Home » Produk » Nokia 3

Harga Nokia 3 dan Spesifikasi


  • CPU
    Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    5.2 inci

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS, v6.0

Harga Nokia 3 dan Spesifikasi – Seolah ingin mengulangi kejayaannya, kini produsen ponsel Nokia kembali akan mendobrak pasar smartphone dengan meluncurkan Nokia 3. Ponsel pintar yang bakal dihadirkan untuk menyasar di segmen kelas mid-range ini pun digadang-gadang bakal menjadi salah satu produk Nokia yang akan mampu bersaing di tengah gempuran beberapa produsen raksasa lain. Selain itu, meskipun kabar akan kehadiran dari Nokia 3 ini masih berstatus rumor namun sampai saat ini pun kemunculannya di panggung persaingan smartphone masih ditunggu-tunggu oleh para konsumen. Tentu, hal itu tak lepas dari spesifikasi yang diusungnya di mana Nokia 3 ini bakal dibekali desain elegan, komponen mesin pacu berperforma gahar, dan fitur canggih. Selain itu, untuk harganya pun akan dibanderol dengan nominal yang cukup kompetitif. Tentu, hal ini akan mampu menarik minat konsumen untuk memboyong ponsel pintar buatan Nokia ini. Selain itu, kira-kira apa lagi sih yang menarik dari Nokia 3 ini? Semakin penasaran bukan?

Nokia 3

Nokia 3

Meski menyasar di segmen mid-range, tampaknya spesifikasi yang dibawa Nokia 3 ini tak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, produsen asal Finlandia ini bakal menghadirkannya dengan konsep desain fisik yang sangat elegan dan tampilan visual yang cukup menarik di mana akan diusung layar seluas 5.2 inci dengan kemampuan resolusi 720 x 1280 pixels. Tentu, dengan kemampuan layarnya tersebut maka akan membuat Nokia 3 ini mampu menampilkan tampilan visual yang cukup memukau. Di sisi lain, dari segi performa pun juga tak perlu dipertanyakan. Sebab, perangkat ini akan dibekali dengan chipset Snapdragon 425 yang nantinya akan dikolaborasikan dengan prosesor Quad Core 1.4 GHz. Sehingga, akan memberikan performa ponsel yang cepat dan handal. Bahkan, beberapa fitur lain canggih pun akan semakin membuat Nokia 3 ini semakin lengkap, seperti disematkannya dual kamera 16 MP dan 5 MP serta dukungan akses jaringan 4G LTE. Pastinya, dengan fitur-fitur tersebut akan membuat smartphone baru yang satu ini kian dinanti-nanti kehadirannya. Selain itu masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki ponsel garapan pabrik asal Finlandia ini. Apa saja itu? Untuk tahu lebih jelasnya, yuk kita simak bersama ulasan Begawei mengenai spesifikasi dan harga Nokia 3!

HP Nokia 3

Smartphone Nokia 3

Review Nokia 3

Desain Atraktif dan Elegan Mengusung Layar HD Seluas 5.2 Inci

Pertama-tama, Begawei akan mengulas sektor eksterior tampilan dan visualisasi dari spesifikasi Nokia 3. Tak berbeda jauh dari cuplikan penjelasan di atas, perangkat ini memang akan dihadirkan dengan mengusung konsep desain yang begitu elegan dan menawan. Meski, untuk ukuran dimensi dan bobotnya belum diketahui namun diperkirakan Nokia 3 ini akan memiliki dimensi bodi yang cukup slim dan tampak mewah. Di sisi lain, untuk urusan visualisasinya, ponsel pintar besutan Nokia ini akan mengandalkan layar berkualitas HD seluas 5.2 inci yang dipastikan akan memberikan tampilan visual yang lebih jernih dan jelas. Bahkan, pada sektor layarnya tersebut, Nokia 3 ini akan dibekali juga dengan tipe layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors sehingga akan memperlihatkan visualisasi yang tampak lebih tajam. Namun, sayangnya untuk sektor layar ini, pihak Nokia belum membekali proteksi layar sehingga pengguna disarankan untuk memasang screen guard secara manual. Dengan demikian, tampaknya spesifikasi Nokia 3 pada bagian fisiknya ini akan memperlihatkan desain yang elegan dan tampilan visualisasi yang begitu menawan.

