Home » Produk » Nokia 6

Harga Nokia 6 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 1.4 GHz

  • RAM
    4 GB

  • Kapasitas
    64 GB

  • Layar
    5.5 inci

  • Kamera
    16 MP

  • OS
    Android OS, v7.

Harga Nokia 6 dan Spesifikasi – HMD Global akan memperkenalkan smartphone besutannya berbasis Android di bawah nama besar Nokia, yaitu Nokia 6. Ponsel pintar yang kabarnya akan diluncurkan pada bulan Januari 2017 ini akan melakukan debut pertamanya di Negeri Tirai Bambu. Di sisi lain, dengan dihadirkannya seri Android Nokia ini maka sekaligus menandai bangkitnya smartphone merek Nokia pertama di pasar di mana sejak tahun 2014 lalu diakuisisi oleh Microsoft. Menariknya, Nokia 6 ini kan dibekali dengan OS Android Nougat terbaru di mana saat ini belum banyak smartphone yang berbekal OS Nougat. Pasalnya, tercatat bahwa ponsel Android pertama dengan Android Nougat yang diluncurkan antara lain LG V20 diikuti dengan smartphone lain termasuk Nokia 6 ini serta Google Pixel dan diikuti oleh beberapa ponsel lain. Tentu, dengan dibekalinya platform Android terbaru tersebut maka akan membuat perangkat ini pun bakal menjadi ponsel yang diburu para calon konsumen. Selain itu, kira-kira apa saja sih yang menarik dari Nokia 6 ini?

Nokia 6

Nokia 6

Sebagai smartphone yang menyasar pada segmen pasar mid-range, pastinya Nokia 6 akan hadir dengan tampilan eksterior yang begitu elegan dan menarik di mana Untuk memuaskan pengguna, ponsel ini dilengkapi dengan bentang layar 5,5 inci berteknologi 2.5D display dengan resolusi full HD 1080×1920 pixel. Selain itu, kinerja Nokia 6 ini disokong dengan prosesor Snapdragon 430 dengan CPU octa-core dan pengolahan grafis Adreno 505 serta RAM berkapasitas 4 GB sehingga bisa dipastikan akan membuat performanya semakin kencang. Di samping itu, ponsel ini pun nantinya juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, di antaranya pada sektor lini fotografi dari Nokia 6 yang menggunakan dual kamera beresolusi tinggi dan dukungan terhadap akses jaringan 4G LTE yang siap memanjakan setiap pengguna ketika berinteraksi di dunia maya. Sebenarnya, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki ponsel kelas menengah ke bawah ini. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bersama ulasan Begawei kali ini yang akan membahas spesifikasi dan harga Nokia 6 secara lebih detail.

HP Nokia 6

Smartphone Nokia 6

Review Nokia 6

Tampilan Desain Premium dengan Layar Seluas 5,5 Inci Beresolusi Full HD

Tampaknya, kemewahan dari ponsel ini pun terlihat jelas pada sektor eksterior dari spesifikasi Nokia 6. Pasalnya, dari sisi desainnya, ponsel ini mengusung bodi yang terbuat dari bahan material aluminium sehingga memperlihatkan tampilan bodi yang begitu menarik dan terkesan premium. Di sisi lain, pada sisi dimensinya, Nokia 6 pun juga mengusung dimensi yang ideal di mana memiliki panjang 154 mm, lebar 75.8 mm, tebalnya 8.4 mm dan memiliki bobot hingga 169 mm. Dengan dimensi tersebut, maka bisa dipastikan akan mempermudah para penggunanya dalam mengoperasikan ponsel premium ini. Selain itu, untuk sektor visualnya Nokia 6 sedniri akan mengandalkan layar seluas 5,5 inci dengan kemampuan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels yang memiliki tingkat kerapatan hingga 403 ppi. Sehingga, akan memberikan visualisasi yang begitu memukau dan tampak jernih. Tak hanya itu saja, Nokia 6 pun juga kan dilengkapi dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna yang siap memberikan tampilan visual yang tampak lebih tajam dan jelas. Bahkan, untuk melindungi layarnya dari goresan, spesifikasi Nokia 6 ini akan dibekali juga dengan proteksi layar Corning Gorilla Glass 3.

