Home » Produk » Nokia 230 Dual

Harga Nokia 230 Dual dan Spesifikasi


  • CPU
    -

  • RAM
    16 MB

  • Kapasitas
    -

  • Layar
    TFT

  • Kamera
    2 MP

  • OS
    -

Spesifikasi dan Harga Nokia 230 Dual – Di tengah serbuan perangkat pintar yang kian memenuhi pasar, Nokia menjadi salah satu perusahaan yang tetap konsisten menelurkan seri telepon seluler jenis feature phone. Nokia sendiri bukannya tak mau berinovasi, karena vendor asal Finlandia itu seperti kita tahu sudah punya seri ponsel pintar Nokia X. Lewat seri telepon seluler terbarunya yang diberi nama Nokia 230 Dual ini, Nokia ingin menunjukkan bahwa pangsa pasar feature phone belum lah habis. Sebelum seri 230 Dual ini diperkenalkan, Nokia pun juga sudah meluncurkan seri Nokia 215 dan juga 105. Kehadiran line-up feature phone buatan Nokia ini tentu menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang hanya membutuhkan perangkat komunikasi saja. Hadir di tengah serbuan smartphone yang kian hari semakin canggih, Nokia 230 Dual pun juga hadir dengan pembaruan-pembaruan masa kini. Tetap mengusung fungsi utama sebagai alat komunikasi, ponsel terbaru buatan Nokia ini hadir dengan mode dual SIM GSM yang pastinya akan semakin mendukung kebutuhan komunikasi penggunanya. Memang, sebagai unit feature phone, mungkin Nokia 230 Dual ini akan sedikit tak dilirik oleh kebanyakan konsumen yang kini lebih akrab dengan varian ponsel pintar yang sudah mengusung sistem operasi terkini. Namun, tentu saja Nokia memiliki pertimbangan tersendiri mengapa mereka masih meneruskan proyek feature phone seperti Nokia 230 Dual ini.

nokia 230

Selain mengandalkan fitur dual SIM yang mendukung kebutuhan komunikasi penggunanya, Nokia 230 Dual pun masih memiliki beberapa fitur lain yang pastinya akan membuat penggunanya semakin asyik menggunakan produk baru dari Nokia ini. Nuansa ‘jadul’ alias jaman dulu sengat kentara pada feature phone terbaru dari Nokia ini. Sobat Begawei akan diajak bernostalgia pada masa-masa jaya Nokia. Seperti kita tahu dan mungkin beberapa dari sobat Begawei pernah merasakan, nama Nokia sempat merajai pangsa pasar telepon seluler pada dekade awal 2000-an. Nostalgia bersama Nokia 230 Dual akan dimulai dengan konsep desainnya yang unik dan atraktif. Ponsel ini mengandalkan layar TFT berukuran 2,8 inci. Lewat bentuk dan ukuran bodinya yang slim, maka ponsel ini akan terasa sangat enak saat digunakan maupun disimpan di saku celana. Sebagai feature phone yang fungsi utamanya merupakan alat komunikasi, tentu bagian dapur pacu Nokia 230 Dual tak dibekali dengan spesifikasi sedetail smartphone pada umumnya. Sobat Begawei adalah pelaku bisnis? Maka kamu akan dimanjakan dengan kemampuan phonebook pada ponsel ini yang mampu menyimpan hingga 1000 daftar kontak. Sesuatu yang mungkin tak bisa dilakukan oleh smartphone masa kini. Dengan kekuatan phonebook Nokia 230 Dual yang mampu menyimpan hingga 1000 daftar kontak, pastinya hal ini akan memudahkan sobat Begawei yang memiliki banyak kolega bisnis. Lantas, apakah keunggulan ponsel terbaru dari Nokia ini hanya sebatas desain fisik yang slim serta daya tampung phonebook-nya saja? Tentu saja tidak. Nah untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga Nokia 230 Dual pada segmen-segmen di bawah ini!

