Home » Produk » OnePlus Mini

Harga OnePlus Mini dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 2.2

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    32 GB

  • Layar
    LCD

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga OnePlus Mini – Lama absen di pasar smartphone dunia, OnePlus kembali meramaikan persaingan dengan produk gadget terbarunya. Nama OnePlus sebenarnya cukup menyita perhatian publik saat vendor asal Tiongkok itu merilis OnePlus 2. Dengan kemasan peluncuran yang sangat eksklusif, OnePlus mampu menarik minat pecinta gadget agar membeli produknya. Setelah OnePlus 2, OnePlus cukup lama ‘menepi’ dari pasar smartphone hingga ada kabar bahwa mereka telah siap memasarkan OnePlus Mini sebagai jagoan barunya. OnePlus menempatkan versi Mini ini di antara OnePlus One dan juga OnePlus 2. Itu artinya, OnePlus Mini ini dibekali dengan spesifikasi yang tetap berkualitas. Tentunya kita semua tahu bahwa OnePlus 2 sendiri cukup menarik minat penggemar gadget dunia karena memiliki spesifikasi yang sangat berkualitas. Jadi, meski nama One Plus masih terhitung baru di jagad smartphone dunia, namun perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut sudah terbukti mampu menghadirkan produk-produk berkualitas dengan dibekali spesifikasi mumpuni. Sama seperti dua saudara tuanya, OnePlus Mini kali ini memang mengusung komponen-komponen hardware yang juga sangat berkualitas. Hal ini tentunya untuk memberikan kinerja optimal kepada penggunanya.

oneplus mini

Berbeda dengan OnePlus One yang mengusung layar seluas 5.5 inci, maka kali ini OnePlus Mini dibekali dengan layar berukuran lebih kecil, yakni 5 inci saja. Meski ukuran layarnya lebih kecil, namun justru smartphone OnePlus terbaru ini dibekali dengan kekuatan fisik yang luar biasa. Ya, kali ini OnePlus Mini memiliki sertifikat IP67. Itu artinya, smartphone ini memiliki daya tahan terhadap debu. Selain itu, smartphone terbaru dari OnePlus ini juga memiliki teknologi water resistant atau tahan air. Selain fisik yang tangguh dan kuat, OnePlus Mini juga memiliki performa mesin yang sangat optimal. Hal ini karena ponsel ini dibekali dengan chip Helio X10. Chipset buatan MediaTek ini merupakan salah satu chip terbaik untuk saat ini. Dengan ditambah oleh CPU Octa-core 2.2 GHz dan RAM berkapasitas 2 GB, OnePlus Mini akan memberikan jaminan performa tangguh kepada penggunanya. Tak mau kalah dengan sektor mesinnya, lini fotografi pada smartpone ini juga mengusung perangkat-perangkat fotografi yang berkualitas. Sebagai kamera utamanya, OnePlus Mini mengandalkan kamera berkekuatan 13 MP. Sedangkan pada bagian depan, digunakanlah kamera berukuran 5 MP. Jika diamati sekilas dari beberapa bagian spesifikasinya, smarthone ini memang tergolong sebagai salah satu gadget kelas atas. Untuk mengetahui kualitas sebenarnya, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga OnePlus Mini yang Begawei sajikan khusus untuk kamu semua.