Performa Powerfull dengan Kombiansi Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 dan RAM 4 GB

Setelah selesai membahas bagian luarnya, kini Begawei akan mengajak kawan-kawan semua untuk membedah bagian dalam dari spesiifkasi Nokia 6, yaitu pada sektor dapur pacunya. Pada bagian mesin pacu ini juga diketahui merupakan salah satu bagian yang sudah mendapatkan upgrade. Sebut saja seperti dibenamkannya chipset canggih seperti Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 yang bakal menjadi otak dari ponsel ini. Chipset yang terbenam pada Nokia 6 tersebut diklaim akan mampu menghasilkan prosesor berinti delapan dengan clock speed 1.4 GHz yang dijalankan di atas arsitektur ARM Cortex-A53 sehingga performa yang dihasilkannya terbilang cukup tangguh untuk kategori perangkat di mid-range. Apalagi, kehadiran RAM berkapasitas 4 GB yang akan membuat aktivitas multitasking pada Nokia 6 ini bisa dijalankan dengan lancar dan responsif. Di sisi lain, untuk pengolahan grafisnya, sektor ini akan dilengkapi dengan GPU Adreno 505 yang akan mendukung jalannya berbagai game dengan grafis standar. Nah, menariknya bahwa semua komponen yang disematkan pada dapur pacu dari spesifikasi Nokia 6 ini, nantinya akan dijalankan dengan sistem operasi terbaru Android v7.0 Nougat sehingga kinerjanya sudah pasti lebih ringan dan kaya akan ketersediaan fitur baru.

Spesifikasi Nokia 6

Spesifikasi Nokia 6

Ruang Penyimpanan Sediakan Varian Memori Internal 64 GB dan microSD 256 GB

Nah, kini saatnya kita beralih pada segmen berikutnya di mana pada segmen ini, kita akan mengetahui seberapa luas ruang penyimpanan dari spesifikasi Nokia 6. Sebagai ponsel kelas mid-range, Nokia memastikan bahwa sektor ruang penyimpanan yang dimiliki ponsel terbarunya ini akan mampu memenuhi kebutuhan ruang simpan data penggunanya. Pasalnya, untuk urusan simpan menyimpan file atau data ini, Nokia 6 akan dilengkapi dengan memory internal yang berkapasitas 64 GB. Dengan kapasitas sebesar itu maka pengguna pun bisa menyimpan berbagi macam file data pribadi dengan bebas, baik itu file sistem maupun file hiburan yang biasanya dikoleksi pengguna Bahkan, jika kapasitas ruang penyimpanan dari Nokia 6 tersebut masih dirasa kurang, ruang penyimpanan pada ponsel ini masih bisa diekspansi dengan menambahkan kartu microSD dengan kapasitas maksimal hingga 256 GB. Sehingga, pengguna pun bisa menyimpan beberapa file yang berukuran besar, seperti aplikasi, game, foto, maupun video. Jadi dapat disimpulkan spesifikasi Nokia 6 pada sektor penyimpanannya memang tergolong mumpuni.

separator

Fotografi Andalkan Dual Kamera 16 MP dan 8 MP Hasilkan Jepretan Maksimal

Diluncurkan untuk menyapa konsumen kels menengah ke bawah, tentu saja membuat Nokia tak mengabaikan lini fotografi dari spesifikasi Nokia 6 ini. Pasalnya, bagian yang satu ini memang telah menjadi daya tarik utama dari sebuah smartphone di era modern seperti sekarang ini. Oleh karena itu,  agar tak kalah saing dengan produk-produk lainnya, perangkat ini dibekali kamera utama beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 sehingga jepretan gambarnya terlihat jernih dan tajam. Kamera yang diusung oleh Nokia 6 ini pun sudah dilengkapi dengan fitur phase detection autofocus dan dual-LED flash sehingga fokusnya tak hanya bisa ditangkap lebih cepat tetapi juga hasil foto di tempat gelap pun tampak berkualitas. Sementara itu, kamera sekundernya yang berada di bagian depan Nokia 6 ini akan hadir dengan resolusi 8 MP yang memiliki aperture f/2.0 sehingga lebih mendukung aktivitas selfie dan akses video call. Selain sensor size, fitur pendukung kamera lain seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR juga turut melengkapi spesifikasi Nokia 6 ini.

