Home » Produk » Nokia A1

Harga Nokia A1 dan Spesifikasi


  • CPU
    2xQuad-core 1.8 GHz

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    32 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Harga Nokia A1 dan Spesifikasi – Kehadiran Nokia A1 dikatakan sebagai awal kebangkitan produsen gadget asal Finlandia ini. Memang, pada masanya beberapa tahun lalu, Nokia menjadi produsen ponsel paling berjaya. Dulu, Vendor yang satu ini menjadi leader penjualan ponsel dunia. Walaupun varian yang dikenalkannya jarang-jarang dikatakan wah, namun masalah built-quality bisa dibilang tidak ada duanya. Singkat cerita, kali ini Nokia telah kembali bangkit dengan menghadirkan produk dengan membawa OS Android pada produk Nokia A1 untuk membidik konsumen kelas menengah atas.  Kehadiran varian Nokia A 1 ini tentu mengingatkan kita akan predikat kualitas wahid Nokia. Sampai-sampai, ponsel yang diproduksi oleh Vendor yang satu ini disematkan predikat global yang walaupun tidak resmi sebagai ponsel yang lebih keras daripada batu. Tentunya ini akan menjadi tantangan yang berat bagi Nokia A1 untuk tetap mempertahankan kualitas built-nya. Suatu hal yang jelas, ponsel pintar yang satu ini diproduksi setelah Nokia terpaksa menerima kendali Microsoft setelah kekalahannya di medan perang gadget. Tentunya kehadiran Microsoft tersebut menjadi suatu hal yang dinantikan dalam ciri khas yang akan diusung dalam Nokia A1 ini.

nokia a1

Hadir sebagai ponsel pintar, tentu saja Nokia telah siap dengan seperangkat komponen terbaiknya. Untuk menyajikan performa tangguh pada Nokia A1, Vendor asal Finlandia ini menghadirkan layar seluas 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Sementara pada ruang olah data, Nokia A1 dibekali dengan chipset Snapdragon 652 yang ditenagai oleh processor Octa-core dan ditandemkan dengan RAM 2 GB. Meski termasuk masih baru dalam meracik smartphone kekinian, bukan berarti Nokia A1 ini menjadi produk coba-coba dari Nokia. Terang saja, apabila kita kembali sejenak Nokia telah berpengalaman dalam meracik produk berkualitas macam Nokia Communicator. Tidak mau kalah dengan predikat yang telah lama diembannya, Nokia menyematkan perangkat kamera pada Nokia A1 ini dengan sensor berukuran 13 MP dan 5 MP. Semakin penasaran kan dengan kegaharan produk Nokia ini? Yuk simak ulasan Begawei mengenai Spesifikasi dan Harga Nokia A1 di bawah ini!

hp nokia a1

Review Nokia A1

Desain Fisik Mewah Mengusung Layar 5,5 Inci dengan Bezel Tipis

Pada segmen pertama ini, Begawei akan mengawalinya dengan pembahasan dari penampilan fisik yang dibawa oleh spesifikasi Nokia A1. Desain utama yang diusung oleh ponsel Nokia ini berbentuk persegi panjang dengan layar luas dan bezel tipis sehingga membuatnya terlihat lebih luas. Di sektor dimensi fisiknya, Nokia A1 memiliki ukuran tubuh tergolong cukup ramping, meski ukuran dimensi dan berat secara detailnya masih belum diketahui, namun dari penampilan yang terlihat saja dipastikan pengoperasian akan tetap nyaman. Untuk display visual, smartphone terbaru dari Nokia ini dibekali dengan layar jenis IPS LCD kapasitif 16 juta warna berukuran 5,5 inci. Resolusi layar pada Nokia A1 ini terbilang cukup bagus dalam menyuguhkan tampilan visual dengan resolusi mencapai 1080 x 1920 pixels dan tingkat kepadatan layar adalah 401 ppi. Jika kita tilik, resolusi layar yang dimiliki oleh A1 terbilang sangat mumpuni untuk visualisasi yang nyaman di mata. Sayangnya spesifikasi Nokia A1 ini belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar bawaan pabrik sehingga kawan Begawei wajib menambahkan screen guard untuk melindungi layarnya dari goresan.

