Home » Produk » LG Ray X190

Harga LG Ray X190 dan Spesifikasi


  • CPU
    Octa core 1.4

  • RAM
    1 GB

  • Kapasitas
    16 GB

  • Layar
    IPS

  • Kamera
    13 MP

  • OS
    Android v5.1

Spesifikasi dan Harga LG Ray X190 – Mungkin ada beberapa di antara sobat Begawei yang merindukan perangkat pintar buatan LG. Tak seperti kompatriot senegara sekaligus rival beratnya Samsung, LG memang tak teralalu agresif merilis produk baru jelang pergantian tahun ini. Jika sobat Begawei masih ingat, setelah sukses dengan seri LG G4 di pasaran, terhitung LG baru merilis sekitar empat smartphone baru dengan LG G Vista 2 yang sudah sempat kita bahas sebelumnya. Nah setelah seri LG G Vista 2, kali ini perusahaan asal Korea Selatan itu hadir dengan LG Ray X190 sebagai jagoan barunya. Sedikit berbeda dengan seri LG G4 yang kebanyakan variannya dilepas di pangsa pasar smartphone kelas atas, kali ini LG mengincar pangsa pasar menengah lewat produk barunya. Meski tak seagresif vendor lain, nama LG sendiri memang tetap disorot publik apalagi setelah bekerjasama dengan Google dalam meracik seri Nexus terbaru. Dan melalui LG Ray X190 ini, vendor asal Negeri Ginseng tersebut berupaya untuk tetap eksis di segmen smartphone kelas menengah yang juga dipenuhi produk-produk buatan vendor lain. Produk smartphone kelas menengah seperti LG Ray X190 sendiri diidentikkan dengan sebuah ponsel pintar dengan spesifikasi berkualitas, namun dibanderol dengan harga yang tak terlalu mahal. Layaknya smartphone kelas menengah lainnya, produk terbaru dari LG ini memang dibekali dengan spesifikasi yang tentunya berkualitas tinggi.

lg ray x190

Secara teknis, LG Ray X190 memang cukup ideal jika dikatakan sebagai smartphone yang membidik middle-range. Artinya pada smartphone terbaru dari LG ini kita akan menjumpai spesifikasi yang cukup baik dan mumpuni layaknya smartphone kelas atas. Dimulai dari layar yang disertakan pada LG Ray X190 sudah mengusung bentang layar cukup lebar, yakni layar IPS LCD 5,5 inci. Kemudian pada ruang dapur pacunya, ponsel pintar LG seri Ray X190 ini juga telah dilengkapi dengan komponen mesin berkualitas, seperti misalnya chipset MediaTek MT6592M yang dipadukan sempurna dengan proseor Octa-core. Untuk mengakomodasi kebutuhan multitasking, sayangnya LG Ray X190 hanya dibekali dengan RAM 1 GB saja. Meskipun sebenarnya RAM berkapasitas 1 GB tersebut juga sudah cukup jika digunakan untuk membuka aplikasi standar. Beralih pada sektor unggulan yang terdapat pada LG Ray X190, yaitu pada bagian kameranya, yang mana untuk kamera belakang memiliki resolusi lensa sebesar 13 MP dan kamera depannya pun tampil gahar dengan kamera 8 MP. Smartphone ini pun juga mengakomodasi slot dual SIM GSM yang pastinya akan memudahkan komunikasi penggunanya. Meski belum support jaringan 4G LTE, secara umum smartphone ini memang memiliki spesifikasi yang cukup bagus. Nah untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap Begawei mengenai spesifikasi dan harga LG Ray X190 pada segmen-segmen di bawah ini!

hp lg ray x190

Review LG Ray X190

Desain Fisik Khas Smartphone Kelas Atas LG Didukung Visualisasi Layar Ekstra Lega