hp oneplus mini

Review OnePlus Mini

Smartphone Tahan Air dan Debu dengan Tampilan Visual Menawan

Melihat secara sekilas dari spesifikasi OnePlus Mini di bagian fisik, terlihat bahwa smartphone terbaru dari OnePlus ini memiliki bentuk atau desain yang cenderung minimalis. Namun meski minimalis, OnePlus Mini sanggup menampilkan visual yang elegan lewan corak casing yang soft. Bodi ponsel pintar yang satu ini didominasi dengan bahan plastik. Tetapi jangan remehkan kualitasnya karena  meskipun bermaterialkan plastik, OnePlus Mini sudah didukung sertifikat IP67 yang membuat smartphone ini tahan pada kedalaman air 1 M dengan jangka waktu maksimum 30 menit. Selain itu, perangkat ini juga tahan debu dan goncangan pada tingkatan tertentu. Secara tampilan, sebenarnya OnePlus Mini masih mengandalkan bentuk tajam pada setiap sudutnya, sayangnya pada bagian spesifikasi dimensi OnePlus masih enggan membocorkan spesifikasi panjang, lebar, tinggi dan juga bobotnya. Untuk menunjang kebutuhan display, OnePlus Mini mengusung layar berjenis LCD Capacitive Touchscreen berukuran 5 inci. Ukuran layar pada seri OnePlus terbaru ini sebenarnya justru lebih kecil dari OnePlus One yang memiliki ukuran layar 5.5 inci. Meski ukuran layarnya lebih kecil, OnePlus Mini tetap mampu menampilkan display visual yang oke karena resolusi layarnya mencapai 1080 x 1920 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 441 ppi. So, selain memiliki fisik yang tahan air dan debu, smartphone OnePlus Mini ini juga mampu menampilkan visualisasi yang menawan dan memanjakan mata. Apalagi, sistem proteksi layar kelas atas Gorilla Glass juga dihadirkan untuk melengkapi spesifikasi OnePlus Mini pada bagian layarnya.

Kinerja Lebih Optimal Berkat Prosesor Helio X 10 dan RAM 2 GB

Sekarang saatnya beralih pembahasan ke spesifikasi OnePlus Mini pada bagian ruang mesinnya. Selain memiliki tampilan yang cukup ‘wah’ pada bagian fisiknya, ternyata smartphone yang satu ini juga memiliki komponen kelas atas pada bagian mesinnya. Sebagai ‘nyawa’ dari OnePlus Mini, digunakanlah chipset Helio X10. Chipset buatan MediaTek tersebut merupakan salah satu chipset terbaik yang ada saat ini. Chipset itu berkekuatan CPU Octa-core 2.2 GHz, sehingga mampu menghasilkan kemampuan olah data yang cepat, tangguh, dan stabil. Ruang mesin pada OnePlus Mini pun juga didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas cukup besar, yakni 2 GB. Meski kapasitas RAM pada smartphone ini lebih kecil jika dibandingkan dengan RAM pada OnePlus One, namun hal itu tak akan terlalu berpengaruh terhadap performanya. Hal ini karena OnePlus Mini memiliki hardware yang memiliki kualitas bagus di bagian mesinnya. Sedangkan untuk bagian grafis, OnePlus menyerahkan sepenuhnya urusan grafis pada GPU jenis PowerVR G6200. Meski GPU yang ada pada OnePlus Mini ini merupakan GPU kelas pemula, namun kehadirannya cukup vital untuk meningkatkan tampilan grafis agar menjadi lebih bagus. Komponen terakhir yang hadir melengkapi spesifikasi OnePlus Mini pada bagian mesin adalah software sistem operasi atau OS Android versi 5.1, atau lebih dikenal dengan OS Android Lollipop. Sistem operasi besutan Google tersebut akan menghadirkan berbagai macam fitur seru yang bisa kawan Begawei gunakan.

spesifikasi oneplus mini

Kapasitas Memori Internal 32 GB Tanpa Slot Memori Tambahan

Setelah puas mengorek spesifikasi OnePlus Mini pada bagian mesin, kini saatnya kita membedah spesifikasinya di sektor memori atau ruang penyimpanan file. Untuk mendukung sektor-sektor unggulan dari sisi dapur pacu yang super canggih, tentunya kapasitas memori dengan ukuran cukup besar juga sangat dibutuhkan untuk mendukung kerja yang maksimal. Kapasitas memori pada OnePlus Mini ini memiliki daya tampung yang cukup besar, yakni sebesar 32 GB. Dengan kapasitas memori yang cukup besar pada OnePlus Mini ini, kawan Begawei bisa menyimpan semua jenis file, baik itu file multimedia atau aplikasi yang memiliki ukuran besar. Jika melihat kapasitas memori internal pada OnePlus Mini ini, sebenarnya kawan Begawei tak memerlukan kartu external memory lagi karena kapasitas memori on-board sudah cukup besar. Jadi, meski pada bagian memori tak dilengkapi dengan slot microSD external, tentunya hal ini tak akan menjadi masalah yang besar. Ketidakhadiran slot microSD card pada spesifikasi OnePlus Mini ini sekaligus sebagai antisipasi efek negatif karena saat ini banyak beredar kartu memori eksternal yang tidak kompatibel dengan jenis ponsel.

