Home » Produk » LG X Cam

Harga LG X Cam dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa-core 1.2

  • RAM
    2 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS LCD

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android OS v6.0

Spesifikasi dan Harga LG X Cam – Tak hanya memperkenalkan seri smartphone mainstream saja di tahun ini, pabrikan teknologi asal Korea Selatan LG juga turut memperkenalkan seri smartphone miliknya yang memiliki spesialiasi di sektor kamera. Adapun smartphone tersebut adalah LG X Cam, yang dipastikan bakal mengisi line-up perangkat pintar LG di segmen pasar gadget menengah ke atas. Dilihat dari namanya, LG X Cam ini merupakan smartphone yang satu seri dengan LG X Screen yang sudah pernah kita bahas pada pertemuan sebelumnya. Namun bedanya, jika pada LG X Screen mengandalkan teknologi Dual Screen maka pada seri X Cam ini mengusung teknologi Dual Camera. Smartphone canggih seri LG X Cam  ini juga merupakan senjata terbaru LG, sekaligus menjadi penyempurna seri X. Karena diplot untuk pasar kelas menengah ke atas, maka secara teknis LG X Cam akan membawa ragam spesifikasi mumpuni di kelasnya, terutama untuk segi kamera yang diklaim LG telah dikonfigurasi sedemikian rupa sehingga menjadikan smartphone ini memiliki kualitas foto kelas wahid dengan kelengkapan multi lensa yang disematkan di dalamnya.

lg x cam

Untuk spesifikasi teknisnya, memang bisa dibilang LG X Cam telah membawa banyak senjata ampuh untuk menggempur pasar ponsel pintar kelas atas. Sebut saja di bagian desainnya, smartphone asal Negeri Ginseng ini telah mengadopsi desain cantik yang tentunya terpadu dengan komposisi material mewah, seperti metal dan kaca sehingga membat tampilannya terlihat lebih eksklusif. Sementara untuk bagian layarnya, LG X Cam membawa layar berukuran 5,2 inci berpanel IPS LCD. Kualitas layarnya juga terlihat cukup mumpuni dan ideal. Sedangkan untuk menunjang performanya, smartphone LG seri X Cam ini mengusung chipset MediaTek MT6753 dikombinasikan prosesor Octa-core 1.14 GHz. Kemudian untuk menambah kekuatan multitasking, pada inti mesin LG X Cam disematkan pula RAM sebesar 2 GB dan dukungan platform OS Android Marshmallow. Bicara soal spesifikasi unggulannya, LG seri X Cam ini membawa tiga lensa yang menghiasi sektor kameranya, dimana untuk kamera primer (belakang), LG X Cam dipersenjatai dengan dual kamera 13 MP dan 5 MP. Nah untuk kamera depan (primer) sendiri, smartphone ini juga mengusung kamera 8 MP yang siap mengakomodasi kebutuhan fotografi penggunanya dengan maksimal. Terakhir untuk menambah nilai jual di dipasaran, smartphone LG X Cam ini juga sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE layaknya gadget moden lainnya. Sampai di sini sudah merasa cukup puas dengan smartphone LG edisi X Cam ini? Nah biar lebih detailnya lagi, yuk simak ulasan Begawei untuk spesifikasi dan harga LG X Cam pada segmen-segmen di bawah ini!

