Home » Produk » Nokia E1

Harga Nokia E1 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    5.2 inci

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v7.0

Harga Nokia E1 dan Spesifikasi – Nokia tampaknya kembali menunjukkan batang hidungnya di persaingan industri smartphone. Hal ini semakin jelas sebab vendor tersebut kabarnya tengah mempersiapkan perangkat baru yang akan segera dirilis dalam waktu dekat. Produk baru itu diketahui hadir dengan mengusung nama Nokia E1. Handset baru milik Nokia ini diketahui telah lolos sertifikasi di badan sertifikasi Tiongkok dan disebut-sebut oleh banyak pihak akan dirilis pada kuartal pertama atau kedua di tahun 2017. Yang menarik adalah Nokia E1 ini bakal menjadi amunisi Nokia untuk menyasar segmentasi pasar kelas pemula. Meski begitu, tampaknya Nokia tak mau main-main dengan smartphonenya ini. Walaupun secara kategori di kelas paling bawah dan akan dibanderol dengan harga yang lumayan terjangkau, namun Nokia E1 mengusung spesifikasi yang menarik sehingga kemungkinan besar bakal menjadi lawan yang tangguh untuk ponsel-ponsel entry-level lainnya. Bahkan, rumor dan bocoran spesifikasi serta komponen lain yang disematkan pada handset ini pun sudah tersebar di dunia maya sehingga banyak yang mulai menelisik spesifikasi dari Nokia E1 ini.

Nokia E1

Nokia E1

Didesain sebagai salah satu pengisi di jajaran smartphone entry-level, Nokia E1 dibekali dengan spesifikasi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, sejumlah bagiannya hadir dengan komponen-komponen nomor wahid. Selain desainnya yang compact dan stylish, Nokia E1 ini mengusung panel IPS LCD dengan bentang 5.2 inci yang mampu menghasilkan resolusi HD. Performanya juga cukup handal sebab bagian olah datanya ditenagai dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz dan didukung dengan RAM berkapasitas 2 GB. Belum lagi, Nokia E1 ini sudah menjalankan sistem operasi terbaru Android Nougat sehingga kinerjanya tak perlu dipertanyakan lagi dan anda bisa menikmati beragam fitur terbaru dari Android. Selain urusan performa, Nokia juga tampaknya sangat memperhatikan sektor fotografi dari Nokia E1 ini. Hal ini karena sektor tersebut disemati dengan dua buah piranti kamera yang mumpuni di kelasnya yaitu duet 13 MP dan 5 MP sehingga sanggup untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi penggunanya dengan baik? Ingin tahu fitur menarik lain yang dibawa ponsel baru Nokia ini? Kalau begitu langsung simak saja ulasan spesifikasi dan harga Nokia E1 dari Begawei berikut ini!

HP Nokia E1

Smartphone Nokia E1

Review Nokia E1

Ponsel 5.2 Inci dengan Desain Compact dan Stylish

Seperti biasa, review kali ini akan dimulai dengan membedah spesifikasi Nokia E1 mulai dari bagian fisiknya. Bocoran tampilan dari perangkat ini memang sudah tersebar di internet. Lewat bocoran tersebut terlihat jika Nokia E1 hadir dengan mengusung desain yang compact dan stylish dengan keempat ujung yang tak terlalu dibuat melenngkung. Bezel di kedua sisinya terlihat lumayan tipis. Meski begitu belum diketahui apakah bodi Nokia E1 bakal dilapisi material plastik atau metal, namun yang pasti bakal tersedia dalam varian warna hitam dan putih. Selain material yang dipakai untuk membalut bodinya, detail dimensi dan bobotnya pun juga belum diketahui. Sesuai dengan kelasnya, wajar jika smartphone yang satu ini belum dibekali dengan sensor fingerprint. Nah, pada bagian visualnya, spesifikasi Nokia E1 membawa panel IPS LCD capacitive touchscreen seluas 5.2 inci dengan kedalaman warna 16 M. Layar tersebut mampu menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 282 ppi. Sayangnya, masih belum ada informasi apakah layarnya bakal dibekali dengan proteksi atau tidak.