Lini Fotografi Mumpuni dengan Duet Kamera 13 MP dan 5 MP

Sebagai smartphone masa kini, tak lengkap rasanya jika tak dibekali dengan kamera yang berkualitas. Untungnya, spesifikasi OnePlus Mini sudah dibekali dengan perangkat fotografi yang memadai untuk digunakan sebagai penangkap momen-momen indah kamu semua. Pada lini fotografi, OnePlus Mini mengandalkan kamera belakang berkekuatan 13 MP bersensor Sony IMX258 dengan dual-LED flash dan autofocus. Hasil fotonya pun cukup baik dengan resolusi foto yang dihasilkan mencapai 4128 x 3096 piksel. Selain itu sama seperti kamera smartphone modern lainnya, kamera pada OnePlus Mini juga sudah didukung dengan fitur fotografi modern, seperti misalnya fitur apperture f/2.0, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan juga fitur HDR. Untuk perekaman video,kamera utama pada  OnePlus Mini bisa diandalkan untuk merekam gambar dengan hasil video yang lumayan bagus. Sedangkan untuk keperluan selfie, video chat atau video call, pada kamera sekunder dari smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan kamera depan berkekuatan 5 MP yang dibekali dengan fitur apperture f/1.8 yang sanggup membidik obyek secara lebih baik dan mendetail. Dengan hadirnya duet kamera mumpuni pada spesifikasi OnePlus Mini ini, maka smartphone ini sangatlah cocok bagi kawan Begawei yang menggemari fotografi.

spesifikasi hp oneplus mini

Akses Internet Cepat dengan Dukungan Jaringan 4G LTE

Sebagai perangkat mobile kelas atas, rasanya tak lengkap jika spesifikasi OnePlus Mini tidak memiliki teknologi terbaik pada sektor konektivitas. Sama seperti seri OnePlus One dan juga OnePlus 2, sektor konektivitas ini sekaligus menjadi salah satu keunggulan yang coba ditawarkan oleh generasi baru dari smartphone OnePlus ini. Sebagai jaringan data andalannya, OnePlus Mini dibekali dengan teknologi jaringan data 4G LTE. Kecepatan teknologi 4G LTE memang sudah tak perlu diragukan lagi. Dengan teknologi jaringan data terbaik pada OnePlus Mini ini, kawan Begawei bisa menikmati akses internet yang cepat dan stabil. Jika berjalan pada jaringan 4G LTE, smartphone ini mampu meraih kecepatan download hingga 150 Mbps. Sementara untuk upload bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 50 Mbps. Kemudian, jika kawan Begawei berada di area yang belum terjangkau jaringan 4G, OnePlus Mini juga sudah dibekali dengan pilihan jaringan alternatif lainnya yang memiliki kecepatan akses internet yang tak kalah cepatnya. Mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA telah disematkan pada seri smartphone OnePlus Mini ini. Sedangkan untuk keperluan koneksi nirkabel jarak dekat, perangkat baru dari OnePlus ini juga telah dibekali dengan fitur WiFi yang bisa digunakan untuk mengakses internet secara gratis, serta fitur hotspot theterring yang bisa digunakan untuk berbagi jaringan data. Selain itu, OnePlus Mini juga dilengkapi dengan fitur Bluetooth dan juga slot microUSB yang kompatibel dengan Type-C 1.0 Reversible Connector untuk keperluan transfer data. Spesifikasi OnePlus Mini di sektor konektivitas pun juga semakin lengkap dengan kehadiran teknologi navigasi A-GPS dan GLONASS serta Beidou yang akan membantu keperluan pemetaan lokasi penggunanya secara lebih optimal