hp lg x cam

Review LG X Cam

Smartphone 5,2 Inci dengan Desain Elegan dan Body Slim yang Mewah

Pada segmen spesifikasi LG X Cam yang pertama ini, seperti biasa Begawei akan mengajak sobat semua untuk membedah sisi eksterior dari smartphone ini yang digadang-gadang bakal membawa desain premium khas LG X-Series. Untuk bagian tampilannya sendiri, bisa dikatakan smartphone LG seri X Cam ini memiliki aura premium. Apalagi melihat detail komposisi material yang dibawanya, LG X Cam ini mengusung material yang mewah lewat frame metal dan kaca, serta pada bagian cover belakangnya yang dibuat meleungkung kian menyempurnakan sisi estetika dan fungsionalitasnya. Sedangkan untuk bentuk atau model desainnya, LG X Cam tampak minimalis namun tetap cantik dan untuk dimensinya juga cukup slim lewat ukuran yang dimilikinya mencakup panjang 147.5 mm, lebar 73.6 mm, tinggi 5,2 mm, dengan ketebalan hanya 6,9 mm. Begitupun bobot LG X Cam sendiri juga cukup ringan yang hanya berkisar 118 gram saja. Dengan sektor dimensional yang dimilikinya ini, jelas membuat smartphone LG model X Cam ini terasa nyaman saat digenggam berikut juga saat dioperasikan meski dengan satu tangan. Beranjak pada sektor visualnya, layar pada LG X Cam terbilang mumpuni dengan layar 5,2 inci IPS LCD. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 1080 x 1920 piksel dengan tingkat kerapatan mencapai 424 piksel per inci. Dengan resolusi dan juga kerapatan yang sangat tinggi, maka tampilan gambar yang dihasilkan oleh layar LG X Cam pun akan sangat tajam dan jernih layaknya smartphone premium. Terakhir menutup keunggulan di bagian visualisasi, smartphone ini sudah dibekali dengan tampilan antar muka LG Optimus UX5.0 UI kian menambah tampilan layarnya menajdi lebih atraktif. Sedikit catatan untuk spesifikasi LG X Cam ini adalah belum dikonfirmasi apakah smartphone ini bakal dijejali screen protector internal atau tidak.

Duet Prosesor Octa-core dan RAM 2 GB Siap Hadirkan Performa Ekstra Responsif

Puas dengan spesifikasi pada sektor tampilan, selanjutnya kita akan mengulas spesifikasi LG X Cam di bagian terdalamnya, yakni spesifikasi jantung dapur pacu. Dimana untuk spesifikasi di bagian permesinannya ini tampaknya LG masih membawa spesifikasi smartphone menengah kebanyakan. Dimulai dari spesifikasi chipsetnya, perangkat pintar LG X Cam ini diketahui akan menggunakan chipset Mediatek MT6753 yang memang marak digunakan pada banyk smartphone middle-range. Sedangkan pada bagian otak pemrosesan, smartphone terbaru racikan LG ini bakal ditenagai oleh prosesor Octa-core 1,14 GHz. Secara kemampuan, kombinasi antara chipset dan prosesor pada ruang mesin LG X Cam ini memang sudah cukup bagus dalam menopang kinerja operasional, dan responsivitasnya juga baik. Apalagi smartphone ini juga sudah didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB untuk hasilkan peforma multitasking lebih lancar. Sedangkan untuk kartu pengolah grafisnya, LG X Cam mengandalkan GPU jenis Mali-T720MP3 yang sudah teruji di banyak ponsel pintar untuk mengoptimalkan sisi visual. Terakhir, untuk menjalankan semua hardware yang ada di dalamnya, layaknya smartphone Android masa kini, spesifikasi LG X Cam juga sudah berjalan di dukungan platform terbaru Android lewat OS Android Marshmallow yang menjamin ketersediaan aplikasi dan pembaruan software lebih lengkap.

spesifikasi lg x cam

Ruang Penyimpanan Dijamin Lega dengan ROM 16 GB dan Slot Eksternal

Rasanya tak akan lengkap jika sebagai smartphone high-end namun tidak didukung dengan ruang penyimpanan yang maksimal. Untuk sektor yang juga tak kalah penting ini, yaitu bagian ruang penyimpanan atau storage, tentunya spesifikasi LG X Cam ini pun juga dibekali dengan ruang penyimpanan yang berkapasitas ekstra lapang untuk menyempurnakan kinerja operasionalnya. Yup, smartphone ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Untuk ukuran smartphone modern, kapasitas sebesar 16 GB yang hadir pada LG X Cam merupakan kapasitas yang sangat pas. Dengan memori internal seluas 16 GB, sobat Begawei bisa menyimpan berbagai jenis file, baik itu file audio video, game, atau aplikasi yang membutuhkan space memori yang sangat besar. Tak seperti smartphone premium merek lain yang banyak meninggalkan slot memori eksternal, LG X Cam ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 128 GB. Kehadiran slot memori eksternal pada spesifikasi LG X Cam ini dipastikan sangat bermanfaat bagi sobat Begawei yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas untuk menyimpan file lebih kompleks lagi.