Performa Handal dengan Prosesor Quad-core 1.4 GHz dan RAM 2 GB

Setelah mengetahui lebih detail tentang spesifikasi Nokia E1 di bagian terluarnya, kini kita akan beralih ke bagian dalam yaitu sektor dapur pacu. Bagian yang memiliki peran utama dalam kinerja ponsel ini dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang memang cukup sering digunakan pada perangkat mid-range dan entry-level. Chip yang disematkan pada Nokia E1 ini dipadukan dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.4 GHz yang berjalan pada arsitektur ARM Cortex-A53 sehingga performa yang dihasilkannya cukup handal. Sektor ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 2 GB sehingga mampu mendukung perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cukup lancar dan responsif. Untuk urusan gaming, Nokia rupanya menyematkan kartu grafis Adreno 308 pada Nokia E1 ini yang mendukung untuk menjalankan game-game kecil seperti Angry Birds dan file multimedia pada umumnya. Menariknya, justru semua komponen pada spesifikasi Nokia E1 tersebut bakal berjalan di atas sistem operasi teraru Android v7.0 Nougat sehingga kinerjanya sangat ringan dan pengguna bisa menikmati berbagai macam fitur baru yang jumlahnya lebih berlimpah.

Spesifikasi Nokia E1

Spesifikasi Nokia E1

Storage Sediakan Memori Internal 16 GB

Puas membongkar spesifikasi Nokia E1 di bagian teknisnya, maka pada bagian ini kawan Begawei akan mengetahui seluas apa ruang penyimpanan yang dimiliki oleh perangkat terbaru buatan Nokia ini? Bagian yang satu ini juga memiliki peranan yang penting sebab apabila tidak memadai bakal menghambat operasionalnya.  Agar hal tersebut tak terjadi, Nokia E1 dibekali dengan memori internal sebesar 16 GB. Kapasitas ini tentu sudah menyediakan ruangan yang cukup longgar untuk kategori ponsel di kelas pemula sehingga pengguna Nokia E1 bisa cukup leluasa dalam menyimpan berbagai macam file di dalamnya baik itu file bawaan internal perangkat maupun berbagai macam file hiburan yang biasanya dikoleksi oleh pengguna. Namun, belum diketahui apakah ruang penyimpanan pada spesifikasi Nokia E1 ini bisa diperluas atau tidak. Pasalnya, keberadaan dari slot microSD hingga kini statusnya masih menunggu konformasi.

Lini Fotografi Mumpuni Terdukung Duet 13 MP dan 5 MP

Lini fotografi saat ini menjadi pertimbangan utama ketika ingin membeli smartphobe sebab ponsel dengan bekalan kamera yang berkualitas lebih diminati. Agar tak kalah saing dengan smartphone entry-level milik vendor lain, Nokia membekali spesifikasi Nokia E1 ini dengan dua buah piranti kamera yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi. Sebut saja kamera utama dengan resolusi 13 MP yang menghiasi bagian punggungnya. Kamera Nokia E1 ini hadir ditemani dengan fitur autofocus dan LED flash yang akan membantu dalam membidik objek dengan minim goncangan serta mampu menghasilkan jepretan gambar yang berkualitas dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, kamera utama Nokia E1 juga mampu merekam video dengan kualitas 1080p@30fps. Sementara itu, di bagian depan, kawan Begawei bisa menjumpai kamera sekunder dengan resolusi 5 MP. Kamera ini tentu sudah cukup mumpuni jika dipakai untuk aktivitas selfie serta melakukan video call. Tak hanya itu, fitur pendukung kamera seperti geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, dan panorama pun turut menghiasi spesifikasi Nokia E1 di sektor fotografinya.