nokia 230 dual

Review Nokia 230 Dual

Feature Phone Masa Kini dengan Bodi Mungil yang Atraktif

Melihat penampilan secara fisik, spesifikasi Nokia 230 Dual ini membawakan desain yang cukup stylish. Meskipun ponsel jadul, namun warna serta material yang dibawakan pada bodinya cukup membuatnya menarik. Bentuknya yang sederhana juga mungil membuat ponsel ini nyaman untuk digunakan. Nokia 230 Dual ini membawakan ukuran  tubuh 124.6 x 53.4 x 10.9 mm dengan bobot 91.8 gram. Ukuran dan berat tersebut sangat pas digenggam juga tetap nyaman membawanya di dlam saku karena tidak terlalu besar dan mengganggu. Sementara untuk layarnya, Nokia 230 Dual mengusung layar jenis TFT berukuran 2.8 inci yang menciptakan kekayaan warna sebanyak 65 ribu. Layar mungil tersebut memiliki resolusi yang cukup bagus untuk sejenis ponsel model ini yaitu 240 x 320 pixels dan menciptakan kerapatan layar sebesar 143 ppi. Selain layarnya yang nyaman di mata, spesifikasi Nokia 230 Dual pada bagian desain fisik juga dibekali dengan tombol keypad yang memudahkan pengguna dalam mengetik pesan. So, tak salah lagi apabila kehadiran ponsel jadul ini memang telah diberi sentuhan modern, namun tetap khas membawakan model Nokia pada era kejayaannya.

Kinerja Standar Fungsi Feature Phone

Seperti yang sudah Begawei sampaikan di bagian awal tadi, spesifikasi Nokia 230 Dual ini memang tak mengusung komponen-komponen ruang dapur pacu yang serumit smartphone Android atau yang lainnya. Sebagai unit feature phone, kinerja yang akan dijalankan oleh Nokia 230 Dual memang tak terlalu berat, karena hanya sebatas fungsi komunikasi saja. Mengingat ponsel ini merupakan ponsel model lama, tentu saja untuk fitur yang dibawakan masih berupa fitur-fitur fungsi utama ponsel seperti untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan. Jadi kawan Begawei, tidak perlu membayangkan sesuatu yang spesial di dalam ponsel ini. Komponen yang ada pada ruang mesin Nokia 230 Dual berupa RAM berkapasitas 16 MB saja contohnya. Untuk menjalankan fungsi komunikasi standar, keberadaan RAM berkapasitas 16 MB ini tentu sudah cukup bagus. Keberadaan RAM ini akan meringankan beban kerja yang akan dijalankan oleh masing-masing komponen pada spesifikasi Nokia 230 Dual ini. So pasti komunikasi kamu pun akan berjalan secara lancar.

spesifikasi nokia 230

Ruang Penyimpanan Cukup Luas Hingga 32 GB

Selanjutnya kita akan membahan spesifikasi Nokia 230 Dual pada bagian memori guna mengetahui seluas apa ruang penyimpanan yang ada di ponsel ini. Namun perlu sobat Begawei ketahui bahwa ponsel ini hanya mengandalkan eksternal memori saja. Artinya, Nokia tak membekali ponsel barunya ini dengan memori internal atau ROM. Memori internal yang tertanam pada Nokia 230 Dual ini hanya bisa berfungsi untuk menyimpan daftar kontak atau phonebook saja. Sedangkan untuk menyimpan file-file multimedia seperti foto, video, mp3 atau yang lainnya, kamu bisa memanfaatkan slot memori eksternal yang sudah disediakan oleh Nokia 230 Dual ini. Layaknya smartphone masa kini, kapasitas memori eksternal yang ada pada ponsel ini sudah cukup besar, mencapai 32 GB. Keberadaan slot memori eksternal yang ada pada spesifikasi Nokia 230 Dual ini pastinya akan sangat membantu penggunanya yang ingin menyimpan file-file penting pada ponselnya.