Sektor Permesinan Dibekali Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 45 dan RAM 2 GB

Setelah kita tahu sektor tampilan luarnya, kini waktunya Begawei untuk menilik bagian dalamnya, yaitu pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Nokia 3. Tampaknya, pihak Nokia tak hanya fokus pada desain dan visualnya saja melainkan juga pada bagian permesinannya. Hal ini dibuktikan dengan disematkannya beberapa komponen mesin pacu yang tangguh. Pertama, untuk chipsetnya yang akan dipersenjatai chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang akan dipadukan dengan prosesor Quad Core berkecepatan 1.4 GHz Cortex-153 pada Nokia 3 sehingga dengan kombinasi dari kedua komponen tersebut maka akan membuat performa ponsel ini menjadi tangguh di kelasnya. Tak sampai di situ saja, untuk mendukung performanya supaya lebih gesit dan lancar maka perangkat ini pun juga dibekali dengan RAM yang berkapasitas 2 GB. Dengan disematkannya RAM berkapasitas cukup besar tersebut, dipastikan akan membuat performa mesin dari Nokia 3 ini menjadi lebih lancar dan anti lemot, terutama ketika digunakan untuk aktivitas multitasking. Selain itu, untuk menunjang performa grafisnya maka Nokia akan menyematkan kartu grafis (GPU) Adreno 308 di mana dengan kartu grafis tersebut, tentunya akan memberikan tampilan grafis dari Nokia 3 ini menjadi lebih tajam dan memukau, bahkan untuk bermain game bergrafis tinggi sekalipun. Nah, dari seluruh komponen mesin pacu tersebut, Nokia akan mengandalkan sistem operasi OS Android Marshmallow terbaru sebagai platform untuk menjalankan kinerja dari beberapa komponen mesin pacu yang tersematkan pada spesifikasi Nokia 3.

Spesifikasi Nokia 3

Spesifikasi Nokia 3

Didukung Ruang Penyimpanan Internal Seluas 16 GB

Tak cukup hanya desain dan mesin pacunya saja, spesifikasi Nokia 3 ini pun akan dilengkapi juga dengan ruang penyimpanan yang memadai. Ketersediaan ruang penyimpanan pada sebuah ponsel modern dengan kapasitas besar, saat ini memang sangat dibutuhkan mengingat kebutuhan konsumen di era modern seperti saat ini yang membutuhkan penyimpanan data untuk menyimpan berbagai macam file. Oleh sebab itu, untuk urusan simpan menyimpan file atau data ini, Nokia 3 akan dilengkapi dengan memory internal yang berkapasitas 16 GB. Dengan kapasitas sebesar itu maka sudah bisa dipastikan pengguna pun akan bisa menyimpan berbagi macam file data pribadi dengan bebas, baik itu file sistem maupun file hiburan yang biasanya dikoleksi pengguna. Sayangnya, sektor penyimpanan dari Nokia 3 ini belum tidak disediakan slot micro SD. Dengan kata lain, memory eksternal pun tak tersedia pada ponsel mid-range garapan Nokia ini. Namun, dengan kapasitas memory internal yang berkapasitas 16 GB tersebut, dirasa sudah cukup untuk menunjang kebutuhan akan ruang penyimpanan. Sehingga, pengguna pun bisa menyimpan beberapa file yang berukuran besar, seperti aplikasi, game, foto, maupun video. Jadi dapat disimpulkan spesifikasi Nokia 3 pada sektor penyimpanannya memang terbilang cukup mumpuni.