Dapur Pacu Tangguh dengan Chipset Snapdragon 652 Bertenaga Processor Octa-core

Setelah pada segmen pertama kita mengulas bagian desain tampilan dan layarnya yang ternyata cukup mengagumkan, sekarang saatnya kita menuju pada pembahasan di sektor andalan dari spesifikasi Nokia A1 yang tidak lain adalah sektor permesinan. Pada sektor ini, tercatat Nokia berani tampil all-out dengan mengandalkan chipset berkualitas tinggi berupa Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652 yang bekerja dengan kekuatan prosesor Octa-core yang terbagi menjadi dua cluster, yaitu Quad-core 1.8 GHz Cortex-A72 dan quad-core 1.4 GHz Cortex-A53. Kombinasi hardware pada ruang mesin Nokia A1 tersebut jelas akan menciptakan performa tangguh untuk keperluan olah data. Apalagi, smartphone A1 ini juga hadir dengan kapasitas RAM seluas 2 GB yang bisa menjalankan fungsi multitasking lebih responsif. Selain itu, Nokia A1 ini juga menjanjikan visual grafis berkualitas tinggi dengan mengandalkan GPU Adreno 510. Berbekal komponen hardware kelas wahid, bisa dipastikan kombinasi perangkat-perangkat pada sistem permesinan pada A1 sudah bisa diandalkan untuk menjalankan segala instruksi dan kinerja operasional yang lebih cepat. Terakhir guna menjalankan segala perangkat hardware canggih yang ada di smartphone ini, spesifikasi Nokia A1 di ruang dapur pacu dipercayakan pada platform Android v6.0 (Marshmallow) yang merupakan versi paling baru produk OS Android dan siap sediakan fitur-fitur menarik serta tampilan cukup atraktif.

spesifikasi nokia a1

Ruang Simpan Sangat Luas dengan Memori Internal 32 GB

Setelah kita sama-sama melihat spesifikasi Nokia A1 di bagian pengolahan datanya, sekarang kita akan menuju pada pembahasan spesifikasi memori internalnya. Untuk ruang simpan, rupanya Nokia mengadirkan ruang simpan yang sangat luas. Untuk memori internalnya Nokia A1 dibekali dengan ruang sebesar 32 GB. Dengan kapasitas memori internal tersebut pastinya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai file penting milik kawan Begawei, termasuk file sistem. Kapasitas memori internal Nokia A1  akan memenuhi segala kebutuhan storage. Namun, jika kamu merasa kapasitas 32 GB belum cukup menampung semua file penting kamu, rupanya keberadaan slot memori eksternal pada ponsel ini masih dalam konfirmasi. Tentu saja, diharapkan nantinya Nokia juga akan membekali spesifikasi Nokia A1-nya dengan slot memori eksternal berkapasitas luas agar dapat diandalkan sebagai ruang simpan tambahan.

Lini Fotografi Andalkan Duet Kamera 13 MP dan  5 MP

Menyesuaikan produk-produk smartphone lain di era saat ini, Nokia juga tak ingin ketinggalan. Nah untuk spesifikasi Nokia A1 berikutnya yakni fitur fotografi atau kamera, vendor asal Finlandia tersebut menyematkan kamera berkekuatan besar lengkap fitur olah fotografi modern. Untuk kamera primer, smartphone seri A1 ini telah mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang mampu memberikan hasil jepretan foto sangat bagus dan tajam layaknya kamera saku. Kamera utama pada Nokia A1 tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan juga LED Flash yang akan memberikan hasil foto mumpuni. Selain itu, kamera yang terletak pada sisi belakang itu juga dapat digunakan sebagai media perekam video dengan resolusi rekaman mencapai [email protected] Fitur-fitur olah fotografi seperti Geo-tagging, Touch Focus, Face/smile Detection, HDR dan juga Panorama juga tak lupa disematkan pada kamera utama Nokia A1 ini. Keberadaan fitur-fitur fotografi modern tersebut berguna untuk membantu kawan Begawei dalam mengelola foto menjadi lebih baik. Kemudian untuk kamera sekunder atau kamera depan, spesifikasi Nokia A1 turut disempurnakan dengan piranti kamera berukuran 5 MP yang bisa digunakan untuk berfoto selfie atau melakukan panggilan video call. So, perangkat smartphone terbaru ini juga siap menjadi media dokumentasi andalan.