separator

Lini Fotografi dengan Tiga Lensa Kamera Mumpuni Jadi Andalan Dokumentasi

Setelah membahas komposisi hardware dan segi tampilan, pada segmen selanjutnya ini kita akan memnahas spesifikasi LG X Cam di sektor andalannya yakni kamera. Menyasar segmen smartphone spesialisasi kamera, kali ini LG telah memberikan komponen fotografi yang sangat berkualitas. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalisasi kemampuan fotografi pada LG X Cam ini. Sebagai kamera utamanya, digunakanlah dual kamera berukuran 13 MP dn 5 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi sama baiknya. Kamera yang terletak pada bagian belakang LG X Cam inijuga sudah dilengkapi dengan fitur modern seperti Laser Autofocus dan juga LED Flash. Keberadaan dua fitur tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan fotografi smartphone ini. Fitur-fitur fotografi modern seperti Geo-tagging, Touch Focus, Face Detection, Panorama dan juga HDR pun juga tak lupa hadir pada smartphone LG X Cam ini. Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang cukup bagus, kamera utama pada ponsel pintar ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil rekaman yang cukup baik pula dengan ukuran video mencapai 1080@30fps (HD). Sebagai penyempurna kekuatan LG X Cam di bagian fotografinya, LG pun menempatkan kamera depan yang berukuran cukup mentereng, yakni 8 MP. Keberadaan kamera sekunder 8 MP pada spesifikasi LG X Cam tersebut tentunya sudah cukup mumpuni untuk menunjang kebutuhan selfie atau video call sobat Begawei, apalagi kamera depan ini juga bisa merekam video dengan kualitas HD.

spesifikasi hp lg x cam

Konektivitas Lengkap dengan Dukungan Jaringan 4G LTE

Sebagai smartphone yang diproduksi di awal tahun 2016, tentunya spesifikasi LG X Cam wajib mengikuti trend jaringan 4G LTE agar tak terlihat ketinggalan dengan para kompetitornya. Apalagi melihat smartphone yang satu ini juga menyasar segmen high-end yang mayoritas memiliki dukungan teknologi terbaik di sektor konektivitasnya. Selain dukungan dual SIM GSM, smartphone LG X Cam ini menawarkan dukungan teknologi jaringan data 4G LTE sebagai pilihan koneksi utamanya. Dengan kemampuan canggih yang diusung oleh teknologi LTE, ponsel pintar terbaru buatan LG ini mampu menjalankan download dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Sementara itu, kecepatan upload pada LG X Cam sanggup berjalan hingga 50 Mbps. Selain itu, daerah-daerah yang belum tersentuh koneksi 4G akan terback-up dengan koneksi 2G dan 3G yang sudah ada pada smartphone LG X Cam ini. Selain itu, Samsung Galaxy A5 2016 pun juga menyediakan teknologi WiFi yang membuat kawan Begawei tetap bisa terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan paket data. Sedangkan untuk keperluan koneksi jarak dekat, smartphone LG X Cam ini juga dibekali dengan Bluetooth v4.1 dan juga slot microUSB v2.0 serta sudah mendukung fitur USB On-the Go (OTG). Keperluan navigasi pun juga terasa lengkap pada spesifikasi LG X Cam ini. Di mana untuk kawan Begawei penghobi kegiatan outdoor bisa memanfaatkan teknologi navigasi A-GPS yang sudah tersedia pada smartphone ini untuk mencari titik lokasi suatu tempat.