Pada segmen pertama ini, Begawei akan membahas spesifikasi LG Ray X190 untuk bagian tampilannya, di mana tampilan fisik smartphone ini memang memiliki konsep desain eksterior yang kental aura premium. Ponsel pintar ini berkonsep desain fisik persegi panjang dengan bentuk lengkungan yang dominan pada setiap ujungnya. Lalu desain eksterior LG Ray X190 dipadukan dengan corak casing berkomposisi gabungan plastik dan metal dengan pilihan warna yang glossy seperti hitam elegan dan emas. Sekilas, pada desain smartphone LG seri Ray X190 sendiri menganut desain elegan khas smartphone high-end LG lainnya. Bergerak untuk dimensi fisik, smartphone ini memiliki ukuran tubuh 152.5 mm x 76.4 mm x 9.3 mm dan berat mencapai 156 gram. Ukuran yang cukup kompak untuk sebuah smartphone meskipun LG Ray X190 memiliki desain yang tidak terlalu slim. Namun ukuran tersebut akan memberikan efek mantap saat digenggam. Sementara untuk bagian layar, smartphone ini mengadopsi layar dengan luas bentangan mencapai 5.5 inci. Ukuran layar yang sangat luas ini akan memberikan tampilan visual yang lega kepada penggunanya. Sayangnya, luas layar LG Ray X190 belum diimbangi dengan resolusi layar yang baik. Resolusi layarnya sekedar 1280 x 720 pixels dengan tingkat kerapatan layar yang hanya berkisar 267 ppi. Layar yang digunakan adalah layar IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan kedalaman 16 juta warna, di mana dengan panel IPS meskipun gambar yang dihasilkan tak sehebat AMOLED namun sudah cukup membantu untuk menunjang tampilan visualnya. Sedikit catatan minor lagi adalah spesifikasi LG Ray X190 kali ini belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar built-in sehingga sobat Begawei harus memasang screen guard secara manual untuk melindungi layarnya.

Kinerja Lebih Optimal dengan Chipset MediaTek MT6592M dan Prosesor Octa-core

Setelah puas membedah spesifikasi di bagian tampilannya, sekarang kita akan membahas spesifikasi LG Ray X190 pada sektor dapur pacunya. Sebagai gadget kelas meenengah, tentu LG tak main-main dengan produk barunya ini. Terbukti LG membekali dapur pacu smartphone terbarunya ini dengan komponen-komponen yang cukup berkualitas. Pada bagian inti mesin, LG Ray X190 dibekali dengan chipset MediaTek MT6592M yang lantas disempurnakan dengan prosesor CPU Octa-core Cortex A-7 yang sanggup hasilkan clockspeed hingga 1,4 GHz. Secara teknis, spesifikasi mesin yang ada pada LG Ray X190 memang cukup identik dengan smartphone kelas menengah lainnya. Jika melihat kualitas komponen mesinnya, maka dipastikan bahwa smartphone ini siap menghadirkan performa olah data yang maksimal. Untuk mendukung kinerja sistem pada mesinnya, LG Ray X190 pun juga dipersenjatai dengan RAM berkapasitas 1 GB saja sehingga sobat yang terbiasa membuka aplikasi berbarengan harus pintar-pintar mengelola memori RAM. Sedangkan untuk urusan grafis, LG menyerahkannya pada kartu pengolah grafis atau GPU Mali 400. Kehadiran GPU Mali 400 pada LG Ray X190 ini akan membuat tampilan grafisnya menjadi lebih halus, terutama saat digunakan untuk memainkan game atau tamnpilan antar muka. Terakhir seperti smartphone Android modern, spesifikasi LG Ray X190 telah berjalan di sistem operasi terbaru Android lewat OS v.5.1 (Lollipop) yang menawarkan segudang fitur menarik.

spesifikasi lg ray x190

Ruang Penyimpanan Ekstra Luas dengan Dukungan ROM 16 GB Plus External Memory

Selanjutnya, setelah membahas sektor dapur pacu dari spesifikasi LG Ray X190 yang ternyata tersusun dari komponen-komponen berkualitas tinggi, kini saatnya kita beralih pada pembahasan bagian ruang penyimpanan atau memori. Untuk memori internalnya, LG Ray X190 ini dibekali dengan ROM atau internal memori berkapasitas 16 GB. Kapasitas sebesar 16 GB ini pastinya sudah lebih dari cukup untuk menyimpan berbagai file penting milik kawan Begawei, termasuk file sistem atau aplikasi bawaan yang ada pada LG Ray X190. Namun, jika sobat Begawei merasa kapasitas 16 GB belum cukup menampung semua file penting milik sobat, storage pada LG Ray X190 juga bisa diekspansi dengan memanfaatkan slot microSD yang tersedia hingga 32 GB. Pastinya dengan tambahan ruang simpan yang sangat luas, kawan Begawei akan lebih bisa memaksimalkan seluruh data untuk disimpan di dalam ponsel. Kehadiran slot eksternal memori pada spesifikasi LG Ray X190 ini juga menambah deretan kelebihan yang dimilikinya karena saat ini gadget kelas atas justru meninggalkan slot memori eksternal dan lebih memprioritaskan ruang memori internal.