Lini Fotografi Setingkat Ponsel Pemula Andalkan Kamera 2 MP

Pada era kejayaan Nokia di masa dahulu, perangkat kamera pada ponsel merupakan hal yang sangat istimewa. Hal itulah yang coba diaplikasikan pada spesifikasi Nokia 230 Dual di bagian fotografi ini. Hingga kini, sebenarnya masih sangat jarang ponsel-ponsel jenis feature phone yang dibekali dengan kamera bagus. Paling banter adalah penggunaan kamera jenis VGA yang apabila digunakan untuk mengambil gambar akan terdapat banyak noise. Sementara pada perangkat terbaru Nokia ini, yakni Nokia 230 Dual, sudah dibekali dengan perangkat kamera yang cukup baik. Seperti ponsel modern yang membawakan dua buah kamera, ponsel Nokia seri 230 Dual juga sama. Untuk sektor ini, baik untuk kamera utama ataupun kamera sekunder, Nokia 230 Dual sudah dibekali dengan kamera berukuran 2 MP di mana keduanya juga memiliki fitur LED Flash yang sangat mendukung untuk pengambilan gambar dengan kualitas yang lebih bagus. Kamera yang ada pada spesifikasi Nokia 230 Dual ini juga sanggup melakukan dokumentasi berupa rekaman video sehingga fungsinya tak jauh berbeda dengan ponsel-ponsel modern meskipun untuk segi kualitas memang masih tertinggal jauh.

spesifikasi nokia 230 dual

Ponsel GSM yang Siap Berikan Kelancaran Komunikasi di Mana Saja

Selanjutnya, kita berlanjut pada sektor konektivitas. Pada bagian ini, spesifikasi Nokia 230 Dual dibekali dengan slot dual SIM Card stand-by, di mana untuk kebutuhan komunikasi akan sangat efisien tanpa memerlukan dua ponsel lagi. Pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur jaringan GSM yaitu teknologi 2G yang masih bisa mengakses jaringan internet meskipun dengan kecepatan minim. Untuk kebutuhan GPRS, ponsel Nokia 230 Dual ini sanggup memberi kecepatan 85.6 kbps, sedangkan untuk EDGE dengan kecepatan 236.8 kbps. Meskipun tergolong sangat terbatas, namun untuk sebuah ponsel model jadul hal ini sudah termasuk unggul jika dibandingkan dengan model-model terdahulunya. Lalu, untuk kebutuhan konektivitas jarak dekat, Nokia 230 Dual juga dibekali dengan fitur-fitur fungsional seperti Bluetooth v3.0 A2DP juga microUSB untuk melakukan pengiriman file menjadi lebih cepat. Ponsel ini juga mendukung fitur-fitur hiburan seperti MP3, Radio FM juga memungkinkan untuk pemutaran video. Meski tak secanggih smartphone masa kini, namun spesifikasi Nokia 230 Dual pada sektor konektivitas ini pastinya sudah sangat membantu kebutuhan komunikasi dan hiburan penggunanya.

Pasokan Daya Baterai Berkekuatan 1.200 mAh

Terakhir, kita akan melihat spesifikasi Nokia 230 Dual guna mengetahui seberapa kuat ponsel ini akan sanggup bertahan memenuhi kebutuhan komunikasi penggunanya. Mengingat fitur-fitur dan fungsinya yang masih sangat sederhana, Nokia 230 Dual pun dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Dengan jenis baterai Lithium Ion berkapasitas 1.200 mAh tentu saja sudah sangat besar bagi ponsel jenis ini. Selama lebih dari seharian penuh, ponsel ini akan sanggup menemani aktivitas kawan Begawei. Bahkan untuk konsumsi baterai pada Nokia 230 Dual ini akan lebih hemat dibandingkan dengan ponsel-ponsel modern. Untuk kebutuhan talk time, ponsel ini akan bertahan selama kurang lebih 23 jam. Sedangkan apabila kawan Begawei hanya menggunakannya untuk mendengarkan musik, ponsel ini akan bertahan selama kurang lebih 52 jam. Nah, dengan bekal kapasitas baterai yang memadai ini, spesifikasi Nokia 230 Dual ini sangat cocok untuk teman perjalanan dan juga sebagai media komunikasi bagi mereka yang super sibuk dan butuh melakukan panggilan sana sini untuk berbisnis.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 230 Dual