Dilengkapi Dual Kamera Mumpuni Hasilkan Jepretan yang Optimal

Meski sebagai ponsel yang menyasar pada segmen mid-range namun sektor fotografi pada spesifikasi Nokia 3 ini tak bisa dianggap remeh. Hal tersebut bukan berarti tanpa alasan mengingat saat ini lini fotografi menjadi salah satu bagian yang memiliki daya tarik kuat dari sebuah smartphone di era digital seperti saat ini. Nah, oleh karena itu, untuk bersaing dengan beberapa ponsel lain di segmen yang sama maka Nokia 3 akan dipersenjatai dengan dual kamera yang berkualitas, yaitu kamera utama beresolusi 13 MP yang dipastikan akan memberikan hasil bidikan foto yang tampak lebih jernih dan tajam. Selain itu, pada kamera utama ini juga akan dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung, antara lain seperti auto focus dan LED Flash sehingga akan membuat fokusnya tak hanya bisa ditangkap lebih cepat tetapi juga hasil foto dari kamera Nokia 3 tampak berkualitas meskipun minim cahaya. Di sisi lain, pada kamera depan pun juga tak kalah menariknya. Meski memiliki resolusi yang lebih kecil namun sektor kamera depan ini pun cukup baik untuk memberikan hasil jepretan foto selfie dan yang berkualitas. Bahkan, kamera depan yang dimiliki Nokia 3 ini pun juga bisa digunakan untuk VC (video call) yang dengan video yang sangat memukau. Di samping itu, untuk menunjang aktivitas bidik membidik foto agar menghasilkan jepretan yang berkualitas maka beberapa fitur menarik, antara lain Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama juga turut disematkan pada spesifikasi Nokia 3 ini.

Spesifikasi HP Nokia 3

Spesifikasi Smartphone Nokia 3

Internet Super Ngebut Berkat Dukungan Akses 4G LTE dan Dilengkapi Konektivitas yang Handal

Beralih pada segmen selanjutnya, selain memiliki fitur berupa dual kamera handal, spesifikasi Nokia 3 ini juga akan dilengkapi dengan sektor jaringan yang handal dan konektivitas yang canggih. Nah, sebagai ponsel mid-range, perangkat ini sudah mendukung akses jaringan 4G LTE yang tentunya akan memberikan akses internet yang super cepat. Sehingga, penggunanya pun akan merasa dimanjakan dengan akses yang cukup cepat. Selain itu, Nokia 3 ini pun juga akan dilengkapi dengan konektivitas handal. Sebagai contoh seperti WiFi dan hotspot di mana kedua fitur ini pun bisa dimanfaatkan untuk memperoleh akses internet secara gratis. Di sisi lain, jika kawan Begawei ingin bertukar data maka bisa menggunakan fitur konektivitas jarak dekat, antara lain seperti Bluetooth dan microUSB. Dan yang terakhir, sektor konektivitas dari Nokia 3 ini juga bakal menghadirkan teknologi sistem navigasi A-GPS sehingga pencarian lokasi bisa dilakukan dengan akurasi yang bisa dibilang cukup akurat untuk sekelas ponsel mid-range. Nampaknya sektor konektivitas dari spesifikasi Nokia 3 ini memang cukup menarik ya.