Suplai Daya Minimalis dengan Baterai 2.500 mAh

Tibalah pada segmen terakhir dari pembahasan smartphone terbaru dari LG ini. Pada bagian terakhir ini, Begawei akan membedah spesifikasi LG X Cam di bagian suplai dayanya. Keberadaan baterai sebagai pemasok daya sendiri tidak bisa dianaktirikan, karena percuma jika sebuah smartphone memiliki kinerja mumpuni dan hardware berkualitas namun tidak dilengkapi dengan kapasitas baterai memadai. Pada bagian yang satu ini, sayangnya LG hanya menyematkan baterai dengan kapasitas apa adanya. Dimana LG X Cam hanya dibekali dengan baterai baterai Li-Ion berkapasitas 2.500 mAh saja. Kabar baiknya baterai ini tidak bersifat unibody sehingga bisa dilepas dan diganti (removable). Dengan kapasitas mencapai 2.500 mAh tersebut, sebenarnya LG X Cam akan mampu bertahan hidup selama seharian penuh, jika digunakan secara normal. Namun untuk sobat yang hobby menggunakan smartphone secara kontinyu atau kebutuhan outdoor, ada baiknya selalu menyiapkan unit portable charger tambahan mengingat secara kapasitas baterai pada spesifikasi LG X Cam ini masih satandar dan belum didukung fitur fast battery charging layaknya smartphone kelas atas lainnya yang bisa mengisi daya lebih cepat.

Kelebihan dan Kekurangan LG X Cam

Tampil sebagai seri smartphone khusus fotografi, pastinya LG X Cam memiliki kemampuan spesial berupa dual kamera utama 13 MP dan 5 MP, serta didukung oleh kamera depan berkekuatan 8 MP. Selain itu, smartphone ini juga sudah berjalan pada sistem operasi Android OS versi terbaru, yakni Marshmallow. Pun demikian dengan spesifikasi bagian teknis yang didukung oleh komponen-komponen berkualitas. Nah agar semakin jelas, berikut adalah tabel kelebihan LG X Cam dan kekurangan LG X Cam.

Kelebihan LG X Cam
  • Desain elegan dengan komposisi material metal dan kaca
  • Lyaar 5,2 inchi IPS LCD
  • Resolusi layar cukup bagus
  • OS Android Marshmallow
  • Tampilan antarmuka atraktif dengan LG Optimus UX 5.0 UI
  • Chipset MediaTek MT6753
  • Prosesor Octa-core 1,1 GHz
  • GPU Mali-T720MP3
  • RAM 2 GB
  • Dual kamera primer 13 MP dan 5 MP plus kamera sekunder 8 MP
  • Memori internal 16 GB bisa diekspansi dengan microSD up to 200 GB
  • Dual SIM card
  • Kompatibel jaringan 4G LTE
  • Baterai removable
Kekurangan LG X Cam
  • Kamera depan tidak ada LED Flash
  • Kapasitas baterai minimalis
  • Tidak ada fitur fast battery charging
  • Belum mendukung fitur fingerprint sensors

Harga LG X Cam

Akhirnya setelah kita puas membedah spesifikasi teknis di berbagai sektornya, saatnya kita mengulas mengenai kisaran harga LG X Cam ini. Namun sebelum membicarakan kisaran harga, kita akan lebih dulu mereview singkat mengenai spesifikasi teknis dari smartphone teranya LG ini. Datang menyasar segmen kelas menengah atas, smartphone LG seri X Cam mengusung layar 5,2 inci berpanel IPS LCD dengan resolusi cukup baik. Sedangkan untuk menunjang performanya, LG X Cam dibekali chipset MediaTek MT6753 dikombinasikan prosesor Octa-core 1.14 GHz. Dan RAM sebesar 2 GB. Sementara bicara soal spesifikasi unggulannya, smartphone ini membawa tiga lensa yang menghiasi sektor kameranya. Dimana untuk kamera primer (belakang), LG mengusung dual kamera 13 MP dan 5 MP. Teknologi dual primer camera ini pastinya akan berpengaruh pada harga LG X Cam di pasaran. Apalagi, untuk kamera depan (primer) sendiri, smartphone ini juga mengusung kamera 8 MP yang siap mengakomodasi kebutuhan fotografi penggunanya dengan maksimal. Terakhir smartphone yang satu ini juga sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Dengan banyaknya keunggulan di atas, kira-kira berapa ya harga LG X Cam ini?