Hanya merupakan varian feature phone, mungkin banyak yang meremehkan kehadiran Nokia 230 Dual ini. Namun jangan salah dulu, meski hanya merupakan ponsel dengan nuansa jadul, produk terbaru dari Nokia ini pastinya memiliki sejumlah kelebihan. Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel ini tentunya adalah slot dual SIM GSM. Kemudian, adanya phonebook yang sanggup menampung hingga 1000 daftar kontak pastinya juga akan memudahkan sobat Begawei. Namun karena hanya merupakan ponsel model lama, tentu juga memiliki kekurangan pada fitur-fiturnya. Nah untuk mengetahui lebih jelas kualitas ponsel ini, simak kelebihan Nokia 230 Dual dan kekurangan Nokia 230 Dual pada tabel di bawah ini.

Kelebihan Nokia 230 Dual
  • Dual SIM card
  • Mendukung jaringan 2G
  • Ukuran layar lebih baik 2.8 inci
  • Resolusi cukup baik 240 x 320 pixels
  • Memori phonebook 1000 entries
  • Slor microSD 32 GB
  • RAM 16 MB
  • Kamera 2 MP dan 2 MP
  • Bluetooth v3.0 A2DP
  • Mendukung fitur MP3 player
  • Kapasitas baterai 1.200 mAh
Kekurangan Nokia 230 Dual
  • Belum ada memori internal
  • Tanpa OS
  • Fitur minimalis setingkat feature phone

Harga Nokia 230 Dual

Setelah membahas spesifikasinya, kini saatnya kita berbicara tentang kisaran harga Nokia 230 Dual yang menurut rencana akan resmi dipasarkan pada akhir tahun 2015 ini. Sebagai feature phone dengan fungsi sebatas komunikasi, mungkin kehadiran produk baru dari Nokia ini memang luput dari perhatian. Meski tampil di segmen non smartphone, tetap saja Nokia menyematkan beberapa fitur yang fungsional. Jika dilihat dari spesifikasinya yang nyaris tak istimewa, kisaran harga Nokia 230 Dual 2015 ini pastinya akan sangat murah. Nokia memang menghadirkan ponsel barunya ini bukan sebagai perangkat utama bagi para penggemar gadget modern. Namun dengan bekal dual SIM card, eksternal memori hingga 32 GB, serta phonebook yang mampu menampung hingga 1000 daftar kontak, pastinya ponsel ini juga sangat bisa diandalkan. Secara fungsional, Nokia 230 Dual ini akan sangat cocok bagi kawan Begawei yang bergerak di sektor usaha kecil dan menengah. Dengan kapasitas baterai tahan lama serta phonebook yang mampu menampung hingga 2000 kontak, ponsel pintar ini akan sangat membantu komunikasi kamu dengan para rekan bisnis. Nah, kira-kira harga Nokia 230 Dual ini berapa ya?