Suplai Daya Andalkan Baterai Berkapasitas 3.100 mAh

Pada segmen terakhir, kita akan membedah ruang suplai daya yang menjadi bagian dari spesifikasi OnePlus Mini ini. Apabila melihat semua spesifikasi dari bagian layar, mesin, hingga fitur lainnya, kita bisa menyimpulkan bahwa spesifikasi yang ada pada OnePlus Mini ini memerlukan pasokan daya yang cukup besar. Hal ini terkait dengan komponen-komponen kelas atas yang tentunya membutuhkan daya yang besar sebagai tenaga operasionalnya. Pada sektor baterainya sendiri, OnePlus Mini dibekali dengan baterai jenis Non-removable Li-Po yang memiliki kapasitas sebesar, yakni 3.100 mAh. Baterai tersebut merupakan jenis baterai baru yang memiliki daya tahan lebih tinggi dan lebih awet jika dibandingkan dengan baterai jenis Li-Ion. Jika melihat besaran kapasitasnya, baterai yang tertanam pada spesifikasi OnePlus Mini ini memiliki kapasitas daya yang terhitung sangat besar. Jika digunakan secara normal, baterai tersebut akan mampu memberikan tenaga maksimal hingga seharian penuh sehingga kawan Begawei tak perlu takut akan sering kehabisan daya.

Kelebihan dan Kekurangan OnePlus Mini

Berbeda dengan OnePlus One yang membawa keunggulan di sektor layarnya, kali ini OnePlus Mini memberikan sesuatu yang berbeda dari seri OnePlus lama. Smartphone terbaru racikan OnePlus ini lebih mengedepankan performa mesin dengan mengusung chip Helio X10 yang didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Selain itu, generasi ketiga dari smartphone OnePlus ini juga dibekali dengan CPU Octa-core 2.2 GHz serta GPU PowerVR G6200 untuk meningkatkan tampilan grafisnya. Keunggulan lain dari ponsel pintar yang satu ini tentunya adalah sertifikasi bodi anti air dan debu yang dimilikinya. Sedangkan untuk kekurangannya, barangkali hanya terletak pada jenis layarnya yang masih menggunakan jenis layar biasa, meski sudah mendapatkan proteksi dari Gorilla Glass. Selain itu, catatan minus dari smartphone ini adalah tidak adanya slot microSD card sebagai memori eksternalnya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel kelebihan OnePlus Mini dan kekurangan OnePlus Mini:

Kelebihan OnePlus Mini
  • Material plastik namun berkualitas tinggi
  • Layar 5.0 inci
  • Resolusi layar yang bagus
  • Fingerprint Sensors
  • Corning Gorilla Glass
  • Sertifikasi IP67
  • OS Android Lollipop
  • CPU Octa-core 2,2 GHz
  • Chipset Mediatek MT6795 Helio X10
  • GPU PowerVR G6200
  • Memori Internal 32 GB
  • Kamera primer 13 MP Sensor Sony
  • Kamera sekunder 5 MP
  • Baterai 3.100 mAh Lithium-Polymer
  • Dual SIM GSM
  • Sudah didukung jaringan 4G LTE
Kekurangan OnePlus Mini
  • Tidak ada slot memori eksternal
  • Baterai non-removable
  • Jenis layar masih LCD biasa

