePlus generasi kedua tersebut. Perbandingan yang sepadan dengan smartphone OnePlus seri X ini adalah OnePlus Mini yang sama-sama dijual dengan harga di bawah Rp 5 jutaan. Soal kualitas, antara OnePlus X dan OnePlus Mini pun juga tak terlalu berbeda jauh di mana kedua smartphone tersebut sama-sama mengusung layar seluas 5 inci. Kebanyakan dari konsumen memang sepertinya masih terpukau dengan spesifikasi serta kecanggihan teknologi yang sebelumnya dibawa oleh OnePlus 2. Namun dengan banderol harga OnePlus X yang lebih murah, konsumen tentunya akan dihadapkan pada opsi menarik, yakni smartphone berkualitas namun memiliki banderol harga di bawah OnePlus 2.

Harga OnePlus X
Sekitar Rp 4.200.000,-

Apabila dicermati baik-baik, memang harga OnePlus X di atas tadi sudah sesuai dengan kualitas yang dibawanya. Harga smartphone terbaru OnePlus seri X yang harganya berada di bawah angka Rp. 5 juta tersebut memang masih masuk dalam kategori smartphone mewah untuk pasar ponsel pintar Tanah Air. Namun, kisaran harga OnePlus X yang ‘wah’ tersebut memang sangat sesuai dengan spesifikasi mesin dan fitur yang dibawanya. Kehadiran smartphone terbaru buatan vendor asal Tiongkok ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang menghendaki sebuah perangkat mobile dengan tampilan layar yang menawan, selain tentunya didukung oleh performa mesin mumpuni. Kehadiran OnePlus X juga dipastikan akan menambah seru persaingan di pangsa pasar smartphone kelas menengah atas. Pada segmen yang memang memiliki potensi besar tersebut, kini mulai banyak vendor yang bermain dan menawarkan beragam pilihan gadget. Dengan harga OnePlus X yang masuk level mewah tersebut, kehadiran smartphone terbaru racikan OnePlusi ini memang cocok bagi para eksekutif muda atau pelaku bisnis yang membutuhkan rekan gadget yang tangguh dan memiliki visualisasi prima. Baca juga ulasan Begawei mengenai OnePlus Mini dan Motorola Droid Turbo 2.

Spesifikasi OnePlus X

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 20(800), 38(2600), 40(2300)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, October
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, November 5
Desain
  • Dimensi
    140 x 69 x 6.9 mm (5.51 x 2.72 x 0.27 in)
  • Berat
    138 g / 160 g (4.87 oz)
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches (~71.3% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass 3
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Qualcomm Snapdragon 801
  • CPU
    Quad-core 2.3 GHz
  • GPU
    Adreno 330
  • RAM
    3 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    1080p@30fps, 720p@120fps
  • Kamera Depan
    8 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Po battery
  • Daya
    2525 mAh

Produk Lainnya dari Oneplus

Top