harga nokia 230

harga nokia 230 dual

Dari informasi harga Nokia 230 Dual yang Begawei lansir dari laman GSM Arena, Nokia membanderol produk terbarunya ini dengan harga sekitar 70 euro, atau sekitar Rp 1 jutaan. Untuk sebuah feature phone dengan fungsi terbatas, nominal harga Nokia 230 Dual ini memang masih terlampau mahal. Sebagai perbandingan, dua ponsel Nokia dengan fungsi yang hampir sama, yakni Nokia 105 dan Nokia 2015 dibanderol dengan harga di bawah Rp 1 jutaan. Meski nanti masih ada kemungkinan mengalami perubahan harga, namun harga awal yang berlaku untuk Nokia 230 Dual ini memang masih kelewat mahal. Apalagi, saat ini banyak beredar ponsel jenis smartphone berharga di bawah Rp 1 jutaan yang pastinya menawarkan fitur lebih. Namun lagi-lagi, kita patut mengapresiasi keberanian Nokia dalam meluncurkan feature phone terbarunya di tengah tren smartphone seperti saat ini. Meski harga Nokia 230 Dual ini tergolong cukup mahal untuk level feature phone, pastinya Nokia sudah menyiapkan strategi pasar sendiri guna menggenjot penjualannya.

Harga Nokia 230 Dual
Sekitar Rp 1.000.000,-

Kali ini Nokia memang membuat strategi pasar yang lain daripada yang lain karena kembali merilis feature phone di tengah hits-nya smartphone canggih. Dengan spesifikasi sederhana dan juga harga Nokia 230 Dual yang terlampau mahal, mungkin produk baru Nokia ini akan luput dari perhatian publik. Banyak pengguna gadget yang menilai bahwa era Nokia sudah habis karena memang pamor perusahaan yang pernah merajai pasar telepon seluler itu semakin tenggelam di bawah nama-nama besar vendor smartphone dunia. Kemunculan Nokia 230 Dual ini memang membantu menunjukkan pada publik bahwa Nokia belumlah habis. Dicap gagal dengan seri smartphone berbasis Android, Nokia X, perusahaan yang identik dengan tagline ‘Connecting Peple’ ini kembali menggarap pangsa pasar yang dulu sempat dikuasainya, yakni pasar feature phone. Soal harga Nokia 230 Dual yang dianggap terlalu mahal, ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi manajemen Nokia. Bila Begawei boleh memberikan saran, dengan harga Nokia 230 Dual yang cukup mahal serta fungsinya yang lebih condong ke kebutuhan komunikasi bisinis, produk baru dari Nokia ini lebih cocok bagi sobat Begawei yang memang benar-benar membutuhkan alat komunikasi sederhana namun fungsional. Baca juga Nokia 215 Dual dan Samsung Galaxy Folder.

Spesifikasi Nokia 230 Dual

Jaringan
  • Teknologi
    GSM
  • 2G bands
    GSM 900 / 1800 - SIM 1 & SIM 2
  • 3G bands
    -
  • 4G bands
    -
  • Kecepatan
    Up to 85.6 kbps / Up to 236.8 kbps
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    2015, November
  • Status
    Coming soon. Exp. release 2015, December
Desain
  • Dimensi
    124.6 x 53.4 x 10.9 mm (4.91 x 2.10 x 0.43 in)
  • Berat
    91.8 g (3.25 oz)
  • SIM
    Dual SIM (Mini-SIM)
Layar
  • Tipe
    TFT, 65K colors
  • Ukuran
    2.8 inches (~36.5% screen-to-body ratio)
  • Resolusi
    240 x 320 pixels (~143 ppi pixel density)
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    -
  • Chipset
    -
  • CPU
    -
  • GPU
    -
  • RAM
    16 MB
Memori
  • Card slot
    microSD, up to 32 GB
  • Internal
    -
Kamera
  • Kamera Belakang
    2 MP, 1600 x 1200 pixels, LED flash
  • Fitur
    -
  • Video
    240p@15fps
  • Kamera Depan
    2 MP, 480p, LED flash
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration, MP3 ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    No
  • Bluetooth
    v3.0, A2DP
  • GPS
    No
  • Radio
    Stereo FM radio
  • USB
    microUSB v1.1
Fitur
  • Sensor
    -
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, IM
  • Browser
    WAP 2.0/xHTML
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion battery
  • Daya
    1200 mAh

Produk Lainnya dari Nokia

Top