Lini Fotografi Mumpuni dengan Duet Kamera 13 MP dan 8 MP

Bergerak dari sektor komponen mesin serta tampilan visualnya, kini saatnya kita membahas spesifikasi LG Ray X190 pada bagian fotografi yang ternyata juga dibekali dengan perangkat fotografi terbaik di kelasnya. Lini fotografi sendiri merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh smartphone terbaru dari LG ini, jadi wajar jika komponen yang digunakan juga cukup berkualitas. Untuk memberikan jepretan foto maksimal, LG Ray X190 dibekali dengan kamera utama berukuran 13 MP. Kamera yang terletak di sisi belakang tersebut akan mampu menghasilkan gambar dengan resolusi hingga 4128 x 3096 pixles. Dilengkapi juga dengan LED Flash, kamera utama pada LG Ray X190 akan semakin membantu penggunanya untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi. Tak lupa, LG pun juga membekali kamera tersebut dengan fitur-fitur fungsional lainnya, seperti misalnya geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, serta fitur panorama. Kehadiran fitur-fitur fotografi modern pada LG Ray X190 ini akan membantu kawan Begawei dalam menghasilkan foto yang semakin berkualitas. Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang berkualitas, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080 piksel. Kualitas rekaman video LG Ray X190 ini pun juga sangat bagus mengingat resolusi sebesar 1080 sudah setara dengan kualitas HD. Untuk melengkapi spesifikasi LG Ray X190 di bagian fotografi, disematkanlah kamera sekunder berukuran 8 MP pada sisi depan yang bisa sobat Begawei gunakan untuk berfoto selfie atau melakukan panggilan video call.

spesifikasi hp lg ray x190

Pilihan Konektivitas Lengkap Meski Belum Support 4G

Saatnya berpindah ke spesifikasi LG Ray X190 pada lini konektivitas. Sebagai penunjang kebutuhan gadget modern, sektor konektivitas tentunya menjadi salah satu bagian yang cukup vital. Pada smartphone terbaru dari LG ini, sobat Begawei akan disuguhi dengan teknologi-teknologi terbaik guna mendukung kebutuhan komunikasi dan akses data kamu semua. LG Ray X190 sendiri merupakan ponsel jenis dual SIM Card, artinya kawan Begawei bisa mengaktifkan dua SIM card secara bersamaan. Lalu untuk memenuhi kebutuhan akses internet, LG pun juga telah membekali produk ponsel pintar terbarunya ini dengan kelengkapan teknologi konektivitas. Meski sayangnya belum support jaringan data 4G LTE, LG Ray X190 ini suah bisa menghadirkan akses internet kencang lewat pilihan jaringan 3G HSDPA yang dimilikinya. Kecepatan akses data 3G sendiri sudah cukup kencang sehingga kamu tak perlu ragu lagi akan kemampuan konektivitas smartphone ini. Selain memiliki pilihan koneksi data yang cukup baik, kamu juga bisa memanfaatkan jaringan Wi-Fi Direct dan Wi-Fi hotspot yang telah terpasang pada gadget ini. Kemudian, bagi kawan Begawei yang menginginkan transfer data tanpa lemot, LG Ray X190 juga menyediakan fitur koneksi nirkabel untuk keperluan transfer data. Pada smartphone ini terdapat fitur Bluetooth versi 4.0 yang bisa mentransfer data secara lebih cepat tanpa menguras daya. Kemudian, kawan Begawei juga bisa memanfaatkan microUSB v2.0 yang juga mampu melakukan transfer data lebih cepat. Spesifikasi LG Ray X190 pada lini konektivitas ini juga telah dilengkapi dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan membantu kamu dalam menentukan lokasi atau tempat.