Harga OnePlus Mini

Setelah Begawei mengajak kamu semua untuk membahas spesifikasinya, kini saatnya kita membahas harga OnePlus Mini ini. Jika menilik spesifikasinya, mungkin kita sama-sama setuju bahwa smartphone OnePlus seri Mini hadir dengan spesifikasi menawan. Desainnya stylish dengan menawarkan layar 5 inci yang membawa bodi bersertifikat IP67 dan water resistant akan membuat smartphone ini memiliki daya tahan fisik yang kuat. Selain itu, banderol harga OnePlus Mini pun juga dipengaruhi oleh komponen-komponen kelas atas lainnya. Keberadaan pelindung anti gores Corning Gorilla Glass 3 juga membuat handset ini semakin tanggung, dengan membawa kelebihan yang maksimal juga pada sektor produksi visual. Beralih ke soal tenaga, produk ketiga dari OnePlus ini didukung oleh komponen-komponen bertenaga maksi yang tentunya juga menjadi penentu utama harga jual OnePlus Mini di pasaran. Pada bagian mesin atau dapur pacunya, OnePlus menanamkan chip Helio X10 yang memiliki kekuatan CPU Octa-core 2.2 GHz. Hadir pula RAM berkapasitas 2 GB yang akan menjadi pendukung aktivitas olah datanya. Nah, dengan spesifikasi kelas atas seperti itu, lalu berapakah harga OnePlus Mini ini ya? Penasaran? Berikut adalah jawabannya.

harga oneplus mini

harga oneplus mini terbaru

Seperti yang sudah sempat Begawei ungkapkan pada bagian awal tadi, generasi baru smartphone dari OnePlus ini memang memiliki harga yang cukup mahal. Harga OnePlus Mini yang cukup mahal memang karena smartphone tersebut masuk dalam jajaran smartphone kelas menengah atas. Sesuai dengan informasi yang dilansir oleh laman GSM Arena, banderol harga OnePlus Mini ini adalah sekitar 220 euro, atau sekitar Rp 3,4 jutaan. Untuk pasar gadget Indonesia, harga tersebut memang masuk dalam kategori mahal. Namun jika dibandingkan dengan harga seri sebelumnya, sebenarnya harga jual OnePlus Mini ini masih cukup bersaing. Sebagai informasi, untuk OnePlus seri One dan juga OnePlus 2, banderol harganya juga berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 4 jutaan. Dengan berbekal spesifikasi yang lebih baik dari seri OnePlus One, maka sudah wajar jika harga OnePlus Mini pun akan sedikit lebih mahal dari saudara tuanya tersebut.

Harga OnePlus Mini
Sekitar Rp 3.000.000,- s/d Rp 4.000.000,-

Rumor yang beredar, smartphone terbaru dari OnePlus ini akan masuk ke Tanah Air pada medio November mendatang. Jika melihat perkembangan harga gadget di Indonesia, memang ada kemungkinan bahwa harga OnePlus Mini ini akan mengalami perubahan, meski tak terlalu signifikan. Begawei memprediksi jika harga OnePlus Mini nanti tetap akan berada pada kisaran Rp 3 juta hingga 4 jutaan. Meski merupakan vendor smartphone yang terhitung baru, namun dengan kesuksesan OnePlus One dan juga OnePlus 2, maka seri terbaru OnePlus Mini memiliki peluang untuk menyusul kesuksesan kedua pendahulunya. Kehadiran generasi ketiga dari OnePlus ini tentunya juga akan semakin menambah persaingan di pasar gadget dunia, termasuk di Indonesia. Dengan spesifikasi dan harga OnePlus Mini yang cukup bersaing, OnePlus nampaknya cukup percaya diri untuk berbuat lebih banyak di jagad smartphone dunia. Baca juga ulasan Begawei mengenai OnePlus 2 dan LG Nexus 5X.

Spesifikasi OnePlus Mini

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100 (North America) - HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 (Global Model)
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Exp. announcement 2015, October
  • Status
    Rumored. Exp. release 2015, November
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    Capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.0 inches
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass (unspecified version)
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v5.1 (Lollipop)
  • Chipset
    Mediatek MT6795 Helio X10
  • CPU
    Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53
  • GPU
    PowerVR G6200
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    No
  • Internal
    32 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, dual-LED (dual tone) flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    Yes
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP
  • GPS
    Yes, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    Type-C 1.0 reversible connector
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Po battery
  • Daya
    3100 mAh

Produk Lainnya dari Oneplus

Top