harga lg x cam

harga lg x cam terbaru

Untuk kisaran harga LG X Cam sendiri, sampai saat ini memang belum ada pengumuman resmi dari pihak LG. Sebab, smartphone dari keluarga LG X Series ini baru sebatas diperkenalkan pada publik dan vendor masih merahasiakan mengenai banderol harganya. Menurut rencana, LG X Cam akan melakukan debut secara resmi ke publik pada bulan Maret mendatang. Dan dari informasi yang Begawei terima, memang smartphone terbaru LG seri X Cam tidak akan dibanderol terlalu mahal. Lantaran LG sendiri kali ini merilis smartphone yang lebih menyasar segmen mid-end namun dengan tampilan premium. Menimbang segmentasi yang disasar oleh harga LG X Cam serta banyaknya rumor yang beredar, Begawei prediksikan untuk harganya akan berada di angka Rp 3,5 – 4,5 jutaan. Harga tersebut tentunya masih bersifat tentatif, dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sekali lagi harga yang Begawei sampaikan di atas bukanlah harga LG X Cam secara resmi yang dipatok oleh vendor, dan hanyalah perkiraan harga berdasarkan perhitungan spesifikasi di bagian teknisnya.

Harga LG X Cam
Belum diumumkan

Jika melihat spesifikasi yag ditawarkannya, memang perkiraan harga LG X Cam di bawah Rp 5 jutaan merupakan harga paling idea. Dimana dengan harga tersebut, sobat Begawei bisa mendapatkan smartphone elegan dengan fitur fotografi mumpuni. Hanya saja untuk sektor jeroan dan spesifikasi baterai memang masih membawa platform khas smartphone middle-range kebanyakan. Namun tentunya hal tersebut bukanlah masalah besar, karena LG X Cam tetap memiliki banyak keunggulan yang mungkin tidak akan kita jumpai di smartphone sekelasnya. Resmi diperkenalkan, sedianya LG siap memboyong X Cam di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016, Barcelona, mendatang. Dan buat sobat Begawei yang sudah kepincut dengan harga LG X Cam ini, hendaknya cepat bersiap-siap. Sebab setelah melakukan debut di ajang MWC 2016, kabarnya LG segera merilis X Cam untuk pasar global meliputi Asia, Eropa, dan Amerika Latin mulai bulan Maret 2016. Nah itulah tadi review lengkap Begawei mengenai spesifikasi teknis serta perkiraan harga LG X Cam ini. Jangan lupa baca juga review menarik lainnya mengenai LG X Screen dan LG K Series.

Spesifikasi LG X Cam

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSPA / LTE
  • 2G bands
    EDGE
  • 3G bands
    HSPA (unspecified)
  • 4G bands
    LTE
  • Kecepatan
    HSPA, LTE
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    February 2016
  • Status
    Released, March 2016 Q1
Desain
  • Dimensi
    142.6 x 71.8 x 7.1 mm
  • Berat
    118 g
  • SIM
    Yes
Layar
  • Tipe
    IPS LCD
  • Ukuran
    5.2 inches (72.78 % screen ratio)
  • Resolusi
    1080 x 1920 pixels (424 ppi)
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android (6.0) Marshmallow
  • Chipset
    Mediatek MT6753
  • CPU
    Octa-core, 1140 MHz
  • GPU
    Mali-T720MP3
  • RAM
    2 GB
Memori
  • Card slot
    microSD, microSDHC, microSDXC
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 megapixels + 5 megapixels, Duo camera, LED Flash
  • Fitur
    Autofocus, Geo tagging
  • Video
    Video calling
  • Kamera Depan
    8 megapixels
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, WAV ringtones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
  • Bluetooth
    v4.1, A2DP, LE
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    To be comfirmed
  • USB
    microUSB v2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer, proximity, light
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Removable Li-Ion
  • Daya
    2.500 mAh

Produk Lainnya dari LG

Top