spesifikasi hp nokia a1

Konektivitas Handal dengan Jalur Akses Internet Andalkan HSPA

Berikutnya kita berpindah pada sektor konektivitas yang disematkan pada spesifikasi Nokia A1 ini. Pada sebuah gadget atau smartphone modern tentu saja bagian terpenting adalah bagian konektivitasnya. Semakin tinggi kecepatan akses internet, maka ponsel tersebut dapat memaksimalkan seluruh fitur berbasis internetnya. Pada sektor konektivitasnya, Nokia A1 memang masih belum dibekali dengan teknologi 4G LTE untuk berselancar di dunia maya. Namun, mengingat pemerataan jaringan 4G LTE di Indonesia masih belum maksimal rasanya jaringan 3G HSPA masih sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan akses internet pengguna Nokia A1 ini. So, kamu akan tetap bisa berselancar secara menyenangkan di manapun. Dari jaringan HSPA ini, kawan Begawei akan diberi kecepatan download dan upload yang juga tak kalah kencang. Lalu untuk kebutuhan konektivitas jarak dekat, Nokia A1 ini menyediakan beberapa fitur fungsional seperti Wifi, hotspot, Bluetooth juga microUSB yang sangat mempermudah aktivitas sehari-hari. Lalu untuk bagian navigasi, ponsel ini siap melakukan penguncian lokasi dengan A-GPS dan GLONASS yang menjadi pelengkap spesifikasi Nokia A1 ini untuk melakukan pemetaan lokasi dengan akurat.

Suplai Daya Baterai Dipasok Sesuai Kebutuhan

Seberapapun mewahnya spesifikasi teknis pada sebuah smartphone tentu saja hal ini tidak akan berarti apa-apa tanpa keberadaan suplai daya baterainya, tidak terkecuali spesifikasi Nokia A1 ini. Daya baterai ini jika diibaratkan akan menjadi makanan atau sumber energi yang akan memberi kekuatan untuk menjalankan segala bentuk operasional. Jika melihat segala spesifikasi mulai dari layar, dapur pacu hingga konektivitasnya dapat disimpulkan bahwa Nokia A1 ini memerlukan konsumsi daya yang standar saja, tidak terlalu boros. Sayangnya, Nokia masih belum merilis jenis baterai juga berapa kapasitasnya, sehingga saat ini masih belum diketahui berapa lama ponsel ini akan bertahan untuk memenuhi kinerjanya. Namun apabila kita melihat produk-produk terdahulunya, hampir tidak ditemukan keluhan masalah baterai oleh pengguna. Tentunya, hal ini menjadi benchmark tersendiri untuk Nokia A1 ini. Harapannya tentu saja Nokia akan membekali smartphone ini dengan kapasitas baterai yang sesuai dengan kebutuhan agar segala proses operasional bisa berjalan dengan optimal. Mungkin saja, urusan baterai dalam spesifikasi Nokia A1 ini akan menjadi gebrakan smartphone yang mampu bertahan hidup selama seminggu khas ala ponsel batu buatan Nokia.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia A1

Setelah tidak dapat dibilang berhasil dengan Nokia X-nya, akhirnya Nokia memberanikan diri mengeluarkan Varian Nokia A1. Kalau melihat kegagalan versi X, rasanya memang rasa setengah hati yang dibenamkan Nokia pada ponselnya menjadi keluhan utama para pengguna. Apabila menengok spesifikasi Nokia A1, rasanya unsur setengah hati ini sudah dipangkas habis oleh Nokia. Terbukti,penggunaan Android M yang hingga saat ini belum ada kabar akan dikotori rasa Microsoft tentunya menjadi pembuktian tersendiri Nokia lebih peduli pada konsumen. Aplagi dengan Snapdragon 652 dan RAM 2 GB, rasanya akan membuat user-friendly bagi kalangan menengah ke atas. Mungkin kelemahannya ada pada 4G yang belum ‘nyantol’ pada perangkat Nokia A1 ini. Entah apa alasan Nokia, mungkin saja ini trik untuk varian berikutnya kelak. Membahas produk asal Finlandia yakni Nokia A1 rasanya tidak akan ada habisnya. Nah, untuk lebih singkatnya, berikut Begawei sajikan Kelebihan Nokia A1 dan Kekurangan Nokia A1 di bawah ini.