Kebutuhan Daya Akan Disuplai Baterai Handal

Menginjak pada ulasan kali ini, Begawei akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui dan mengulas suplai daya dari spesifikasi Nokia 3 ini. Nah, pada sektor penyuplai daya ini, perangkat ini tampaknya akan dibekali baterai dengan kapasitas daya yang cukup besar. Namun, meskipun demikian, sampai saat ini pun masih belum diketahui secara pasti berapa kapasitas baterai dan tipe baterai yang digunakan. Namun, menurut pengamatan dan prediksi Begawei, Nokia 3 ini akan dibekali baterai Li-Ion berkapasitas 2500 mAh. Akan tetapi, sekali lagi bahwa tipe baterai dan kapasitas tersebut hanya perkiraan saja. Yang jelas bahwa sebagai ponsel yang menyasar pada segmen mid-range, Nokia 3 dipastikan akan dibekali dengan baterai berkapasitas daya yang sepadan dengan kebutuhan daya akan setiap komponennya dan fitur fast charging. Sehingga, tak hanya memberi dukungan maksimal pada operasional yang dijalankannya namun juga diklaim sangat awet bahkan jika dipakai secara aktif. Apalagi jika memang nantinya benar nantinya Nokia 3 ini dilengkapi dengan fitur fast battery charging maka pengguna tak perlu menunggu lama untuk mengisi daya baterainya. Dengan demikian maka spesifikasi Nokia 3 pada sektor baterai ini diprediksi akan dibekali daya yang sepadan yang disesuaikan dengan kebutuhan tiap komponen.

Kelebihan dan kekurangan Nokia 3

Hadir untuk menyasar konsumen kalangan mid-range Nokia 3 ini tetap dibekali dengan komponen spesifikasi yang cukup memadai. Hal tersebut dapat kita lihat mulai dari tampilan layarnya yang mengusung panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors seluas 5.2 inci membuatnya terasa ideal untuk digunakan meskipun belum dilengkapi dengan proteksi. Selain itu, Nokia 3 ini juga di bekali dengan dapur pacu yang bertenaga dengan disematkannya prosesor quad core 1.4 Ghz yang ditandem dengan RAM berkapasitas 2 GB. Sementara itu, pada sektor konektivitasnya pun tak mau ketinggalan, pasalnya perangkat ini sudah di bekali dengan teknologi jaringan terkini yakni 4G LTE yang memungkinkan pengguna dari Nokia 3 ini untuk menikmati kecepatan berselancar didunia maya diatas rata-rata. Ditambah lagi kapasitas memori internal yang cukup luas yakni sebesar 16 GB pada perangkat ini yang memungkinkan sobat untuk menyimpan file-file pribadi dengan leluasa. Namun sayangnya, untuk sobat yang menginginkan memori tambahan, Nokia 3 ini tidak menyediakan slot microSD untuk tambahan memori. Nah, demikianlah beberapa hal penting dari kelebihan Nokia 3 dan kekurangan Nokia 3. Untuk mengetahui selengkapnya, mari kita simak tabel dibawah ini.

Kelebihan Nokia 3
  • Mengusung layar seluas 5.2 inci
  • Panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors
  • Resolusi 720 X 1280 Pixels
  • Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • Prosesor Quad Core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU Adreno 308
  • RAM 2 GB
  • OS Android v6.0 Marshmallow
  • Memory internal 16 GB
  • Dual kamera 13 MP dan 5 MP
  • Sistem navigasi A-GPS
  • Dukungan akses jaringan 4G LTE
Kekurangan Nokia 3
  • Belum dilengkapi proteksi layar
  • Tidak disediakan memory eksternal
  • Sebagai ponsel mid-range, sistem navigasi masih andalkan A-GPS saja

Harga Nokia 3

Segmen demi segmen terkait spesifikasi yang diusung ponsel ini telah kita lalui bersama dan kini saatnya kita bersama-sama akan mengulas harga Nokia 3. Tapi, sebelum jauh mengulas berapa nominal angka untuk membawa pulang ponsel ini, sebelumnya perlu diingat kembali ya bahwa perangkat ini memang sebuah ponsel mid-range yang dihadirkan dengan mengusung tampilan desain elegan serta visualisasi yang terbilang cukup atraktif. Sehingga, akan membuat setiap mata yang memandang layar dari perangkat Nokia 3 ini pun akan terkesima. Tak hanya itu saja, performa tangguh dan handal juga bakal dihasilkan dari sektor mesin pacunya mengingat pada sektor dapur pacunya tersebut akan dibenamkan beberapa komponen handal, seperti chipset Snapdragon 425 dan RAM 2 GB. Menariknya, dengan harga Nokia 3 yang akan sesuai dengan kategorinya sebagai perangkat mid-range ini akan dilengkapi dengan dual kamera yang memiliki kemampuan resolusi cukup handal di kelasnya, yaitu 13 MP dan 5 MP di mana keduanya siap memberikan hasil jepretan yang menakjubkan. Tentu saja fitur ini bakal menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen. Lalu, berapa ya harga Nokia 3 ini?