Suplai Daya Optimal dengan Baterai Berkapasitas 3.000 mAh

Pada segmen terakhir dari pembahasan spesifikasi LG Ray X190 ini, kita akan mengulas kapasitas pemasok daya yang ditanamkan oleh LG pada varian smartphone terbarunya ini. Menyesuaikan dengan komponen mesinnya yang memiliki kinerja tinggi, LG membekali smartphone seri Ray X190 dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Tercatat, LG Ray X190 ini dibekali dengan baterai jenis Lithium-Ion yang menyatu dengan rangka (unibody) berkapasitas 3.000 mAh. Jika melihat spesifikasi yang ada, kapasitas sebesar 3.000 mAh ini pastinya sudah bisa mendukung aktivitas operasional LG Ray X190 selama seharian penuh, dengan catatan penggunaannya masih wajar. Kapasitas baterai yang cukup besar tersebut akan membuat smartphone ini bisa bertahan hingga kurang lebih 480 jam saat stand-by di jalur 3G. Meski jenis baterainya masih merupakan baterai Lithium-Ion, namun dengan kapasitas yang cukup besar akan membuat semua hardware dalam spesifikasi LG Ray X190 bisa bekerja secara maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan LG Ray X190

Dari pembahasan spesifikasi pada masing-masing bagian LG Ray X190 di atas tadi, kita pun bisa mengambil kesimpulan bahwa smartphone terbaru dari LG ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa berpengaruh pada harganya. Kelebihan smartphone ini jelas pada bagian layarnya yang didukung oleh layar jenis IPS berukuran 5,5 inci. Selain itu, pada bagian mesin smartphone ini juga didukung oleh komponen-komponen berkualitas yang pastinya akan meningkatkan kinerjanya. Apalagi smartphone ini juga memiliki duet kamera 13 MP dan 8 MP serta baterai berkapasitas 3000 mAh. Namun sayangnya, smartphone yang satu ini belum support jaringan 4G seperti kebanyakan modern lainnya. Nah untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah tabel kelebihan LG Ray X190 dan kekurangan LG Ray X190.

Kelebihan LG Ray X190
  • Desain smartphone elegan
  • Layar 5,5 inci
  • OS Android Lollipop
  • Chipset MediaTek MT6592M
  • Prosesor Octa-core 1,4 Ghz
  • RAM 1 GB
  • Kamera 13 MP dan 8 MP
  • Memori internal 16 GB
  • Tersedia slot memori eksternal
  • Dual SIM GSM
  • Baterai berkapasitas 3.000 mAh
Kekurangan LG Ray X190
  • Resolusi layar standar
  • Belum ada proteksi layar bawaan
  • Belum support jaringan 4G LTE

Harga LG Ray X190

Setelah Begawei mengajak kamu semua untuk mengulas spesifikasi yang ada, kini saatnya untuk memberi informasi mengenai kisaran harga LG Ray X190 ini. Namun sebelum kita berbicara lebih banyak soal harganya, perlu Begawei sampaikan bahwa smartphone ini baru dirilis untuk pasar internasional dengan Rusia sebagai salah satu negara tujuan pemasaran pertamanya. Hingga kini pihak LG pun belum mengkonfirmasi apkah smartphone terbarunya ini bakalan hadir di pasar Asia, khususnya Indonesia. Kembali ke masalah harga LG Ray X190 tadi, tentunya kita juga harus kembali menilik spesifikasi di masing-masing sektornya jika ingin mengetahui harganya. Hadir dengan layar berukuran 5,5 inci, tentunya smartphone terbaru dari LG ini mengandalkan visualisasi mantap sebagai nilai jual utamanya. Selain itu, smartphone seri LG Ray X190 ini pun juga dibekali dengan komponen tangguh pada bagian mesinnya, salah satu contohnya adalah CPU Octa-core 1.4 GHz yang dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 1 GB. Spesifikasi mesin seperti ini lah yang akan berpengaruh pada harga jualnya di pasaran. Apalagi, LG pun membekalinya dengan sepasang kamera berukuran 13 MP dan juga 8 MP yang menjadi andalan pada lini fotografi. Secara umum, spesifikasi ponsel ini memang sesuai dengan standar perangkat pintar kelas menengah. Lantas, banderol harga LG Ray X190 ini berapa ya?