Spesifikasi Hp Nokia E1

Spesifikasi Smartphone Nokia E1

Konektivitas Lancar Meski Belum Mendukung 4G LTE

Selanjutnya, kawan Begawei bakal mengetahui lebih dalam mengenai kualitas yang disuguhkan spesifikasi Nokia E1 pada bagian konektivitasnya. Untuk kebutuhan komunikasi sendiri, hingga saat ini belum diketahui apakah ponsel entry-level milik Nokia ini bakal mengandalkan single SIM atau dual SIM.  Selain itu, meski sebagian besar smartphone saat ini sudah didukung dengan teknologi jaringan terbaru 4G LTE dengan akses internet super cepatnya, namun Nokia tampaknya belum tertarik untuk menggunakan akses jaringan pada Nokia E1 ini. Hal ini tentu menjadi nilai minus tersendiri, namun sebagai gantinya kawan Begawei masih bisa mengakses internet dengan cukup lancar melalui jaringan lama GSM dan HSPA. Nokia E1 juga menghadirkan fitur konektivitas jarak dekat seperti Wi-Fi 802.11, Wi-Fi direct, dan hotspot. Sementara itu, untuk urusan berbagi data, pengguna bisa memanfaatkan Bluetooth v4.0, A2DP, dan microUSB v2.0. Pada sistem navigasinya, spesifikasi Nokia E1 dibekali dengan teknologi A-GPS dan GLONASS yang mampu melakukan penguncian lokasi dengan begitu akurat.

Kapasitas Baterai Sesaui dengan Kebutuhan

Nah, pada bagian terkahir segmen ini kita akan mengulas mengenai daya tahan dari spesifikasi Nokia E1 untuk mendukung operasionalnya. Jika kita mau menengok kembali pada spesifikasi yang dibawanya, smartphone Nokia E1 ini memang dibekali dengan komponen-komponen yang umum dipakai pada ponsel entry-level, meski ada beberapa di antaranya yang memakai komponen dengan kualitas yang top. Dengan ini bisa diperkirakan bahwa konsumsi daya dari Nokia E1 ini berada pada jumlah yang standar. Meski begitu, hingga kini masih belum ada informasi mengenai baterai yang bakal diapakai sebagai pemasok dayanya baik itu jenisnya maupun kapasitasnya. Namun, dengan mempertimbangkan hal tersebut, spesifikasi Nokia E1 sepertinya bakal didukung dengan baterai berkapasitas di atas 2.000 mAH agar tak mengganggu operasionalnya.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia E1

Lama tak didengar, tiba-tiba di awal tahun 2017 ini Nokia kembali mengeluarkan senjata barunya. Senjata tersebut bernama Nokia E1 yang akan bermain di kelas entry level. Bisa dibilang smartphone ini merupakan langkah awal Nokia untuk kembali merebut para hati usernya yang sudah banyak yang beralih ke brand lain. Nokia E1 memang sangat kompak, sesuai dengan desain bodynya, namun smartphone ini pada dapur pacunya boleh diacungi jempol bila kita melihat harga Nokia E1 yang akan dibandrol. Hal ini disebabkan ponsel pintar ini telah mengusung prosesor Quad-Core 1.4 GHz yang bertipe Cortex-A52 dan didukung RAM berkapasitas 2 GB yang tentunya sangat cukup digunakan untuk sekedar multitasking pada ponsel. Untuk fitur lainnya sendiri masih standar dan cenderung ada kekurangan yang signifikasi seperti tidak didukungnya jaringan 4G LTE yang sebenarnya sangat penting untuk handphone jaman sekarang. Berikut ini Begawei uraikan lengkap kelebihan Nokia E1 dan kekurangan Nokia E1 untuk kawan-kawan semua.