Harga Nokia 3

Harga Nokia 3

Harga Nokia 3 Terbaru

Harga Nokia 3 Terbaru

Nah, berkaitan dengan harga Nokia 3, tampaknya tak akan dibanderol terlalu mahal. Pasalnya, perangkat ini memang dihadirkan untuk meramaikan pasar mid-range sehingga harganya pun menyesuaikan. Berdasarkan informasi yang Begawei dapatkan, perangkat ini akan dibanderol seharga 120 EUR atau jika dikonversikan ke nilai tukar rupiah maka harga Nokia 3 ini akan setara dengan Rp 2.1 jutaan. Tentu, dengan nominal yang masih berada di kisaran angka dua jutaan tersebut maka bisa dibilang termasuk dalam kategori harga yang kompetitif. Maka, tak heran jika nanti resmi meluncur maka Nokia 3 akan menjadi ponsel yang cukup banyak diminati para konsumen di Indonesia. Di sisi lain, untuk warnanya sendiri, perangkat ini hanya menawarkan 1 varian warna saja, yaitu Black. Sehingga, dengan disediakannya 1 pilihan warna tersebut maka tak akan ada fluktuasi harga Nokia 3 ini.

Harga Nokia 3
Sekitar Rp 2.100.000,- (Perkiraan)

Di sisi lain, apabila kita melihat harga Nokia 3 dan spesifikasi yang diusungnya maka bisa dikatakan cukup sepadan. Pasalnya, dengan harga yang menginjak dua jutaan tersebut tampaknya sudah sesuai dengan kelebihan yang dibawanya, seperti sektor desain, dapur pacu, fotografi hingga pada akses internet pastinya bakal menjadi daya tarik bagi para calon konsumen. Di sisi lain, dengan harga Nokia 3 yang cukup terjangkau ini tentunya bakal menjadi senjata ampuh bagi HMD Global dalam merajai pasar smartphone kelas mid-range dan tentu diharapkan akan mengembalikan masa kejayaan Nokia yang beberapa waktu lalu sempat meredup di balik bayang-bayang Samsung dan Apple. Namun jalan Nokia 3 untuk meraih kembali pasarnya tentu tak akan semudah membalikan telapak tangan, mengingat kini banyak bermunculan vendor smartphone yang juga memiliki produk berkualitas namun dengan harga yang cukup terjangkau. Demikianlah ulasan Begawei mengenai spesifikasi dan harga Nokia 3. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai  Nokia 5 dan Nokia 8.

Spesifikasi Nokia 3

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
  • 2G bands
    GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 CDMA 800 / 1900
  • 3G bands
    HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 CDMA2000 1xEV-DO & TD-SCDMA
  • 4G bands
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    Belum diumumkan
  • Status
    Rumor
Desain
  • Dimensi
    -
  • Berat
    -
  • SIM
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
  • Tipe
    IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran
    5.2 inci
  • Resolusi
    720 x 1280 pixels (~282 ppi pixel density)
  • Multitouch
Dapur Pacu
  • OS
    Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset
    Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
  • CPU
    Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 308
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    Akan dikonfirmasi
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, autofocus, LED flash
  • Fitur
    Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
  • Video
    1080p@30fps
  • Kamera Depan
    5 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Ya
  • Bluetooth
    Ya
  • GPS
    Ya, dengan A-GPS
  • Radio
    FM Radio
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity, compass
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai

Produk Lainnya dari Nokia

Top