harga lg ray x190

harga lg ray x190 terbaru

Ketika membicarakan banderol harga LG Ray X190, pastinya kita akan membandingkan dengan smartphone LG terdahulu seperti LG Vista 2 atau seri LG G4C. Jika melihat spesifikasi yang diusungnya, mungkin kawan Begawei sudah bisa menebak kisaran harganya. Nah agar tak semakin penasaran, dari informasi yang Begawei terima, harga LG Ray X190 ini berkisar pada angka 14.990 Rubel, atau setara dengan sekitar Rp 3,1 jutaan. Untuk pangsa pasar Eropa, banderol harga tersebut memang masuk level menengah ke bawah. Namun untuk pasar smartphone Indonesia, kisaran harga jual LG Ray X190 tersebut terhitung cukup mahal. Seperti yang sudah Begawei singgung pada bagian awal tadi, harga jual smartphone terbaru dari LG ini memang diprediksi akan cukup mahal karena menggunakan komponen-komponen yang sangat berkualitas. Jika kita membuat perhitungan berdasarkan kualitas masing-masing komponennya, sebenarnya banderol harga LG Ray X190 ini sudah sesuai dengan kualitas spesifikasinya. Baik dari sektor layar, hingga lini fotografinya, hampir semua komponen yang digunakan adalah komponen hardware berkualitas.

Harga LG Ray X190
Sekitar Rp 3.100.000,-

Meski kehadirannya di Indonesia belum pasti, namun berdasarkan harga LG Ray X190 di atas memang smartphone ini punya potensi bagus bila nanti benar-benar hadir di Tanah Air. Memang, smartphone terbaru dari LG ini memiliki sedikit catatan minor di bagian konektivitasnya yang belum support jaringan 4G LTE. Namun meski memiliki sedikit catatan minus, rasanya hal itu tak akan berpengaruh banyak pada harga LG Ray X190 di pasaran. Jika nanti masuk ke pasar Indonesia, pastinya pula harganya juga akan mengalami perubahan. Pangsa pasar smarthone kelas menengah di Indonesia sendiri memang termasuk ‘ramai’ dengan banyaknya vendor yang bermain di sana. Kehadiran LG Ray X190 ini pastinya akan semakin mempersengit persaingan di pangsa pasar gadget kelas menengah. Namun sekali lagi, kita harus menunggi sampai rilis resmi LG soal produk barunya ini. Nah buat kamu yang sudah tak sabar menunggu pengumuman harga LG Ray X190 serta rilisnya di Indonesia, harap sabar ya! Tunggu perkembangan terbarunya hanya di Begawei! Baca juga ulasan Begawei mengenai LG G Vista 2 dan Samsung Galaxy J2.

Spesifikasi LG Ray X190

Jaringan
  • Teknologi
    GSM / HSDPA
  • 2G bands
    GSM 800 / 1900 / 2100 / 1800
  • 3G bands
    HSPA 950 / 2100 / 1900
  • 4G bands
    N/A
  • Kecepatan
    HSDPA
  • GPRS
  • EDGE
Pengumuman
  • Diumumkan
    November 2015
  • Status
    Coming Soon Released in November 2015
Desain
  • Dimensi
    152.5 mm x 76.4 mm x 9.3 mm
  • Berat
    156 grams
  • SIM
    Dual SIM
Layar
  • Tipe
    IPS, 267 PPI (pixel denisty), Multi-Touch
  • Ukuran
    5 inches
  • Resolusi
    1280 x 720 pixels, 16 M
  • Multitouch
  • Perlindungan
    -
Dapur Pacu
  • OS
    Android, Lollipop 5.1
  • Chipset
    MediaTek MT6592M
  • CPU
    Octa core 1.4 GHz
  • GPU
    Mali 400 GPU
  • RAM
    1 GB
Memori
  • Card slot
    Expandable upto 32 GB ( MicroSD)
  • Internal
    16 GB
Kamera
  • Kamera Belakang
    13 MP, LED Flash
  • Fitur
    Geo-tagging, Autofocus, FHD Recording (1080p), 30 Frames per second
  • Video
    Yes, 1080p@30fps
  • Kamera Depan
    8 MP
Suara
  • Jenis Alert
    Vibration; MP3, Wav Rintones
  • Loudspeaker
  • 3.5mm Jack
Konektivitas
  • WLAN
    Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Bluetooth
    Yes, v4.0
  • GPS
    A-GPS
  • Radio
    Yes, FM Radio
  • USB
    Micro USB 2.0
Fitur
  • Sensor
    Accelerometer,Proximity
  • Pesan
    SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
  • Browser
    HTML5
Baterai
  • Tipe
    Li-Ion, Removable
  • Daya
    3000 mAh

Produk Lainnya dari LG

Top