Kelebihan Nokia E1
  • Desain Stylish
  • Layar 5.2 inci
  • Panel IPS LCD
  • OS Android v7.0 Nougat
  • Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • Prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • RAM 2 GB
  • GPU Adreno 308
  • Memori internal 16 GB
  • Duet kamera 13 MP dan 5 MP
  • Navigasi GLONASS
Kekurangan Nokia E1
  • Belum support 4G LTE
  • Slot SIM belum diketahui
  • Tidak memiliki sensor fingerprint
  • Slot microSD belum diketahui

Harga Nokia E1

Setelah selesai membedah membedah spesifikasi Nokia E1 di semua sektornya, maka pada segmen ini Begawei akan membahas mengenai banderol harga Nokia E1 terbaru milik Nokia ini. Namun sebelum berlanjut ke nominalnya, tak ada salahnya memperhitungkan garis besar spesifikasinya sekali lagi, Nokia E1 merupakan smartphone entry-level yang hadir dengan mengusung panel IPS LCD seluas 5.2 inci beresolusi HD. Dengan harga Nokia E1 yang terjangkau, performa yang dihasilkannya pun tergolong handal dikelasnya sebab bagian dapur pacunya ditenagai dengan prosesor Quad-core berkecepatan 1.4 GHz dan ditandem dengan RAM berkapasitas 2 GB. Selain itu, pengguna pun semakin dimanjakan dengan kehadiran duet kamera 13 MP dan 5 MP yang menghiasi lini fotografinya. Lalu, berapa harga Nokia E1 ini ketika dijual di Indonesia?

Harga Nokia E1

Harga Nokia E1

Harga Nokia E1 Terbaru

Harga Nokia E1 Terbaru

Sebagai perangkat yang dibuat untuk mengisi jajaran kelas entry-level tentu sudah bisa dipastikan jika banderol harga Nokia E1 terbaru ini akan lumayan terjangkau. Meski bocoran mengenai spesifikasinya sebagian besar sudah tersebar, namun untuk harga pastinya sendiri hingga saat ini masih belum dapat dikonfirmasi. Oleh sebab itu, nominal harga Nokia E1 yang Begawei berikan saat ini baru merupakan perkiraan saja. Dengan memperkirakan spesifikasi yang diusungnya serta fitur-fitur yang ditawarkan perangkat ini, Begawei perkirakan jika harga hp Nokia E1 berada di kisaran Rp 2 jutaan. Perkiraan harga ini tentu bisa dikatakan murah bahkan ketika nantinya masuk ke pasar Indonesia. Selain itu, perkiraan harga Nokia E1 tersebut masuk ke dalam kategori harga jual yang hampir bisa dijangkau oleh semua kelas konsumen di tanah air.

Harga Asus Nokia E1
Sekitar Rp 2.000.000,- (Perkiraan)

Perkiraan harga Nokia E1 yang lumayan murah tersebut tentu sangat sepadan dengan apa yang ditawarkannya sebab spesifikasinya sebagian besar masing menggunakan komponen-komponen standar namun cukup berkualitas di kelasnya. Meski banderol harga Nokia E1 ini cukup murah, namun pengguna bisa mengharapkan sesuatu yang berbeda dari ponsel ini. Pasalnya, hanya dengan mengeluarkan uang di kisaran harga tersebut, kawan Begawei sudah bisa merasakan sensasi smartophone Android entry-level yang menjalankan sistem operasi Android Nougat. Hal ini tentu akan menjadi salah satu daya tarik Nokia E1 yang mungkin mampu mengimbangi sedikit nilai minusnya. Mengigatkan sekali lagi bahwa status smarphone Nokia ini masih rumor sehingga harga Nokia E1 resminya nanti sangat mungkin jika berbeda dengan perkiraan yang Begawei sampaikan. Baca juga review menarik lainnya yaitu Samsung Galaxy J2 Prime dan Lenovo A6600 Plus.

Spesifikasi Nokia E1

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • 4G bands
    HSPA
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Belum Diumumkan
  • Status
    Rumor
Desain
  • SIM
    Ya
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.2 inches (~71.4% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Belum diketahui
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v7.0 (Nougat)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • CPU
    Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 308
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    Akan dikonfirmasi
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.0, A2DP
  • GPS
    Ya, with A-GPS, GLONASS
  • Radio
    FM radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    -
  • Daya
    -

Produk Lainnya dari Nokia

Top