Spesifikasi HP Nokia 6

Spesifikasi Smartphone Nokia 6

Konektivitas Lengkap dengan Akses Jaringan 4G LTE

Menginjak pada pembahasan berikutnya, Begawei akan mengulas dan mengetahui seberapa canggih spesifkasi Nokia 6 ini pada bagian konektivitas. Tampaknya, ponsel mid-range besutan Nokia ini sudah dibekali dengan fitur-fitur yang lengkap seperti slot dual SIM sehingga akan mendukung kebutuhan komunikasi yang lebih efisien. Menariknya, smartphone kelas menengah bawah ini juga sudah dibekali dengan akses jaringan baru 4G LTE untuk menjamin kelancaran koneksi internet dari Nokia 6 ini. Dengan dukungan akan jaringan 4G LTE ini maka pengguna bisa menikmati unduh data berkecepatan 150 Mbps dan unggah data berkecepatan 50 Mbps. Selain itu, ponsel ini juga mendukung jaringan GSM dan HSPA untuk pengguna yang daerahnya belum terjangkau akses 4G LTE. Tak sampai di situ saja, Nokia 6 ini pun juga dilengkapi dengan beberapa fitur koneksi jarak dekat yang canggih, seperti fitur Wi-Fi dan hotspot yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh internet secara gratis. Nah, jika kawan Begawei ingin bertukar data maka bisa menggunakan Bluetooh v4.0, A2DP dan microUSB v2.0. Dan yang terakhir, spesifikasi Nokia 6 pada konektivitasnya bakal menghadirkan teknologi sistem navigasi A-GPS dan GLONASS sehingga pencarian lokasi bisa dilakukan dengan akurasi yang bisa dibilang cukup tinggi.

Kebutuhan Daya Disokong Baterai Li-Ion 3000 mAh

Nah, akhirnya kita sampai pada bagian yang akan membahas sektor penyuplai daya dari spesifikasi Nokia 6. Sektor suplai daya yang satu ini juga diketahui bakal mendapatkan peningkatan yang lebih handal dibadingkan dengan kaapsitas baterai yang disematkan pada pendahulunya. Untuk memenuhi kebutuhan daya dari masing-masing komponen yang tersemat pada spesifikasi dari Nokia 6 ini, maka ponsel ini akan dilengkapi dengan baterai Lithium Ion yang berkapasitas 3.000 mAH. Baterai ini tak hanya memberi dukungan maksimal pada operasional yang dijalankan Nokia 6 namun juga diklaim sangat awet bahkan jika dipakai secara aktif. Sayangnya, jenis baterai yang dipakai adalah non-removable sehingga tidak bisa dilepas. Namun kekurangan ini rasanya bisa tertutupi dengan hadirnya fitur fast charging pada spesifikasi Nokia 6 ini yang memungkinkan pengisian daya dengan lebih cepat.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6

Nokia tampaknya ingin kembali mengulang masa kejayaannya. Dengan bersenjatakan Nokia 6 vendor smartphone yang satu ini akan menyasar konsumen kalangan menengah. meskipun menyasar kalangan konsumen menengah, namun spesifikasi yang dibekalkan Nokia pada perangkat terbarunya ini tidak main-main. Hal ini dapat dilihat mulai dari desain luar Nokia 6 yang di balut dengan full bodi metal yang menunjukan kesan premium pada ponsel ini. Selain itu dimensi dari perangkat ini pun tergolong sangat ideal untuk di genggam. Dengan panel layar IPS LCD seluas 5.5 inci, layar tersebut juga telah dilengkapi dengan proteksi yang mumpuni yakni corning gorilla glass 3. Nokia 6 juga sudah dibekali sistem operasi Android terbaru yakni Android Nougat untuk menopang komponen yang tersemat pada spesifikasinya. Pada lini fotografinya, perangkat ini tak mau ketinggalan dengan perangkat produksi vendor lain yang sudah dibekali kamera mumpuni. Nokia 6 ini juga sudah dibekali dual kamera beresolusi 16 MP pada kamera utamanya dan 8 MP untuk kamera selfie.untuk menunjang semua komponen yang tersemat didalamnya Nokia membenamkan baterai berkapasitas 3000 mAh. Namun sayangnya baterai tersebut bertipe non removable, sehingga pengguna tidak dapat melepasnya sewaktu-waktu. Nah itulah tadi beberapa hal yang perlu dicatat dari kelebihan Nokia 6 dan kekurangan Nokia 6. Untuk lebih jelasnya mari kita simak tabel dibawah ini.

Kelebihan Nokia 6
  • Layar seluas 5.5 inci
  • Resolusi Full HD
  • Panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors
  • Proteksi Corning Gorilla Glass 3
  • Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • Prosesor Octa Cor 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU Adreno 505
  • RAM 4 GB
  • OS Android Nougat
  • Memory internal 64 GB + slot memory eksternal up to 256 GB
  • Dual kamera 16 MP dan 8 MP
  • Dual SIM Card
  • Mendukung akses jaringan 4G LTE
  • Sistem navigasi A-GPS dan GLONASS
  • Baterai Li-Ion 3000 mAh
Kekurangan Nokia 6
  • Baterai non removable