Kelebihan Nokia A1
  • Desain menarik
  • Layar 5.5 inci
  • Resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel 401 ppi
  • OS Android Marshmallow
  • Chipset Snapdragon 652
  • Processor Octa-core
  • GPU Adreno 510
  • RAM 2 GB
  • Memori internal 32 GB
  • Kamera 13 MP dan 5 MP
  • Bluetooth v4.2 A2DP
  • Navigasi A-GPS dan GLONASS
Kekurangan Nokia A1
  • Belum ada proteksi layar
  • Single SIM card
  • Belum support 4G LTE

Harga Nokia A1

Setelah mengupas tuntas seluruh bagian spesifikasinya, kini akhirnya Begawei tiba pada segmen harga Nokia A1  ini. Mungkin kawan Begawei saat melihat spesifikasi yang ada, telah bisa memprediksi harga ponsel pintar ini. Dari spesifikasi yang ada, bila dibandingkan dengan produk lain yang membawa spesifikasi sama, harga Nokia A1 bisa berada pada angka Rp 3 jutaan. Namun sebentar dulu, Begawei akan berikan sedikit kesimpulan dari pembahasan spesifikasi pada sektor-sektor yang ada sebelum kita membahas lebih jauh harganya. Ponsel pintar terbaru besutan vendor Eropa ini menghadirkan layar IPS LCD 5.5 inci yang beresolusi Full HD. Pengolahan data pada smartphone ini mengandalkan chipset Snapdragon 652 bertenaga prosesor Octa-core dan RAM 2 GB. Hal ini menjadikan dapur pacu ponsel pintar ini berkekuatan tangguh, selain itu pastinya juga akan berpengaruh pada harga Nokia A1  di pasaran. Sektor lain seperti ruang penyimpanan juga maksimal dengan kapasitas memori internal 32 GB. Keberadaan konektivitas yang masih mengandalkan jaringan HSPA tentunya menjadi salah satu faktor untuk sedikit menekan harga ponsel ini. Nah dengan bekal spesifikasi yang cukup bagus ini, berapakah harga Nokia A1 ya?

harga nokia a1

harga nokia a1 terbaru

Berbicara mengenai nominal harga Nokia A1 terbaru, memang hingga saat ini masih belum diumumkan secara resmi. Tetapi dari informasi yang Begawei dapatkan telah banyak yang mempredisikan bahwa harga dari Nokia A1 ini dibanderol pada nominal sekitar $200. Berapa rupiah? Kalau menggunakan kurs yang berlaku saat ini harga Nokia A1 sekitar Rp 2,6 jutaan. Harga prediksi tersebut memang terbilang cukup standar, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Cukup kompetitif untuk sebuah unit smartphone kelas menengah dan rasanya akan mampu bersaing di pasaran. Apalagi, apabila Nioka berani menjual ponsel ini dengan predikat batu, tentunya harga Nokia A1 malah terbilang sangat murah.

Harga Nokia A1
Sekitar Rp 2.600.000,- (Prediksi)

Apabila dicermati, memang pediksi pada harga Nokia A1 ini memang sudah sangat sesuai dengan spesifikasi yang dibawakan. Meski A1 merupakan produk baru, namun berbekal nama Nokia yang telah dikenal dari zaman dulu, tentu saja untuk kalangan tertentu khususnya yang sejak dahulu merupakan penggemar produk Nokia sudah tak ragu lagi dengan performa yang ditawarkan oleh vendor ini. Namun, Begawei masih belum bisa memastikan apakah Nokia A1 ini akan masuk ke Indonesia atau tidak. Tetapi yang jelas prediksi harga Nokia A1 ini terbilang sangat menarik dan kompetitif. Apalagi dengan brand Nokia yang pernah merajai pasaran ponsel genggam di pasar Indonesia tentu saja kemungkinan besar kehadiran Nokia A1 ini akan sanggup mengambil porsi besar. Lebih-lebih, dengan harga Nokia A1 ini yang berkisar di bawah tiga jutaan, rasanya akan memulai persaingan sengit antar Vendor yang bermain di Indonesia. Nah, jika kawan Begawei termasuk salah satu penggemar produk Nokia, nantikan kehadirannya! Begawei akhiri review sampai di sini. Baca juga Microsoft Lumia 650 dan Samsung Galaxy Express Prime.

Spesifikasi Nokia A1

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
  • Kecepatan
    HSPA
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Belum Diumumkan
  • Status
    Rumor
Desain
  • SIM
    Micro-SIM
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.5 inches
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652
  • CPU
    Quad-core 1.8 GHz Cortex-A72 & quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 510
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    Menunggu Konfirmasi
  • Internal
    32 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v4.2, A2DP
  • GPS
    Ya, Dengan A-GPS, GLONASS
  • Radio
    Menunggu Konfirmasi
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion

Produk Lainnya dari Nokia

  • tips android

    kren bener ni hp nokia A1, Android di klas ini yang paling barukan gan.

    Tapi harganya belum jelas ya.

Top