Harga Nokia 6

Setelah segmen demi segmen pembahasan mengenai spesifikasi di atas kita lalui bersama, kali ini Begawei akan mengajak kawan-kawan semuanya untuk membahas harga Nokia 6. Namun, sebelumnya perlu untuk diketahui kembali bahwa perangkat ini merupakan ponsel yang hadir untuk meramaikan pasar mid-range. Kehadirannya pun diperkirakan bakal ditunggu-tunggu konsumen mengingat dengan harga Nokia 6 ini yang terjangkau, ponsel ini memiliki desain elegan di mana mengusung layar seluas 5.5 inci yang beresolusi Full HD sehingga mampu memberikan visualisasi yang begitu memukau. Di sisi lain, performa yang dihasilkan pun lumayan tangguh di kelasnya sebab dapur pacu Nokia 6 ditenagai dengan prosesor Octa-core berkecepatan 1.4 GHz yang akan ditandem bersama dengan RAM berkapasitas 4 GB. Bahkan, lini fotografinya pun sudah didukung dengan duet kamera 16 MP dan 8 MP sehingga akan sangat memanjakan para penggunanya dalam aktivitas bidik membidik gambar. Lalu, berapakah harga Nokia 6 ini?

Harga Nokia 6

Harga Nokia 6

Harga Nokia 6 Terbaru

Harga Nokia 6 Terbaru

Nah, berbicara masalah harga Nokia 6, tampaknya pihak produsen pun akan membanderol smartphone besutannya itu dengan harga yang relative cukup terjangkau. Pasalnya, dilansir dari GSM Arena, Begawei mendapatkan informasi bahwa harga Nokia 6 ini akan dibanderol 280 EUR atau jika dikoversikan ke dalam rupiah akan setara dengan Rp 3.9 jutaan. Melihat nominal tersebut, tentu akan banyak konsumen yang tertarik untuk meminangnya. Namun, sayangnya Nokia 6 ini hanya akan hadir dalam 1 varian warna saja, yaitu Black sehingga pengguna tak memiliki pilihan warna lain. Nah, dengan segala kecanggihan yang dimilikinya tentu harga Nokia 6 tersebut tergolong wajar. Apalagi dengan nama besar Nokia yang sudah memiliki ikatan batin dengan banyak konsumennya.

Harga Nokia 6
Sekitar Rp 3.900.000,- (China)

Memiliki banyak kelebihan, mulai dari sektor layar hingga fotografi, tentunya menjadi daya tarik lebih yang ada pada diri Nokia 6. Namun, cukup disayangkan bahwa chipset ponsel ini masih saja menggunakan snapdraggon 430, yang notabennya kebanyakan di pakai oleh smartphone dengan banderol 1 jutaan. Tapi untungnya, pada sektor dapur pacu Nokia 6 ini di lengkapi dengan RAM 4 GB, sehingga secara performa tetaplah powerfull. Akan tetapi, semuanya kembali lagi ke selera. Apalagi Nokia sendiri merupakan brand legendaris, maka wajar rasanya jika Harga Nokia 6 dibanderol pada angka jual demikian. Namun, perlu diketahui bahwa harga yang Begawei sebutkan di atas merupakan harga untuk wilayah China dan belum diketahui berapa nantinya harga perangkat ini setelah masuk ke pasar smartphone Tanah Air. Demikian ulasa Begawei mengenai spesifikasi dan harga Nokia 6. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa kawan. Jangan lupa baca juga ulasan mengenai Nokia A1 dan Nokia E1.

Spesifikasi Nokia 6

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 | CDMA 800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 | CDMA2000 1xEV-DO & TD-SCDMA
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
  • Kecepatan
    HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps, EV-DO Rev.A 3.1 Mbps
  • GPRS
  • EDGE
Desain
  • Dimensi
    154 x 75.8 x 8.4 mm
  • Berat
    169 gr
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.5 inches (~70.7% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (~403 ppi pixel density)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    Corning Gorilla Glass 3
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v7.0 (Nougat)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430
  • CPU
    Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 505
  • RAM
    4 GB
Memori
  • Card slot
    up to 256 GB
  • Internal
    64 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    16 MP, f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
  • Fitur
    1.0 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    8 MP, f/2.0, 1.12 µm pixel size, 1080p
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Ada
  • Bluetooth
    Ada
  • GPS
    A-GPS, GLONASS
  • Radio
    Belum Dikonfirmasi
  • USB
    microUSB v2.0, USB On-The-Go
Fitur
  • Sensor
    Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Non-removable Li-Ion
  • Daya
    3000 mAh

Produk Lainnya dari Nokia

Top